Pages


Sabtu, 29 Oktober 2016

Keindahan Pemandangan Pantai Tanjung Kelayang.

Keindahan Pemandangan Pantai Tanjung Kelayang.

Imajinasi Anda tentang Bumi Laskar Pelangi pasti selalu mengenai pantai dengan bebatuan granit besar yang berdiri dipermukaan lautnya. Airnya jernih bergradasi biru toscha memperlihatkan terumbukarangnya yang masih sehat. Beberapa destinasi seperti Pulau Lengkuas, Batu Berlayar, Batu Garuda, dan Pulau Kepayang telah menyuguhkan itu dan dapat dirangkum di dalam satu trip Anda.

Akan tetapi sebelum menjelajah kepulau-pulau indah di Belitung menggunakan klotok, Anda harus singgah terlebih dahulu di Pantai Tanjung Kelayang, pantai dimana kapal-kapal ditambatkan menunggu datangnya wisatawan untuk menyeberang kepulau lain. Saat pertama kali menapakkan kaki di sini, bersiaplah dibuat terpukau dengan lansekap Pantai Tanjung Kelayang.


Video Belitung The breathtaking island, Video by Barry Kusuma.
Pantainya membentuk teluk indah yang dipagari pepohonan kelapa dan cemara. Pasirnya luas dan ombaknya pun tidak ganas sehingga Anda harus menyempatkan diri bermain-main di pantai ini sebelum menyebrang kepulau-pulau lain.

Perpres Nomor 79 Tahun 2011 menuliskan bahwa Pelabuhan Tanjung Pandan Belitung ditetapkan sebagai salah satu dari 18 Pelabuhan diseluruh Indonesia yang diberikan kemudahan kepelabuhanan untuk proses keluar dan masuknya kapal wisata. Setiap tahun tepatnya Oktober, Pantai Tanjung Kelayang dijadikan titik labuh kapal yacht yang sedang berlayar dalam kegiatan Sail Indonesia. Beragam event lain juga diselenggarakan di sini seperti lomba menyelam, festival maritim, lomba layang-layang, turnamen voli pantai se-ASEAN, dan masih banyak lagi lainnya.

Keindahan Pemandangan Pantai Tanjung Kelayang.
Gagahnya Batu Garuda terlihat jelas dari pesisir Tanjung Kelayang. Dinamakan demikian karena bentuk bantu tersebut menyerupai kepala seekor burung. Konon pemandangan ini pun memengaruhi nama Tanjung Kelayang, dimana "kelayang" sendiri merupakan nama dari salah satu jenis burung.

Hamparan pasirnya begitu luas membentang 4 km hingga ke Tanjung Tinggi. Pemandangan sisi barat sangat menarik memperlihatkan 3 pulau kecil yang spektakuler saat Matahari terbenam. Tempat terbaik untuk menikmatinya adalah dari puncak bebatuan granit yang terletak di ujung semenanjung. Ada juga yang memilih menyaksikannya dari vila-vila yang terletak sekira 500 meter dari semenanjung.

Transportasi

Bandara H.A.S. Hanandjoeddin di Tanjung Pandan merupakan pintu masuk wisatawan yang penasaran pada kecantikan Laskar Pelangi. Kota-kota yang dihubungkan antara lain Jakarta dan Surabaya, dengan maskapai penerbangan Citilink, Sriwijaya Air dan Garuda Indonesia. Sementara Pulau Bangka dihubungkan dengan Wings Air.

Keindahan Pemandangan Pantai Tanjung Kelayang.
Dari Bandara terdapat taksi yang bisa Anda gunakan keliling Belitung dengan ongkos minimum Rp85 ribu. Street Taxi merupakan taksi pertama sekaligus satu-satunya di Belitung saat ini. Alternatif lain adalah menyewa mobil seharga Rp500 ribu per hari, pilihan sewa motor juga disediakan.

Di pantai ini, Anda bisa menemukan awak-awak klotok yang akan menawarkan turhopping island kebeberapa pulau kecil. Tarifnya mulai dari Rp300 ribu dengan tambahan tarif lain untuk sewa alat snorkeling. Ada pun destinasi-destinasi yang ditawarkan berikut ini.

Pulau Lengkuas
Di pulau ini masih berdiri tegak mercusuar yang dibangun pada 1882 saat pemerintahan colonial Belanda. Wisatawan dapat naik keatas menara dan melihat keseluruhan panorama pulau dari sudut yang sempurna. Sekitaran Pulau Lengkuas adalah tempat terbaik untuk snorkeling, sepotong roti yang Anda lempar kelaut akan membuat mereka naik kepermukaan dan memperebutkannya.

Keindahan Pemandangan Pantai Tanjung Kelayang.

Sekitar 0,5 mil laut dari barat Pulau Lengkuas terdapat kapal Indomarine yang tenggelam pada 1990. Jika menyelam dengan kedalaman 19 meter maka Anda akan menemukan bangkai kapal yang telah ditumbuhi karang dan dijadikan tempat tinggal berbagai jenis ikan.

Pulau Batu Berlayar
Sebuah pulau kecil yang istimewa karena terdiri dari beberapa batu granit besar yang tersusun rapi. Di tengah kumpulan batu terdapat pasir putih sehingga Anda bisa menginjakkan kaki di sana.

Pulau Kepayang
Salah satu pulau yang berada di Desa Tanjung Binga. Dapat dicapai dari Pantai Tanjung Kelayang sekira 15 menit. Pulau Kepayang biasa dijadikan tempat peristirahatan makan siang oleh wisatawan.

Keindahan Pemandangan Pantai Tanjung Kelayang.

Pulau Pasir
Hanya merupakan hamparan pasir yang tidak memiliki pohon dan batu-batu. Apabila laut sedang surut, Anda akan menemukan bintang-bintang laut yang terhampar.

Batu Garuda
Berlayar dari Tanjung Kelayang tak lengkap rasanya jika tak mengunjungi Batu Garuda. Pulau ini tidak terlalu besar namun banyak ditumbuhi pepohonan. Ini menjadi tempat favorit bagi wisatawan untuk mengabadikan momen.

Keindahan Pemandangan Pantai Tanjung Kelayang.
Belitung bukanlah dataran tinggi yang cocok ditanami oleh kopi namun uniknya Anda akan direkomendasikan menyicipi kopi Belitung karena pengolahannya yang sangat khas. Bubuk kopi tidak dituangkan kesatu per satu gelas, melainkan diaduk di dalam gelas besar lalu dituangkan kebeberapa gelas sekaligus. Menurut para penjual, cara ini bisa mengurangi ampas kopi.

Belitung memang tidak pernah habis untuk diexplore, berkali kali datang kesini tidak pernah bosan. tertarik untuk ke pantai ini gan?

Quote:How To Get There

Destinasi Pantai Tanjung Kelayang di Bangka Belitung ini tidak hanya pemandangan, agan bisa mengexplore lebih banyak lagi budaya dan kuliner yang ada di tempat ini. buat agan yang ingin berpergian dengan keluarga, teman atau backpackeran. silahkan baca info lengkapnya tentang akomodasi yang ada di Pulau ini di Link Tanjung Kelayang Belitung

Keindahan Pemandangan Pantai Tanjung Kelayang.



Video Belitung The breathtaking island, Video by Barry Kusuma.

Photography oleh Barry Kusuma (Travel Photographer).
www.alambudaya.com (Travel and Photography, Travel Journey from Barry Kusuma.)
http://instagram.com/barrykusuma (Inspiring Photos through the Lens)
https://www.facebook.com/barrykusumapage/ (Barry Kusuma Facebook Fan page)
https://www.youtube.com/barrykusuma (Barry Kusuma Youtube Channel, Video dari Sabang sampai Merauke.)
www.barrykusuma.com (Gallery Foto, dari Sabang sampai Merauke)
https://plus.google.com/+BarryKusuma/ (Google Plus Social Network).
Follow my Twitter for Free Travel Tips @BarryKusuma
reserved for update dari agan2..
belitung mmg menyimpan byk keindahan. ngiler lihat nya

ajib bener ganz
Sadis viewnya eh..
Wow indah banget bry
Diagendakan nih kalo ada dana
Mudah mudahan bisa menikmati pemandangan yang asoy hehehe
Aje gile viewnya bagus juga
Kalo ada duit mudah2an bisa kesono
waaaoooww sangar
ga ada abis nya bahas keindahan indo
gila keren banget dah
Subhanallah, Indonesia Indah Banget....


mau kesana.. gan...
Ente udah kemana aja gan? Ane jadi pingin liburan sambil ngabadiin moment indah Indonesia
Sumpah keren bgt disitu gan pantai + batuan vulkanik nya nambah keindahan pesona pantai nya
pokok nya mangstablahh buat belitung
Dari dulu pingin deh ke pantai yg airnya jernih bnget, warna biru, pasir putih yg luas dan bersih, soalnya pantai di tempat ane pasirnya kotor, airnya butek
Keren euy, asik nih om bk muter terussss
jadi pengen kesana
sekali lagi ah
keren
Indah di foto
Kesananya biasa aja
Apalagi tg kelayang
Kotor :
mntap gan
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar