Pages


Minggu, 09 Oktober 2016

KOPI DAN PERBEDAAN ESPRESSO, LATTE, MOCHA, CAPPUCCINO

Quote:Quote:
KOPI DAN PERBEDAAN ESPRESSO, LATTE, MOCHA, CAPPUCCINO
KOPI DAN PERBEDAAN ESPRESSO, LATTE, MOCHA, CAPPUCCINO

Alhamdulillah Tidak Repost
Spoiler for tidak repost:

KOPI DAN PERBEDAAN ESPRESSO, LATTE, MOCHA, CAPPUCCINO


Alhamdulillah Hot Thread
Spoiler for hot thread:

KOPI DAN PERBEDAAN ESPRESSO, LATTE, MOCHA, CAPPUCCINO
Ternyata Nggak Masuk Hot Thread


Sebelum ane mengawali trid ini,
ada yang belum pernah ngopi gan?
paling2 ngopi paste doang ya?

KOPI DAN PERBEDAAN ESPRESSO, LATTE, MOCHA, CAPPUCCINO

menurut sumber ini: http://id.wikipedia.org/wiki/Kopi
Kopi adalah sejenis minuman yang berasal dari proses pengolahan dan ekstraksi biji tanaman kopi yang dikeringkan kemudian dihaluskan menjadi bubuk.

Kata kopi sendiri awalnya berasal dari bahasa Arab: قهوة‎ qahwah yang berarti kekuatan, karena pada awalnya kopi digunakan sebagai makanan berenergi tinggi. Kata qahwah kembali mengalami perubahan menjadi kahveh yang berasal dari bahasa Turki dan kemudian berubah lagi menjadi koffie dalam bahasa Belanda. Penggunaan kata koffie segera diserap ke dalam bahasa Indonesia menjadi kata kopi yang dikenal saat ini.

Kalo secara umum, terdapat dua jenis biji kopi, yaitu arabika (kualitas terbaik) dan robusta.

KOPI DAN PERBEDAAN ESPRESSO, LATTE, MOCHA, CAPPUCCINO

Sejarah mencatat bahwa penemuan kopi sebagai minuman berkhasiat dan berenergi pertama kali ditemukan oleh Bangsa Etiopia di benua Afrika sekitar 3000 tahun (1000 SM) yang lalu. Kopi kemudian terus berkembang hingga saat ini menjadi salah satu minuman paling populer di dunia yang dikonsumsi oleh berbagai kalangan masyarakat.[butuh rujukan] Indonesia sendiri telah mampu memproduksi lebih dari 400 ribu ton kopi per tahunnya. Di samping rasa dan aromanya yang menarik, kopi juga dapat menurunkan risiko terkena penyakit kanker, diabetes, batu empedu, dan berbagai penyakit jantung (kardiovaskuler).

Sejarah penemuan kopi telah dimulai ribuan tahun lalu. Berikut sejarahnya secara singkat:
  • 1000 SM: Saudagar Arab membawa masuk biji kopi ke daerah Timur Tengah dan membudidayakannya untuk pertama kalinya dalam sejarah.
  • 1453: Ottoman Turki memperkenalkan minuman kopi di Konstantinopel. Di sana dibuka kedai kopi pertama di dunia bernama Kiva Han pada tahun 1475.
  • 1511: Kopi dianggap minuman yang suci oleh Sultan Mekah sebagai tindak lanjut dari aksi Khait Beg yang ingin melarang peredaran kopi.
  • 1600: Paus Clement VIII mengizinkan umat Kristiani untuk meminum kopi setelah timbul berbagai perdebatan karena minuman ini berasal dari imperium Ottoman.Pada tahun yang sama, minuman kopi masuk ke Italia.[9]
  • 1607: Kapten John Smith memperkenalkan minuman kopi di Amerika Utara saat bertugas untuk menemukan koloni Virginia di Jamestown.
  • 1645: Kedai kopi pertama di Italia dibuka.
  • 1652: Kedai kopi pertama di Inggris dibuka dan segera menjamur ke berbagai pelosok di setiap daerah.
  • 1668: Bir tergantikan oleh kopi sebagai minuman terfavorit di New York.
  • 1672: Kedai kopi pertama di Paris dibuka.
  • 1675: Franz Georg Kolschitzky menemukan biji kopi dan mengklaimnya sebagai hadiahnya saat terjadi perang di Viena. Setelah itu, ia membuka kedai kopi di Eropa Tengah dan menjual minuman kopi yang telah disaring, diberi pemanis, dan susu.
  • 1690: Bangsa Belanda mulai mendistribusikan dan membudidayakan biji kopi secara komersial di Ceylon dan Jawa.
  • 1714: Gabriel Mathieu do Clieu berhasil mencuri biji kopi dari suguhan bangsawan Belanda kepada Raja Perancis Louis XIV dan menanamnya di Martinik yang merupakan sumber dari 90% jenis tanaman kopi di dunia saat ini.
  • 1721: Kedai kopi pertama di Berlin dibuka.
  • 1727: Era industri kopi di Brasil dimulai dan hal ini dipelopori oleh Letnan Kolonel Francisco de Melo Palheta.
  • 1775: Sang Frederick dari Prusia memblok semua import kopi hijau yang kemudian dengan segera dikecam oleh masyarakatnya.
  • 1900: Perusahaan Hill Bros. mengomersialkan minuman kopi kalengan.
  • 1901: Satori Kato berhasil memproduksi minuman kopi cepat saji.
  • 1903: Ludwig Roselius, seorang keturunan German berhasil memisahkan kafein dari biji kopi dan menjual produknya dengan nama Sanka di Amerika Serikat.
  • 1920: Penjualan kopi di Amerika Serikat meningkat tajam.
  • 1938: Perusahaan Nestle mengkomersilkan produk kopinya yang bernama Nescafe di Swiss.
  • 1946: Achilles Gaggia berhasil membuat kopi mokacino untuk pertama kalinya.

Quote:KOPI DAN PERBEDAAN ESPRESSO, LATTE, MOCHA, CAPPUCCINO
Kafe Royal, salah satu kedai kopi pertama di London.

KOPI DAN PERBEDAAN ESPRESSO, LATTE, MOCHA, CAPPUCCINO
Quote:Biji Kopi Arabika
KOPI DAN PERBEDAAN ESPRESSO, LATTE, MOCHA, CAPPUCCINO
Kopi arabika merupakan tipe kopi tradisional dengan cita rasa terbaik. Sebagian besar kopi yang ada dibuat dengan menggunakan biji kopi jenis ini. Kopi ini berasal dari Etiopia dan sekarang telah dibudidayakan di berbagai belahan dunia, mulai dari Amerika Latin, Afrika Tengah, Afrika Timur, India, dan Indonesia. Secara umum, kopi ini tumbuh di negara-negara beriklim tropis atau subtropis. Kopi arabika tumbuh pada ketinggian 600-2000 m di atas permukaan laut.[butuh rujukan] Tanaman ini dapat tumbuh hingga 3 meter bila kondisi lingkungannya baik. Suhu tumbuh optimalnya adalah 18-26 oC. Biji kopi yang dihasilkan berukuran cukup kecil dan berwarna hijau hingga merah gelap.

Quote:Biji Kopi Robusta
KOPI DAN PERBEDAAN ESPRESSO, LATTE, MOCHA, CAPPUCCINO
Kopi robusta pertama kali ditemukan di Kongo pada tahun 1898. Kopi robusta dapat dikatakan sebagai kopi kelas 2, karena rasanya yang lebih pahit, sedikit asam, dan mengandung kafein dalam kadar yang jauh lebih banyak. Selain itu, cakupan daerah tumbuh kopi robusta lebih luas daripada kopi arabika yang harus ditumbuhkan pada ketinggian tertentu. Kopi robusta dapat ditumbuhkan dengan ketinggian 800 m di atas permuakaan laut. Selain itu, kopi jenis ini lebih resisten terhadap serangan hama dan penyakit. Hal ini menjadikan kopi robusta lebih murah. Kopi robusta banyak ditumbuhkan di Afrika Barat, Afrika Tengah, Asia Tenggara, dan Amerika Selatan.

Quote:Kopi Luwak
KOPI DAN PERBEDAAN ESPRESSO, LATTE, MOCHA, CAPPUCCINO
Jenis kopi yang lain merupakan turunan atau subvarietas dari kopi arabika dan robusta. Biasanya disetiap daerah penghasil kopi memiliki keunikannya masing-masing dan menjadikannya sebagai suatu subvarietas. Salah satu jenis kopi lain yang terkenal adalah kopi luwak asli Indonesia.

Kopi luwak merupakan kopi dengan harga jual tertinggi di dunia. Proses terbentuknya dan rasanya yang sangat unik menjadi alasan utama tingginya harga jual kopi jenis ini. Pada dasarnya, kopi ini merupakan kopi jenis arabika. Biji kopi ini kemudian dimakan oleh luwak atau sejenis musang. Akan tetapi, tidak semua bagian biji kopi ini dapat dicerna oleh hewan ini. Bagian dalam biji ini kemudian akan keluar bersama kotorannya. Karena telah bertahan lama di dalam saluran pencernaan luwak, biji kopi ini telah mengalami fermentasi singkat oleh bakteri alami di dalam perutnya yang memberikan cita rasa tambahan yang unik.


KOPI DAN PERBEDAAN ESPRESSO, LATTE, MOCHA, CAPPUCCINO
Berikut perbedaan Espresso, Latte, Mocha dan Cappuccino.
Quote:ESPRESSO
Espresso merupakan kopi hitam yang kental dengan rasa yang kuat. Espresso asli biasanya diminum tanpa campuran pemanis ataupun susu, dan disajikan dalam gelas kecil yang disebut dengan shot.

KOPI DAN PERBEDAAN ESPRESSO, LATTE, MOCHA, CAPPUCCINO

Quote:LATTE
Istilah Latte pertama kali populer di Amerika Utara. Di Eropa, latte lebih cenderung dianggap sesuatu yang diperuntukkan bagi anak-anak anda atau peminum kopi yang masih muda.

KOPI DAN PERBEDAAN ESPRESSO, LATTE, MOCHA, CAPPUCCINO

Banyak orang yang bingung membedakan latte dengan cappuccino. Latte adalah espresso dalam kombinasi dengan susu yang dihangatkan dengan uap air (semacam dikukus). Café latte adalah campuran antara espresso dan susu cair dengan perbandingan 1:2. Jadi 1/3 bagiannya adalah kopi, sedangkan 2/3 bagiannya adalah susu cair. Jika dibandingkan dengan cappuccino, café latte ini lebih ringan rasa kopinya, karena lebih banyak mengandung susu (kopi-indonesia.com). Tapi menurut mas Saladine yang ikut berkontribusi lewat kolom komentar, padanan latte yang lebih tepat adalah 2/6 espresso, 3/6 susu, dan 1/6 foam / busa susu.

Jika anda menambahkan cokelat ke dalam minuman tersebut maka akan menjadi mocha.

Quote:MOCHA
Sebagian orang menyebut mocha sebagai kopi coklat atau kopi dan coklat. Cokelat yang dicampur dalam minuman ini juga dapat bervariasi. Beberapa mocha menggunakan coklat sirup sementara yang lain menggunakan coklat bubuk. Cokelat yang digunakan pun dapat berupa cokelat putih atau cokelat yang hitam. Mereka hanya berbeda karena jenis cokelat yang digunakan. Kadang-kadang minuman mocha atasnya disemprot dengan whipped cream. Perlu diketahui juga bahwa informasi ini sangat subjektif, proporsi bisa bervariasi dan setiap barrista mempunyai resep masing-masing untuk mengubah hidangan mereka agar sesuai dengan selera pelanggan lokal.

KOPI DAN PERBEDAAN ESPRESSO, LATTE, MOCHA, CAPPUCCINO

Mocha adalah salah satu varietas kopi tertua di dunia dan merupakan salah satu jenis kopi pertama yang dipasarkan dan dinikmati oleh orang Eropa. Menggunakan resep dasar yaitu coklat dan kopi, berbagai jenis minuman mocha telah muncul dalam beberapa tahun terakhir. Istilah ‘moccaccino’ atau ‘mochacino’ juga digunakan di beberapa tempat di AS. Minuman mocha saat ini dapat disajikan dalam minuman dingin maupun panas yang tersedia dan dikemas di sebagian besar supermarket.

Quote:CAPPUCCINO
Cappuccino adalah sajian kopi khas Italia yang biasanya diminum pagi hari. Cappuccino terdiri dari espresso, susu cair dan busa susu di atasnya. Busa susu ini bentuknya menyerupai cap/topi sehingga disebut Cappuccino (kopi-indonesia.com)

KOPI DAN PERBEDAAN ESPRESSO, LATTE, MOCHA, CAPPUCCINO

Minuman ini sering disalahartikan dengan latte, tapi pada dasarnya mereka adalah dua minuman yang amat berbeda. Umumnya cappuccino dibuat dalam sepertiga proporsi. Ini berarti cappucino yang tepat adalah sepertiga espresso, sepertiga susu yang dikukus, dan sepertiga busa susu.


Untuk lebih jelas mengenai perbedaannya, ane kasih ilustrasi dibawah ini.
KOPI DAN PERBEDAAN ESPRESSO, LATTE, MOCHA, CAPPUCCINO

Sekian trid dari ane,
kurang lebihnya mohon maaf,
jika lebih mohon dicendol,
jika kurang mohon dirate,
jika pas-pasan mohon dikomen.
komentar paling menarik dalam 1hari, akan ane cendol

Saya ucapkan terima kasih sama sumber dibawah ini
WORDPRESS WIKIPEDIA

KOPI DAN PERBEDAAN ESPRESSO, LATTE, MOCHA, CAPPUCCINO
ora usah pertamax2-an
jadi espreso itu 100% kopi tanpa campuran.
latte itu 1/3 kopi.
capucino 2/3 kopi.

gitukan penjelasan yg mudah nya??
sepi amat ni trit...... tapi nice info gan paling ga nambah laaa ilmu ane
ane paling suka sama kapucino,,
ane suka cappuccino kak
sebentar gua pikir dulu,,,
ane kopi susu aja deh
pdhl bru minum jus mangga, liat trit ini jd lgsg pengen Ngopi
ada satu lagi klo gak salah jenis kopi macchiato

Ane kurang suka kopi gan
Quote:Original Posted By jkx
ane kopi susu aja deh

ane susu nya aja deh
mantep infonya gans
ane ga begitu suka kopi yang berat, lebih cocok latte aromanya di pagi hari bikin semangat
lebih suka latte gan
favorit ane
espresso + brown sugar
biasa sih kopi susu aja tuh yg ane minum
kalo coolin itu apa gan?
Ane paling doyan kopi paste gan
bisa nambah pengetahuan tentang kopi
meski ane kagak ngopi
Quote:Original Posted By kenshinken
bisa nambah pengetahuan tentang kopi
meski ane kagak ngopi


makasih masukannya, udah ane update
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar