Pages


Rabu, 03 Agustus 2016

(Maba Masuk) Tips Mendapat Nilai Minimal B Diperkuliahan

Gimana Cara Mudah Untuk mendapat nilai minimal B saat kuliah?

HT Gan, Makasih Momod, Mimin, Agan dan Aganwati Kaskuser
Spoiler for Cek HT:
(Maba Masuk) Tips Mendapat Nilai Minimal B Diperkuliahan


Warning:
1. TS Tidak punya IPK Cumlaude Cuma 3,17 skala 4,0
2. Tips ini TS ambil dari pengamatan terhadap temen kuliah TS yang mempunyai nilai bagus
3. Tips ini manjur di beberapa perguruan tinggi (Tidak Semua)
4. Tips ini tidak mutlak harus diikuti, kuliah cari ILMU bukan cari NILAI

Entah kenapa, temen ane yang melakukan 5 tips dibawah ini, nilainya bagus-bagus, minimal B dah. Emang sih dia teoritisnya pinter, contoh kasus waktu dulu matakuliah Java, waktu ujian soal dia jawab bener, suruh terangin step-step cara membuat game memakai java juga bisa, tapi prakteknya ane yang ngajarin, sedangkan ane emang lemah gan kalo soal teoritis, ampun dah, kalo ane cukup baca, pahamin, praktekin. Tapi dosen ga melihat hal itu gan, mungkin ribet kali harus merhatiin mahasiswanya satu2, wal hasil temen ane dapet Nilai A dan ane dapet C. Akhirnya terbesitlah Tips2 di bawah ini.



Spoiler for Cek No Repost:
(Maba Masuk) Tips Mendapat Nilai Minimal B Diperkuliahan


1. Tepat Waktu Gan/Sist
Spoiler for On Time:
(Maba Masuk) Tips Mendapat Nilai Minimal B Diperkuliahan

Quote:Tepat waktu gan/sist, kalian harus dateng ke kelas jangan sampe telat alias sebelum dosen masuk kelas gansis kudu udah ada di kelas, apalagi kalo dosennya suka absenin satu-satu mahasiswa. Telat sedikit aja, penilaian dosen terhadap kalian bakal negatif gansis (terutama dosen killer). Tapi ada juga dosen yang cuma kasih absen ke mahasiswa dan ga ngecek satu-satu, selamatlah kita, bisa titip absen (jangan ditiru)


2. Absen Full
Spoiler for Berangkat Terus:

Quote:Masih ada hubungannya dengan poin pertama gan, selain jangan telat, absensi kita kudu full ntah gimana caranya, jangan ilang-ilangan. Kalo TS ga salah inget kehadiran minimal harus 75%. Seumpama mata kuliah 2 SKS, seminggu 1 kali pertemuan, berarti 1 bulan 4 kali pertemuan, dan 1 semester 24 kali pertemuan udah termasuk UTS dan UAS ya, brarti kita punya hak bolos 6 kali, tapi buat amannya cukup 4 kali bolos gan, selebihnya kita bisa titip absen haha.

Note: Problem buat yang susah bangun pagi, paksain diri buat bangun walaupun ada kelas jam 7 pagi, inget yang penting absen full


3. Rajin Ngumpulin Tugas
Spoiler for Do Your Homework:

Quote:Namanya kuliah gan, terutama buat kalian yang MABA, kalian bakal selalu berhubungan tugas tugas dan tugas. Entah itu tugas individu ataupun tugas kelompok. Kerjakan gansis, jangan lupa juga kumpulin. Terserah cara kalian mau pake teknik The Power Of Deadline atau apa, yang penting kerjakan dan kumpulkan tepat waktu. Ini bakal menunjang penilaian dosen terhadap kalian. Jangan sampai masalah tugas membuat kalian berurusan dengan nilai yang tidak keluar di akhir semester (Pengalaman TS)

4. Aktif Di Kelas
Spoiler for Mahasiswa Aktif:

Quote:Aktif disini bukan aktif godain temen cewe atau tebar pesona, bukan juga aktif ngusilin temen kelas. Tapi aktif disini adalah aktif bertanya, terutama pada saat dosen selese menjelaskan atau teman selese presentasi. Entah kalian bertanya dengan pertanyaan bermutu atau tidak yang penting tanya gansis haha. Tapi kalo bisa harus pertanyaan bermutu, soalnya ada temen ane demi aktif di kelas, pertanyaan dia absurd dan ga penting sama sekali, tapi tetep aja dapet A diakhir semester. Atau agan juga bisa jadi pahlwan sebagai Problem Solver ketika di kelas terjadi diskusi yang mengakibatkan perdebatan pelik sehingga pembahasan mbleber kemana-mana. Agan berbicara memberikan solusi hingga mengakhiri perdebatan.

5. Ikut UTS dan UAS
Spoiler for UTS UAS:

Quote:Last but no Least poin ini yang wajib kalian ikuti, mau ga mau, bisa ga bisa kalian harus hadir ketika UTS atau UAS. Inget gan hadir, kerjakan, kumpulkan, ga peduli deh jawabannya, yang penting dijawab gan haha, kalo TS sendiri terutama soal essay pasti TS jawab dengan dengan bahasa TS sendiri yang penting berkaitan dengan persoalan yang ada disoal.

KESIMPULAN
Quote:Jadi kalo gansis selama kuliah cuma kampus-kost, kampus-kost, tugas-ujian, tugas-ujian, minim-minim agan dapet dah tuh nilai B dan ga perlu khawatir nilai ga keluar di akhir semester


Oke gan segitu aja, dan ane katakan sekali lagi, tips di atas ga mutlak gan, bakal banyak faktor lain yang mebuat penilaian dosen terhadap gansis. Saran TS Kuliah itu cari ILMU bukan cari NILAI terserah ilmu dapet dari kampus atau dari luar kampus, tentunya ilmu yang bermangfangat. Selain itu jangan lupa asah Soft Skill gansis, karena di dunia kerja atau wirausaha nilai cuma penilaian awal aja, poin yang juga penting adalah soft skill yg gansis miliki. Semoga trit ini bermanfaat


Tambahan dari agan kaskuser lain

Untuk Point No 5
Quote:Original Posted By DolanDuck


intinya harus ada persiapan menurut ane

Quote:Original Posted By alvetamra
Enak bener di tempat TS jatah bolosnya 6 kali. Di tempat ane aja jatah bolosnya "cuman" 3 kali

Ada benernya jg kata TS, soalnya ane pun pernah ngelakuin, tapi itu gak mutlak. Kembali lagi ke dosennya. Juga kita sendiri. Mau tugas, UTS, atau UAS pun kalo ngerjainnya gak bener ya tetep aja ada konsekuensinya even pas kuliahnya masuk terus. Lebih baik kerjakan sesuai apa yg didapet pas kuliah biasa. Kalopun "mengarang bebas" maka isinya pun paling gak harus masuk akal dan nyambung dikit2 lah.


Mungkin Ada yang Bisa belajar dari Pengalaman Agan Ini
Quote:Original Posted By refkis
Ane pernah gan, lemah di matdas, alhasil dapet C trus perbaikan lagi, hasilnya masih sama kesusahan waktu ngikutin kuliah jadi nya waktu uas dari 5 soal essay bercabang cuma ane kerjain nomor 3.a trus pas pengumuman nilai ane dapet b 😂 karena eh karena uts nya ane yakin dapet 100. Padahal temen temen ane yang ikut perbaikan waktu uts uas dikerjain semua tapi masih banyak yang dapet C lagi . Trus ada pengalaman 1 lagi, ane dapet nilai D di salah satu MK, ane kurang tau penyebabnya padahal ane absensi 100%, tugas dikerjain, gak pernah telat, baik sama dosen, uts uas bisa ngerjain, tapi nilainya rendah. Yaudah terpaksa ane ikut perbaikan di semester depannya, nah pas ngikutin perbaikan malahan ane sering telat trus di suruh keluar, tugas juga seadanya, absensi pun ngga full, udah mulai pesimis tapi ane yakin masih punya peluang di uts sama uas, yaudah ane serius tuh uts sama uas nya. Alhasil, ane dapet b karena uts uas nya tinggi hehe. Semoga sampe lulus bisa cumlaude lah hehe. Aamiin. Mungkin banyak agan agan yang lebih mementingkan ilmu daripada nilai, padahal itu penting semua. Walaupun itu cuma nilai, tapi itu juga sebuah perjuangan gan, betapa bangga nya keluarga kalo tau anak nya lulus dengan ipk cumlaude😊 pejwan jika berkenan


Quote:Original Posted By gilangazhari
Tipsnya ampuh tuh loh, apalagi yg problem solver. Dulu sering bgt gw praktekin pas lagi diskusi kelompok. Tau sendirilah kalo kuliah byk diskusinya
Tapi gw tipe yg ga banyak omong, pas diskusi udh mentok ato meleber kemana2 dan dosen udh nyerah barulah gw samber kasi solusi
Alhasil gw cumlaude brader 3.67


Quote:Original Posted By pikiranbocah
Ane setuju banget sama TS.. IPK ane juga cuma 3,26 dan kuliahnya santai.. Yang penting:
  • kehadiran di atas 75%. Ga masuk 2-3x ga masalah atau malah ane sering sengaja ga masuk
  • rasio ngumpulin tugas 7:3 (maksudnya cuma ngerjain 7 dari 10 tugas). Yang penting kan kita mengerti materi, ga perlu jadi "pemburu nilai" padahal ga ngerti materinya
  • UTS sama UAS harus ikut.. Untuk beberapa makul yang menurut agan susah, ga usah dipaksain untuk nguasain semua materi, cukup kuasain 70% materi aja, dapet nilai 50-60 poin di UTS dan UAS udah cukup membantu ko..
  • Selama ini ane ga perlu ribet gila belajar tiap malem atau repot bikin contekan.. Karena sebenarnya kita udah belajar di kelas dan jika poin kedua terpenuhi maka kita udah siap ngadepin UTS atau UAS hanya berbekal 70% materi yang dikuasasin..
  • Salah satu poin terpenting! Sebelum UAS/UTS itu santai, relax atau refreshing aja..ing





Coba dulu Ane dapet Dosen kaya Agan Ini
Quote:Original Posted By kowa.kowo
Saya dosen gan di salah satu PTN di jawa tengah
kalo saya ngasih nilai intinya mahasiswanya manut aja sih. absen maksimal 4x gak masuk, ikut UTS dan UAS, ngerjain tugas. meski jawab soal UTS dan UAS gak bener nilai akhir pasti ku kasih B. kalo dia aktif di kelas ku kasih A. simple

oh iya dosen juga punya nilai kemanusiaan atau gak tegaan juga kalo lihat mahasiswanya gak aneh2 gitu. asal rajin dan gak urakan


Nih Saran Bijak Buat adek2 Maba dari Agan Ini
Quote:Original Posted By mangkok19
Saran dr ane sih yaa, buat para adek2 maba mungkin juga buat yang udah 7 tahun di kuliahan gak lulus2 (MA) jangan sampe kalian menomor dua kan kuliah dan menjadikan berorganisasi nomor satu, itu juga bisa berdampak negatif pada nilai kalian nanti semisalnya kalian menomor duakan kuliah, tapi jika adek2 maba sekalian bisa memanage waktu dengan baik dan benar antara organisasi dan kuliah itu lebih bagus, karena dalam organisasi kalian akan mendapat relasi" untuk kedepannya, entah mungkin urusan kerja atau mungkin kalian yang belum mempunyai pasangan hidup tau" dapet jodoh hahahahaha.

sering bawain buah ke dosen
Jaga hubungan baik ama dosen
bayar pat juta ,gosip gosip nya gitu bray






Salman al-Farisi
bisa di praktekin nih
kalem aja bray udah cukup
udeh lu2s ane bree
modal beli buku kagak usah absen, UAS, tugas tinggalin bisa dpt A
adek mo kuliah nanti bang
(Maba Masuk) Tips Mendapat Nilai Minimal B Diperkuliahan
gw pas smt 1 masuk full tapi nilai akun jelek kok gimana dosenna seh. Kalau mau bagus mah pas uts ama uas nyontek ae ama yg pinter.
enak bener ngikut sarat2 gitu aja bisa dpt B, ga sesuai pengalaman ane

1. bener, tapi telat2 dikit masih boleh
2. presensi disesuaikan aturan tiap dosen aja, ga harus full, absen 1-2 kali masih boleh
3. bener
4. ga juga pernah kok jadi penyimak doang masih bisa kena A/B
5. ente serius cuma hadir, kerjakan, kumpulkan, ga peduli deh jawabannya, yang penting dijawab???
Quote:Original Posted By bluy
Inget gan hadir, kerjakan, kumpulkan, ga peduli deh jawabannya, yang penting dijawab gan haha

uts & uas itu harga mati kata2 ente yg ini bener2 nyesatin menurut ane, orang lagi evaluasi materi malah kerjakan ga peduli jawaban.
kalo di tempat ane uts & uas ga bener ngerjainnya bakal terbuka kemungkinan dapet C/D biarpun tugas & absen full juga




Quote:Original Posted By DolanDuck
enak bener ngikut sarat2 gitu aja bisa dpt B, ga sesuai pengalaman ane

1. ga selalu benar, tapi ikutin
2. presensi disesuaikan aturan tiap dosen aja, ga harus full, absen 1-2 kali masih boleh
3. bener
4. ga juga pernah kok jadi penyimak doang masih bisa kena A/B
5. ente serius cuma hadir, kerjakan, kumpulkan, ga peduli deh jawabannya, yang penting dijawab???

wah di tempat ane uts & uas itu harga mati kata2 ente yg ini bener2 nyesatin menurut ane, orang lagi evaluasi materi malah kerjakan ga peduli jawaban.
kalo ditempat ane uts & uas ga bener bakal terbuka kemungkinan dapet C/D biarpun tugas & absen full juga


haha iya gan kan di bawah ane keterangan, ke-5 tips tersebut ga mutlak, kadang masing2 jurusan, masing2 dosen punya adat dan kebiasaan masing2, untuk poin nomer 5 ane pernah terapin gan di satu mata kuliah wktu ujian ane cuma jawab singkat, 10 soal essay cuma stgah hlaman, di mata kuliah itu juga ane terapin ke 5 tips, hasilnya ane dpet A-, oiya saran klo quote jangan diframing gan, biar salah pengertian, ane juga bilang di poin 5, "yg penting jawaban masih berkaitan dengan yg ada di soal" hehe
nilai ane udah kayak merk batre gan ABC ada semua
Quote:Original Posted By bluy


haha iya gan kan di bawah ane keterangan, ke-5 tips tersebut ga mutlak, kadang masing2 jurusan, masing2 dosen punya adat dan kebiasaan masing2, untuk poin nomer 5 ane pernah terapin gan di satu mata kuliah wktu ujian ane cuma jawab singkat, 10 soal essay cuma stgah hlaman, di mata kuliah itu juga ane terapin ke 5 tips, hasilnya ane dpet A-


kuot ulang dong bray, ada yg keedit jadi ga maksimal
ente cuma nerapin di satu mata kuliah? yah berarti gak selalu dijadikan tips pula
uts & uas intinya harus ada persiapan menurut ane, biar kata senior2 nilainya dari si dosen anu enak, ga percaya ane pikiran dosen masa ditebak
Enak bener di tempat TS jatah bolosnya 6 kali. Di tempat ane aja jatah bolosnya "cuman" 3 kali

Ada benernya jg kata TS, soalnya ane pun pernah ngelakuin, tapi itu gak mutlak. Kembali lagi ke dosennya. Juga kita sendiri. Mau tugas, UTS, atau UAS pun kalo ngerjainnya gak bener ya tetep aja ada konsekuensinya even pas kuliahnya masuk terus. Lebih baik kerjakan sesuai apa yg didapet pas kuliah biasa. Kalopun "mengarang bebas" maka isinya pun paling gak harus masuk akal dan nyambung dikit2 lah.
Quote:Original Posted By DolanDuck


kuot ulang dong bray, ada yg keedit jadi ga maksimal
ente cuma nerapin di satu mata kuliah? yah berarti gak selalu dijadikan tips pula
uts & uas intinya harus ada persiapan menurut ane, biar kata senior2 nilainya dari si dosen anu enak, ga percaya ane pikiran dosen masa ditebak


ini gan

Quote:Original Posted By bluy
Last but no Least poin ini yang wajib kalian ikuti, mau ga mau, bisa ga bisa kalian harus hadir ketika UTS atau UAS. Inget gan hadir, kerjakan, kumpulkan, ga peduli deh jawabannya, yang penting dijawab gan haha, kalo TS sendiri terutama soal essay pasti TS jawab dengan dengan bahasa TS sendiri yang penting berkaitan dengan persoalan yang ada disoal.


thx buat masukannya gan, ane tambahin di atas nanti

Kalo dosen nya baik insyaallah A
Quote:Original Posted By bluy


ini gan



thx buat masukannya gan, ane tambahin di atas nanti


maksud ane kuotan di post #11 ane ada yg blum dibenerin

pengaruh kata "ga peduli jawaban" masih kuat itu
kalo menurut ane keluarin semua yang ente dapet & tau pas jawab, yah intinya tetep belajar juga ujung2nya


jgn keluar masuk kelas
ntar diciduk
terhantung dosen tuh
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar