Pages


Selasa, 25 Oktober 2016

Bisnis Jual Beli Domain, Bolehkah? Berikut Penjelasannya

Bisnis Jual Beli Domain, Bolehkah?
Berikut Penjelasannya



Bisnis Jual Beli Domain, Bolehkah? Berikut Penjelasannya


[ HT# 046 ]

Salam hangat semua, man-temans gan and sista, ISKRIM is back
Kalau ente biasa berhubungan dengan dunia internet mungkin nggak akan asing dengan istilah Domain. Yup, domain adalah suatu nama yang menunjukkan alamat sebuah website dengan akhiran .com, .net. co.id, id dan lain sebagainya. Misalkan; kaskus.co.id, nah nama Kaskus didepan disebut dengan nama domain. Sedangkan .com, co.id dan lain sebagainya disebut dengan TLD atau Top Level Domain Name (ektension atau kata yang berada di belakang nama domain tadi)


Perkembangan dunia internet saat ini warbyasah pesat, peralihan bisnis tradisional sekarang ini mulai bergeser ke dunia internet. Bisnis online istilah sekarang menjadi begitu populernya. Bagaimana tidak, sebuah usaha di bisnis online itu tidak selalu harus memiliki tempat yang luas, gedung yang mahal, bayar berpuluh-puluh karyawan, dan lain sebagainya. Bisnis online gak selalu harus sedia barang yang nyata dan lengkap, cukup penuhi dengan gallery gambarnya saja, mulailah dengan sistem dropship. Dropship, istilah awamnya perantara, yup ente cukup menjadi perantara saja dari agen-agen besar yang memiliki barang yang lengkap.

Bisnis Jual Beli Domain, Bolehkah? Berikut Penjelasannya

Nah, dengan begitu mudahnya orang membuka bisnis online ini, maka dampaknya adalah membanjir dan membludaknya pesanan nama domain. Banyaknya bisnis yang tumbuh, membuat sebuah nama domain bisa kebetulan sama. Misalkan ada dua perusahaan membuka usaha katering, kemudian memakai nama domain: kateringbujoko, bisa saja memiliki kesamaan di usaha yang sama, dengan nama pemilik yang kebetulan juga sama, tapi orang yang berbeda. Disinilah mulai timbul permasalahan baru. Tapi biasanya siapa dulu yang menggunakan nama domain inilah yang memenangkan dan berhak atas nama domain tersebut, dengan syarat memenuhi persyaratan yang di tentukan oleh Badan Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (Pandi) . Apakah sampai disitu? Belum tentu, dari beberapa kasus yang TS amati ada loh perusahaan yang gak menerima begitu saja keputusan tersebut. Seperti di kasus ini:

Quote:
KEMIRIPAN NAMA YANG BERKASUS

Google telah memenangkan gugatan sengketa terhadap 32 nama domain yang mirip
dengan penamaan domain Google. Bagi Google, hal tersebut adalah kemenangan kecil tapi merupakan hal penting bagi keberlangsungan usahanya ke depan.


Selain itu, nama domain yang mirip nama domain Google ini dikhawatirkan disalahgunakan untuk kepentingan pribadi atau malah digunakan hacker untuk mencuri data. Dengan nama yang mirip, para pengguna Internet bisa saja tertipu dan secara tidak sadar telah masuk ke website bukan milik Google. tkp

---------------------------------------------------------------------------------------

NAMA DOMAIN YANG SAMA

Perusahaan otomotif Bayerische Motoren Werke (BMW) Group Indonesia mensomasi salah satu warga Surabaya yang memiliki domain internet bmw.id. Warga tersebut merasa benar karena domain itu didapatnya secara resmi. Aksi saling klaim pun tak terhindarkan.

Somasi BMW ditujukan langsung ke Benny Muliawan, Direktur sekaligus Founder BNL Patent. Sebuah perusahaan di Surabaya yang bergerak di bidang jasa konsultan hak kekayaan intelektual. Benny dianggap produsen mobil tersebut melanggar hak cipta dengan menggunakan merek mereka. Domain bmw.id memang bukan milik BMW. Benny secara sah mendapatkannya setelah memenuhi tertib administrasi yang dibuat Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (Pandi). Domain tersebut kemudian hanya dipakai Benny untuk membuat akun email, bukan situs web.

BMW Group Indonesia bersikeras ingin mengambil domain tersebut. Karena ini menyangkut merek global dan reputasi produsen otomotif itu di masa depan. tkp



Bisnis Jual Beli Domain, Bolehkah? Berikut Penjelasannya

Dapat disimpulkan bahwa apalah arti sebuah nama tidak berlaku di dunia internet.
Nama domain begitu berharganya karena menyangkut nama besar dan pertaruhan sebuah perusahaan itu sendiri. Hingga sebuah perusahaan berani membayar berapapun asalkan nama domain itu bisa dimiliki. Nah, sebuah peluang tentunya bagi mereka yang cerdik membaca kebutuhan sebuah nama domain.


Bisnis Jual Beli Domain, Bolehkah? Berikut Penjelasannya


PELUANG USAHA YANG MENGGIURKAN, NGERI NGERI SEDAP

Bisnis Jual Beli Domain, Bolehkah? Berikut Penjelasannya

Maka dari beberapa kasus tersebut timbulah sebuah bisnis yang disebut bisnis jual beli nama domain.
Cara sederhananya adalah, ente coba daftarkan nama domain yang sekiranya sebuah perusahaan belum memiliki website, daftarkan semua nama domain tersebut dengan berbagai akhir .com, .net dll. Otomatis nama domain tersebut menjadi milik ente sepenuhnya selama kontrak domain ente berlangsung dengan penyedia hosting. Ketika perusahaan tersebut ingin mendaftarkan nama perusahaannya ternyata sudah tidak bisa, karena nama domain sudah ente miliki.

Bisnis Jual Beli Domain, Bolehkah? Berikut Penjelasannya

Menyewa sebuah nama domain paling mahal setahun adalah Satu Juta Rupiah, jadi kalau ente daftarkan semua untuk 1 nama merek usaha, paling ente keluar modal paling banyak nggak akan sampai lima juta! Kalau ente berani nyemplung di usaha ini bisa aja ente langsung aksi borong 1 nama domain sekaligus dengan akhiran .tld yang lengkap.



Bisnis Jual Beli Domain, Bolehkah? Berikut Penjelasannya

Sebuah situs yang menjalankan bisnis jual beli domain beserta list harganya.
tkp

Sekarang ente tinggal menunggu reaksi perusahaan tersebut apakah berminat untuk membelinya, jika iya berarti itu keberuntungan ente, negoisasi pun berlangsung, ente yang pegang harga dan bersifat gelap, dan nilainya pun cukup lumayan, namun resikonya jika perusahaan itu menggugat, tentu ada aturan hukumnya. Makanya ane beri judul diatas sebagai peluang usaha yang menggiurkan tapi ngeri-ngeri sedap karena musti siap dengan tuntutan. Buat mereka yang bermental baja dan punya hobi bisnis menantang mungkin usaha ini bisa ente pilih sebagai usaha sambilan atau justeru dipilih sebagai usaha pokok hidup ente.

Bisnis Jual Beli Domain, Bolehkah? Berikut Penjelasannya


Bisnis Jual Beli Domain, Bolehkah? Berikut Penjelasannya

DI TINJAU SECARA ASPEK HUKUM

Ketentuan Mengenai Perselisihan Terkait Domain

Regulasi yang ada saat ini, masih sebatas mengatur nama domain seputar pengelolaan/penyelenggaraan nama domain dan sengketa/perselisihan nama domain. Sengketa/perselisihan nama domain baik dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (“UU ITE”) dan PP PSTE serta peraturan menteri lainnya tidak menjabarkan apakah di dalamnya termasuk sengketa antara penyelenggara hosting dan pemilik nama domain terkait dengan perjanjian tingkat layanan.


Beberapa pasal tersebut yaitu:

Pasal 23 ayat (3):
Quote:Setiap penyelenggara negara, Orang, Badan Usaha, atau masyarakat yang dirugikan karena penggunaan Nama Domain secara tanpa hak oleh Orang lain, berhak mengajukan gugatan pembatalan Nama Domain dimaksud.”


Pasal 24 ayat (2):
Quote:“Dalam hal terjadi perselisihan pengelolaan Nama Domain oleh masyarakat, Pemerintah berhak mengambil alih sementara pengelolaan Nama Domain yang diperselisihkan.”


Pasal 25:
Quote:“Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang disusun menjadi karya intelektual, situs internet, dan karya intelektual yang ada di dalamnya dilindungi sebagai Hak Kekayaan Intelektual berdasarkan ketentuan Peraturan Perundang-undangan.”


Walaupun biaya hosting dan domain yang terlalu mahal tidak dapat diperkarakan jika memang sudah kesepakatan para pihak, akan tetapi perlu diketahui bahwa ada kemungkinan permasalahan lain yang muncul setelah penjual dan pengguna hosting dan domain mengakhiri Perjanjian tersebut, yaitu jika nama domain tetap digunakan oleh penyelenggara hosting setelah Perjanjian berakhir.


Penyedia hosting juga tidak berhak menggunakan (termasuk menutup akses dan mengontrol nama domain) website tersebut (tanpa kuasa atau ijin instansi pemilik), dan hak intelektual di dalam website tersebut tetap menjadi hak Instansi Penyelenggara Negara (pengguna hosting) tersebut yang mana dilindungi oleh hukum kekayaan intelektual. tkp


Bisnis Jual Beli Domain, Bolehkah? Berikut Penjelasannya

Jadi kesimpulannya sekali lagi adalah membuka peluang usaha penamaan domain ini secara hukum sah dan dapat dilakukan, namun apabila terjadi gugatan atau tuntutan dari pihak terkait diharapkan ada negoisasi yang saling menguntungkan.

Ente berminat gan?




Bisnis Jual Beli Domain, Bolehkah? Berikut Penjelasannya

Nah gimana man-temans, gan and sista, ini adalah opini ane mengenai nama domain yang mungkin bisa di kaji lebih lanjut. Ane bukanlah pakar dalam dunia penamaan domain dan juga bukan pakar hukum. Kurang dan lebihnya ane minta koreksinya, sekali lagi ini hanyalah sebuah opini pribadi yang mungkin bisa menambah wawasan kita semua. Terimakasih...SALAM ISKRIM

ide: pemikiran sendiri | tukang gambar: oom gugel | art : sotoshop oleh iskrim



>> Rekomendasiin HT, gan <<


Bisnis Jual Beli Domain, Bolehkah? Berikut Penjelasannya

Spoiler for click for view koleksi ht:

Bisnis Jual Beli Domain, Bolehkah? Berikut Penjelasannya | new
Ini Tips Membuat Thread Ente Jadi Berkualitas (Anti Copaste)
Sampah Medis Rumah Sakit, Di Buang Kemana? Ini Infonya, Gan
Inikah Yang Terjadi Kalau Kita Semua Bisa Ber-Teleportasi?
Sudah Ada Uang Kertas Kenapa Harus Ada Uang Logam ? Ini Alasannya
Ini Dia Kuis Radio Yang Bikin Kangen Pendengarnya Di Era '90 an
Begini Jadinya, Kalau Ketemu Tipikal Yang Sama Di Satu Ruang
The Power Of Kepepet, Apapun Di Lakukan Karena Hal Ini
Jangan Katakan 'Sudah' di Situasi Ini, Nyesel Lo!
Tips Aman Berkendara Saat Menerjang Hujan (Rider, Wajib Dibaca)
7 Alasan Kenapa Orang Memilih Resign dari Dunia Kerja
Buktikan Perasaanmu Dengan Cara Ini ( Peringatan Hari Hewan Sedunia )
Cara Makan Dan Minum Unik Ini Mungkin Cuma di Indonesia, Mana Gaya Favoritmu?
Kenapa Harus Ada Istilah Khusus Dalam Sebuah Kalimat Tertentu? Ini Jawabannya
Yang Tadinya Murah, Malah Jadi Mahal Karena Sebab Ini
Cowok Korban Kesetiaan 'Atas Nama Cinta' (Koreksi Dulu Kualitas Hubunganmu)
Ini Rasanya Punya Temen Setelah Jadi Artis Terkenal (iskrim numpang tenar)
Ini Loh Istilah Istilah Elemen Yang Ada Di Layar Tivi ( Iskrim Broadcast)
Sifat dan Makna Angka 123... Menurut Matematikawan Pythagoras
Kode - Kode Yang Tak Tertulis Demi Menjaga Suatu Hubungan
Tentang Kampret, Batman Versinya Orang Indonesia
Bank Itu Harusnya Keren Kek Gini (Biar Menarik Minat Anak Muda Untuk Menabung)
Kenapa Cakram Motor Depan Ada Kanan dan Kiri, Kenali Juga Jenisnya Disini
Menjelang Lebaran Haji, Jangan Salah Beli, Ini Perbedaan Kambing dan Domba
Apa Bedanya Lingkaran, Bulat, dan Bundar? Ini Penjelasannya
Tempat Dimana Kita Kadang Sering Ditipu, Waspadalah!
T-Shirt Band - Band Rock Legend Dunia Yang Masih Tetap Keren Dipakai Hingga Kini
Jahilnya Saudara Kandung Sewaktu Kecil, Masih Ingat Gak Yang Mana?
Fakta Fitnah Lebih Kocak Daripada Pembohongan!
Makna Dan Arti Merah dan Putih Bendera Di Beberapa Negara
Candaan Pembeli dan Pedagang Yang Biasanya Bikin Kangen
Diskon, Diskon, Diskon! Awas Jebmen Diskon!
Medrep, Profesi Penawar Obat Yang Bikin Harap-Harap Cemas Pasien?
Gregetnya Anak Graphic Designer Era 90-an
'Kegatelan' Yang Sulit Dihilangkan Segera, Ente Alamin Yang Mana?
Beginikah Reaksi Ente Kalo Ketemu Orang Yang Mirip?
Keberadaan Benda Ini Sangat Penting, Tapi Mulai Dilupakan Orang Rumah
Pernah Denger Penyakit Laringitis? Kenali Sebab, Gejala, dan Solusinya!
Fenomena Harga Bandrol yang Ganjil, Perlukah YLKI Terlibat?
Ketemu Teman Lama Jadinya Nggak Asik Karena Sebab Ini
Bisnis Musiman, Jasa Penukaran Uang Menjelang Lebaran, Legalkah?
Siapa Bilang Lagu Anak Indonesia Mati Suri? Cek dimari...
Tips Pedekate Jaman Babe Kita Dahulu Kala (Kembali di Masa Silam) Tetep Greget
... >


>> main ke koleksi HT iskrim dan thread lainnya, gan <<


Bisnis Jual Beli Domain, Bolehkah? Berikut Penjelasannya



Bisnis Jual Beli Domain, Bolehkah? Berikut Penjelasannya

pertamax cuma untuk TS
KOMENTAR NTAPS KASKUSER

Quote:Original Posted By kadingaren
Mungkin kalo berbisnis domain model jual domain dengan nama domain tersebut mirip dengan nama perusahaan terkenal itu "Agak susah",
Contohnya, waktu launching Domain .id , ane udah ngejar nama domain Perusahaan besar aka Google, Yahoo, Facebook .
Ternyata sistem pendaftaran ada beberapa tingkatan, tingkatan pertama itu kloter pendaftaran untuk Pemegang nama besar . ke 2 itu buat yang sudah punya domain .co.id terlebih dahulu, dan yg terakhir itu untuk orang biasa seperti ane .
Mungkin masih ada beberapa lubang untuk mempunyai domain nama besar perusahaan, FYI gan .


Quote:Original Posted By blueneptone
mnrt ane dan pengalaman ane sih bisnis jual beli domain lmyn gan. soalnya ane ud bbrp kali mau bikin web, domainnya ud diklaim org, mau pake ya bayar mahal . kalo utk PT ud pasti dibeli, byk PT yang baru berdiri dan mau bikin website

...
skrg makin byk yg bikin website.. sbnrnya secara ga langsung ya makin berpeluang justrunya, asal berani modal + kreatif mikirin nama yang bakal di pake org


Quote:Original Posted By shinhikarugenji
Jadi ingat kasus 2010(?) kemarin, waktu "Sony" digugat Sony.
Blogger bernama Sony dengan domain Sony-ak.com dikomplain Sony Corp karena masalah kemiripan nama...


Quote:Original Posted By benci.kaskus
Iya sih gan, peluang pasti ada. Tp bagi yg pinter, domain bisa dimodifikasi. Misal ente punya PT namanya PT Otong Maju Mundur, terus mau daftar domain OMM.com tp semua top level domain sudah ada yg pake, ente tetep bisa pakai domain yg mirip2 misal menjadi PT-OMM.com, PTOMM.com, atau PT-Otong.com dll.

Jangan kehabisan kata gan Bisnis Jual Beli Domain, Bolehkah? Berikut Penjelasannya


Quote:Original Posted By mayavin
loh gmn sih... kalo gaboleh ya gabakal ada website website di indonesia dong.. ada" aja.. emg sih dlm beli domain hrs ada aturannya. jgn beli nama domain dgn nama yg mirip dgn perushaan yg udh terkenal..


Quote:Original Posted By twisctre
Dot id enaknya adalah Confidence, kalo domain ini dipake nipu wah habis dah, apalagi ada whois bs menunjukkan data sesuai KTP. Kalo diganti jg Pandi megang scan KTP dan surat berharga

Web abal abal (anak BP pasti tauk) berbasis Blogspot jarang pake dot id karena sekali ketauan ya dicabut hak namanya.

Kecuali ente pny kuasa gede kayak aburijal bakrie baru bs "lolos"

Btw visit me at http://misael.id


Quote:Original Posted By aquatrium
Untuk kasus yang BMW juga harusnya perusahaan segede gaban gitu udah harus aware dengan perkembangan teknologi beserta tetek bengeknya. Kan ada periode dimana TLD di khususkan buat mereka. Dan anehnya ga diambil. Pas diambil orang baru mencak-mencak. Yang salah kalau yang beli mengatasnamakan BMW secara khusus dan melakukan tindakan kejahatan dengan mencatut nama BMW tersebut.

Sama kaya PH atau orang pajak yang ga update undang-undang baru ya wasallam salah ambil keputusan.


Quote:Original Posted By zapperprince
Kalau mirip harusnya sih tidak di permasalahkan asal itu resmi.
Kalo masalah bmw.id itu kehendak yang pemiliknya, tandanya pihak bmw kalah cepat dengan orang lain untuk masalah domain. Jadi pihak bmw hanya bisa melakukan penawaran untuk pemindahan tangan.
Salah di pihak bmw nya sih


Quote:Original Posted By aquatrium
Iya susah kalo nama mirip nama perusahaan gede gan. Gampang diembat orang.

Kalo jumlah huruf emang setau saya makin dikit makin mahal gan semuanya. Apa lagi bisa bikin subdomain baru yang unik kan.


Quote:Original Posted By fajarn0407
Kasusnya pasti gini kalau nyangkut domain branding


Quote:Original Posted By onepuchman
sah-sah saja nurut gua, siapa cepat dia dapat


Quote:Original Posted By twisctre
Untung kemiripan nama dah diatur dgn kewajiban menyertakan surat izin penggunaan lisensi


Quote:Original Posted By dexlarer
wah
bahasannya sekarang domain


oiya
kapan hari kan ada domain xxx tuh
nah, kalau ente mau, coba aja cari domain xxx perusahaan gede yang mungkin belum pake
domain xxx ini kan untuk ya you know what lah
biasanya kayak disney gitu tetep mau beli domain xxx
tujuannya biar domain disney xxx gak disalahgunakan sama pihak luar buat jualan konten disney versi xxx
istilahnya buat ngamanin aja
mungkin disneynya cuma ngeredirect aja dari domain xxx mereka ke domain utama mereka
hehe

btw
kalau yang domain xyz kemarin gimana ya?
denger2 gratis ya sama kek domain id?


Quote:Original Posted By asxch
kalau ga salah, domain abcdefghijklmnopqrstuvw.xyz telah dibeli Alphabet (perusahaan induk Google) dengan harga jutaan dolar. Alphabet sendiri alamat domainnya abc.xyz.

Ada juga saya pernah baca, orang yang berupaya untuk membeli hak mengelola TLD .cm (dot.cm - Cameroon), karena TLD tersebut mirip .com (dotcom). Seperti diketahui, orang kadang-kadang sering typo dalam mengetik alamat URL, harusnya kaskus.com, eh, kaskus.cm. Nah, halaman kaskus.cm bisa dieksploitasi sama orang2 yang kurang bertanggung jawab tuh, dari phising, jualan iklan, atau yang lain.

Bisnis yang menggiurkan ya..


Quote:Original Posted By fajriym
kalo bisnis jual beli domain, pemain baru ga akan bisa menang sama pemain lama gan. apalagi ada yang udah legend (ane lupa namanya) doi, sekali beli domain aja borongan sampe milyaran. kebayang itu kalo laku semua domainnya. untungnya gede banget
tapi kemungkinan selalu ada buat dapet untung di usaha ini meskipun kecil.

btw, setau ane tempat jual beli domain terbesar itu sedo.com, selain agan bisa parkirin domain agan di sana buat dijual, bisa buat dilelang juga tapi yang ane baca, katanya lelang ga disaranin. cmiiw

untuk pelaku jual beli domain, whoisnya jangan di private (tips yang pernah ane baca)

terus, kalo di parkir di situs jual beli domain, biarpun calon pembeli banyak, keuntungan dibagi sama pemilik situsnya (dalam kasus itu sedo.com)

mending kalo udah beli domain, domainnya bikin live di hosting gratis pake single page html aja yang menginfokan "domain ini dijual, hubungi... "
kalo emang ada orang atau perusahaan yang tertarik untuk beli agan punya domain. doi pasti hubungi agan ko

semoga membantu.


Quote:Original Posted By mustikaji
Waaaaw liat-liat dulu deh siapa tau dapet pelanggan dari sini


Isi trit TS hampir semuanya adalah betol. Ane malah baru tau masalah bmw.id itu gan
Barusan ngecek udah dipake BMW beneran ternyata


Quote:Original Posted By cidegen
makasih infonya gan,
ini nih yang ane pengen coba dari dulu,
temen ane juga sukses lewat sini,


Quote:Original Posted By mahdot
pantesan ane kadang liat domain yg dijual pas salah ketik. boleh juga


Quote:Original Posted By roganro
kirain jual beli domain yg di taro di pelelangan juga dibahas, biasanya sih domain yg ditaro di pelelangan itu statusnya setelah masa expired, auto-renew sama redemption period.

masih banyak sih yg perlu dibahas kalau masalah jual beli domain


Quote:Original Posted By armanke13
iya kaitannya sama branding perusahaan,
udah kayak bisnis portfolio tanah ato real estate gitu,
banyak squatters, cepet2an bidding trus taruhan masa depan brand itu makin butuh online presence di domain itu apa nggak,
makanya skrg dibuka baru lagi .TLD yg baru2,
tapi .com sementara masih juara..


Quote:Original Posted By IbamCandra
Udah langka banget trit berat di kaskus.


Ane pernah ada pengalaman temen bre masalah domain ini
temen ane plesetin yamahakuasa(dot)com
eh diklaim ama orang yamaha indo
untungnya agak gede tuh temen ane, sewa cuma ceppe setaon


Quote:Original Posted By bossbaby
Kesempatan itu kalau dapet domain perusahaan besar, bisa di bid berkali-kali lipat


Quote:Original Posted By ibamfx
kalau ane mengamati sekarang, jual beli domain ini seprtinya agak amburadul gan, dari prsoes beli smp aktivasi itu hanya perlu waktu beberapa jam aja, nggak ada proses review ataupun klarifikasi atas nama domain yang dipesen, apalagi domain yg extention sperti .info .org dan sebagainya,, sebaiknya untuk jual beli domain fresh, itu harus diregulasi, kecuali untuk jual beli expired domain, itu mungkin bisa bebas,


Quote:Original Posted By kyoka12
Oke ni, apalagi domain yang mau dijual dan berumur + ada metriks tambahannya seperti DA PA TF CF dsb.. kalau domain selain ekstensi negara dan beli di luar negri gimana hayo... ngak nyangkut di undang RI nii


...
Trit berat, is
Quote:Original Posted By lcen.jr
Trit berat, is

variasi lah bre, biar yg ngejang sekali2 ikut mikir....
Aku tercengang..
mulai sekarang bikin domain biar bisa dijual keperusahaan besar






original posted
m.a.m.u
Kalo maen hukum terus gk punya pengacara gmana breh ? Tau sendiri nyewa pengacara gk murah . Kalo bisa di ajak negoh sih gpph
Mejeng dulu ditrit..
Calon HT..
Berat, berat, berat, bahasan'y berat
boleh juga dicoba nih bisnis jual beli domain
hmmm bisa digugat jg ternyata
Emang banyak yang minat nih kalo jual beginian, temen grup ane malah pada jual domain harga miring banget 50rb pertahun
tumbenan ente bikin trit serius krim

Asal jangan jual beli perasaan
Pengin beli domain juga nih gan
Biar hits dab kekinian
Ga bkt ane jualan bgnian bree
Quote:Original Posted By usmannnn
tumbenan ente bikin trit serius krim



variasi aja gan, biar gak bosen


Bisnis Jual Beli Domain, Bolehkah? Berikut Penjelasannya
gt ya bre.. ane baru ngeh
makasih info nya..
Bisnis Jual Beli Domain, Bolehkah? Berikut Penjelasannya
Biasanya trit ente nyeleneh bree
berlanjut kesebelah

Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar