Pages


Selasa, 10 Maret 2015

Fungsi lain Sapu Lidi

  (www.kaskus.co.id)

Quote:

Date.09/03/2015

Terima Kasih All Kaskus Officer, Mimin, Momod, dan ucapan terbesar untuk seluruh Kaskuser sejagad raya sekali lagi terima kasih

Quote:

Spoiler for :



Klik Langsung Ke TKP.......   (www.kaskus.co.id)



Quote:
MUKADIMAH

Siapa yang tak tak mengenal sapu lidi...?! Salah satu alat sederhana yang dibuat dari batang daun pohon kelapa yang dikumpulkan menjadi satu dan diikatkan, maka akan menjadi sebuah sapu lidi.

ketika seseorang menggunakan sapu lidi sesuai fungsinya yaitu untuk menyapu atau membersihkan halaman sekitar rumah yang berserakan dengan dedaunan atau sesampahan di sekitar tempat tinggal Kita.

Dalam Thread ini ane akan membahas kegunaan lain Sapu Lidi, yaitu Sapu Lidi yang digunakan di beberapa daerah di Indonesia sebagai alat untuk tarian atau kesenian daerah.






Quote:
Quote:
Tari Nyampat


Tari kreasi baru yang menggambarkan para anak-anak perempuan yang sedang menyapu dengan sapu lidi, kebiasaan menyapu ini sudah dimulai dari dini dari anak-anak. Pentas ini ditampilkan pada Pesta Kesenian Gianyar XXXI di Lapangan Gianyar. Diiringi dengan Sekaa Gong Mekar Sari dari Ubud.


Quote:
Quote:
Tari Sapu Laman


Tari sapu laman ini diangkat dari tatanan kehidupan masyarakat melayu kepulauan Riau yang menginginkan budaya bersih.
Sifat gotong royong adalah suatu kegiatan kebersaman yang menciptakan ikatan kekeluargaan dan persaudaraan.
Hal ini terlihat dari para gadis remaja melakukan menyapu halaman sambil menyanyi dan bergurau senda dengan menggunakan sapu lidi dan sekaligus digunakan sebagai property tari.



Quote:
Quote:
Tari Pukul Manyapu atau Baku Pukul Manyapu


Tradisi Pukul Manyapu dipandang sebagai alat untuk mempererat tali persaudaraan masyarakat di Desa Mamala dan Desa Morella. Dipertunjukan oleh pemuda yang dibagi dalam dua kelompok dimana setiap kelompoknya berjumlah 20 orang. Kedua kelompok dengan seragam berbeda itu akan bertarung satu sama lain. Kelompok satu menggunakan celana berwarna merah sedangkan kelompok lainnya menggunakan celana berwarna hijau. Pesertanya juga diwajibkan menggunakan ikat kepala untuk menutupi telinga agar terhindar dari sabetan lidi. Alat pukul dalam tarian ini adalah sapu lidi dari pohon enau dengan panjang 1,5 meter. Bagian tubuh yang boleh dipukul adalah dari dada hingga perut.
Atraksi unik dari Maluku Tengah yang biasanya dipentaskan di Desa Mamala dan Desa Morella, Kecamatan Leihitu, Maluku Tengah. Berlangsung setiap 7 syawal (penanggalan Islam) dimana telah berlangsung dari abad XVII yang diciptakan seorang tokoh agama Islam dari Maluku bernama Imam Tuni. Tradisi ini dipertunjukkan sebagai perayaan keberhasilan pembangunan masjid yang selesai dibagun pada 7 syawal setelah Idul Fitri.




Quote:

Itulah beberapa Fungsi laiin dari sapu lidi, yaitu sebagai alat atau bahan untuk tariaan kesenian dari beberpa daerah yang ada di inidonesia.

Apakah dari daerah Kaskuser sekalian ada yang menggunakan dan memanfaatkan sapu lidi selaiin sebagai alat untuk membersihkan lingkungan..?? Silahkan Di Share dan komeng di sini ya gan...!!!

Quote:

Sumber: Hasil Meditasi dan dibantu juga oleh Wikipedia
Sumber Foto: Googling



sapu lidi dipake buat menari rupanya
bisa juga buat nyabet nyamuk
Baru tau kegunaan sapu lidi untuk kelengkapan tari
sebuah kombinasi yang menarik
Kalo buat anak-anak ane dah pernah buat Threadnya OM
Waktu ane kecil, kalo ktahuan nakal banget,apalagi kalo g ibadah di sabet di kaki pake sapu lidi gan
wuih, ternyata buat nari

biasanya tuh sapu di pake cwe buat mukulin cwo yang kurang ajar di kelas
Baru tau ada tarian pke sapu
buat nari ya

sapu lidi juga bisa kok buat gibay dedemit
buat mukulin anak
bisa buat mainan kyak wolfrine itu juga gan
mayan dapet mejeng di pejwan
ahahah jadi lidi pedes di kantin sekolah ane nih lidi..wkwk
Buat nangkal ujan gan
Banyak fungsinya ya
Klo ane pernah gunakan sapu lidi buat ngusir kucing liar yang suka ganggu kucing peliharaan ane, caranya ane takut-takuti kucing-kucing itu dengan sapu lidi yang dipukul-pukulkan. Kucing liar pada kabur ,, karena kucing sangat takut dengan bunyi sapu lidi yang dipukul-pukulkan.
nice bang, ternyata ada tari-tarian yang pake sapu lidi. baru tau awak bang.
lidi lidian pedes enak gan
njir buat mukul, peres banget
dijadiin nyamuk babi
idem ane gan...

Quote:Original Posted By smallbee
Klo ane pernah gunakan sapu lidi buat ngusir kucing liar yang suka ganggu kucing peliharaan ane, caranya ane takut-takuti kucing-kucing itu dengan sapu lidi yang dipukul-pukulkan. Kucing liar pada kabur ,, karena kucing sangat takut dengan bunyi sapu lidi yang dipukul-pukulkan.
Serba guna bgt ya ternyata. Ane baru tau. Hahaha
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar