Pages


Selasa, 17 November 2015

Pekerjaan Sampingan yang Biasa Dilakukan Mahasiswa!


Quote:Quote:WELCOME TO MY THREAD
Quote:Ini trit pertama ane gan jadi kalau ada kurang mohon dimaklumi,rate 5 kalau berkenan gan

Quote:
Spoiler for Anti-Repost Gan:


Quote:
Spoiler for HT PERTAMA ANE TERIMAKASIH KASKUS:

Quote:MOHON DIBANTU TS MENERIMA TS MENOLAK
Quote:

Quote:Sebagai mahasiswa Indonesia yang rajin menabung dan sayang orang tua,agan pernah tidak berpikiran untuk mencari pekerjaan sambilan? Apalagi mahasiswa yang kuliah diluar negeri,tidak jarang mereka mencari pekerjaan sambilan untuk memenuhi kebutuhan disana tanpa membebani orangtua lagi,karena kita sendiri pasti tahu betapa mahal biaya kuliah di luar negeri. Tapi sungguh sulit bekerja sambil belajar,terlebih yang jadwal kuliahnya padat semaput,maka dari itu mahasiswa pasti mencari pekerjaan sampingan yang tidak begitu mengganggu kegiatan belajar mereka. Apa saja pekerjaan sampingan yang biasa dilakukan mahasiswa? Simak yuk gan!

Quote:
Spoiler for Pelayan Restoran:


Nah yang ini sudah pasti ga asing bagi agan,sering banget mahasiswa melamar kerja jadi pelayan restoran. Apa agan tipe mahasiswa yang murah senyum dan ramah? Apa agan tipe yang cekatan dan mau mendengarkan apa yang pemesan mau dengan baik? Ini pekerjaan sampingan yang cocok buat agan! Tugas agan adalah mencatat pesanan,menyambut customers lalu membawa makanan dan minuman ke meja.


Quote:
Spoiler for Online Business:


Lagi nge-trend nih gan pekerjaan sambilan berikut ini,saking mudahnya akses ke dunia online,banyak banget mahasiswa buka lapak atau jualan di jejaringan sosial,tinggal punya hape maka agan tidak perlu keluar modal sewa tempat,media sosial yang dimanfaatkan bisnis online seperti : Instagram,Twitter dan Facebook. Tidak kalah juga website jual-beli seperti Tok*pedia,L*zada dan tentu kesayangan kita semua : KASKUS FJB


Quote:
Spoiler for Asisten Dosen:


Buat agan yang mempunyai kelebihan di bidang akademis atau mata kuliah agan,pekerjaan satu ini patut dicoba.Caranya? Jadi anak kesayangan dosen tentu saja,tunjukkan kemampuan di mata kuliah dosen itu,lalu kalau agan sudah semester sekian bisa deh melamar jadi asisten dosen agan.


Quote:
Spoiler for Les Privat:


Agan malas disuruh-suruh oleh dosen agan? Lebih memilih untuk mengajar dengan mandiri? Boleh nih gan jadi guru les private. Biasanya mahasiswa buka les private untuk anak SMA,SMP dan SD. Agan tentu yang sudah mahasiswa sudah pernah belajar pelajaran SMA dan dibawahnya,jadi pasti agan bisa mengajar pelajaran mereka dengan baik. Guru private tentu harus rajin,pintar dan sabar dalam menghadapi murid mereka.


Quote:
Spoiler for Photographer:


Agan punya hasrat dalam fotografi? Punya kamera cuma buat selfie? Sayang gan kalau ga jadi fotografer. Mahasiswa sekarang pasti ga asing dong dengan berbagai jenis kamera yang sekarang lagi nge-tren. Daripada di pajang di leher dan buat foto-foto pemandangan yang akhirnya cuma disimpan saja,lebih baik agan jadikan pekerjaan sambilan. Banyak kok mahasiswa yang melamar jadi fotografer dan siapa tau bisa jadi pekerjaan tetap.


Quote:
Spoiler for Jasa Printer:


Bagi beberapa mahasiswa yang sewa kost,kadang kita mendapat titipan mesin printer dari orangtua tersayang untuk mempermudah mahasiswa untuk print tugas dan lain sebagainya. Tapi banyak mahasiswa yang tidak diberi titipan tersebut,nah pasti mahasiswa yang punya printer ini bisa diandalkan dalam print tugas mahasiswa lain. Nah kalau agan mahasiswa yang punya printer,kenapa tidak buka saja jasa print untuk dijadikan pekerjaan sampingan untuk menghasilkan uang?


Quote:
Spoiler for Tukang Cuci Mobil:


Ini favorit pribadi saya gan,karena saya sendiri memilih pekerjaan sampingan ini sebagai mahasiswa,selain ga mengganggu jadwal kuliah,pekerjaan ini juga tidak sulit. Asal agan cekatan dan bersih,uang tips sudah pasti menunggu agan. Agan boleh mandiin mobil orang,tapi jangan lupa mandi sendiri juga ya!


UPDATE

Quote:
Spoiler for Jasa Ketik:


Buat agan yang rajin dan merasa banyak waktu luang,bisa buka jasa ketik buat mereka yang tugasnya padat,biar sekalian membantu sesama mahasiswa. Yang mencari pasti banyak gan karena saya sendiri pun kadang butuh bantuan mengerjakan tugas,makanya agan coba buka bisnis ini. Dari hal kecil ini agan bisa sekalian melatih diri agan dalam ketahanan mengerjakan tugas yang nantinya pasti berguna saat agan mungkin sudah bekerja di kantor.


Quote:
Spoiler for Jualan Pulsa:


Pernah ga sih agan melihat teman mahasiswa agan tengah-tengah malam ngeluh dia kehabisan pulsa? Atau temen agan yang males banget keluar kost-an beli pulsa? Nah boleh gan ini dicoba,banyak pasti temen agan yang beli pulsa sama agan karena gaperlu repot-repot pergi ke toko pulsa lagi.


Quote:
Spoiler for Jaga Warnet:


Pernah ga sih agan lihat anak muda seumuran agan jaga warnet? coba tanya-tanya,siapa tahu dia mahasiswa juga. Termasuk pekerjaan yang pasti agan demen karena selain dapet gaji,dapet internet gratis juga gan. Siapatahu juga agan dapet temen main game online juga dari sana.


Quote:
Spoiler for Share dari agan":
Quote:Original Posted By Dewagim


Singkatnya

awalnya ane modal Pentium 1 warisan bokap
ane belajar bongkar pasang sampe lumayan rapih
sering bolak-balik toko PC bwt upgrade tu PC jadul

pas udah lumayan ngerti, sering disuruh bantuin benerin punya tmn
lama-lama klo mereka mau beli PC, nanya2 nya ke ane

tmn nubie yang deket, suka nitip duit buat dibeli-in PC, spek sama budget ane yg sesuaikan,
disini ane mulai ambil untung sekitar 50rb-an (jasa instal OS, Game, software, dsb)
bruntung dulu PC belum se-lazim sekarang, banyak tmn yg senang ane oprekin PC-nya, nyebar dari mulut2 ke mulut
akhirnya ane bisa buka toko PC kecil2lan

Klo sekarang Sosmed dah menjamur, info apa2, sekian detik bisa kita dapet
jual apa2 cepet, dah ada lapaknya. Nyari distributor ga sesusah dulu
satu-dua broadcast udah bisa menjangkau ratusan orang
sayang banget kan klo cuma buat Narsis atw share HOAX
CMIIW

Quote:Original Posted By flavia99
haha, aku dulu semasa kuliah sempat merasakan jadi waitress di cafe nya om ku =D
lumayan untuk uang jajan


Quote:Original Posted By lebah.ganteng
kalo ane karna ane mahasiswa jurusan IT jadinya ane sering jadi Joki Koding
banyak temen2 yg minta ane dibikinin web dan program (terlepas dari jenis web nya apa) dengan bayaran seikhlasnya aja alias harga temen...
biasanya pd ngasih antara 50K sampe 300K per projek, atau dibayarin makan di Kantek lumayan gratis.....

Ane suka heran ajaa banyak yg punya laptop yg spec nya setinggi langit tapi kg dimanfaatin sepenuhnya....
Ane aja modal lepi pentium spec rendahan aja terus semangat 45.....
Apa emang karna kebanyakan anak2 muda sekarang terlalu dimanja yaa....? Gk bisa survive dibawah tekanan ekstra....? Hedonis....? Mahasiswa Kupu2....?

Enaknya sih ada pemasukan, tapi gk enaknyaaa....?
Tugas numpukkk bener daaah untung dosen anee bisa ngertiin kondisi ane
Laptop jd sangat nge lag dan overheat.....
Jarang makan, jarang tidur karna nyicil tugas yg numpuk tersebut.....

Tapi Alhamdulillah bagian enaknya walau pemasukan ane mungkin belum seberapa yg penting bisa bayar kuliah dan nabung DP buat laptop baru....

Salam GANTENG


Quote:Original Posted By .pita.
Ane pas kuliah nyambi jadi radio announcer, secara suara ane merdu gitu



Ada satu pelajaran yang ane dapet:

"Seorang penyiar harus bisa acting. No matter hard is your ploblem, you must keep your smiling voice"


Quote:Original Posted By Polinolin
dulu ane jualan kaos kecil2 an gan a.k.a punya clothing line sendiri
beli desain dari freelancer lepas baru naik cetak di garmen yg ketemu d kaskus jg.
setahun sampe satu setengah tahun lumayan juga gan, balik modal + keuntungan buat naik cetak
eh semester 4-5 udh mulai sibuk2nya, mulai dah clothing line ane ga stabil lagi mulai dr marketing sampe soal hitung2an..
bangkrut dah gan..
semester 6 sampe skrg ane jadi pekerja lepas buat aplikasi pemograman web gan
lumayan bisa bantu bantu gak membebani orangtua. itu mah yang penting


Quote:Original Posted By gasuka.kucing
wah berhubung ane jurusan sastra korea, ane suka kerja sambilan jadi penerjemah gaaaan, mau yang lisan atau tulisan.

Kalo yg lisan itu biasanya jd penerjemah di pameran2 pendidikan atau jadi penerjemah di kegiatan sosial yg diadain sama orang korea.

Kalo yg tulisan biasanya nerjemahin novel atau komik. Lumayan loh gan bayarannya, waktu ane nerjemahin novel, per-karakter termasuk spasi itu dihargain Rp 10,- nahhhhh hitung aja kalo ada 200 halaman

Selain jd penerjemah gitu biasanya ane jg ngajar privat, ke orang Indonesia yg mau belajar bahasa Korea atau orang Korea yg mau belajar bahasa Indonesia. Per-jamnya bisa Rp 100.000 sampe Rp 150.000


Quote:Original Posted By fathiaaaa
Ikutah share ah ,
kalo ane dulu kuliah di kampus khusus karyawan yang mulai dari jam 5 an..awal awal semester sampe semester 2 mash susah2nya anak sma pake kerudung buat kerja yang kaya agan jabarin ya kecuali jilbabnya buka tutup,mau gawe di pbrik kalo ada kenalan kaga bisa masuk .akhrnya karna bingung mau ngapain,ane bntu jualan gorengan nyokap di bwa ke kampus.secra nyokap dagang gorengan dirumah juga..dan bwa nya mash panas alias fresh from di penggorengan..dmi punya hp nokia jaman itu ane muka tebel aja neriakin jg mangglin temen,ade tingkat,kaka tingkat jg dosen buat beli dan ga pernah ga habis..kebeli pulalah hp jadul yang diidamkan.tp semenjak semester 3 ane ga dagang lg.karna kantin kampus meniru semua yang ku jual..dan beralh ke organisasi kampus ..
tp aku tetap mensyukuri sgala proses dari kampus..
Ga kebyang jadi orang mcam apa kalo dulu ga hdp susah jd orang smbg mungkin hehe..pampang page one lah gan..


Quote:Original Posted By Codiac
Sekedar share aja,

ane lulusan D3 dari College sydney australia (Sekarang umur 20, ane dilepas ke Australia sendirian pada umur 18 Tahun dengan bermodalkan 10jt Rupiah, yeah roughly $1000 AUD)
Diploma yang berlangsung 2 tahun disana (ga 2 tahun sih... ane lulus pas 1 taun 10 bulan kuliah disana, dan sisanya kerja sampe visa habis)
ane ambil jurusan Business management, which is pretty common for Indonesian or any other countries that came to Australia (Generic Class, LOL)

Pekerjaan sampingan bisa dibilang lumayan... karna gw disana kalo ga kerja = ga makan...
bermodalkan prinsip "Jangan ngerepotin orang tua", dan "Kalo ga kerja = ga makan / ga jajan / ga shopping "


Gw kerja di Kedai Bikin Sandwich, ramah disapa "SUBWAY", ini adalah pengalaman pertama gw kerja dibidang "Customer Service" bertitle "Sandwich Artist" ... Training disana cukup keras karena pada jam makan siang (12:00 - 14:00) is the peak hour of ordering food, dimana konsistensi, kecepatan, dan ketepatan itu adalah nomor satu.. orderan udah ga karuan... dan gw dibayar gaji $17 / Hour

Selain kerja di SUBWAY, gw juga kerja di Restoran Lebanese (Double Job) Franchise ramah disapa "Al Aseel, Lebanese Cuisine" sebagai Waitress, this is the best job i could ever imagine, bos nya baik (orang portugal), karyawannya cooperative dan ga banyak cingcong kalo kerja alias profesional, dan makanannya.... TOP RATED.. cocok sama lidah indonesia "

Berikut adalah Jadwal Neraka gw selama 8 bulan terakhir sebelum gw pulang kampung ke Bekasi yang terkadang bikin gw trauma sekaligus rindu

Senin : 06:00 - 16:00 (SUBWAY) > 17:00 - 21:00 (College)
Selasa : 08:00 - 15:00 (AL ASEEL) > 17:00 - 21:00 (College)
Rabu : 06:00 - 14:00 (SUBWAY) > 17:00 - 21:00 (College)
Kamis : 14:00 - 23:30 (SUBWAY)
Jumat : 08:00 - 15:00 (AL ASEEL)
Sabtu : DAY OFF (Kerjain Tugas College yg numpuk selama 3 hari... 1 hari dikasi 1 tugas / Assesment)
Minggu : 09:00 - 17:00 (SUBWAY)


dan juga sedikit perincian pembiayaan pokok hidup yang mesti gw bayar hitung perbulan (Kalo disana hitungnya setiap 3 bulan, karena gw convert ke indo jadinya gw itung bulanan aja biar gampang)

Rent / Kos2an : $480 AUD / Month
Listrik : $25 AUD / Month
Air : $20 AUD / Month
Makan : Approximate between $150- $400 / Month (Tergantung gw ngidamnya makanan murah / mahal)
Uang Sekolah : $545 / Month

Total sekitar : $1.320 AUD = Rp. 13.200.000,- / Bulan


Agak keras dikit emang dan jadwal diatas gw lakukan RUTIN selama 8 bulan terakhir gw tinggal disana (cukup membosankan dan membuat stress.. karena gw orangnya kurang suka rutinitas (acakadul), dan surprisingly gw bertahan sampai gw lulus kuliah dan menikmati visa gw yang tinggal 2 bulan..

Sekedar info singkat, gw bersyukur gw lahir dikeluarga yang "punya lebih" tapi gw berusaha ga minta apapun ke orang tua selama 2 tahun itu, orang tua sempet dateng ke Ausie buat jenguk sekaligus liburan, mereka sempet mau ngasih "uang tambahan/saku" .. gw jawab "Simpan aja mah duitnya, kalau perlu banget nnti aku baru minta, tapi sekarang aku ga perlu2 amat kok, mending dipakai untuk liburan disini aja" jujur sih, gw rada nyesel sedikit.. sedikit yee.. ga trima itu duit tambahan haahaha... tp syukurlah gw bisa bawa duit yang lumayan ke indo buat tabung..

Terkadang gw berfikir, lebih baik kehilangan masa muda daripada kehilangan masa depan, Banyak pengalaman itu ga merugikan sama sekali, pengalaman itu ga ada harganya cuy ga bisa di beli... carilah ilmu sebanyak-banyaknya... biar bisa pensiun muda gitu ..
sorry quotenya agak aneh, gw ngaku kok gw sendiri orangnya aneh hahahhahaa

Jadi buat agan2 yang punya niat untuk sekolah luar negeri.. ini sedikit pengalaman dari saya ... semoga menghibur / membantu agan2 sekalian ... CHEERS MATE !




Quote:Gimana gan? Pekerjaan sampingan mana yang agan pilih sebagai mahasiswa? Semoga daftar yang saya buat bisa jadi referensi.Mungkin ada pekerjaan sampingan yang tidak ada di daftas diatas?
Boleh saja agan share dibawah,Terimakasih gan sudah menyimak!






PERTAMAX DIAMANKAN
Ngerjain tugas kuliah temen kampus juga bisa tuh gan, misalnya bantu senior ngerjain skripsi/tugas akhirnya
jualan pulsa keknya juga termasuk
Jual plus plus gan
bantu aja gan lagi butuh sampingan juga nih
jadi op warnet ga dimasukin gan ?
keja di toko gan.. banyak mahasiswa yang pada kerja di toko...

don't try this at home >> ada yang cari tambahan dari cara tarohan kenalan sama cewek dulu waktu kuliah, bisa makan gratis di kantin 3 hari
Quote:Original Posted By kamujahat21
Jual plus plus gan


plus plus nya gimana gan?
awak ini contohnya lae
kuliah sambil jaga lapo
Boleh jadiin referensi nih... kebetulan ane juga pengen ada kerja sampingan
Salut buat mahasiswa yang masih bisa nyari pekerjaan sampingan,,dulu ane kaga sempat nyari sampingan,,fokus kuliah mulu
jualan voucher gan sampingan jg tuh
haha, aku dulu semasa kuliah sempat merasakan jadi waitress di cafe nya om ku =D
lumayan untuk uang jajan
Quote:Original Posted By kakaknya.bodat
awak ini contohnya lae
kuliah sambil jaga lapo


pasti suka makan daging biang ya?
Asistensi pertamax ane bayar 3k per sesi dah lumayan tuh
dulu gak kepikiran kerja sampingan padahal kuliah sore
Kalo di luar negri cleaning service plg umum gan
Quote:Original Posted By hidnesss
Ngerjain tugas kuliah temen kampus juga bisa tuh gan, misalnya bantu senior ngerjain skripsi/tugas akhirnya

wah emang lumayan tuh gan kalo seniornya baik dikasih duit lebihan,ane pernah soalnya

jasa ketik gan masukin, lumayan temen banyak langganan
pejwan digembok !
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar