Pages


Rabu, 08 Juli 2015

Wisata Pantai Elok Nan Indah, Agan Mau Liburan ? Ayo Ke Pariaman Gan :)



AYO KE PARIAMAN

Halo agan-agan kaskus sekaligus, apa kabar hari ini ? Semoga selalu sehat wal afiat ya & buat agan yang lagi nggak sehat fisik maupun kantongnya semoga cepat sehat ya amin soalnya udah mau lebaran Gimana gan puasanya lancarkan ? Ohya gan ngomong-ngomong soal libur lebaran agan mau kemana nih bersama keluarga libur lebaran nanti ? Pastinya yg diutamakan mudik dulu lah ya ke kampung halaman masing-masing, nah buat agan yang lagi nyari tempat wisata yang bertemakan pantai dan ke indahan alam, coba deh agan ke "PARIAMAN" atau bisa buat refrensi untuk liburan berikutnya, coba deh agan simak kutipan dibawah siapa tau agan tertarik. #ayokepariaman

Quote:Ada beberapa pantai serta pulau yang wajib dan mesti agan kunjungin ketika agan sudah sampai di Pariaman Sumatra Barat.
Spoiler for 1. PANTAI KATA:

Gerbang Pantai Kata di Desa Taluak

Kata adalah nama dua desa yang berdekatan yaitu “Karan Aur dan Taluak”. Karena berlokasi pada dua daerah ini, maka pantai indah ini dinamakan Pantai Kata. Pantai ini juga terkenal indah, dengan perpaduan kerindangan cemara dan hembusan semilir angin laut nan nyaman serta pasir putih yang bersih. Menuju pantai ini, pengunjung juga bisa menggunakan sarana trasportasi tradisional, yakni bendi, ojek, dan angkutan kota.

Berada di Selatan Kota Pariaman, sesuai namanya secara geografis pantai ini berada didua Desa Taluak dan Desa Karan Aur. Bagi agan yang ingin kesini, rasanya tidak perlu susah untuk mencari lokasi pantai ini, karena jarak pantai ini hanya 1.500 meter dari batas Kota Pariaman dengan Kabupaten Padang Pariaman. Cara yang gampang, agan hanya butuh membayar ongkos tidak sampai 10 ribu rupiah untuk menyewa bendi (Delman) maupun transportasi publik lainnya seperti ojek untuk mencapai pantai ini.

Disini momen yang ditunggu pengunjung adalah dikala sore, pada waktu ini sangat pas sekali memandang laut lepas dan matahari tenggelam bersama nelayan yang bergelut dengan ombak untuk pergi ke tengah lautan. Jika beruntung agan akan bisa juga melihat kerba-kerbau peliharaan penduduk berendam di muara yang menghubungkan hilir sungai dengan pantai kata. Rumput-rumput yang hijau menemani di sekitar. Batu-batu di tepi pantai, seakan mempersilahkan untuk duduk, memandang ke arah laut.
Spoiler for Penampakan:



Spoiler for 2. MUARO MANGGUANG:

Pemandangan Matahari Terbenam di Muaro Mangguang Pariaman.

Untuk agan yang ingin menikmati indahnya matahari terbenam sembari menikmati indahnya suasana pertemuan antara sungai dengan wilayah laut, kawasan ini mungkin bisa menjadi salah satu alternative pilihan. Muaro Mangguang, begitulah nama kawasan ini. Muaro Mangguang dulunya merupakan sebuah kawasan tak terurus namun setelah direnovasi oleh Pemko Pariaman kini mejadi salah satu destinasi yang ramai dikunjungi. Selain melakukan aktifitas yang lazim dilakukan dipantai pada umumnya, hal lain yang bisa agan laukan disini adalah memancing dikawasan muara atau lautnya, jogging dihamparan pasir putihnya yang landai, berfoto dengan view pantai dan kawasan hutan bakau yang masih asri serta bisa menikmati jagung bakar dan berbagai jenis maskanan lainnya, seperti langkitang (sejenis bekicot), kerupuak kuah (kerupuk atau opak singkong yang diolesi kuah sate padang), pensi (sejenis kerang air tawar yang berasal dari danau ) atau menikmati kelapa muda khas Pariaman.Giman gan ? Tertarik nggak berwisata ke Pariaman ?
Spoiler for Penampakan:


Spoiler for 3. PULAU TANGAH PARIAMAN:

Pulau Tangah (tengah) merupakan salah satu pulau yang berada diperairan Pariaman, dengan koordinat terletak pada 00o38’51” LS dan 100o06’05” BT. Dari hasil analisa spasial , Pulau Tangah memiliki luas 6,58 Ha yang terdiri dari 1,56 Ha hamparan pasir dan 5, 02 Ha kawasan bervegeratasi. Luas terumbu karang yang memiliki 10, 02 Ha.

Hamparan pasir mengelilingi seluruh kawasan pulau dan dapat dikelilingi selama 20 menit. Pulau ini memiliki flat terrain dengan ketinggian rata-rata 1, 5 meter dari permukaan laut. Pulau ini memiliki bentangan pasir terpanjang sejauh 45 meter dan dapat dijumpai pada sisi timur pulau. Keliling pulau ini adalah 951, 1 meter. Potongan melintang pulau dari arah timur ke barat sepanjnag 304 meter dan dari utara keselatan 275 meter. Jarak garis lurus dari garis pantai Pulau Sumatera menuju Pulau Tangah sejauh 2765 meter.

Kondisi umum Pulau Tangah merupakan pulau datar dengan pasir putih yang ditumbuhi beberapa jenis pohon seperti pohon kelapa, bakau , semak dan rumput.
Spoiler for 4. AIR TERJUN NYARAI:

Pantai memang sejak lama menjadi daya tarik wisata di Pariaman tapi yang satu ini beda gan, objek wisata satu ini yang lagi booming banget di Sumbar katanya beberapa tahun belakangan, kalo dari pusat kota pariaman paling hanya setengah jam saja, nah nama tempat ini adalah Air Terjun Nyaraii. Objek wisata ini terletak didalam hutan, tepatnya Hutan Gamaran, Jorong Gamaran, Korong Salibutan, Kec. Lubuk Alung, Kab. Padang Pariaman, Sumatera Barat. Untuk mencapai lokasi ini kira-kira dibutuhkan waktu 2 s/d 3 jam dengan berjalan kaki. Dulu tempat ini tertutup hutan, keberadaannya pun baru diketahui pada tahun 2013, nah bagi agan yang hobby hikking atau trekking sangat cocok untuk mengunjungi objek wisata yang satu ini.
Spoiler for Penampakan:





Spoiler for 5. PULAU ANGSO DUO:

Pulau Angso Duo (Angsa Dua) ini adalah salah satu pulau kecil yang ada di kota Pariaman gan dan merupakan pulau yang berjarak paling dekat dengan bibir pantai kota Pariaman. Pantai yang paling tepat untuk menyebrang ke Pulau Angso Duo ini adalah Pantai Gandoriah. Jika agan ingin menghabiskan liburan disini, agan bisa membeli tiker seharga 35 ribu rupiah (Pulang Pergi) itu sudah termasuk asuransi. Untuk menuju ke Pulau Angso Duo, agan dapat menggunakan jasa perahu nelayan ataupun speedboat, dengan waktu tempuh kurang lebih 15 menit dari Pantai Gandoriah. Disini ngapain disini ? Yaaa agan bisa menikmati hamparan pasir putih bersih, wisata religi kuburan panjang dan melakukan aktifitas pantai pada umumnya seperti berenang, snorkling dan memancing.

Selain menikmati indahnya pantai dan laut di Pulau Angso Duo, ada hal lain yang bisa agan temukan disini jika agan liburan ke pulau ini. Salah satunya agan bisa menyaksikan kuburan panjang. Kuburan tersebut sebuah makam sepanjang lima meter, merupakan makam dari salah seorang ulama besar Minangkabau.

Di nisan makam tertulis ‘Wali Allah dari Madinah’ dengan angka tahun Arab 1329 Hijriyah.

Tidak jauh dari makam tersebut tersebut juga terdapat sebuah surau yang bernama Surau Katik Sangko. Surau ini dianggap peninggalan ulama besar yang membawa agama Islam ke Pariaman. Surau ini bisa Agan gunakan bukan hanya untuk menunaikan shalat, tetapi juga menziarahi peninggalan ulama besar zaman dulu.

Baik kuburan panjang maupun surau, termasuk Benda Cagar Budaya di Pemerintah Kota Pariaman.
Spoiler for Penampakan:


Spoiler for 6. PULAU KASIAK:

Pulau Kasiak (kasiak berarti pasir) nah kalo pulau yang ini gan merupakan salah satu pulau kecil juga yang terdapat dilepas pantai Pariaman. Pulau ini berjarak lebih kurang 3 Mil dari bibir pantai Gandoriah dengan luas lebih kurang 0,5 hektare. Di pulau Kasiak terdapat sebuah mercusuar DSI (Daftar Suar Internasional) setinggi 40 meter berdaya pancar radius 40 Mil dengan kode tertentu yang dimengerti oleh para pelaut. DSI dijaga oleh pegawai dari Direktorat Jendral Perhubungan Laut kementrian Perhubungan Republik Indonesia yang punya kantor cabang di Bungus Padang dan sebuah pos di Pariaman. Nah di mercuar inilah para pengunjung mengabadikan momen indahnya pulau dari ketinggian, tapi agan harus minta izin dulu ya sama petugasnya. Selain bisa menikmati karang-karang indah bawah laut disini terdapat pusat penangkaran penyu alami milik Pemko Pariaman dibawah Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Pariaman.
Spoiler for Penampakan:

Pengunjung Menikmati Bawah Laut Pulau Kasiak Pariaman baru-baru ini. (foto eselbe trip)


Spoiler for 7. PANTAI TIRAM:

Jalan-jalan ke Padang Pariaman memang tak lengkap bila tidak mengunjungi satu pantai yang indah ini gan. Namanya Pantai Tiram. Keindahannya? Jangan ditanya. Dijamin agan-agan bakal betah dan enggan pulang bila sudah mengunjungi Pantai Tiram nan cantik ini.

Yang datang dapat bersantai menyaksikan pemandangan laut lepas sambil menikmati makanan yang disajikan oleh warung-warung setempat. Saat ini kawasan wisata pantai tiram menjadi perhatian oleh pemerintah daerah setempat untuk dikembangkan menjadi lebih baik lagi lho

Di lokasi wisata Pantai Tiram ini sering pula diadakan event-event kegiatan, baik yang dilakukan oleh pemerintah daerah setempat, maupun oleh sekelompok masyarakat. Event kegiatan tersebut seperti kegiatan tanam sejuta pohon, penghijauan, lomba pacu monyet memanjat kelapa serta masih banyak lagi serangkaian lomba dan event yang lainnya, dimana kegiatan ini diadakan setiap satu tahun sekali pada hari libur.

Sering pula objek wisata satu ini menjadi lokasi tempat untuk belajar kelompok bagi kalangan pelajar, tempat mengadakan pertemuan rapat dan bahkan acara perpisahan.

Pemandangan alamnya yang sangat indah dengan suasana alami ditambah keasrian udara yang sangat sejuk membuat kawasan wisata Pantai Tiram ini menjadi tempat yang sangat cocok bagi yang ingin menghilangkan kepenatan.

Apalagi dengan harga makanan dan minuman yang dijual di sekitar kawasan pantai ini relatif murah, membuat tempat ini menjadi lokasi favorit bagi setiap kalangan pengunjung.
Spoiler for Penampakan:


Quote:Sebenarnya masih banyak lagi tempat-tempat keren di kota Pariaman gan, tapi capek juga sampe jadi laper bikin ini postingan eh tapi ngomong-ngomong soal makanan nih gan, agan nggak usah kawatir masalah harga kalo dipariaman, dijamin enak-enak dan banyak yang murah rasanya ane tak sabar nunggu libur nih gan buat mudik ke pariaman. Coba deh agan lirik sedikit spoiler dibawah.

Quote:Kuliner Pantai Pariaman
Spoiler for 1. SARAPAN NASI SALA:

Nah waktu dulu gan, waktu ane masih SMP/SMK demen banget nih sarapan dengan nasi sala tapi kalo sekarang kayak jarang yang sarapan dengan nasi sala, kemungkinan karena bulan ramdhan

Kuliner dari Kota Pariaman tidak dapat dipisahkan dari hasil lautnya gan. Posisinya sebagai kawasan pesisir, membuat daerah ini memang dikaruniai hasil laut yang melimpah, baik itu ikan, udang, kepiting, dan kerang. Tidak mengherankan jika hidangan sarapan masyarakat setempat juga berbahan hasil laut. Salah satu diantaranya adalah nasi sala.

Nasi sala merupakan hidangan ikan bertepung yang disajikan bersama nasi dan sambal. Kata ‘sala’ dalam bahasa setempat bisa diartikan sebagai digoreng, sama seperti kuliner khas lainnya dari Pariaman, sala lauak. Ciri khas dari gorengan yang disebut ‘sala’ ini adalah baluran adonan tepung yang menyelimutinya. Lapisan adonan ini menciptakan tekstur renyah yang menggugah selera pada ikan tersebut.

Bahan dasar dari jenis sala ini adalah ikan jenis kembung atau gembung yang dalam bahasa setempat disebut gembulo. Ikan yang telah dibersihkan kemudian dimasukkan ke dalam adonan pelapisnya. Adonan ini terdiri dari tepung beras dengan bumbu berupa bawang putih, lengkuas, cabe giling dan daun kunyit. Ikan yang sudah terselimuti oleh tepung kemudian digoreng dengan minyak panas hingga berwarna cokelat keemasan.

Gorengan ikan atau sala ini biasa disajikan sebagai menu sarapan pagi dengan ditemani nasi sek, yaitu nasi putih sekepalan tangan yang dibungkus daun pisang. Nasi sek ini mirip seperti nasi kucing yang biasa ditemukan di Yogyakarta. Perbedaannya, nasi sek dibungkus tanpa isian lauk pauk apapun.

Untuk menambah kenikmatan nasi sala, biasanya disajikan pula samba lado tanak atau sambal merah yang dibuat dari cabai merah yang dihaluskan, kemudian dimasak.
Spoiler for Penampakan:
Spoiler for 2. NASI SEK PINGGIR PANTAI:

Nasi Sek Pariaman, Kuliner yang sering paling dicari disepanjang Pantai Gandoriah

Sebelumnya ane minta maaf dulu nih gan, tadi ane kan diatas ane nyebutin nasi sek tuh tapi agan jangan berpikirian buruk dulu

Jika agan jalan-jalan ke Pantai Gandoriah Pariaman, jangan lupa untuk mencoba Nasi Sek, memang namanya agak ga enak gitu ya gan kalau didengar, eits, tapi nanti dulu gan, jangan berfikiran yang aneh-aneh, jadi ceritanya begini gan, awalnya Nasik sek adalah singkatan dari nasi seribu kenyang, itu dulu ketika harganya masih 1000 rupiah perbungkus, kalau sekarang mah tentu sudah tidak lagi. Nasi sek ini bisa agan temukan di warung-warung makan yang ada di Pantai Gondariah. Sembari menikmati hidangan nasi sek, agan bisa menikmati pemandangan laut yang sangat indah dan juga udara pantai yang sangat segar dengan semilir anginnya. Tentu saja suasana seperti ini membuat selera makan agan jadi semakin tinggi, kalo agan tidak percaya, coba saja.

Nasi sek merupakan segempal nasi yang dibungkus dengan daun pisang. Sedangkan untuk menu pelengkapnya adalah sala ikan dan sala cumi atau berbagai menu lauk lainnya spesifik makanan pantai seperti gulai ikan. Selain itu juga ada anyang sayur yang merupakan urap rebusan daun singkong, daun papaya dan kacang panjang. Sajian ini juga dilengkapi dengan sambal lado tomat yang tidak terlalu pedas. Jadi laper ane gan.
Spoiler for Penampakan:


Spoiler for 3. GULAI KAMBING CUBADAK MENTAWAI:

Apakah agan suka menyantap gulai kambing? kalau iya, gulai kambing disini perlu anda coba. Tak ada bukti bahwa makan daging kambing mempunyai kandungan kolesterol yang tinggi dan popularitas daging kambing sudah tak diragukan lagi negeri kita. Demikian juga bagi kebanyakan orang di Asia, Timur Tengah, Amerika Latin dan Afrika. Daging kambing merupakan makanan yang dipercaya mempunyai khasiat yang lebih tiggi dibanding daging sapi atau domba.

Kalau agan jalan-jalan ke Pariaman pada hari Jumat, jangan lupa mampir ke Pondok Makan Aua Tigo Rumpun yang berada di Desa Cubadak Mentawai. Nah kenapa setiap Jumat? karena pondok makan ini hanya menyediakan gulai kambing khusus pada hari Jumat. Pada hari ini banyak pengunjung yang menyempatkan diri berkunjung kepondok makan yang beratapkan daun rumbia ini, khusus untuk mencicipi gulai kambingnya yang menggoda selera.

Kalau dilihat dengan gulai kambing kebanyakan, gulai kambing disini sepertinya tidak jauh berbeda, tapi setelah agan nanti mencicipinya, barulah perbedaan itu terasa. Kuah santannya yang pekat dan pedas, membuat santap siang agan semakin terasa nikmatnya. Cukup membayar 15 ribu rupiah satu porsi gulai kambing dan nasi sudah bisa agan santap, murah bukan?

Bagi sebagian orang percaya menyantap gulai kambing bahwa daging kambing dapat meningkatkan potensi seksual, terutama pria. Daging Kambing memang termasuk afrodisiak. Artinya, bahan itu diduga bisa membangkitkan gairah atau potensi seksual. Daging Kambing digolongkan afrodisiak karena mengandung L-Argynin (sejenis asam amino yang menjadi bahan dasar nitric oxide=NO). NO itu sangat berperan dalam meningkatkan gairah seksual. Sebab, NO memberi efek pelebaran pembuluh darah yang membuat aliran darah ke alat vital menjadi lancar.
Spoiler for Penampakan:

Spoiler for 4. SATE PARIAMAN:

Nah perbedaan terhadap sate padang dan sate padang panjang itu tidak terlalu jauh gan dari bentuknya, hanya saja bumbu kaldu sate Pariaman berwarna merah dan rasanya pun lebih mantep, gurih serta pedasnya nendang gan.


Quote:Bagaimana gan ? Agan masih belum tertarik untuk berwisata ke Pariaman ? kalo ane sih pengen banget rasanya cepat sampai disana, ya agan tau sendiri lah, kampung halaman ane kan disana ohya buat agan-agan yang kampung halamannya dipariaman dan kalo tidak jauh dari keberadaan ane sekarang, kita mudik bareng ya gan sebenernya sih masih banyak tempat-tempat keren di Pariaman seperti bukit-bukit, gunung-gunung serta makanan khas daerah yang selalu menggugah selera juga tempat-tempat keren lainnya yang baru ditemukan dan harus dilestarikan. Agan harus tau kalo Indonesia itu kaya gan dengan bentang alam yang begitu banyak yang pastinya belum semua pernah agan kunjungi, jadi ngapain agan jauh-jauh keluar negri sedangkan di negara sendiri banyak tempat-tempat keren, yaaaa mungkin buat agan-agan yang kurang suka tempat bertemakan alam bisa jadi nggak suka dengan ke indahan alamnya sendiri, tapi mau bagaimana pun juga kita harus tetap peduli gan agar seluruh dunia tau kalo Indonesia itu keren gan.


Quote:Video Dari Net TV Indonesia Bagus Pariaman Sumatra Barat

Spoiler for Terima kasih.:
Terima kasih buat agan-agan yang udah nyendolin ane mau pun abu gosoknya.
pertamax
mejeng di pekiwan dulu, gan...

semoga ada waktu untuk maen ke situ...
jadi pengen berlibur lagi
Quote:Original Posted By oktavianusalvin
pertamax

Sorry gan, ente telat
Quote:Original Posted By ayamjagobdg
mejeng di pekiwan dulu, gan...

semoga ada waktu untuk maen ke situ...


Amin, kalo mampir ke pariaman, jangan lupa berkabar gan siapa tau ane bisa sedikit membantu.
Pantainya indah, kulinernya woooooowww
Lapeeerrrrr.......
wihhh keren gan.. jadi pangen ke sana
Quote:Original Posted By johanwibowo
jadi pengen berlibur lagi

Nah jangan lupa coba liburan di Pariaman gan.
Quote:Original Posted By Dear_Fivers
Pantainya indah, kulinernya woooooowww
Lapeeerrrrr.......

Kalau pantai sih dari sejak ane masih sekolah dan tinggal disana selalu ramai dikunjungi dari berbagai kalangan gan dan makanan pun enak-enak, kalo agan tertarik berliburan ke pariaman selalu ditunggu kedatangannya dan jangan lupa ajak ane.
Quote:Original Posted By GigiTato.
wihhh keren gan.. jadi pangen ke sana

Ane juga pengen kesana gan liburan lebaran nanti, agan mau ikut ?
indah juga nih pantainya gan

kalau ada waktu main kesana dah
Quote:Original Posted By zehset
indah juga nih pantainya gan

kalau ada waktu main kesana dah


Ayo gan ke Pariaman dan jangan lupa ajak anak istri. (Kalo agan dah punya anak istri)
Quote:Original Posted By arti24


Ayo gan ke Pariaman dan jangan lupa ajak anak istri. (Kalo agan dah punya anak istri)

masih jomblo

btw ente dulu eksis HT yah?

dah mulai ngetrit lagi nih?
pengen pulang kampuang....
Quote:Original Posted By zehset

masih jomblo

btw ente dulu eksis HT yah?

dah mulai ngetrit lagi nih?


Waduh maaf gan. Semoga lebaran kali ini agan dipertemukan dengan lawan jenis agan, amin.
Eksis HT bagaimana gan ? emang udah lama sih nggak bikin trit baru kepikiran setelah ingat kampung halaman, untung ane nggak lupa halaman berapa.
wow jernih air nya
kalau dijarkata pantai = tmpat sampah
Kebetulan kampung ane tuh gan, emg emg kalo udh disono bawaannya kg mau pulang ke Jakarta.
hahahahhaa
Quote:Original Posted By alwayspertamax
wow jernih air nya
kalau dijarkata pantai = tmpat sampah


Waduh, kok bisa = tempat sampah gan ? memangnya tidak ada himbauan dan larangan jangan buang sampah ke pantai gan ? Ya setidaknya agan jangan ikut-ikutan lah buang sampah ke pantai, kasian pantainya gan lautnya jadi tercemar.
Quote:Original Posted By arti24

Ane juga pengen kesana gan liburan lebaran nanti, agan mau ikut ?

boleh gan kalo di bayarin
Quote:Original Posted By arti24
Waduh, kok bisa = tempat sampah gan ? memangnya tidak ada himbauan dan larangan jangan buang sampah ke pantai gan ? Ya setidaknya agan jangan ikut-ikutan lah buang sampah ke pantai, kasian pantainya gan lautnya jadi tercemar.


hibauan ada,
tapi ya gitu masuk kuping kanan keluar telinga kiri
Quote:Original Posted By kalilawa
pengen pulang kampuang....

Ciiiieeee yang kangen kampung....
Quote:Original Posted By AyonkTI24
Kebetulan kampung ane tuh gan, emg emg kalo udh disono bawaannya kg mau pulang ke Jakarta.
hahahahhaa

Wah ternyata agan perantau juga ya, nggak mudik gan lebaran ntar ? kalo ane sih berencana mudik semoga tidak ada halangan, kangen juga sama ibu.
Quote:Original Posted By GigiTato.

boleh gan kalo di bayarin

Kalo bayarin makan sih nggak jadi masalah gan, tapi kalo ongkos ogah gan, berat diongkos soalnya ane masih mahasiswa. Masih belum punya banyak fulus
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar