Pages


Jumat, 12 Agustus 2016

inilah yg terjadi jika "FULL DAY SCHOOL" jadi diterapkan

inilah yg terjadi jika "FULL DAY SCHOOL" jadi diterapkan

inilah yg terjadi jika "FULL DAY SCHOOL" jadi diterapkan



Selamat sore jumpa lagi dengan saya setelah sebelumnya membahas tentang anak kali ini saya akan membahas tentang Sistem Full day School yg rencananya akan diterapkan untuk siswa/siswi SD dan SMP,saya akan membahas tentang kemungkinan yg terjadi jika sistem "FULL DAY SCHOOL" jadi diterapkan.sebelumnya kita cek repost duluternyata aman


Quote:
tidak dapat tidur siang
Quote:
Spoiler for #:
inilah yg terjadi jika "FULL DAY SCHOOL" jadi diterapkan

Quote:sudah pasti kalo FDS jadi diterapkan membuat anak anak tidak dapat tidur siang,jika anak kurang tidur siang membuat dirinya menjadi lebih sensitif,kurang berkonsentrasi,gampang teralih perhatiannya.padahal tidur siang sangat bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat.


Quote:
waktu bermainnya terampas

Spoiler for #:
inilah yg terjadi jika "FULL DAY SCHOOL" jadi diterapkan

Quote:yah ini juga waktu bermainnya terampas pelajaran.seharusnya dia bisa bermain dengan hati yg gembira,jika FDS benar benar diterapkan dia akan kehilangan waktu bermainnya,apabila waktu bermainnya hilang membuat dia agak cenderung kaku dan tidak fleksibel.


Quote:
kurang pergaulan
Quote:
Spoiler for #:
inilah yg terjadi jika "FULL DAY SCHOOL" jadi diterapkan

Quote:
kurang pergaulan mungkin ini bisa saja terjadi jika FDS diterapkan sebab sebagian besar harinya dihabiskan di sekolah dan dirumah,
tidak ada waktu untuk bersosialisasi dengan teman teman seumuran yg berada disekitar lingkungannya.


Quote:lebih cepat stress
Quote:
Spoiler for #:
inilah yg terjadi jika "FULL DAY SCHOOL" jadi diterapkan

Quote:ya ini juga bakal terjadi karena hidupnya berjalan terlalu monoton, hidupnya sehari hari dihabiskan disekolah sama dirumah, tanpa ada hal baru yg iya temui selama 9 tahun bersekolah.sangat membosankan sekali cuma bisa menghabiskan waktu disekolah dan dirumah .


Quote:guru yg mengajar lebih kompeten
Quote:
Spoiler for #:
inilah yg terjadi jika "FULL DAY SCHOOL" jadi diterapkan

Quote:tentu saja jika FDS diterapkan membuat guru guru yg mengajar harus lebih kompeten agar para siswa yg diajarnya tidak cepat bosan dengan pelajaran yg diajarkan oleh guru tersebut.

Quote:kenakalan remaja berkurang
Quote:
Spoiler for #:
inilah yg terjadi jika "FULL DAY SCHOOL" jadi diterapkan

Quote:Dengan sistem FDS tersebut kenakalan remaja perlahan akan berkurang,seperti yg terjadi belakangan ini kenakalan remaja sering kali terjadi.ada yg masih sd sudah pandai merokok,mabok mabokan,sudah pandai pacaran .



Quote:Setiap hal yg diterapkan dalam hidup kita pasti memiliki sisi positif dan negatifnya tergantung dari gimana kita menanggapinya


Sepertinya segitu dulu yg dapat saya tuliskan apabila agan agan disini mau menambahkan saya sangat berterima kasih
Sekian thread dari saya semoga bermanfaat



Spoiler for sumber:

sumber pembahasan
isi dari saya sendiri
gambar dari kakek gugel




inilah yg terjadi jika "FULL DAY SCHOOL" jadi diterapkan
inilah yg terjadi jika "FULL DAY SCHOOL" jadi diterapkan


Quote:Original Posted By kruingputih2
Ntuh program belajar apa program cuci otak anak?
Ntuh anak orang, bukan robot kecil.


Quote:Original Posted By kamujahat21
Tinggkat strees bertambah dan rawan bunuh diri namun diimbangi dengan peningkatan kapasitas otak yg akan lebih dari 2 digit yg dipunyai org rata rata sekarang
Gak bakalan ada yg namanya ketik "like laku bagikan"

Atau "saya pengen motor ninja" cuma klik like doang.

Cuma logika idiot itu


Quote:Original Posted By dimazsutik
Kasian bangey kl sampai memaksa pendidikan anak jua, ntr kl rangking yang bangga sapa?

Ehg dunia kerja nda ditanya rangking disekolah na


Quote:Original Posted By naufalfs
Fulldie school. btw ane pas smp di swasta juga fullday tapi ane nikmatin ajah soalnya ya gaya belajarnya emang beda gk kaya di negri yg harus duduk di kursi terus. Terus istrirahatnya juga lama terutama yg istirahat ke 2 (11.30-13.30) terus ada makan siangnya juga jadi gk bakalan stress.


Quote:Original Posted By indra_e00
kalo di sekolah anak ane masuk jam 7.30 pulang jam 1 (kelas 1 SD), tapi jam belajarnya seminggu paling cuma 2-3 jam sehari, sisanya menggambar, dongeng, mengaji, makan siang, sholat dhuha, dll. sampe 3 minggu ini sih, jarang banget ada PR.

Kalo sekolah anak temen ane, pulang jam 3, dan itu ada jam tidur siang nya.

Di sisi lain, kalo full day, wong ortunya aja baru sampe rumah jam 8 malem, kena macet.... gimana mau jemput anak.


Quote:Original Posted By bentanio
Yang jelas gurunya juga ngantuk, ane guru gan yang penting porsinya harus seimbang antara belajar istirahat dan bermain.


Quote:Original Posted By indra.priojeta
Wah...
Gimana ya, jam sekolah Indonesia udah paling lama, ini mau di Full Day School?
Takut aja tambah stress anak-anak.

Kecuali kalau ada jam belajar sama jam bebas (masih di sekolah namun ga masuk kelas atau belajar diluar ruangan dengan permainan, dsb) mungkin beda lagi.

Entahlah..


Quote:Original Posted By alvetamra
Tadinya ane mau komen "lebay ah" tp setelah baca lagi ternyata buat SD-SMP. Well, SD udh fullday....

Ini kebijakan mendikbud yg baru yah? Soalnya perasaan di tempat ane udh 2 tahunan ini kalo gak salah udh dihapus yg namanya sistem fullday.

Tapi kebetulan jg ane pas SMAnya fullday. Senin-Sabtu masuknya, tp fulldaynya cuman sampe Kamis doang, sampe jam 4 sore. Awal2 emang gak enak tp lama2 biasa. Untung temen2 ane pada asik2 semua jd gak krasa kalo udh sampe sore. Malah pas udh lulus ane kangen ama fulldaynya

Tapi ya ini SD loh, masa iya sekolahnya sampe sore gitu. Kasian jg sih sm anaknya nanti


Quote:Original Posted By alva0111
percuma jam belajar banyak kalo kualitas seuprit

oiya ane lupa, disini yg penting banyak, berkualitas apa nggaknya bodo amat

KUANTITAS ADALAH PRIORITAS UTAMA


Quote:Original Posted By wingzero10
sejujurnya menurut ane, sistem FDS akan membuat anak-anak menjadi tidak bahagia. anak-anak seumuran itu sebaiknya tidak menghabiskan waktunya untuk belajar. belajar selama 5-6 jam di sekolah saja itu sudah cukup membosankan menurut ane. apalagi kalo FDS (yang menurut ane bisa sampai 9-10 jam) jadi dilakukan. mau jadi apa generasi Indonesia kalo masa mudanya dihabiskan untuk pendidikan formal. belajar juga bisa dilakukan secara informal toh?


Quote:Original Posted By abah.meyang
full day itu bisa sangat rawan sama anak yg ga betah di sekolah, bisa karena lingkungan sekolah yg ga kondusif, Bully, teman yg ga friendly sama dia, atau guru yg tidak kompeten (gede tegas sama kasarnya doang). Nahh efeknya bisa membuat anak tidak mau sekolah, stress atau bahkan trauma krna faktor di atas. Maka dari itu harus dikaji lagi agar full day ini baik untuk semua pihak terutama pelajar itu sendiri.


Quote:Original Posted By ayumu07
Ane gak setuju ama TS, ini ane sedikit cerita tentang pengalaman ane jadi guru full day school untuk anak SD. Disini ane ngajar kelas 1 SD. Awalnya ane sebelum masuk jadi guru disitu, ane pemikirannya sama kayak TS, kasihan anakanya kapan mainnya, eh ternyata setelah ngajar pertanyaan ane jadi berubah kapan anak belajarnya? Siapa bilang full day school belajar mulu, yg ada di tempat ane maen mulu gan. Anak masuk jam 7.20. Dari jam 7.20-07.30 anak-anak senam dulu n baca doa sebelum masuk kelas. Abis itu jam 7.30-08.30 anak2 ngaji. Setelah itu jam 08.30-09.15 baru belajar MTK. Terus istirahat. Abis itu jam 09.30-10.00 makan snack. jam 10.00-11.30 belajar. Terus istirahat+ganti baju+ sholat+makan siang sampe jam 13.30. Abis itu pelajaran IPA. Jam 14.30 pulang. Bahkan di tempat ane ngajar, ada aturannya gan, dari hari senin-kamis anak gak boleh dikasih PR.Bolehnya hanya hari jum'at krn hari sabtu n minggu libur. Yang ane heranin nih ya gan, ketika waktunya pulang, anak2 pada gak mau pulang, pulang jam 14.30 paling ntar pulangnya jam 16.00 padahal dah dijemput. Ampe ortunya nungguin anaknya main. Bahkan kalau sekolah libur, semuanya pada kompakan ngeluh, bilang gini : "yah, kok libur bu, kenapa gak masuk aja". Ane cuma ketawa aja. lagipula di tempat ane belajarnya sambil bermain. jadi setiap ngasih materi harus ada peraganya. Misalnya ketika pelajaran IPS tentang transportasi, nah anak2 dibawa ke jalan raya langsung mengamati transportasi. terus ketika IPA pelajarannya tentang IPA anak2 dibawa ke halaman sekolah suruh ngamatin tanaman. Matematika juga gitu gan, misalnya tentang bilangan loncat, anak2 disuruh loncat-loncat di lantai yang sudah di kasih bilangan. Itulah pengalaman selama ane ngajar di full day school. Jadi siapa bilang, full day school anak2 kurang waktu bermainnya?? yang ada main mulu. Taroh di pejwan gan


Quote:Original Posted By indra.prastawan
Sebetulnya yg penting bukan full day school yg di aplikasiin. Tapi kualitas guru pengajarnya yg ditingkatin. Semakin bagus kualitas guru (ilmu, IQ, EQ, dll.) semakin menarik pula penyajian pelajaran di sekolah yg bikin anak2 kita semakin penasaran sm yg bakal dipelajari di hari esok. Walaupun sekolah cm 4 jam sehari, klo kualitas pengajar bagus. Ane yakin ilmunya keserap banget sm murid2nya.
Sekolah anak ane swasta, tiap hari ujian. dan materi yg diajarkan jauh melewati sekolah negeri. Tapi sekolah jg santai, dan g perlu full day school jg, yg penting materi dan pengajarnya berbobot. Sisa waktunya bisa buat tidur siang, sosialisasi, bermain, bahkan bisa buat les diluar (bila dibutuhkan).

Pejwan gan... hehehe


Quote:Original Posted By cobaotak
Menurut saya FDS tergantung sikonnya juga, saya melihat aspek teknisnya, kalau Sekolah yg sudah mumpuni (fasilitas komplit, guru kompeten, kondisi keluarga) relatif OK, dan biasanya ini di kota dan sekolah menengah keatas. Lha kalo sekolah didesa... Gatau deh.

Definisi mumpuni (fasilitas komplit, guru kompeten, kondisi keluarga): sekolah menengah keatas punya fasilitas bermain dan belajar yg terawat, kemudian gurunya punya skill dan dibayar sepadan, kondisi keluarga siswa berkecukupan berbanding dengan didesa atau menengah ke bawah (sudah disuruh full day school tp mau jajan saja siswa masih mikir ato sama sekali ga makan dan sekolahan tidak berkemampuan memberikan jaminan kenyang, fasilitas kalau mungkin diberi pemerintah tapi gak punya kemampuan merawat)

Kalo semua mumpuni saya dukung... "catatan: SEMUA MUMPUNI"




Masa sekulah udah lewat, jadi ane aman
bu gulunye cantik gak







kalau gamteng kasih bawah ane aje
Ga ada waktu ngaji gans, pndidikan imtaq jadi terabaikan...
bakalan ribut gan indonesia
Quote:Original Posted By 4zamaru
Ga ada waktu ngaji gans, pndidikan imtaq jadi terabaikan...


benar sekali

tapi kan di sekolah ada pelajaran agama jg gan
wah gak bisa tidur siang ane
kalo disekolah ada tempat maen dan fasilitas lengkap sih gapapa bray


maak ane mejeng di trit HT inilah yg terjadi jika "FULL DAY SCHOOL" jadi diterapkan
makin banyak yg molor ke kantin mah
ga setuju

akhirnya pejwan
Full day school ga tambah pinter yg iye makin banyak yg bolos jadinya wkakaka
Ntuh program belajar apa program cuci otak anak?
Ntuh anak orang, bukan robot kecil.
wah nyang penting ade temen sekelas nyang cantik bre.
Sekola gw dipoon bringin bray

lu tau cepolan gw gemane dah

Ah elah
ane setuju gan
brangkat pagi balik malem
kalo gini caranya ane jadi kangen sama pak anies baswedan
Ini ya usulan mendikbud yang baru

Piye kabare ? enak jamanku toh ? inilah yg terjadi jika "FULL DAY SCHOOL" jadi diterapkan

inilah yg terjadi jika "FULL DAY SCHOOL" jadi diterapkan
kalo di terapin malah banyak efek buruknya moral nya tambah ancur kejiwaannya ga ada kurang kasih sayang ortu jadinya
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar