Pages


Jumat, 29 Juli 2016

≈ 7 Eksplorasi & Petualangan yang telah menoreh sejarah ≈

≈ 7 Eksplorasi & Petualangan yang telah menoreh sejarah ≈
≈ 7 Eksplorasi & Petualangan yang telah menoreh sejarah ≈
Spoiler for BARBUK:
≈ 7 Eksplorasi & Petualangan yang telah menoreh sejarah ≈

≈ 7 Eksplorasi & Petualangan yang telah menoreh sejarah ≈
Quote:Siapa bilang ilmu pengetahuan itu cuma berkenaan dengan tabung dan rumus? Kadang diperlukan juga pengorbanan dan perjuangan yang berat hanya untuk menemukan sebuah penemuan. Di mulai dari pemetaan planet Bumi sampai eksplorasi ke ruang angkasa, berikut adalah ekspedisi ilmiah yang dikombinasikan dengan eksplorasi dan petualangan. Selamat membaca semoga bermanfaat ...
≈ 7 Eksplorasi & Petualangan yang telah menoreh sejarah ≈
Quote:≈ 7 Eksplorasi & Petualangan yang telah menoreh sejarah ≈≈ 7 Eksplorasi & Petualangan yang telah menoreh sejarah ≈1. JAMES COOK (sang kartografer)
(lahir 27 Oktober 1728 – meninggal 14 Februari 1779 pada umur 50 tahun)

Sang penjelajah Inggris James Cook telah mengelilingi dunia, melakukan perjalanan jauh ke barat laut dan menemukan Kepulauan Hawaii. Tapi Cook lebih dari sekedar seorang kapten laut. Dia adalah kartografer (pembuat peta), dan petualangannya akan mengisi kesenjangan lama di peta dunia.

Cook terlambat bergabung dengan Angkatan Laut inggris

≈ 7 Eksplorasi & Petualangan yang telah menoreh sejarah ≈≈ 7 Eksplorasi & Petualangan yang telah menoreh sejarah ≈Cook bekerja di sebuah peternakan Yorkshire di masa mudanya sebelum akhirnya ia di perbolehkan magang pada perusahaan pelayaran perdagangan pada usia 17. Giginya pernah patah pada saat pelayaran pertamanya ketika kapal di terjang ombak di Laut Baltik, dan menghabiskan 10 tahun berikutnya untuk naik pangkat dan menguasai seni navigasi. Dia sedang dipersiapkan untuk menjadi kapten, tetapi pada tahun 1755, ia terkejut karena atasannya memutuskan untuk berhenti berkarir yang kemudian membuat cook memutuskan diri untuk mendaftar menjadi Angkatan Laut Kerajaan Inggris sebagai Kelasi. Cook sudah berusia 26 tahun jauh lebih tua dari kebanyakan kelasi lainya, namun tidak butuh waktu lama bagi Angkatan Laut untuk mengenali bakatnya. Dia dipromosikan menjadi kapten kapal hanya dalam kurun waktu dua tahun, yang menjadikan salah satu orang pertama dalam sejarah angkatan laut Inggris untuk naik pangkat dari pangkat tamtama menjadi pengambil alih komando kapal sendiri.

WOW ternyata Cook sempat mampir ke Indonesia gan
≈ 7 Eksplorasi & Petualangan yang telah menoreh sejarah ≈≈ 7 Eksplorasi & Petualangan yang telah menoreh sejarah ≈Jika bahtera Endeavour tidak mengalami kekurangan bekal dan kerusakan saat perjalanan pulang dari Australia, mungkin kisah bersejarah ini tak pernah ada. Demikian alasan Kapten James Cook berjejak di Batavia yang tersirat dalam laporannya, Journal of the Proceedings of His Majesty’s Bark Endeavour, on a Voyage Round the World.

Siapa tak mengenal Kapten James Cook, seorang navigator laut sohor asal Inggris. Dalam poster Perintis Jalan Bahtera Eksplorasi sisipan National Geographic edisi Juli 2013, nama James Cook tercatat sebagai salah satu penempuh perjalanan eksplorasi yang melewati Samudra Pasifik. Dia melakukan tiga kali ekspedisi: 1768-1771, 1772-1775, dan 1776-1779.

Kapten Cook, yang saat itu berusia 39 tahun, berangkat meninggalkan Inggris pada 26 Agustus 1768 atas dukungan The Royal Society, London. Tujuan pelayaran penjelajahan pertamanya adalah ke Tahiti di Samudra pasifik untuk mengobservasi Transit Venus—peristiwa yang dapat disaksikan dari bumi saat Venus melintasi Matahari. Sementara, misi rahasianya: mengeksplorasi Terra Australis Incognita, sebuah tanah tak bertuan di sisi selatan Hindia Timur. Semuanya tercapai.

≈ 7 Eksplorasi & Petualangan yang telah menoreh sejarah ≈

Saat perjalanan pulang, Kapten Cook melewati lautan di selatan Jawa, kemudian berbelok menyusuri Selat Sunda. Mereka mendarat di Batavia, sebuah kota dengan kastil megah sebagai kantor pusat VOC, pada 10 Oktober 1770.

≈ 7 Eksplorasi & Petualangan yang telah menoreh sejarah ≈
Selama seminggu pertama di kota itu dia berjumpa dengan Gubernur Jenderal VOC Petrus Albertus van der Parra. Mereka membicarakan biaya perbaikan Endeavour.

Kemudian Kapten Cook dan awaknya melanjutkan pelayaran ke Pulau Onrust di Kepulauan Seribu untuk mengisi perbekalan dan memperbaiki bahtera. Mereka kembali ke Batavia lagi pada 8 sampai 25 Desember 1770, lalu melanjutkan pelayaran menuju Tanjung Harapan.
Sejak Endeavour berjejak di Batavia hingga minggu-minggu terakhir pelayarannya menuju Eropa, sebanyak 30 dari 94 pelautnya tewas—di Batavia atau dalam perjalanan—karena desentri dan malaria.

James Cook tak pernah berkunjung ke Batavia lagi, bukan lantaran kenangan buruk atas kota itu, melainkan dia tewas saat perseteruan dengan pribumi Hawaii, pada 1779. Tragisnya, jasad Cook dipanggang untuk memudahkan suku setempat mengupas dagingnya, dan kerangkanya diawetkan sebagai ikon religius.

≈ 7 Eksplorasi & Petualangan yang telah menoreh sejarah ≈≈ 7 Eksplorasi & Petualangan yang telah menoreh sejarah ≈


Quote:2. Lewis dan Clark memetakan Amerika Barat

≈ 7 Eksplorasi & Petualangan yang telah menoreh sejarah ≈
Pada 1804, William Clark, Meriwether Lewis dan anak buahnya memulai perjalanan lintas benua mereka yang terkenal dengan ekspedisinya menyusuri Sungai Mississippi ke pantai barat dan kembali lagi ke tempat semula. disebut Korps Discovery, yakni proyek visioner Presiden Thomas Jefferson untuk menjelajahi Amerika Barat. Ini dimulai pada Mei 1804 dan berakhir pada bulan September 1806. Sebelum ekspedisi, Lewis adalah sekretaris presiden pribadi Jefferson. Dia juga bertugas di militer, di mana ia bertemu Clark. Setelah ekspedisi, Lewis dijadikan Gubernur dengan jangka pendek Wilayah Upper Louisiana sebelum ia meninggal. Clark hidup selama beberapa tahun dan memegang berbagai posisi pemerintah, termasuk Inspektur Urusan Indian dan Gubernur Wilayah Missouri.
Selama ekspedisinya mereka berhasil memetakan pantai Barat dan membuat katalog ratusan spesies tanaman dan hewan baru.

≈ 7 Eksplorasi & Petualangan yang telah menoreh sejarah ≈≈ 7 Eksplorasi & Petualangan yang telah menoreh sejarah ≈
Lewis dan Clark bertemu dengan suku indian Shoshone
(pertemuan yang beruntung)

Pada Agustus 1805 Lewis dan Clark sedang mencari orang dari suku Indian Shoshone. Tim ekspedisi Lewis dan Clark memerlukan kuda untuk menyeberangi Rockies dan suku indian Shoshone bersedia membantu mereka. Sacagawea, salah satu anggota tim ekspedisi, adalah orang indian suku Shoshone, tapi dia telah diculik sejak kecil oleh suku lain beberapa tahun sebelumnya.

≈ 7 Eksplorasi & Petualangan yang telah menoreh sejarah ≈
Sementara Tim sedang beristirahat di sekitar air terjun Missouri sehabis menempuh perjalan jauh. Lewis dan tiga orang timnya melakukan pengintaian di sekitar tempat peristirahatan dan akhirnya mereka bertemu Band orang indian suku Shoshone. Mereka adalah orang kulit putih pertama yang suku Indian Shoshone pernah lihat.

Lewis ingin Shoshone tahu bahwa ia dan anak buahnya datang dengan damai. Dia memberi mereka beberapa hadiah dan menggunakan bahasa isyarat sebagai komunikasinya, beberapa kata Shoshone, dan cat merah (warna Shoshone untuk perdamaian) Untungnya, Band Shoshone dan kepala suku mereka, Cameahwait, yakin.

≈ 7 Eksplorasi & Petualangan yang telah menoreh sejarah ≈
Mereka merayakan pertemuan damai dengan pelukan, teriakan, dan merokok pipa perdamaian. Ketika mereka semua duduk di tanah untuk berbagi pipa perdamaian, Shoshone melepas sepatu mereka untuk menunjukkan ketulusan mereka. Lewis menulis banyak halaman tentang hal ini di jurnal, termasuk gambar pipa perdamaian. Lewis menjelaskan bahwa Shoshone melepas sepatu dan mereka akan selalu pergi bertelanjang kaki jika mereka tidak tulus dan Lewis mengerti apa yang mereka maksudkan.

≈ 7 Eksplorasi & Petualangan yang telah menoreh sejarah ≈
Meskipun Shoshone menyambut Lewis, mereka curiga. Mereka baru saja diserbu oleh suku lain. Ketika Lewis meminta mereka untuk melakukan perjalanan untuk memenuhi sisa partai ekspedisinya, Shoshone khawatir bahwa Lewis mungkin memimpin mereka ke dalam perangkap. Akhirnya Lewis meyakinkan mereka. Tetapi ketika mereka sampai ke tempat pertemuan, Clark dan yang lainnya belum tiba. Jadi mereka menunggu.

Shoshone gugup. Mereka tidak ingin disergap. Lewis merasa gugup. Dia harus mendapatkan kuda atau Tim tidak akan mampu menyelesaikan ekspedisi. Jika Clark dan yang lainnya tidak muncul segera, Shoshone akan pergi berserta kuda mereka.

≈ 7 Eksplorasi & Petualangan yang telah menoreh sejarah ≈
Akhirnya, pada 17 Agustus, 1805, sisa Tim ekspedisi tiba. Sacagawea dan anggota lain dari Tim ekspedisi adalah yang pertama melihat Lewis dan Shoshone. Sacagawea diakui sebagai bagian dari suku Shoshone. Bahkan, Kepala Cameahwait adalah kakaknya! Semua orang merayakan kebetulan yang beruntung ini. Mereka bahkan menamai tempat pertemuan tersebut dengan nama Camp Fortunate. Sekarang Lewis dan Clark bisa melanjutkan ekspedisi mereka dengan kuda dari suku Shoshone.

Bertemu Beruang

Itu adalah beruang terbesar yang pernah mereka lihat, beruang grizzly besar yang beratnya sekitar 600 pon. “Seekor hewan yang luar biasa, dan sangat sulit untuk dibunuh," tulis Lewis dalam buku hariannya pada tanggal 5 Mei, 1805. Clark menggambarkan grizzly sebagai "binatang yang sangat besar dengan sosok yang sangat menakutkan." Clark dan anggota lain dari ekspedisi sudah menembakkan 10 kali tembakan dan dia masih belum saja mati.

Beberapa suku asli Amerika telah mengatakan kepada Lewis dan Clark tentang beruang grizzly. Suku-suku hanya akan menyerang beruang besar ini jika ada 6-10 orang yang ikut dalam masa perburuan mereka, dan bahkan kadang-kadang beruang bisa membunuh salah satu dari mereka. beruang pertama terbesar yang Lewis lihat selama ekspedisi sedangkan dua ekor beruang lainya yang pernah Ia lihat hanya berukuran kecil. Sehingga ia dan pemburu lain dapat dengan mudah membunuh salah satu dari mereka. Hari itu Lewis menulis dalam jurnalnya bahwa meskipun penduduk asli Amerika dengan busur dan anak panah mereka dapat di pastikan mereka juga akan memiliki banyak kesulitan dalam merobohkan beruang yang satu ini.

≈ 7 Eksplorasi & Petualangan yang telah menoreh sejarah ≈
saat Lewis melakukan pengintaian sendiri pada tanggal 15 Juni 1805. Ia memutuskan untuk mendirikan kemah dan mulai berburu kerbau liar. Saat ia sedang menyaksikan kerbau jatuh, beruang grizzly bergegas ke arahnya. Lewis mengangkat senjata laras panjangnya untuk menembak namun kemudian Ia menyadari kalau ia lupa mengisi riffle nya. Beruang itu semakin dekat. Tidak ada pohon atau semak-semak di dekatnya, hanya ada sungai. Lewis cepat berlari ke dalam air. Beruang itu mengikuti. Ketika beruang itu melihat Lewis di dalam air, tanpa alasan yang jelas ia berhenti dan berlari ke arah lain. Lewis begitu beruntung. Setelah itu ia berpikir bahwa Tim ekspedisi tidak harus pergi keluar sendirian. Bahkan jika perlu mereka harus tidur dengan senjata di samping mereka.

≈ 7 Eksplorasi & Petualangan yang telah menoreh sejarah ≈
Tim mengejar Beruang melalui hutan, ke semak-semak, ke dalam air. Pada tanggal 15 Juli, 1806, Hugh McNeal keluar sendirian menggunakan kudanya. Tiba-tiba ia melihat beruang grizzly di semak-semak. kudanya melawan dan melemparkan McNeal ke arah beruang. Beruang itu mengangkat badanya untuk menyerang. Apa yang bisa McNeal lakukan dari jarak yang dekat seperti itu? Dia memukul beruang dengan gagang senjatanya. beruang itu sementara tertegun dan jatuh. McNeal cepat memanjat pohon terdekat. Karena ukuran tubuhnya yang besar dan cakarnya lurus, beruang grizzly bukanlah pendaki pohon yang baik, sehingga beruang hanya bisa menunggu di bawah pohon. menunggu dan menunggu. Akhirnya sebelum gelap, beruang menyerah dan meninggalkannya begitu saja, McNeal turun dan kembali ke kamp dengan aman.
Pada akhir ekspedisi Lewis percaya bahwa Tim nya sangatlah beruntung tidak kehilangan satu orangpun gara-gara beruang grizzly. Dia menulis bahwa "Tangan Tuhan benar-benar telah membantu kita"


Quote:3. John Wesley Powell - Grand Canyon surveyor

≈ 7 Eksplorasi & Petualangan yang telah menoreh sejarah ≈
John Wesley Powell (lahir 24 Maret 1834 – meninggal 23 September 1902 pada umur 68 tahun). Ia adalah seorang tentara, geolog, dan pengelana Amerika Serikat. Ia juga menjabat sebagai kepala US Geological Survey (1881–1894). Powell terkenal karena ekspedisinya ke Green River, Colorado, dan Grand Canyon pada tahun 1869.

John Wesley Powell sudah melalui banyak hal: veteran Perang Saudara, petualang, direktur kedua dari Survei Geologi AS. Tapi pada intinya, Powell adalah seorang ilmuwan. Hanya setahun setelah ia kehilangan lengan kanannya pada Pertempuran Shiloh, ia kembali ke parit di Vicksburg untuk memeriksa lapisan batuan di sekelilingnya dan mengumpulkan fosil diantara pertempuran.

≈ 7 Eksplorasi & Petualangan yang telah menoreh sejarah ≈≈ 7 Eksplorasi & Petualangan yang telah menoreh sejarah ≈Tidak mengherankan bahwa Grand Canyon belum dipetakan dan belum diselidiki, untuk itulah Powell di panggil Pada tahun 1869, ia bersama kakaknya Walter dan delapan orang yang berpengalaman seperti pemburu, penjerat, dan sesama veteran perang meluncur ke Colorado menggunakan empat perahu kecil melalui Green River.

Perjalanan memerlukan waktu berbulan-bulan dan mencakup lebih dari 1.000 mil (1.600 kilometer). arung jeram menghancurkan dua perahu ekspedisi, menenggelamkan beberapa peralatan ilmiah. Satu orang memutuskan untuk meninggalkan ekspedisi, dalam satu bulan dua orang lainnya menyusul. Dua hari sebelum perjalanan berakhir tiga orang tewas terbunuh oleh suku indian Paiute.

≈ 7 Eksplorasi & Petualangan yang telah menoreh sejarah ≈
Sisanya bertahan hidup di Arizona selama tiga bulan setelah perjalanan mereka dimulai. Powell tidak menunda lagi perencanaan perjalanan keduanya di tahun 1871. Kali ini, ia membawa surveyor dan fotografer. Tim berhasil membawa kembali peta pertama topografi ngarai, ratusan foto, dan pemahaman yang lebih dalam mengenai lingkungan barat yang gersang.
Topografi secara ilmiah artinya adalah studi tentang bentuk permukaan bumi dan objek lain.

≈ 7 Eksplorasi & Petualangan yang telah menoreh sejarah ≈


Quote:4. Livingstone dan Stanley penjelajah Afrika

≈ 7 Eksplorasi & Petualangan yang telah menoreh sejarah ≈≈ 7 Eksplorasi & Petualangan yang telah menoreh sejarah ≈Misionaris David Livingstone menjelajahi Afrika ketika Eropa masih menyebutnya dengan "Benua Hitam." Berkat semangat Afrika ini ⎯ dan laporan Livingstone, yang menampilkan tampilan pertama dari air terjun Victoria yang besar ⎯ pemerintah Inggris setuju pada tahun 1858 untuk mendanai ekspedisi Zambezi ke pelosok Afrika tenggara. misi gagal menemukan rute sungai ke benua itu, namun kepulangan mereka ke Inggris membawa berhalaman-halaman laporan tentang pertanian, etnologi dan geografi.

Etnologi merupakan salah satu dari cabang ilmu antropologi, yang mempelajari berbagai suku bangsa dan aspek kebudayaannya, serta hubungan antara satu bangsa dengan bangsa lainnya. Kata etnologi berasal dari kata etnis, yang berarti suku bangsa.

Pada tahun 1866, Livingstone kembali berhasil mengumpulkan dana untuk ekspedisi keduanya, kali ini bertujuan untuk mencari hulu Sungai Nil. Namun dalam waktu singkat, timnya mulai meninggalkannya, dan kesehatannya terganggu. Rumor mengatakan bahwa ia sudah mati. Akhirnya, dia berakhir di desa Ujijiyang saat ini dikenal dengan Tanzania, di mana reporter koran Amerika Henry Stanley menemukannya dan mengucapkan salam yang mungkin-apokrif/ragu-ragu, "Doctor Livingstone, I presume?"

Dokter menolak untuk meninggalkan Afrika bersama Stanley, dan terus meneruskan pencariannya ke hulu sungai Nil. Dia meninggal pada tahun 1873, dan tidak pernah mencapai tujuannya.


Quote:5. Belgica - Ekspedisi Antartika 1897 – 1899

≈ 7 Eksplorasi & Petualangan yang telah menoreh sejarah ≈≈ 7 Eksplorasi & Petualangan yang telah menoreh sejarah ≈Pelayaran dari Belgica di bawah komando Adrienne de Gerlache berangkat dari Antwerp, Belgia pada akhir Agustus 1897. Ini adalah salah satu yang paling menarik dari ekspedisi Antartika pertama dan juga mungkin yang paling nyaman untuk semua pihak.

≈ 7 Eksplorasi & Petualangan yang telah menoreh sejarah ≈
Masalah dengan ekspedisi dimulai jauh sebelum mencapai perairan Antartika, tidak seperti pemimpin ekspedisi lain yang berhati-hati dalam upaya memilih anggota ekspedisi, de Gerlache tampaknya membayar sedikit atau tidak sama sekali setelah ia merkerut pejabat dan staf ilmiah. Awak asli yang tersisa di Belgica adalah yang berasal dari Antwerp, dua meninggalkan ekspedisi tak lama setelah di Ostend, Belgica terpaksa kembali ke pelabuhan untuk perbaikan, dua awak kapal pergi ke darat tanpa izin dan kembali dalam keadaan mabuk. ada beberapa diantara mereka yang tampaknya tahu dan memahami sedikit tentang ilmu pelayaran dasar, dan satu yang menolak untuk meninggalkan tempat tidurnya ketika diperintahkan untuk merubah haluan untuk mencegah Belgica bertabarakan dengan Royal Yacht.

≈ 7 Eksplorasi & Petualangan yang telah menoreh sejarah ≈
Saat perjalanan ke Antartika, seorang pelaut muda Carl Wiencke tersapu ombak ke laut, upaya heroik Kapten Georges Lecointe untuk mencoba menyelamatkannya sia-sia. Pulau Wiencke dinamai untuk menghormatinya.

Di semua kejadian, banyak hambatan yang terjadi saat ekspedisi, kapal terjebak dalam bongkahan Es pada tanggal 3 Maret 1898. Awak yang berasal dari negara dan bahasa yang berbeda mulai putus asa, mereka mulai menjaga diri mereka masing-masing dari kejamnya musim dingin di Antartika, sebagian awak sibuk dan membuat diri mereka senyaman mungkin. Namun Ini tidak berlangsung lama, karena mereka tidak memiliki peralatan yang memadai atau pasokan yang cukup. Pada tanggal 21 Maret 1898 Cook salah seorang awak kapal menulis :

Kita terpenjara di lautan es yang tak berujung, kita telah berbagi cerita baik yang nyata maupun imajinatif, waktu sangat berat bagi kami, karena perlahan kegelapan yang panjang mulai menghampiri

Dan kenyataannya memang terjadi pada hari ke 19 bulan Mei matahari mulai menghilang dan dimulailah malam yang panjang di Antartika kurang lebih selama 63 hari kedepan. Penderitaan ini telah membuat mereka semakin putus asa.

LANJUT POST 2
Quote:LANJUTAN...

Kekurangan makanan, khususnya vitamin C - tanda-tanda penyakit kudis mulai bermunculan di beberapa awak kapal. Hal ini diperburuk oleh ketidaksukaan de Gerlache terhadap satu-satunya sumber lokal atas nutrisi penting ini - penguin segar dan daging yang disimpan sebelum awal musim dingin. Pemimpin ekspedisi tidak menyukai daging ini, bahkan ia melarang anak buahnya untuk memakan itu.
Pada tanggal 5 bulan Juni, Letnan Danco meninggal karena gagal jantung, tampaknya penyakit ini sudah lama mengidapnya, sebelumnya tidak terdiagnosis. Udara dingin, kurangnya makanan yang tepat dan kondisi yang keras turut andil dalam memperburuk penyakitnya. Dalam kata-kata Henryk Arctowski ahli geologi Polandia :

"Dalam ketidakjelasan senja di tengah hari, kami merebahkan tubuh Letnan Danco di lubang Es yang telah kami buat, dan meluncurkanya ke dalam lautan. Angin yang bertiup dingin menerpa kepala kami, masing-masing dari kita diam, kita meninggalkannya, seiring dengan bongkahan es yang terapung... "

≈ 7 Eksplorasi & Petualangan yang telah menoreh sejarah ≈
Cook dan Amundsen kemudian mengambil perintah menggantikan de Gerlache dan Lecointe yang mereka anggap tidak dapat menjalankan perannya dengan baik karena faktor kesehatan mereka yang terganggu. Dalam Kepemimpinan Cook, mereka boleh mengkonsumsi daging penguin dan daging anjing laut serta memastikan bahwa setiap orang mendapatkan kebutuhan makanan yang cukup. Ia mencoba memperbaiki moral para awak kapal. Bahkan de Gerlache mulai makan daging yang sebelumnya ia tidak menyukainya dan perlahan-lahan namun pasti, kesehatan para awak mulai pulih. Pada bulan Juli tanggal 31 Lecointe sudah cukup pulih untuk bisa bergabung dengan Amundsen dan Cook.

≈ 7 Eksplorasi & Petualangan yang telah menoreh sejarah ≈
Ketika musim semi datang, kesehatan semua awak sudah kembali seperti semula berkat daging segar yang mereka konsumsi, tapi Belgica masih terjebak dalam es setebal 7 kaki (2,1m). Pada bulan Januari, Bahan peledak yang mereka gunakan hanya dapat membuka perairan setengah mil jauhnya. Cook menyarankan untuk membuat parit untuk membuka perairan dari haluan kapal sampai ke buritan, ini dilakukan guna mempercepat pencairan Es. Parit digali dan dipotong menggunakan Kapak dan gergaji dan hal ini memerlukan upaya besar, pada hari kasih sayang, tepatnya 14 Februari 1899, upaya keras itu berhasil, membuat Belgica terlepas dari dari jepitan Es. namun bongkahan es tebal di sekitar kapal masih tetap ada dan masih memerlukan satu bulan lagi hingga akhirnya kapal bener-benar bisa bebas dan mampu untuk pergi ke laut terbuka, dan Belgica telah terjebak dalam bongkahan es yang membeku selama 13 bulan!

Belgica mencapai Punta Arenas pada 28 Maret 1899. de Gerlache disambut dengan pesta pora sebagai pahlawan di Belgia dan Perancis. Meskipun telah mengalami banyak kesulitan, Belgica kembali dengan koleksi penting berupa data ilmiah dan siklus tahunan pertama atas pengamatan yang di lakukan di Antartika. Ekspedisi pertama ini telah memberikan pelajaran yang sangat berharga selama musim dingin di Antartika.


Quote:6. Vostok 1 memasuki orbit bumi

≈ 7 Eksplorasi & Petualangan yang telah menoreh sejarah ≈
Amerika Serikat dan Uni Soviet berkompetisi penuh dalam mengeksplorasi manusia ke ruang angkasa. Rusia mencetak kemenangan kedua ketika mereka meluncurkan pesawat ulang alik kecil yang sekaligus membawa kosmonot Yuri Gagarin ke ketinggian baru. penerbangan 108 menit memberinya tempat permanen dalam buku-buku sejarah sebagai orang pertama yang berhasil ke luar angkasa.
Dengan peluncuran Sputnik 1 di tahun 1957, satelit buatan manusia pertama di dunia, Rusia telah memimpin perlombaan. Langkah selanjutnya adalah mengirim manusia dari planet ini.

Rencana Amerika untuk mengirim manusia ke ruang angkasa pada tahun 1961 merupakan batas waktu yang sulit bagi tim Rusia untuk mengejar ketinggalan, Tim Rusia harus bekerja keras untuk mengalahkannya. Pengembangan pesawat ruang angkasa Vostok menjadi penting. Sebelum penerbangan bersejarah Gagarin, Soviet mengirimkan prototipe pesawat ruang angkasa, bersama dengan boneka seukuran manusia disebut Ivan Ivanovich dan anjing disebut Zvezdochka. Dengan keberhasilan ini, kapal itu dianggap siap untuk membawa mahluk hidup ke ruang angkasa.

Spoiler for Demografis:
≈ 7 Eksplorasi & Petualangan yang telah menoreh sejarah ≈

Hal yang sebenarnya

Lebih dari 200 pilot pesawat tempur Angkatan Udara Rusia dipilih sebagai calon kosmonot. Pilot tersebut dianggap sudah optimal karena mereka memiliki bentuk tubuh yang ideal serta kekuatan percepatan dan proses ejeksi, serta pengalaman dengan situasi tekanan tinggi. Di antara pilot ada yang berusia 27 tahun dia adalah Letnan Senior Yuri Gagarin Alexeyevich.

≈ 7 Eksplorasi & Petualangan yang telah menoreh sejarah ≈
Gagarin adalah anak Ketiga dari empat anak, Gagarin lahir pada tanggal 9 Maret 1934, di sebuah desa kecil seratus mil dari Moskow. Sebagai seorang remaja, Gagarin menyaksikan pesawat tempur Yak Rusia melakukan pendaratan darurat di dekat rumahnya. Ketika ditawarkan kesempatan di tahun berikutnya untuk bergabung dengan klub penerbangan, ia bersemangat menerimanya, Ia membuat penerbangan solo pertamanya pada tahun 1955. Hanya beberapa tahun kemudian, ia mengajukan permohonan untuk menjadi seorang kosmonot.

Penerbangan pertama ke luar angkasa

≈ 7 Eksplorasi & Petualangan yang telah menoreh sejarah ≈
Pada tanggal 12 April 1961, pada jam 09:07 waktu Moskow pagi hari, Vostok 1 pesawat ruang angkasa meluncur dari situs peluncuran Soviet. Karena saat itu tidak ada yang tahu pasti berapa bobot yang akan mempengaruhi pilot, kapsul bulat itu hanya memiliki sedikit kontrol atas kapal, pekerjaan dilakukan secara otomatis atau dilakukan di daratan. Jika keadaan darurat muncul, Gagarin seharusnya menerima kode override yang akan memungkinkan dia untuk mengambil kontrol secara manual, tapi Sergei Korolov, chief designer dari program luar angkasa Soviet, mengabaikan protokol tersebut.

≈ 7 Eksplorasi & Petualangan yang telah menoreh sejarah ≈
Selama 108 menit, Vostok 1 berwisata mengelilingi Bumi sekali, mencapai ketinggian maksimum 203 mil (327 kilometer). Tepat diatas benua Afrika, mesin yang seharusnya dapat membawa Gagarin kembali ke bumi, terbakar. Pesawat ruang angkasa itu membutuhkan sepuluh hari sesuai perhitungan dalam kasus jika mesin mengalami kegagalan dan Gagarin harus menunggu orbit secara alami agar bisa kembali ke bumi dengan aman, tetapi mereka tidak mau menunggu. Gagarin kembali memasuki atmosfer bumi, mengalami tekanan delapan kali gravitasi bumi, namun Ia tetap sadar.

≈ 7 Eksplorasi & Petualangan yang telah menoreh sejarah ≈
Vostok 1 tidak punya mesin untuk memperlambat laju ketika memasuki orbit bumi atau cara untuk mendarat dengan aman. Sekitar empat mil (tujuh kilometer), Gagarin dilontarkan keluar dan terjun payung ke bumi. Agar misi tercatat resmi sebagai penerbangan luar angkasa, Fédération Internationale Aéronautique (FAI), badan untuk catatan kedirgantaraan, telah menentukan syarat bahwa pilot harus mendarat dengan pesawat ruang angkasanya. pemimpin Soviet menyatakan bahwa Gagarin telah mendarat dengan Vostok 1, dan Ia tidak mengungkapkan kejadian yang sebenarnya hingga kemudian terungkap di tahun 1971. Apapun itu, Gagarin masih tercatat sebagai orang pertama yang meninggalkan orbit Bumi dan melakukan perjalanan luar angkasa.

Setelah misi

≈ 7 Eksplorasi & Petualangan yang telah menoreh sejarah ≈
Sekembalinya ke bumi, Gagarin adalah seorang pahlawan internasional. Ia bersorak di Red Square yang telah dikerumuni ratusan ribu orang. Harta nasional, ia melakukan perjalanan ke seluruh dunia untuk merayakan pencapaian Soviet dalam sejarah.
Saat kembali ke rumah, ia menjadi wakil Soviet dan diangkat sebagai Panglima Detasemen kosmonot. Karena Rusia tidak ingin mengambil risiko publik figur seperti itu, mereka ragu-ragu untuk memungkinkan dia kembali ke ruang angkasa. Dia melanjutkan mengikuti tes penerbangan untuk Angkatan Udara, namun Pada tanggal 27 Maret 1968, Gagarin tewas ketika sedang melakukan uji coba pesawat MiG-15. Dia meninggalkan seorang istri, Valentina Ivanovna Goryacheva, dan dua anak perempuan.

≈ 7 Eksplorasi & Petualangan yang telah menoreh sejarah ≈
Ketika Apollo 11 mendarat di bulan pada bulan Juli 1969, kru meninggalkan medali peringatan bertuliskan nama Gagarin, serta medali untuk kosmonot lain dan tiga astronot Apollo yang kehilangan nyawa mereka dalam kecelakaan.


Quote:7. Orang pertama yang menjajakan kaki di bulan

≈ 7 Eksplorasi & Petualangan yang telah menoreh sejarah ≈
Peluncuran bersejarah misi Apollo 11 membawa tiga astronot ke bulan. Dua dari mereka akan menginjakkan kaki di permukaan bulan untuk pertama kalinya dalam sejarah manusia. dengan jutaan orang di seluruh dunia menyaksikan langkah mereka melalui televisi.

≈ 7 Eksplorasi & Petualangan yang telah menoreh sejarah ≈
Para Astronot

Awak Apollo 11 adalah para astronot yang sudah berpengalaman. Ketiganya pernah melakukan misi terbang ke ruang angkasa sebelumnya

≈ 7 Eksplorasi & Petualangan yang telah menoreh sejarah ≈
1. Cmdr. Neil Armstrong, 38 tahun, sebelumnya telah diujicobakan di Gemini 8, pertama kalinya dua kendaraan berlabuh di ruang angkasa. Lahir 5 Agustus 1930, di Ohio, Armstrong adalah orang sipil pertama yang memimpin dua misi ruang angkasa Amerika.

2. Kolonel Edwin Eugene "Buzz" Aldrin, 39 tahun, adalah astronot pertama dengan gelar doktor yang terbang ke angkasa. Lahir 20 Januari 1930, di New Jersey, Aldrin mengemudikan Gemini 12, selama dua jam, dua puluh menit berjalan kaki di luar angkasa untuk menunjukkan bahwa astronot bisa bekerja secara efisien di luar kendaraan. Untuk Apollo 11, ia menjabat sebagai pilot modul lunar.

3. Command Modul Pilot, Letnan Kolonel Michael Collins, 38 tahun, lahir di Italia pada 31 Oktober, 1930. Pilot Gemini 10, Collins menghabiskan hampir satu jam setengah di luar pesawat luar angkasa dan ia menjadi orang pertama yang bertemu pesawat ruang angkasa lain di orbit.

Menuju ke bulan

≈ 7 Eksplorasi & Petualangan yang telah menoreh sejarah ≈
Misi perencanaan NASA mempelajari permukaan bulan selama dua tahun, mencari tempat terbaik untuk melakukan pendaratan bersejarah. Menggunakan foto-foto resolusi tinggi yang diambil oleh satelit Lunar Orbiter dan close-up foto yang diambil oleh pesawat ruang angkasa Surveyor, faktor yang mempengaruhi termasuk jumlah kawah dan batu-batu, beberapa tebing tinggi atau perbukitan, dan permukaan yang relatif datar. Jumlah sinar matahari juga merupakan faktor dalam menentukan waktu terbaik untuk mendarat di permukaan bulan.

Apollo 11 diluncurkan dari Kennedy Space Center di Florida pada jam 09:32 EDT pada 16 Juli 1969. Sedangkan dalam penerbangan, kru membuat dua siaran televisi dari bagian dalam kapal, dan yang ketiga di pancarkan saat mereka mendekat ke bulan, menggambarkan keadaan permukaan bulan dan terus memberikan informasi saat mendekati jalur yang dimaksudkan. Pada tanggal 20 Juli, Armstrong dan Aldrin memasuki lunar modul, dijuluki "Eagle" dan dipisahkan dari Command Service Modul - "Columbia" – mereka melaju mendekati permukaan bulan.

≈ 7 Eksplorasi & Petualangan yang telah menoreh sejarah ≈
lunar Modul mendarat di the moon's Sea of Tranquility, daerah basaltik yang besar, di 4:17 EDT. Armstrong diberitahu Houston dengan kata-kata bersejarah, "Houston, ini Tranquility Base. Eagle telah mendarat." Selama dua jam pertama, Armstrong dan Aldrin memeriksa semua sistem, mengkonfigurasi lunar modul untuk tinggal di bulan, dan makan. Mereka memutuskan untuk melewatkan jadual istirahat selama empat jam hanya untuk menjelajahi permukaan bulan.

≈ 7 Eksplorasi & Petualangan yang telah menoreh sejarah ≈
Sebuah kamera di Eagle tersedia meliput langsung Armstrong turun menuruni tangga pada pukul 23:56 tanggal 20 Juli 1969, dan mengucapkan kata-kata, "Itu satu langkah kecil bagi manusia, satu lompatan raksasa bagi umat manusia." Aldrin mengikuti dua puluh menit kemudian, Armstrong memiliki tanggung jawab untuk mendokumentasikan pendaratan, sehingga sebagian besar gambar yang diambil dari misi Apollo 11 adalah Aldrin.

Sementara di permukaan, para astronot mengatur beberapa percobaan, sampel yang dikumpulkan dari tanah bulan dan batu untuk dibawa pulang, mendirikan bendera Amerika Serikat, dan mengambil sampel inti dari kerak. Mereka berbicara dengan Presiden AS Richard Nixon, dari Gedung Putih langsung, dan menempatkan sebuah plakat yang menyatakan:

DISINI TELAH DATANG MANUSIA DARI PLANET BUMI
YANG PERTAMA KALI MENJEJAKAN KAKINYA DI BULAN
Juli tahun 1969
KAMI DATANG DENGAN DAMAI UNTUK SEMUA UMAT MANUSIA

≈ 7 Eksplorasi & Petualangan yang telah menoreh sejarah ≈
medali Memorial dengan nama-nama tiga astronot yang tewas dalam terbakarnya Apollo 1 dan dua kosmonot yang juga meninggal, termasuk manusia pertama ruang angkasa, Yuri Gagarin, sengaja di tinggalkan disana, medali seukuran 1 x 0.5 inci dengan pesan yang baik untuk 73 negara, dan tertoreh juga disana nama-nama para pemimpin kongres dan NASA.

≈ 7 Eksplorasi & Petualangan yang telah menoreh sejarah ≈
Armstrong menghabiskan lebih dari dua setengah jam di luar Eagle. Para astronot menempuh jarak total sekitar 3.300 kaki (1 kilometer) saat mereka berjalan di sekitar, bepergian sejauh 200 kaki (60 meter) dari modul untuk mengunjungi kawah besar. Mereka mengumpulkan 47,51 pound (21,55 kilogram) sampel dari bulan, dan melaporkan bahwa mobilitas di bulan lebih mudah daripada apa yang telah diantisipasi.

Pada jam 13:54 EDT, setelah menghabiskan total 21 setengah jam di bulan, Lunar modul kembali ke Columbia. Kedua kendaraan merapat, dan kru dan sampel dipindahkan ke Command Service Module sebelum Eagle kembali meluncur ke ruang angkasa. Dan membawa Para astronot pulang ke rumah.

Tim jatuh di Samudra Pasifik pada pukul 12:50 EDT Tanggal 24 Juli, hanya beberapa mil dari kapal induk, U.S.S. Pikat. Setelah mengenakan pakaian isolasi biologis, kru meninggalkan Columbia dan naik ke perahu karet, di mana mereka disemprot terlebih dahulu dengan iodine agar tidak terjadinya potensi terkontaminasi. Mereka melakukan perjalanan dengan helikopter ke Fasilitas Karantina di kapal induk sebelum akhirnya dibawa ke Houston. Mereka tetap di karantina hingga 10 Agustus, terhitung sejak mereka menyelesaikan misi nasional yang ditetapkan oleh Presiden John F. Kennedy pada tahun 1961, yakni untuk melakukan pendaratan pesawat berawak di bulan dan kembali lagi ke Bumi.
Spoiler for Demografis:
≈ 7 Eksplorasi & Petualangan yang telah menoreh sejarah ≈



≈ 7 Eksplorasi & Petualangan yang telah menoreh sejarah ≈

Seru ya gans? Serulah pastinya dan mudah-mudahan thread ini sedikitnya bisa menambah wawasan agan, amin.

thread ini Om ndoet buat kurang lebih makan waktu ampe 3 hari, dimulai hari pertama surfing cari ide kira-kira tema apa yang menarik buat di jadiin thread yang bisa bermanfaat serta dapat menambah wawasan bagi para kaskuser yang baca, sambil cari sumber-sumber yang kredibel/dapat di percaya. Tentu banyak kesulitan, tapi tidak membuat Om Ndoet berhenti disitu saja.

Hari ke-dua dan ketiga om Ndoet di bikin puyeng ama banyaknya sumber, karena notabene sumber sumber tersebut hampir semuanya berbahasa asing. (silahkan cek langsung sumbernya), tapi akhirnya selesai juga, sambil meninggalkan jejak mata merah, berair dan belekan (mirip banget gejala cacingan).

Om ndoet sadar ini thread masih jauh dari sempurna, masih banyak banget kekurangan, masih banyak yang mesti di betulin, mesti di lurusin. Om Ndoet juga sadar sepanjang-panjang ini thread belum tentu juga ada yang baca ampe abis, sadar selengkap-lengkapnya ini thread pasti masih banyak yang protes dan gak puas, tapi setidaknya dari ratusan kaskusers yang baca, ada-lah satu orang pembaca kaskuser yang bisa metik hikmahnya dari thread ini.


SUMBER 1SUMBER 2SUMBER 3SUMBER 4SUMBER 5SUMBER 6
≈ 7 Eksplorasi & Petualangan yang telah menoreh sejarah ≈
≈ 7 Eksplorasi & Petualangan yang telah menoreh sejarah ≈
KLIK ini gan, dijamin ga nyesel!

≈ 7 Eksplorasi & Petualangan yang telah menoreh sejarah ≈
kok 7 bree. knapa ga 8 aja biar genep
Quote:Original Posted By Si.G3ndut
AFDFASDF



apaan nih ?
Keren gan threadnya, nice info jugak.
Dulu indo keren banget ke eropaanya,.batavia juga
Napa sekarang malah jadi kacrut
james cook,aka james di*k
Petualangan Yang Luar Biasa Gan.
Quote:Original Posted By Si.G3ndut
AFDFASDF


Super sekali≈ 7 Eksplorasi & Petualangan yang telah menoreh sejarah ≈
Seperti nenek moyang qt ya gan , gemar mengarungi luas samudra ...
coment dulu sebelum di gembok
Nais tret bre
nenek moyangku... seorang pelaut
Woy bray gue tau ni trit sejarah bray, karna gue juga punya sejarah bray, lo tau gue gemana dah

Ah elah
Ane juga mau berpetualang
colombus penemu amerika gan
mejeng di trit calon HT
hebat ye lewis ama clark, ratusan spesies tanaman ma hewan lho
ane mau tuh jadi bagian ekspedisinya


mampir di trit ane bre [KOMBAT GO] Persona+Naruto Go: Advanced Battle, Advanced Dungeon! http://kask.us/ihobw
Bagus tuh jadi sejarah yang tak terlupakan dunia
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar