Pages


Rabu, 28 Oktober 2015

Game-game dengan Playable Area Terluas dan Perbandingannya dengan Dunia Nyata

Welcome to My Thread


Quote:Dunia game memang berbeda dengan dunia nyata, meskipun terkadang terlihat mirip. Namun apa jadinya jika dunia game diukur skalanya sesuai dengan nyata. Kebayang ga gan game mana yang dunianya paling besar? Berikut adalah 10 game dengan dunia/medan/area terluas beserta ukurannya, Terlepas dari pro-kontra yang ada :

Quote:10. True Crime : Street of LA (2003)

Spoiler for map & grafis:

Spoiler for op:
Game open-world buatan Luxoflux ini memang terlihat mirip / terinspirasi dari game GTA . Namun bedanya disini agan bermain sebagai polisi (kalau di GTA gangster) yang melakukan penyelidikan tentang pemboman berantai di Chinatown dimana berkaitan dengan hilangnya ayahnya 20 tahun sebelumnya. Dengan bersetting tempat di Los Angles dimana agan2 dapat mengunjungi Baverly Hills ataupun Santa Monica di game ini. Dan jika diukur dengan skala sesungguhnya besar ukuran dunianya adalah 240 mili kuadrat atau 620 km kuadrat,sedikit lebih kecil dari pulau batam dan singapura (276-277 mili kuadrat)


Quote:9. Just Cause 2 (2010)

Spoiler for map & grafis:

Spoiler for op:
Dibuat pada tahun 2010 oleh Avalanche Studio game ini langsung mendapat reaksi positif dari para penggemar game open world action-adventure. Game yang bercerita tentang sang tokoh utama (protagonist) Rico Rodriguez yang bertujuan untuk menggulingkan seorang dictator jahat, Pandak “Baby” Panay dan mengalahkan mantan mentornya ,Tom Sheldon . Bersetting di sebuah pulau fiksi bernama Panau, sebuah pulau dystopian yang berada di daerah Asia Tenggara, denganluas 400 mili kuadrat atau sekitar 1000 km kuadrat atau sekitar 1/4 nya pulau madura (1.640 mili kuadrat). Dalam game sebelumnya/ prequelnya yaitu Just Cause dimana mengambil setting di pulau Caribbean juga memiliki luas yang tidak terlalu jauh dari sequelnya yaitu sebesar 396 mili kuadrat.


Quote:8. Asheron’s Calls (1999)

Spoiler for map & grafis:



Spoiler for op:
Game buatan Turbine Entertainment ini. Diklaim sebagai game MMORG terbesar ketiga dalam dunia video game. Tanpa loading zoneyang ada pada game online RPG pada umumnya, agan dapat jalan-jalan ke seluruh area dengan luas sekitar 500 mili kuadrat atau 1295 km kuadrat (atau sedikit lebih kecil luas kota Sorong, Papua Barat (1.105 km kuadrat) tanpa terganggu loading. Meski sudah lebih dari 15 tahun game ini masih online hingga saat ini namun pada maret 2014 lalu Tubine mengumumkan patch konten terakhir dan setelah itu game tetap ada maintenance dan bug fixes tetapi tidak sering/terbatas.


Quote:7. Test Drive Unlimited (2006)

Spoiler for map & grafis:



Spoiler for op:
Game yang bergenre open world- arcade style- racing game (singkatnya mirip NFS atau Gran Turismo) ini memiliki fitur unggulan dimana agan dapat memainkan 125 mobil sport dan motor berlisensi (NFS most wanted aja gak nyampe 100 mobil ). Dengan vitual rending (dibuat dengan bantuan real time satelit image), agan dapat menikmati lokasi/medan balapan pada game ini yang hampir sama dengan lokasi aslinya yaitu O’ahu, Kepulauan Hawaii dengan luas sekitar 618 mili kuadrat atau sekitar 1600 km kuadrat. Uniknya agan dapat kepulau2 kecil diluar pulau utama dan bahkan bisa nyelam/ mengemudi dibawah laut (dengan bantuan glich atau mod tentunya).


Quote:6. Fuel (2009)

Spoiler for map & grafis:

Spoiler for op:
Video game open world racing buatan Asobo Studio ini memiliki setting di dunia post-apocalyptic (pasca bencana). Salah satu tantangan pada game ini adalah cuaca ekstirm yang akan agan hadapi seperti tornado dan badai pasir baik di siang maupun malam hari. Pada tahun 2009 game ini masuk Guinnes World Records sebagai “game konsol dengan playable area terluas”. Dengan luas sekitar 5.560 mili kuadrat atau 14.400 km kuadrat atau sedikit lebih besar dari luas provinsi Sulawesi Utara (13.931).


Quote:5. Guild Wars Nightfall (2006)

Spoiler for map & grafis:

Spoiler for op:
Guild Wars Nightfall merupakan seri ke tiga dari game Guild Wars yang dikembangkan oleh AreaNet Studio, salah satu cabang dari NCsoft corporation. Game yang bergenre Action RPG fantasi ini memiliki gameplay yang sama dengan seri sebelumnya (Guild Wars Prophecy), dimana menggunakan sistem PvE (Player vs Environment) dan PvP (Player vs Player). Namun diseri ini , storyline nya lebih fokus ke PvE. Dengan setting tempat di benua Elona (Guild Wars Universe), dimana tempat/lokasi pada gamenya seperti pantai, pegunungan dan kota-kotanya bernuansa Afrika dan Arab. Dan dengan luas 15.000 mili kuadrat atau 38.850 km kuadrat dimana luasnya hampir sama dengan 7x nya pulau Bali (2.232 mili kuadrat).


Quote:4. World War II Online (2001)

Spoiler for map & grafis:


Spoiler for op:
Seperti namanya, game ini bersetting di perang dunia ke 2 di eropa pada tahun 1940-1943. Dengan konsep virtual battlefield, sebuah gabungan simulasi perang senjata. Pemain dapat mengkomando atau menjadi crew dari pasukan udara dengan (model pesawat tempur yang umum dipakai saat WW II) , pasukan darat (dengan tank, atau kendaraan darat lainnya), angaktan laut ataupun menjadi bagian dari pasukan infanteri. Medan pada game ini berskala setengah dari Eropa Barat yang memilikiluas sekitar 20.077 mili kuadrat atau 52.000 km kuadrat (sedikit lebih kecil dari luas provinsi Jambi (53.500)) berdasarkan resolusi data satelit, jadi medan yang ada pada game hampir seperti keadaan aslinya. Game ini juga dikatakan sebagai game pertama yang bergenre MMOFPS.


Quote:3. Lord of The Ring Online (2007)

Spoiler for map & grafis:

Spoiler for op:
Satu lagi game buatan Turbine Entertainment yang mungkin merupakan game MMORPG paling popular dengan map terluas yaitu sekitar 30.000 mili kuadrat atau sekitar 77.700 km kuadrat. Sesuai namanya game ini berdasarkan film (atau buku) LOTR dan juga The Hobbit, baik ras seperti Dwarf, Elf, Beorning, Manusia ataupun Hobbit yang dapat agan mainkan. Serta tempat-tempatnya hampir sama seperti filmnya , seperti Eriador, Gondor dan Rhovanion. Namun ada beberapa tempat di map dibuku yang hilang/tidak ada di map gamenya, serta banyak perdebatan tentang ukuran pastinya game ini. Tapi jika benar luasnya setara/ mendekati dengan luas negara Seribia (77.400 km kuadrat)


Quote:2. The Elder Scrolls : Daggerfall (1996)

Spoiler for map & grafis:


Spoiler for op:
Game yang merupakan seri kedua dari The Elder Scroll Series buatan Basthseda ini memang jauh kalah pamor dari Skyrim (seri ke 5). Namun jika kita bandingkan luas peta keduanya, Skyrim kalah jauh dari suksesornya. Batshesda mengklaim bahwa ukuran/ luas area pada Daggerfall setara dengan Great Britain (Britania Raya)yang luasnya sekitar 88.745 mili kuadrat/ 229.949 km kuadrat, namun skala asli dari petanya sebesar 62.294 mili kuadrat /161.600 km kuadrat atau lebih dari 4x nya Skyrim (14.3 mili kuadrat). Dan dengan fitur lebih dari 15.000 kota, desa dan dungeon yang bisa dijelajahi, ditambah 750.000 NPC yang agan dapat lawan atau sekedar ngobrol aja.(Skyrim aja lama tamatnya apalagi yg 4x lipatnya )


Quote:1. Minecraft (for PC) (2011)

Spoiler for map & grafis:

Spoiler for op:
Salah satu indie game yang sangat popular saat ini , yang memiliki konsep kreatifitas dan membangun/ membuat konstruksi dari kubus dalam dunia 3D procedurally generated (intinya setiap kali agan jalan jauh pasti akan ada yang beda kalau balik ke tempat sebelumnya, belum paham tanya mbah google). Selain itu di game ini juga pemain dapat menjelajah, mengumpulkan sumber daya, Crafting, bertarung, dll. Game ini awalnya dibuat oleh seorang programmer asal Swedia Markus “Notch” Persson dan lalu dikembang dan dipublish oleh perusahaan Swedia, Mojang. Sebenarnya Minecraft diperkirakan tak memiliki ujung atau infinite, namun berdasarkan penjelasan dari si pembuat game, Persson bahwa medan pada game akan selalu bergenerasi semakin jauh agan main, ketika agan save dan save lagi game akan ngerender lagi blok2 nya. Singkatnya sih gitu (panjang penjelasannya broh, di Footnotes wiki ada penjelasan lengkapnya). Jadi berdasarkan hal tersebut ada beberapa teori yang inti nya menjelaskan bahwa luas Minecraft diperkirakan lebih dari 7x nya bumi (510.000.000 km2).Click disini untuk hitungannya (Beware : Yang ga suka matematika jangan dibuka)


Tambahan :
Quote:1. No Man’s Sky (upcoming/ 31 Desember 2016?)

Spoiler for map & grafis:
salah satu petanya (saking banyaknya tertutup kabut wkwk)

Spoiler for op:
Game yang bertemakan galaxy adventure survival ini dibuat dan dipublish oleh Hallo Games, indie studio asal Inggris. Di game ini pemain dapat menjelajahi sekitar 18 quintillion (18 nol dibelakang angka 18) planet beserta flora dan fauna yang berbeda disetiap planetnya .Dan diperkirakan butuh 5 juta tahunbuat ngelengkapin data setiap planetnya. Sebenarnya No Man’s Sky ini gak memiliki ujung dan selalu beregrenasi/diperbarui jadi Cuma sekilas info dan makanya gak masuk list.


Quote:Honorable Mention :
The Witcher 3 : 136 km kuadrat
GTA San Andreas : 36 km kuadrat
GTA V : 81 km kuadrat
Red Dead Redemption : 41 km kuadrat
Far Cry 4 : 46 km kuadrat
TES : Oblivion : 56,97 km kuadrat

Sebenarnya skala yang diketahui terkadang kurang akurat dan sumbernya pun kadang belum pasti, tapi balik lagi ke awal, list ini terlepas dari pro-kontra ukuran aslinya


Sumur
Spoiler for sumber:
http://gamingbolt.com/ten-largest-worlds-in-video-games/3
http://overmental.com/content/the-10...f-all-time-218
http://www.hexapolis.com/2014/11/05/...ms-map-size/2/
Wiki (sesuai judul gamenya)



Mampir juga ke Thread ane yang lain
Quote:Potret Artis Dunia menggunakan Emoji
Studio Animasi Paling Unik dan Berpengaruh Sepanjang Masa
25 Bekas Lokasi Syuting Film-Film Hollywoord yang Terbengkalai namun Bisa Dikunjungi
10 Benda Termahal dalam Dunia Perlelangan
Benda-benda Langka dan Artefak dari Sejarah Ilmu Pengetahuan Ini Dilelang Gan!!!
Joe Girard, Selsman Terhebat di Dunia


Pesan Ts
Spoiler for open:



Aku ga doyan men Game, doyannya men Cabe2an
saya suka game di event2 ditemani wanita cantik dikarenakan saya tampan
Quote:Original Posted By fiendprincess

Aku ga doyan men Game, doyannya men Cabe2an


Quote:Original Posted By bagobo
saya suka game di event2 ditemani wanita cantik dikarenakan saya tampan

Hadeh
GTA 5 katanya luas tuh.
semua GTA kayaknya luas
klo the crew ga masuk gan ?
minecraft gede ugha ya ternyatah
Quote:Original Posted By bagobo
saya suka game di event2 ditemani wanita cantik dikarenakan saya tampan


playboy the mansion ?
elder scrolls online gak masuk? world of warcraft juga ngga?
wow nice info gan gile2 gamenya
gamer sejati
luas juga ya, GTA V ga termasuk ?
paling demen yg test drive.keknya masih byk yg blm masuk
perfect world gak termasuk gan ? ,
ane muterin map itu game gak kelar2 gan hahah
mantep2 tuh gamenya
btw si TS udah pernah cobain semua gamenya belon? Atau show off artikel doang?
Minecraft menurut ane paling gede sih gan. Secara game kesukaan ane sih
skyrim luas gak sih?

sepi amat nih trit
Woow minecraft paling luas
waw daggerfall 4x dari Skyrim...
btw elder scroll online ga masuk nih ?
Minecraft berasa tampa ujung -_-
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar