Pages


Minggu, 12 Juli 2015

Nasib Candi Hindu Kuno yang Ditemukan di Tengah Kampus Islam

Assalamualaikum Wr Wb.

Pertama-tama saya ucapkan selamat berpuasa bagi yang menjalankan. Semoga ibadahnya diterima dan menjadikan kita manusia yang bermanfaat bagi seluruh alam. Thread ini berisi informasi belaka, mungkin bisa dibaca2 buat ngisi waktu luang nunggu buka puasa agan-agan semua. Selamat mbaca thread ane gan...



Gan, apa jadinya kalau ada candi Hindu dan letaknya ditengah lokasi hilir mudik muslim muslimah solat, belajar dan nongkrong? Agan mo liat? Keunikan ini bisa agan liat disini nih gan... mulai dari kampus, perpustakaan sampe Candi Hindunya. Semuanya disatu komplek all in one pokoknya. Dan yang jelas tempat ini terbuka untuk seluruh umat, adat, dan agama meskipun tempat ini dikelola badan wakaf Universitas Islam Indonesia. Hanya ada di Indonesia gan...


Waktu temen ane dateng dari ISI, temen ane masuk ke perpustakaannya gan, suruh nemenin numpang wifi, dan lumayan enak juga di perpus, adem gan... Doi liat kesana kesini, hingga doi ngeliat ke arah luar, doi rasa ada unik-uniknya gitu. Doi minta supaya hal ini dimasukin kaskus, buat nambah-nambah objek wisata aja. Mumpung ada waktu luang ini ane dah rangkumin..

Sebelum masuk ke intinya, cek cek spoiler dulu nih gan...


Candi UII
Spoiler for Candi Kimpulan:

Spoiler for Candi Kimpulan:


Nah itu gan yang ane rasa unik gan .. namanya Candi UII
Candi UII?? Universitas Islam Indonesia?? Ga salah tuh gan? Yo kagak... Daripada banyak nanya, langsung aja yok gan liat history tempat dan candi enih... mulai dari kampus, sejarah dan asal usulnya.


Spoiler for Sejarah UII:
Universitas Islam Indonesia mungkin masih asing didengar bagi sebagian kalangan pelajar mahasiswa Jakarta, tapi bagi mahasiswa Jogja, Jawa dan sekitarnya namanya ga asing lagi. Kampus ini terkenal sebagai kampus kalangan atas, bukan hanya karena lokasinya di daerah subtropis alias berada di lantai 2 Yogyakarta dan deketen ama Gunung Merapi, tapi emang biaya kuliahnya termasuk yang mahal. Kampus ini juga terkenal sebagai gudang mahasiswi cantik di Yogyakarta.
Dikit informasi copas dari Wikipedia gan...
Universitas Islam Indonesia disingkat UII adalah perguruan tinggi swasta nasional tertua di Indonesia yang terletak di Yogyakarta. UII semula bernama Sekolah Tinggi Islam (STI) yang didirikan di Jakarta pada hari Ahad tanggal 27 Rajab 1364 H bertepatan dengan tanggal 8 Juli 1945 M. Dalam pemeringkatan 4 International College and Universities (4ICU) maupun Webometrics pada Januari 2012 menempatkan UII sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) peringkat pertama di Kopertis Wilayah V dan peringkat ke-2 PTS secara nasional. Selain itu, pada tahun 2009 UII terpilih sebagai perguruan tinggi dengan nilai penjaminan mutu internal terbaik di Indonesia versi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti). Pada tahun 2013, berdasarkan SK BAN-PT No. 065/SK/BAN-PT/AK IV/PT/II/2013 UII berhasil meraih akreditasi institusi dengan nilai 'A', tertinggi di antara PTS seluruh Indonesia.


Spoiler for UII:

Etdah.. kok malah promosi kampus orang.....selesai kita ngomongin kampusnya ni kita mau bahas candinya...


Spoiler for Candi Kimpulan:
Ini berita dari beberapa sumber Tempo, Kompas dan Tribun : Candi UII adalah nama lain dari candi kimpulan. Jadi gan awalnya, candi ditemuin ama pekerja proyek yang nggali tanah buat kolom-kolom fondasi tiang bangunan perpustakaan baru di kampus UII. Awalnya pekerja ngira itu batu biasa. Tapi setelah digali lebih , ternyata batu itu ada ukirannya (jaman dulu belum kepikiran batu akik). Tadinya, kolom cuma bakal digali sedalam 3 meter. Tapi karena ada perubahan rencana, ditambain lah kedalamannya 50 centimeter. Kalau ga ada penambahan itu, kemungkinan candi ga terungkap gan. Oia, ni candi ditemuin tanggal 11 Desember 2009 bentuknya altar yang ga terlalu besar. Dari bentuknya sih kemungkinan Candinya, bukan candi utama di areal ini, tapi baru candi perwara gan. Candi Kimpulan ini ditemuinnya 5,65 meter di bawah permukaan tanah, kemungkinan gagara ketimbun material lahar Gunung Merapi apalagi ni candi letaknya deket banget sama Sungai Kladuan, nyebrang jalan UII dah sungai tu tapi kering sungainya. Jarak UII aja Cuma sekitar 20 km dari puncak Gunung Merapi. Diperkirakan gan dibangun sekitar abad IX yaitu masa Kerajaan Mataram Hindu. Candi induk di Candi Kimpulan denahnya bujur sangkar dengan ukuran 6,21×6,21 meter. Di dalam Candi Induk ada Arca Ganesha (ni arca lambang universitas di Jawa Barat yang terkenal itu yang pernah nguji aer p*re it), ada juga arca Lingga Yoni dan wadah gerabah, terus ada juga umpak batu jumlahnya 12 buah. Arca Ganesha ini sebagai lambang ilmu pengetahuan, penjaga, dan pelindung atau penyingkir rintangan (Vigveswara). Nah pas banget dah tuh arcanya ditemuinnya ditengah-tengah pembangunan perpustakaan UII. Candi kedua itu Candi Perwara berdenah empat persegi panjang ukurannya 4,11×6,36 meter. Di dalam candi perwara ada Arca Lembu Nandini, Sumuran berbentuk bujur sangkar dan Lingga Yoni.


Untuk gambar-gambar mulai dari candi pertama ditemukan ampe sekarang nih gan...

Spoiler for Kimpulan:


Spoiler for Kimpulan:


Spoiler for Kimpulan:


Spoiler for Kimpulan:


Spoiler for Kimpulan:


Spoiler for Kimpulan:


Spoiler for Kimpulan:

Spoiler for Kimpulan:



Itu jaman pertama kali ditemukannya gan, kondisi sekarang ...

Spoiler for Kimpulan:


Spoiler for Kimpulan:


Spoiler for Kimpulan:


Spoiler for Kimpulan:


Spoiler for Kimpulan:



Gemana gan? Dah rapi candinya gan? Itu katanya sering dipake buat foto-foto, tempat ibadat, atau buat nerima kunjungan dari kementrian atau mahasiswa luar gitu gan.

Kalau agan mau kesini, ni ane kasi rutenya. Gan akan masuk lewat buoulevard, maren sih boulevardnya lagi direnov gan..
Spoiler for UII:




Ujung boulevard itu masjid kampus Ulil Albab gan, penampakannya.

Spoiler for UII:


dari arah masjid itu, ke selatan, jalanan UII ni satu arah gan agan jalan kearah selatan. Nah agan sampe liat perpusnya gan. Cem ini. Nah agan masuk aja gan..

Spoiler for UII:


Nanti ada pintu nah agan Tanya penjaga disitu, setor ktm atau identitas..
Spoiler for UII:

Abis itu agan naek lift, pilih yang basement atau agan bisa turun lewat tangga aja.

Spoiler for Kimpulan:


Nanti agan bakal ngelewatin Museum UII, jalan dikit dan... Nyampe dah gan di candinya...

Spoiler for Kimpulan:



Spoiler for Dalemnya Perpustakaan UII:

Oia gan.. kalau agan mahasiswa non UII mau ke sini ajak2 ane ya gan... , ga afdol rasanya kalau cuma ngeliatin luarannya aja, nih ane kasi bonus daleman Perpustakaan UII.
Spoiler for Perpustakaan:


Spoiler for Perpustakaan:


Spoiler for Perpustakaan:


Spoiler for Perpustakaan:




Nasib Candi Kimpulan terawat dengan baik gan, struktur bangunan Perpustakaan yang awal dirubah agar situs ini tidak rusak. Setiap orang dari beragam agama dan suku bisa masuk dan menggunakan. Belum lama sekitar setengah bulan yang lalu ada beberapa pemeluk Hindu rame ada lebih dari 30an datang gan, banyak IGO gan pake kebaya putih gitu, beribadah di candi itu. Suasananya khusyu, mereka berdoa dengan kepercayaannya, dan suara adzan dzuhur berkumandang saat itu juga. Indahnya toleransi di Indonesia.
Sekian gan, thread dari ane. Maaf masih berantakan, kalau ada salah kata mohon maaf ...



Edited : Karena banyak yang SALAH FOKUS minta ditongolin IGO ama gambar dari UII , untuk IGO ane rada takut gan soalnya privasi, tapi kalo agan-agan mau tau, tengok sendiri aja gan di kampus. ane tambahin igo nya yang udah terkenal aja yang dari UII ya gan yang jebol ke acara Putri Indonesia ama Miss Universe aja (4 aja gan) . lainnya agan googling sendiri.

Spoiler for IGO UII:

Spoiler for IGO UII:

Spoiler for IGO UII:

Spoiler for IGO UII:


Sekian gan,
Wassalamualaikum Wr Wb.
oia gan, gambar-gambar, informasi berasal dr berbagai sumber, salah satunya ini gan.

Quote:Original Posted By rangernzr
mantap gan..
pengembangan dari thread ane yang ini: http://www.kaskus.co.id/thread/00000...ogyakarta-9733

ada foto ane juga lagi

jangan lupa cantumin sumber ya bro..


udah dicantumin gan, makasih banyak gan..

Quote:Original Posted By JailBoys
sama gan ane jg mhs UII
iya keunikan paling unik di UII ya itu, satu2nya kampus yang punya candi ya UII
berbagi sedikit info kalo masyarakat disitu awalnya gak tau kalo terdapat candi dibawah kampus uii karena sbenarnya tertimbun dibawah tanah. jadi ceritanya tuh candi ditemukan secara tidak sengaja ketika proyek pembangunan perpustakaan tersebut sdg dilakukan, tepatnya saat penggalian penempatan pondasi.
dikarenakan hal tsb, proyek sempat berhenti karena terjadi negosiasi dan perubahan desain rencana perpustakaan. awalnya desain perpustakaan tsb tidak seperti itu, tapi karena ditemukannya candi tsb di desain lah bentuknya setengah lingkaran mengelilingi candi seperti skrng.
konon katanya (cerita dosen ane ) kalo sebenarnya candi tersebut masih panjang ke bawah gan. jadi yang kita lihat sekarang itu cuma puncaknya saja alias bangunan paling atasnya. terus di perkirakan kalo dicari tau lbh dalam, kemungkinan di bawah kampus uii terdapat kompleks candi atau bangunan candi2 lain yg masih tertimbun di bawah tanah.
temuan2 yang didapat didalam candi tsb ada patung ganesha dan beberapa emas batangan. sekarang temuan2 tsb sdh dimuseumkan.




Quote:Original Posted By sapikotor
wow, ane malah baru denger dari nih thread bisa jadi candi yang besarnya ada dibawah bangunan kampus ente kan?


nah begitu lah gan.. kampus itu candi baru platarannya aja. disinyalir ada banyak candi dan ada yg lebih gede ketimbun di bawah tanah. 1 km diselatan UII jg ada daerah namanya candi. gatau asal usulnya tpi disinyalir situ ada candi gedenya kta bapak kos ane . misteri biar misteri gan.

Quote:Original Posted By arielashop


bagus banget kampusnya
btw itu candi kenapa ga di gali lagi?pasti ada yang lebih gede tuh?9 kali lipat lebih besar dari borobudur


digali gali trus nnti gedung kampus ane gemana gan... nasibnya.

Quote:Original Posted By Koguya16
Yang jadi kuli harus kita apresiasi gan, kasih cendol lah buat dia



yang dikasih cendol yg pembangunnya gan, soalnya doi pake acara ngerombak seluruh rencana, arsitektur ama bentuk gedung gagara ditemuin candi enih.. ane

Quote:Original Posted By ieaiaio
kalau bkan mahasiswa stu pngen liat gmana gan ?


agan bisa dateng ama rombongan minimum 7 nah nnti ijin ke satpam aja, nnti agan dikasih rutenya noh kaya info diatas, abis itu dipandu dah gan ama petugasnya.

Quote:Original Posted By elefana
sebenernya hrs coba di eksplor lg mungkin aja ada peninggalan yg lbh besar lg...tinggal pihak kampusnya mau nggak di relokasi


bukan relokasi gan, tapi penyesuaian bentuk bangunan mungkin gann... contohnya kaya perpus ini yang berubah bentuknya setelah ditemuin candi. Jadi melengkung bolong tengahnya gan.

Quote:Original Posted By Achonovski22
Yang hebat itu rektor UII
Beliau gak memindahkan dan bahkan memelihara
Menjaga candi agar ttp ada, mengingatkan semua mahasiswa akan prinsip "JAS MERAH"
Jangan sekali-kali melupakan sejarah


.. moga moga bisa ngilangin sentimen kalo islam ga toleran ama agama lain..

wow cakep ya
Wah jadi pengen main ke UII. Kampusnya keliatan keren gan temen ane banyak juga yang kuliah disana, ceweknya juga cakep2 katanya *salah fokus

Btw candinya punya pemerintah atau tetap UII gan yang punya?

Oya salam kenal ane dari ITB
semoga tetep terjaga itu

Cabe2annya banyak ga disono?
terawat ampe ada yg di kotakin kaca
Semoga HT dan semoga mahasiswa uii bisa menjaga dan mempromosikan candi uii

Pekwan gan
kampus ane gan...
keren gan
walaupun kontras dengan gedung tp tertata rapi

kalo aja kampus ane kayak gitu
Wihh.. Kerenn gan !!
ijin nyimak gan
lumayan buat studi banding
Ane pernah liat pas campus tour


bagus banget kampusnya
btw itu candi kenapa ga di gali lagi?pasti ada yang lebih gede tuh?9 kali lipat lebih besar dari borobudur
kampusnya punya cagar budaya sendiri..
keren hahaha
mau dong gan ngampus di situ , ada beasiswa nya gak
Yang jadi kuli harus kita apresiasi gan, kasih cendol lah buat dia
Quote:Original Posted By approve.cc
mau dong gan ngampus di situ , ada beasiswa nya gak

Kuliah disitu mahal banget gan, mending yang PTN aja.
wow, ane malah baru denger dari nih thread bisa jadi candi yang besarnya ada dibawah bangunan kampus ente kan?
keren nih kampus gw.....jadi kangen ane...banyak perubahan ternyata.
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar