Pages


Jumat, 03 Juni 2016

Jika Bukan Jakarta, Kota - Kota Inilah Yang Pantas Menjadi Ibukota Indonesia

Jika Bukan Jakarta, Kota - Kota Inilah Yang Pantas Menjadi Ibukota Indonesia

Spoiler for jangan dibuka gak penting:
HT PERTAMA ANE GAN makasih buat mimin/omod (om momod) dan officer yang udah meangkat menjadi ht dan makasih buat kaskuser yang udah memeriahkan trit ini



Quote: WELCOME SAUDARA SAUDARA SEKALIAN YANG BERBAIK HATINYA


Spoiler for "cek repsol":
kagak adelah



Quote:Kota pengganti Ibu Kota Jakarta, ya Jakarta yang sudah terlalu padat dan sumpek belum lagi dengan masalah kota yang dihadapi jakarta seperti kemacetan parah serta banjir dan sebagainya, membuat para petinggi memunculkan ide untuk memindahkan saja Ibu Kota negara ini, karena memang sudah sangat menyita waktu produktivitas jika berurusan di Jakarta.

Lumpuhnya Jakarta akibat banjir membuat wacana pemindahan Ibu Kota kembali mencuat. Pemikiran untuk memindahkan Ibu Kota dari Jakarta memang bukan hal baru. Sejak era Presiden Soekarno wacana ini sudah di gulirkan. Soekarno sendiri mengusulkan Ibu Kota sebaiknya di pindah ke Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

Presiden berganti, rezim berubah dan wacana pemindahan Ibu Kota pun timbul tenggelam. Namun kini semakin banyak suara yang kembali mewacanakan pemindahan Ibu Kota. Jakarta dianggap tidak sanggup lagi menopang beban berat. Berikut kota yang pernah diusulkan sebagai pengganti Ibu Kota Jakarta:



Quote:Palangka Raya

Jika Bukan Jakarta, Kota - Kota Inilah Yang Pantas Menjadi Ibukota Indonesia

Presiden pertama Republik Indonesia, Ir Soekarno pernah menyampaikan gagasan tentang pemindahan Ibu Kota Republik Indonesia ke Palangka Raya sekitar tahun 1950-an. Wacana pemindahan itu muncul saat Soekarno meresmikan Palangka Raya sebagai Ibu Kota Kalimantan Tengah (Kalteng) pada 1957.

Kota ini dibangun pada tahun 1957 (UU Darurat No 10/1957 tentang Pembentukan Daerah Swatantra Tingkat I Kalimantan Tengah) dari hutan belantara yang dibuka melalui Desa Pahandut di tepi Sungai Kahayan. Palangka Raya memiliki luas 2.678,51 Km persegi dan jauh lebih luas dari Jakarta, yang luasnya hanya 661,52 Km persegi itu.

Soekarno memilih Palangka Raya karena secara geografis posisi kota ini tepat berada di tengah Indonesia. Selain itu, Palangka Raya juga tidak berada pada daerah tektonik, sehingga kondisi ini relatif aman dari bencana alam gempa bumi, banjir dan tanah longsor. Namun hingga kini hal itu belum terwujud .


Quote:Jonggol

Jika Bukan Jakarta, Kota - Kota Inilah Yang Pantas Menjadi Ibukota Indonesia

Pada era Presiden Soeharto, Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor pernah diwacanakan sebagai lokasi alternatif Ibu Kota. Ratusan hektar lahan di kawasan ini pernah dibebaskan oleh sejumlah pengembang. Salah satunya PT Bukit Jonggol Asri (BJA) yang saham mayoritasnya milik Bambang Trihatmodjo, putra mantan Presiden Soeharto.

Perusahaan itu mengalokasikan lahan sedikitnya 30 ribu Ha yang terbentang dari Kecamatan Citeureup sampai Kabupaten Cianjur. Sekitar 24 desa di tiga kecamatan yang masuk wilayah Kabupaten Bogor dan Kabupaten Cianjur akan disulap menjadi kota metropolitan.

Namun entah kenapa rencana itu terhenti, ribuan hektar tanah yang bakal dibebaskan itu kini menjadi hutan ilalang dan Kecamatan Jonggol masih menjadi satu dari 40 kecamatan di Kabupaten Bogor yang tergolong sebagai daerah tertinggal .


Quote:Purwokerto

Jika Bukan Jakarta, Kota - Kota Inilah Yang Pantas Menjadi Ibukota Indonesia

Di era Presiden SBY, rencana pemindahan Ibu Kota juga pernah dikaji. SBY bahkan telah menimbang-nimbang kota mana yang pada akhirnya nanti cocok dijadikan Ibu Kota Negara. Salah satu yang pernah mengemuka adalah Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Staf Khusus Presiden Bidang Otonomi Daerah, Velix Wanggai dalam sebuah diskusi di medio Desember 2010 pernah menyebut alasan mengapa Purwokerto dilirik jadi pengganti Jakarta. Purwokerto yang dinilai cukup bagus dari segi infrastruktur.

Ditambah lagi dengan kondisi iklimnya yang cukup nyaman. Bahkan kawasan Baturaden diusulkan menjadi kantor presiden. "Di Purwokerto bisa dibangun bandara dan dekat akses pelabuhan di Cilacap," ujarnya.


Quote:Lampung

Jika Bukan Jakarta, Kota - Kota Inilah Yang Pantas Menjadi Ibukota Indonesia

Provinsi Lampung juga pernah disebut-sebut akan dijadikan Ibu kota pengganti Jakarta. Lampung bahkan disebut memiliki potensi untuk menjadi calon Ibu Kota khusus untuk pusat pemerintahan Indonesia, Jakarta.

Secara demografi, Lampung lebih baik dibandingkan Palangkaraya Kalimantan Tengah, Jonggol, Jawa Barat maupun Banten. Namun hingga kini kabar ini pun hanya sebatas wacana. Wacana ini pun kemudian kandas .


Quote:Karawang

Jika Bukan Jakarta, Kota - Kota Inilah Yang Pantas Menjadi Ibukota Indonesia

Rencana pemindahan Ibu Kota juga menghampiri Kota Karawang. Kota yang terkenal dengan berasnya ini masuk nominasi calon pengganti Jakarta. Wacana pemindahan Ibu Kota ke karawang sempat menguat pada tahun 2010. Bupati Karawang saat itu Dadang S Muchtar menyambut baik usulan itu.

Karawang pun dinilai siap menjadi Ibu Kota. "Saya pikir kalau dipindahkan ke Karawang merupakan langkah yang tepat sebagai penghargaan terhadap Kota Pangkal Perjuangan," kata Dadang S Muchtar kala itu.

Menurut Dadang, pihaknya akan mempersiapkan diri semaksimal mungkin jika kemudian pilihan pemindahan Ibu Kota negara dan pusat pemerintahan yang kini diwacanakan itu benar-benar terjadi. "Pasti kami persiapkan dan kami sanggup," kata Dadang.


Quote:Palembang

Jika Bukan Jakarta, Kota - Kota Inilah Yang Pantas Menjadi Ibukota Indonesia

Sejumlah sejarawan, pekerja budaya, dan aktivis di Palembang pernah melemparkan isu pemindahan Ibu Kota Indonesia ke Palembang. Kondisi Jakarta sudah tidak layak lagi untuk menjadi sebuah Ibu Kota. Ada tiga alasan pemindahan Ibu Kota di Palembang.

Pertama, Palembang merupakan kota salah satu tertua di Indonesia, sehingga memiliki sejarah kuat dengan perkembangan sejarah Nusantara, sebab pernah menjadi pusat pemerintahan Kerajaan Sriwijaya dan titik awal penyebaran ajaran Islam dari Tiongkok yang dibawa Cheng Ho.

Kedua, berdasarkan sejarah Palembang merupakan wilayah yang paling aman dari berbagai bencana alam. Ketiga, Palembang dikelilingi oleh berbagai sumber energi maupun kebutuhan lainnya .

Gubernur Sumsel Alex Noerdin secara tegas menyatakan, Sumsel siap, khususnya Palembang, siap menjadi ibukota Republik Indonesia. "Mengapa harus jauh-jauh dipindahkan ke Kalimantan, jika direstui kita (Sumsel) siap menjadi kota Indonesia menggantikan Jakarta," ujar Alex, Mei 2011 lalu.



Quote:Sekian dulu gan trit sederhana ane ini, apakah kota agan masuk dalam list diatas? (kota ane gk masuk ) atau agan punya rekomen kota yang cucok buat jadi ibukota indonesia? Silahkan komen dimari ya gan/sis

UPDATE...
TAMBAHAN DARI AGAN KASKUSER LAINNYA


BALIKPAPAN



Quote:Original Posted By yohanesyen2
Balikpapan gan?


Quote:Original Posted By cortexrzr
Balikpapan manah bray?



BEKASI


Quote:Original Posted By nymphprincess

Bekasi Mana?


Quote:Original Posted By ngangadam
bekasi gak masuk nominasi calon ibu kota gan ? padahal daerahnya masih banyak yg kosong


BUKITTINGGI


Quote:Original Posted By Pathfinder99
Ibukota PDRI tidak dimasukkan gan? Padahal jaman Belanda dulu kota ini termasuk kota yang penting... Setelah Indonesia merdeka juga dijadikan ibukota Sumatera.

Bukittinggi...



PAPUA


Quote:Original Posted By Rachollz
di papua gan biar disono ada pembangunan


Quote:Original Posted By blontho
pindah jayapura.... biar sono ikut merasakan pembangunan...







Quote:Original Posted By sapson


Jangan sampe dah...


Ke papua aja


Quote:Original Posted By semprot.crooot
tembagapura nggak dimasukin bray

kan ada pripot disana



ADA YANG KONTRA APABILA IBUKOTA DIPINDAHKAN KE PAPUA


Quote:Original Posted By syahrilyara
Papua jangan sampe masuk daftar ibukota gan. ntar yang ada malah nambah dikuasain ampe antek antek negeri ini



ADA YANG MINTA BIAR DIMASUKKIN PEJWAN


Quote:Original Posted By shakuton
buru deh di resmiin , bikin sumpek aje lo pade di jakarte , tuh ibu kota ke kalimantan biar pade di tebang"in puunnye . tar berobah indonesia buka PARU PARU Dunia lagi , melainkan SUMBER POLUSI Dunia. cepet dah pindahin biar tenang gw idup di jakarte.

pejwan kalau berkenan


Quote:Original Posted By PanciBoyzz
Kalo ane bilang mendingan ibu kota itu lokasi ny di tengah" negara. Biar strategis. Jadi ga ada istilah ke ujung sono lebih jauh, ke ujung sini lebih deket. Contoh jakarta, lebih deket ke aceh drpd ke papua. Mestinya jangan kyk gitu. Tp jangan juga di pulau jawa, udah sumpek. Jadi ane lebih pilih di provinsi yg agak tengah kyk nusa tenggara atau sulawesi selatan. Pulau bali oke juga sebener ny, tp udah rame. Sekarang aja udah rame, gimana jadi ibukota

Sekian opini sotoy ane. Mau disanggah juga gapapa. Namanya juga opini sotoy


Quote:Original Posted By dominiq009
Ibukota dipindahkan bukan berarti Jakarta bisa terbebas dari segala permasalahan seperti urbanisasi ataupun kaki tingkat kemacetan di Jakarta. Tetep saja Jakarta yang akan menguasai perekonomian nasional atau pusat ekonominya. Yg di Pindahkan itu pusat pemerintahan. Soalnya ibukota tidak harus identik dengan pusat perekonomian. bisa di ambil contoh Malaysia sama Australia. Pusat pemerintahan Malaysia dipindahkan ke Putra Jaya sedangkan pusat perekonomian mah tetep di KL, dan yg padat tetep di KL karena di Putra jaya sebagian para penghuninya pegawai pemerintahan. begitupula di Australia Orang-orang lebih memilih tinggal di Sidney dan Melbourne daripada di Canberra. Jadi pemindahan ibukota buka berarti dapat menyelesaikan permasalahan di Jakarta. Tapi kalo tujuannya untuk pemerataan ataupun supaya lokasinya aman karena berada jauh dari bencana ya silahkan. Dan yang terpenting adalah butuh anggaran yg tidak sedikin, wong rencana pembangunan gedung baru DPR aja sampe sekarang gak selesai2 lah ini pusat pemerintahan. dan setelah pindah gedung-gedung pemerintahan di Jakarta mau di apain.


Quote:Original Posted By luxm4n
yg pernah ke palangka raya pasti manggut2 kenapa pak ir soekarno pengen kota itu jadi ibu kota,,, ane merasa kota ini seakan ngomong "saya siap jadi ibu kota Indonesia",,,

kota nya luas banget bro,,, dan di sana toleransi antar beragama sangat kuat, bahkan gereja dan masjid sering berdekatan, berseblahan, bersebrangan,,, memang tipikal orang kalimantan begitu gan,,, dulu saat tragedi sampit, eksekusi musuh tidak akan dilakukan oleh suku dayak di halaman apalagi di dalam rumah ibadah,,, dan sudah biasa kalau dalam satu rumah mereka dihuni oleh anggota keluarga yg agamanya beda-beda,,,

kami di kalimantan damai gan, asal mau berusaha uang mudah didapat disini dengan cara halal,,, makany disini gk ada kasus makanan dan minuman dicampur bahan kimia berbahaya, baik oleh orang jawa yg merdagang disini atau oleh orang kalimantan sendiri,,, tapi gk 100% yah,,, ada juga beberapa pendatang yg baru datang ke sini tapi bawa kelakuan ngakalin orang/culas juga ke sini,,, orang kalimantan sangat hati-hati terhadap makanan/minuman yg bakal dimakan orang lain,,, harus bersih, tidak jorok, dan tidak nipu bahan-bahan nya pake bahan yg membahayakan,,

bahkan disini gk ada tuh yg namanya "ranjau paku",,, gk ada begal, dll,, disini para tukan tambal lebih memilih gulung tikar dan cari usaha lain daripada harus nyebar paku di jalan,,, ane sendiri lebih milih pakai ban tubeless aja, kalo ban tube type sulit nyari tukang tambal nya,,,

tapi ketika orang sebelah mencari nafkah di kalimantan tapi malah seolah-olah menjadi penjajah,,, seluruh dunia udah tau yah gan konsekuensinya,,, di sini gk pernah ada konflik isue agama,, kalo issue antar suku iya,,, prinsip kalo mau ke kalimantan tuh "dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung",,



SUMBER

SUMBER GAMBAR: GOOGLE
Pertamax bre
Quote:Original Posted By majorlazer
Pertamax bre


pertamax
medan ga termasuk ya?
di pulau onrust bre

edited : mantep HATE bre
bikinin ane kopi gan...

Bekasi Mana?
Palangkaraya mantap juga tuh
Surabaya jangan deh , tambah macet ntar ..

Lampung kayaknya cocok .
Makassar ato indonesia area timur juga boleh gan,,
Karena image nya tuh 'Indonesia itu cuma jawa'
Jogja ngak masuk bre?
Jangan dikota mendoan deh...


Quote:Original Posted By reagannnn
medan ga termasuk ya?


maksudnya begini gan.. kota2 yang masuk list diatas adelah kota yang pernah diusul sama presiden jadi ibukota negara indonesia pada zaman presiden tersebut gan..

Quote:Original Posted By mbewehkill666
di pulau onrust bre


pulau onrust mah tetep di jakarta gan (habis searching gugel)

Quote:Original Posted By kayana27
bikinin ane kopi gan...


siap

Quote:Original Posted By nymphprincess

Bekasi Mana?


kagak masuk gan

Quote:Original Posted By imaychan0808
Palangkaraya mantap juga tuh
:nyantai


iya gan mantep emang kotanya wilayahnya luas lagi cucok banget tuh buat jadi ibukota
Jonggol bray? Mantab jg tu
Wonosari
Palembang the best bre
anak plembang mana suaranya
jakabaring nya ajib bre kalo ke palembang
di papua gan biar disono ada pembangunan
Quote:Original Posted By farikrik
Surabaya jangan deh , tambah macet ntar ..

Lampung kayaknya cocok .


iya bray

Quote:Original Posted By Anduenie
Makassar ato indonesia area timur juga boleh gan,,
Karena image nya tuh 'Indonesia itu cuma jawa'


iya gan indonesia is Jawa, jawa is jakarta

Quote:Original Posted By batangkecil
Jogja ngak masuk bre?


kagak gan.. menurut ane kalo kota besar di Jawa terus dijadiin ibukota bukan ide yg bagus gan.. soalnya ntar kota tersebut makin sumpek dan padat

Quote:Original Posted By sapson
Jangan dikota mendoan deh...




yoi bray jangan sampek bray


Quote:Original Posted By bagus1989
Jonggol bray? Mantab jg tu


iya jonggol wakwaw
pindah jayapura.... biar sono ikut merasakan pembangunan...





Quote:Original Posted By exinious


yoi bray jangan sampek bray



Jangan sampe dah...


Ke papua aja
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar