Pages


Minggu, 05 Juli 2015

DHUAARR... Mengenal Petasan/Mercon & Jenis-Jenisnya?!


Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
Selamat Datang Di Thread Unitedd
Mudah"han Tidak Repost

Quote:Quote:

Ada sebuah kegiatan khas yang dilakukan Masyarakat Indonesia ketika bulan puasa tiba, salah satunya adalah maraknya penjual petasan di pinggir jalan. Meskipun keberadaannya dilarang oleh kepolisian karena membahayakan, tetap saja pedagang ini masih berkeliaran dan menjajakan petasan yang begitu digemari anak-anak.

Sudah banyak kasus mengenai penyalahgunaan petasan yang berujug pada luka-luka bahkan korban jiwa, namun nampaknya, petasan tetap dirindukan masyarakat karena menambah semaraknya Bulan Ramadan ini. Meskipun cara memainkan petasan cenderung sama.
Quote:Quote:Asal Usul Mercon
Spoiler for petasan:
Petasan (juga dikenal sebagai mercon) adalah peledak berupa bubuk yang dikemas dalam beberapa lapis kertas, biasanya bersumbu, digunakan untuk memeriahkan berbagai peristiwa, seperti perayaan tahun baru, perkimpoian, dan sebagainya. Benda ini berdaya ledak rendah atau low explosive. Bubuk yang digunakan sebagai isi petasan merupakan bahan peledak kimia yang membuatnya dapat meledak pada kondisi tertentu.

Quote:Sejarah Petasan
Spoiler for mercon:
Sejarah petasan bermula dari Cina. Sekitar abad ke-9, seorang juru masak secara tak sengaja mencampurtiga bahan bubuk hitam (black powder) yakni garam peter atau kalium nitrat, belerang (sulfur), dan arang dari kayu (charcoal) yang berasal dari dapurnya. Ternyata campuran ketiga bahan itu mudah terbakar.

Jika ketiga bahan tersebut dimasukan ke dalam sepotong bambu yang ada sumbunya yang lalu dibakar dan akan meletus dan mengeluarkan suara ledakan keras yang dipercaya mengusir roh jahat. Dalam perkembangannya, petasan jenis ini dipercaya dipakai juga dalam perayaan pernikahan, kemenangan perang, peristiwa gerhana bulan, dan upacara-upacara keagamaan.

Baru pada saat dinasti Song (960-1279 M) didirikan pabrik petasan yang kemudian menjadi dasar dari pembuatan kembang api karena lebih menitik-beratkan pada warna-warni dan bentuk pijar-pijar api di angkasa hingga akhirnya dibedakan. Tradisi petasan lalu menyebar ke seluruh pelosok dunia.


Quote:Quote:Macam - Macam Petasan/MerconQuote:1. Petasan Cabe Rawit
Spoiler for dorrr:
Kecil-kecil meriah, mungkin itu julukan yang tepat bagi petasan yang satu ini. Panjangnya hanya sebesar korek api, namun bunyinya ketika meledak cukup membuat telinga menjadi pekak. Petasan ini memiliki harga yang relatif murah dank arena itulah petasan ini menjadi petasan yang paling sering kita jumpai.

Quote:2. Petasan Kentut
Spoiler for dorrr:
Bagi anda yang menggemari film ninja pasti familiar dengan petasan yang satu ini karena sesungguhnya, petasan ini adalah bom asap yang biasa digunakan di film-film. Jika petasan lain dinyalakan untuk membuat percikan api dan suara yang menggelegar, petasan yang satu ini justru hanya mengeluarkan asap dan bau belerang yang tidak sedap. Karena bau inilah, bom asap ini lebih dikenal dengan sebutan petasan kentut.

Quote:3. Petasan Teko
Spoiler for dorrr:
Bentuknya bulat besar dengan diameter kurang lebih 8 centimeter. Sumbunya sengaja dibuat panjang agar yang menyalakan memiliki waktu yang cukup untuk bersembunyi dan melindungi diri. Mengapa harus bersembunyi? Karena petasan ini memiliki daya ledak yang cukup besar! Sempat muncul di berbagai pemberitaan mengenai luka yang diakibatkan karena petasan yang satu ini. Karena itulah, sebaiknya anak-anak didampingi oleh orang dewasa saat menyalakan petasan ini.

Quote:4. Petasan Banting
Spoiler for dorrr:
Bisa dibilang, jenis petasan yang satu ini relatif aman karena cara bermainnya tanpa perlu disulut api dan hanya mengeluarkan suara "ctarr". Harganya pun terjangkau dan cara bermainnya cukup dengan membanting sekuat tenaga petasan tersebut ke tanah atau aspal sampai ia mengeluarkan bunyi. Petasan banting ini memiliki struktur yang sangat sederhana, bahkan beberapa orang bisa membuatnya sendiri. Jika terdiri dari banyak bahan peledak, petasan ini bisa jadi berbahaya.

Quote:5. Petasan Disko
Spoiler for dorrr:
Inilah petasan yang cocok buat kamu-kamu yang berjiwa ajep-ajep. Cukup sulut sumbu petasan ini, dan akan muncul cahaya kelap-kelip bak lampu diskotik (hari gini masih ada yang ke diskotik ga sih?). Petasan ini juga tidak menimbulkan suara, tapi kamu jangan kuatir dong. Kamu kan tetep bisa memutar lagu-lagu ajep-ajep andalan kamu untuk mengiringi aksi petasan ini. Volumenya yang pol ya, biar tetep bisa ganggu tetangga.

Quote:6. Petasan Pukul/Gepuk
Spoiler for dorrr:
Kalo diane disebutnya mrecon gepuk
cara memainkannya pun mudah, hanya perlu dipukul dengan batu maka akan bunyi, Cetokk, ahhaha
suaranya biasa aja si, tidak cetar.
Ni petasan cocok buat yg newbie, atau yang masih takut buat mbunyiin petasan yg lebih tinggi levelnya.

Quote:7. Petasan Jangwe
Spoiler for dorrr:
Yak. Sejenis petasan roket, tapi kalo jangwe itu versi tradisionalnya kali ya. Biasanya berwujud lintingan kertas dan ada pegangannya gitu, bisa dari lidi-lidian atau kayu tipis. Petasan jangwe ini menimbulkan bunyi yang lumayan bikin kaget, tapi juga cukup kece karena nggak cuma bunyi doang tapi muncul pula ledakan berwarna-warni. Lumayan semarak lah. Sodaraan ama si petasan jangwe ini adalah petasan air mancur yang memancarkan percik api kalau sumbunya dinyalain.

Quote:8. Petasan Batu
Spoiler for dorrr:
Petasan ini kayaknya emang diciptain buat ngisengin orang. Wujudnya kayak batu gitu, terus biasanya dinyalain sambil digelindingin ke tanah dan tiba-tiba meledak gitu. Bikin kaget banget deh pokoknya. Petasan ini adalah salah satu dari duo petasan iseng-iseng yang memancing paling banyak sumpah-serapah. Nah, yang satu lagi adalah petasan banting. Cara ngebunyiinnya ya dengan dibanting.

Quote:9. Petasan Bledosan/Mercon Bumbung
Spoiler for dorrr:
Sering juga disebut petasan bambu karena emang terbuat dari bambu
Petasan ini emang gak bisa ditemuin di toko-toko lagi karena biasanya bikin sendiri gitu deh.Dibuat dari bambu petung yang konon lebih besar dan tebal. Nah, dalemnya bambu ini diisi karbit dan air. Kadang-kadang juga bisa menggunakan minyak tanah. Terus, cara membunyikannya ya dengan disulut api dari kejauhan. Jangan lupa sambil siap-siap tutup kuping juga soalnya bunyinya emang nyaring banget

Quote:10. Petasan Gangsing
Spoiler for dorrr:
petasan yg didesain buat muter doang tapi seru gan kebanyakan sih ane sama temen2 dibuat main sepakbola jg

BonusssQuote:[NOSTALGIA] Petasan Dari Busi
Spoiler for dorrr:




Petasan murah meriah buat menyambut bulan puasa.


Quote:Hukuman
Spoiler for hukum:
Petasan dan sebangsanya memang barang gelap, artinya benda larangan. Sejak zaman Belanda sudah ada aturannya dalam Lembaran Negara (LN) tahun 1940 Nomor 41 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Bunga Api 1939, di mana di antara lain adanya ancaman pidana kurungan tiga bulan dan denda Rp 7.500 apabila melanggar ketentuan "membuat, menjual, menyimpan, mengangkut bunga api dan petasan yang tidak sesuai standar pembuatan".

Mungkin karena peraturan tersebut sudah kuno dan terlalu ”antik”, maka pemerintah telah mengeluarkan berbagai macam peraturan,
sudah menyiapkan jerat hukum berupa UU Darurat nomor 12 Tahun 1951 bagi para pelanggarnya.
"Ancaman hukumannya sampai dengan seumur hidup apabila proses atau mekanismenya sesuai dengan Undang-Undang tersebut,"

Petasan yang dilarang beredar telah diatur dalam Perkap nomor 2 tahun 2008. Yakni, petasan yang mengandung bahan peledak, memiliki potensi seperti bom low explosive, dan beberapa jenis petasan lainnya (lihat grafis).


Quote:kalo tips/trik ane si, jangan bermain petasan bilamana ada aparat berkeliaranjustkidding
Spoiler for BAHAYA:

ane suka kebijakan pelarangan mercon ini karena dalam prakteknya cukup tegas terhadap para pelaku baik produsen maupun konsumen. Dalam banyak kebijakan, pemerintah seringkali hanya tegas di sisi konsumen saja namun masih ramah terhadap produsennya.


modifikasi
hukum
nyunyu
sejarah
macam-macam


Tambahan KaskuserQuote:Original Posted By sedikeok
kalo ini termasuk petasan apa?
Spoiler for YG G KUAT JANGAN BUKA!!:





Kalo Trhead Ini Menarik&Menginspirasi, Boleh Dijadiin Rekomendasi HT

Recomend HT

Reserved

Mampir Juga Di Thread Unitedd Lainnya
Fakta Fakta Bells Palsy Penyakit Yang Bikin Wajah Rano Karno Kaku SeparuhHT
Serangan Balik Indonesia Setelah Berasil Tolak Dubes HT
Aneka Cara Australia Selamatkan Duo Bali Nine Dari Eksekusi Mati HT
Aksi Memaafkan Paling Luar Biasa HT
Potret Polusi Di Tiongkok Yang Mencengangkan HT
Nge-Tweet Lion Air Sindir AirAsia HT
7 Sifat Ahok Yang Tak Terduga !!!HT
Keindahan Dibalik Keangkeran Alas PurwoHT
Penyebab Seseorang Gagal Kuliah & Cara MengatasinyaHT
7 Persoalan Penting yang Dihadapi Perempuan Selain Tubuhnya !!!HT
Bahaya, Air Mineral Kemasan Botol Banyak Yang Palsu & Cara Membedakannya !!!HT
Jokowi Luncurkan Logo 70 Tahun Kemerdekaan RIHT
Benarkah Pria Berubah Setelah Menikah ???HT
Susahnya Pacaran Di Jakarta Dan SekitarnyaHT
Inilah 10 Trisula Maut Sepak Bola Saat IniHT
Mengenal Orang Chinchorro, Pakar Mumi !!!HT
Rumor Mistis Indonesia yang Bikin Heboh Masyarakat Dari Masa ke MasaHT
10 Bangunan Peninggalan Belanda Paling Megah Di IndonesiaHT
Api - Api Abadi di Dunia [PICT]HT
Menjawab Pamali yang Sering Dilontarkan Oleh Nenek Dengan LogikaHT
7 Hal Ini akan Terjadi Jika Mayat Manusia Tidak DikuburHT
Momen Masa Depan atau Masa Lalu Yang Bikin Kita Senyum Asyem MaluHT
Penting !!! Ketahui Razia Polisi Resmi atau Tidak Di Siang Hari dan Malam HariHT
Gangguan Tidur yang Menakutkan [SEREM]HT
Makanan Pernikahan Tradisional Paling Laris ManisHT
Serupa Tapi Tak Serasa !!!HT
Beginilah Astronot Jalani Rutinitas Sehari-hari di Antariksa [PICT]HT
Fakta Unik Suku Bajau, Manusia AirHT
Saat di Luar Negeri, Hal Ini Bakal Bikin Gansis Kangen IndonesiaHT
Cara Penyajian Makanan Khas Indonesia Yang Bikin Nikmat BerlipatHT
Demi Merubah Dunia, Anak Ini Harus Mati MudaHT
Setiap 21 April, Indonesia Memperingati Selamat Hari Kartini [PICT]HT
9 Alasan Bangga Menjadi Orang SurabayaHT
Kenapa Era Kejayaan Motor 2-Tak Berakhir?! [PICT]HT
Pelajaran Berharga di Balik MengantriHT
10 Tips Penting Ini Diwariskan Nenek Moyang Kita Sejak 100 Tahun LaluHT
Ajaib! 10 Makanan Ini Berbentuk Mirip dengan Organ Tubuh yang Memang Membutuhkannya!HT
Nostalgia Sampul Buku & Mengingat Cara Menyampul Buku [PICT]HT
7 Tokoh Indonesia Ini Membuktikan Jaman Dulu Itu Seru Banget & Bisa Menjadi InspirasiHT
Gaya Berenang dan Hubungannya dengan Kepribadian GansisHT
Belajar Dari Kehidupan Daun Yang Jatuh Ke Tanah !!!HT
Kesatuan Militer Paling Cantik di Dunia [PICT]HT
Nostalgia, 5 Serial Silat Tiongkok yang Melegenda di IndonesiaHT
Film Ini Menggambarkan Pentingnya Toleransi BeragamaHT
10 Foto Viral di Internet yang Faktanya DiputarbalikkanHT
Inilah Produk Sehari-hari Hasil Perbudakan Anak !!!HT
Tanpa Disadari Inilah 10 Bisnis Yang Sedang Berkembang Saat IniHT
4 Fenomena Yang Bisa Bikin Orang Indonesia Marah !!!HT
Balita Berbaju Hijau Adalah Sam Grinner, The Success KidHT
Pelajaran Membangun Tim Ala Film The AvengersHT
7 Milyader Yang Memiliki Ritual Pagi Yang InspiratifHT
Cara Belanja Menggambarkan Kepribadian AganWati Lho!HT
`Berkah Alam Semesta, PSSI Diaktifkan Lagi`HT
NOSTALGIA 90-AN, Lompat - Lompat Yuk Bareng Vampir Cina!HT
Breaking News! WOW, Kerajinan Khas Indonesia yang Menembus Pasar DuniaHT
Cara Alami Mengusir Tikus Di Rumah, Terbukti AmpuhHT
Mengenal 15 Jenis Pempek Palembang, Bule Aja Suka!!! [PICT]HT
7 Peluang Usaha Terlaris Saat Bulan RamadhanHT
Alasan Kenapa Traveling Naik Kereta Api Paling Hemat dan AsyikHT
Mainan Tradisional Indonesia Dari Bambu [PICT]HT
7 Cara Membangunkan Orang Sahur yang Paling Out of The BoxHT
15 Benda Menakjubkan Yang Dibuat Dengan Printer 3D [PICT]HT
Semut Rangrang - Binaragawan dari Dunia Serangga [PICT]HT
mercon dari busi ane kangen gan, itu bner" murah meriah binggo
Quote:Original Posted By bandel02
mercon dari busi ane kangen gan, itu bner" murah meriah binggo

sama gan, dan gmpang lagi bikinnya
Anu om.

Pake dinamit keren kayaknya.
Ane pernah gan maen mercon eh. Malah meledak di tangan ane
masih trauma sampe skarang
Mejeng di trit calon ht
Bismillah
jadi inget dulu pas masih bocah sering main petasan deket kandang kebo
petasannya dimasukin tai kebo dulu disulut n boom kocar-kacir dah tuh tai
Yang mercon cabe rawit di daerah ane namanya mercon rek (berasal dr kata korek). Soalnya ngidupinnya pakai wadah korek api, tinggal digesekin kayak ngidupin korek api biasa gan. Jadi kangen pengen main mercon lagi.
Quote:Original Posted By kornelisbukit
Anu om.

Pake dinamit keren kayaknya.

keren jg kagetnnya gan

Quote:Original Posted By anabazeefe
Ane pernah gan maen mercon eh. Malah meledak di tangan ane
masih trauma sampe skarang

salah buang kali ente gan, yg di buang koreknya bukn merconnya

Quote:Original Posted By basyirlingga
Mejeng di trit calon ht

amin...thanks gan
Quote:Original Posted By nourzetya
Bismillah

alhamdulillah

Quote:Original Posted By blackstar93
jadi inget dulu pas masih bocah sering main petasan deket kandang kebo
petasannya dimasukin tai kebo dulu disulut n boom kocar-kacir dah tuh tai

hahahaha,,tragedi kampung bgt tuch gan

Quote:Original Posted By octofirman
Yang mercon cabe rawit di daerah ane namanya mercon rek (berasal dr kata korek). Soalnya ngidupinnya pakai wadah korek api, tinggal digesekin kayak ngidupin korek api biasa gan. Jadi kangen pengen main mercon lagi.

iya gan bner kayak korek,
main mercon pake busi bekas motor gan, seruuuu
Petasan itu sejenis Dinamit versi lain...
jaman kecil dulu, kalo maen petasan jangwe sambil bawa pipa gan, seolah2 kayak bazzoka
Quote:Original Posted By blues66
Petasan itu sejenis Dinamit versi lain...

versi angkatan gan

Quote:Original Posted By joesilver
jaman kecil dulu, kalo maen petasan jangwe sambil bawa pipa gan, seolah2 kayak bazzoka

kayak ramboo ya gan, dan bunyinya itu emg menggodaaaaaa telinga dan jantung
Ada yg pernah main petasan segede ember belon?
Dan ternyata ada yg lebih dahsyat lagi di Pemalang, petasan segede bantal guling (mungkin lbh gede lg) . Tonton aja di youtube petasannya meledak
Dan yg ga sempet lari, tubuh nya berantakan.
petasan yg paling bahaya yg mana gan?
Quote:Original Posted By zhackyy
Ada yg pernah main petasan segede ember belon?
Dan ternyata ada yg lebih dahsyat lagi di Pemalang, petasan segede bantal guling (mungkin lbh gede lg) . Tonton aja di youtube petasannya meledak
Dan yg ga sempet lari, tubuh nya berantakan.

ya udah pernah nonton gan di tipi waktu itu

Quote:Original Posted By tamfan.
petasan yg paling bahaya yg mana gan?

semuanya gan
gw sih paling benci sama orang main petasan gan, soalnya ga suka
gw sih paling benci sama orang main petasan gan, soalnya ga sukagw sih paling benci sama orang main petasan gan, soalnya ga suka
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar