Pages


Minggu, 23 Oktober 2016

Hal-hal yang harus di perhatikan jika Kamu ingin Merantau


Selamat Datang di Thread Pertama Saya



Spoiler for Merantau:
Hal-hal yang harus di perhatikan jika Kamu ingin Merantau

Semoga Thread saya tidak Re-Post



Quote:
Spoiler for Thanx Gan Udah Jadi HT:
Hal-hal yang harus di perhatikan jika Kamu ingin Merantau


Hal-hal yang harus di perhatikan jika Kamu ingin Merantau

Siapa Sih zaman sekarang yang tidak mengenal kata "Merantau"?
Arti Kata Merantau Kamus Bahasa Indonesia (KBBI)

me.ran.tau
Verba (kata kerja)
(1) berlayar (mencari penghidupan) di sepanjang rantau (dari satu sungai ke sungai lain dan sebagainya) ;
(2) pergi ke pantai (pesisir); pergi ke negeri lain (untuk mencari penghidupan, ilmu, dan sebagainya)

Nah Kali ini saya akan ngasih tau hal yang harus kamu persiapkan untuk Agan dan Sista yang Berniat merantau

Quote:1
Pastikan Mental Kamu Siap Untuk Merantau
Spoiler for Persiapan Mental:
Hal-hal yang harus di perhatikan jika Kamu ingin Merantau


Mental yang kuat dibutuhkan agar kamu lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan baru.
Mungkin Kamu sudah terbiasa dengan kehidupan yang serba ada. Misalnya jika kamu ingin membeli sesuatu
kamu dapat langsung meminta kepada orangtua. Tapi jika Kamu sudah merantau, jangan berfikir apa yang kamu inginkan
langsung terwujud saat itu juga. Kamu harus memikirkan hal-hal yang kamu perlukan daripada hal-hal yang kamu inginkan.
apakah kamu mampu hidup dengan keadaan yang pas-pasan.
Disinilah Mental kamu akan di uji.


Quote:2
Persiapan Yang Matang
Spoiler for Persiapan:
Hal-hal yang harus di perhatikan jika Kamu ingin Merantau

Persiapan yang saya maksud adalah apakah kamu sudah melakukan survei tentang tempat dikau merantau?
Hal ini sangat di perlukan agar kamu tidak salah pilih tempat merantau.
Misalnya jika kamu merantau dengan tujuan untuk belajar(Biasanya kuliah) pastikan kamu punya kenalan.
Tujuannya agar kamu lebih mudah mendapatkan informasi tentang tempat kamu merantau.
Contohnya :
- Informasi tempat kos-kosan. Berapa biaya kos-kosan "Termurah"? Bagaimana lingkungan tempat kos-kosan kamu, apakah sesuai untuk kamu belajar atau tidak. Apakah tempat kos-kosan kamu jauh dari tempat kuliah.
kebayang gak kalau kosan kamu jaraknya jauh dan kamu harus mengeluarkan biaya transportasi tambahan.
Pengalaman saya, sebenarnya tempat kuliah saya tidak jauh dari kos-kosan tapiiiii
saya harus mengeluarkan biaya ekstra sebesar Rp.20.000/hari
itu terjadi karena saya harus 2 kali naik angkutan umum ketempat saya kuliah.
- Informasi biaya kehidupan sehari-hari. berapa biaya makan dan minum. syukur-syukur kamu bisa masak,
kalau gak bisa? AW solusinya,
AW yang saya Maksud adalah Asli Warteg
Murah dan pas buat kamu yang tinggal sebagai Perantau.



Quote:3
Persiapan Berkas-Berkas Penting
Spoiler for Berkas:
Hal-hal yang harus di perhatikan jika Kamu ingin Merantau

Bagi yang ingin mencari pekerjaan jangan lupakan hal yang satu ini. Berkas-berkas yang saya maksud seperti : ijazah pendidikan kamu baik SD,SMP,SMA dan Kuliah. Sertifikat seminar atau Sertifikat yang berguna untuk keperluan mencari pekerjaan(btw jangan agan bawa sertifikat Tanah bahaya gan).
Jangan lupa juga gan untuk persiapan seperti "KTP" bagi agan dan sista yang berencana merantau dengan waktu yang cukup lama,
misalnya kamu ingin merubah alamat KTP. Segera melalukan perubahan data, tujuannya agar tidak ribet gan kalau ada ngurus berkas. agan harus balik ke daerah asal. Untung kalau antar kota, kalau antar provinsi?
atau antar pulau gan? ribet kan? maka persiapkanlah data-data yang lengkap.
Pengalaman saya tinggal di Jakarta memang cukup beruntung, saya punya saudara. Diatas kan sudah saya jelaskan biaya transportasi saya, jadi rencana saya ingin membeli sepeda motor bekas,bukannya saya tidak mau menggunakan transportasi umum. memang berdasarkan keuangan naik motor lebih hemat dari transporasi umum gan soalnya saya harus 2 kali naik transportasi umum untuk ketepat saya kuliah. keuangan saya memang pas-pasan tapi saya punya cukup tabungan untuk membelinya. Tapi e-KTP saya asal daerah gan, jadi saya gak bisa beli motor atas nama saya di Jakarta meskipun identitas saya sudah e-KTP yang notabene sudah bersifat nasional gan.


Quote:5
Apa Yang Akan Kamu Lakukan Ketika Sudah Merantau
Spoiler for Kegiatan Seletah Merantau:
Hal-hal yang harus di perhatikan jika Kamu ingin Merantau


Apa yang akan kamu Lakukan ketika Sudah di tempat merantau?
zaman sekarang ini kalau untuk mahasiswa seperti kita, jangan mau jadi "KUPU-KUPU" alias KUliah PUlang - KUliah PUlang.
ambil contoh cari lah pekerjaan sampingan yang menghasilkan duit gan. jangan jadikan merantau sebagai kisah yang monoton gan.
memang orangtua menyarankan kita agar fokus belajar,tapi kenapa tidak kita ambil saja kesempatan untuk mencari kerjaan sampingan?
kalau kamu bisa cari pekerjaan sampingan yang tidak menggangu akifitas balajar(kuliah) maka di pastikan kamu punya peluang sukses gan sebagai anak rantau.
misalnya kamu jadi reseller barang atau jaga toko, lumayan gan buat nambah-nambah duit.



Quote:Kesimpulan
Merantau bukan hanya sekedar pindah tempat tinggal gan. terlebih seperti kita yang sedang belajar.
jadikan merantau tempat kamu latihan sebelum kamu hidup dengan kekuatan kamu sendiri.
misalnya kamu mampu mengelola waktu kamu, mengelola keuangan kamu dan mampu menjaga diri kamu dari pengaruh-pengaruh jahat diluar sana gan.
Sehingga nanti ketika kamu benar-benar siap untuk hidup mandiri, kamu tidak akan kesulitan lagi dan tidak tergantung orangtua gan.
ingat gan, gak selamanya kita bersama orangtua.



Demikianlah Thread pertama ane gan, semoga bermanfaat
Maaf kalau masih berantakan.

Sumber gambar

Spoiler for Sumber Gambar:
Quote:
1. https://www.google.co.id/url?sa=i&rc...77113105721249

2.https://www.google.co.id/url?sa=i&rct=j&q=&esrc=s&source=images&cd=&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwiGh8mZkuvPAhXMt48KHXHsC-sQjhwIBQ&url=http%3A%2F%2Fwww.sheffield.ac.uk%2Fhr%2Fsld%2Fmanage&bvm=bv.136593572,d.c2I&psig=AFQjCNF5Xp4gUTAkUJkE4-RrvKj3kDiBzw&ust=1477113335765564

3. http://smuet.lecture.ub.ac.id/files/...0709-00468.jpg


Ah Yang Boneng ?
Hal-hal yang harus di perhatikan jika Kamu ingin Merantau
. lebih baik disini rumah kita sendiri...





harus banyak duit gan biar merantau nya enak dan harus ada tujuan merantau itu mau ngapain ya breh ...

Hal-hal yang harus di perhatikan jika Kamu ingin Merantau
asal banyak duit lancar bre
yang pasti minta ijin orang tua biar sukses di sana
ia kali banykak duit merantau.
yg penting harus berani susah...harus bisa bangkit setelah berkali2 jatuh...dan jangan bentar2 pengen pulkam...harus fokus
merantau is belajar hidup mandiri
makan gak makan asal ngumpul
Yg sabar aja klo duit nya paspasan mah
Relasi juga bray
yang pasti kalo merantau jangan kaget ama kota besar, jangan maksa masuk di pergaulan anak2 masa kini, jadi diri sendiri aja
yg penting jangan sampai jadi bajingan sampah masyarakat di negeri orang
ane dari smp sampe sekarang sudah pindah2 rantauan
yng ane pelajari sih intinya dimana bumi dipijak disitulah langit dijunjung
pinter2 juga memilih dan memilah hal2 yg baik/buruk untuk kita
Quote:Original Posted By semprot.crooot
yg penting jangan sampai jadi bajingan sampah masyarakat di negeri orang


woi croot masih gentayangan ternyata ente dikaskus
Kesiumpulannya sih jangan boros kalo lg merantau... Baik baik sama orang & rajin ibadah 😬
Quote:Original Posted By m00n2718
ane dari smp sampe sekarang sudah pindah2 rantauan
yng ane pelajari sih intinya dimana bumi dipijak disitulah langit dijunjung
pinter2 juga memilih dan memilah hal2 yg baik/buruk untuk kita


sama gan, ane juga dari smp udah merantau, tapi cuma beda kota,
kalau pulang kampung paling cum 5 jam dengan biaya 25-35rb

lah sekarang biayanya 900-1jt gan

mental ane masi kurang gan
Quote:Original Posted By m00n2718


woi croot masih gentayangan ternyata ente dikaskus


lhaaa tumben ente nongol, kemana aja nih
oke.
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar