Pages


Rabu, 08 Juli 2015

[Keren Gansis] "Masjid Mobile", Inovasi Baru Tempat Shalat di Bandung



Quote:Mudah-mudahan tidak repost ya gansis

Quote:Prakata Dari TSQuote:Masjid merupakan tempat yang vital bagi kita para umat muslim. Berbagai macam aktivitas ibadah dapat dilakukan di dalamnya, mulai dari sholat, membaca Al Qur'an hingga mengadakan pengajian. Namun bagaimana jadinya jika di suatu tempat tidak dijumpai masjid? Tentu kita akan merasa kesulitan jika akan melaksanakan ibadah, terutama sholat fardhu. Berawal dari sinilah, kemudian muncul ide dengan menghadirkan 'Masjid Mobile' yang dapat berpindah-pindah tempat sesuai dengan kebutuhan. Berikut ulasan selengkapnya gansis...
Quote:"Masjid Mobile", Inovasi Baru Tempat Shalat di BandungQuote:
Quote:Sering merasa kesulitan mencari tempat untuk menunaikan ibadah shalat ketika datang ke konser musik atau pertandingan sepak bola? Kini hal tersebut bukan masalah lagi karena di Kota Bandung tersedia masjid portabelyang bisa berpindah-pindah lokasi.

Mobile Masjid adalah sebuah inovasi baru dalam pelayanan shalat di Kota Bandung. Ide ini digagas oleh Muhammad Sobirin, Direktur Yayasan Masjid Nusantara.

"Jadi kita membuat membuat fasilitas yang bisa melayani shalat di mana pun dan kapan pun. Sasaran kita adalah tempat keramaian yang jauh dari mushala, konser musik, dan tempat bencana," kata Sobirin saat ditemui di Sasana Budaya Ganesha, Kota Bandung, Jumat (26/6/2015).

Disebut masjid portabel lantaran minibus Mitsubishi Fuso berwarna hitam berpadu hijau dan putih yang dimodifikasi khusus oleh Yayasan Masjid Nusantara membawa segudang peralatan yang cukup banyak untuk membuat masjid dadakan di mana pun dan kapan pun.

"Tergantung permintaan di mana yang dibutuhkan. Tapi kalau tidak ada permintaan kita keliling-keliling cari tempat keramaian yang sangat butuh tempat shalat," tuturnya.

Isi dari mobil sumbangan dari Rumah Zakat tersebut mengangkut tanki air berkapasitas 5.000 liter yang bisa dimanfaatkan puluhan umat islam untuk berwudhu. Selain itu, ada juga karpet shaf, genset, sound system, mimbar, hingga peralatan pribadi yang bisa dipakai bergantian seperti mukena, sarung hingga sandal jepit untuk wudhu.

Saking lengkapnya, masjid portabel ini bahkan bisa menggelar shalat Jumat yang memiliki syarat harus diikuti oleh 40 orang lebih jemaat.

"Ini pertama kali di Indonesia. Masjid ini bisa digunakan sampai 70 orang," tuturnya.

Tidak hanya peralatan untuk shalat saja, masjid keliling ini juga menyediakan imam (pempimpin shalat).

Masjid portabel ini baru tersedia satu unit di Kota Bandung. Sobirin berharap kembali mendapatkan donatur agar bisa menambah armada Mobile Masjid anyar agar bisa memenuhi antusiasme masyarakat yang mulai tinggi terhadap keberadaan masjid bongkar pasang ini.

Selain itu, kelemahan masjid ini adalah ketika datang hujan. Sebab, masjid portabel ini cuma beratapkan langit.

"Kalau hujan ya terpaksa kita berhenti beroperasi," jelasnya.

Sekali lagi, Sobirin berharap ada donatur yang bisa menyumbang untuk kelangsungan Mobile Masjid ini. Dia punya rencana untuk menambah armada yang memiliki bodi lebih besar agar bisa mengangkut peralatan lebih banyak.

Selain itu, armada tersebut dipastikan lebih canggih karena disertai dengan perpustakaan dan jaringan wifi.

"Kalau mobil ini masih 1.0. Rencananya akhir tahun 2015 Kita ingin tambah yang 2.0, lebih besar kapasitas, yang dibawa lebih banyak. Di dalam mobil bisa jadi tempat shalat untuk perempuan," paparnya. Sumber

Quote:Mobile Masjid Pertama di Indonesia Ada di BandungQuote:
Quote:Muhammad Sobirin, warga Kota Bandung, mempraktikkan suguhan kreatif. Pria berusia 40 tahun tersebut mencetuskan konsep Mobile Masjid yang diklaim sebagai pelopor di Indonesia. Salut!

"Kalau pun ada ya di Timur Tengah. Ini (Mobile Masjid) pertama di Indonesia," ucap Sobirin bernada bangga saat berbincang bersama detikcom di kampus Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Jalan Setiabudhi, Kota Bandung, Kamis petang, 25 Juni 2015.

Berbendera Yayasan Masjid Nusantara (YMN), Sobirin meluncurkan Mobile Masjid kepada publik Bandung pada Selasa 16 Juni lalu. Satu unit kendaraan jenis minibus ini siap berkeliling menjelajah Bandung Raya.

"Mobile Masjid tujuannya memudahkan umat muslim menjalankan salat saat berada jauh dari tempat ibadah," ujar Sobirin selaku Direktur YMN.

Dia menjelaskan, mobil ini sepanjang bulan Ramadan beraktivitas mulai pukul 16.00 hingga salat magrib. Sasaran lokasinya antara lain pusat keramaian dan lokasi pengungsian. Targetnya, menurut Sobirin, Mobile Masjid beroperasi menyasar 30 titik di Kota Bandung. Tempat yang sudah disinggahi antara lain kawasan Bundaran Cibiru, Monumen Perjuangan Jawa Barat dan Kampus UPI

Fokus membidangi urusan sosial membuat pihak YMN menggelorakan kolaborasi dengan sistem donasi. Semangat itulah yang melahirkan Mobile Masjid.

"Mobile Masjid ada berkat donasi dari para donatur YMN dan juga RZ (Rumah Zakat). Insya Allah menjadi pahala tak terputus selama Mobile Masjid beroperasi membantu umat muslim menjalankan ibadah," kata Sobirin.

Dia menjelaskan, mobil tersebut mengangkut peralatan salat seperti karpet, sarung, mukena, penunjuk arah kiblat, genset dan sound system. Selain itu, mobil dilengkapi wadah penampung air bersih berkapasitas 500 liter untuk keperluan wudu.

"Kami bawa dua keran yang difungsikan sebagai tempat wudu. Karpet untuk salat ini kapasitasnya 50 orang," ujar Sobirin. Sumber

Quote:Begini 'Menu' Jemput Bola ala Mobile Masjid di BandungQuote:
Quote:Jemput bola melayani warga, begitulah fungsi Mobile Masjid di Bandung. Bukan sekadar membantu umat muslim menunaikan salat wajib saat jauh dari lokasi tempat ibadah, Masjid Mobile rupanya menyajikan aneka 'menu' khas. Apa saja?

Yayasan Masjid Nusantara (YMN) selaku penggagas Masjid Mobile mengandalkan satu unit minibus untuk berkeliling Bandung setiap harinya. Mobil berkonsep masjid on spot ini mengangkut peralatan salat seperti karpet, sarung, mukena, penunjuk arah kiblat, genset dan sound system. Selain itu, mobil dilengkapi wadah penampung air bersih berkapasitas 500 liter plus dua keran untuk wudu.

"Targetnya mendatangi pusat keramaian agar umat muslim dapat tetap beribadah tepat waktu dan berjamaah," kata Direktur YMN Muhammad Sobirin sewaktu membawa kendaraan Mobile Masjid ke kampus Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Jalan Setiabudhi, Kota Bandung, Kamis petang, 25 Juni 2015.

Kendaraan hasil hibah dari Rumah Zakat itu resmi beroperasi pada Selasa 16 Juni lalu. YMN meluncurkan Mobile Masjid bertepatan momen bulan suci Ramadan 2015. Sobirin bersama lima rekan kerjanya beraktivitas mulai pukul 16.00 atau salat asar hingga salat magrib.

"Selain menyediakan sarana ibadah, kami juga membagikan takjil gratis kepada masyarakat yang melewati Masjid Mobile," ucap pria berusia 40 tahun ini yang kantornya berlokasi di Jalan AH Nasution 131, Kota Bandung.

Mantan Kepsek SD Juara Bandung tersebut menjelaskan, selama bulan Ramadan tahun ini pihaknya juga menggulirkan ragam 'menu' berupa program tebar 10 ribu mukena untuk Indonesia, renovasi masjid dan THR untuk marbot. Tujuannya demi membantu masyarakat yang ingin berbagi kepada sesama. Sehingga, menurut dia, masyarakat tidak perlu repot menyalurkan bantuannya kepada pihak membutuhkan.

"Layanan kami lainnya yaitu bersih-besih masjid. Semua program yang kami siapkan ini bersifat kegiatan sosial," ujar Sobirin.

Guna menjalin komunikasi dengan masyarakat serta berbagi informasi dan donasi, YMN aktif di media linimasa Twitter melalui akun @MasjidNusantara. Sumber

Quote:Cerita Sobirin, Mantan Kepsek di Bandung Soal Awal Inspirasi Mobile MasjidQuote:
Quote:Yayasan Masjid Nusantara (YMN) meluncurkan Mobile Masjid bagi publik Bandung pada Selasa 16 Juni lalu. Kendaraan roda empat jenis minibus itu berkeliling mendekati warga untuk memudahkan melaksanakan salat wajib saat berada jauh dari tempat ibadah. Seperti apa inspirasi awal tercetusnya Mobile Masjid?

Muhammad Sobirin (40) selaku Direktur YMN berbagi kisah di balik bergulirnya Mobile Masjid. Suatu waktu benak mantan Kepala Sekolah Dasar (SD) Juara Bandung itu digedor kegelisahan soal keberadaan masjid yang tak menjangkau lokasi keramaian masyarakat dan zona bencana.

"Ide awalnya lahir dari keprihatinan terhadap kaum muslim di tengah keramaian seperti arena konser, tempat pertandingan sepak bola dan lokasi bencana. Mereka meninggalkan salat wajib karena fasilitasnya (tempat ibadah) enggak ada," tutur Sobirin.

Dia mengungkapkannya sewaktu berbincang bersama detikcom di kampus Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Jalan Setiabudhi, Kota Bandung, Kamis petang, 25 Juni 2015.

"Saya berpikir harus ada solusinya," ucap bapak dua anak ini menambahkan.

Utak atik solusi membuahkan inspirasi. "Lahirlah Mobile Masjid," ujarnya.

Menurut Sobirin, inspirasi menghasilkan ide kreatif tersebut bergulir sejak 2014. Yayasan dinaungi Sobirin yeng berdiri sejak 2012 ini bergerak dalam bidang sosial, khususnya berkaitan pembangunan, renovasi dan pengadaan sarana prasarana masjid.

Dia bersama rekan kerja yang bergabung dalam YMN langsung menggaet donatur guna mewujudkan Mobile Masjid. Singkat cerita, para donatur merespons positif.

Sobirin lalu menyambangi kantor Rumah Zakat (RZ) Bandung. Idenya soal Mobile Masjid disampaikan di hadapan manajemen RZ. Gayung bersambut.

"Alhamdulillah RZ memberikan hibah satu unit mobil," ucap Sobirin singkat.

Lulusan UPI jurusan Matematika ini optimistis kehadiran Mobile Masjid bisa bermanfaat bagi umat muslim. "Kita berlomba-lomba dalam kebaikan, salat itu kan wajib. Ketika membatu orang dalam urusan menunaikan kewajiban, insya Allah kita dapat pahala ganda," tutur Sobirin.

Mobil tersebut mengangkut peralatan salat seperti karpet, sarung, mukena dan penunjuk arah kiblat. Selain itu, mobil dilengkapi wadah penampungan air bersih berkapasitas 500 liter untuk berwudu. Hamparan karpet keperluan salat wajib di ruang terbuka ini bisa menampung 50 orang.

Sobirin mengklaim konsep Mobile Masjid merupakan pertama di Indonesia Sumber

Quote:
Spoiler for Galeri Foto:
Quote:
Sumber Gambar photo.sindonews.com

Quote:
Sumber Gambar photo.sindonews.com

Quote:
Sumber Gambar photo.sindonews.com

Quote:
Sumber Gambar photo.sindonews.com

Quote:
Sumber Gambar infobandung.co.id

Quote:
Sumber Gambar infobandung.co.id

Quote:
Sumber Gambar bisnis.com

Quote:
Sumber Gambar twitter.com

Quote:
Sumber Gambar twitter.com

Quote:
Sumber Gambar twitter.com

Quote:
Sumber Gambar twitter.com

Quote:
Sumber Gambar twitter.com

Quote:
Sumber Gambar twitter.com

Quote:
Spoiler for Videonya:
Quote:

Quote:

Quote:

Quote:Widih...keren dan inovatif nih..saling membantu sesama muslim yg kesulitan mencari masjid...semoga usahanya membawa berkah pak...amin
Buat gansis yang ingin ikut menjadi donatur agar kegiatan semacam di atas dapat terus ditingkatkan kualitas serta kuantitasnya...klik DISINI gansis...langsung ke situs Yayasan Masjid Nusantara...mengingat kegiatan di atas termasuk amal jariyah yg insyaallah pahala akan terus mengalir selama masih bermanfaat bagi orang banyak...terlebih di bulan ramadhan ini, semua pahala kebaikan akan dilipatgandakan...amin.

Quote:Makasih kepada gansis yg sudah ngasih cendol dan abu gosoknya, yg belum ngasih...ane tunggu lhoQuote:
Quote:

Quote:Mampir ke trit ane yg lain:

Quote:TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGANNYA
NANTIKAN TRIT ANE BERIKUTNYA
jadi lebih simple nih gan

Quote:Original Posted By avibuy
cukup bagus juga menurut saya
tentang niatnya kalau ada acara2 khusus tersebut jadi tidak telat untuk shalat
namun ada yang perlu di perhatikan
kalau acara musik saya sendiri tidak setuju dijadikan tempat untuk singgahnya masjid portable ini
disini saya tidak mengatakan atas dasar pemahaman saya namun tentang banyak2 dalil dengan tegas melarang hal ini

Dalam Al-Qur'an

Firman Allah Subhanahu wa Ta'ala:
ÙˆَÙ…ِÙ†َ النَّاسِ Ù…َÙ†ْ ÙŠَØ´ْتَرِÙŠ Ù„َÙ‡ْÙˆَ الْØ­َدِيثِ Ù„ِÙŠُضِÙ„َّ عَÙ†ْ سَبِيلِ اللهِ بِغَÙŠْرِ عِÙ„ْÙ…ٍ ÙˆَÙŠَتَّØ®ِØ°َÙ‡َا Ù‡ُزُÙˆًا Ø£ُولَئِÙƒَ Ù„َÙ‡ُÙ…ْ عَØ°َابٌ Ù…ُÙ‡ِينٌ

“Dan di antara manusia (ada) orang yang mempergunakan perkataan yang tidak berguna untuk menyesatkan (manusia) dari jalan Allah tanpa pengetahuan dan menjadikan jalan Allah itu olok-olokan. Mereka itu akan memperoleh adzab yang menghinakan.” (Luqman: 6)

Ayat Allah Subhanahu wa Ta'ala ini telah ditafsirkan oleh para ulama bahwa yang dimaksud adalah nyanyian dan yang semisalnya. Di antara yang menafsirkan ayat dengan tafsir ini adalah:
Abdullah bin ‘Abbas Radhiallahu'anhu, beliau mengatakan tentang ayat ini: “Ayat ini turun berkenaan tentang nyanyian dan yang semisalnya.” (Diriwayatkan Al-Imam Al-Bukhari dalam Al-Adab Al-Mufrad (no. 1265), Ibnu Abi Syaibah (6/310), Ibnu Jarir dalam tafsirnya (21/40), Ibnu Abid Dunya dalam Dzammul Malahi, Al-Baihaqi (10/221, 223), dan dishahihkan Al-Albani dalam kitabnya Tahrim Alat Ath-Tharb (hal. 142-143)).


Dalam Hadits

Hadis Abu ‘Amir atau Abu Malik Al-Asy’ari radhiyallahu 'anhu bahwa Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: “Akan muncul di kalangan umatku, kaum-kaum yang menghalalkan zina, sutera, khamr, dan alat-alat musik. Dan akan ada kaum yang menuju puncak gunung kembali bersama ternak mereka, lalu ada orang miskin yang datang kepada mereka meminta satu keperluan (kebutuhan), lalu mereka mengatakan: ‘Kembalilah kepada kami besok.’ Lalu Allah Subhanahu wa Ta'ala membinasakan mereka di malam hari dan menghancurkan bukit tersebut. Dan Allah mengubah yang lainnya menjadi kera-kera dan babi-babi, hingga hari kiamat.” (HR. Al-Bukhari, 10/5590)

Pendapat Salah Satu Imam

Imam Ibnu Qayyim Al-Jauziyah Rahimahullah mengatakan:
‘Uud (alat musik petik), tamburin, dan semua alat musik adalah haram, dan menjadi pendengarnya adalah fasiq. (Ighatsatul Lahfan min Mashayyidisy Syaithan, 1/248)


Pendapat Dr. Zakir Naik


sebenarnya masih banyak lagi

PAGE ONE IA TS

keren nih.. moga bisa terwujud mobile masjid ver 2.0 nya
nentuin arah kiblatnya ribet ga tuh, kn keliling terus ya..

ohh ternyata ada penunjuk arah kiblat
wah inovasinya keren nih...
Jakarta kapan ya ?
baru tau ane gan, padahal posisi di bandung hahaha
Quote:Original Posted By townaey
keren nih.. moga bisa terwujud mobile masjid ver 2.0 nya

amin...nunggu para donat-nya nih
Quote:Original Posted By cahnjero74
nentuin arah kiblatnya ribet ga tuh, kn keliling terus ya..

ohh ternyata ada penunjuk arah kiblat

mungkin semacam kek kompas gitu deh
Quote:Original Posted By IH8TEEA
wah inovasinya keren nih...
Jakarta kapan ya ?

masih nunggu donat beraksi...biar terwujud mobile masjid2 yg lainnya
Bandung emang keren...
wow baru ada dibandung ye gan
Quote:Original Posted By ibnutiangfei

amin...nunggu para donat-nya nih

mungkin semacam kek kompas gitu deh

masih nunggu donat beraksi...biar terwujud mobile masjid2 yg lainnya


semoga kita semua bisa jadi donaturnya gan ..
misal aja nih 100rb kaskuser sedekah 10rb, berapa tuh, 1 milyar kan ya?
Tapi sholat dipinggir jalan gitu ya
makin keren kalo atas mobilnya dikasih hiasan kubah gitu gan
wah unik juga yah di kota ane skrg bisa ada masjid dadakan

btw biayanya brp tuh gan kalo mau manggil mereka?
bagus nih, baru di bandung aja ya ??
Quote:Original Posted By townaey


semoga kita semua bisa jadi donaturnya gan ..
misal aja nih 100rb kaskuser sedekah 10rb, berapa tuh, 1 milyar kan ya?

iya sih gan...buat tabungan di akhirat besok
Quote:Original Posted By krnwn_indigo
Tapi sholat dipinggir jalan gitu ya

masih mending gan...ane pernah sholat di atas batu sungai pas acara outbond begitu
Quote:Original Posted By nyonyasamsat
makin keren kalo atas mobilnya dikasih hiasan kubah gitu gan

iya sih gan...mungkin utk ke depannya bolehlah ide spt itu
cocok buat shalat jumat saama shalat ied tuh
Quote:Original Posted By thebrokenheart
wah unik juga yah di kota ane skrg bisa ada masjid dadakan

btw biayanya brp tuh gan kalo mau manggil mereka?

sepertinya gratis sih gan...kerjasama sama rumah zakat
Quote:Original Posted By ungkluk
bagus nih, baru di bandung aja ya ??

baru ada satu unit kendaraannya
waow bandung emang kreatif skr

semenjak ada ridwan
Quote:Original Posted By kucingdewa
cocok buat shalat jumat saama shalat ied tuh

iya gan...kapasitas jamaah bisa sampe 70 orang
Quote:Original Posted By dkharisma
waow bandung emang kreatif skr

semenjak ada ridwan

kalo idenya sih murni dari pak Sobirin gan
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar