Pages


Selasa, 07 Juli 2015

Bahagia adalah Kewajiban. 13 Catatan Hector Ini Bisa Jadi Inspirasinya

Alhamdulillah HT 06 Juli 2015

Thanks Mimin Momod All Officer & Kaskuser
Semoga trit Ts bermanfaat dan menginspirasi di kehidupan Gansis



Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
Selamat Datang Di Thread Unitedd
Mudah"han Tidak Repost




"We all, all of us, have the capacity to be happy."
"Higher than that, Hector"
"That we all have the right to be happy?"
"..."
"We all have an obligation to be happy."

Quote:Quote:Coba tanyakan kepada diri Gansis sendiri, "apakah arti kebahagiaan? hal apa yang membuat Gansis bahagia?".

Seberapa panjang dan lancarnya jawaban Gansis?

Beruntunglah Gansis yang bisa dengan mudahnya menjawab, apalagi yang sambil senyum-senyum kuda poni. Namun, bagi sebagian orang, pertanyaan itu nggak gampang kejawab, entah itu karena hidupnya terlalu datar alias monoton, entah karena terlalu banyak perkara yang mampir dan bertandang di kehidupannya. Nggak jarang juga kan kita nemuin orang yang bahkan keliatan doyan banget merayakan kegalauannya, dengan nge-post atau nge-like status galau, misalnya.
Quote:Hector, seorang psikiater, pun merasakan kegelisahan yang mirip. Dia mempertanyakan hidupnya yang terlalu teratur. Apalagi seluruh urusan hidupnya udah diatur secara rapih (banget) oleh pacarnya, Clara. Hidupnya yang monoton itu ternyata berpengaruh terhadap caranya menanggapi curhatan para pasiennya.

Akhirnya Hector membuat keputusan besar. Ia ingin berkeliling dunia, dalam waktu yang nggak ditentukan, dengan membawa sebuah misi yang sebenernya simpel tapi bermakna besar. Hector pengen nyari tahu hal-hal apa saja, sih, yang membuat manusia bisa bahagia.

Quote:Perjalanan Hector and The Search for Happiness pun dimulai.Dari Paris, Hector ke Cina, mendaki kaki Himalaya, lalu lompat ke Afrika dan ke Amerika sebelum akhirnya pulang. Perjalanannya yang penuh spontanitas itu tentu diwarnai beragam keajaiban. Ia tiba-tiba akrab dengan seorang bankir supertajir yang kemudian membawanya ke dunia malam Cina. Ia bertemu dengan biksu Himalaya yang doyan Skyping. Di Afrika, bahkan Hector sempat nyaris dibunuh oleh kelompok pemberontak dan selamat karena ia sempat berkenalan dengan mafia narkoba.
Spoiler for video:
Di sela-sela keajaiban yang chaos dari perjalanannya itu ia tetap menjalankan misinya. Tiap kali menemukan hal-hal yang membuat orang bahagia, Hector mencatatnya di buku hariannya yang dikasih sang pacar.
Quote:Dalam film yang diadaptasi dari novel bestseller dengan judul sama karangan penulis Perancis, Francois Lelord ini, P! mencatat 13 poin makna kebahagiaan yang Hector dapatkan selama perjalanannya (kalau dilihat dari novelnya sih, ada lebih dari 13). Mari disimak. Siapa tahu jadi ketularan bahagia. Mudah-mudahan nggak spoiler, deh.


Quote:Poin 1.
Spoiler for hector:
Saat di pesawat, Hector terpaksa duduk di kelas eksekutif dan bersebelahan dengan seorang bankir kaya raya. Dibanding dengan penumpan lain yang rapih dan kaku ala pebisnis, di kelas itu hanya Hector yang tampak berbeda: berpakaian kasual dan nggak bisa diam selama di perjalanan.

Membanding-bandingkan diri kita dengan orang lain itu memang bakal bikin runyam perasaan. Kita jadi ngerasa harus punya pencapaian yang sama, gaya yang sama, dan cara yang sama untuk menuju kebahagiaan. Padahal kebahagiaan itu kan personal banget. Tiap orang punya caranya sendiri untuk mencapai bahagia. Dan sialnya, membanding-bandingkan diri dengan orang lain itu sangat gampang terjadi di era media sosial ini. Waspadalah!


Quote:Poin 2.
Spoiler for hector:
Ada sebagian (banyak) orang yang percaya kalau kebahagiaan itu bisa dengan mudah dicapai kalau kita punya uang. Bener juga sih, karena dengan uang bisa kita membeli segala hal yang bikin kita seneng. Bisa tiap hari beli sneakers, seminggu sekali ke luar negeri, ke mana-mana naik taksi, dan kalau nonton konser selalu di kelas VIP. Catatan ini dibuat Hector setelah ia ngobrol dengan Edward, si bankir kaya raya yang ia pertama temui di pesawat ke Cina tadi.

Tapi jangan jadi pesimis, uang tetap bukan segalanya, bung! Percayalah.


Quote:Poin 3.
Spoiler for hector:
Menurut Gansis, poin ini maksudnya apa? Bagi ane sih, artinya adalah kebahagiaan itu, bagi sebagian orang, emang nggak dia dapetin sekarang, karena hal-hal tertentu. Tapi, dengan yakin kalau di masa depan dia bakal bahagia, hidupnya sekarang bakal dijalanin sebaik-baiknya. Tul nggak, tuh?!


Quote:Poin 4.
Spoiler for hector:
Cinta itu membahagiakan. Ada yang berani nggak setuju? Hmm, berarti belum pernah ngerasain dicintai dan mencintai, tuh.

Bisa nemuin orang yang bener-bener cocok cara mencintai dan dicintainya dengan kita adalah bahagia pangkat seribu. Nah, gimana jadinya kalau kita dikasih kesempatan untuk bisa mencari orang seperti itu lebih dari satu? Bahagia pangkat dua ribu, sih, kayaknya.

Kayak yang dirasakan Hector. Dia memang punya pacar, tapi, hubungannya itu kayak open relationship gitu. Jadi, saat di Cina, Hector nemu gebetan barunya. Dan Hector merasakan kenikmatan luar biasa, apalagi si gebetannya itu sekseeeeh sekali. Masih daun muda pula.


Quote:Poin 5.
Spoiler for hector:
Ah, ini bener banget, Hector! Hidup ini emang terlalu riuh dengan kabar, apalagi di era informasi ini. Dan kadang kita nggak bisa milih kabar mana yang akan kita ketahui. Seringkali fakta yang nggak ngenakin datang begitu aja di depan mata. Memicu perasaan kita untuk bergejolak, terus, sedih deh.

Ada kalanya, menjauhi diri dari informasi, itu justru bikin kita bahagia. Karena kita memilih, hanya informasi yang enak aja yang masuk ke kepala.


Quote:Poin 6.
Spoiler for hector:
Nah, nah, nah, lari dari ketidakbahagian bukanlah cara untuk bahagia. Masa cuma karena takut sakit hati kita ogah cari pacar?Masa cuma karena takut sepi kita ogah cari mutusin pacar yang padahal lebih nyebelin dari rentenir? masa cuma gara-gara takut nggak lolos kita jadi ogah ikutan SBMPTN? masak cuma gara-gara takut nggak kuat nanjak kita ogah ngedaki gunung yang indah banget pemandangan di puncaknya? Hmmmmm. Pikir-pikir lagi deh.


Quote:Poin 7.
Spoiler for hector:
Sebelum mencatat poin ketujuh ini, Hector ditanya oleh seorang ibu yang duduk di sebelahnya saat di pesawat rombeng menuju Afrika:

"Why do I get the feeling, there is a woman out there in the world asking herself the very same question? You know, there is really only one question: Does this person bring you predominantly: A) Up or B) Down? 'Side effect may include happiness."

Agaknya ini masih tentang cinta, atau lebih tepatnya tentang pasangan hidup. Bagaimana pun yang terjadi dengan pasangan kita, efek samping dari hubungan itulah yang bisa menimbulkan kebahagiaan. Hmmm. Menurut Gansis gimana?


Quote:Poin 8.
Spoiler for hector:
Hector tiba-tiba ketemu sama gembong narkoba. Dia bahagia (jadi kaya) dengan membuat orang lain nggak bahagia (kecanduan narkoba). Hmm. Namun dia tetap berkelit, usaha yang dilakukan justru memanfaatkan ketidakbahagiaan orang-orang, yaitu dengan menyediakan hal yang bisa menghadirkan kebahagiaan semu nan sesaat.Di film, Hector nggak mencatat makna kebahagiaan dari doi, barangkali, karena kelewat nggak bener.
Spoiler for hector:
Tapi kalimatnya yang kedua ini layak kita renungi sih. Ada benernya juga. Kita bisa bahagia kalau bisa mengurus diri kita sendiri. Nggak tergantung sama orang lain. Setuju nggak Gansis?


Quote:Poin 9.
Spoiler for hector:
Gansis punya skill tertentu? bersyukurlah. Karena akan tiba kalanya Gansis mendapat 'panggilan' untuk mengabdikan skill Gansis tersebut untuk untuk orang lain, entah di belahan dunia mana, untuk turut merasakan hidup bahagia. Ketika Gansis suka mengajar dan ternyata lolos seleksi Indonesia Mengajar, maka berangkatlah. Ketika Gansis jago motret humanis dan diajak untuk mendokumentasikan aksi LSM menolong korban bencana, pergilah. Buatlah foto yang nggak cuma bagus, tetapi juga baik untuk kemanusiaan.

Pengabdian, seperti yang dirasakan Hector setelah ikut mengobati anak-anak di Afrika, membuat diri menjadi berharga, karena bisa membuat orang lain menikmati hidup . ~~syeedaaapp~~


Quote:Poin 10.
Spoiler for hector:
Ya siapa juga sih yang nggak bahagia lahir-batin, bumi-langit, dunia-akhirat kalau bisa nemuin orang yang dengannya kita bisa saling mencintai tanpa kudu ngubah diri kita. Nggak perlu pura-pura suka Radiohead padahal kita fans berat One Direction, nggak perlu ngerasa aneh tiap kali meleset-melesetin kata, nggak perlu ngerasa gila tiap kali nyanyi-nyanyi sendiri.


Quote:Poin 11.
Spoiler for hector:
Di Afrika, Hector tiba-tiba kena masalah besar. Ia diculik. Dan ia jadi takut bukan main. Karena para penculik mengancam membunuhnya. Hector mencatat, ketakutan benar-benar menghalangi dirinya dari bahagia.

Nah, kadang, ketakutan itu nggak muncul dari ancaman orang lain, melainkan ancaman yang kita buat sendiri dalam pikiran. "nanti kalau gitu gimana...", "duh, gue jadi nggak yah.", "kayaknya gue nggak bisa deh.", "Jangan-jangan dia...... ARRGH!"


Quote:Poin 12.
Spoiler for hector:
Bebas dari sakit, bebas dari penjara, bebas dari pacar posesif, membuat kita bener-bener ngerasain bisa hidup sehidup-hidupnya sebagai diri kita sendiri. Setuju? setuju dong.Begitu pula lah yang dirasakan Hector setelah bebas dari penculikan.

Nggak ada yang menghalangi kita untuk hidup semaksimal mungkin. Situasi itu adalah kebahagian, kan?!


Quote:Poin 13.
Spoiler for hector:
Barangkali memang benar bahwa manusia adalah makhluk pesta. Makhluk perayaan yang senang membesar-besarkan, membuat meriah, suatu momen. Seringnya sih momen-momen keberhasilan, kayak abis dapet nilai 6 setelah sebelum-sebelumnya Gansis cuma bisa dapet 3 atau 4; setelah beres kepanitiaan suatu acara; jadian; putus; dll.

Dan banyak banget alasan untuk membuat sebuah momen perlu dirayakan. Nah, mereka yang bahagia adalah yang tau gimana dan dengan siapa mereka merayakan momennya. Seperti Hector yang kemudian berpesta bareng penduduk setempat di Afrika sana karena berhasil lolos dari penculikan tadi.

Setelah merasa misinya selesai dan ia tahu hal apa yang benar-benar membuatnya bahagia, Hector menyimpulkan lewat ungkapan yang ane kutip di atas.


Quote:
Spoiler for hector:

Intinya, tiap manusia, punya kewajiban untuk bahagia. Ya, kalau nggak bahagia, nggak semangat, apa yang bisa lakukan di hidup ini?! Kalau hidup sekedar hidup, gorila di kebun binatang Ragunan juga hidup. Kecoa terbang di toiletnya Fluxcup juga hidup!

Seperti yang udah dibilang tadi, kebahagiaan itu sifatnya personal. Gansis mungkin aja kalau punya cara sendiri untuk bahagia. Nah, apapun caranya itu, boleh lah di-share dimari ntar ane pekiwan

bukuUntuk melengkapi kebahagiaan, nggak ada ruginya loh beli novelnya. Dijamin makin bahagia..asekkk
Spoiler for novelnya:

bahagia



Kalo Trhead Ini Menarik&Menginspirasi, Boleh Dijadiin Rekomendasi HT

Recomend HT

Reserved

Mampir Juga Di Thread Unitedd Lainnya
Fakta Fakta Bells Palsy Penyakit Yang Bikin Wajah Rano Karno Kaku SeparuhHT
Serangan Balik Indonesia Setelah Berasil Tolak Dubes HT
Aneka Cara Australia Selamatkan Duo Bali Nine Dari Eksekusi Mati HT
Aksi Memaafkan Paling Luar Biasa HT
Potret Polusi Di Tiongkok Yang Mencengangkan HT
Nge-Tweet Lion Air Sindir AirAsia HT
7 Sifat Ahok Yang Tak Terduga !!!HT
Keindahan Dibalik Keangkeran Alas PurwoHT
Penyebab Seseorang Gagal Kuliah & Cara MengatasinyaHT
7 Persoalan Penting yang Dihadapi Perempuan Selain Tubuhnya !!!HT
Bahaya, Air Mineral Kemasan Botol Banyak Yang Palsu & Cara Membedakannya !!!HT
Jokowi Luncurkan Logo 70 Tahun Kemerdekaan RIHT
Benarkah Pria Berubah Setelah Menikah ???HT
Susahnya Pacaran Di Jakarta Dan SekitarnyaHT
Inilah 10 Trisula Maut Sepak Bola Saat IniHT
Mengenal Orang Chinchorro, Pakar Mumi !!!HT
Rumor Mistis Indonesia yang Bikin Heboh Masyarakat Dari Masa ke MasaHT
10 Bangunan Peninggalan Belanda Paling Megah Di IndonesiaHT
Api - Api Abadi di Dunia [PICT]HT
Menjawab Pamali yang Sering Dilontarkan Oleh Nenek Dengan LogikaHT
7 Hal Ini akan Terjadi Jika Mayat Manusia Tidak DikuburHT
Momen Masa Depan atau Masa Lalu Yang Bikin Kita Senyum Asyem MaluHT
Penting !!! Ketahui Razia Polisi Resmi atau Tidak Di Siang Hari dan Malam HariHT
Gangguan Tidur yang Menakutkan [SEREM]HT
Makanan Pernikahan Tradisional Paling Laris ManisHT
Serupa Tapi Tak Serasa !!!HT
Beginilah Astronot Jalani Rutinitas Sehari-hari di Antariksa [PICT]HT
Fakta Unik Suku Bajau, Manusia AirHT
Saat di Luar Negeri, Hal Ini Bakal Bikin Gansis Kangen IndonesiaHT
Cara Penyajian Makanan Khas Indonesia Yang Bikin Nikmat BerlipatHT
Demi Merubah Dunia, Anak Ini Harus Mati MudaHT
Setiap 21 April, Indonesia Memperingati Selamat Hari Kartini [PICT]HT
9 Alasan Bangga Menjadi Orang SurabayaHT
Kenapa Era Kejayaan Motor 2-Tak Berakhir?! [PICT]HT
Pelajaran Berharga di Balik MengantriHT
10 Tips Penting Ini Diwariskan Nenek Moyang Kita Sejak 100 Tahun LaluHT
Ajaib! 10 Makanan Ini Berbentuk Mirip dengan Organ Tubuh yang Memang Membutuhkannya!HT
Nostalgia Sampul Buku & Mengingat Cara Menyampul Buku [PICT]HT
7 Tokoh Indonesia Ini Membuktikan Jaman Dulu Itu Seru Banget & Bisa Menjadi InspirasiHT
Gaya Berenang dan Hubungannya dengan Kepribadian GansisHT
Belajar Dari Kehidupan Daun Yang Jatuh Ke Tanah !!!HT
Kesatuan Militer Paling Cantik di Dunia [PICT]HT
Nostalgia, 5 Serial Silat Tiongkok yang Melegenda di IndonesiaHT
Film Ini Menggambarkan Pentingnya Toleransi BeragamaHT
10 Foto Viral di Internet yang Faktanya DiputarbalikkanHT
Inilah Produk Sehari-hari Hasil Perbudakan Anak !!!HT
Tanpa Disadari Inilah 10 Bisnis Yang Sedang Berkembang Saat IniHT
4 Fenomena Yang Bisa Bikin Orang Indonesia Marah !!!HT
Balita Berbaju Hijau Adalah Sam Grinner, The Success KidHT
Pelajaran Membangun Tim Ala Film The AvengersHT
7 Milyader Yang Memiliki Ritual Pagi Yang InspiratifHT
Cara Belanja Menggambarkan Kepribadian AganWati Lho!HT
`Berkah Alam Semesta, PSSI Diaktifkan Lagi`HT
NOSTALGIA 90-AN, Lompat - Lompat Yuk Bareng Vampir Cina!HT
Breaking News! WOW, Kerajinan Khas Indonesia yang Menembus Pasar DuniaHT
Cara Alami Mengusir Tikus Di Rumah, Terbukti AmpuhHT
Mengenal 15 Jenis Pempek Palembang, Bule Aja Suka!!! [PICT]HT
7 Peluang Usaha Terlaris Saat Bulan RamadhanHT
Alasan Kenapa Traveling Naik Kereta Api Paling Hemat dan AsyikHT
Mainan Tradisional Indonesia Dari Bambu [PICT]HT
7 Cara Membangunkan Orang Sahur yang Paling Out of The BoxHT
15 Benda Menakjubkan Yang Dibuat Dengan Printer 3D [PICT]HT
Semut Rangrang - Binaragawan dari Dunia Serangga [PICT]HT
DHUAARR... Mengenal Petasan/Mercon & Jenis-Jenisnya?!HT
Bahagia adalah Kewajiban. 13 Catatan Hector Ini Bisa Jadi InspirasinyaHT



Tanggapan & Komentar Kaskuser
Quote:Original Posted By tjahjokam
Bahagia adalah...

lagunya Pharrell Williams - Happy
Quote:


Quote:Original Posted By yoyokbagus
nyari bahagia itu di surga aja om. Kalau di dunia sedikit dan sementara.

Bahagia adalah...

lagunya Pharrell Williams - Happy

Quote:
nyari bahagia itu di surga aja om. Kalau di dunia sedikit dan sementara.
Quote:Original Posted By tjahjokam
Bahagia adalah...

lagunya Pharrell Williams - Happy


asekk versi bahagia agan ini
ane angkut dech
Quote:Original Posted By unitedd
asekk versi bahagia agan ini
ane angkut dech

sebenarnya bahagia itu sederhana gan

asal kita bisa menerima dan mampu menerima segala yang di limpahkan kepada kita dalam bentuk apapun, baik materi maupun non materi
Quote:Original Posted By yoyokbagus
nyari bahagia itu di surga aja om. Kalau di dunia sedikit dan sementara.

bner om, setidaknya kita bisa ambil bahagia di dunia buat amalan kita ntar di akhirat
Bener juga nih yg dikatakan di catatan Hector ini tentang kebahagiaan gan...
Ane setuju banget klo dikatakan bahwa rasa takut akan menghalangi dan menutupi orang untuk menjadi bahagia...
Quote:Original Posted By tjahjokam

sebenarnya bahagia itu sederhana gan

asal kita bisa menerima dan mampu menerima segala yang di limpahkan kepada kita dalam bentuk apapun, baik materi maupun non materi

setubuh sma agan, selalu syukuri,
poin poin hector
poin untuk kebahagiaan
Quote:Original Posted By eddiesangadjie
Bener juga nih yg dikatakan di catatan Hector ini tentang kebahagiaan gan...
Ane setuju banget klo dikatakan bahwa rasa takut akan menghalangi dan menutupi orang untuk menjadi bahagia...

rasa takut musuh bebuyutan untuk bahagia gan
Quote:Original Posted By tHe_fRee
poin poin hector
poin untuk kebahagiaan

poin inspirasi
bahagia itu yg penting selalu merasa bersyukur...hehehee
saran gua nnton film itu dlu baru baca trit ini
biar ngak ketahuan jalan ceritanya
mejeng di trit calon ht
Quote:Original Posted By cithoel
bahagia itu yg penting selalu merasa bersyukur...hehehee

itu dia gan poin modal untuk bahagia

Quote:Original Posted By alwayspertamax
saran gua nnton film itu dlu baru baca trit ini
biar ngak ketahuan jalan ceritanya

g usah nonton filmnya jg g apa" gan, trit ini udah di rangkum mewakili dari film nya

Quote:Original Posted By rullyuthe
mejeng di trit calon ht

thanks gan udah mampir
Quote:Original Posted By eddiesangadjie
Bener juga nih yg dikatakan di catatan Hector ini tentang kebahagiaan gan...
Ane setuju banget klo dikatakan bahwa rasa takut akan menghalangi dan menutupi orang untuk menjadi bahagia...


yoi mas gan

bahagia itu juga sederhana
ada film nya jg ya gan?
wajib ntn nih buat inspirasi
Quote:Original Posted By unitedd

itu dia gan poin modal untuk bahagia


g usah nonton filmnya jg g apa" gan, trit ini udah di rangkum mewakili dari film nya


thanks gan udah mampir

wajwahwahahw
uda ane nonton tadi gan, wajib nnton ini film
dan thx buat agan uda mau merangkup point2nya
wajib HT ini Trit MOD
bookmark gan,asik.
Nice trit gan,ane jadi pengen cari film nya nih abis baca ni trit.
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar