Pages


Jumat, 03 Juli 2015

Menengok keindahan Cayman Islands (Kepulauan Cayman), negeri tanpa 'pajak' di Karibia


Weleh weleh...
terima kasih mendalam kembali yang amat sangat banyak untuk momod/mimin yang udah mengangkat trit yang sederhana ini menjadi HOT TRIT tanggal 2 Juli 2015


Ini adalah HT ke-17 ane gan

Spoiler for Hot trit tanggal 2 Juli 2015:



Terima kasih juga untuk agan2/wati sekalian yang udah menyediakan waktunya untuk mampir ke trit ini, rating dan juga lempar cendolnya ke ane


Cayman Islands itu apaan sih?
Bagi yang tidak suka travelling atau yang tidak suka geografi, mungkin banyak yang gak tahu di mana atau apa itu kepulauan Cayman.

Secara singkat, kepulauan Cayman adalah salah satu dari beberapa wilayah kekuasaan Inggris di seberang laut (British Overseas Territory) yang letaknya bertetanggan dengan Kuba, Jamaika dan Mexico. Dahulu, kepulauan Cayman adalah bagian dari Jamaika sampai Jamaika memperoleh kemerdekaan dari Inggris. Karena hasrat dan kesetiaan kepada ratu Inggris, akhirnya kepulauan Cayman tetap menjadi bagian dari kekuasaan Inggris Raya meskipun memiliki sistem pemerintahan dan sistem moneter sendiri.

Di jaman modern ini, kepualauan Cayman sering dikaitkan dengan Tax Haven country, Negara di mana tidak ada pajak penghasilan yang mengundang perusahaan2 raksasa dari seluruh pelosok dunia untuk mendirikan kantornya di kepulauan tersebut untuk menghindari pajak di Negara asal.

Spoiler for Mau tahu lebih banyak tentang kepulauan Cayman?:
Untuk lebih lengkapnya, bisa baca di sini:
http://en.wikipedia.org/wiki/Cayman_Islands
Untuk Tourism Board, websitenya:
http://www.caymanislands.ky/
Untuk portal pemerintahan, websitenya:
http://www.gov.ky


Kepulauan Cayman sendiri terbagi menjadi 3 pulau:
Grand Cayman, Little Cayman dan Cayman Brac.
Nah, di sini ane cuma pengen bahas mengenai pulau Grand Cayman aja.

Berhubung ane gak jago fotografi, jadi foto2 di bawah ini ane ambil sendiri dengan kamera kuno, jadi kualitas yah apa adanya
Seperti apa sih pulaunya?
Spoiler for Peta pulau Grand Cayman:

Spoiler for Selamat datang di District George Town:

Georgetown ini ibukota dari Cayman Islands gan. Pusat administrasi pemerintahan dan pusat finansial terletak di sini.

Pemandangan di sore hari nih gan

Yang ini juga pemandangan di sore hari gan

Kalo agan2 peratiin, di sebelah kanan itu tempat kapal2 pesiar berlabuh gan, dan gedung2 di sebelah kiri tempat para turis belanja.

Ini sebuah taman di pusat ibukota gan

Kalo yang ini Hard Rock Cafe di Cayman yang sempet tutup gan, tapi per tahun 2015 udah buka lagi...

Ini ada repilka kapal kecil di depan outlet Harley Davidson Grand Cayman gan

Spoiler for Selamat datang di District Bodden Town:


Gambar rumah di atas mungkin bisa dibilang khas Karibia, lihat pondasi di bawahnya yang tidak seutuhnya 'mencakar' tanah

Salah satu pantai di kawasan Bodden Town nih gan

Nah di Bodden Town juga ada pantai yang namanya Spott's public beach gan, jernih kan airnya?

Ini juga penampakan Spott's public beach gan

Spoiler for Selamat datang di District East End:

Nah, seperti namanya, East End itu adalah sebutan untuk daerah pulau Grand Cayman yang letaknya ada di sebelah timur atau kanan...

Gambar di atas itu namanya 'Blow Holes' gan, jadi ada sebuah lubang di bebatuan yang persis di pinggir laut, begitu ombak datang terus air lautnya terbang ke atas gan...

Di East End juga ada pantai yang gak kalah cantiknya gan dibandingan dengan bagian pulau barat gan

Spoiler for Selamat datang di District North Side:

Nah, jadi di kawasan North Side itu ada sebuah tempat namanya Rum Point gan, meskipun namanya Rum tapi ternyata gak ada pabrik atau distilasi rum di sini. Bener2 tempat hiburan keluagra aja (toko souvenir, restoran, bar, watersport dan pantai lepas)

Ini bisa dibilang 'beach bar'nya Rum Point gan

Matahari terbenam di kawasan Rum Point, salah satu 'pantai elit' di kawasan utara Grand Cayman

Spoiler for Salah satu makanan khas local yang juga terkenal di Jamaika, Jerk Chicken:

Spoiler for Bis di pulau ini tidak seperti bis besar di kota lain, lebih menyerupai minivan:

Spoiler for Pemandangan pulau Grand Cayman dari udara, tampak beberapa kapal pesiar yang sedang berlabuh:


Mahal gak sih biaya hidup ato biaya sehari2 di pulau ini?
Jawabannya, IYA. Dari survey pribadi, ternyata biaya hidup di Grand Cayman lebih mahal dibandingkan dengan biaya hidup di New York atau London. Budget hostel tidak ada di pulau ini. Hanya hotel2 berbintang yang memenuhi pulau ini dan juga hotel lokal yang nan indah, dan biaya tinggal per malamnya pun berkisar dari 100 USD sampai 10.000 USD atau bahkan lebih!!!

Spoiler for Penampakan mata yang Cayman Islands:


Orang Indonesia perlu visa gak kalo mau liburan ke pulau ini?
Sayangnya iya gan. Dan di Indonesia sendiri tidak ada perwakilan Cayman Islands, untuk persoalan visa, agan harus ke perwakilan inggris terdekat untuk memperoleh visa.

Gimana caranya mau ke pulau ini?
Sayangnya, tidak ada penerbangan langsung dari Indonesia menuju Cayman. Untuk mengunjungi pulau ini, sebenarnya ada beberapa rute:
1. Indonesia - Hong Kong atau Taiwan - Amerika Serikat - Cayman Islands.
2. Indonesia - UAE- Inggris - Cayman Islands.
Penerbangan langsung menuju Cayman didominasi oleh penerbangan langsung ke Amerika Serikat/Kanada.
Kapal pesiar pun berlabuh di pulau ini hamper setiap harinya, membawa lebih dari 1000 penumpang per kapal.

Dari Cayman, bisa ke mana aja gan?
Dari Grand Cayman, ada penerbangan langsung ke Kuba, Jamaika, Honduras, dan juga Panama. Cocok sekali untuk yang ingin berkeliling di daratan Amerika tengah. Sayangnya tidak ada budget airlines di kawasan ini. Bagi yang sudah pernah tinggal di Eropa akan sangat 'merasakan' perihnya membayar lebih dari 150 usd per penerbangan.

Aman gak sih tempatnya?
Grand Cayman termasuk salah satu pulau teraman dan 'terkaya' di kawasan Karibia. Tingkat kriminalitas di pulau ini bisa dibilang tergolong kecil, meskipun tindak kejahatan tetap ada.

Gambar2 lainnya lanjut yah...

Quote:Original Posted By charlies280590
Apakah kepulauan Cayman selalu identik dengan pencucian uang dan penghindaran pajak?
Bisa jadi.
Tapi, kepulauan Cayman dan Indonesia sudah menandatangani perjanjian pertukaran informasi pajak tahun 2011 silam.

http://www.caymanfinance.gov.ky/port..._schema=PORTAL
TIEA Negotiations Concluded with Indonesia
This agreement signifies the development of a new partnership between the Cayman Islands and Indonesia...
Attorney General, the Honourable Samuel Bulgin QC, JP
Published 4th January 2011, 11:7am

The Cayman Islands Government and the Republic of Indonesia have now concluded tax information exchange agreement negotiations, following a meeting in early December in Grand Cayman. Both delegations agreed on several areas of common interest and proceeded to initial the agreement.

Head of the Cayman Islands delegation, Attorney General, the Honourable Samuel Bulgin QC, JP, noted that the Ministry of Finance was pleased to host the Indonesian delegation for the first time. On behalf of the Negotiation Team, he said, "This agreement signifies the development of a new partnership between the Cayman Islands and Indonesia, which will ultimately render further transparency and business between the two countries. We certainly look forward to a prosperous working relationship and hope to finalise and sign the TIEA early next year."

The Indonesian delegation was headed by Director of Taxation II, Directorate General of Taxes, Ministry of Finance, Mr. Achmad Sjarifuddin Alsah, PhD. Also present were Indonesian Deputy Director of Tax Treaty and International Tax Cooperation, Mr. Astera Primanto Bhakti; Section Chief of International Tax Cooperation, Ms. Heny Purwanti; and Staff of Treaty Tax of International Cooperation, Mr. Partomuan Transparanter Juniult.

Attending for the Cayman Islands delegation were TIEA Negotiation Team members Mr. George McCarthy; Mr. Langston Sibblies; Mr. Kenneth Jefferson; Mr. Duncan Nicol; Ms. Jacqueline Jefferson-Ziemniak and Ms. Yainelys Ebanks from the Financial Services Secretariat.

For more information, please contact the Financial Services Secretariat at (345) 945-5819 or via email at financepr@gov.ky.
Quote:Karena ada beberapa agan/wati yang nanya 'Kalo gak ada pajak, lalu Cayman dapet penghasilan dari mana?', ane jabarin di sini aja kali yah:
Pajak penghasilan di Pulau Cayman memang tidak ada. Artinya, berapapun penghasilan anda di pulau ini, itulah yang akan masuk ke kantong. Ada TAPInya. Tapi apa?
1. Setiap bulannya, bank atau institusi finansial tempat anda menabung akan memotong saldo anda dengan biaya administrasi yang berkisar antara 10 sampai 30 USD per bulannya, tidak bergantung dari berapapun saldo anda.
2. Apabila anda memesan barang dari luar (melalui website komersial misalnya) atau dikirimkan barang2 dari sanak famili dari luar negeri, maka setiap barang yang masuk akan dikenakan biaya 'bea masuk' yang bertaraf 21% dari nilai jual barang yang bersangkutan. Tapinya, ada beberapa barang yang bebas bea masuk, seperti buku, susu, orange juice, dan lainnya.
3. Setiap hotel yang berdiri di pulau Cayman, dikenakan 'government fees' yang jumlahnya bervariasi. Artinya, setiap reservasi yang dikonfirmasi oleh para tamu akan mendatangkan penghasilan kepada pemerintah setempat.
4. Imigrasi pulau Cayman mematok biaya yang kadang bukan main bagi perusahaan-perusahaan yang mempekerjakan orang non-Cayman. Semakin tinggi posisi orang tersebut, semakin tinggi pula biaya ijin kerjanya.
5. Para wisatawan yang berdatangan ke cayman, kalau ingin tinggal lebih dari masa bebas visa diijinkan untuk memperpanjang turis visa mereka di kantor imigrasi setempat, tentunya dengan biaya yang lumayan.
6. Perusahaan-perusahaan yang berdiri di pulau Cayman biasanya dikenakan 'biaya adminsitrasi' oleh pemerintah setempat baik melalui tagihan langsung ke perusahaan tersebut atau melalui bank.

Quote:Quote:Original Posted By kopiasliluwak
bisa gitu ya bebas pajak gmn ceritanya
Nah, pernah diceritain nih gan sama seorang lokal di cayman... Jadi, beberapa abad silam, ada sebuah kapal yang karam gak jauh dari lepas pantai Cayman... Konon, kapal tersebut adalah milik inggris dan salah satu dari penumpangnya adalah anggota keluarga kerajaan Inggris. Setelah diselamatkan, berita ini sampai ke istana kerajaan Inggris sana. Konon, atas perintah raja Inggris saat itu, pulau Cayman 'selamanya dibebaskan dari pungutan pajak'. Meskipun gak pernah ada bukti tertulis mengenai itu, tapi itu mitos yang paling favorit di Cayman gan.

Mampir ke trit ane yang lain gan/sis:

Nice thread! Bagus banget nih info2nya.. Thanks for sharing.
Quote:Original Posted By kiweenstown
Nice thread! Bagus banget nih info2nya.. Thanks for sharing.


sama2 gan
masih ada foto lainnya cuma foldernya lagi gak ane pegang
wahh, penduduknya keliatannya msh sedikit ya gan... seru nih buat nginep..

Quote:Original Posted By walang456
wahh, penduduknya keliatannya msh sedikit ya gan... seru nih buat nginep..



dikit abissss gan
kalo hari minggu tidur di jalan raya juga bisa...

dan masih banyak banget lahan kosong di pulau ini
Habis berapa budget gan kalau dari indo mau ke cayman 5 harian gitu?
Quote:Original Posted By claireangelique
Habis berapa budget gan kalau dari indo mau ke cayman 5 harian gitu?


Kalo penerbangan kira2 20-25 juta rupiah lah yah pulang pergi...
Nah kalo penginapan tergantung, total2 5 hari kisaran 7 juta sampe 60 jutaan,rupiah tergantung hotelnya yang apa...
Nah kalo jajan di wendys aja 1 menu udah sekitar 70an ribu rupiah...
Sewa mobil sehari jatohnya 1 juta rupiah lahhhh...
Nah ditotalin aja dah tuh...
Itu foto2nya dokumen pribadi agan yah? Keren tuh foto2nya. Mudah2an dikasih kesempatan kesana
Quote:Original Posted By lessthanjake
Itu foto2nya dokumen pribadi agan yah? Keren tuh foto2nya. Mudah2an dikasih kesempatan kesana


iya gan dokumen ane...

amin, kalo mau ke cayman, mendingan naek kapal pesiar aja yang berangkatnya dari Miami, sekalian mampir ke pulau2 yang lain maksudnya...
Quote:Original Posted By charlies280590


iya gan dokumen ane...

amin, kalo mau ke cayman, mendingan naek kapal pesiar aja yang berangkatnya dari Miami, sekalian mampir ke pulau2 yang lain maksudnya...


Pengen gan naik kapal pesiar Allure of the Seas. Sementara cuman kalender/gambarnya doang yang nempel di tembok ane
Quote:Original Posted By lessthanjake


Pengen gan naik kapal pesiar Allure of the Seas. Sementara cuman kalender/gambarnya doang yang nempel di tembok ane


kalo allure of the seas setau ane agak mahal gan, masih banyak pilihan lain ke tempat yang sama dan harganya jatohnya lebih murah...
tapi emang fasilitasnya sih bintang tujuh... hehehehehe...
Tempat ane lahir broooo!!! Memang indah cayman itu sempet tinggal disana 4 years jg hehe tp ttp cinta Indonesia
Quote:Original Posted By go23vi
Tempat ane lahir broooo!!! Memang indah cayman itu sempet tinggal disana 4 years jg hehe tp ttp cinta Indonesia


wah gan!!! ciyus?
lahir di district mana gan??? skarang udah gak tinggal di cayman lagi?
Ane numpang sundul yah gan...
siapa tau ada yang udah pernah ke cayman...?
Kayak maldives gtu ya gan?
Quote:Original Posted By dranoid
Kayak maldives gtu ya gan?


kalo maldives ane belom pernah gan, tapi kalo kata orang2 sih lebih bagus dsini yah dibandingin maldives...
dan lebih 'high profile' sini ketimbang maldives, maklum gan, banyak orang tajir sedunia 'ngungsi' ke sini
wah enak ya gan bisa leluasa di sana penduduknya kayaknya sedikit
Quote:Original Posted By sipunden
wah enak ya gan bisa leluasa di sana penduduknya kayaknya sedikit


penduduknya sedikittttttt banget gan!!!
totalnya kalo gak salah sementara ini cuma 50an ribu...
kalo lagi musim liburan sekolah, bisa2 berkurang jadi 40an ribu karena banyak orang sini yang liburan ke luar negeri.
alhasil barang2 makin mahal karena persaingan sedikit dan komoditas gak banyak
Wah gan bagus banget infonya
Wah gan ini kalo ane berkunjung ke Cayman Islands boleh donk diajak jalan2 atau numpang nginep

Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar