Pages


Senin, 13 Juni 2016

Agan & Sista, Kemasi Barangmu! Ayo Ngerantau!!

Agan & Sista, Kemasi Barangmu! Ayo Ngerantau!!

Agan & Sista, Kemasi Barangmu! Ayo Ngerantau!!

Assalamualaikum Wr. Wb, Salam sejahtera agan-agan semuanya
Apa adanya KasKus, sudah melengkapi saya untuk membuat sebuah thread


Agan & Sista, Kemasi Barangmu! Ayo Ngerantau!!

Agan & Sista, Kemasi Barangmu! Ayo Ngerantau!!

Ada yang NGAMUK. WKWK

Quote:Original Posted By cimakcimik
Yakin nih pemikiran sendiri trit?
trit repost jd HT
http://www.kaskus.co.id/thread/57590...ihnya-merantau


point2 aja udh ada yg beda. kalimat, pembawaan bahasa, discus aja udh beda. repost darimane?
ente ngamuk gara gara ente buat trit duluan tp g naik? ya sabar. mungkin karna tjuan ente hanya asal copas ngejar HT, jd tlisan ente cma numpang lewat.


d'heil lah... dbilang repost dr trit copas. udh hilang nih urat malu kaskuser yg 1 ini, antara pengalaman sendiri, ama tlsan copas jgn dsamain bre.. belajar lg apa it repost..



Agan & Sista, Kemasi Barangmu! Ayo Ngerantau!! Agan & Sista, Kemasi Barangmu! Ayo Ngerantau!!
Agan & Sista, Kemasi Barangmu! Ayo Ngerantau!!


Agan & Sista, Kemasi Barangmu! Ayo Ngerantau!!
Quote:Hola gan, bre, sist, nes, dan ho.. Apa kabar semuanya.. Semoga baik-baik aja ya..
Masa muda adalah masa yang akan dilalui oleh semua orang, hanya saja sedikit yang berani mengambil langkah yang berbeda dengan kebanyakan orang lainnya. Selepas SMA mungkin kebanyakan agan sista akan menyamankan diri di rumah sambil mencari pekerjaan sampingan di sekitar lingkungan. Padahal itu salah, ada sebuah hal yang seharusnya dilakukan oleh agan semua, iya merantau.
Langsung aja ga pake babibu langsung simak Agan & Sista, Kemasi Barangmu! Ayo Ngerantau!!


1. Bertemu Orang-orang Baru
Quote:Agan & Sista, Kemasi Barangmu! Ayo Ngerantau!!
Saat agan berani dan meneguhkan diri untuk mengambil sebuah keputusan akan ngerantau ke kota lain, hal yang pertama dan bermanfaat agan pasti akan bertemu wajah-wajah asing yang selama hidup agan belum pernah agan temui. Bertemu dengan wajah-wajah yang baru ini sedikit banyaknya pasti akan bermanfaat bagi agan nanti. Tergantung agan gimana berinteraksi, berbagi cerita, berbagi ilmu maupun lainnya. Paling tidak agan akan banyak mendengar hal-hal yang belum pernah agan dengarkan dari teman-teman agan sebelumnya.


[RESELLER WANTED] Pure'o Pomade Organik, Modal Kecil!!

2. Belajar Bersosialisasi
Quote:Agan & Sista, Kemasi Barangmu! Ayo Ngerantau!!
Keluar dari zona nyaman, pergi ke kota lain. Bertemu orang baru pastinya akan membuat agan jadi orang yang harus bisa bersosialisasi, Sebelumnya, ane yakin dunia agan hanya sebatas 5 INCHI aja. Gimana tidak, semua interaksi dengan teman hanya dilakukan via hengpon. Nah, karena agan merantau dan statusnya dikota tsb masih nubie, pasti mau tidak mau agan harus banyak bersosialisasi dengan orang lain. Terutama mungkin di lingkungan sekitar agan.


3. Tuntutan Menjadi Mandiri
Quote:Agan & Sista, Kemasi Barangmu! Ayo Ngerantau!!
Jika sebelumnya agan terbiasa nyaman dengan kesegalaan yang agan punya dirumah. Dengan merantau, agan harus melakukan semuanya itu sendiri, dari mulai cuci baju, masak makanan, dll karena tidak adanya orang tua agan maupun sanak saudara. Setidaknya di level ini agan akan belajar lebih banyak mengenai hidup tanpa ketergantungan orang lain.


4. Kerja Karena Tuntutan, Bukan Gengsi
Quote:Agan & Sista, Kemasi Barangmu! Ayo Ngerantau!!
Coba agan liat sekitar, berapa banyak orang yang mencari kerja mungkin dengan alasan hanya ingin gengsi atau mungkin hanya untuk mengisi waktu luangnya daripada nganggur?
Saat merantau, agan harus mikir keras gimana caranya memenuhi kebutuhan hidup agan mulai dari bayar kost, makan, bensin, jajan dll.
Secara gak langsung agan akan bekerja dengan rajin dan gak main-main. Pada level ini agan akan banyak sekali dapat manfaat dari kerja yang karna mikir keras itu, selain mungkin dapat posisi yang bagus, atau mungkin dapat gaji tambahan.


5. Saat Lelah, Mencoba Hal Baru Lainnya
Quote:Agan & Sista, Kemasi Barangmu! Ayo Ngerantau!!
Jika ke empat point diatas udah agan lalui, agan akan sampai saat dimana gan akan mulai lelah, cape, jenuh, stuck dan pikiran untuk pulang sangat keras. Disaat itu juga, agan pasti berpikir untuk mencoba hal-hal baru lainnya seperti mungkin ingin memiliki usaha sendiri, liburan dll. Ya gak gan?


6. Jadi Makin Cinta Orang Tua
Quote:Agan & Sista, Kemasi Barangmu! Ayo Ngerantau!!
Selain kelima hal diatas, agan akan merasa lebih mencintai orangtua. Kenapa? Karena bagi orang yang setiap hari bisa bertemu dengan orangtua mungkin merasa biasa saja. Tetapi akan beda jika agan sudah berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun tidak bertemu dengan orang tua agan. Kenangan-kenangan kecil pun akan mengingatkan agan bagaimana proses agan dibesarkan hingga jadi bangkotan kek sekarang ini. Akhirnya, hanya curahan lewat telpon lah yang akan mengobati kerinduan agan, lalu agan akan menahan supaya air mata agan gak meleleh. Hal itulah yang akan mengingatkan bahwa orangtua agan adalah hal yang sangat berharga, membuat agan jadi lebih mencintai orangtua.


Agan & Sista, Kemasi Barangmu! Ayo Ngerantau!!
Quote:Pemikiran Ane Sendiri Gan, ane tambahin.. pengalaman sendiri waktu ngerantau ke pontianak, malang, dan kalteng..
Image : Google


Agan & Sista, Kemasi Barangmu! Ayo Ngerantau!!
Bagaimana gan? Mungkin agan ada pelajaran sendiri yang agan petik saat ngerantau, ane minta tolong dishare gan, biar yang lain juga tidak berpikir bahwa merantau itu menakutkan.

Selain ilmu-ilmu tersebut yang bakal agan dapatkan, akan ada segudang pengalaman yang menjadi bekal agan untuk mengarungi masa-masa mendatang. Agan akan sadar bahwa hidup di dunia tak sesempit yang pernah agan yakini selama ini. Di luar sana ada begitu banyak keindahan yang harus agan lihat, ada banyak cerita yang harus agan simak, ada jutaan pengalaman yang harus agan miliki.
Mungkin cukup ini dulu, mohon maaf jika ada kesalahan kata maupun kalimat, semoga beberapa hal diatas bisa agan ambil bagian pentingnya.


Sekian thread ane,, terima kasih
Agan & Sista, Kemasi Barangmu! Ayo Ngerantau!!


Agan & Sista, Kemasi Barangmu! Ayo Ngerantau!! Rec HT jika informasi ini bermanfaat dan jangan lupa Agan & Sista, Kemasi Barangmu! Ayo Ngerantau!!

Mampir ke Thread ane yang lain gan
[RESELLER WANTED] Pure'o Pomade Organik, Modal Kecil!!
Spoiler for Others Thread, silahkan dinikmati dan semoga bermanfaat bagi agan semua:
Beberapa wirausaha paling booming tahun 2015 #HT
Alasan Terlahirnya Haters.. Tau Gak Gan?
Ketika Agan Merobek Jantung Toleransi, Maka..
Peluang itu Selalu Ada Gan, Tergantung Kita Melihatnya Bagaimana..
Yuk Simak, Beberapa Pelajaran yang Bisa Diambil Saat Macet
Beberapa Hal ini Membuat Agan Menjadi Layak diPecat!
Beberapa Hal Horror yang Bikin Puasa Batal Saat Agan Bocah Dulu
Fakta! Jadi Sales Kenapa Harus Malu? #HT
Manfaat jujur pada diri sendiri itu Dahsyat gan! #HT
Menjadi Pintar tidak Selalu Menyenangkan Gan, Ini Alasannya! #HT
Tempat-tempat dimana Hewan hidup berdampingan dengan Manusia! #HT
6 Jembatan ini akan Membuat Agan Terpana #HT
Mari Menjelajah Pulau-Pulau Kecil Paling Indah di Dunia! #HT
Bahagia itu Tidak Sederhana, Trust me #HT
Pekerjaan yang Menantang Maut, Stop Hujat Mereka #HT
6 Pengendara Jalan Trendsetter ini Bisa Berpotensi Membuat Agan Celaka #HT
Inilah Hadiah yang Agan Dapatkan Ketika GAGAL #HT
Beberapa Alasan Menyenangkan Travelling ke Pedesaan #HT
Beberapa Suku Pedalaman di Indonesia yang Mungkin Tidak Agan Ketahui #HT
Memory, Inilah Beberapa Kecelakaan Paling Tragis di Indonesia #HT
Biarpun Murah, Hal-hal ini Tetap Terasa Mewah Gan.. #HT
Pelajaran dari Beberapa Peradaban Kuno yang Runtuh Akibat Perubahan Iklim #HT
STOP Tipu-Tipu Bos Agan Dengan Alasan Datang Terlambat Seperti Ini.. #HT
Beberapa Alasan yang Bisa Menyebabkan Anak Agan Jadi Psikopat Seksual #HT
Survive Setelah di PHK, Kenapa Tidak? #HT
Inilah Beberapa Negara Sarang Perbudakan Paling Banyak, Indonesia? #HT
Dari Jenis Penyalip di Jalan Raya, Agan Yang Mana? #HT
Beberapa Hal ini Membuat Agan Menjadi Layak diPecat! #HT
Pomadeorganic.com



Ada yang NGAMUK. WKWK

Quote:Original Posted By cimakcimik
Yakin nih pemikiran sendiri trit?
trit repost jd HT
http://www.kaskus.co.id/thread/57590...ihnya-merantau


point2 aja udh ada yg beda. kalimat, pembawaan bahasa, discus aja udh beda. repost darimane?
ente ngamuk gara gara ente buat trit duluan tp g naik? ya sabar. mungkin karna tjuan ente hanya ngejar HT, jd tlisan ente cma numpang lewat.


d'heil lah... dbilang repost dr trit copas. udh hilang nih urat malu kaskuser yg 1 ini

Reserved, untuk umat rantau cendolers

Quote:Original Posted By okeey
merantau sih boleh gan tapi harus di ingat juga kita harus punya cukup oenghasilan, soalnya kalo engga cuma malah nambah tingkat pengangguran doang


Quote:Original Posted By rfqmg
Daenerys stormborn ngerantau ke pentos sampe sekarang ke meereem blm sempet pulang kampung ke westeros tapi sudah jadi ratu di daerah rantauannya.


Quote:Original Posted By alharam
salam.anak rantau
ane dari awal SMA gan merantau


Quote:Original Posted By cahyonoayano
merantau emang enak... tapi untuk perempuan apalagi dengan ortu tunggal itu susah. banyak hal yang harus dipertimbangkan gan, gak asal keluar rumah dah kelar.

ortu makin waswas sama anak perempuan, apalagi jaman sekarang pemerkosaan dimana-mana, udah gitu dibunuh pulak


Quote:Original Posted By Deazto
lulus SMA tahun 2010 udah ngerantau gan, dari kuliah sampe kerja. bahagia dan sedih jd satu gan, dari pergi ngerantau keluarga lengkap sampe ada yg berkurang
pokoknya jd pelajaran hidup bgt, semoga keluarga yg kita tinggalkan diberikan kesehatan selalu ya gan


Quote:Original Posted By superhandsome99
Ane ngerantau di jogja kuliah, sebelumnya di bandung sempet kuliah juga.
Bedanya kalau di bandung yang jauh dari rumah, ane jadi sosok sederhana yang ga manja gan.
Kalau di jogja, deket dari rumah. Duit abis, pulang deh ke rumah krn deket. Wahahaha
Kalau ngerantau jgn tanggung2, sekalian jauh aja gan. Biar greget, bnyk ceritanya ntar pasti.


Quote:Original Posted By oryza.stv
gw anak rantau, dan gw bangga
awalnya emg berat jauh dr ortu, tapi kalo udah ktmu temen2 dan pengalaman baru pasti betah.
gw sih ngerantau ga jauh2 amat krna sering pulang . tp tetep aja jauhan, tinggal jauh dr ortu berasa ditarik paksa dr comfort zone gw, apalagi sblmnya ga prnah tuh tinggal dg jarak sejauh ini
tapi so far, gw jdi bisa ngambil hikmahnya. skrg gw jdi berani kemana2 sendiri, gw udah ga kuper kaya dlu
lo jdi bisa ngehargain waktu sm orgtua lo, mgkin yg dlu suka cuek kalo lg ngumpul, skrg bisa lebih banyak cerita, kalo gw sih gitu
krna hidup itu gabisa stuck disitu2 aja vroh, lo hrus eskplor diri lo sejauh mungkin


Quote:Original Posted By keyboard.mouse
betullll bangetttt

buat agan-agan yang uda lulus sekolah ato kuliah, sangatlah bagus untuk merantau minimal ke luar kota atau pulau di dalam negeri atau lebih baik lagi kalau ke luar negeri, banyak manfaat yang akan diperoleh :
1. Agan akan lebih cerdas dan bertambah wawasannya
2. Agan akan lebih percaya diri dalam bersosialisasi dan berhadapan dengan orang2
3. Mental Agan akan jauh lebih kuar dari sebelumnya dalam menghadapi hidup--tidak cengeng
4. Agan akan merasa lebih dekat kepada Sang Pencipta (ini akan sangat dirasakan)

de el el



Quote:Original Posted By kikiucrid
Mantabbb

Kebetulan ane juga Perantau gan
Dari 10-10-2012 hingga saat ini,,,

Nikmatnya perantau kalo ketemu hari H pas mudik gan,,,

Salam perantau,,,!!!




Quote:Original Posted By ciplukmanis
Tak terbantahkan semua hal yang ditulis TS..
Setiap daerah yang kita tempati selalu punya cerita..
"Dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung"

Jadi inget rumah nich
Tiket mudik masih 2 mingguan lagi



Quote:Original Posted By adityasaputra45
Duh baca point 6 jadi kangen orang rumah mana agustus/september baru bs pulang lewat deh lebaran th ini.
Saya juga anak rantau cuman kebetulan rantaunya kebanyakan diatas laut keliling antar pulau lintas negara



Quote:Original Posted By pear.wardrobe
Ane ga merantau gan,.tp ane ngalamin itu semua☺,.ditempat kerja ane bertemu dg orang2 baru dan belajar bersosialisasi,dirumah ane bisa nyuci sendiri,masak juga suka sendiri.ane jg kerja bukan karena gengsi,tp krn butuh,.beli bensin,makan,baju,lipensetik😁.cuma karena ane bebas dr biaya kost aja sih..(tp biaya makan lebih gede,krn klo makan bukan cuma buat sendiri tp buat yg dirumah jg😄).ane jg lg pgn nyobain bikin usaha sendiri,dan lg kepingin liburan..makin cinta orang tua??udah pasti,krn ane sadar berkat mereka ane bs ada ky sekarang,.berkat doa emak dan kerja keras babe,ane bs sekolah dll.,walaupun kadang ada ucapan atau sikap mereka yg bikin ane kesel,.ane suka langsung inget,gmn pun jg mereka itu orang tua kita,.apalagi klo udh tua,.kitanya hrs sabar😊


Quote:Original Posted By satu.november
kaga seindah yg lu tulis TS
gw anak jakarta merantau udeh 6thn tapi ga bs beli rumah di jakarta, mahal nya ga ketukungan..temen gw merantau ke jakarta tanah nya banyak di kampoong hasil merantau..kaya nya pensiun di luar jakarta dah


Quote:Original Posted By whisnubulugz
ane udah hampir 6 tahun gan ngerantau,awal awal mah rasanya tuh keras bgt dunia rantau tp makin kesini kita makin terbiasa dan juga kita jadi bisa lebih menghargai segala nya mulai dari waktu,uang,bahan makanan,pekerjaan dan masih banyak lg gan yg ga bisa disebutin satu satu..tujuan nya setelah rantau itu kangen rumah

pejwan TS klo berkenan


Quote:Original Posted By baktiseigi
Dari lulus SMK thn 2010 sampe sekarang gan, merantau biasa sih merantau medan pekanbaru medan pekanbaru,msih bisa lebaran bareng kluarga, tpi sekarang ane merantau ke negara jiran broh udah 2 kli lebaran g pulang2 sma tahun ini, woles + yakin niatkan , tahun depan alhmdllh rncna mau merid



Quote:Original Posted By permana putra
Ane dr kerja sdh ngerantau Gan. Ane sdh pindah2. Pernah k Pkp, Manado, Jambi, Makassar, Batam. Memang ngerantau menghargai itu namanya komunikasi sama ortu Gan. Dan berjuang ketika mudik. Yg jelas ya hrs mandiri.


Quote:Original Posted By isibi
hehe, newbi komen perdana.

setuju pake bgt ama ni trit. bener bgt gan, bnyak jaman skg ngaku2 introvert, ngeluh skill ngmong minim, gag bs canda, baperan, krna ya itu. kita stuck d comfort zone, and apa it comfort zone? rumah gan! banyakan d rumah, yg minta ap2 tinggal teriak trus d pengeni dateng deh.

coba deh, gag usah muluk2 merantau, alone traveller sana! andelin cm diri agan2 ndiri, tanya sana sini, makin tersesat makin baik. gag usah jauh2 dah, d kota sebelah, cari kost2 an, idup ndiri, it uda.

ane sbnernya pngen bgt crita pengalaman idup tntang merantau, ntar pngen buat trit yg panjang. krna ini msh merantau d negri ginseng. wkwk..

ayo keluar gan, abisin duitmu buat beli pengalaman, bukan barang!!!


Quote:Original Posted By themadrid
bagus dong kalau ngerantau, percaya sama ane gan
ente jadi mandiri, lebih dewasa dan open minded bawaannya, karena bertemu dgn bermacam2 orang dgn latar belakang dan budayanya.
daripada di daerah ane tempat tinggal ane gan,
seumur idup orang-orangnya cuma tinggal di daerah itu dan itu (masih untung kalau ekonominya berkembang & pendidikannya bagus, lah ini? miskin & ga berkembang terus)


Quote:Original Posted By mastakawaja
ane dari jawa barat, sekarang lagi merantau di brunei gan. bener yang agan bilang, jadi makin cinta sama orang tua. karena memang niat jauh2 kerja kesini pengen bahagiain mereka. dan membayar semua kesalahan2 masa lalu ane yg amburadul.
kerasnya hidup bener2 ane rasain disini gan. semua hal yang ga penting dalam hidup ane perlahan luntur. ane masih jomblo? ga gaul? ketinggalan tren? bodo amat.
semangat perantau!


Quote:Original Posted By the.darn.knight
bener gan
Agan & Sista, Kemasi Barangmu! Ayo Ngerantau!!
Agan & Sista, Kemasi Barangmu! Ayo Ngerantau!!


Quote:Original Posted By ucengaja
Dari 2008 ane di deporatase ke Poso disuru abanya ane(alesannya sih supay blajar mandiri dan kenal keluarga jg), ngelanjutin SMA sampe udah kuliah semester akhhir disini. Sebelumnya ane di jakarta bareng keluarga.

Rasanya kayak ngerantau stengah2 gan, soalnya disini keluarga bokap semua. Jadi mandirinya juga stengah2.

InsyaAllah abis kuliah ini, rencana ane mw polin rantauannya ane. Biar gk setengah2. Jadi pol gitu.
Rencana mw ke timur sihh. Mohonn suooort dan doanya ya gan sis


Quote:Original Posted By bowowii
huakakakakkakakakakakkakkakakakkakakakakakakkakakakakkakakakakakkakakakakakaka ane yg merantau malah pengen pulang gan gak sempet sempet udah kangen segalanya tentang rumah



Quote:Original Posted By otong.abung
jadi tambah cinta orang tua bener bgt bree



Quote:Original Posted By Madthink
gak tau status ane apaan dulu..
rumah di bekasi, kost+kerja di jakarta..
sering tugas ke luar kota..bisa hitungan hari, minggu, bulan, sampe pernah ditugasin ke bali 2 tahun...
sekarang pindah kantor, dkt rumah..jd gak kost lagi..kerja pun kebanyakan di kantor, planning projek aja..

kangen juga kerja kaya dulu lagi..

eh jadi curhat..


Quote:Original Posted By ahmadfauzieee
doain ane gan
biar dpt kerja merantau lagi
ga enak dirumah jd beban ortu
mumpung bujang haha pengen banget
keluar negri kaya ke sumatra,kalimantan,sulawesi XD



Quote:Original Posted By gemblehjoss
Udah pernah gan, ujung ujungnya balik maning ning kampung


Quote:Original Posted By budhie
salam sesama anak rantau gan dah gak berasa ane ngerantau ke jkt sejak taon 91

apapun motifasinya , jaga diri baik baik selama merantau Dan keep the focus "untuk tujuan apa kita merantau ?"


Quote:Original Posted By singgihanggara
merantaulah maka kau akan sadar mahalnya harga tiket pulang
Ane sudah merantau sejak lama gan.. Agan & Sista, Kemasi Barangmu! Ayo Ngerantau!!

Memang bener seperti yg TS bilang, banyak manfaat yg didapatkan dari merantau.
merantau cari pengelaman
nyimak dulu ahh, keren nih
sosialisasi itu perlu.. bukan cuman didunia maya
Besok ane mau ngerantau di Los Angeles bre
ane udah merantau 6 tahun gan, sejak lulus SMA, alhamdulillah nanti juli pindah tugas ke jawa
sedih kalo merantau asli bray

hidup sendiri bak hachi si anak lebah





Salman al-Farisi


Agan & Sista, Kemasi Barangmu! Ayo Ngerantau!!

Gua maunya traveler bukan rantauer

Maho pindah di bawah ya, plisss
|
|
|
|
\/
Salam NAMUT
(NAga iMUT)




cocok buat kaum alay nih, biar si alay mengerti kerasnya hidup
Agan & Sista, Kemasi Barangmu! Ayo Ngerantau!!
kami anak rantau



Agan & Sista, Kemasi Barangmu! Ayo Ngerantau!!Agan & Sista, Kemasi Barangmu! Ayo Ngerantau!!Agan & Sista, Kemasi Barangmu! Ayo Ngerantau!!Agan & Sista, Kemasi Barangmu! Ayo Ngerantau!!Agan & Sista, Kemasi Barangmu! Ayo Ngerantau!!Agan & Sista, Kemasi Barangmu! Ayo Ngerantau!!
NASGORBASI FOUNDATION
Quote:Original Posted By nasgortrasi
Agan & Sista, Kemasi Barangmu! Ayo Ngerantau!!
kami anak rantau



Agan & Sista, Kemasi Barangmu! Ayo Ngerantau!!Agan & Sista, Kemasi Barangmu! Ayo Ngerantau!!Agan & Sista, Kemasi Barangmu! Ayo Ngerantau!!Agan & Sista, Kemasi Barangmu! Ayo Ngerantau!!Agan & Sista, Kemasi Barangmu! Ayo Ngerantau!!Agan & Sista, Kemasi Barangmu! Ayo Ngerantau!!
NASGORBASI FOUNDATION


buset, udah kayak pelangi aje
ayuk
weh ane udah 3 taun merantau bray
dan yap emang bener harus ramah dan sering bertanya sama orang
yok sist ngrantau ber2
Agan & Sista, Kemasi Barangmu! Ayo Ngerantau!!
dagang nasgor di kota
ngrantau siapa tau dapet jodoh dr beda daerah atau malah beda negara. keturunan kita nanti bs jadi ras baru yg lebih keren gan
Calon Ht nih

Ude 23 taun bre ngrantau blon pulang...
Quote:Original Posted By abighifari22
ayuk
ayuk gan




ayo semua pada ngerantau ke page 2
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar