Pages


Kamis, 24 September 2015

Ada pohon SOEKARNO di Lokasi Wukuf di Padang Arafah



Semangat pagiii agan sista kaskuser semua
Selamat datang kembali di Thread ane


Alhamdulillah akhirnya ane bisa hat-trick HT
Spoiler for bukti HT:

Terima kasih agan sista kaskuser semua dan tak lupa mimin momod yang telah berkenan menjadikan trit ane ini HT


Sebelum membahas thread ane lebih jauh
ane mau doain ayah ibu, om tante ataupun kakek nenek agan sista semua yang sedang melaksanakan ibadah Haji tahun ini
semoga senantiasa diberi kesehatan, dilancarkan ibadahnya, bisa kembali ke tanah air lagi dengan selamat dan menjadi Haji yang mabrur amiin yaa Robbal alamiin
tak lupa juga ane Ucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha 1436 H

CEK REPOST

Quote:Hari ini sesuai dengan kalender Hijriah tepat tanggal 9 Dzulhijjah dimana dilaksanakan puncak rangkaian ibadah Haji yaitu Wukuf di Arafah, tapi bukan rangkaian ibadah hajinya yang akan ane bahas kali ini tetapi sesuatu di Arafah yang beraroma Indonesia, tidak hanya jumlah jamaah Haji dari Indonesia saja yang jumlahnya banyak, tetapi ada juga pohon yang berasal dari Indonesia, bahkan diberi nama Pohon Soekarno, yah, ente gak salah baca, POHON SOEKARNO



Quote:Sejarah Pohon Soekarno di Tanah Arab

Tidak ada yang memungkiri dan membantah bahwa Presiden Soekarno, presiden pertama Republik Indonesia memiliki nama yang sangat Harum di Indonesia. Selain dikenal sebagai pemimpin kaliber dunia yang kharismatik, orang-orang-orang Arab juga mengenal Soekarno dalam nama pohon. Yah pohon-pohon yang tumbuh di padang Arofah disebut oleh orang-orang Arab sebagai Pohon Soekarno. Di Indonesia, pohon ini dikenal dengan nama Mimba, Pohon Imbo, atau Pohon Imba. Pohon ini memiliki famili dekat di antaranya adalah pohon Mindi. Kedua tanaman itu memang memiliki kemampuan untuk hidup dan berkembang di tanah tandus yang kering. Nama latin mimba adalah Azadirachtan indica, famili dari Meliaceae mengandung zat azadirachtin sejenis obat (insektisida).



Disebut pohon Soekarno karena orang pertama yang mengenalkan pohon tersebut tidak lain adalah Presiden RI Pertama Soekarno. Waktu itu Presiden RI Pertama, melaksanakan ibadah haji pada tahun 1955, sebagai anggota Gerakan Non Blok sempat bertemu dengan pejabat Kerajaan Arab Saudi yang dipimpin oleh Raja Fahd bin Abdul Azis waktu itu. Soekarno mengemukakan saran-saran dalam pelaksanaan ibadah haji, diantaranya perlunya penghijauan tanah suci agar sejuk dan nyaman, walaupun panas menyengat. Usul ini dilanjuti dengan membuat pot-pot besar yang diisi dengan tanah dari Indonesia dan Thailand dan diberi aliran air sistem irigasi tetes yang kemudian ditanami pohon mimba. Indonesia juga mengirim tenaga ahli dari kehutanan untuk menghijaukan tanah haram tersebut.


Quote:Penghijauan Padang Arafah

Arofah adalah daerah terbuka dan luas di sebelah timur luar kota suci umat Islam di Mekkah, Arab Saudi. Luas Padang Arofah sekitar 5,5 x 3,5 km, yang disekitarnya dikelilingi bukit-bukit batu. Pada awalnya, Padang Arofah merupakan hamparan tandus padang pasir datar yang ditingkahi batu padas. Di siang hari terbayangkan betapa panas dan teriknya di sana. Namun kini, Padang Arofah sudah begitu rindang dengan pepohonan yang tumbuh subur. Bahkan, hijaunya hampir merata di seluruh hamparannya.








Pada musim haji, di bawah pohon-pohon Soekarno itu dipasang tenda-tenda untuk penginapan sementara para jamaah. Tenda-tenda itu dipersiapkan menjelang acara wukuf yang dimulai pada 9 Dzulhijjah setelah shalat Zuhur. Puncak acara wukuf dipusatkan di Masjid Namirah yang terletak tepat di tengah-tengah Padang Arafah. Sekarang, suasana di sana pun tak begitu gersang dan terasa kesejukannya di bawah pohon rindang.

Quote:Menghijaukan Tanah Arab

Berkat perawatan dan pengembangan yang dilakukan Pemerintah Arab Saudi, pohon soekarno saat ini tidak hanya tumbuh di Arafah. Di sejumlah kota, seperti Madinah dan Mekkah, pohon ini juga tumbuh tersebar di pelosok kota. Di kawasan Aziziyah, Mekkah, misalnya, di sejumlah halaman gedung terdapat pohon-pohon mindi yang tumbuh lebih dari enam meter. Bentuk pohonnya pun dibuat beraneka. Di Hudaibiyah, tempat bersejarah saat dulu Nabi Muhammad SAW membuat perjanjian dengan orang-orang Quraish, pohon Soekarno dibiarkan tumbuh bercabang-cabang sehingga lingkungannya menjadi rindang. Hudaibiyah sekarang ditetapkan sebagai salah satu tempat miqat untuk ibadah umrah. Di halaman Museum Ka’bah, atau disekitar Masjid Aisyiah, Tan’im, dan di sepanjang jalan Kota Makkah, pohon Soekarno dipangkas berbentuk bulat, meruncing, atau lainnya sesuai selera. Bangsa Indonesia bisa berbangga diri dengan adanya pohon Soekarno yang banyak dikenal oleh penduduk Arab Saudi itu.











Kelestarian pohon itu diharapkan tetap terjaga meskipun 3,5 juta lebih jemaah akan datang, baik saat menunggu maupun saat wukuf berlangsung. Dam alias denda di berlakukan bagi jemaah, di antaranya jika mencabut rumput sekalipun atau mematahkan ranting pohon. Dam berupa memotong seekor kambing tentu akan menjauhkan jemaah, misalnya, dari mematahkan dahan atau ranting pohon soekarno.


Quote:Nah itu gan salah satu jasa Presiden Soekarno untuk Dunia, beliau sangat visioner kala itu dimana memperhatikan kenyamanan para jamaah haji yang melaksanakan ibadah di tanah suci, bukan hanya untuk jamaah Haji dari Indonesia, tapi untuk Seluruh Dunia
Soekarno sudah tiada, tetapi jasanya masih diingat. Inilah yang disebut kata pepatah : Harimau mati meninggalkan belang, gajah mati meninggalkan gading, manusia mati meninggalkan jasa. Insyaallah. Subbhaan Allah – Allahu Akbar.



Quote:agan sista yang berkenan memberi yang seger seger

ane terima dengan senang hati

agan sista yang memberi ane

ane ucapkan banyak terima kasih

Quote: mampir ke trit ane yang laen
Ada apa di 22 September?, ada HARI BADAK SEDUNIA #HT 2
Setelah penjual gethuk dan pelayan warteg, kini sambutlah kasir minimarket [Fallen Angel inside ]
Pesepakbola yang mencetak Quin-trick [ lima gol ] dalam satu laga #HT 1
Memahami arti perjalanan hidup dengan Tembang Macapat
Buah karya Raja Surakarta untuk Petani
Fakta Unik NU dan Muhammadiyah Menjelang Muktamarnya Masing masing
pertamax diamankan
wah sudah tau sih dari dulu gan
soekarno terkenal di seluruh dunia gan, harap maklum
pohonnya rimbun enak buat teduh
Presiden kita yg pertama ini emang hebat gan,saluuuttt..
Keep posting gan.
pohon ini daun nya jg berkhasiat utk obat berbagai penyakit jg gan...

air rebusan daun mimba ini rasanya pahit sekali
Quote:Original Posted By sierra875
pohon ini daun nya jg berkhasiat utk obat berbagai penyakit jg gan...

air rebusan daun mimba ini rasanya pahit sekali


wuih ente dah pernah nyoba?, kalo pahit mah mending ane pilih yang lain aja
ada juga ya ternyata
luar biasa yaa presiden pertama kita ini
Soekarno emang joss gandosss
yg pernah ksana pasti udah tau itu
baru tau ane keren dah pak karno
pohon soekarno emang jasa beliau diakui diseluruh dunia gan
presiden pertama RI emang mantap
Pohon Soeharto nggak ada ya gan?
salah satu jasa pres. soekarno...

kalo presiden lain mah yg diinget keburukannya bukan jasanya...
ane benar2 bangga deh sama bapak proklamator & presiden pertama RI ini....
hal hal kecil gini aja di pamerin
enak emang gan klo banyak pohonan...
sejuk aj berasa nya...
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar