Pages


Selasa, 10 Maret 2015

Bagaimana Caranya Naik Pesawat?


Hot Thread ke-2 ane
HT ane yang pertama ane malah gak respect


Quote: Pesawat Terbang

deviantart.net

Bagi beberapa orang pasti ada yang belum pernah berpergian menggunakan Pesawat, dan pasti ada beberapa orang yang bingung dan bertanya-tanya "naik pesawat itu caranya bagaimana ya".

Sebelum lebih jauh membahas tentang naik pesawat, alangkah baiknya kita membahas apa itu pesawat.
Pesawat adalah sarana alat transportasi lewat udara, dan menurut KBBI Pesawat adalah "alat perkakas; mesin". jadi kalau agan2 mau menggunakan (memakai) pesawat sebutnya "berpesawat" bukan "naik pesawat". kalau ane lebih nyaman sih ngomong nya naik pesawat karena udah umum dimasyarakat

Namun lain lagi menurut Wikipedia, Pesawat terbang adalah pesawat udara yang lebih berat dari udara, bersayap tetap, dan dapat terbang dengan tenaga sendiri. Secara umum istilah pesawat terbang sering juga disebut dengan pesawat udara atau kapal terbang atau cukup pesawat dengan tujuan pendefenisian yang sama sebagai kendaraan yang mampu terbang di atmosfer atau udara. Namun dalam dunia penerbangan, istilah pesawat terbang berbeda dengan pesawat udara, istilah pesawat udara jauh lebih luas pengertiannya karena telah mencakup pesawat terbang dan helikopter
.


sumber  (kbbi.web.id)
sumber  (id.wikipedia.org)


Quote:PERSIAPAN


bp.blogspot.com

Hal pertama yang harus agan lakukan jika agan ingin berpergian adalah persiapan .
agan harus mempersiapkan berbagai persiapan untuk berpergian, seperti baju, koper, atau makanan dll.
jika agan membawa barang-barang yang banyak, agan harus memastikan bagasi/barang bawaan agan beratnya tidak melebihi ketentuan bagasi maskapai yang agan pakai jasanya, karena jika agan membawa melebihi bagasi yang ditentukan maskapainya bakalan dikenai charge/biaya lebih perkilonya.

Dan agan tidak boleh sembarangan membawa barang-barang bawaan kedalam pesawat, dan hal-hal yang dilarang dibawa kedalam pesawat adalah :

1.Nalgene / Botol Kecil
Jika Ada membawa parfum, bawalah parfum yang berukuran 50ml/75ml/100ml jika ukuran ml parfum lebih dari 100 maka akan disita.

2. Benda Tajam
jangan membeli oleh-oleh/souvenir yang dilarang oleh maskapai penerbangan seperti pedang, samurai , pisau, anak panah, meski suvenir tersebut hanya barang imitasi yang bentuknya menyerupai aslinya. Namun, untuk beberapa jenis senjata yang digunakan untuk keperluan olahraga, boleh dibawa di bagasi check in dengan syarat tertentu.

3.Botol Minum
Jangan membawa botol minuman dalam kemasan maupun dalam termos kecil kecuali Anda membawa bayi. Itupun jumlah yang Agan bawa akan dibatasi yaitu 1 botol kecil air dingin dan 1 termos kecil air panas (ukuran +/- 300ml). Jika Agan ingin berhemat membeli air minum selama perjalanan Anda bisa mengakali dengan membawa botol kosong pada saat berpergian dan bisa Agan isi pada saat sudah mendarat di Negara/Kota tertentu.

4.Obat – obatan
Jika Agan berpergian ke luar negeri dan Agan harus membawa obat dalam jumlah banyak, maka Agan harus meminta resep dokter atau surat dari dokter yang menyatakan bahwa obat – obatan yang Agan bawa perlu dikonsumsi ketika dalam perjalanan.


5.Makanan dan Minuman Instan
Ada beberapa negara yang melarang para pendatang membawa berbagai jenis makanan dan minuman dari luar saat memasuki negara tersebut.

6.Alat tumpul yang dapat menyebabkan potensi cedera
Agan tidak boleh membawa benda-benda ini untuk dimasukkan ke kabin pesawat: pemukul baseball, tongkat bilyar, dayung, pentungan, tongkat golf, kail pancing, skateboard dan berbagai perlengkapan bela diri. Benda-benda ini wajib untuk disimpan di bagasi check in.

7.Bahan peledak dan zat mudah terbakar, zat kimia dan beracun
seperti asam, alkali, zat korosif, bahan radioaktif

8.Produk yang berasal dari hewan
Contohnya seperti susu segar, daging segar, dan produk dari susu semisal keju. Hal ini dikarenakan produk-produk ini dapat mengandung bakteri pathogen yang dapat menginfeksi. kecuali kalau ASI yah gan... kan gak bisa ditinggal

9.Makanan yang berbau tajam
semisalnya Buah durian, atau Rendang yang minyak nya sampai tumpeh-tumpeh
soalnya adek ane pernah beli durian, mau dibawa ke pulau jawa... karena buah durian itu gak boleh dibawa akhirnya sebagian di sita, sebagian dimakan di luar bandara


sumber  (klikhotel.com)
sumber  (www.facebook.com)



Quote:TIKET PESAWAT

yapthomas.com


Kalau agan mau naik pesawat tentulah agan harus mempunyai tiket terdahulu, nah... kebetulan kemarin Pemerintah meniadakan pembelian tiket lewat loket di Bandara. Kemudian ada yang tanya, "cara beli Tiketnya bijimane gan?"

Jadi sekarang agan harus beli tiketnya lewat agen travel atau Online.

1.Agen Travel
Kalau agan tidak mempunyai kartu ATM, atau tidak punya Internet Banking di Bank manapun, dangak mau ribet beli di agen travel adalah pilihan yang pas untuk agan.
kalau masalah harga tergantung waktu pembelian, waktu dan jam keberangkatan maupun faktor lain-lain. Jadi agan bisa cek lewat Online dahulu baru kemudian tanya-tanya ke agen travel/agen penjualan tiket pesawat didaerah agan.(kalau ane biasanya kalau cari tiket murah cari waktu keberangkatannya malam kemudian di beli/booking jauh-jauh hari kira2 1 minggu sebelum berangkat)

2.Online
Beli tiket secara online bisa agan beli langsung ke situs maskapai bersangkutan atau lewat situs penjualan tiket online semacam travelokan.com.
Kalau agan beli Tiket lewat online, agan tidak akan diberikan tiket fisik, namun beberapa catatan seperti kode booking, tanggal dan jam keberangkatan, nama penumpang dll. Namun yang penting sebenarnya adalah kode booking. karena tanggal, jam keberangkatan maupun nama agan sudah tertera di sistem.

Q: Gan, cara booking tiketnya gimana?
A: Caranya agan cari dulu maskapainya di google, misalkan garuda Indonesia. Lalu masuk ke situsnya dan cari berdasarkan tanggal keberangkatan, jumlah penumpang, lalu klik cari/search. (belinya/booking nya jauh-jauh hari sebelum berangkat gan, biar harganya juga lebih murah).
setelah loading beberapa saat nanti bakalan ada harga dan jam keberangkatan yang tertera... jadi agan tinggal pilih.
kalau udah klik booking/pesan, nanti agan harus mengisi nama, tanggal lahir, nomer telepon, E-Mail dll. (Nama dan data-data yang di isi WAJIB Valid dan benar sesuai KTP yang berangkat/penumpang).

Lalu agan catat kode bookingnya, dan kode pembayarannya(jika diperlukan) lalu agan bayar deh lewat Internet banking atau ATM yang sudah ditentukan oleh maskapai yang agan pakai.


Quote:KEBERANGKATAN

tribunnews.com


Kalau agan sudah booking, dan beli tiketnya.... saatnya berangkat...

kalau di Cengkareng/bandara Soekarno-Hatta ada beberapa Terminal yang dibagi untuk beberapa maskapai penerbangan.
Terminal 1 dibagi menjadi 3: 1A, 1B, dan 1C digunakan (kebanyakan) untuk penerbangan domestik oleh maskapai lokal.
Terminal 1A untuk : Lion Air dan Wings Air.
Terminal 1B untuk : Kartika Airlines dan Sriwijaya Air
Terminal 1C untuk : Airfast Indonesia dan Citilink.

Terminal 2D dan 2E digunakan untuk melayani semua penerbangan internasional maskapai asing.
Terminal 2 Internasional:
Lion Air (Singapore)
China Airlines
Singapore Airlines
Eva Air
Cathay Pasific
Jetstar / Value Air
Garuda Indonesia

Terminal 2F untuk penerbangan domestik Garuda Indonesia dan Merpati Nusantara Airlines.
Terminal 2 Domestik:
Garuda Indonesia
AirAsia
Mandala Tiger

Terminal 3 yaitu untuk Indonesia AirAsia dan Mandala Airlines.

Khusus untuk CGK/bandara soekarno-hatta jikalau agan nyasar/salah turun dari bus, travel, agan bisa kok naik bus shuttle yang datang biasanya 5-10 menit sekali... biasanya warna busnya kuning... dan itu gratis...tis.. jadi agan gak perlu lagi capek2 jalan jauh ke terminal yang agan tuju.

Spoiler for contoh bus shuttle:


Q: Gan, kalau udah sampai dibandara, nanti naik nya dimana? kan bandara luas...
A: kalau agan sudah sampai dibandara, agan lihat saja pesawat yang lagi ngetem dibandara... lalu tanya supirnya atau kernetnya... "bang, pesawat ini ke medan gak?"
bercanda gan... bercanda...

Kalau agan sudah sampai bandara, agan harus cek-in terlebih dahulu, cek-in biasanya harus 1 jam lebih sebelum keberangkatan. Kalau agan berangkat jam 11 pagi, cek-in nya harus jam 10 pagi atau dibawahnya (biasanya meja cek-in dibukanya 60-90 menit sebelum keberangkatan). makanya agan datangnya jangan kurang dari 60 menit sebelum berangkat.
malah lebih bagus lebih dari 60 menit... biar bisa cuci mata
sebelum cek-in, agan dan barang-barang bawaan harus melewati logam detektor maupun sinar X-ray, handphone, kunci dan benda2 logam lainnya taruh di tempat yang disediakan.

lalu menuju ke meja Cek-in yang telah disediakan, letakan disamping meja barang2 agan yang mau di simpan dibagasi. dan pegang barang2 yang mau agan bawa ke dalam pesawat.

Nanti agan akan diberikan sebuah kertas, tertulis nomer tempat duduk, nomer bagasi, dan agan harus tunggu di gate berapa.
setelah dari meja cek-in, langsung menuju ke ruang tunggu d gate yang udah ditentukan...
Tapi...sebelum itu agan harus melewati portal/penjaga yang bertugas untuk membayar airport tax (sekarang citilink, garuda ada yang gak bayar...jadi tinggal lanjut aja) kalau bandara Internasional lebih mahal daripada yang bukan.

kalau udah sampai di ruang tunggu/gate, tunggu deh sampai pesawat datang dan ada pengumuman para penumpang agar naik.

kalau udah ada pengumuman, agan bakalan antri ke gate/pintu yang mana akan ditunjukan oleh para mbak2 dan mas2 yang udah disiapkan di depan pintu sambil melihat kertas yang diberikan di meja cek-in tadi.


Q: Gan, kalau ane mau bawa hewan peliharaan kesayangan ane gimana gan?
A: Bisa gan, tapi bawanya jangan yang aneh2 yah gan... dan juga gak boleh bawa hewan langka yang dilindungi oleh negara dan Undang-undang.
Tapi agan harus menvaksin hewan tersebut dan harus memiliki izin dan beberapa dokumen seperti surat seperti:
1. Surat Keterangan dari Dokter Hewan yang menyatakan kesehatannya baik dan tidak mempunyai penyakit menular.
2. Surat ijin pengangkutan dari kantor Karantina setempat.
3. Surat pembebasan tanggung jawab (pada saat penerimaan di bandara).
Dan Disarankan, lakukan pengurusan surat-surat tersebut minimal 1 (satu) hari sebelum keberangkatan.
tapi ada juga beberapa maskapai yang melarang/tidak mempererkenakan membawa hewan peliharaan dalam cargo.


Q: Gan, barang-barang saya yang dibagasi gimana? gak bakalan hilang kan?
A: gak gan... kalau agan packingnya benar2 baik... kalau lebih bagus agan packing pakai koper, kalau gak punya pakai kardus juga boleh. tapi alangkah baiknya kalau di wrapping/dibungkus pakai plastik yang udah disediakan dibandara. dan itu bayar
dan juga jangan pernah meletakkan barang-barang berharga seperti perhiasan, handphone dll. karena banyak pencuri di bagian bagasi gan...


sumber  (www.kaskus.co.id)
sumber  (id.wikipedia.org)
sumber  (bandaraonline.com)


Quote:DI DALAM PESAWAT


kalau agan udah didalam pesawat, jangan lupa untuk memasang seat belt/sabuk pengaman dan juga mematikan handphone/alat elektronik lainnya yang menggunakan frekuensi radio gan... seperti mobil2 remot control, atau radio genggam. karena akan mengganggu frekuensi pilot dalam komunikasi dengan tower pemandu lalu lintas udara/ATC.

Dan juga perhatikan pramugari/pramugara yang melakukan simulasi/peraga keselamatan sebelum take off, karena penting!
apalagi yang duduk disamping pintu darurat. kursi dekat pintu darurat biasanya yang bisa duduk disitu laki2, badan tegap, karena jika ada keadaan darurat si cowo tersebut bisa dengan sigap membuka pintu darurat. (tapi jangan bukanya ketika masih diudara ya... bisa2 malah cilaka semua
Namun kalau cewe atau anak2 gak bakalan dapet deh... soalnya kursi dibagian ini sering banget diperebutkan cowo2 yang naik pesawat yang tempat duduknya sempit....soalnya kursi di samping pintu darurat agak lega...jadi bisa selojorin kaki
jadi kalau agan sendirian naik pesawat trus dikira2 badan agan tegap dan kuat bukan letoy atau lemah syahwat #nahloh...
agan bisa bilang ke mbak2 yang sewaktu cek-in tadi... "saya di kursi samping pintu ya mbak" sambil kerlipkan mata genit agan
siapa tahu nanti agan duduknya dipangku sama pramugarinya
tapi kalau yang jaga laki2 jangan gan... bisa2 agan nanti di tempatin di mesin lagi kecuali si mas2 nya maho

Dibeberapa pesawat ada hiburan berupa monitor LCD yang disematkan di jok kursi depan agan. agan bisa menonton film yang udah disediakan, just4laught, ada film korea, ada film barat, ada film indonesia, juga ada game, ada juga iklan maskapai nya juga tentu
tapi agan mainnya ketika pesawat udah take off/terbang. karena alat tersebut akan otomatis bisa diakses ketika pesawat udah take off.

jadi jangan malu2in, pesawat belom take off, udah main pencet2 aja monitor nya. nanti kelihatan banget ente katrok nya (kenangan ane dulu)
Dan di bawahnya biasanya disediakan headset, headsetnya jangan dibawa... nanti dikira maling lagi

Q: Dipesawat boleh ngerokok gak gan?
A: Bisa dan boleh gan asal jendela pesawatnya agan buka dulu...
hehehe... bercanda gan... gak boleh gan... dilarang keras banget malah...


Q: Gan, dipesawat dapat makan gak?
A: Dibeberapa maskapai ada yang mendapatkan makanan, biasanya yang jadwal terbangnya 2 atau lebih.
ada yang cuma kasih air putih sama roti, ada yang kasih airp utih plus snack ada yang kasih nasi es teh , jus dll.
(kalau ane dulu naik garuda terbang 2 jam lebih, dapet makanan seperti nasi goreng, opor ayam dll minumannya juga bebas mau minta apa saja, mau minta berapa kalipun dikasih gan... tapi yah...dengan syarat tebal muka




Quote:LANDING


Kalau pesawat udah sampai di bandara tujuan agan, jangan dulu buru2 lepas seat belt dan berdiri... pastikan pintu depan atau belakang sudah terbuka dan udah di intruksi oleh pramugari untuk keluar dari pesawat.

kalau udah turun dari pesawat nanti agan tinggal ikutin aja orang2 yang didepan agan...
tapi jangan mentang2 ikut-ikutan orang2 yang didepan agan sampai-sampai agan gak sadar sudah sampai ke toilet wanita
biasanya orang2 akan menuju ke tempat pengambilan barang/bagasi atau bahasa kerennya conveyor.

Spoiler for contoh conveyor:
ini contohnya gan


nanti tinggal tunggu deh, tas, atau koper, atau kardus barang bawaan agan.. lalu ambil dan tinggal keluar deh... tapi sebelum keluar biasanya ada petugas yang menanyakan tiket/kertas bagasi agan yang dikasih sewaktu cek-in tadi.

dan bagi yang membawa hewan peliharaan, agan tinggal ambil di bagian karantina dengan membawa surat2 dan dokumen yang sebelumnya udah agan siapkan.



Sekian dan terima kasih

Quote:#nih trid dibuat dari jam 9 pagi selesai jam 4 sore yang berarti 7 jam cuma buat 1 thread gini doang
dan kalau gak ada satu orang pun yang kasih cendol, sakitnya tuh disini #nunjuk jari


Quote:Buat Thread lama-lama buat mikir, nulis, cari referensi dan gak ada yang cendolin... kadang disitu saya merasa sedih

Quote:thx a lot for cendol's nya

ada yang kasih merah2 sorry yah yang merasa postingan ane repost, agan kan Threadnya isinya bertanya... ane nulis berdasarkan pengalaman ane dan sepengetahuan ane dalam berkendara dengan pesawat udara...
lagian juga tuh cendol gak bisa dijadikan duit kok gak bisa juga dijadikan pahala... celdol itu bagi ane adalah penghargaan karena udah menyisihkan waktu ane untuk agan2 yang merasa terbantu dari Thread ane.

tapi kalau di BATA juga gak masalah... itu masalah agan kalau ane udah biasa (thread ane banyak yang kontroversial sih )


Quote:Ada yang berbaik hati gak cendolin agan yang satu ini...?
dan mod...kalau bisa tolong thread dia juga di HT juga ya...kalau thread ane dicabut dari HT juga gak masalah kok... asal jangan dihapus saja... kasihan jari2 ane


Spoiler for agan ini merasa thread ane repost:


Quote:Tambahan dari ane Dan dari agan-agan


Quote:Original Posted By aoshi.5hinomori
tapi bayi umur tertentu ada yg gak boleh naik pesawat kan gan?
kalau gasalah?.

pertanyaan simple, tapi jawaban nya puanjaaang banget

Kapan usia aman bayi naik pesawat?
Ketentuan tiap maskapai bisa berbeda-beda, ada yang minimum usia 2 hari, ada yang minimum usia 14 hari. Maskapai biasanya akan meminta Surat Keterangan Medis dari dokter yang menyatakan bahwa bayi cukup sehat untuk terbang.

Bayi berusia di bawah 2 minggu memiliki risiko lebih besar. Dalam usia dini ini, daya tahan bayi masih sangat lemah dan karenanya rentan untuk terjangkit penyakit seperti batuk atau flu dari orang sekitar di ruang kabin pesawat nanti.

Jadi kapan usia terbaik untuk bayi naik pesawat? Usia minimum 3 bulan dianggap usia yang paling aman untuk bayi naik pesawat. Saat mencapai usia ini, daya tahan bayi sudah lebih kuat juga dalam menghadapi perubahan suhu udara.

Lanjutan Info untuk dedek bayi yang mau naik pesawat dibawah yah gan di post 5 yang lain-lainnya... gak muat lagi di tulis disini

berarti bawa titit ngaceng ga boleh dong gan?
Nes inpoh gan
Quote:Original Posted By dndyrnsyhptr
Pertamax


selamat gan ente pertamax
LAIN-LAIN

Quote:Tips dan trik dari ane biar gak kelihatan baru2 pertama kali naik pesawat atau biar gak dibilang katrok
1.kalau ke bandara belum makan, jangan pernah makan makanan yang gak dikenal. karena kadang harga gak masuk akal gan
pernah ane sekali makan roti 2 buah harganya 50rb udah gak enak, malah mau muntah ane.
dan juga pernah makan mie rebus biasa gak pakkai apa2 polosan doang... harga 15rb ckckck kalau bisa makannya di K*C aja.
2.kalau beli minuman, beli aja di mesin box penjual minuman otomatis, pakai uang kertas. tapi kertas nya yang masih bagus.. jangan lecek.
trus mencetnya jangan salah... ane pernah salah pencet.. yang ane pencet bukan tombol pilihan minuman... malah gambar nya yang ane pencet... makanya gak keluar2 tuh minuman untung gak ada yang merhatiin... dan juga pernah ane coba2 masukin duit ke mesin itu, udah di coba berkali2 kok duitnya gak diambil... gak tau mesin nya mati (tanda mati/enggaknya dilihat dari lampunya) udah dilihatin sama orang2 ane kalu yang ini
3.trus kalau lagi di waiting room/lounge jangan tidur2an diatas kursi (apalagi kalau rame)
4.minta sama mbak2 atau mas2 nya duduk di samping pintu darurat ketika cek-in. biar dapet kursi nya lega itu juga kalau kosong.
5.trus kalau merokok di tempat yang udah disiapkan, jangan merokok di waiting room...sampah juga jangan asal buang.
6.kalau udah dipesawat, jangan tutup pintu jendela ketika landing/take off walaupun silau (kecuali kalau udah terbang stabil diudara).
7.trus kalau ada entertain seperti monitor... jangan seperti ane gan... pesawat belom terbang udah main pencet2 aja...ane sampe dilirik sama orang disamping ane untung disamping ane orangnya cuma satu... karena seatnya 2-3-2. pas lagi ane disamping jendela
8.trus ketika di mesin scanning jangan lupa mengambil lagi barang2 agan..seperti hp kunci dll. ane pernah ketinggalan sekali... untung di umumin sama bapak2 nya.



Quote:Lanjutan BAYI NAIK PESAWAT
Berapa harga tiket pesawat untuk bayi?
Umumnya, bayi digolongkan berusia di bawah 2 tahun (24 bulan) pada saat penerbangan. Sebagian besar maskapai mengharuskan bayi untuk duduk di pangkuan penumpang dewasa, dengan batasan satu orang dewasa hanya boleh membawa satu bayi.

Walau tidak memiliki tempat duduk sendiri, bayi tetap membutuhkan tiket, bukti usia seperti akte lahir, demikian juga paspor ketika terbang ke luar negri. Tiap maskapai memiliki ketentuan berbeda mengenai harga tiket bayi. Bagi beberapa maskapai, harga tiket bayi gratis. Namun ada juga maskapai yang menentukan tarif bayi yaitu sekian persen dari tarif dewasa, sekalipun bayi duduk di pangkuan penumpang dewasa. Jika bayi memiliki tempat duduk sendiri, tarif yang dikenakan serupa dengan tarif dewasa.

Apakah bayi mendapat jatah bagasi sendiri? Hal ini juga tergantung tiap maskapai. Pastikan hal ini dari maskapai terkait.

Barang-barang apa saja yang diperlukan selama penerbangan?
Antisipasi juga sekiranya terjadi delay. Di beberapa penerbangan internasional berlaku batasan untuk membawa cairan di kabin, namun ini tidak berlaku khusus untuk makanan/susu bayi:
Pastikan Anda memiliki barang-barang ini di dalam tas kabin Anda:

1.Bawa popok sekali pakai dan tissue basah, dikemas bersama di dalam sebuah tas/kantung kecil. Saat mengganti popok bayi di toilet pesawat, Anda jadi tidak perlu membawa seluruh tas kabin.
2.Baju cadangan untuk bayi dan juga Anda. Ini terutama untuk mengantisipasi hal-hal seperti ketumpahan, muntah, turbulensi dll.
3.Susu dan makanan bayi. Ini termasuk ASI yang sudah diperah dalam botol jika bayi Anda minum ASI.
4.Air panas di dalam botol untuk membuat makanan bayi.
5.Nursing apron atau celemek menyusui, yaitu kain yang berguna untuk menutupi ibu dan bayi saat menyusui maupun memerah susu di tempat umum.
6.Selimut untuk bayi. Walau di beberapa penerbangan jarak jauh (long-haul) disediakan selimut, bahannya bisa jadi tidak cocok untuk kulit bayi yang masih sensitif. Selain itu, bau selimut bayi Anda sendiri akan menyenangkan buat si bayi.
7.Empeng.
8.Mainan favorit bayi, dan juga mainan baru untuk mencegah bayi dari kebosanan.

Saat booking tiket
Saat memesan tiket, ada beberapa hal yang dapat dijadikan pertimbangan, antara lain:
1.Waktu terbang. Untuk penerbangan jarak pendek, memilih waktu terbang siang bisa jadi keputusan terbaik karena itu adalah jam tidur siang bayi. Untuk penerbangan jarak jauh, waktu terbang malam adalah paling nyaman untuk bayi karena dia bisa tidur nyenyak di pesawat.
2.Jika bayi Anda sudah lebih besar, pesanlah satu tempat duduk ekstra untuk bayi, terutama untuk penerbangan jarak jauh.
3.Jika memungkinkan, book tempat duduk di bagian depan (bulkhead seat). Tempat duduk ini memiliki ruang lebih untuk kaki Anda dan lebih jauh dari mesin pesawat yang bising. Jika Anda book tiket secara online, informasikan hal ini sekali lagi melalui call center maskapai.
4.Pilih tempat duduk di gang (aisle) agar leluasa keluar masuk mengurus si kecil ke toilet atau berjalan-jalan di lorong kabin.
5.Cari tahu tentang peraturan kereta bayi (stroller) bagi tiap maskapai. Ada maskapai yang mengizinkan membawa stroller ke kabin, ada yang menggolongkan stroller sebagai bagasi.

Saat tiba di bandara
Usahakan untuk tiba jauh lebih awal di bandara, supaya Anda tidak tergesa-gesa sewaktu check-in dan melewati security (jika ke luar negri: bagian imigrasi). Jika Anda membawa bayi dengan stroller, maka stroller harus dilipat tiap kali melewati mesin scan security.

Selagi menunggu boarding, usahakan untuk bermain/beraktivitas dengan sang bayi agar dia kelelahan dan mudah tertidur saat sudah di atas pesawat.

Bagaimana agar bayi tenang selama di pesawat?
1.Usahakan untuk menyusui bayi Anda saat lepas landas dan mendarat. Menelan akan mencegah bayi dari mengalami kesakitan telinga akibat perubahan tekanan udara. Empeng juga dapat menolong.
2.Jika bayi nampak resah dan rewel, ajak dia berkeliling di lorong kabin dan melihat-lihat. Ini biasanya efektif untuk menenangkan bayi.
3.Suhu kabin cenderung dingin. Perlengkapi bayi dengan baju hangat, kaos kaki, penutup kepala dan sarung tangan.
4.Jika bayi dalam keadaan bangun selama penerbangan, sibukkan bayi dengan beraktivitas kecil agar dia tidak kebosanan. Jika dia masih rewel dengan mainannya, beri mainan baru.
5.Jangan merasa sungkan untuk meminta bantuan dari kru kabin sekiranya Anda butuh pertolongan.

Dan kalau ketentuan-ketentuan dari maskapai untuk membawa bayi kedalam pesawat silahkan baca2 lagi yah gan dari situs maskapainya masing2... karena kalau dipost disini gak muat gan satu page

lion air  (www.traveloka.com)
wings air  (www.traveloka.com)
batik air  (www.traveloka.com)
sriwijaya air  (www.traveloka.com)
nam air  (www.traveloka.com)
garuda indonesia  (www.traveloka.com)
citilink  (www.traveloka.com)
air asia  (www.traveloka.com)
tiger air  (www.traveloka.com)
jetstar  (www.traveloka.com)

sumber  (blog.traveloka.com)


Quote:Original Posted By water cat
kalau ada operan cendol ane terima gan hahay


ikut nambahin info2
-di bandara juga terdapat kounter / loket asuransi setelah kita membayar apotax, sebagian orang yang baru pertama kali ke bandara biasanya ngerasa itu jal wajib dibayar seperti apotax, tetapi asuransi ini bersifat tidak memaksa, semoga dpt jadi pertimbangan

-untuk penumpang yang dalam keadaan hamil juga harap melampirkan surat keterangan dari dokter untuk di tunjukkan kpd staf check in dan pramugari,,catatan surat keterangan tsb ada validasinya yg sesuai dgn jadwal / tanggal penerbangan ybs,,kalau surat nya expired ga akan bisa terbang, atau disuruh bikin di dokter jaga di bandara jika tersedia unit medis nya

-kalau beberapa org yang sedang FLU, SINUSITIS atau GIGI BERLUBANG akan rawan mengalami ketidaknyamanan di bagian kepala disarankan mnm obat tdr supaya meminimalsir hal tsb

- untuk porter, pengalaman saya kalau pakai porter biasanya saya pakai dengan waktu yang sesingkat2 nya , maksudnya adlah terkadang oknum porter biasanya ikut nungguin ngantri di counter check in dan ketika selesai hargany jadi membengkak karna ada charge ngetem nya,,,ini kadang yang menjengkelkan, seperti ada argonya ,,,ini pengalaman2 awal saya,,kesini2 sudah paham dengan game play nya hehe,,,tips biar ga kaget ( untuk terminal 3 soetta bebas porter nya,,jd untuk yg bawa barang2 gede siap2 memporterkan diri sendiri )


disini aja

makasih gan tambahannya..
ane belom bisa kirim cendol.. masih abu2

Quote:Original Posted By rendrasw
Jika telinga sedang sakit (bermasalah), di sarankan jgn naik pesawat ya gan, rasanya sungguh menyiksa,

tergantung juga gan.. tapi kalau sakit telinga ketika diatas pesawat...disarankan makan permen karet.

Quote:Original Posted By silentt
Oh iyaa gan dapet info dari temen nih jangan pernah masukin barang berharga kedalem koper soalnya rawan hilang, biasanya yang ngambil itu petugas yang masukin barang dibagasi pesawat..
Ini sih info dari temen ane yang kerjanya dibandara juga

yap... betul... dan udah ane tulis juga sih diatas

Quote:Original Posted By ragagheanata
Ane belum pernah naik nih, takut muntah

gak bakalan muntah dong gan... kan bukan nol gravitasi...

Quote:Original Posted By babelapak
nice trit gan, tapi sekarang kalo nggak salah di bandara udah nggak jual tiket lagi ya..., bener gak

yup betul gan

Quote:Original Posted By supirloko
wah kbtulan ntar Mei ane bakal terbang perdana ke Lombok, mau ke Rinjani, . infonya brguna bnget nih, . cek kulkas, tdi udah ane ksih .
gan, nanya.
1. ini kan ane mau mndaki gunung. masa iya kaga boleh bawa pisau? itu kan buat kpntingan olahraga bukn buat ngebajak pesawat, .
2. Bawa air minum 2 botol (@1,5lt) dtaruh tas gunung (msuk bgasi) boleh gak?
3. bawa sarden boleh gak? (soalnya itu kan wadahnya dari logam)

mkasih gan, ane tunggu jawabannya,

sebelumnya makasih gan
ane bantu jawab sebisa ane yah
1.pisau boleh dibawa gan asal ditaro didalam bagasi bukan didalam pesawat... kalau penjaga/keamanan ketika scanning xray nanyain...bilang aja untuk kepentingan hiking/mendaki
2.boleh gan
3.boleh, tapi tetap didalam bagasi y gan...
moga membantu y gan

Quote:Original Posted By Mr.Sibolotsatu
bikin trit yg ga lebih dari separo page aja ampe 7 jam
lo baru blajar ngetik apa gmn neh

mikirnya yang lama gan
jadi lama 7 jam itu kan karena ada selingan nya... masa gak makan... belom lagi melayani customer ane, belom lagi boker

Quote:Original Posted By sakti3blue
tadi ada yang nambahin tentang airport Tax, mulai 1 Maret 2015, Airport Tax udah include di tiket pesawat jadi ga bayar lagi

disemua maskapai kah? atau sebagian ya? kalau memang untuk semua maskapai... pantesan harga tiket udah gak ada yang dibawah 400rb lagi

Quote:Original Posted By prihtvitattwa
Ada lho phobia Karena takut naik Pesawat gan, kasihan Kalo yang ini

kalau phobia sih mending konsultasi dulu sama psikiater yah gan...

Quote:Original Posted By w016s
wah nais inpo nih,layak dpt cendol.
kalo bawa korek semacam korek zi*po boleh gan?

dulu gak boleh gan...tapi sekarang udah boleh... tapi cuma diperkenankan 1bh aja itu juga yang kecil dan tidak mengandung bahan bakan cair yang terserap... jangan banyak2 nanti dikira nyelundupin

Quote:Original Posted By doderemifasol
enak jga naik pesawat gan bilang sama sopir pesawatnya kalau lewat sumatra hati2 bajing loncat



Quote:Original Posted By aslamnur28
Tambah gan: agan lupa soal airport tax. Jadi waktu agan check in agan bakal diminta bayar airport tax (pajak bandara). Airport tax itu nilainya bervariasi, ada yg di konter khusus ada jg yg di konter check in. Pejwan gan kalo berkenan


Quote:Original Posted By astagojim
mantep gan.. informasi yg sangat penting buat yg pertama kali naik pesawat.. biasanya jarang ni yang mau sharing wkwk


Quote:Original Posted By san.insane
ane udah sering naik pesawat gan, jadi infonya ga begitu penting buat ane sih

tapi begitu baca kalimat terakhir ente, langsung tergerak buat ngasi ijo2


Quote:Original Posted By amnessterz
Meskipun tinggal di era modern dimana semua kalangan bisa mengakses pesawat tapi ane belum pernah naik
Meskipun ane udah baca (+save ini trit pasti nya) ane tetep (pastinya tetep katrok) kalo ke bandara pertama kali.
Ok trit yg sangat berguna, layak dapat cendol


Quote:Original Posted By anggryadi
Bener bener lengkap

Tidak lupa juga berdoa, agar selamat sampai tujuan

bener gan... berdoa sebelum naik pesawat..


Quote:Original Posted By billy1
Info yang menarik gan.. walaupun keliatannya simple, tp banyak dari saudara2 kita yang membutuhkan info ini..

Dan juga kalau bisa dijabarkan tentang percaloan yang terjadi dibandara gan,walaupun sudah ada aturan yang melarang penjuaalan tiket di bandara..


kalau masalah percaloan memang susah diatasin gan...
karena udah mainan orang dalam... ane juga pernah bawa jenazah pakai pesawat... itu calonya orang2 dalam juga...

Quote:Original Posted By moraq
wah nambah ilmu nih

kalo hpnya diset ke airplane mode ttp gk boleh kah gan?

sebenarnya boleh gan... tapi ada beberapa pramugari/pramugara yang ngotot harus mematikan alat elektronik.. takut ada percikan api katanya kalau hp yang dipegang panas... kayak di SPBU

Quote:Original Posted By madoff
Ane kerja di Airline udh 2 taun, saban hari ngatur rute ama pesawatnye + penyakit2nye + delay2nye blm pernah naek pesawat ampe terbang, sukur deh ada trit beginian biar ngasi tau pengalaman naek pesawat buat orang yang kayak2 gue. Anyway atasan ane udh 5 taun di airline kerjaannya sama kayak ane baru bisa terbang bulan kmrn ke jogja, miris bgt ye...

kasihan banget gan...
2 tahun gak naik, cuma ngelihatin aja.. apalagi bos ente
tapi gak masalah gan... kerjaan ente itu penting juga demi keselamatan kami para penumpang kan...
kalau gak ada agan... penumpang gak bisa naik pesawat...

Quote:Original Posted By gittri
nice thread gan.

tips utk yg mau bawa bayi, pilih flight yg paling pagi ato paling malem sekalian gan.
jadi doi tidur terus ampe tempat tujuan.

pengalaman ane selalu berhasil gan dengan milih flight paling pagi. sekali doang waktu dari bali pgn naik 777 cuma ada yg jam 5 sore.
yang ada anak ane riang bgt gan teriak2. malu dahh ama tetangga sebelah.


bener gan... jangan lupa sedia susu ASI yang di sedot dan udah disimpan dalam botol, kalau2 si dede bayi menangis/haus/lapar
kalau langsung di susuin juga gak masalah sih... cuma kan risih juga...

Quote:Original Posted By Shok
Di dalam pesawat :

Mungkin tambahan aja gan bahwa menyalakan peralatan elektronik di dalam kabin pesawat itu melanggar hukum, tepatnya Undang-Undang nomor 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan (Pasal 54).
Kadang orang masihhhh aja nyalain mungkin ga tau kalo perbuatannya melanggar hukum.

Thanks gan..

tepatnya penjelasan Pasal 412
Setiap orang di dalam pesawat udara selama penerbangan mengoperasikan peralatan elektronika yang mengganggu navigasi penerbangan, sebagaimana dimaksud dalam Pasal 54 huruf f dipidana dengan pidana penjara paling lama 2 (dua) tahun atau denda paling banyak Rp200.000.000,00 (dua ratus juta rupiah).

disitu ada kata "mengganggu navigasi penerbangan" kalau handphone nya di flight mode gimana? apakah masih mengganggu navigasi?

Quote:Original Posted By h4r1tz
check in itu bukan harus 1 jam sebelum keberangkatan tapi itu maksimalnya,
check in itu diharuskan 1,5 atau 2 jam sebelum keberangkatan soalnya konter check in ditutup 1 jam atau 45 menit sebelum keberangkatan.

Gue sih biasanya tiap check in pasti minta nomor kursi yg di samping jendela, biar enak kalo tidur
tapi pernah juga disuruh pindah ke kursi yg disamping pintu darurat soalnya gk ada yg nempatin

iya gan... itu minimalnya, tapi kadang telat2 beberapa menit juga boleh
tapi ane pernah lagi antri di meja cek in, kan antriannya panjang tuh... ada orang yang telat cek in nya, mas2 dibagian cek in nya gak mau melayani orang yang terlambat tadi... marah2 deh orang nya... padahal telat 15 menit loh...dan pesawat belom siap berangkat...
dan itu maskapai singa terbang
padahal ini maskapai paling sering delay, gak di CGK aja... hampir disemua tempat disemua tujuan...
dan kalau delaynya lebih 3 jam cuma dapet nasi bungkus... dan lauknya gedenya cuma tiga jari
rekor ane nunggu delay naik pesawat 3 jam.. paling sebentar 30 menit delaynya...
yang paling nyebelin itu kalau delaynya udah didalam pesawat... mana AC nya mati lagi...

Quote:Original Posted By niank
Telingaku gak sakit aja waktu naik pesawat jadi sakitnya minta ampun ...
Huh rasanya pengen junkir balik ... trus aku tutup pake earphone lumayan gan ...
Sampe sekarang masih mikir mikir lagi kalo mau naik pesawat :brdukas

pakai earphone juga makan permen karet sist...
dijamin deh...gak berasa sakit lgi...minimal mengurangi sakit telinga...
kalau ane sih, menguap agar telinga gak berdengung ketika udah turun dari pesawat... kalau sampai sakit telinga gak pernah merasakan

Quote:Original Posted By wahyuadtyo
Nmbah ni, klo di pesawat da yg nawar souvenir ato oleh2, jngan asal ambil yaa, karna itu BUAYYAARRRR, temen ane prnah da yg kyk gtu dikirain gratis untung sblumnya udh ane bilang itu bayar, selamat deh dia dri hal yg bsa malui2inya, he...he....

iya gan... biasanya kalau ane naik pesawat, cuma dikasih brosur aja, gak dikasih pinjem seperti naik kereta/bus pada umumnya.
tapi ane pernah naik kereta executive, ditawarin makanan... ane pilih nasi goreng sama teh hangat...
ane kira gratis seperti naik pesawat garuda... gak taunya bayar... tekor Rp.30k lebih

Quote:Original Posted By Aziez1993
pokoknya ngikutin orang yang satu tujuan & satu pesawat sama agan, dijamin nggk bingung. tapi jngn ngikutin orng yg baru pertama naik pesawat, ntar sama sama bingung.

betul gan, nanti malah sama2 linglung
tapi masa iya sih harus tanya sama orang disamping agan "om, mas, tante, pak, buk, gan udah sering naik pesawat?" kan gak mungkin gan...

Quote:Original Posted By Garyu73
Woh makasih tipsnya gan, ane selalu ngebayangin gimana sih naik pesawat itu, apa ribet atau enggak
Oh ya ane bingung nih, antara tas yang dibawa dan dimasukkan ke kabin atas pesawat atau ditaroh di bagasi. Misal ane bawa 2 tas, 1 tas kecil dan 1 tas punggung. Tas punggung boleh ane bawa ke pesawat dan taroh di kabin atas pesawatnya gak?

kalau gak rempong bagusan agan pegang aja dua-duanya, kalau gak mau ribet pas di atas pesawat...mending tas punggung agan simpan di bagasi...(mumbazir bagasi gan) dengan syarat...maskapainya memang memberikan agan hak untuk bagasi dan jangan meletakan barang berharga dalam barang bawaan yang disimpan dalam bagasi...

Quote:Original Posted By dede_edward
duduk bagian deket sayap pesawat Gan, dibagian itu bagian paling kuat dari bagian badan pesawat yang lain

bener gan...
TAMBAHAN DAN LANJUTAN DARI ATAS

Quote:Original Posted By deathwatch
Sedikit tambahan etika di pesawat :
- Kalau mau memundurkan kursi lihat ke belakang dulu dan bilang mau mundur. Kalau di pesawat nya yang sempit (seperti Lion Air) dan penumpang yang dibelakang tubuhnya tinggi maka dengkul mereka akan langsung kena.
- Kalau mau manggil pramugari jangan panggil seperti waiter, ada tombol untuk memanggil pramugari, cari yang ada simbolnya.
- Kalau mau muntah pake airsickness bag, ada di kantung depan kursi.

Yang berkaitan dengan keadaan darurat :
- Walaupun kita semua berdoa untuk bisa terbang dengan selamat, selalu ketahui dimana pintu darurat yang terdekat, bisa didepan bisa dibelakang.
- Kalau mau duduk di kursi yang agak lega dekat jendela darurat harus siap membantu.
- Ingat bahwa mengembangkan pelampung (lewat tiupan/tarikan) dilakukan di pintu, jangan dikembangkan di kabin, itu membawa maut.
- Ingat bahwa kalau membawa anak kecil dan terjadi decompression, tolong diri sendiri dulu, karena gak ada yang nolong kalau kita sendiri dah keburu pass out.

Sekedar menambahkan sedikit gan, tentang alat elektronik, mungkin ada yang sudah mengcovernya :

- Selama pesawat sedang taxi (jalan ke landas pacu/runway atau datang dari landas pacu) maka semua alat elektronik, termasuk iPad dalam posisi airplane mode, walkman, game boy, etc. tidak diperbolehkan.
- Dalam kondisi turbulence/cuaca buruk, atau situasi dimana pilot memerintahkan penumpang untuk memakai seatbelt, semua perangkat elektronik juga tidak boleh digunakan.
- Bila dalam kondisi flight normal, perangkat elektronik yang tidak menggunakan sinyal radio boleh dipakai. Jadi kalau mau main iPad/HP dengan airplane mode, atau dengerin musik, silahkan. Tapi main game multiplayer dengan bluetooth, wi-fi, tidak diperbolehkan.
- Kalau ingin main iPhone/iPad di udara, setting ke airplane mode nya sebelum masuk ke pesawat. Kalau di udara baru dinyalakan dan diganti ke airplane mode itu sama aja kayak nyalain HP.
- Ketika pesawat mendarat, gak usah buru-buru nyalain HP Tunggu sampai pesawat sampai di terminal, ataupun kalau Anda sangat terburu-buru, saat pesawat sudah berhenti dengan sempurna entah di jetway atau di tangga.
- Fyi saja, otoritas bandara biasanya tidak memperbolehkan berfoto di bandara. Kalau di Indonesia ini memang kurang di enforce, tapi kalau di negara lain bisa berpotensi masalah.

Dan tambahan juga tambahan lagi gan...
-Kalau ketika pesawat landing/take off jendela pesawat jangan di tutup.
-Dan juga ketika pesawat landing/take off meja didepan harus dilipat/ditutup.(jangan di biarkan terbuka kunci nya atau dibuka mejanya)
-Barang bawaan jangan di taruh di bawah kursi. kalau gak muat silahkan minta pramugari/pramugaranya pindahin/simpanin barang agan2.

Quote:Original Posted By yue.chan999
Ane pernah beberapa kali naik pesawat rute domestik (sriwijaya air, lion air & batavia air (skrg udah bangkrut))
bawa botol minum kemasan boleh" aja asal agan taruh di tas & ga dimasukin ke bagasi. Tapi prnh nyokap ane bawa madu dua botol 3 liter disuruh masukin kr botol plastik & ditutup nya pakai karet gitu. Tetep boleh bawa sih, tapi ga bs masuk bagasi

ia gan, kalau taruh di bagasi takutnya pecah...kalau masalah air mineral itu gak semua bandara membolehkan dan melarang gan...

Quote:Original Posted By Bloggerry
pertanyaan simple nih gan,
pesawat ada kunci kontak nya buat nyalain mesin kayak mobil ?

ada gan... kunci nya gede nya sama seperti kunci brangkas ane... 20cm
bercanda gan... ane gak tahu gan... soalnya gak pernah main2 ke kokpit...

Quote:Original Posted By qazmask
Mau nambahin gan soal sakit telinga itu, biasanya disebabkan oleh perbedaan tekanan lingkungan dengan tekanan tubuh kita karena adanya perbedaan/penanbahan ketinggian selama pesawat naik sampai ketinggian yg stabil/tetap, perbedaan tekanan itu yg paling mudah terkena dampaknya adalah gendang telinga karena termasuk organ yg sensitif yg berhubungan langsung dengan lingkungan. Ada perbedaan tekanan sebanyak 1bar tiap pertambahan 10 meter ke bawah (air) atau 1000 meter ke atas (udara) cmiiw. Untuk mengatasi pertambahan tekanan tersebut kita harus melakukan equalizing (menyamakan tekanan tubuh dengan tekanan sekitar), ada 3 cara yg umum untuk equalizing yaitu:
1. mengeluarkan nafas lewat hidung dengan posisi lubang hidung hidung tertutup sehingga ada tekanan keluar yg terasa di kedua telinga (harus keduanya, jika belum berhasil diulang lagi).
2. menelan ludah.
3. mengerakkan rahang ke kiri dan ke kanan.
Yang biasa dilakukan adalah cara ke 2 dan 3 dengan cara mengunyah permen karet, namun tingkat keberhasilan yg lebih tinggi jika melakukan cara ke 1. Karena kemampuan setiap orang berbeda dalam menyesuaikan tekanan maka lebih baik dilakukan sesering mungkin saat posisi pesawat naik sampai posisi stabil.

ane page one yah gan...

Quote:Original Posted By csyw
Pengalaman ane naik pesawat paling ngos2an tuh pas ane, ponakan ane (umur 1thn) sama nyokap ane (umur 60thn + pake kursi roda) naik pesawat Batavia sblm bangkrut dari Jakarta ke Luwuk.. transit 2x di Surabaya sama Makasar. Pas pergi sih ga masalah masih fit, eh pas balik ke Jkt kan banyak tuh dibawain oleh2, segala singkong sama ubi aja dibawain sampe over bagasi ponakan ane beli tiket 1 kursi tp tetep aja over bagasi

Pas di Makasar pesawatnya delay hampir 1 jam ane capek mondar mandir ikutin ponakan ane yg pecicilan di ruang tunggu jagain nyokap. Nah disini untungnya ga ganti pesawat jd barang2 di cabin ga dibawa, tp tetep aja perlengkapan susu sama baju ponakan dibawa + bonekanya .

Nah abis dr makasar masih harus transit lagi ke surabaya delay ternyata lama banget berangkat dr Luwuk tuh jam 2 wita nyampe jkt nya jam 10 malem wib pas di surabaya delay hampir 2 jam, pas udah dipanggil buat ke pesawat, nyokap ane di bantuin sama pihak maskapai jadi jalan duluan ke pesawat, nah ane gendong ponakan + bawa tas tentengan 2 + tas bayi + tas oleh2 dr surabaya pas mau jalan ke pesawat ponakan ane pup terpaksa ane ke kamar mandi dulu sambil nitip tas ke orang di dlm toilet mana sepi banget, ane samar2 denger panggilan terakhir pesawat ane setelah beres ane langsung lari, jauh dan turun tangga , rasanya pengen putus dah napas. Pas sampe di pesawat ternyata nyokap ane blm ada. Panik dah tuuh, ane takutnya salah naik pesawat kaya film home alone

Ternyata nyokap karena pake kursi roda jadi jalannya muter jauh , makanya lama

Abis itu ane kapok jalan bertiga kalo naik pesawat

Harusnya ini thread ente bikin 3 tahun yg lalu gan biar ane ikutin sarannya

hehehe... bikin thread nya juga baru kepikiran kemaren itu juga kepikirannya di kamar mandi pas lagi bersemedi
memang sih agak repot kalau bawa anak kecil... suka rewel...
tapi kalau bawa lansia/difabel yang membutuhkan kursi roda..bisa dipesan ketika memesan tiket gan...
jadi kita gak repot lagi ketika udah di bandara.

Quote:Original Posted By casionet
Temen ane dulu bawa souvenir hiasan kerang, ada satu dus kecil. karena takut pecah akhirnya gak dibagasiin, ditenteng aja pake tas jinjing. setelah melewati scanner langsung dipanggil petugas keamanan, diintrogasi dan disita. cuman melongo aja dia


oh ya gan, ane dulu naik lion, boleh tuh bawa botol Miz*ne, ane bawa cemilan juga..

dikira petasan tuh gan..
kayaknya dikira dapat membahayakan kalaudibawa ke dalam pesawat ya gan...?
padahal bisa kok minta dipindahkan ke dalam bagasi... sebelum kita masuk ke waiting room (ketika pemeriksaan terakhir).
kalau gak bisa berarti barang bawaan itu memang gak boleh...


Quote:Original Posted By cabe_ijoe
nice share gan..

selain bayi dan anak kecil, perlu diulas juga persyaratan terbang untuk wanita hamil..

udah gan diatas sama agan water cat

Quote:Original Posted By kacanakopecah
Gan, tambahin buat caranya transit dong gan, misal transit di soekarno hatta gtu.

transit yah gan...? siapkan tiket pesawat yang di transit/pesawat berikutnya. nanti ketika udah keluar dari pesawat ketika menuju tempat pengambilan barang... biasanya ada loket/meja untuk transit.
disitu lapornya nya gan... soalnya ane kalau naik pesawat. gak pernah transit
tapi ane googling dulu deh...makasih masukannya gan

Quote:Original Posted By feizh
nanya gan,
penerbangan dari Jakarta - Jeddah pake Garuda atau AirAsia, itu ada wifi onboardnya gak? ya lumayan lah daripada manyun" 9 jam di pesawat untuk kelas Ekonomi dan Bisnis gan

bisnis sama executive dapat gratis gan...
kalau Kelas lainnya dikenai tarif yang cara bayarnya bisa dengan voucher atau kartu kredit. Tarifnya per jam sebesar USD 11,95 atau sekitar Rp 135 ribu, sedangkan bila akan menikmati sepanjang penerbangan maka akan dikenakan tarif USD 21,95 atau setara dengan Rp. 250 ribu.
sumbernya  (www.merdeka.com)

Quote:Original Posted By secretreader
itu kayanya ada beberapa info yang kurang update.. yaitu:
Terminal 1B= Lion air (P. Sumatera) dan Sriwijaya Air
Terminal 1C= Lion Air (Kalimantan), Batik Air, dan Citilink
Terminal 3 = hanya digunakan oleh AirAsia untuk domestik dan intenasional
Terminal 2F hanya digunakan oleh Garuda Indonesia
Merpati dan Mandala sudah tidak beroperasi lagi di Indonesia.

Pejwan kalo berkenan gan

oke gan...

Quote:Original Posted By tyocha
Nice inpo Gan kebetulan bulan depan ane mau naik pesawat
Mohon sarannya donk Gan. Tempat duduk yang enak buat nubi pengguna pesawat itu disebelah mana ya?

kalau buat nubi mah... dimana saja oke gan... tapi kalau agan dikira bisa dihandle ketika ada kejadian/kecelakaan yang mengharuskan agan tanggap untuk membuka pintu darurat. mending duduk di samping pintu darurat. duduknya lebih lega kedepan bisa selojorin kaki
tapi kalau gak bisa/gak mampu... duduk dimana aja, yang penting disamping jendela... jadi bisa lihat pemandangan

Quote:Original Posted By MuzaKira
Gan Kalo salah satu gendang telinga pecah, boleh ga naik pesawat?

kalau itu agan harus konsultasi sama dokter gan...

Quote:Original Posted By Bingbu
baru kemarin nih nganter yayang ke CGK,, sekedar mau share (klo blm ada yg share dluan)
si yayang naik Singa Aer ke Bali, awalnya diturunin taxi di terminal 1A , pas ke bagian info Singa Aer, katanya disuruh ke terminal 3D, terminal paling mentok ,, jd kyknya sekarang bukan Aer Asia , Mandalah, sama Garuda aja yg ditempatkan di 3D, termaksud si Singa Aer itu gan

kayaknya mungkin pindah gan...

Quote:Original Posted By 27ipdass
Kalau naik maskapai asing itu agak ngeri makananya, takutnya gak halal, kalau disuruh milih menu juga bingung jadinya Gmn itu gan kan laper juga

bener gan.. tapi gak masalah kok kalau agan tanya dulu sama pramugarinya makanan yang halal ada apa enggak...

Quote:Original Posted By mikrobit
gan kira2 sekarang ada pemeriksaan software bajakan untuk laptop ga d bandara ?

dulu2 sih pernah ada terdengar isu seperti ini... tapi sampai sekarang gak ada berita orang ditangkep karena software bajakan dibandara

Quote:Original Posted By friestianhnf
ane pernah naik air asia pertama masuk masa asep asep gitu gan

itu bukan asep gan.. itu AC nya ngebul

Quote:Original Posted By freundschaft852
ane sih misal lagi mau naik pesawat ya ikutin orang2 sekitar aja, klo bingung ya nanya

penerbangan domestik sih biasanya simple (cek in, tax, cek barang terus nunggu di lounge) nah yg internasional (waktu itu ke saudi, euro ke turk dan sekitarnya) baru itu lumayan lama proses boardingnya sampe bikin bete (pas udah di pswt baru lega tinggal duduk manis, mainin in-flight entertainmentnya )

kalo buat penerbangan domestik biasanya sajian ya apa adanya (domestik pakai lcc udah cukup, biasa bawa minum dari rumah), klo int'l (terutama flight >6h ) biasanya udah pasti dikasih makanan besar (minuman biasanya harus dikosongin di airport, waktu itu pengalaman dikasi 3-4 kali makanan besar ditambah jajanan kue dan jenis2 minuman) dan buat ngusir bosen biasanya ya ane nonton film di ife pesawat atau pakai dap buat dengerin musik

tapi jadi penasaran jg sih gimana rasanya duduk di deket emergency exit door (belum pernah dapet soalnya selama perjalanan naik pswt), diliat jg enak, lega bgt gitu

memang ketika boardingnya lama gan...
ane malah sering ditaruh samping pintu darurat...atau di samping sayap...
jadi kalau terbang merasa aman dan lega

Quote:Original Posted By rhifo300400
gan kalo dibawah 16 tahun naik sendiri tanpa ortu gitu bisa gak sih? maksudnye sama temen2 yg laen tpi kagak sm ortu gitu

dibawah umur 16 itu umur berapa gan?
kalau 15,16,17 boleh kok gan...tapi agan harus punya identitas diri, seperti kartu pelajar atau lainnya...
agar ketika cek-in tidak menyulitkan mbak2 atau mas2 nya, tapi kalau yang masih dibawah 12 tahun harus ditemanin ke badara sama cek-in, dan ketika keluar/sampai juga harus ada yang jemput... hati2 gan penculikan anak2!

Quote:Original Posted By marzanitrate
kayaknya ribet banget gan..
kalo kita bawa barang yang dilarang di pesawat terus disita bisa diambil lagi gak gan?

kalau udah disita gak bisa gan... kalau barang yang dibilang remeh...seperti gunting/pisau
tapi kalau mahal bisa di minta tapi harus ditinggal... dan gak boleh dibawa ke pesawat.

Quote:Original Posted By rizal wirawan
Gan apa perna ad kejadian tabung "sperti deodorant spray yang meledak di bagasi pesawat?

ane sendiri belum pernah dengar sih... tapi kalau battrai meledak pernah...
makanya dulu cargo belanjaan ane di tahan dibandara 3 hari...ane gak naik, cuma pesan barang trus dikirim pakai pesawat.

Quote:Original Posted By ristantooo
wah pas banget kemarin perdana hari jumat tanggal 6 maret ane naik pesawat dari jakarta ke bali (pagi), trus pulang tadi malem.

ane mau tanya, kenapa kuping ane sakit banget pas landing dari bali ke jkt? sedangkan pas berangkat ane ga ngerasain sakit apapun dikuping (cuma bindeng dikiitt)
sakitnya kebangetan gan, rasanya kaya pingin pecah kuping kanan ane. gelisah gitu (bukan bawah yang gelisah )
ini aja masih terasa nih gan

penyembuhannya gimana nih gan?
kasih tau dong

kalau terasa sakit ketika terbang, coba makan permen karet gan...atau dengar musik pakai headset...
kalau masih terasa sakit sampai sekarang... cek ke dokter THT gan... takut2 gendang telinga agan infeksi/pecah...

Quote:Original Posted By mrkimkimura25
mau nambahin info gan.
Di bandara juanda surabaya ada 2 Terminal.
Terminal 1 :
-. utk keberangkatan dan kedatangan domestik. (lion air, sriwijaya, trigana, kalstar, dll)
-. khusus citilink loket check in berada di keberangkatan internasional Terminal 1.
-. di terminal 1 ada AW, Kopitiam diluar dan Starbucks, Coffee bean di dalam setelah check in.
Terminal 2 :
-. utk pesawat air asia, garuda, dan maskapai internasional.
-. ada carsl jr dan burger king disini, namun harga lebih mahal.

jarak terminal 1 dan 2 cukup jauh dan belum ada jalan tembusan. jadi agak memutar. krg lebih 30 menit dgn mobil dan bus Shuttle.
jadi jangan sampe salah ya..


Pengalaman ane:
-. kalo terbang dengan citilink menuju jakarta bisa turun di 2 tempat, cengkareng dan halim.
-. kalo terlambat datang atau telat check in atau ketinggalan pesawat, bisa bicara ke pihak maskapai utk di carikan jam selanjutnya. ane pernah dengan Lion air, berangkat jam 5 pagi telat dan di pindah ke jam 12 siang. dan tanpa biaya apa pun.


Quote:Original Posted By d1radio
Wah banyak juga ye yg sepengalaman sama ane, tentang sakit kuping. Ane kalo naik pesawat bisa budeg ampe besoknya setelah naik pesawat. Nah ini di karenakan (kalo ane pribadi ya gan), karena ada sinusitis dan adenoid atau apalah itu yg amandel di belakang hidung, bkn mulut. Dokter tht ane emang tidak mengijinkan ane naik pesawat, atau di bawain obat biar ndak sakit. Kadang kalo obat abis dan masih ngotot naik pesawat ya ane budeg gan hahahah dan terasa nyeri. Page one dong kalo berkenan hahah


kalau makan permen karet? masih sakit gak gan? kata dokter THT agan berarti yang sakit telinga itu karena ada amandel?
wah...berarti yang sakit amandel harus hati2 naik pesawat yah...

Quote:Original Posted By yahikocmd
Gan ijin share.. Dulu Gw pas umur 12 thn pernah naik pesawat sendiri Dan itu perdana buat gw, krn sblmnya ga pernah naik pesawat... Tahun 2008 kejadiannya, pas itu dari balikpapan ke Jakarta. Itu gw si kalungin identitas gan sama org bandara, ada nama dll... Nah pas di dlm pesawat tuh Gw di bilang sm mbk pramugarinya "dek klo ada perlu apa apa panggil kk kk yg disini ya" Gw bilang "ok".... Nah trus pas dipesawat semua lancar aja tuh, setelah landing itu masalah pun muncul.. Gw disuruh tunggu dulu sampe smua penumpang turun baru nanti Gw turun brg kk pramugarinya, Gw disuruh nunggu di kabin bisnis, disitu ktemu bule bule gan trus Gw juga ktmu pilot nya, dia ngobrol dikit sama Gw, abis itu dia masuk lg ke kokpit ntah lah ngapain... Gw juga udh bosan kan, Gw langsung turun aja sendiri.. Gw liatin Dr jauh org2 jln.. Gw ikutin.. Nah langsung dah kesasar gan akibat kesotoyan Gw pas kesasar tu nama Gw dipanggil2 di speaker bandara.. (serasa org penting ye gan :ketawa) Gw makin bingung tuh harus Lapor ke mana.. Trus Dr belakang tiba2 ada org pake seragam abu2 bawa ht, diliat nya kalung nama Gw langsung dutarik gan ke ruangan mana tau tuh. Ktmu lagi sama mbk pramugari Dan pilot yg tadi, pramugarinya langsung ngasi wejangan + dia agak panik gan.. "km tuh ga sabaran bgt sih, kan kk bilang tunggu dulu" Gw jwb aja "lama bgt sih Tadi kan bosen nunggunya". Pilot nye nyengir2 gan trus pala Gw di elus2 , dibilang "disini bhaya dek byk penculikan anak, untung km ktmu kalo gak gimana".. Gw nyengir2 aja gan hehe.. Trus abis itu keluar bareng Om pilot nya dah sama pramugari tadi, trnyata om Gw yg jemput udh nungguin, Om Gw ngobrol dikit AMA pilotnya. Abis tuh pulang, pas dijalan Gw di ketawain sama Om Gw.. Sialannnn hahhaa..
Tuh pengalaman ga bakal Gw lupain dh seumur hidup Gw
Pagewan gan klo berkenan

seru juga yah gan... kalau ane pertama kali naik pesawat ketika SD kelas3 udah lupa umur brp..
di meja cek-in ane ditimbang, pas di cabin ane udah pecicilan (namanya juga bocah ) sampai2 tuh pelampung ditiup2 sama ane
saat itu mandala air pesawatnya
dan untuk kedua kalinya masih dengan pesawat yang sama tapi umur udah agak tuaan cuma ane beli tiket promo dulu...
kalau gak salah harga tiket 30 ribu

Quote:Original Posted By dndyrnsyhptr
Nes inpoh gan


Quote:Original Posted By aldy.razor


selamat gan ente pertamax


Quote:Original Posted By aldy.razor
berarti bawa titit ngaceng ga boleh dong gan?


njrit... cepet banget dah lu... kalah cepet sama TS nih... kacau nih ISP
ohh gitu ya gan, nice inpoh
enakan naik jet tempur gan
coba aja
makasih buat bikin threadnya gan.. paling ngga ane jd ga malu2in ntar kalo naek pesawat berkat petunjuknya
ane bantu rate aja yak
Meskipun tinggal di era modern dimana semua kalangan bisa mengakses pesawat tapi ane belum pernah naik
Meskipun ane udah baca (+save ini trit pasti nya) ane tetep (pastinya tetep katrok) kalo ke bandara pertama kali.
Ok trit yg sangat berguna, layak dapat cendol
enak jga naik pesawat gan bilang sama sopir pesawatnya kalau lewat sumatra hati2 bajing loncat
Nah, cakep nih..
Kebetulan ane belon pernah naek pesawat, banyakan pake transportasi darat mulu
blm kesampaian ane naek pesawat
ane cuma 3x naik pesawat, boleh dibilang masih newbie gan
ane mah mending naek getek gan kaga pake ribet...hahahahaa
Woh, ane belum pernah naik pesawat tp suatu saat pasti naik, nias inpoh gan
Thanks gan infonya menarik nih infonya "]hahaha  (www.bbm129.com)
ribet ya gan.. kirain tinggal naekin tangga aja gan.. klo cara turunnya gmn gan??
wah bagus bgt info nya gan , ane belom pernah naik pesawat soalnya gan
ini berdasarkan pengalaman pribadi
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar