Pages


Rabu, 26 Agustus 2015

[PIC] Jawaban yang Kelewat Pintar dan Pintar dalam Menjawab Pertanyaan Interview

Quote:


sumber foto


Interview atau wawancara adalah salah satu tahapan yang biasanya dilalui dalam rekrutmen suatu perusahaan atau badan usaha, tahapan lainnya bisa aja tes kemampuan akademik, psikotest, tes tesehatan dan tes terkait bidang yang dilamar, jika ditanya mana tahapan yang paling penting tentunya semua penting dan saling berhubungan. Tapi nih gan, kalau namanya interview pada tahapan ini kita langsung berkomunikasi dua arah dengan pihak penanya, disini bakal kelihatan sikap kita, kemampuan tanggap kita, gaya bicara kita dan lain-lain, apalagi kalau yang jadi penanya memang sangat ahli di bidangnya tentunya kepribadian kita bakal tercermin ketika proses tanya jawab berlangsung

Quote:
Nah berhubung yang namanya interview ini "ngeri-ngeri sedap", ane akan share "Jawaban yang Kelewat Pintar dan Pintar dalam Menjawab Pertanyaan Interview". Kreatornya aslinya ©Ashwin Hirwe/Anmol Mahajan, dari namanya jelas orang luar dan gambar-gambarnya juga berbahasa Inggris, ane nemu ketika ada yang share dan masuk ke Facebook ane, cukup unik, konyol dan pertanyaan-pertanyaan ini sering keluar pas interview sehingga ane save as semua dan share lagi disini. Jawaban warna merah merupakan jawaban yang kelewat pintar dan sebaiknya jangan dicoba , jawaban warna hijau merupakan jawaban yang bisa agan coba atau setidaknya jadi acuan, tentunya juga dibarengi dengan pengalaman ane menggunakan jawaban tersebut ketika interview.


Quote:
Spoiler for buka:


Q: Beritahu tentang (kemampuan) diri anda
A: Ane bisa melempar raket tenis ke objek yang bergerak dengan akurasi tinggi
A: Karena skill dalam pekerjaan yang saya miliki, tahun lalu saya diberi penghargaan sebagai karyawan terbaik

Ini pertanyaan yang biasanya diajukan sebagai pembuka interview, intinya penanya ingin tau siapa sih agan dan terutama apa sih yang sudah agan capai selama ini, dalam contoh diatas pencapaian pada pekerjaan yang sebelumnya. Nah kalau freshgraduate? Tenang, agan kasih tau aja prestasi agan baik akademik dan non akademik, partisipasi lomba-lomba atau bahkan prestasi di masyarakat. Ane bahkan nggak pernah menang lomba tapi tetap ane sampaikan bahwa ane pernah berpartisipasi disini dan disana, semuanya akan jadi nilai tambah


Quote:
Spoiler for buka:

Q: Apa kelebihan anda
A: Ane bisa melempar bola kertas kedalam bak sampah tanpa melihat
A: Ane cepat belajar dan anggota tim yang baik

Beritahu kelebihan agan secara singkat padat dan jelas yang tentunya kelebihan tersebut sekiranya berguna di posisi yang akan agan lamar.


Quote:
Spoiler for buka:

Q: Apa kelemahan anda
A: Bir
A: Ane fokus pada satu pekerjaan pada satu waktu

Mengakui kelemahan jelas lebih susah, jadi cara menjawabnya pun ane rasa sedikit tricky. Berilah jawaban kelemahan yang bisa diperbaiki dan memiliki makna tersirat positif. Contoh diatas, apakah fokus pada satu pekerjaan adalah hal yang buruk? Tentu tidak. Tapi ane pernah dapat pertanyaan lanjutan ketika menjawab dengan cara diatas "Wah bidang pekerjaan ini membutuhkan orang yang bisa multitasking, gimana?", nah tinggal dijawab bahwa kita siap belajar dan berkembang jadi lebih baik dalam bekerja, ampuh!


Quote:
Spoiler for buka:

Q: Apakah anda seorang pekerja tim
A: Ya, ane adalah penjaga gawang di tim kriket di gang ane
A: Ya, ane adalah bagian dari tim yang selalu menyelesaikan tugas sebelum deadline

Dalam dunia kerja, hampir semua bidang itu dikerjakan dalam suatu kelompok alias tim, makanya sangat penting untuk merekrut orang yang bisa bekerja dalam tim (karena kalau kerja individual semua orang juga bisa, tapi dalam tim lebih rentan konflik). Dalam contoh diatas jawabannya sama-sama ya, tapi ingat yang dimaksud kerja tim bukan tim olahraga ya


Quote:
Spoiler for buka:

Q: Apa yang membuat anda risih terkait dengan rekan kerja (rekan kerja seperti apa yang tidak anda sukai)
A: Yang gak pakai deodoran
A: Saya percaya dalam sebuah tim kerja, walapun sesuatu mengganggu (membuat risih) ane akan menghindari konflik kecuali hal tersebut mengganggu diri ane secara personal

Masih berhubungan dengan pertanyaan sebelumnya, apakah agan punya kecenderungan emosional, pembuat konflik dan suka membenci orang tanpa alasan jelas. Dalam contoh diatas jawablah dengan elegan! Konflik dalam pekerjaan cenderung terjadi, tapi seperti kata komandan ane jangan ikut campur, cukup jadi penonton kecuali kita kena dampaknya langsung


Quote:
Spoiler for buka:

Q: Apakah anda menganggap diri anda seseorang yang berhasil/ sukses?
A: Ya, ane telah mengalami turun-naik dalam hidup ini, tapi seringkali naik berada diatas (sebetulnya high disini artinya mabuk )
A: Ya, tanpa bermaksud menilai diri sendiri berlebihan ane rasa ane telah mendapatkan cukup banyak keberhasilan

Pertanyaan bukan cuma sekedar ingin tau apakah agan orang yang sukses atau tidak, tapi juga apakah agan bisa menghargai diri agan sendiri selama ini. Masalahnya jawaban Tidak sudah pasti agan tidak menghargai diri sendiri, tapi hati hati dalam menjawab Ya, karena bisa jadi kesannya sombong


Quote:
Spoiler for buka:

Q: Kenapa anda mengganggur selama ini (dalam kurun waktu ini)
A: Ane malas berangkat kantor karena musim hujan
A: Ane mengasah kemampuan dengan mengikuti pelatihan dan sibuk kerja paruh waktu

Ane cukup sering dapat pertanyaan ini, biasanya variasinya"Kesibukan selama ini apa aja". Jawab aja seperti contoh diatas gan, beritahu si penanya kalau ente menghargai waktu, walaupun ente gak punya pekerjaan tapi tetap mengisi waktu luang dengan hal berguna, bukan cuma tidur siang


Quote:
Spoiler for buka:

Q: Beritahu tentang kemampuan anda bekerja dibawah tekanan
A: Ane bekerja secepat mungkin untuk segera menjawab panggilan alam (tidur)
A: Ane tetap berkepala dingin, multitasking dan tenang dalam menghadapi bekerja ini biasanya akan membantu

Siap kerja dibawah tekanan? Pertanyaan retorika ini gan, sebetulnya jawabannya mesti siap, semua jenis pekerjaan pasti ada dibawah tekanan, hanya saja beda jenis kayak batas waktu, atasan yang pemarah dan lain-lain, intinya jawab dengan elegan


Quote:
Spoiler for Buka:

Q: Kenapa keluar dari pekerjaan sebelumnya?
A: Bos ane gak izinin ane duduk di kursinya
A: Mencari kesempatan yang lebih baik dan menambah kemampuan ane

Peraturan paling penting ketika ditanya terkait perusahaan agan sebelumnya adalah jangan menjelek-jelekan karena agan bakal dapat penilaian buruk dari penanya. Jawablah jujur dari elegan toh karena memang semua orang ingin berkembang dan ingin mendapatkan sesuatu yang lebih baik


Quote:
Spoiler for buka:

Q: Apa yang anda harapkan dari pekerjaan ini
A: Ada coffe break/tea break dan bisa keluar masuk (istirahat) seenaknya
A: Menjadi lebih profesional dan mendapat masa depan yang baik

Sekali lagi jawablah dengan elegan, jangan terlalu jujur cari enaknya dalam sebuah pekerjaan, jawablah secara profesional


Quote:
Spoiler for buka:

Q: Sampai berapa lama kira-kira anda mau bekerja untuk kami jika diterima
A: Sampai jam 5 aja
A: Selama saya masih merasa tertantang dan dapat berkembang dalam bekerja

Emang gan jam kerja sampai jam 5 cuma disini sih maksudnya sampai kapan kita mau bekerja untuk perusahaan, ya tes loyalitas lah, perusahaan bakal repot kalau pegawainya ternyata kutu loncat yang suka pindah-pindah.


Quote:
Spoiler for buka:

Q: Dimana anda melihat diri anda 5 tahun kedepan
A: Ane melihat diri ane berdiri nonton langsung piala dunia
A: Ane melihat diri ane berada diposisi senior memegang tanggung jawab penting di perusahaan

Pertanyaan ini biasa aja, penanya ingin tau apakah kita punya visi yang jelas untuk kedepannya di dalam perusahaan, tentunya sebagai orang yang normal kita ingin terus berkembang termasuk dalam hal jabatan kan


Quote:
Spoiler for buka:

Q: Kenapa kami harus merekrut anda
A: Jika direkrut ane bakal jadi orang pertama yang nge-like status agan
A: Jika direkrut akan menjadi sebuah kesempatan bagi ane untuk menunjukkan kemampuan, bekerja sesuai target dan tenggat waktu yang berikan perusahaan.

Dapat pertanyaan kayak gini? Waktunya jualan gan! Jual diri agan, kenapa agan berharga dan pantas untuk direkrut! Pokoknya jual jual jual!


Quote:
Spoiler for buka:

Q: Ada pertanyaan
A: WC nya dimana gan
A: Kapan ane bisa bergabung

Biasanya menutup sesi interview, gunakan untuk bertanya sebaik mungkin hal-hal yang berhubungan dengan pekerjaan, jangan menggunakan kesempatan bertanya hal yang tidak penting atau sesuatu yang bisa ditanyakan belakangan. Untuk tahap interview awal setau ane hindari bertanya soal gaji jika memang tidak disinggung. Kalau ente percaya diri pertanyaan diatas pantas diajukan, kapan ane bisa gabung



Quote:Nah itu dia gan sepengalaman ane pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan saat interview dan tentunya cara menjawabnya (entah agan mau pakai jawaban yang pinter atau kelewat pinter ), semoga informasi diatas bisa berguna buat agan-agan kaskuser dan para jobseeker.

Jangan lupa komentar dan rate bintang 5 ya gan




SUMBER

Quote:**Tenang gan, jawaban diatas (atau seenggaknya jawaban yang mirip dengan diatas) teruji kok, ane sudah pernah coba ketika interview di perusahaan retail global, ekspedisi/pelayaran nasional, distributor-distributor produk nasional, alhamdulillah lulus
Update gan!
Quote:
Quote:
Spoiler for buka:

Q: Bagaimana gaya manajerial (kepemimpinan) anda?
A: Pakai mantra sihir gan
A: Saya selalu menjelaskan tugas yang ada baik dengan bawahan maupun atasan, dan menyelesaikan tugas tersebut sebelum deadline

Ini 50:50, sebetulnya terkait budaya dan kebutuhan perusahaan. Pertanyaan terkait kepemimpinan biasanya keluar apabila posisi yang dilamar memang memiliki tanggung jawab mengelola bawahan. Ane pernah jawab secara diplomatis seperti mengayomi, mendengarkan, menjadi contoh baik bl bla bla bla.... ane gagal. Tapi ada temen ane jawab kalau dia nemu karyawan yg makan diruang kerja bakal langsung dikasih SP, dan dia lanjut ketahap berikutnya, dalam hal ini mungkin yang dicari perusahaan adalah sosok yang tegas


Quote:
Spoiler for buka:

Q: Posisi apa yang anda inginkan dalam sebuah tim
A: Posisi yang enak yang gak bikin sakit pinggang dan sakit kepala
A: Posisi tidak menjadi masalah selama saya bisa belajar hal baru dalam setiap pekerjaan

Jujur aja ane belum pernah nemu pertanyaan ini, tapi dari contoh diatas jelas jawaban yang tepat adalah JANGAN MANJA


Quote:Jangan lupa rate bintang 5 gan
Ane suka deg degan kalo interview, outsourcing kagak ada interview ya
nice post gan...
ninggalin jejak dulu gan.
penting ini buat ane
kadang yg berlebihan memang gak bagus gan
yang ijo jawaban normatif ye sepertinya gan?

makasih
Wahh telat ane .. Trit nya lagi di benerin
ditunggu gan updatenya


Under construction dah thread'a :beers
Quote:Original Posted By sboedewn
Wahh telat ane .. Trit nya lagi di benerin


Quote:Original Posted By 8007333
ditunggu gan updatenya




Quote:Original Posted By rahzaboyz
Under construction dah thread'a :beers


udah dibenerin gan
mesti pandai juga menjaganimage saat interview,
nggak boleh asal jeplak jawabnya
Quote:Original Posted By agvnn
nice post gan...


thank u gan, jangan lupa sahare dan rate bintang 5 ya
Quote:Original Posted By lekdsater
ninggalin jejak dulu gan.
penting ini buat ane


penting gan buat jobseeker, ane aja sebelum tau trik interview biasa jawab pakai mikir lama
Quote:Original Posted By boyandrea
kadang yg berlebihan memang gak bagus gan


betul gan, jawaban gak perlu lebay dan berlebihan yang penting sesuai sama yang ingin di dengar penanya
Mantaapp Gann
Ane doain jadi ht gan
:beer
Kalo ditanya "Berapa gaji yang kamu butuhkan?", hayoo....
Jawaban interviewnya ga boleh lebay berarti, gak kayak tulisan merah
Quote:Original Posted By sandbox466
Kalo ditanya "Berapa gaji yang kamu butuhkan?", hayoo....


Itu pertanyaan jebakan gan
Quote:Original Posted By evilambassador
Mantaapp Gann
Ane doain jadi ht gan
:beer


thank u gan, nggak ngincar HT tapi ane pengen sih banyak yg baca jd bisa bermanfaat
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar