Pages


Rabu, 01 Juli 2015

Mengenang Masa Kejayaan Musik Slow Rock Malaysia Pada Era 90an



Ternyata HT
Spoiler for HT :

Terima Kasih kepada Semua Pihak yang Telah membuat Thread ini jadi HT


Quote:PRAKATA
Quote:
Quote:Saat ini jika kita menyebut nama Malaysia maka hal yang pertama diingat dan disebut oleh masyarakat adalah tentang hubungan yang buruk antara Negara Kita dengan Negara tersebut yang disebabkan oleh klaim budaya dan wilayah secara sepihak serta masalah TKI dan TKW yang tidak pernah usai. Sejenak mari kita lupakan apa yang terjadi pada saat ini dan marilah kita ingat hal lain yang cukup memberi warna pada bidang lain yakni dalam bidang musik dimana kita ketahui bersama bahwa pada akhir tahun 80an sampai 90an musik negeri jiran sangat populer dan cukup digemari oleh pencinta musik di Indonesia, kita mengenalnya dengan musik slow rock.

Quote:Mengenang Masa Kejayaan Musik Slow Rock Malaysia Pada Era 90an
Quote:Quote:Musik Slow Rock Malaysia Pada Era 90an
Quote:Jika kita bertanya pada anak muda sekarang apakah musik slow rock itu ? sebagian dari mereka mungkin tidak akan tahu karena memang pada beberapa tahun belakangan ini aliran musik yang terkenal adalah aliran musik K-Pop dan sejenisnya, namun bagi mereka yang tumbuh dan besar pada era 90an pasti sudah sangat familier dengan aliran musik tersebut beserta beberapa penyanyi dan juga group band yang mempopulerkannya, dimana sebagian besar dari mereka adalah penyanyi dari Negara tengga kita yakni Malaysia, siapa yang tidak kenal lagu Isabella yang dinyanyikan oleh Amy Search, Lagu Suci dalam Debu yang dinyanyikan oleh Iklim, lagu Gerimis Mengundang yang dinyanyikan oleh Slam, Lagu Mencari Alasan yang dinyanyikan oleh Exist, lagu Disini Menunggu yang dinyanyikan oleh UKS dan masih banyak lagi lagu-lagu lain yang membius para penikmat musik di Indonesia pada masa itu, selera masyarakat pada waktu itu memang sangat menyukai aliran musik ini sehingga hampir disemua tempat kita akan mendengarkan lagu-lagu tersebut, tidak mengherankan mengapa aliran musik ini sangat populer pada masa itu.


Quote:Quote:Faktor Hubungan yang Masih Harmonis
Quote:Selain karena faktor selera masyarakat pada waktu itu yang menyukai aliran musik ini, salah satu faktor pendukung mengapa banyak penyanyi dan juga group band dari Malaysia yang populer di Indonesia adalah hubungan yang masih harmonis antar kedua Negara, salah satunya berimbas pada dunia musik, pada masa itu banyak sekali acara musik yang melibatkan kedua Negara ini dan ditayangkan oleh televisi sehingga seluruh masyarakat bisa menyaksikannya, salah satu acara yang cukup terkenal pada waktu itu adalah acara TITIAN MUHIBAH, yakni sebuah acara musik yang menampilkan penyanyi dari Indonesia dan Malaysia yang ditayangkan oleh Televisi Nasional masing-masing Negara, secara tidak langsung hal itu menjadi faktor pendukung mengapa banyak penyanyi dari Malaysia dengan lagu-lagu hitsnya cukup terkenal di Indonesia, begitu juga sebaliknya. Bisa dikatakan pada masa itu antara Indonesia dan Malaysia bertukar artis, penyanyi dari Indonesia terkenal di Malaysia dan sebaliknya penyanyi dari Malaysia terkenal di Indonesia.


Quote:Quote:Kemunculan Musisi Indonesia yang Beraliran Slow Rock
Quote:Karena pada masa itu cukup terkenal aliran musik slow rock ini, maka bermunculan pula musisi dan juga penyanyi dari Indonesia yang ngehits lewat lagu-lagunya yang juga cukup terkenal pada era tersebut, Musisi yang paling terkenal dari Indonesia pada saat itu adalah Deddy Dores dengan beberapa lagu ciptaannya yang cukup hits dan juga menggandeng artis lain misalnya Almarhum Nike Ardila dan Poppy Merkuri. Selain itu banyak pula penyanyi yang bermunculan lewat lagu-lagu beraliran slow rock ini, misalnya saja Inka Christie, Sultan, Sonia, Rudiath dan sebagainya. Karena mereka terkenal dengan lagu beraliran slow rock ini maka banyak yang beranggapan mereka adalah penyanyi dari Malaysia, padahal sebenarnya mereka adalah penyanyi asli Indonesia. Selain mengeluarkan album sendiri, diantara penyanyi tersebut ada juga yang mengadakan kolaborasi dengan beberapa penyanyi Malaysia dan mengeluarkan single yang cukup terkenal, misalnya saja kolaborasi antara Inka Christie dan Amy Search yang mengeluarkan single Nafas Cinta dan Cinta Kita. Ayo ngaku, siapa yang suka dengan lagu ini ??


Quote:Quote:Bagaimana Dengan Masa Sekarang ??
Quote:Musik Slow Rock dengan Musisi dari Malaysia memiliki tempat tersendiri di hati para penikmat musik pada Masa itu, bahkan banyak yang masih menyukainya sampai sekarang, beberapa artis dari Malaysia yang masih terkenal sampai saat ini di Indonesia adalah Sheila Madjid (pernah tenar lewat lagu Antar Anyer dan Jakarta serta Cinta Jangan Kau Pergi) serta Siti Nurhaliza. Selain dari nama tersebut, mungkin tidak ada lagi yang menonjol, kecuali mungkin pada aliran musik yang lain. Saat ini Musisi dari Negeri Sendiri sudah merajai Industri Musik di Indonesia sehingga kehadiran musisi Malaysia sudah tidak terdengar lagi gaungnya, yang tersisa adalah kenangan bersama lagu tersebut. Meski pada kenyataannya musisi kita pada masa sekarang banyak yang mengeluarkan hits yang mendayu-dayu seperti lagu-lagu pada era 90an tersebut, bahkan ada pula yang mencoba merelease ulang kembali meski tidak sesukses sebelumnya .


Quote:Beberapa Lagu Hits Masa Itu
Quote:AMY SEARCH - ISABELLA

Quote:SLAM - GERIMIS MENGUNDANG

Quote:IKLIM - SUCI DALAM DEBU

Quote:EXIST - MENCARI ALASAN

Quote:UKS - DISINI MENUNGGU

Quote:SPOON - RINDU SERINDU-RINDUNYA

Quote:LESTARI - AIR MATA DIHARI PERSANDINGANMU

Quote:SCREEN - BILA CINTA DI DUSTA


Quote:SUMBER
Sumber Tulisan : Pemikiran TS
Sumber Gambar : Google
Sumber Video : Youtube

Quote:TAMBAHAN KASKUSER
Quote:Original Posted By arka2006
Waaaaaaaaaaaaaaaaa lagu2 ane jaman sma
ts mengingatkan ane jaman kala itu masih pake seragam putih abu2....

Dulu ane punya semua lagu2 yang ts sebutin dalam bentuk kasetnya, tapi sayang kaset2 itu entah kemana.
Gantinya ane udah koleksi lagu2nya dalam format mp3, dan sampai sekarang-pun ane masih sering puter & dengerin lagu2 itu gan, iseng2 nostalgila haha

ane tambahin lagu kaporit ane gan:
Ella - Berlayar tak bertepian




Untuk update TS
ane masih bocah ini mah
bantu rate aja untuk thread ori
ane msih sering dengerin tuh yg lagunyaa exist n slam, bru tau itu aliranya rock
Taun segitu gw baru lahir bray, jadi gqk pernah tau musiknya yg mana aja.
Jaman masih SD nih lagu2nya
ane suka lagu Gerimis Mengundang
paling demen mencari alasan

cocok buat karaoke
Ane taunya exits doang gan sama slam dan baru tau itu slow rock
Quote:Original Posted By wong.cilik2
kurang deme musik kek gini gan


kalo sekarang sih saya juga tidak suka gan

Quote:Original Posted By anti.copas
ane masih bocah ini mah
bantu rate aja untuk thread ori


Terima Kasih

Quote:Original Posted By ichairmanita28
ane msih sering dengerin tuh yg lagunyaa exist n slam, bru tau itu aliranya rock


Memang lagunya masih asik di dengarkan gan
Tetep yaa, musisi malaysia yg mau go publik se enggak nya se asia tenggara mesti pake bahsa Indo, sedikit kurang menarik katanya waktu ane liat video mereka kalau pake bahasa Malaysia...
Ini mah kesukaan kaka ane gan di hangpone lengkap lagu malay
ahahaha lagunya ada semua di hp ane gan
mantap emang itu lagunya
Titian Muhibah sering muncul pada soal IPS tempo doeloe.
Sering terjadi kolaborasi/duet antara penyanyi Indonesia dan Malaysia.
Quote:Original Posted By krnwn_indigo
Taun segitu gw baru lahir bray, jadi gqk pernah tau musiknya yg mana aja.


terima kasih aja kalo begitu sudah mampir dan komen
Paling enak to buat sound track GGS(gembol galpanas sembir.)
Waaaaaaaaaaaaaaaaa lagu2 ane jaman sma
ts mengingatkan ane jaman kala itu masih pake seragam putih abu2....

Dulu ane punya semua lagu2 yang ts sebutin dalam bentuk kasetnya, tapi sayang kaset2 itu entah kemana.
Gantinya ane udah koleksi lagu2nya dalam format mp3, dan sampai sekarang-pun ane masih sering puter & dengerin lagu2 itu gan, iseng2 nostalgila haha

ane tambahin lagu kaporit ane gan:
Ella - Berlayar tak bertepian


pekiwan gan
Quote:Original Posted By dimas.tri
Jaman masih SD nih lagu2nya


Dulu suka gak ama ini lagu gan

Quote:Original Posted By mayaaaaaa
ane suka lagu Gerimis Mengundang


Cukup familier ya lagu itu
kalo ane suka lagu-lagunya inka kristi gan
Quote:Original Posted By jalanveteran15


Dulu suka gak ama ini lagu gan


Gw banyak tuh koleksi lagunya

Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar