Pages


Selasa, 17 Maret 2015

Kuliner Khas Sumatra Barat Yang Mungkin Jarang Agan Temui Di RM PADANG




HT ANE KE-3


Quote:

Kuliner Khas Sumatra Barat Yang Mungkin Jarang Agan Temui Di RM PADANG

Quote:Kuliner Khas Sumatra Barat yang sering kita temui di RM/Restoran padang mungkin agan sudah tau dan mungkin agan sudah pernah mencicipi beberapa dari sekian Kuliner Khas Sumatra Barat.

Namun Tidak jarang ada Beberapa Makanan/Jajanan Khas Sumatra barat yang jarang bahkan tidak agan temui di RM/Restoran padang di kota-kota agan.

Inilah beberapa Kuliner Khas Sumatra Barat yang ane rangkum dalam Thread sederhana ini, agar membantu agan-agan yang suka hunting kuliner Nusantara .


Quote:Quote:1.Gulai Cipuk
Spoiler for :

Image Courtesy of : travel.detik.com


Pertama adalah Gulai Cipuk. Cipuk atau siput sawah di Nagari VII Koto, biasa dimasak menjadi gulai. Makan cipuk membutuhkan keterampilan khusus, karena dagingnya yang sangat kecil harus diisap agar keluar.

Sangat jarang rumah makan yang menjual menu ini. Di Arisun Payakumbuh ada sebuah rumah makan khusus yang menyediakan menu ini. Di samping menu gulai cipuk andalannya, rumaha makan ini juga menyediakan pangek ikan khas Payakumbuh.




Quote:
Quote:2.palai (semacam pepes) dan gulai itiak (itik)
Spoiler for :

Image Courtesy of : travel.detik.com

Di sekitar Nagari Sungai Tarab di antara sawah-sawah di pinggir jalan lintas, terdapat sebuah warung makan yang menyediakan menu khas gulai itiak (itik) khas Batusangkar dan palai (semacam pepes), serta hidangan lain khas Tanah Datar. Yang unik, makanan dihidangkan sejajar dengan duduk sambil bersila.



Quote:
Quote:3.Pangek Ombilin
Spoiler for :

Image Courtesy of : travel.detik.com

ombilin adalah suatu daerah di sekitar Danau Singkarak. Di sekitar Pasar Ombilin terdapat warung-warung makan yang menyediakan menu khas berupa pangek telur ikan, ikan bilih goreng, dan telur barendo.

Ikan-ikan dan telor ikan yang disajikan berasal langsung dari sekitar Danau Singkarak. Jadi kita benar-benar merasakan ikan air tawar yang segar di warung-warung makan tersebut.




Quote:
Quote:4.Gulai Kambing Situjuah

Spoiler for :

Image Courtesy of : travel.detik.com

Di Nagari Situjuah, Lima Puluh Kota. Terdapat warung-warung makan dengan menu khas gulai kambing. Gulai kambing yang tersedia di sini dengan bumbu yang digiling khusus, dan dimasak dengan santan yang berasal dari kelapa yang tumbuh di sekitar Nagari Situjuah. Kelapa dari nagari ini mempunyai rasa yang lebih gurih dan berminyak alami.



Quote:Quote:5.IKAN BILIH

Spoiler for :


Image Courtesy of :h4nk.blogspot.com/2012/11/makan-dan-minuman-khas-ranah-minang

Ikan Bilih mungkin tidak asing lagi bagi warga Sumatera Barat, jenis ikan yang seukuran jempol ini merupakan ikan khas Danau Singkarak. Uniknya lagi, ikan ini hanya ada di Danau Singkarak, sehingga makanan yang satu ini sangat khas, pastinya lagi jenis Ikan ini tidak akan ditemui di luar Sumatera Barat.

Agar tidak membosankan menikmati ikan bilih, saat ini pecinta kuliner meramu ikan tersebut menjadi cemilan yang gurih. Salah satunya dengan menggoreng ikan tersebut dengan beragam campuran rasa. Diantaranya Ikan Bilih Goreng Tepung, sesuai dengan namanya ikan ini digoreng dengan menggunkan tepung.

Lebih gurih tepung tersebut dicampur dengan sejumlah rempah sehingga rasanya hhm..Tidak hanya itu ikan goreng tepung juga dibubuhi wijen, sehingga seluruh cita rasa berpadu dalamnya.

Ikan bilih goreng tepung ini dikemas dengan kemasan ukuran plastik sedang, camilan ini sangat cocok dijadikan oleh-oleh. Tidak mesti ke Singkarak, sebab camilan ini juga tersedia di sentra oleh-oleh yang ada di Kota Padang.


Quote:Original Posted By burningquestion
ambo urang payokumbuah da seminggu lalu ane sekeluarga jalan2 k singkarak, udah lama bnget ga k sana, dah bertahun2.

sampe dsana banyak yg jual ikan2 bilih d pinggir jalan, kebetulan ada salah satu penjualnya adalah kenalan bokap.

mampir ke lapaknya, mau beli ikan bilih, cuman dia blg, "yakin uda mau ambil?" ternyata ikan bilih skrg ni, termasuk yg dia jual berasal dari danau toba gan :'(

ikan bilih asli singkarak udah sangat amat menipis banget, karena kondisi air danau yang udah ga sebersih dulu lg. tempat2 peternakan ikan bilih udah pada gulung tikar, habitat ikan bilih asli singkarak udah hampir punah akibat pencemaran.

jadi utk skrg ini, rata2 bilih yg dijual di singkarak adalah bilih dr danau toba :'(


nah...maka jagalah kelestarian alam danau singkarak yah gan...
agar anak cucu kita kelak dapat merasakan kuliner yang istimewa seperti ini...



Quote:Quote:6.rendang Lokan

Spoiler for :

Image Courtesy of : kotapainan.blogspot.com

ini,rendang lokan memang agak jarang kita temui dirumah makan di Sumatera barat.Makanan ini agaknya spesifik makanan orang Pesisir Selatan.Bahkan dirumah makan yang ada di Kota Painan pun sangat jarang di temui.
Biasanya dibuat oleh para ibu di Kabupaten Pesisir selatan jika ada sanak saudaranya yang pulang kampung atau yang minta dikirimkan ke rantau.
Jika anda orang rantau taragak dengan rendang lokan. Baliak lah




Quote:Quote:7.Gulai Anyang

Spoiler for :

Image Courtesy of : ioflife.com/food

Gulai anyang asli masakan dari daerah Tanah Datar -Batu Sangkar – Sumatra Barat. Mungkin banyak yang bertanya-tanya, bukan nya masakan anyang dari minang itu seperti urap ya ? terdiri dari sayuran yang di rebus dan ditaburi oleh parutan kelapa yang sudah dibumbu dengan kucuran jeruk nipis ? tapi kenapa anyang yang ini berkuah ? naah disitulah keunikan dari gulai anyang ini.

Gulai anyang biasanya hadir dalam perayaan-perayaan adat di tanah datar, atau hari-hari besar agama islam seperti lebaran Haji, menu ini wajib dihidangkan. Saking istimewa nya gulai anyang ini, ada istilah, kalau tidak ada gulai anyang dalam hidangan, belum ber hari raya nama nya. Bahan utama pembuatan gulai anyang ini sering nya menggunaka jeroan sapi seperti usus, limpa dan babat. Karena memang lemak yang berasal dari jeroan ini menghasilkan kuah gulai yang lebih lezat.

Keunikan lain nya dari gulai anyang ini adalah pemakaian bumbu ketumbar segar dalam masakan. Berbeda dengan masakan dari daerah lain di Sumatra Barat yang jarang menggunakan ketumbar, di Tanah Datar ini, hampir semua masakan khas nya menggunakan ketumbar, termasuk dalam pembuatan rendang. Oleh sebab itu, hampir di setiap halaman rumah di Tanah Datar dapat kita jumpai pohon ketumbar. Untuk di Jakarta sendiri, agak sulit mencari ketumbar segar, biasanya ketumbar yang banyak di pasar adalah ketumbar yang sudah kering.

Di musim hujan seperti sekarang ini, menu gulai anyang ini bisa menjadi pilihan yang cocok untuk di santap. Selamat Menikmati.




Quote:Quote:8.Galamai
Spoiler for :

Image Courtesy of : id.wikipedia.org/wiki/Galamai

Galamai adalah salah satu makanan kecil dengan bahan dasar tepung beras ketan, gula aren dan santan yang berasal dari daerah Sumatera Barat. Jika di daerah lain makanan sejenis ini dikenal sebagai dodol atau jenang. Hampir semua suku di Indonesia memiliki jenis makanan kecil ini.

Tepung beras ketan dimasak bersama santan kelapa dengan menggunakan gula tebu atau gula aren dengan menggunakan kuali yang sangat besar. Makanan ini biasanya dibuat untuk keperluan pesta pernikahan dan pesta adat lainya atau menjelang hari raya.

Galamai biasanya dibuat dengan cara bergotong-royong karena memerlukan banyak tenaga untuk mengaduk adonan dalam jumlah besar dan waktu lama. Hasil dari masakan ini berbentuk makan yang bewarna hitam mengkilat dan terasa manis.




Quote:Quote:9.Samba lado tanak
Spoiler for :

Image Courtesy of : Google

Samba lado tanak adalah sambal masakan khas masyarakat Nagari Sungai Jambu, di pinggang Gunung Marapi, Kabupaten Tanah Datar (sekitar 700 m dari permukaaan laut).

Penduduk di nagari ini jika makan sangat mementingkan adanya samba lado (sambal) karena suhu di tempat ini sangat dingin. Karena kebiasaan ini, penduduk di nagari-nagari sekitarnya menamakan masyarakat Sungai Jambu dengan sebutan "Sungai Jambu Gadang Lado" (Sungai Jambu besar sambal).

Masyarakat Nagari Sungai Jambu sangat pandai membuat berbagai jenis samba lado, dan salah satunya adalah samba lado tanak. Samba lado tanak diolah dari bahan-bahan cabe yang sudah digiling, santan kelapa yang sudah dimasak, ikan teri, petai, ditambah rempah-rempah lainnya, kemudian semua bahan-bahan tersebut dimasak dalam kuali dengan api dari bahan bakar kayu. Hasil akhirnya mirip kalio namun dengan rasa yang lebih pedas dan warna minyaknya yang kemerahan.




Quote:Quote:10.BIKA

Spoiler for :

Image Courtesy of : Google

Bika ini mungkin hampir mirip bentuknya dengan kuliner khas Jawa Barat khususnya di Bandung yakni Surabi, namun bahan-bahan dari Bika ini berbeda dari Surabi.

Dan ada satu varian bika yang tak kalah top-nya di daerah Kotobaru Padang Panjang yaitu Bika Simariana.
Kue ini terbuat dari santan, tepung beras, gula merah dan diolah dengan cara yang sangat unik,

mungkin cara pengolahan inilah yang membuat Bika Simariana berbeda dengan yang lainnya. Adonan bika yang siap dimasak ini dipanggang di atas tungku api dan dibungkus dengan daun jati,
kemudian di atasnya ditutup dan dibakar lagi dengan bara api. Bika Simariana adalah jajanan yang dapat ditemukan di sepanjang jalan antara Padang menuju Bukittinggi tepatnya di Koto Batu.



Quote:Quote:11.Dadiah
Spoiler for :

Image Courtesy of : Google

Dadiah atau dadih adalah yogurt yang terbuat dari susu kerbau khas Minangkabau, Sumatra Barat. Dadiah difermentasi di dalam wadah dari bambu yang ditutup dengan daun pisang atau daun waru, yang telah dilayukan di atas api.

Proses fermentasi ini selama sekitar 24 jam-4 hari. Selanjutnya didiamkan atau difermentasi secara alami dalam suhu ruang selama satu sampai dua hari sampai terbentuknya gumpalan. Dalam waktu 24 jam, mikrobia dari bambu akan menggumpalkan susu menjadi semacam puding atau tahu putih kekuning-kuningan, kental dan beraroma khas (kombinasi aroma susu dan bambu).

Setelah proses fermentasi selesai, dadih dapat langsung dimakan.. Dadiah biasanya dikonsumsi sebagai sarapan pagi, dicampur dengan ampiang (sejenis kerupuk dari nasi) dan gula kelapa. Dadiah dapat juga dimakan dengan nasi panas dan sambal.

Uniknya lagi, ternyata dadiah menurut hasil penelitian mampu menurunkan kolesterol dan menstimulasi pembentukan vitamin B1, B2 asan pantotenat dan lainnya.




Quote:Quote:12.Sala Lauak
Spoiler for :

Image Courtesy of : ikobana.blogspot.com/2013/11/sala-lauak

Setiap daerah mempunyai kehausan yang menjadi daya tarik tersendiri. Salah satunya adalah kuliner.

Salah satunya adalah daerah Pariaman yang sudah terkenal dengan kenikmatan kulinernya. Namun kuliner yang satu ini kerab ada disetiap kesempatan baik acara formal maupun bersantai dengan keluarga.

Si bola kuning imut ini disebut 'Sala Lauak'. Rasanya yang renyah, gurih memang membuat ketagihan untuk terus menyantapnya.
Makanan dari bahan tepung beras ini, dikenal sebagai cemilan yang nikmat.

Rasanya yang sedikit pedas, dan kadang lidah bertemu dengan gurihnya potongan ikan asin di dalamnya membuat, mulut tak ingin berhenti mencicipinya.
Kenikmatan Sala Lauak sudah tercium dari aromanya yang khas. Karena irisan daun kunyit dalam Sala begitu mengundang selera.

Santapan ini kerab disandingkan dengan campuran makanan berat saat sarapan pagi. Di antaranya, saat menyantap lontong gulai ataupun sate.
kalau TS sendiri suka Sala Lauak ini menjadi pendamping Gado2 khas SUMBAR




Quote:Quote:13.Sambalado tulang dan teri
Spoiler for :

Image Courtesy of : mesincamilan.blogspot.com/2013/10/sambalado-tulang-masakan-khas-dari-rao

Sambalado tulang Adalah kuliner Khas Nagari Rao-Rao di Batusangkar, mungkin sambalado sudah banyak yang pernah mendengar. Namun tidak dengan sambalado tulang ini.

Yang menjadi unik dari sambalado tulang ini adalah Bahan baku nya yaitu dari Tulang sumsum sapi yg sudah dicincang. Dan untuk mendapatkannya di pasar-pasar tradisional disekitaran Batusangkar atau di pasar sotu (sabtu) yang hanya buka di hari sabtu.



Update

Quote:Quote:14.Bareh Randang
Spoiler for :

Image courtesy of: okezone.com

Dengan pengucapan yang hampir sama, ada satu makanan manis bernama bareh randang. Seperti apa tampilannya?

Bila ingin mencicipi santapan manis, bareh randang bisa menjadi pilihan. Rendang kurang lebih artinya "menggoreng" ataupun "mengaduk terus-menerus", proses bareh randang atau biasa yang disebut beras rendang juga begitu adanya, yaitu di aduk-aduk terus menerus.

Di Kabu Gadang, Payakumbuh, Sumatera Barat, banyak usaha rumahan membuat bareh randang.



Quote:Quote:15.Pinukuik
Spoiler for :

Image courtesy of: Google

Pinukuik merupakan salah satu makanan yang ada di Padang (Sumatera Barat). Ada yang mengibaratkannya mirip dengan dorayaki. Tapi pinukui tetaplah pinukuik yang tentunya berbeda dengan dorayaki maupun jenis makanan lain.

Memang pinukuik ini sudah jarang dijual, (kalau Ibu ane buatnya ketika hari raya idul fitri aja ) bisa karena yang memasaknya sudah jarang bisa jadi juga karena zaman sekarang minatnya sudah kepada makanan jenis fast food. Tapi sebenarnya boleh diadu mengenai rasa, pinukuik pas di lidah!

Dan Pinukui ini berbeda dengan Bika, mulai dari tekstur dan rasanya hanya dari bentuk saja yang hampir mirip dengan Bika atau Surabi.

Dan terkadang Pinukuik ini disetiap daerah di Sumatra Barat pun bebeda-beda rasa dan pengucapannya, ada Pinukuik khas dari pesisir selatan, ada pinukuik batang kapeh, ada juga pinukuik khas Rao-rao, Batusangkar.

cara pembuatannya pun berbeda-beda, ada yang dibakar menggunakan serabut kelapa, ada yang menggunakan kompor minyak/gas yang dialaskan menggunakan seng dan pasir.




Quote:Quote:16.Kalio
Spoiler for :

Image Courtesy of: google

Kalio merupakan masakan/kuliner khas dari Sumatra Barat.
Kalio ini sebenarnya hampir mirip dengan gulai khas ranah minang,
Namun teksturnya lebih kental dibandingkan dengan gulai, karena kalio dimasaknya lebih lama dari gulai hingga kuahnya mengental, tapi tidak sampai menjadi rendang.

menurut pengalaman ane ketika memerhatikan ibu ane masak Rendang, Rendang itu mempunyai tahap-tahap terdahulu sebelum ia menjadi Rendang, karena rendang teksturnya agak kasar, kering dan berminyak.
kira-kira seperti ini tahap-tahapnya...
Gulai --> Kalio --> Rendang

Nah... yang di daerah agan, paling banyak yang dijual di RM padang itu Rendang atau kalio?




Quote:Nah...itulah beberapa Kuliner dan jajanan Khas Sumatra Barat yang mungkin jarang agan temui di beberapa restoran/RM padang,


Quote:Original Posted By herdipal
paling sering makan sambelado tulang teri itu gan . rasanya paling ajib apa lagi kalo pake sambelnya sambel ijo khas padang :


agan pasti orang batusangkar

Quote:Original Posted By parallax24
duit bulanan abis, liat thread beginian. disitu kadang saya merasa sedih


tenang gan... masih ada 13 hari lagi

Quote:Original Posted By cabokeparat


kiblat kiblat onta wannabe nih,. eropa palak lo peyang, orang eropa sering gw kasihin rendang, mau muntah mereka makannya,. gak percaya coba aja bule lo kasih rendang,. cari noh di jakarta banyak bule,,. dites aja,. makanan rendang ini gw jg sering makan,. tapi memang geblek isinya santan gula merah,. taik gw jg dikasih santan sama gula merah lo makan enak deh coba deh,.


om yang cakep...
rendang aslinya itu gak pakai gula merah...
kalaupun ada yang pakai gula merah... itu bukan asli dari sumatra barat...
gulai itu manis2nya dari santan dan bawang...
kalau situ gak suka rendang, apa masalahnya? toh makanan terenak yang dikatakan oleh George Bernard Shaw, seorang dramawan, aktivis politik, kritikus Irlandia yang juga co-founder London School of Economics (LSE).

rendang adalah nomer uno (satu) 1.

Quote:Original Posted By darkoslerazor
kalo boleh tau TS nya org mana yah?


ane orang batusangkar gan

Quote:Original Posted By AnakDanau
Banyak lagi gan yang jarang.
1. Palai rinuak.
2. Paragede rinuak.
3. Rabuang Pensi.

Itu semua cuma ada di Maninjau gan.
Pejwan kalau berkenan.


oke gan... nanti ane tambahkan

Quote:Original Posted By hazavi
Ane tau semua gan itu masakannya. ane domisili jakarta tapi asli Rao-Rao

Masakan paling ane suka yaitu Sambal Lado Tulang. apalagi di padukan dengan Rendang Daging/Belut/Paru. Kenikmataannya itu 1000% Uenakk


rao-rao dima'a da?
awak dake' jo pasa' sotu masih lai ado warnet disitu da?



terusan di post 21
kurang suka masakan padang gue
paling pake otak sapi doang or limpa
ga pernah ga makan pangek ombilin pas lagi lewat disingkarak
wow pangek keknya enak tuh gan

jadi pingin di masakin nih ama sodara ane, dia orang padang demen banget masak gan
saya taunya makanan khas sumatera barat hanya rendang doang gan..
jadi laper TS tanggungjawab !!
wow salary lauak enak tuh jadi pengen kesana lg....

ane ada lagi nih gan

-karupuak baguak
-karupuak pitalah
-katupek pitalah
-gulai cancang
-bilih
-dadiah biasanya makan ama ampiang tuh

sebagian besar gak pernah makan2 itu gan
ane suka samba lado tanak khas paninjauan
enek beh, ga pedas

sala lauk di pariaman
mantep tapi no untuk di pasar padang

galamai ga terlalu suka ane
suka yang galamai putih yg dari tepung beras

oh ya TS
bika simariana itu nama tempat
tapi emang lebih terkenal bika di toko simariana dari yang lain
gile.. ngiler bayangin ada Tenda Tapih Lauik di depan meja nih
kalo ada yg lewat jualan udah ane cegat
yg ane tau rendang daging sama ayam kaleo kl makanan padang maknyus gan..
bikin ngiler gan
jd pengen beli nasi padang nih
sayang kalo menu2 tsb blm ada di sini
Kalo mau nyobail soa lauk sma dadia ada di tanah abang gan Blok F
trus kalo mau beli ikan bilih sama bahan lado tulang itu juga ada di blok F tanah abang

Tambahan dari ane gan PENSI khan maninjau
ampiang dadiah iyo lamak bana tu gan, dimaa kampuang agan?
sambal lado tanak
sambal lado teri...
sala lauak samo katupek sayua lai termasuk ndak tu da?
atau emang indak ado di RM Padang?
Pangek, ikan bilih dan telor ikan makanan yang disajikan calon mertua ane kalo raya dikampung singkarak gan..
lidah cabe ijo... sama otak gulai...
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar