Pages


Kamis, 09 Juli 2015

Soundtrack game-game Playstation paling memorable (gamer th 90-an masuk dong..)


Quote:Quote:Playstation merupakan sebuah konsol keluaran Sony tahun 1994 yang booming pada tahun itu sampai awal tahun 2000. Banyak sekali game-game berkualitas yang dirilis untuk konsol tersebut, terutama game-game JRPG (Japan RPG) yang mendominasi. Dan ternyata untuk urusan musik, para developer game tidak main-main karena peran soundtrack sangat besar dalam menghidupkan soul sebuah game. Dari banyaknya soundtrack, TS mengambil beberapa yang dari segi musik sangat indah dan memorable. Bahkan masih cocok jika dipakai untuk game-game jaman sekarang. Oke langsung aja nggak udah basa-basi lagi...cekidot brooo!!!


Quote:17. The Best Is Yet To Come (1998)Game: Metal Gear Solid
Artist: Aoife Ní Fhearraigh
Quote:Lagu ini muncul di awal-awal game dan juga menjadi ending theme game Metal Gear Solid. Ditulis oleh Rika Muranaka dan dinyanyikan dengan bahasa Irlandia oleh Aoife Ní Fhearraigh. Untuk musiknya memakai banyak elemen alat musik Eropa seperti perkusi, drum, bouzouki dan flute. Alunan musik dari alat-alat tersebut ditambah vocal Aoife yang mendayu-ndayu ala seriosa seolah-olah memberi ketenangan batin pada pemain setelah berjuang keras mengalahkan Metal Gear Rex dan Liquid Snake yang seolah-olah susah mati.
Spoiler for The Best Is Yet To Come:


Quote:16. One Winged Angel (1997)Game: Final Fantasy VII
Artist: Nobuo Uematsu
Quote:Bagi penggemar game FF VII pasti udah tahu siapa yang dimaksud One Winged Angel. Yup, Sephiroth. Lagu ini merupakan final boss theme game Final Fantasy VII dan semacam musik tidak resmi bagi Sephiroth. Irama musik orchestra racikan Nobuo Uematsu yang menghentak cepat dipadu dengan suara koor layaknya film horor menambah ketegangan saat player melawan final boss yang super sulit. Lagu ini juga muncul di OVA FFVII Advent Children dan menjadi lagu pembuka di Distant Worlds Returning Home Live 2010 di Jepang.
Spoiler for One Winged Angel:


Quote:15. Resident Evil 3 Ending Theme (1998)Game: Resident Evil 3 Nemesis
Artist: Masami Ueda
Quote:Lagu ini merupakan ending theme (credit & staff) game Resident Evil 3. Kalo secara musik sih hanya instrumentalia biasa, tapi cukup menggambarkan nasib penduduk Racoon City yang menyedihkan. Alunan piano yang cenderung lambat mendayu-dayu seolah semacam lagu pemakaman untuk mengiringi arwah para penduduk Racoon City setelah kotanya dibom nuklir oleh Umbrella Corp.
Spoiler for RE3 Ending theme:



Quote:14. Town Theme (1999)Game: Harvest Moon Back To Nature
Artist: Miyuki Homareda
Quote:Sebagai game farming RPG dan cenderung fun, tentu Harvest Moon memiliki banyak soundtrack yang cheesy dan riang. Tetapi dari banyaknya soundtrack, menurut TS hanyalah soundtrack Town Theme yang paling memorable. Lagu yang diaransemen oleh Miyuki Homareda ini akan selalu menemani player saat berada di kota.
Spoiler for Town Theme:



Quote:13. Hold You Still! -Dreaming Tank Buster- (1996)Game: Super Vehicle 001 Metal Slug
Artist: Tominaga Miina
Quote:Lagu ini muncul di ending bila game diselesaikan dengan mode 2 player. Genrenya lagu pop. Emang agak absurd juga mendengar lagu pop saat setelah menyelesaikan game yang penuh dengan tembakan dan ledakan dengan musik ala perang yang menggelegar. Tapi oleh developer lagu ini emang diperuntukkan untuk bad ending bagi game ini. Bisa dilihat dari pasukan musuh digambarkan masih hidup. Lagu ini dirilis dua versi, vocal version (versi PSX) dan instrumental version (arcade version). Kalau TS sih lebih milih yang versi ending 1 player dimana digambarkan pasukan musuh bergelimpangan mati semua.
Spoiler for Hold You Still!!:


Quote:12. Liberi Fatali (1998)Game: Final Fantasy VIII
Artist: Nobue Uematsu
Quote:Lagu ini merupakan lagu opening FMV game fenomenal Final Fantasy VIII. Liberi Fatali dalam bahasa Inggris berarti Fated Children, yang merujuk pada takdir para anggota SeeD (terutama Squall). Liriknya ditulis oleh Taro Yamashita dan Kazushige Nojima. Musiknya merupakan perpaduan orkestra dan chorus dengan tempo cepat, seolah menggambarkan suasana peperangan yang kental dan sangat cocok mengiringi duel ikonik Squall dan Seifer di FMV tersebut. Sebuah FMV yang cukup membuat gamer Playstation kala itu ternganga.
Spoiler for Liberi Fatali:


Quote:11. Small Two of Pieces (1998)Game: Xenogears
Artist: Joanne Hogg
Quote:Lagu ini merupakan ending dari game Xenogears keluaran Squaresoft. Dinyanyikan oleh artis dari Skotlandia, Joane Hogg yang dikomposeri oleh Yasunori Mitsuda. Dipilihnya Hogg karena developer ingin sebuah lagu tema yang mempunyai citarasa Irish yang kental lengkap dengan alunan flutenya. Banyak yang menganggap Mitsuda mencontek intro lagu Celine Dion, My Heart Will Go On, yang dirilis setahun sebelumnya. Tapi hal itu dibantah oleh Mitsuda karena lagu ini sudah dia tulis jauh sebelum premiere film Titanic, walau dia sendiri mengakui ada kemiripan.
Spoiler for Small Two of Pieces:


Quote:10. Silent Hill Opening Theme (1999)Game: Silent Hill
Artist: Akira Yamaoka
Quote:Tidak bisa dibantah kalau Silent Hill merupakan game survival horror paling menyeramkan di Playstation. Hal ini juga didukung oleh tata musiknya yang sangat pas. Yang paling fenomenal tentu saja lagu opening FMV-nya yang dikomposeri oleh Akira Yamaoka, dimana beliau juga menggarap lagu-lagu game Silent Hill selanjutnya termasuk versi film layar lebarnya tahun 2006. Musik opening yang creepy khas game Silent Hill, menakutkan sekaligus indah. Tapi kalo TS boleh memilih, TS lebih suka musik yang dari Silent Hill 2 yang berjudul Laura dan Promise. Cuma sayang SH 2 game PS2 sehingga nggak TS masukkan di list.
Spoiler for Silent Hill opening theme:



Quote:9. My Favorite Game (1999)Game: Gran Turismo 2 (US version)
Artist: The Cardigans
Quote:Lagu ini merupakan lagu opening FMV game Gran Turismo 2 versi US. Ditulis oleh sang gitaris The Cardigans Peter Svensson dan vokalisnya Nina Persson. Banyak fans game ini yang memprotes penggantian lagu pembuka untuk versi US ini karena bagi kebanyakan fans, Moon Over The Castle yang fenomenal itu jauh lebih bagus. Tetapi menurut TS lagu My Favorite Game sudah lumayan bagus, dengan beat yang cukup cepat dipadu dengan suara Nina yang merdu, sangat cocok untuk mengiringi para gamer dalam memacu mobil andalannya. Yah walau TS sendiri juga lebih memilih Moon Over The Castle.
Spoiler for My Favorite Game:



Quote:8. It's Only Us (1999)Game: FIFA Soccer 2000
Artist: Robbie Williams
Quote:Sebenarnya lagu ini merupakan single yang berada satu album dengan single She's The One. Kemudian oleh EA dijadikan soundtrack FIFA Soccer 2000, tetapi Robbie mengajukan syarat, klub sepakbola milik Robbie Williams, Port Vale FC juga dimasukkan dalam game. Robbie adalah pemegang saham terbesar bagi klub liga Inggris yang berada di League One tersebut. Saat peluncurannya lagu ini langsung mencapai top hits di Inggris dan bisa dibilang, lagu ini termasuk lagu soundtrack FIFA Soccer terbaik yang pernah ada.
Spoiler for It's Only Us:



Quote:7. Tsu~Ba~Sa (1998)Game: Lunar: Silver Star Story Complete
Artist: Kyōko Hikami
Quote:Lagu ini muncul di opening FMV game, dinyanyikan oleh Kyoko Hikami dengan iringan musik arahan dari Noriyuki Iwadare. Karena game-nya sendiri merupakan game remake berjudul serupa untuk Sega Saturn tahun 1996, Noriyuki juga mengaransemen ulang lagu-lagunya, sehinggal total ada 100 lagu yang diaransemen. Lagu ini sangat indah, dan benar-benar menggambarkan semangat Alex dan Luna dalam berpetualang mencari dunia baru. Banyak pengemar JRPG yang sepakat, lagu ini termasuk lagu JRPG terindah yang pernah ada. Untuk versi US-nya berjudul Wings, yang dinyanyikan oleh Jennifer Stigile.
Spoiler for Tsu~Ba~Sa:



Quote:6. Add'ua ~Prayer~ (1998)Game: Tenchu: Stealth Assassins
Artist: Yui Murasa
Quote:Penggemar game stealth Tenchu pasti sudah tidak asing lagi dengan lagu ini. Add'ua merupakan lagu opening FMV game ini. Lagu yang kental nuansa feodal Jepang lengkap dengan alunan koto dan shamisen dipadu dengan musik modern arahan Noriyuki Asakura, terasa sangat pas dengan soul game yang bersetting jaman feodal. Cuma mungkin banyak yang belum tahu kalau lagu ini bukanlah berbahasa Jepang, tetapi berbahasa Afrika Barat. Entah apa maksud Noriyuki. Tapi yang jelas lagu ini memang sangat epik.
Spoiler for Add'ua:



Quote:5. Eyes On Me (1998)Game: Final Fantasy VIII
Artist: Faye Wong
Quote:Sebenarnya ada dua versi lagu ini di game-nya yaitu versi pop yang muncul di tengah-tengah game dan versi orkestra yang merupakan ending. Lagu ini ditulis oleh Someya Kako dan dinyanyikan oleh biduan Hong Kong, Faye Wong dimana dia dipilih langsung oleh sang komposer Nobuo Uematsu karena menurut Nobuo, Faye punya aura yang sesuai dengan soul gamenya. Walau TS nggak setuju, tapi para JRPG mania banyak yang sepakat kalau lagu ini merupakan lagu Final Fantasy terbaik yang pernah ada. Faktanya memang lagu ini sangat romantis dan indah, dan merupakan soundtrack game pertama yang memenangkan perhargaan 14th Annual Japan Gold Disc th 1999 dan Song of The Year versi Western Music tahun 2000.
Spoiler for Eyes On Me:



Quote:4. Melodies of Life (1999)Game: Final Fantasy IX
Artist: Emiko Shiratori
Quote:Walau banyak yang bilang Eyes On Me adalah lagu terbaik FF, menurut TS, Melodies of Life adalah lagu final Fantasy paling indah. Lagu ini merupakan mahakarya terakhir sang maestro Nobuo Uematsu buat konsol Playstation. Walau tidak se-wah Eyes On Me yang diiringi suara orkestra, lagu ini cukup anggun menggambarkan romantika percintaan antara Zidane dan Garnett. Versi Jepangnya ditulis oleh Hiroyuki Ito dan versi Inggris oleh Alexander O Smith. Kedua versi bahasa dibawakan sangat sempurna oleh biduan Jepang, Emiko Shiratori.
Spoiler for Melodies Of Life - English Version:



Quote:3. Moon Over The Castle (2000)Game: Gran Turismo 2
Artist: Masahiro Andoh
Quote:Gran Turismo selalu memiliki dua versi opening song untuk versi Jepang dan Inggris. Untuk versi Inggris selalu menggunakan lagu dari band yang berbeda-beda tiap serinya, sedang yang versi Jepang selalu menggunakan satu judul lagu, yang merupakan soundtrack game ini yang seungguhnya yaitu Moon Over The Castle, gubahan Masahiro Andoh. Dari semua versi seri Gran Turismo, menurut TS versi Gran Turismo 2 adalah yang terbaik. Dengan intro piano yang melankolis kemudian langsung disusul irama cepat gitar listrik khas musik rock Jepang, membuat lagu ini sangat pas untuk soundtrack game balab sehebat Gran Turismo. Bahkan para fans game ini (termasuk TS) menganggap Moon Over The Castle versi GT 2 adalah yang terbaik.
Spoiler for Moon Over The Castle ~ GT 2:



Quote:2. Scars of Time (2000)Game: Chrono Cross
Artist: Yasunori Mitsuda
Quote:Tak bisa dipungkiri, Yasunori Mitsuda adalah komposer musik game terhebat setelah Nobuo Uematsu. Berbeda dengan Uematsu yang cenderung menyukai musik orkestra, Mitsuda memilih memasukkan elemen mediterania, celtic, fado dan Afrika dalam setiap karyanya, tak terkecuali dalam game Chrono Cross. Semua lagu yang menjadi BGM sangat kental dengan nuansa mediterania dan Afrika. Scars of Time yang menjadi opening FMV berhasil digubah oleh Mitsuda yang dengan pintarnya, mampu memadukan semua elemen musik tersebut, sehingga berhasil menciptakan sebuah opening score yang sangat indah dan nyaris sempurna.
Spoiler for Scars of Time:



Quote:1. Aria di Mezzo Carattere (1994)Game: Final Fantasy VI
Artist: Nobuo Uematsu, Yoshinori Kitase
Quote:Sebenarnya FF VI merupakan game keluaran SNES, kemudian diremake tahun 1999 berikut semua BGM-nya. Lagu ini bukanlah lagu opening atau ending tapi lagu BGM sebuah scene di game-nya, yaitu scene opera yang diperankan oleh Celes. Aria di Mezzo Caraterre dalam bahasa Inggris berarti adalah "Aria of a Half Character", merujuk pada Celes yang memerankan tokoh Maria. Walau masih ada rasa musik midi ala game 16 bit, tapi nuansa kesedihan dalam lagu ini sangat dalam dan bisa bikin bergidik merinding, seolah-olah mencerminkan suasana hati Maria, yang memendam kerinduan pada sang kekasih, Draco. Lagu ini juga muncul di scene kematian Aerith di FF VII, dengan aransemen ulang yang lebih modern. Banyak versi remake lagu ini yang beredar, tapi bagi TS versi original-nya yang paling baik walau masih musik 16 bit.
Spoiler for Aria di Mezzo Caraterre:


Quote:Oke itu tadi soundtrack game-game Playstation yang keren dan memorable. Kalau kebanyakan karya Nobuo Uematsu, itu karena karya beliau sangat memang indah. Mungkin masih ada banyak lagi, tapi karena keterbatasan waktu dan tenaga jadi hanya segitu saja ya. Apabila ada yang mau menambahkan dengan senang hati ane masukkan pejwan. Jika ada salah ane mohon sebesar-besarnya.



Quote:Sumur:
koleksi soundtrack game gue
http://www.psu.com/feature/8772/PSUs...racks-on-PSone
dan referensi dari:
https://www.youtube.com/
http://finalfantasy.wikia.com
https://en.wikipedia.org



Quote:Original Posted By uklunk
Wogh....jadi nostalgila ane. Berasa tua berarti sekarang

Untung Final Fantasy pada menduduki peringkat atas, kalo enggak udah ane bata TS nya, walopun ane belon iso

Oh ya TS, ini maneee???? Masak kaga masuk Wild Arms "Into the Wilderness", Wajib neh.



Pejwan kalo TS nya bijak mah


Quote:Original Posted By leixnt
ane tambahin gan yg enak2 dari game chrono cross & suikoden
Spoiler for chrono cross - Arny Village:

lagu ini pernah nongol di tipi qt gan


Spoiler for chrono cross - Another Arny Village:

mirip sama yg diatas, cm lebih slow


Spoiler for chrono cross - Radical Dreamers:

T.O.P dah


Spoiler for chrono cross - Dream Fragments:

lagu nina bobo


Spoiler for Suikoden 2 - Reminiscence:

Favorit ane


Spoiler for Suikoden 2 - Beautifull Morning:

Favorit ane #2


sekian terima kasih atas waktu dan tempatnya


Quote:Original Posted By poringflu
final fantasy 8 force your way


battle of lord blazer wild arms 2


Quote:Original Posted By cokboen
Wild Arms lah


Quote:Original Posted By pabrik.BH
Gan, dulu ane sebelum bisa nyetir mobil malah udah main GT duluan, justru dari ilmu gilanya GT ane jadi gape dalam berkendara & ilmu mekanik mobil secara umum.

Game ini sarat info pengetahuannya tentang otomotif terutama buat balapan. GIla Gila Gila creatornya benar2 jago memanjakan enthusiast balap yang benar2 haus ilmu akan automotive world khususnya roda 4. :

Nih gan pejwan ST nya GT US Version ( ST Japan Version bikin lesu darah ) yang ampe detik ini ane masih keep di device, bikin ane kerap terpacu adrenalin & spirit saat berkendara sungguhan di trek.

Kalo dicompare dengan grafis GT 3-6 jaman sekarang, emang GT 1 udah bikin "sakit mata" tapi ST nya benar2 membekas dalam diingatan .

Ane dedikasikan ini untuk semua para GT 1 mania yang ingin bernostalgia kembali dengan ST nya.

Maaf kalo terlibat bau khas subyektif & emosi ane

Syarat dan ketentuan :
pastikan agan pake headset, earphone, atau soundsystem dengan bass yang optimal.


Spoiler for GT ; skeletal ; Ending & in game ST :




Spoiler for Autonomy:




Spoiler for Oxyacetylene:




Kalo berkenan pejwan gan



Quote:Original Posted By VinayDelZexay
gak percaya thread ini gak ada reminiscence


Quote:Original Posted By SuzumiyaHaruhi
WOW TSUBASA masuk gan

Lunar series itu the best banget buat ane, bahkan buat ane pribadi melebihi FF series/Suikoden/Wild Arms, dll

selain Tsubasa jangan lupa

Lucia's theme
Spoiler for :




versi Jepangnya Eternal Blue
Spoiler for :


Wind's Nocturne
Spoiler for :

versi Jepangnya Kaze no Nakutaan
Spoiler for :



ane lebih suka lagu2 di atas dibanding Eyes on Me/Melody of Life, dsb nya gan

cuma Aria di Mezzo Carattere itu udah paten banget
the best FF ever IMO


Quote:Original Posted By ncep.yes
numpang share lagu favorit ane di ps

I'm The Wind - Castlevania: Symphony of the Night


Quote:Original Posted By Raden Solo



ini gamenya mungkin gak terlalu bagus, tapi openingnya bener-bener superbbbbbbbbbbbbbbbb

Page one ini TS
===================================
ane tambahin versi LIVE nya


Quote:Original Posted By SvalbarD


Thousand Arms gan
Singernya si Ayumi Hamasaki



Mantap betul, kalo denegr ini serasa masih muda lagi

ane tau agan juga dah tua, wkwkwk

Page One Jangan lupa ya gan, Legend lagunya


Quote:Original Posted By blackaegis
wah pelanggaran ini....
theme nya chrono trigger kok bisa²nya gak ada..
ini game original release buat SNES tapi gpp lah ane tambahin, kan di remastered di PSX (final fantasy chronicles)
nih salah satu fave ane judulnya "wind scene"
cekidooooottt

Spoiler for original version:

Spoiler for cover version:


pejwan kalo berkenan


Quote:Original Posted By Genesis94
mau nambahin 2 OST gamenya underatted di ps1 Popolocrois karena belum ada translasi resmi atau fantranslate di ps1 karena masalah convert gamenya sulit, tapi sementara itu gamenya dapet remake di PSP dapet translasi resmi barat
tapi karena ane lebih suka yg ps1 ketimbang remake PSP karena plot cerita di psp banyak diubah (+ ada extra chapter yg belum ada di seri original ps1) berhubung gamenya trilogi di PS1 dapat adaptasi anime juga yg tayang 1998, dulu pernah tayang di stasiun tv SCTV

PoPoLoCRoIS Monogatari 1 - Pietro no tabidachi (PS1)



PoPoLoCRoIS Monogatari 2 - Chiisana Hana (PS1)



Quote:Original Posted By VinayDelZexay


kalo Legend of Mana dari A sampe Z ost nya enak semua.
Spoiler for legend of mana:

Ruined Sparkling City - Bejeweled City


Moonlight City


Colored Earth


Opening title

ini game masterpiece dah, bukan cuma kisah cinta cengeng.
--------

Dari suikoden 2

Neclord battle theme


Orizonte


Withered Earth


Suikogaiden opening vol 1


La Mia Tristezza


Castle Theme
----

Dari Harvest Moon


Winter
---

Grandia


Opening
---

kalo dari FF ost battle terbaik dari the best FF ever
Menurut ane FF terbaik itu cuma 2, dari sisi cerita cuma FF6 dan FF Tactics.
FFT

Trisection

FF6

The Decisive Battle


Jangan lupa, kunjungi prasasti gue yang lain ya dijamin NO COPAS INSIDE..!!Quote:Prasasti ane yang HT (Hot Thread)
Tentang game:
Soundtrack game-game Playstation paling memorable (gamer 90an masuk dong..)
Game-game Jurassic Park yang keren (game Jurassic World juga ada lho..!!)
Kangen sama game petualangan jadul? Coba game-game keren ini gan..!!
[AWASS..!!] Inilah tokoh-tokoh game yang sangat kejam, sadis dan brutal..!!
Game-game horor yang dijamin bikin ente ngompol di celana..!!
Cerita dalam The King of Fighters [persembahan buat teman-teman fanboy KOF]
Tindakan KDRT yang sering dilakukan para gamer
Tentang movies & anime:
Para jagoan film action yang punya skill tempur tingkat dewa..!!
Ini nih yang bikin para penjahat di film kalah mulu (bego tingkat dewa..!!)
Para penjahat di film yang lebih keren dari jagoannya..!! (ada Mad Dog lho)
Film-film adaptasi game ini bukan bikinan Hollywood [TAPI KEREEN...!!!]
Tokoh utama adalah tokoh paling kejam di film. Ini buktinya..!!
Film-film dar-der-dor Hongkong (mandarin) jadul yg keren!
(SADIS) Inilah para jagoan film yg paling bnyk membunuh - killcount > 75
Para tokoh anime ini jarang banget tersenyum. (sariawan akut kali ya...)
Tentang hal-hal lain:
Hal-hal yang bisa bikin hari libur kita berantakan.
Ini nih tipe-tipe thread (trit) di Lounge Kaskus. (ente suka yang mana?)
Smartphone lokal mudah rusak? Tidak! Jika tahu cara merawatnya
Quote:Prasasti ane yang GHT (Gagal Hot Thread)
Profil karakter Kura-Kura Ninja (TMNT) versi komik (lebih komplit dan sadis!)
Kumpulan captcha paling susah. (ente bisa mecahin nggak?)
Para jagoan cewek di game yang kostumnya kurang bahan.
Lelaki sejati itu menghormati wanita (MAHO DILARANG MASUK..!!)
Kisah dalam serial Fatal Fury (khusus buat para fanboy)
ga ada yg ane inget gan yg ngebekas sih paling sound nya harvest moon doang tenchu tuh keren bgt game nya sadis tp susah tetep ga inget juga tp ama sound track nya
Emang ost fifa 99(its only us) sm ost fifa 2004(jerky out) mantep banget tu gan

final fantasy 8 force your way


battle of lord blazer wild arms 2
kalo utk game yg paling memorable itu tetep mario bros gan
Resident evil, metal slug ama grand turismo dehh
Metal Slug game ane ada gan
yg paling ane inget mah soundtrack Road Rash Jailbreak gan, ane ampe donlot semua lagunya haha
aneh gan, masa harvest moon enggak ada, FF malah gak familiar ane..
dikasih lagunya gan, biar bisa inget
baru tau ane gan
ane cuma tau mainya..
coba ah ikut kontribusi
gmana gan dengan game Winning Eleven series
We Will Rock You - Queen (WE 2000) dan OST Winning Eleven 4 (CMIW)
klo ane dengerin di utube suka merinding nostalgia .. hehehe
Resident evil mantap
nostalgia banget gan

harvest moon back to nature gan yang bulan pertama..
memorable bgt buat ane
Ane gak terlalu merhatiin sontrek gan...yg penting mah maen bola...

Kentang nih..
wild arms 1 mana nyong
guitarnya lejend bet itu
harvest moon back to nature kagak ada gan ? padahal paling memorial banget tuh soundtrack sama gamenya
Semua soundtracknya game Tony Hawk's Pro Skaters 2
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar