Pages


Jumat, 28 Oktober 2016

Siberia: Fakta dan Tujuh Keajaibannya

Thread Siberia ini ane buat karena sebelumnya ada yang request, jadi kalo ada yang mau request juga tinggal Quote ane ya gan.

Siberia: Fakta dan Tujuh Keajaibannya
ribttes.com


Sudah tak asing kan dengan Siberian Husky, anjing berwajah lucu yang banyak dipelihara oleh banyak orang?
Dari namanya, kamu sudah pasti bisa menebak kan bahwa anjing jenis ini asalnya dari Siberia.
Spoiler for Siberian Husky:
Siberia: Fakta dan Tujuh Keajaibannya
Induk Siberian Husky dan bayinya yang lucu thehappypuppysite.com

Nah, sekarang, tahukah kamu dimana Siberia itu?

Percaya atau tidak, masih saja ada sebagian orang yang menganggap bahwa Siberia itu adalah sebuah negara atau juga negara bagian (state). Padahal, faktanya Siberia itu adalah wilayah luas yang berada di Rusia, bukan merupakan sebuah negara merdeka atau bahkan negara bagian (state) dari Rusia.

Karena itu, di bawah ini ada beberapa fakta lainnya untuk diketahui dari Siberia. Semoga, untuk kalian yang belum tahu, menjadi tahu ya.


Wilayah Siberia mencakup 77% dari luas Rusia
Spoiler for :

Siberia: Fakta dan Tujuh Keajaibannya
Peta Rusia, Siberia ditunjukkan dengan bagian yang berwarna merah tua – wikipedia.org

Siberia, yang berarti “tanah tidur,” merupakan wilayah luas yang termasuk dalam negara Rusia, membentang dari Pegunungan Ural ke Samudra Pasifik. Wilayah barat daya Siberia terentang hingga ke Mongolia dan China hingga menyentuh perbatasan bagian utara Kazakhstan.


Luasnya lebih dari 50 kali luas Inggris
Spoiler for :

Siberia: Fakta dan Tujuh Keajaibannya
siberiantimes.com

Namun jumlah penduduknya hanya sekitar setengah dari jumlah penduduk Inggris, dan kepadatan penduduknya kurang dari 3 orang per kilometer persegi.


Yakutsk di Siberia dianggap sebagai kota terdingin di bumi
Spoiler for :

Siberia: Fakta dan Tujuh Keajaibannya
Sebuah pasar di Yakutsk – thetimes.co.uk

Rata-rata suhu pada bulan Januari di kota ini adalah sekitar -40°C!


Harimau Siberia adalah anggota terbesar dari keluarga kucing
Spoiler for :

Siberia: Fakta dan Tujuh Keajaibannya
animals.nationalgeographic.com

Malangnya, hanya sekitar 500 ekor yang tetap bertahan di alam liar.


Terkenal akan Gulag-nya
Spoiler for :

Siberia: Fakta dan Tujuh Keajaibannya
gulaghistory.org

Siberia terkenal karena gulag atau kamp kerja paksa yang pertama kali didirikan pada tahun 1917 tetapi tidak secara resmi diakui sampai tahun 1930.

Banyak di antara gulag berlokasi di daerah terpencil Rusia, kadang-kadang sangat dekat dengan Lingkaran Arktik, di mana kondisi iklim terlalu keras bagi kebanyakan orang.

Gulag tidak hanya digunakan sebagai tempat buangan para penjahat, tetapi juga tahanan politik. Pada tahun 1939, ada lebih dari 1,5 juta tahanan di kamp-kamp gulag Siberia.

Orang-orang yang telah selesai menjalani hukuman tidak diizinkan menetap kembali di kota-kota besar, sehingga memicu kemunculan kota-kota di sekitar gulag.


Lalu, tahukah kamu apa yang akan terjadi jika Siberia menjadi negara yang merdeka dari Rusia?
Spoiler for :

Siberia: Fakta dan Tujuh Keajaibannya
geocurrents.info

Jika Siberia merdeka, maka ia akan menjadi negara terbesar di dunia, bukan Rusia lagi!


Sementara itu, berikut ini adalah 7 keajaiban atau tempat-tempat paling mengagumkan di Siberia:


1. Danau Baikal, danau air tawar terdalam di dunia
Spoiler for :

Siberia: Fakta dan Tujuh Keajaibannya
Danau Baikal ketika musim dingin – 56thparallel.com

Lokasi: Wilayah Irkutsk

Bentuknya memanjang ke dalam seperti pisang, dengan kedalaman 1.637 meter dan panjang 636 kilometer. Dengan kedalaman seperti ini, maka danau Baikal adalah danau terdalam dan tertua di dunia. Danau ini juga menjadi wadah dari seperlima jumlah air tawar di dunia yang belum tercemar, serta 80% cadangan air tawar di Rusia. Air dari danau ini bahkan bisa diminum langsung tanpa penyaringan!

Kita bisa melihat betapa dalamnya danau ini dari warna biru danau yang begitu gelap. Pada musim dingin seluruh air di Danau Baikal berubah menjadi es. Pemandangan Danau Baikal tertutup es ini telah menarik banyak orang untuk melihatnya.

Siberia: Fakta dan Tujuh Keajaibannya
Danau Baikal yang membeku pada musim dingin – Matthieu Paley via Imgur

Saat ini, Danau Baikal merupakan situs warisan dunia yang terletak di selatan Siberia di Rusia, antara Oblast Irkutsk di barat laut dan Buryatia di tenggara, dekat kota Irkutsk. Nama ini berasal dari kata Tatar “Bai-Kul” – “danau kaya”


2. Pegunungan Altai dan bentang alam liarnya yang indah
Spoiler for :

Siberia: Fakta dan Tujuh Keajaibannya
Pegunungan Altai – remotelands.com

Lokasi: Wilayah Altai, Republik Altai

Wilayah Altai sangat kaya dengan bentang alam yang beraneka ragam dan masih asli. Sekitar 1.500 buah gletser tersebar di Katunskiy, Akkemskiy, dan Mensu, yang total luasnya mencapai 920 km². Puncak-puncak gunung beserta lereng-lereng rendah dan kaki bukit, serta lembah pegunungan yang dalam seperti lembah Bertek dan lembah Dzhulukul memberikan panorama yang khas dari kawasan ini.

Siberia: Fakta dan Tujuh Keajaibannya
Panorama Altai – e-perpustakaan.com

Fungsi dari kawasan ini adalah habitat yang sangat penting bagi lebih dari 2000 spesies keanekaragaman hayati, serta spesies flora dan fauna yang terancam punah, seperti Leopard salju. Pegunungan Altai juga dinilai memiliki kumpulan zona vegetasi paling lengkap di dataran Siberia Tengah. Mulai dari padang stepa, hutan padang stepa, hutan campuran, vegetasi sub-Alpen, hingga vegetasi Alpen.

Selain alam yang masih sangat asli, di sini kita akan mendapatkan hampir semua sensasi petualang “alam liar”: petualangan outdoor, arung jeram, tour menunggang kuda dan wisata rekreasi lainnya.


3. Gurun Chara, gurun pasir di tengah pegunungan salju
Spoiler for :

Siberia: Fakta dan Tujuh Keajaibannya
Gurun Chara – amusingplanet.com

Lokasi: Wilayah Zabaykalie (kadang disebut juga Trans-Baikal)

Kamu yang penasaran dengan gurun ini bisa datang di kawasan Trans-Baikal, Pegunungan Siberia, sekitar 40 km dari Gunung Kodar. Daerah ini terkenal sangat dingin dengan deretan pegunungan putih berselimut salju. Tapi di bawah kaki pegunungan ini ada gurun pasir yang dinamakan Chara Sands atau Gurun Pasir Chara.

Umumnya mereka yang datang ke sana adalah para pendaki yang penasaran dengan fenomena alam ajaib ini. Gurun pasir ini membentang sepanjang sungai es di dasar pegunungan. Keberadaan gurun pasir ini diduga terbentuk sekitar 50-100 tahun lalu hasil dari pengikisan daratan berbentuk segitiga yang ada di depan Gunung Sakukan. Gurun ini bisa menghilang alias tertutup salju selama musim dingin.

Siberia: Fakta dan Tujuh Keajaibannya
Gurun Chara yang ditutupi salju – amusingplanet.com

Namun salju ini tidak akan bertahan lama karena setelah musim dingin lewat kawasan ini akan berubah menjadi gurun pasir kembali.


4. Taman Nasional Ergaki
Spoiler for :

Siberia: Fakta dan Tujuh Keajaibannya
Taman Nasional Ergaki – youtube.com

Lokasi: Wilayah Krasnoyarsk, Pegunungan Sayan Barat

Taman nasional ini terletak di wilayah Gunung Ergaki. Taman ini kerap dikunjungi oleh turis dari berbagai wilayah: dari penduduk di dekat Desa Shushenskoye hingga dari Republik Ceko, Novosibirsk, dan Moskow. Wilayah pegunungan dan hutan taiga Ergaki juga merupakan salah satu tempat tercantik di Siberia. Baik keluarga maupun anak muda, hingga pemanjat gunung profesional dapat menikmati kunjungan ke Ergaki, mengagumi air terjun yang mengesankan, makan blueberry dan bilberry, membuat api unggun dari pinus, berenang di danau es, dan memanjat gunung untuk mengagumi pemandangan Sayan yang megah dan taiga yang tumbuh subur.


5. Kawah Putorana
Spoiler for :

Siberia: Fakta dan Tujuh Keajaibannya
Kawah Putorana – remotelands.com

Lokasi: Wilayah Krasnoyarsk

Kawah Putorana terletak jauh di utara dan masuk dalam daftar Warisan Dunia UNESCO. Kawah ini merupakan pegunungan raksasa yang cocok untuk menjadi lokasi syuting film fantasi. Putorana memiliki sejumlah lembah dan ngarai, namun wilayah ini dikenal sebagai ‘tanah dengan sepuluh ribu danau dan seribu air terjun’. Tak ada tempat lain di Rusia yang memiliki air terjun sebanyak Kawah Putorana. Anda juga akan menemukan Danau Vivi di sini, yang dikenal sebagai pusat geografi Rusia. Saat mengunjungi Putorana, Anda akan merasa seperti bangun tidur di planet asing.

Siberia: Fakta dan Tujuh Keajaibannya
Pemandangan di sekitar Danau Vivi – twitter.com



6. Tomsk
Spoiler for :

Siberia: Fakta dan Tujuh Keajaibannya
Kantor administrasi Tomsk – wikipedia.org

Lokasi: Wilayah Tomsk

Banyak kota berarsitektur kayu yang masih bertahan di Siberia, namun di Tomsk kita bisa menemukan esensi istimewa kota kuno dan kesederhanaannya. Tomsk memiliki banyak hal untuk ditawarkan: Mansion Shiskov, sekolah tertua di Siberia — Universitas Negeri Tomsk,”House with the Firebirds” yang tersohor, dan yang paling terkenal adalah kusen jendela bermotif khas. Tomsk menyajikan karya agung arsitektur kayu Rusia, contoh Barok Siberia, serta Art Nouveau. Jika Anda berkunjung ke kota ini, jangan lupa cicipi blini (panekuk) dan pelmeni (pangsit) terbaik di Siberia, serta jangan heran akan kehadiran atmosfer penuh semangat anak muda karena seperlima penduduk di kota ini adalah pelajar.

Siberia: Fakta dan Tujuh Keajaibannya
Arsitektur kayu di Tomsk – russiatrek.org



7. Jalur Kereta Trans-Siberia, jalur kereta api terpanjang di dunia
Spoiler for :

Siberia: Fakta dan Tujuh Keajaibannya
Trans-Siberian Railway – travelsandliving.com

Lokasi: Moskow – Vladivostok

Dulu, nama Jalur Kereta Trans-Siberia yang legendaris ini adalah ‘Rute Raksasa Siberia’ dan jalur kereta ini selalu dikaitkan dengan Siberia. Jalur kereta Trans-Siberia atau Trans-Siberian railway ini adalah jalur kereta api terpanjang di dunia. Tak tanggung-tanggung, dengan jarak 9.288 kilometer kamu akan melintasi ratusan kota-kota besar, maupun kecil. Juga, melalui tujuh zona waktu yang berbeda. Karena sungguh, perjalanan bukan hanya sekedar menemukan destinasi. Tapi, menikmati setiap langkahnya.

Siberia: Fakta dan Tujuh Keajaibannya
Pemandangan alam yang dilewati saat perjalanan menggunakan Trans-Siberian railway – alterra.cc



Semoga bermanfaat ya, kalo ada yang perlu diralat, Quote aja ya gan

Baca juga: Santos Express Train Lodge: Kereta Api yang Diubah Menjadi Hotel
Sumber: http://adventuretravel.co.id/siberia...-keajaibannya/


ilmu baru nih..
husky nya keren
biasa di tempat dingin kalo di bawa ke sini stress gak ya?
buset, -40°C.
buka warkop laku nih ...
Ane kalo di situ pasti kedinginan bray.. Gak kebayang dah saat harus mandi junub di suhu -40
Danau Baikal keren
pemandangannya keren bgt yak
cuma emang suhu nya ga nahan
nah yang ini bukan teori tapi fakta
Quote:Original Posted By piscerian
husky nya keren
biasa di tempat dingin kalo di bawa ke sini stress gak ya?


nah ntu dia yang jadi pertanyaan ane selama ini gan
Baru tahu jalur kereta api terpanjang di dunia itu Trans-Siberian Railway
ngeri amat itu, tempatnya keren2 bet dah
Wuih Siberia
jadi keinget game CNC
utet dingin bgt kli ntu ya ane nginep di bogor aja pas ldks udah kyk tidur di kulkas
wuiih keren
Emang ga diragukan lagi dah viewnya Rusia.
jdi pengen tinggal disna
ademmmm nyessss liat mulus2nya
Keren yah namanya tuh krupsikuri, karpskripskrup, prikskraps
suhunya dingin banget disini kalo g slah


gembok dulu
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar