Pages


Senin, 06 Juli 2015

Yuk Gan, Belajar Mengetahui Arah Mata Angin Dengan Melihat Rasi Bintang




Halo gan...
Sekarang jaman memang sudah maju, untuk menentukan arah kita bisa menggunakan kompas, GPS, atau satelit untuk menunjukkan arah utara, selatan, barat atau timur. Dulu, sebelum adanya teknologi tersebut, nenek moyang kita yang seorang pelaut , biasa menentukan arah dengan melihat rasi bintang. Nah, gak ada salahnya kan kita sedikit-sedikit ikut mempelajari, sekalian nostalgia pelajaran jaman SD SMP dulu. Siapa tau berguna saat keadaan darurat (ga bawa kompas, batrey GPS lowbat, dll).


Quote:Sebelumnya refresh dulu apa itu rasi bintang. Menurut eyang Wiki, suatu rasi bintang atau konstelasi adalah sekelompok bintang yang tampak berhubungan membentuk suatu konfigurasi khusus. Dalam ruang tiga dimensi, kebanyakan bintang yang kita amati tidak memiliki hubungan satu dengan lainnya, tetapi dapat terlihat seperti berkelompok pada bola langit malam. Manusia memiliki kemampuan yang sangat tinggi dalam mengenali pola dan sepanjang sejarah telah mengelompokkan bintang-bintang yang tampak berdekatan menjadi rasi-rasi bintang. Susunan rasi bintang yang tidak resmi, yaitu yang dikenal luas oleh masyarakat tapi tidak diakui oleh para ahli astronomi atau Himpunan Astronomi Internasional, juga disebut asterisma. Bintang-bintang pada rasi bintang atau asterisma jarang yang mempunyai hubungan astrofisika; mereka hanya kebetulan saja tampak berdekatan di langit yang tampak dari Bumi dan biasanya terpisah sangat jauh.

Himpunan Astronomi Internasional telah membagi langit menjadi 88 rasi bintang resmi dengan batas-batas yang jelas, sehingga setiap arah hanya dimiliki oleh satu rasi bintang saja. Pada belahan bumi (hemisfer) utara, kebanyakan rasi bintangnya didasarkan pada tradisi Yunani, yang diwariskan melalui Abad Pertengahan, dan mengandung simbol-simbol Zodiak.
Spoiler for 88 rasi bintang:

Selain sebagai penunjuk arah, dari rasi bintang petani bisa mengetahui waktu yang tepat untuk bercocok tanam. Alam bisa canggih juga, ya?
Tapi, mungkin tidak semua orang mengerti bagaimana cara untuk bisa melihat rasi bintang. Nah, bagi pemula seperti ane, berikut ini adalah cara mudahnya:

1. Saat yang tepat untuk melihat rasi bintang adalah di musim kemarau. Saat itu langit lebih cerah. Sedangkan waktunya, lewat dari pukul 18.30.
2. Cari lokasi yang minim polusi. Misalnya, di pegunungan atau perbukitan.
3. Bawa peta rasi bintang sebagai panduan. Nggak perlu malu, kita kan masih pemula.
4. Gunakan teropong, supaya lebih jelas.



Ok, langsung aja kenalan dengan 4 rasi bintang yang sudah umum kita tau dan dapat membantu menentukan arah mata angin....


Quote:
Quote:1. ARAH SELATAN, RASI BINTANG PARI
Spoiler for crux:

Rasi bintang yang bisa ditemukan dan bisa dilihat di langit adalah rasi bintang pari/crux. Rasi bintang ini berbentuk pari/layang-layang/salib dan bisa kita lihat pada langit malam dengan arah agak ke selatan. Rasi bintang ini terdiri dari empat bintang utama dan satu bintang bantu. Empat bintang utama membentuk layang-layang. Untuk mengetahui arah utaranya, perhatikan arah yang ditunjukan oleh posisi tiga buah bintang utama yang terdekat. Sedangkan satu utama yang terjauh menunjukan selatan. Yah, salah satu fungsi rasi bintang juga adalah sebagai petunjuk arah pada malam hari kalo tiba-tiba kita kehilangan arah. Pada setiap rasi bintang, ada satu bintang yang paling terang, dan biasanya dalam peta rasi bintang diberi simbol α.

Spoiler for pari:

Rasi bintang Crux menunjukkan arah selatan. Bintang paling bawah (alfa, bagian lengan yang terpanjang) itulah yang menunjukkan arah selatan.


Quote:
Quote:2. ARAH BARAT, RASI BINTANG ORION
Spoiler for orion:

Rasi bintang kedua yang bisa ditemukan sendiri di langit, tentunya setelah liat peta rasi bintang adalah rasi bintang orion/pemburu. Rasi bintang ini dapat dilihat di langit sebelah barat. Dinamai Orion, yang artinya adalah pemburu, rasi bintang ini didedikasikan bagi Orion, putera Neptune, seorang pemburu terbaik di dunia. Orion ini mudah dikenali dengan adanya 3 bintang kembar yang berjajar membentuk sabuk Orion (Orion Belt). Satu lagi yang menarik bagi di rasi orion ini adalah adanya bintang Bellatrix dan Betelgeuse pada konstelasinya. Bellatrix identik dengan tokoh dalam Harry Potter, sedangkan Betelgeuse adalah salah satu judul film anak2 waktu dulu. Ternyata kedua nama itu adalah nama bintang, termasuk Sirius, Remus, Regulus, dan lain-lain dalam dunia perfilman. Selain sebagai petunjuk arah barat, rasi bintang orion ini/waluku dalam bahasa Indonesia sering dijadikan sebagai tanda bagi para petani jaman dulu untuk mulai menggarap sawah dan ladangnya.

Tadinya ane bingung gan, bagaimana bisa rasi bintang menentukan waktu yang tepat untuk bercocok tanam, eh ketemu penjelasan ini. Jadi masyarakat dulu menentukan saat menanam dengan menggunakan bambu yang diisi air untuk mengukur ketinggian bintang. Pada posisi tertentu mereka akan bisa mengetahui apakah sudah saatnya memulai bercocok tanam atau belum.

Spoiler for waluku:

Orion menunjukkan arah barat. Tiga bintang sejajar yang membentuk sabuk orion secara garis lurus menunjuk arah qiblat. Di Indonesia posisi qiblat mengarah ke barat. Karena bumi ini bulat, kalo agan ke luar negeri, belum tentu qiblatnya juga di arah barat ya...


Quote:
Quote:3. ARAH UTARA, RASI BINTANG BIDUK
Spoiler for great bear:



Ursa Mayor (bahasa Inggris: ursa major) adalah rasi bintang yang berarti "beruang besar".
Ursa Mayor terlihat sebagai tujuh bintang terang di belahan langit utara yang berguna bagi kapal dan perahu sebagai patokan saat berlayar pada malam hari. Selain itu, kumpulan bintang ini populer juga di Nusantara karena kemunculannya menjadi penanda dimulainya waktu tanam padi.

Asterism tujuh bintang paling terang di Ursa Mayor juga dikenal dengan nama Bintang Biduk.

Gugus bintang "Bintang Tujuh", juga dikenal sebagai Lintang Kartika oleh masyarakat Jawa, lebih tepat ditujukan kepada gugus bintang Pleiades.

Spoiler for biduk:

Rasi Bintang Biduk/Great Bear –


Quote:
Quote:4. ARAH TENGGARA/TIMUR, RASI BINTANG SCORPIO
Spoiler for scorpio:

Rasi bintang keempat yang bisa dikenali dan menjadi petunjuk arah adalah rasi bintang scorpio. Rasi bintang satu ini agak susah dicari, karena jumlah bintang yang membentuk konstelasinya cukup banyak. Rasi Scorpio ini menjadi petunjuk arah tenggara/timur langit. Dalam mitologi yunani kuno, Scorpio ini adalah utusan Apollo untuk membunuh sang Pemburu, Orion. Pada konstelasi ini juga terdapat bintang Antares, salah satu bintang paling terang yang pernah ditemukan.



Quote:Diantara keempatnya, rasi bintang pari, orion dan biduk paling mudah ditemukan. Ketiganya selalu terlihat jelas ketika langit cerah. Untuk mengantisipasi bila ada bagian langit yang tertutup awan, minimal ketiganya kita mengenalnya. Kalau-kalau satu yang terlihat dan yang lainnya tidak.
Spoiler for :

Selain keempat rasi bintang diatas, rasi-rasi lain tentu sangat banyak, para astronom tentu telah banyak memetakan. Tapi, tiga rasi bintang inilah yang paling jelas terlihat di malam hari bagi orang awam seperti kita, mencolok, dan sangat terpercaya sebagai pemandu arah mata angin (rasi scorpio agak susah ditemukan karena konstelasinya yang banyak).

Kalender boleh berubah namun siklus mikro dan makro kosmos selalu tepat. Sebagai contoh, durian akan berbuah ketika sapi gumarang (sagitarius) ada di timur saat fajar menyingsing atau duku berbuah saat gubug penceng (pari) ada di timur kala rembang petang. Inilah kearifan lokal yang sudah mulai ditinggalkan ketika masyarakat modern berkembang dengan segala teknologi dan kesibukannya.





UPDATE:

Quote:
Selain dengan melihat rasi bintang, kita juga dapat menentukan arah dengan melihat tanda-tanda alam lainnya, baik dari tumbuhan maupun hewan. Beberapa diantaranya adalah dengan:

1. Melihat arah matahari terbit/terbenam.
Spoiler for matahari:
Ini cara yang paling mendasar, semua orang juga mungkin udah pada tau tp gpp lah . Matahari biasanya terbit dari arah timur dan tenggelam di arah barat. Jika Anda merasa kehilangan arah, maka lihat saja matahari berada di arah mana. Ini bisa dilakukan pada pagi hari atau sore hari. Karena pada siang hari matahari tepat berada di atas kepala kita sehingga sulit menentukan arah yang presisi.



Dengan bantuan matahari ini juga kita dapat mengetahui arah dengan melihat bayangan. Jika tersesat pada siang hari, lihatlah ke arah bayangan benda. Letakkan benda tegak di permukaan tanah. Pada siang menuju sore, bayangan benda umumnya condong ke timur. Sebaliknya, jika tersesat pagi menjelang siang, bayangan benda umumnya condong ke arah barat.


2. Dengan Jarum Jam Analog.
Spoiler for jam analog:
kalo yg tadi pake bintang yang musti nunggu malem padahal kita tersesatnya siang hari dan butuh pulang segera karena bisa diamuk bini kalo pulang telat, kita bisa pake jam tangan buat nentuin arah mata angin,tentu aja syaratnya kita perlu punya jam analog dulu.. gini caranya:

jika berada di daerah ekuator, pegang secara horisontal dan arahkan jarum pendek ke arah matahari. garis tengah pembagi antara jarum pendek dan angka 12 menunjukkan arah utara.

jika berada di selatan ekuator, pegang secara horisontal dan arahkan angka 12 ke arah matahari. garis tengah pembagi antara angka 12 dan jarum pendek merupakan arah utara.



Untuk mempermudah, cara lain yang dapat digunakan dengan jam tangan analog adalah:

Bila pagi hari:
sejajarkan arah matahari pada pukul 3, maka pukul 12 adalah utara dan pukul 6 adalah selatan.

Bila sore hari:
sejajarkan arah matahari pada pukul 9, maka pukul 12 adalah utara dan pukul 6 adalah selatan.


3. Dengan Melihat Vegetasi
Spoiler for vegetasi:
Cobalah cari pohon yang berbatang besar. Perhatikan setiap sisi batang pohon ini. Sisi pohon berbatang besar yang biasanya selalu terkena sinar matahari dan tidak berlumut menunjukkan arah timur. Lalu bagaimana jika tersesat pada malam hari, coba raba sisi pohon berbatang besar ini, dan rasakan suhunya. Cari sisi pohon yang terasa paling hangat. Sisi ini menunjukkan arah barat.



Kelebatan Tajuk Pohon.
kita juga dapat menentukan arah barat dan timur. Tajuk pohon yang mengarah ke timur biasanya lebih lebat daripada yang mengarah ke barat. Hal ini berkaitan dengan proses fotosintesis yang membutuhkan cahaya.

Lumut.
Di hutan-hutan tropis yang lebat, untuk mengamati perbedaan kelebatan tajuk pohon akan mengalami kesulitan, tapi untuk mengatasi hal lain agar kita dapat mengetahui arah mata angin dalam kelebatan hutan tersebut yaitu dapat memanfaatkan Lumut Parmelia sp dan Polytrichum sp . Lumut-lumut ini cenderung untuk tumbuh didaerah yang kurang sinar matahari / kualitas sinar mataharinya rendah ( arah barat ).

Pandan Hutan.
Batang Pandan Hutan ( Pandanus tectorius ) cenderung untuk mengarah ke sinar matahari yang berkualitas baik ( arah timur ).


4. Menggunakan Jarum/Silet di permukaan air.
Spoiler for kompas alami:


Caranya mudah, hanya bermodalkan jarum atau silet yang digosok ke permukaan kain yang kering, dan diletakkan di atas daun atau gabus styrofoam. Gabungan silet dan gabus kemudian diletakkan di atas mangkuk berisi air sehingga mengapung. Jarum yang telah digosok pada kain, akan bermuatan listrik statis sehingga selalu menunjuk ke arah utara atau selatan.

5. Melihat makam/kuburan Islam.
Spoiler for makam:


Jika berada di suatu pedesaan yang asing dan tersesat di sana, anda bisa menentukan arah dengan melihat kuburan. Kuburan Islam selalu menunjukkan arah utara-selatan. Bagian nisan atau kepala yang selalu berada di arah utara. Jadikanlah ini sebagai patokan dasar. Tapi ingat, ini hanya berlaku di wilayah Indonesia saja.

6. Melihat arah hadap Mushalla atau Mesjid.
Spoiler for Mesjid:


Di Indonesia, masjid selalu menghadap ke arah barat, karena ka’bah yang dijadikan kiblat umat muslim berada di barat Indonesia. Manfaatkan ini sebagai patokan dasar menentukan arah selanjutnya.

7. Menentukan utara dengan dua bayangan.
Spoiler for dua bayangan:

• Tancapkan sebuah tongkat pendek, dan beri tanda pada ujung bayangan tongkat.
• Tunggu 15 – 30 menit, lalu beri tanda lagi pada ujung bayangan tongkat.
• Buat garis lurus antara tanda pertama dan tanda kedua. arah utara diperoleh dengan membuat garis tegak lurus (90°) dari garis yang kita peroleh dari titik bayangan tadi.


8. JARING LABA-LABA
Spoiler for spider web:


Agan mungkin tidak menghiraukan binatang ini bila tidak tersesat. Tapi bila kalian tersesat di hutan, agan tentu sangat membutuhkan bantuan binatang yang satu ini. Caranya mudah, perhatikan saat laba-laba membuat sebuah jaring, karena Laba-laba selalu membuat jaring menghadap selatan. Tapi ingat, ini hanya berlaku untuk laba-laba yang di tempat seperti hutan/pegunungan saja, bila di rumah-rumah tentu laba-laba bisa membuat jaring dari arah manapun.



Quote:Sumber:

Ane bukan anak astronomi ya gan, kebetulan pernah baca di li*n magazine dan ane share dimari dengan tambahan informasi setelah ngubek-ngubek mbah google:

sumber 1
sumber 2
sumber 3
sumber 4
sumber 5

Kalau ada yang berkenan menambahkan, TS dengan senang hati akan menampilkannya





makasih ijo2nya gan
tambahan dari kaskuser

Quote:Original Posted By titanspartacus
tambahin dikit gan, kalau di pulau dewata kita punya satu clue lagi yg umumnya bisa digunakan
Tempat ibadah yg ada di tiap2 rumah di pulau dewata (hindu), umumnya menghadap ke barat, yg ibadah menghadap ke timur..

kebetulan ane ga pernah nyasar kalau di pulau dewata, walau ane bukan menetap & ga hafal jalan disana

masukin page one aja gan, siapa tau membantu


Quote:Original Posted By komangdenpasar
pake arah lilitan akar yg melilit dpohon induknya jga bisa...rata2 lilitan pertama menunjukkan arah timur.itu pengalaman ane dulu yg sering kluar masuk hutan kalimantan yg blom pernah dijamah manusia.trik itu jga ane dpat dari suku dayak dsana


Quote:Original Posted By adrianmridwan
Kayaknya trit agan ada yg salah. Terutama di point 3.
Setau ane rasi bintang biduk/great bear itu Ursa Major gan. Dan pic yg pertama (di point 3) itu judulnya malah Ursa Minor.
Dan setau ane, bintang yg selalu di kutub utara itu Polaris. Ada di rasi Ursa Minor bukan di Ursa Major (Great Bear).
Kalau agan berkenan taro di pejwan gan
#CMIIW

terima kasih masukannya gan


Quote:Original Posted By eternal.7soul
Perasaan klo kepala nisan itu bukan menghadap barat deh gan, yg bener kepala nisan itu ada di utara karna saat dibumikan wajah jenazah menghadap ke kiblat,CMIIW


udah diperbaiki gan, terima kasih. posisi kuburan itu biasanya utara selatan, dgn kepala nisan di bagian utara



Quote:
main kesini juga gan

[Historical] 15 Manusia 'terUnik' di Jamannya yang Kemudian Menjadi 'Bintang' Sirkus
These Photos Are Going To Make You Cry. But You’ll See Why It’s Totally Worth It.
Hewan-hewan yang Bisa Menjadi Hewan Terapi
Ayo Bangun Indonesia, Lalu Katakan "Inilah Indonesia" Dengan Kebanggaan [HT]

keren neh thread

cuman skr susah belajar ganb

kalau malam gak keliatan bintang nya
lah ujan mulu
ane cuma tau arah rasi bintang pari itu keselatan
nice share gan
Baru tau ane
Nice Info gan...
numpang Pejwan
ursa kaya namahero
Quote:Original Posted By andhikasukma
keren neh thread

cuman skr susah belajar ganb

kalau malam gak keliatan bintang nya
lah ujan mulu

hehe... iya gan, selain karena faktor polusi dan perubahan iklim.
Quote:Original Posted By dapegan
makasih untuk thread pengetahuannya gans



sama-sama gan, ane juga kebetulan baru baca lagi
kalo di bogor susah banget ane praktekin nya
Quote:Original Posted By rodojr
ane cuma tau arah rasi bintang pari itu keselatan
nice share gan

ane juga udah lupa2 ingat gan. ingat lagi setelah baca-baca
Quote:Original Posted By ant4sena
Baru tau ane
Nice Info gan...
numpang Pejwan


sama-sama gan
Nice info gaan ane bantu ratee
ane biasanyapake jarum sama air gannn
kalo rasi bintang ane ga ngerti
atau liat aja lumut gan
Wow keren & kusuka cara bikin tahu arah mata angin dgn metode rasi bintang,
Quote:Original Posted By gashasp
ursa kaya namahero


Penamaanya memang berdasarkan nama dewa dewi dalam mitologi yunani.
tapi biasanya juga menurut kebudayaan lokal, misalnya di Indonesia, orion disebut waluku
Quote:Original Posted By dj.bil
Nice info gaan ane bantu ratee


makasih dah mampir gan..
btw nya masih nyangkut, belum nyampe dimarih
Quote:Original Posted By tardar.sauce
ane biasanyapake jarum sama air gannn
kalo rasi bintang ane ga ngerti
atau liat aja lumut gan


jarum apa silet gan? yg ditaroh diatas gabus gt ya gan? lumut jg emang bisa untuk mengetahui arah timur dan barat
thread pengetahuan nih...ane bantu rate dah gan biar HT

belajar geografi nih ceritanya
nyang kasih rate semua masih nyangkut diatas langit nih
ayo diturunin dimari gan
Bisa ngebentuk gitu kereen
Quote:Original Posted By aw212
Wow keren & kusuka cara bikin tahu arah mata angin dgn metode rasi bintang,


iya gan, alam sebenarnya sudah menyediakan kebutuhan kita
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar