Pages


Minggu, 12 Juni 2016

Razia Kendaraan Bermotor! Sudah Efektifkah?

Razia Kendaraan Bermotor! Sudah Efektifkah?

Quote:Thank kaskus dan kaskuser udah HOT THREAD lagi

Quote:selamat malam gan. kali ini ane bikin tret tentang razia kendaraan bermotor yang memiliki tujuan baik tapi kadang2 malah menjadi bumerang gan. tret ini ane bikin berdasarkan pengalaman pribadi ane yang merasa kok razia malah bikin miris yah daripada hal positifnya? juga serta sumber di internet yang ane rangkum sebagai data pendukung. yuk langsung cek ajah gan. tentunya razia kendaraan itu memiliki tujuan positif gan. tapi yang terjadi malah juga ada kejadian negatif yang ane lihat disekitar ane gan

Quote:Razia Kendaraan Bermotor! Sudah Efektifkah?
Razia kendaraan bermotor itu juga memiliki sebab gan, sebabnya adalah sebagai berikut
1.angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas di jalan;
2.angka kejahatan yang menyangkut Kendaraan Bermotor;
3.jumlah Kendaraan Bermotor yang tidak memenuhi persyaratan teknis dan persyaratan laik jalan
4.ketidaktaatan pemilik dan/atau pengusaha angkutan untuk melakukan pengujian Kendaraan Bermotor pada waktunya;
5.pelanggaran perizinan angkutan umum atau pelanggaran kelebihan muatan angkutan barang.


Nah, dalam razia yang menjadi pemeriksaan polisi adalah sebagai berikut
Pemeriksaan kendaraan bermotor dalam Pasal 3 PP No 80 Tahun 2012 meliputi hal sebagai berikut:
1.Surat Izin Mengemudi, Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor, Surat Tanda Coba Kendaraan Bermotor, Tanda Nomor Kendaraan Bermotor, atau Tanda Coba Kendaraan Bermotor;
2.tanda bukti lulus uji bagi kendaraan wajib uji;
3.fisik Kendaraan Bermotor;
4.daya angkut dan/atau cara pengangkutan
5.izin penyelenggaraan angkutan


udah tau kan apa yang menjadi syarat2 bila kita terjaring razia. tentunya tujuan dari pihak kepolisian untuk hal yang baik gan. tapi pada kenyataannya hal negatif yang terjadi adalah sebagai berikut

1. Godaan Uang Damai.
Razia Kendaraan Bermotor! Sudah Efektifkah?
kita lagi jalan nih tiba tiba terjaring razia. pas di tanyakan kelengkapan ketinggalan sim dan ente pun kena tilang. kemudian ente nawarin tuh polkis uang damai. beliau ngga pernah nerima uang damai tapi ntah kenapa waktu itu sang polisi tergoda untuk menerima uang damai dari ente. Jadi pas razia itu terjadi kita juga sudah ikut menciptakan mental yang bobrok pada polisi tersebut. jika sudah kejadian untuk pertama kali maka akan ada yang kedua. salah siapa?

2. Menekan Tingkat Kecelakaan Tapi Malah Menyebabkan Kecelakaan
Razia Kendaraan Bermotor! Sudah Efektifkah?
Masih ingat kejadian seperti di gambar? yang siswi malah melawan arus dan malah nabrak orang lain. razia itu bertujuan untuk mengurangi tingkat kecelakaan gan. tapi yang terjadi malah terjadi kecelakaan gan. tentunya hal ini ngga sedikit terjadi yah. dimana mana banyak tuh yang kecelakaan gara2 putar balik. kenapa bisa terjadi gan? apa sih yang salah? kan razia baik tujuannya. tapi kok malah gitu. yuk coba kita lengkapi ajah perlengkapan kendaraan kita biar ngga jadi gini lagi. kecelakaan itu mengakibatkan kerusakan moril dan materiil loh

3. Oknum Polisi Yang Berusaha Membodohi
Razia Kendaraan Bermotor! Sudah Efektifkah?
baca baik baik gan. yang ane sorot adalah 'OKNUM'. bukan berarti semua polisi gini yah gan. ini berdasarkan pengalaman murni ane. ane perpanjang STNK dari biro jasa di kasih surat jalan. nah, ane baca tuh klo kita bawa surat jalan, surat jalan itu berlaku sementara gan dan memiliki kedudukan yang kuat sebagai pengganti sementara. nah tu polkis berusaha membodohi ane dengan blg surat jalan ga berlaku dan dia bisa nyita mobil ane. ane blg yg bisa nyita mobil ane yah dishub bukan ente. so, gimana masyarakat ngga jengkel ngadepin oknum begini?? ujung2nya nyari duit..

4. Razia Kendaraan Berubah Menjadi Hal Yang Negatif Di Mata Masyarakat
Razia Kendaraan Bermotor! Sudah Efektifkah?
kalau denger kata razia apa yang dipikiran ente? Polisi nyari duit? bikin ribet? ntar dipalak. bener ga sih ente pernah mikir gitu? padahal tujuan razia kan demi kebaikan kita. lalu salahnya dimana? salahnya di mindset kita gan. kenapa mindset bisa gitu? yah karena ada oknummm

5. SIM Yang Ngga Sinkron Sama Pengetahuan Tentang Berkendara
Razia Kendaraan Bermotor! Sudah Efektifkah?
Bro banyak razia lohhh, bikin sim ajah. ah susah nih tesnya. klo mau cepet nembak ajah broo. sebentar doank kok. banyak ngga di masyarakat kita yang sim modal nembak tanpa tes di simulator? skill ente ga ada tapi ente dapet lisensi. kenapa ini bisa terjadi? karena masyarakat hanya berpikir instan untuk menghindari razia gan tanpa memikirkan efek yang lebih buruk! banyak gw nemuin org yang mengendarai kendaraan ngga sesuai SIMnya.


Nah gan,sekian uneq uneq ane yah tentang kegiatan razia yang ternyata kadang menyebabkan musibah juga. banyak kok hal positif dari razia seperti menjaring sindikat kejahatan, begal atau apapun. tapi sepositif apapun razia itu lekat dengan kesan negatif di mata sebagian besar masyarakat kita. nah hal ini yang harus kita ubah, masyarakat dan polisi bersinergi menciptakan masyarakat yang sadar tata cara berlalu lintas.

Quote:INFO
Razia Polisi Baru Sah Kalau Memenuhi 5 Hal Ini
Razia Kendaraan Bermotor! Sudah Efektifkah?
#Adanya papan pemberitahuan. Kita sering mendapati razia secara mendadak atau disergap tiba-tiba dan pak polisi bilang sedang mengadakan razia. Ini namanya pemeriksaan bodong. Padahal jelas hukumnya di Pasal 15 ayat 1-3, PP 42 Tahun 1993, yang menuliskan setiap tempat razia haruslah dilengkapi tanda yang menunjukkan adanya pemeriksaan kendaraan bermotor. Kalau gak ada, kamu boleh protes.


Razia Kendaraan Bermotor! Sudah Efektifkah?
#Polisi memiliki surat tugas yang sah. Kalau kamu tiba-tiba dirazia dan pak polisi gak bisa menunjukkan surat tugasnya, maka itu bukan razia yang sah. Hal ini disebutkan dalam pasal 13 PP 42 Tahun 1993. Bunyinya, setiap petugas yang melaksanakan pemeriksaan wajib membawa surat tugas. Ada pula pasal 14 yang menerangkan, surat tugas itu harus memuat beberapa hal penting seperti, alasan dan jenis pemeriksaan, waktu pemeriksaan, penanggung jawab pemeriksaan, daftar petugas yang memeriksa, dan daftar pejabat penyidik yang ditugaskan selama razia. Kalau gak ada ini, mending langsung jalan saja


Razia Kendaraan Bermotor! Sudah Efektifkah?
#Razia malam harus disertai papan bercahaya kuning. Jika pemeriksaan terjadi malam hari tidak beda jauh dengan siang. Bedanya hanya di papan. Papan malam harus diberi cahaya kuning sebagai tanda adanya razia.


Razia Kendaraan Bermotor! Sudah Efektifkah?
#Polisi wajib memakai seragam dan atributnya. Dalam pasal 16 PP 42 Tahun 1993 ayat 1 dinyatakan, petugas yang melakukan peeriksaan wajib menggunakan pakaian seragam, atribut yang jelas, tanda-tanda khusus sebagai petugas pemeriksa, dan perlengkapan pemeriksaan. Nah! Kalau pak petugas merazia kamu tapi kelupaan pakai sabuk, dia gak berhak melakukan pemeriksaan.


Razia Kendaraan Bermotor! Sudah Efektifkah?
#Hanya polisi lalu lintas yang berhak menilang. Ini perlu banget kamu ketahui. Cuma polisi lalu lintas yang berhak menjatuhkan sanksi atas ketidakdisiplinan saat kamu berkendara. Kalau ada polisi-polisi lain yang menilang kamu, gak usah ditanggapi, ya. Itu cuma oknum.

Quote:reaksi para bos
Quote:Original Posted By mandhon
Razia?...
Pernah liat..
Motor byson
Lampu depan mati
Spion ga ada
Plat nomer belakanh ga ada..
Plus kata2... saya anggota pak..
Lewat lah si anjenk itu.. asuuuuu

Dopost.. maap


Quote:Original Posted By mimpisijack
2 minggu lalu ada razia gan. resmi sih. ane lengkap semua. sim stnk helm jacket. yg ane rasain tuh like a boss, gan.
wlwpun dah lengkap ane ttp males diperiksa gan. kata tmn ane, jgn ke tgh klw ada razia polisi, tar diperiksa lu. harus ke kiri.

ane buktiin ternyata tetep diperiksa.

wah wah kasian jg banyak yg ketilang. kebanyakan pelajar.


Quote:Original Posted By Amfakh
ya sebenarnya ini karena dari dulu polisi nya sendiri yang ngebikin citra buruk ke rakyatnya, masih banyak yang ngadain razia tanpa pemberitahuan, masih banyak orang yang udah bener malah dicari cari kesalahan nya, masih banyak polisi yang niatnya mau ngeberhentiin tapi pengendara langsung lempar gocapan terus dipungut, udah bukan rahasia lagi gan walaupun sekarang di daerah sentral mulai pada berbenah



Quote:Original Posted By bang.bokir91
kalo razia nya jujur ane sih gakpapa, nah kalo abal2. semua yg dilakukan "oknum" gak bisa diprotes, kalo protes malah tambah berat sanksi nya kan sama aja.


Quote:Original Posted By endrodwiputra
Yg surat jalan dari biro jasa bener tuh gan motor ane juga diangkut sama tuh polisi gara2 lg perpanjang stnk. Dia bilangnya biro jasa itu ilegal. Nah terus ane debatin aja kalo biro jasa itu ilegal kenapa ga di tutup aja tuh pada yg buka usaha biro jasa. Mending raziain biro jasa yg ada aja kalo emg itu ilegal. Tp tetep aj diangkut. Akhirnya ane minta tolong keluarga aj yg anggota buat ambil tuh motor.


Quote:Original Posted By SturmBright
kalo kenyataan selama ini gak karena berbagai kondisi.

TAPI

Razia kalo sesuai prosedur plus dilakukan tiap hari 24 jam, baru efektif.

alias jangan evenan, emangnya supermarket apa, kita bayar pajak buat gaji polisi

jadi kalo polisi jalankan tugas 24 jam, ane kasi semua jempol buat Polisi Indonesia

Semangat ya buat agan dan sista yang jadi Satlantas.



Quote:Original Posted By bastionn
Intinya kendaraan harus layak dan memenuhi seluruh syarat standar keselamatan berkendara. Plus si pengendara harus safety riding dan bawa surat-surat berkendara lengkap. Patuhi rambu.

Kembali lagi kepada pengendaranya masing-masing, apakah mental preman korup egois apatis atau pengendara berwawasan luas?

Kalo mental udah baik, gak perlu lagi nanya-nanya surat tugas kalo ada razia. Lu udah menuhin semua aspek berkendara dengan baik ya lu aman. Gitu aja


Quote:Original Posted By kittenmitten
1 hal, lucu di kota ane.
Sudah rahasia umum di tengah kota, mungkin 500 an meter dari alun2 kota ada pasar loak, di situ ada perempatan bukan pertigaan bukan, jalaj paling g jelas yg pernah ane temuin. Pasti ada pelanggaran. Tiap hari. Tp mulai jaman jahiliyah sampai ane jadi beradap gini blom pernah liat ada tilangan disitu.
Selalu di kawasan tertib lalu lintas.
Padahal disitu kondisinya.
Termasuk jalan utama, ada perlintasan kerrta api, bawah fly over dan sering motor lewat sana. Sepeda motor semaunya sendiri, jalan untuk truck.lucu dah.


Quote:Original Posted By bennyprama
Efektif kok gan, efektif bikin pemasukan polisi bertambah.

Kalo tujuan diadakan razia kendaraan bermotor untuk meminimalisir tingkat kejahatan mending dengan diperbanyak patroli keliling aja, atau nempatin intel nyamar dan polisi/tni bersenjata ditempat2 yg kiranya rawan kriminalitas. Kayak jaman dulu gitu di Jakarta tahun 2000an awal, ditiap pinggir jalan dan dibeberapa jembatan penyebrangan ada polisi bersenjata lengkap yang siaga disitu. Kan enak warga jadi ada rasa aman, cuma ane lupa pas itu karena ada event apa sampe segitunya.


Quote:Original Posted By reznovem
tambahan gan,
polisi jg pnya wewenang buat mmbrhntikan kendraan yg d anggap mencurigakan atau mlkukan planggaran lalu lintas, jd bkan hanya pas razia.doank

seorang polisi non polantas jg bsa koq mnanyakan surat2 kalau mmg trjadi plggran lalu lintas,.tp untuk proses tilang nya ttp d lakukan oleh polantas


Quote:Original Posted By vampsvamps
efektifnya liat dari sisi yang mananya dulu gan?! ga efektiftuh karena ente cuma takut ditilang daripada keselamatan ente dan orang lain. berkendara tuh ga cukup cuman bisa mengemudikan doang, tapi ente perlu paham peraturan dan keselamatan juga. tapi kalo ente ga suka ama polisi karena ente sukanya minta "damai" ya ngaca diri aja dulu


Quote:Original Posted By 4mes
ga efektif bgt noh razia masa motor ane ilang udah mampir setahun smpe sekarang kaga ada kabarnya kan klo misalkan diadain razia nya bener mesti tuh motor udah ketemu


Quote:Original Posted By topay11
Uda gak usah sebut oknum menurut ane kalo mayoritas polisi kayak gitu
Mending sebut oknum polisi yang jujur
Jarang banget tuh

Dan yang bikin orang males ditilang itu
Pengadilan yang sama aja bodongnya
Ane pernah
Gak mau damai karena gak ngerasa salah dan berharap bisa ngajuin pembelaan di pengadilan
Ehh boro-boro
Gak jelas kapan dipanggilnya
Padahal uda ane pantengin tuh speaker pengadilan dari pagi
Ujung-ujungnya ya sudah ditebak
Jasa calo ...



Quote:Original Posted By dendyadinirwana
gak ada efektifnya. polisi kalau disuap juga mau! karena gw kalau mau cepet pasti nyuap! intinya gak bener antara si pengemudi dan polisinya.
lagipula, polisi ngadain razia blm tentu sesuai UU, kita masyarakat masih banyak yg bodoh. kalaupun kita tau, pasti polisi ada aja ngelesnya. semacam alasan operasi apelah bla bla bla.

mendingan polisi urusin aja noh angkot yang ngetem ngetem percis dibawah rambu rambu lalu lintas!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!


Quote:Original Posted By thecrawler
intinya sekarang masyarakat udah kurang percaya lagi sama Polisi, dikarenakan banyak Oknum Polisi yang tidak baik,
Semboyan Polisi yang seharusnya Mengayomi, Melindungi, Dan Melayani Masyarakat jadi
Memeras, Mengelabui, Masyarakat Semboyan sudah benar mungkin pelaksanaanya belum maksimal

ane juga pernah ditilang Dan ane mengakui kalo belum punya sim Dan mau sidang, tapi si oknum ngebujuk ane biar bayar ditempat / kasih ke si oknum tersebut dari pada ikut sidang

ya begitulah gan dari dulu Oknum Polisi begitu makanya banyak yang buncit" makan uang rakyat, masuk kepolisian kurus" pas udah bertugas jadi mulai keliatan perutnya buncitnya


Quote:Original Posted By iamszjava
kurang efektif gan

kalo dijogja ada komunitas Info Cegatan Jogja Gan.. ada fan page nya di Facebook, jadi kalo misal ada razia gitu ada orang yg lapor ke fan page itu kalo misal ada cegatan/razia.. jadinya orang2 pada tau trus ngga lewat situ gan


Quote:Original Posted By pulpe
klo ditilang terus bakal banyak pemasukan juga... cuman dipermudah saja utk ngurusnya.... langsung bayar denda di tempat gtu..... org pd kabur" gegara malas ngurusnya aja itu kan bukan malas bayar dendanya.......






sumber : http://www.bintang.com/lifestyle/rea...nuhi-5-hal-ini


Nah, demikian tret ane gan. ane tau ngga gampang buat masyarakat untuk berpikir positif tentang razia. cuma kita juga harus mulai sadar diri kalau razia itu penting. buat polisi juga tugas kalian mengayomi masyarakat bukan malah menakut nakuti masyarakat yah. demikian curahan hati ane di tret ini berdasarkan pengalaman pribadi dan pengalaman orang di sekitar ane. selamat beristirahat semoga tret ane bermanfaat.

sumber : https://dwiyono17.wordpress.com/tag/...u-lalu-lintas/ , gambar dari google dan isi tret dari sebagian pemikiran TS

Razia Kendaraan Bermotor! Sudah Efektifkah?
Razia Kendaraan Bermotor! Sudah Efektifkah?
cek dompet ane dulu
stnk, sim semua siap
Kagak ada efektifnya
Quote:Original Posted By berlinds
Kagak ada efektifnya


Tapi kalau ga ada razia jg susah gan banyak kejahatan merajalela
Suka serem gan kalau lihat ijo2 didepan kita, padahal udah lengkap semua, tapi tetep serem
harus safety ride nih.m surat2 lengkap dan patuhi peraturan berlalu lintas agar ga ketilang



dpt salam dr shaun katanya semoga ht trit ente Razia Kendaraan Bermotor! Sudah Efektifkah?



Razia Kendaraan Bermotor! Sudah Efektifkah?

Sorry bray gua nggk mau ikut campur

Salam NAMUT
(NAga iMUT)




Quote:Original Posted By manekenek


Tapi kalau ga ada razia jg susah gan banyak kejahatan merajalela


Ya memang sih itu salah satu tujuannya, tapi karena terlalu banyak oknum yang jahil dan nakal jadinya ya itu sudah
Quote:Original Posted By memen82



Razia Kendaraan Bermotor! Sudah Efektifkah?

Sorry bray gua nggk mau ikut campur

Salam NAMUT
(NAga iMUT)






asal jangan razia orang jelek aja ya memen,,kita berdua pasti kena nihh..
ngumpet yukkk memen ada razia waria tuhhh,,nanti kamu kena memen ..
Quote:Original Posted By dark.blue666
Quote:Original Posted By memen82



Razia Kendaraan Bermotor! Sudah Efektifkah?

Sorry bray gua nggk mau ikut campur

Salam NAMUT
(NAga iMUT)






asal jangan razia orang jelek aja ya memen,,kita berdua pasti kena nihh..
ngumpet yukkk memen ada razia waria tuhhh,,nanti kamu kena memen ..


Berarti ud sering banget di razia ya breee haahhaa peace
Quote:Original Posted By tigasebangkai
Suka serem gan kalau lihat ijo2 didepan kita, padahal udah lengkap semua, tapi tetep serem


Iya gan kadang2 parno sendiri pikiran padahal lengkap loh
meskipun surat surat lengkap motor ane kumplit tapi ane gedeg aja kalo liat ada raziaan gan, entah kenape
belum efektif bray, kalau pengendaranya masih buandelll

kecuali kalau gak pakek helm langsung dikebiri, haa itu pasti pengendara mikir lagi. ampunn dah
Kaga ada abisnya gan kalau ngomongin si rompi ijo ne di jalan
Quote:Original Posted By tigasebangkai
Suka serem gan kalau lihat ijo2 didepan kita, padahal udah lengkap semua, tapi tetep serem


Sama gan, mungkin karna stigma polisi yang selama ini membuat kita suuzon
Quote:Original Posted By jojow.s.a.
Kaga ada abisnya gan kalau ngomongin si rompi ijo ne di jalan


Iya gan dongkol banget sampe kapan mesti gini gan ngga bisa maju2 mah
Kalo da yang ketamgkep yang gak lengkap menurut ane suruh pulang ambil perlemgkapan biar kapok drpd ujung2 duit motor ditahan ampe yg salah nunjukkin perlengkapan bijimame sotoy kagak ane bre
Quote:Original Posted By tigasebangkai
Suka serem gan kalau lihat ijo2 didepan kita, padahal udah lengkap semua, tapi tetep serem


bisa jatuh cinta elu bray, kalau deg degan liat yang ijo2
Ane hampir kena razia tengah malem gan, langsung ngacir dah putar balik daripada kasih duit suap
Quote:Original Posted By mbewehkill666
Kalo da yang ketamgkep yang gak lengkap menurut ane suruh pulang ambil perlemgkapan biar kapok drpd ujung2 duit motor ditahan ampe yg salah nunjukkin perlengkapan bijimame sotoy kagak ane bre


Ane setuju bray efek kapoknya lebih ada sih daripada ditilang tapi ngga gampang juga jalaninnya waakakaak
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar