Pages


Senin, 06 Juli 2015

Harddisk, SSD, dan Flashdisk. Manakah yang Paling Awet Dalam Menyimpan Data ?

Assalammu'alaikum Wr.Wb
Alhamdulillah.. Setelah selese bagi cendol sama regional, dan di lanjut tarawih di rumah masing - masing. Ahirnya ane sempet juga nulis thread setelah sekian lama kagak nulis Sebelum meneruskan, alangkah baiknya kalok cek ripost dulu
Spoiler for Cek Repost:
Cek Disini

Cek Disini

Amankan kagak repost ? Lanjuttt




Tidak ada yang abadi di dunia ini gan, bahkan untuk segala teknologi keren yang selama ini agan gunakan. Apakah agan pernah berpikir, berapa lama sih file berharga yang kita miliki di dalam media penyimpanan seperti Hard Disk, FlashDisk, dan SSD akan bertahan lama di dalam sana? Apakah bisa hingga kita tua nanti?

Melalui thread ini ane akan menjelaskan mengenai daya tahan dari masing-masing media penyimpanan yang populer di masyarakat, yaitu HardDisk, FlashDisk, dan Solid State Drive (SSD). Manakah storage yang paling tahan banting? Cekidot.


Spoiler for Hardisk:


HardDisk merupakan media penyimpanan yang mengandalkan komponen bergerak, termasuk disk yang berputar dan magnetic head yang menari-nari di atasnya. Jika magnetic head tersebut mengenai disk sedikit saja, maka hampir dipastikan data yang terkena di dalamnya akan rusak .

Ada berbagai penyebab dari insiden tersebut. Mulai dari aliran listrik yang mati mendadak, benturan fisik yang keras, bahkan kesalahan produksi. Menurut penelitian yang dilakukan terhadap 25 ribu HardDisk oleh perusahaan penyimpanan Cloud BackBlaze di tahun 2013, 5 persennya rusak di tahun pertama, sisanya akan bertahan hingga tahun keempat. Melebihi tahun keempat tersebut, terjadi peningkatan kerusakan terhadap 11,8 persen drive, dan 74 persennya akan bertahan melebihi 4 tahun tersebut.

Selain itu, agan juga harus menjaga HardDisk untuk tetap jauh dari benda-benda yang mengandung magnet yang tinggi, mengingat situasi tersebut akan membawa risiko buruk terhadap data di dalamnya.


Spoiler for Solid State Drive (SSD):


Nih perangkat penyimpanan yang lagi naik daun belakangan ini. SSD memang menawarkan berbagai kelebihan yang tidak dimiliki oleh HardDisk, mulai dari tahan guncangan hingga proses read dan write yang super cepat. Ini dikarenakan perangkat tersebut tidak menggunakan komponen bergerak di dalamnya untuk menyimpan data.

Tapi jangan senang dulu, tidak ada hardware yang sempurna. SSD memiliki kelemahan dalam siklus read dan write. Masing-masing blok yang dimiliki oleh SSD hanya sanggup untuk melakukan siklus tulis dan baca hingga ribuan kali. Tapi tenang, siklus ribuan kali tersebut tentu saja dapat agan tempuh hingga bertahun-tahun. Selain itu, apabila memang agan berhasil membuat siklus tersebut habis, data di dalamnya akan menjadi read-only dan tidak akan hilang.

Eits tunggu dulu, masih ada ancaman lainnya lho. SSD juga rentan terhadap gangguan suplai listrik. Apabila tiba-tiba listrik mati, maka data di dalamnya akan riskan sekali untuk mengalami corrupt . Jadi seberapa awet sih SSD itu? Menurut Dell, SSD dapat awet seburuk-buruknya 3 bulan, dan paling lama hingga 10 tahun.


Spoiler for Flashdisk:


Perangkat penyimpanan sejuta umat. Mengingat harganya yang terjangkau, maka modul memori di dalamnya juga memiliki kualitas di bawah modul memori milik SSD. Masalah siklus tulis dan baca juga menjadi perhatian terhadap perangkat ini. Biasanya FlashDisk masih akan berjalan dengan baik hingga siklus ke 3000 hingga 5000.

Perlu diingatkan bahwa FlashDisk memang bukan diperuntukkan untuk menyimpan file dalam waktu yang lama. Ia lebih berfungsi untuk memindahkan suatu file dari satu perangkat ke perangkat yang lain secara praktis. Semakin sering kegiatan tersebut dilakukan, maka daya tahannya akan terus menurun . Menurut teori dari Flashbay, sebenarnya FlashDisk dapat menyimpan data hingga 80 tahun apabila tidak digunakan dan berada di lingkungan yang tepat. Tapi kita semua tahu itu semua tidak mungkin terjadi kan?

Mari kita ambil hitung-hitungan masuk akalnya saja. FlashDisk dapat bertahan hingga beberapa tahun apabila digunakan secara normal, namun Ia bahkan hanya dapat bertahan beberapa bulan saja apabila digunakan secara berat dan terus menerus..


So, apaun alatnya, yang penting yang bener aja kalok gunain biar awet.. ya walaupun semua itu bersifat fana, tpi apa salahnya kalok kita merawat biar awet ?

Spoiler for ANU:
[CENTER]Komen Kaskuser[CENTER]
Quote:Original Posted By _6_
ane lbih milih SSD, kalo HDD gak awet menurut ane krn komponen yg muter, uda sring ganti HDD jdi pake SSD uda lbih dari 3 tahun, mse aman2 aja, tpi kalo beli SSD mending pilih yang merk terpercaya, temen ane uda korban baru 6 bulan SSDnya uda gk bsa d pake, SSD mahal tpi kenceng, klo HDD sebanding dengan emosi yg dikuras, klo flashdisk uda males make, bagusan pake memory card tambahin connector yg usb 3.0 yakin cepet


Quote:Original Posted By twisctre
HD lah utk sekarang.

SSD = harga, krg cocok juga gan kata sesepuh

FD = gampang hilang, resiko data lenyap tinggi.

CD dan MMC jg disarankan kalo sizenya kecil


Quote:Original Posted By affagaje
bener gan ane punya hdd eksternal seagate, jalan 4 tahun udah rusak kaga bisa d apa2in..bahkan ane claim service k seagate, mereka ga bisa janji balik lagi kaya semula.
padahal hdd nya emang ane fungsikan khusus buat nyimpen dokumentasi foto2.
sekarang semua hilang percuma.


Quote:Original Posted By Konco12345
hdd : asalkan tidak sering kena listrik mati dan guncangan, awet kok. jangan lupa sisakan 10 - 20 % free space dari ukuran hardisknya
ssd : proses baca dan nulisnya cepet gan..
flashdisk : jangan lupa klik safely remove sebelum dicabut biar data gak korup. tapi paling males kalau kena virus
cd : asal gak baret atau kotor, aman.


ada yang masih pake disket ?


Quote:Original Posted By dhikarizki46
Ane vote floppy disk aja deh

Hayo ada yang tau itu nggak? Jangan buka google loh

Btw menurut penghuni forum computer bilang kalo SSD keseringan read and write bahaya, jadi kurang awet memorynya. Kalo sering read and write lebih baik HDD tapi kelemahannya ya itu rapuh


Quote:Original Posted By ApleXP
HDD = Buat nyimpen File JUMBO
SSD = Buat yang mau Spek R/W Cepet
FD = Orang yang bolak-balik minta file


Quote:Original Posted By unixbinajaib
Ane sebenernya kalau bisa pilih ssd .. pilih itu pasti

Tapi HDD masih paling ekonomis dan terjangkau.. masalah kekurangan dan keawetan tergantung cacat apa ngk dan penggunaannya gan

Kalau mau enak sih pakai cloud aja gan .. karena data udah disimpan di server yang lebih baik penanganannya
Cuma kadang harus bayar sih.. tapi ane dapet goo*e drive unlimited dari kampus jadi asik dah kalau mau upload upload..


Quote:Original Posted By fadlan2889
baru coba ssd, jd blum bisa ikutan vote..tp kl kondisi skrg, ssd jd OS, hdd jd storage, FD jd data buat pindah2in data doang..master pasti ada di HDD

kalo paling awet?kompi udh jalan 4th an pake hdd 1tb, laptop 2than lebih, alhamdulillah masih awet..
ssd baru jalan seminggu
fd mah klo gk awet, di flash ulang, udah dr jaman ane kuliah (6th lebih) ..kecuali produk KW dr cina yg kgk bisa di flash ulang


Quote:Original Posted By kezer
Kalau ane lebih baik pake HDD gan tapi yang 7.600 rpm. Itu cepet kok baca datanya. Kalau ane sih pakenya HDD internal merek Western Digital gan yang 1 TB, ini awet banget ane pake dari taun 2012 sampe sekarang gak rusak-rusak bahkan saat kompie ane kena musibah PSU nya mati mendadak eh ini HDD masih bisa diselamatkan sementara mobonya kena. Udah gitu sempet beberapa kali mati lampu juga di rumah alhamdulillah nggak sampai kena bad sector.

Kalau buat SSD terus terang ane belum berani beli gan karena harganya yang mahal kalau nggak salah buat yang 1 TB aja bisa kena 4-5 jutaan. Nanti deh kalau punya duit ane coba beli, cuma SSD bagusnya buat penyimpanan daata instalasi OS gan biar kenceng kalau buat data reguler mending pake HDD.


Quote:Original Posted By uwiwi
flashdisk awet ki***ton 256 mb bli 2005 sering banget kecuci..tinggal keringin bisa pake lagi data gak ilang.hd asal gak sering mati listrik tiba2 awet pnya 40gb dari thn 2001 msh ok..1 tera baru 1 thn dh eror gara2 listrik sering jenglek


Quote:Original Posted By samuelzen
saya heran dengan penggunaan istilah "flashdisk" sapa sih yg mulai nyebut itu, klo harddisk itu karna medianya menggunakan piringan atau disebut disk maka namanya harddisk, untuk FD kan di bungkusnya juga uda ditulis Flash Drive, knapa disebut Flash Disk? Jelas-jelas nga pake piringan untuk media penyimpanannya, TSnya jg uda kasi info menarik tp kok tetep nyebut FlashDisk ? Salah kaprah yang berjamaah dan berkelanjutan dari generasi terdahulu sampe skg hadeeehh


Quote:Original Posted By freundschaft852
PC, Notebook ane masih HDD sata biasa gan tapi alhamdulillah udah setahun lebih buat notebook, dan ada yg 3taun dan 6taun buat si PC dan belum ada semacam error yg mengganggu, tapi biar begitu tetep usahain backup data-data yg dirasa penting (kyk foto yg sekiranya sangat diabadikan...upload ke flickr, dokumen ms office kyk tugas2 dsb...upload ke skydrive, gdrive, dropbox dsb, video2 yg penting ke youtube misal)

tapi ane ada rencana mau nambah SSD ke pc jg sih gan (slot sata sih masih cukup, di mobo ane ada 6 baru kepake 3) dan peruntukannya begini (tapi nunggu ssd harganya sedikit 'manusiawi' juga )
SSD ane alokasikan buat drive C (system, dan game-game yg sekiranya butuh performa lebih, ane usahakan untuk tidak sering melakukan tulisbaca dan ane akan melengkapi pc dengan ups)...dan sisa HDD buat simpan2 atau tulis baca data2 aja.


Quote:Original Posted By sidepro
Wah kebetulan pake 33nya.
Kalo awet data sih harusnya ssd ya, secara kan the latest technology.
Tapi kalo untuk saat ini hdd internal dan eksternal masih jadi pilihan utama untuk simpen data, karena kapasitas/price masih paling bagus dikantong ane.
Penggunaan ssd cuma ane pake untuk booting aja, alias dipake untuk install operating sistem. Maklum cuma 120GB itu juga 1juta harganya :
Flasdisk cuma untuk lagu di mobil sama untuk mindahin data aja standar.


Quote:Original Posted By nggedabruz
Tetep tergantung pemakaian gan
untuk pemakaian wajar sehari-hari, mobile, atau menyimpan data jangka panjang SSD menurut ane lebih menjanjikan
untuk pemakaian yang butuh baca-tulis data dalam jumlah jumlah besar dan berulang (misal: cctv, encoding video dll), maka harddisk masih jauh lebih reliable

namun perlu diingat bahwa saat ini kebanyakan pabrikan SSD membeli chip memory ke produsen dalam bentuk "wafer" sebelum dipotong-potong menjadi satuan. Nah dalam satu wafer ini kualitasnya bisa sangat berbeda-beda, kemudian disortir lagi untuk dipilih mana yang memenuhi standar minimal produk pabrikan SSD tersebut. Maka jangan heran jika ente beli SSD merk abal-abal kemudian ngebandingin sama review performanya bisa selisih jauh. Itu baru performa, bagaimana dengan reliabilitynya?

so, jika agan berniat beli SSD ada baiknya pilih merk yang sudah terpercaya saja


Quote:Original Posted By ardirione
Ane prefer tetep pake ketiganya gan...
SSD = system
HDD = Pelem
FD = Minta Pelem (Takut kalo pake HDD ntar kena Perus, mending pake FD aman, kena perus tinggal pormat)



Quote:Original Posted By PM9046
ngak bisa pilih salah satu sih gan sbenernya..
SSD=Buat OS/Program yang butuh baca file kecil, random & banyak.. Ex, adobe family..
Harddisk=Buat nyimpen data" kita, ada ga yang mau nyimpe data di SSD ?, wkwkwk, lagian SSD lebih cepet rusak kalo sering di write walaupun tetep awet juga sih, misalkan jarang write tahan 20 tahun, kalo sering write jadi turun tinggal 10 tahun..
Flashdisk=Tetep butuh sih kadang buat tuker"an data sama temen.. Cari yang usb 3.0 ya flashdisknya biar kenceng


Disket masih yang terbaik gan

Btw, sekarang taun berapa yak ?
Semua barang kalo cara pakainya bener mah bakalan awet gan
hardisk lepi ane selama 4 tahun langsung ga bisa dipke

otomatis beli lg
HHD LEPI SAMA EKSTERNAL ANE masi aman gan udah 4 tahun, masuk ke lobang yg sama terus soalnya
ssd yang masih diem dalem dusnya gan
abisnya kalau hdd kan klo kena guncangan terus bahaya
belom jajal ssd, jadi belom bisa bilang
Ane fikir harddisk.
ane pake hardisk eksternal gan soalnya selain kapasitas nya gede size nya juga gede jadi enak buat dibawa kemana mana , kalo flashdisk kurang nyamannya barangnya kecil,ane orangnya ceroboh kalo udah lupa naro ribet nyarinya
pc ane blue screen grgr HD rusak , flash disk kena virus terus , SSD terbatas , ane si make gdriv*
Ane nyimpen di penyimpanan awan gan
paling kenceng sih SSD yah, paling ekonomis HDD
kalau paling awet sih tergantung yg pake kali yah
Flashdisc gan
disket yg ga bakalan tmbus kemana2 yaa alias virusnya ..
Pake disket...biar greget
....ada yang masih inget disket ???
belmu pnrh pake ssd mhl soalnya, msh setia pake hdd
masih percaya flashdisk sma hardisk yng laen lum pernah pake
HD lah utk sekarang.

SSD = harga, krg cocok juga gan kata sesepuh

FD = gampang hilang, resiko data lenyap tinggi.

CD dan MMC jg disarankan kalo sizenya kecil
bener gan ane punya hdd eksternal seagate, jalan 4 tahun udah rusak kaga bisa d apa2in..bahkan ane claim service k seagate, mereka ga bisa janji balik lagi kaya semula.
padahal hdd nya emang ane fungsikan khusus buat nyimpen dokumentasi foto2.
sekarang semua hilang percuma.
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar