Pages


Sabtu, 27 Februari 2016

Seperti Inilah Wujud Bakso Klenger, Bakso yang Berukuran Sampai 5 Kg


Quote:Buat ente penggemar bakso, nih ada kabar menarik sekaligus unik buat ente semua Hampir di setiap tempat di penjuru nusantara, kita dapat menemukan makanan yang namanya bakso. Ukuran bakso-nya pun cukup standard, ada yang sebesar telur puyuh, ada pula yang sebesar bola pingpong bahkan ada yang seukuran bola tenis. Namun, bakso yang satu ini memiliki ukuran yang bisa dikatakan super jumbo. Mau tahu ukurannya? Ukuran bakso-nya ada yang segedhe kepala manusia dewasa dengan bobot mencapai 5 kg Buset dah Gimana cara makannya? Ga percaya? Berikut laporannya yang ane kutip dari beberapa media:
Quote:Siap-siap "Klenger" Makan Bakso Ukuran 5 KilogramQuote:
Achmad Fardiansyah Taufik (31) pemilik bakso klenger saat menunjukan ukuran bakso buatanya mulai ukuran 2 kilogram sampai 5 kilogram

Quote:Siapa yang tidak mengenal bakso? Hampir di seluruh Indonesia makanan berbahan daging sapi ini dapat dijumpai dalam berbagai penyajian.

Di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tepatnya Jalan Wahid Hasim Nomor 296, Nologaten, Kabupaten Sleman, terdapat warung bakso yang berbeda dengan lainnya. Setiap orang yang datang akan terbelalak melihat ukuran bakso yang disajikan.

Bahkan jika biasanya makan bakso hanya dengan sendok dan garpu, di warung ini pembeli harus menggunakan pisau. Sebab, ukurannya sangat besar. Warung Bakso yang berdiri pada tahun 2011 ini oleh pemiliknya Achmad Fardiansyah Taufik (31) dinamai "Bakso Klenger" .

Penamaan ini berawal dari melihat beberapa pelangganya "klenger" memakan bakso yang ukuranya super besar. "Klenger loh bukan blenger. Klenger itu sudah tidak mampu tapi masih ingin makan, kalau blenger itu sudah sampai tidak ingin lagi," ujar Achmad Fardiansyah Taufik (31), saat ditemui KompasTravel di Warung Bakso Klenger, Jumat (19/02/2016).

Di warung bakso ini, pembeli dapat memilih beberapa ukuran sesuai yang diinginkan. Pertama ada bakso biasa. Bakso ukuranya standar ini dibandrol harga Rp 12.000.

Quote:
Quote:Menu Kedua bakso klenger yang memiliki ukuran 250 gram. Bakso klenger 250 gram ini dibandrol harga Rp 22.000.

Jika datang secara beramai-ramai, pembeli diberikan pilihan menu bakso ekstra klenger yang memiliki ukuran 500 gram. Bakso ini dibandrol Rp 45.000 dan bisa dimakan untuk 5-6 orang.

Lalu pembeli juga bisa memilih yang lebih besar lagi yakni, menu Klenger Dasyat. Bakso Klenger Dasyat ini ukurannya 1000 gram (1 kilogram) dan dibandrol dengan harga Rp 75.000.

Tak cukup sampai disitu, Taufik juga memberikan menu ekstra yakni bakso ukuran 2 kilogram sampai dengan ukuran 5 kilogram.

Bakso ukuran 2 kilogram dibandrol dengan harga Rp 150.000, bakso 3 kilogram harga Rp 300.000, bakso 4 kilogram harga Rp 450.000, sedangkan ukuran 5 kilogram harganya Rp 600.000.

"Silahkan saja, mau yang ukuran berapa sesuai keinginan. Maksimal saat ini ukuran 5 kilogram," tegasnya.

Dalam satu mangkok berisi mi, pangsit, sawi, dan tetelan daging sapi. Lalu bakso klenger akan di sajikan dalam mangkok tersendiri. Sehingga dalam satu kelompok pembeli akan memotong-motong sendiri sesuai keinginannya.

"Silahkan pembeli memotong-motong sendiri dan membagi sendiri. Intinya sensasi makan bakso dalam kebersamaan," ucapnya.

Saat bakso klenger dibelah, pembeli akan mendapat kejutan. Di dalam bakso tersebut terdapat telur ayam. Bahkan di bakso klenger ukuran 500 gram ke atas sampai 5 kilogram akan terdapat beberapa telur di dalamnya.

Quote:
Quote:Meski berukuran ekstra, namun rasa bakso buatan Taufik ini tidak lantas meninggalkan kualitas cita rasa. Bahkan, bahan untuk membuat bakso merupakan daging pilihan dan murni.

Selain itu, ia memiliki resep rahasia kaya akan rempah-rempah dalam mengolah kuah dan bakso klengernya. Sehingga pembeli akan merasakan sensasi bakso ekstra besar dengan rasa yang "nyuss".

"Saya tetap mengutamakan kualitas rasa, itu yang utama. Besar dan enak tentunya," ucapnya.

Soal warung, imbuhnya ia menawarkan konsep nongkrong. Jadi, pembeli tidak hanya makan bakso tetapi bisa nongkrong. Sehingga suasana kebersamaan dan keceriaan saat makan bakso bersama teman, sahabat, maupun keluarga benar-benar dapat dirasakan.

"Ini kan model-model kafe, jadi memang konsep nongkrong," katanya.

Diungkapkanya, dalam sehari bisa mencapai 200 pembeli yang datang ke warung bakso Klenger. Warung bakso klenger ini buka mulai dari pukul 10.00 wib sampai pukul 21.00 WIB.

"Saat ini bakso klenger sudah buka juga di Lombok dan NTT," pungkasnya. Sumber

Quote:Kalo tadi bakso klenger yang ada di Jogja, nah di bawah ini bakso klenger yang ada di Surabaya gansis
Quote:Bakso Klenger Surabaya, Enaknya sampai Klenger-Klenger
Quote:
Sumber Gambar

Quote:Pecinta jajanan bakso? Orang Jawa Timur memang gak bisa lepas dari panganan yang satu ini. Ada banyak jenis bakso yang bisa ditemui di Jawa Timur. Mulai dari bakso sapi, bakso ayam, hingga bakso malang. Saking banyaknya orang yang berjualan bakso, masing-masing penjual sampai berkreasi untuk membuat baksonya unik dari yang lain. Mulai dari menambahkan tagline tertentu pada nama baksonya, menambahkan isian di dalam bakso, seperti bakso telur, hingga menyediakan beberapa ukuran bakso, seperti bakso granat dengan bakso kecil-kecil, bakso kotak dengan bentuk yang tidak lagi bulat, hingga bakso jumbo yang ukurannya memang di luar bakso pada umumnya. Nah kini ada lagi yang namanya bakso klenger. Penasaran dong kayak gimana tuh bakso. Makanya langsung aja deh datang ke gerainya Pak Pasiran, yang ada di Jalan Rembang Raya Surabaya, tak jauh dari Jalan Demak. Gerai ini akan semakin menambah tempat yang patut buat dijelajahi untuk berwisata kuliner.
Quote:
Sumber Gambar

Quote:Makan bakso di sana dijamin bikin travelers “kelenger” alias gak kuat lagi buat menghabiskan satu porsinya, hehe. Bakso Kelenger memang memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan bakso jumbo. Ada beberapa diameter bakso yang bisa travelers pilih. Untuk yang level 1 memiliki diameter hanya 15 cm sementara 20 cm untuk level 2. Level 3 berdiameter 25 cm sedangkan level 4 diameternya 30 cm. Dan yang paling besar adalah level 5 yang memiliki diamater hingga 40 cm. Bener-bener bikin kelenger kan makannya. Ngebayanginnya aja uda bikin kelenger, apalagi pas makan langsung, hehe. Tenang, untuk yang level 5 travelers, bisa makan bareng-bareng sama temen ataupun keluarga untuk satu porsinya. Harga yang ditawarkan juga bergantung pada diameter bakso. Mulai dari 30 ribu, 50 ribu,100 ribu, hingga 200 ribu.

Pak Pasiran memang kreatif, melihat konsumennya mulai bosan dengan baksonya, ia pun berinovasi dengan menciptakan bakso kelenger ini. Untuk membuatnya pun ia masih menggunakan cara tradisional dengan mencetaknya dengan tangan. Ya mau gimana lagi, mana ada pula cetakan bakso sebesar kepala manusia tersebut Untuk bisa mendapatkan bakso yang enak, Pask Pasiran merebus bakso langsung dengan kuah yang telah diberi bumbu rempah. Dan agar bisa matang sempurna bakso tersebut dimasak selama 8 jam. Wah pantas aja kalau harganya mahal. Karenanya dalam satu hari Pak Pasiran hanya bisa memproduksi lima bakso berdiameter 40 cm. Dan … selalu habis dalam satu hari tersebut. Keren bangetkan gerai bakso ini. Jadi kalau travelers gak mau kehabisa, buruan dah datang langsung ke gerai Bakso Kelenger Pak Pasiran yang ada di Jalan Rembang Raya Surabaya, tak jauh dari salon joker dan makam Mbah Ratu. Dan buktikan sekuat apa perut travelers menampung bakso kelenger tersebut. Sumber

Spoiler for Penampakan Bakso Klenger:
Quote:
Quote:
Quote:
Quote:
Quote:Sumber Gambar

Videonya Gansis
Quote:

Quote:

Quote:Gimana gansis dengan ukuran baksonya? Super jumbo sekali bukan? Di antara ente ada yang mau mencoba? Atau buat ente yang pernah mencoba bisa ikutan share dimari

Quote:Mampir ke trit ane yg lain:

Quote:TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGANNYA
NANTIKAN TRIT ANE BERIKUTNYA

Silahkan komengnya gansis
seett..serem ahh gan makannya
Lebay banget deh bakso sampe 5 kg
jadi pengen gan cusss
yg makan jadi keblinger brader
Buseeet itu bakso
Buset itu mah kapan abisnya
ga kemakan ujung2nya mubazir
wow deket rumah, mampir ah mumpung laper
yang bikin gimana ya,tapi ane lebih suka yang ukuran biasa atau yang dalemnya ada telurnya
Kaga sxn jual yg 1 kuintal.....
tongciak bener yg makan itu sendirian. Gileeeee Gede amaaaat enek jd ane
gede banget gan...
Quote:Original Posted By yonkzest
ga kemakan ujung2nya mubazir


ya jangan dimakan sendiri,ajak temen temen power ranger ente bray
ebuset motong nya bijimane itu??
sayang si di jogja ya, ditunggu cabangnya lah di jekardah
gede bener baksonya
Isinya apaan tuh bakso kalo segede itu?
Segitu doang?

Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar