Pages


Kamis, 02 Juli 2015

Ketika Mudik Menggunakan Motor, Ini Yang Agan Lihat Di Jalan!


Berhubung lagi puasa dan sebentar lagi lebaran, ane mau bahas nih soal mudik pakai motor. Nah buat agan agan semua yg belum pernah ngerasain mudik pakai motor, nanti ane ceritain bagaimana sih sensasinya ketika mudik pakai motor di jalan maut alias pantura. Nih gan ulasan ane.
Quote:Mudik adalah kegiatan perantau/ pekerja migran untuk kembali ke kampung halamannya. Kata mudik berasal dari sandi kata bahasa Jawa ngoko yaitu mulih dilik yang berarti pulang sebentar. Mudik di Indonesia identik dengan tradisi tahunan yang terjadi menjelang hari raya besar keagamaan misalnya menjelang Lebaran. Pada saat itulah ada kesempatan untuk berkumpul dengan sanak saudara yang tersebar di perantauan, selain tentunya juga sowan dengan orang tua. Transportasi yang digunakan antara lain : pesawat terbang, kereta api, kapal laut, bus, dan kendaraan pribadi seperti mobil dan sepeda motor, bahkan truk dapat digunakan untuk mudik. Tradisi mudik muncul pada beberapa negara berkembang dengan mayoritas penduduk Muslim, seperti Indonesia dan Bangladesh.
Dikarenakan alasan menggunakan sepeda motor lebih murah dan efisien banyak sekali masyarakata kirta menggunakan sepda motor untuk pilihan mudik alias pulang kampung gan. Tapi ya begitulah gan, kadang ada aja sensai yg di dapat atau yg di lihat oleh agan ketika mudik ke jawa lewat jalan pantura


TULISAN UNIK PEMUDIK
Quote:
Spoiler for Ilustrasi:

Sering nih gan ane lihat ketika ane mudik naik motor lewat jalan pantura alias pantura, banyak sekali para pemudik memberi hiasan motor mereka dengan tulisan yg nyeleneh nyeleneh menurut ane gan. Kadang ada yg ngasih tulisan tujuan mereka lah


TEMPAT ISTIRAHAT DADAKAN
Quote:
Spoiler for Ilustrasi:

Ini keunikan ini kadang bikin ane kangen gan ketika mudik pakai motor, soalnya sering sepanjang perjalanan masyarakat atau warga sekitar sering menyewakan lapaknya buat istirahat gan. Tips ane biar gratis istirahatnya, istirahat aja di tempat yg banyak sponsornya gitu gan


BAHAN BAKAR DARURAT
Quote:
Spoiler for Ilustrasi:

Alesan pemudik mebawa bahan bakar darurat adalah karena alasannya pom bensin yg jauh jauh gan, apalagi di pantura, jaraknya kan agak jauh tuh mungkin juga tidak mau ngantri buat isi BBM gan.


BAWAAN MENUMPUK
Quote:
Spoiler for Ilustrasi:

Di karenakan untuk menghemat biaya ongkos, para pemudik biasanya mebawa barang bawaan yg ekstrim banget gan. Kadan ada yg bawa oleh oleh lah, bawa keluarga lah tapi itulah uniknya pemudik kita gan. Gan mau mudik kemana?



Tapi tenang gan, ane kasih tips nih buat agan agan yg nanti mau mudik menggunakan motor.
Quote:

Spoiler for Tips:

1. Mempersiapkan Kendaraan

Sebelum berangkat mudik, ada baiknya meluangkan waktu sejenak minimal satu hari sebelum berangkat untuk melakukan kegiatan checking kendaraan. Diantaranya :

Checking Kondisi Ban
Checking kondisi tekanan angin ban (tambahi jika perlu)
Checking kondisi rantai (stel dan lumasi jika perlu)
Checking baut as roda depan dan belakang, baut suspensi dan baut as swing arm
Checking fungsi rem
Checking posisi spion
Checking kelistrikan (busi, sein, headlamp, lampu rem dan klakson)
Ganti Oli mesin
Isi BBM
Jika sampeyan ribet melakukannya sendiri, saran saya bawa ke bengkel kepercayaan/langganan sampeyan. :wink:

2. Mempersiapkan Diri

Setelah mempersiapkan kendaraan diatas, selanjutnya kita mempersiapkan diri. Saya yakin sampeyan jauh-jauh hari pasti sudah membuat list apa-apa saja yang akan dibawa saat mudik. Saya ingin menambahkan beberapa hal sebagai berikut :

Istirahat yang cukup untuk menjaga kondisi tetap fit dan minum vitamin
Check dompet dan uang saku (penting)
Check surat-surat berkendara dan identitas (SIM, STNK dan KTP)
Check barang bawaan (HP, tas, P3K dan kelengkapan lain)
Check safety gear (Helm, jaket, sepatu dan protector, jas hujan)
Siapkan peta mudik, bengkel siaga, dan nomor-nomor penting/darurat.
Siapkan bekal selama perjalanan (air putih supaya tidak dehidrasi)
Pokoknya semua harus sudah siap satu hari sebelum keberangkatan. :wink:

3. Saat Keberangkatan dan berkendara

Nah… setelah nomor satu dan dua diatas telah siap. Maka yang ketiga ini adalah hal yang terpenting. Ingatlah selalu bahwa kita berkendara bertujuan sampai dengan selamat dan tak kurang suatu apa. Untuk itu sangat perlu memperhatikan beberapa hal sebagai berikut :

Berdo’a kepada Allah SWT. Tuhan YME. agar diberi keselamatan selama berkendara (Very Very Puentiingg buangeetttt!!!)
Niat untuk sampai ke tujuan dengan selamat, sehat dan tak kurang suatu apa.
Menjaga sikap Toleran dan Sabar kepada sesama pemakai jalan.
Menjaga kewaspadaan dan konsentrasi selama berkendara.
Patuhi dan taati semua peraturan lalu-lintas.
Berkendaralah dengan perasaan rileks dan tenang
Hindari pikiran dan perasaan yang menimbulkan emosi karena akan mengganggu konsentrasi.
Beristirahatlah jika merasa lelah dan konsentrasi berkurang.
Jika semua hal diatas bisa dilaksanakan, saya mendo’akan sampeyan semua yang mudik menggunakan sepeda motor selamat sampai ke tujuan. :wink:
[/size][/color]


Cukup sekian gan thread ane yg apa adanya nih. Semoga hal ini bisa jadi pertimbangan agan smua sebelum masuk ke sebuah komunitas.
Quote:Sepele, Tapi Barang Ini Wajib Ada Di Dompet AganHT 1
Yang Perlu Agan Pahami Ketika Ingin Gabung Di Sebuah KomunitasHT 2
di amankan
Naik mubil gan
utamakan keselamatan
Yang dilihat tentunya jg antrian masuk pom.
Ane ga pernah mudik gan
semua sodara ane deket2 semua dan emang ga punya kampung sih

Yang pada mau mudik hati-hati di jalan yaaa
Quote:Original Posted By hatsuneyepo
Naik mubil gan

Coba gan sekali kali naik motor dan rasakan sensainya

Quote:Original Posted By erwin6661
utamakan keselamatan

kalau itu bener sekali gan, septi riding kalau kata kata orang mah

Quote:Original Posted By Misael524288
Yang dilihat tentunya jg antrian masuk pom.

Emang gan itu ngantrinya panjang banget, makanya banyak pemudik yg bawa bahan bakar darurat di tasnya

Quote:Original Posted By adityafirmanto

Coba gan sekali kali naik motor dan rasakan sensainya


kalau itu bener sekali gan, septi riding kalau kata kata orang mah


Emang gan itu ngantrinya panjang banget, makanya banyak pemudik yg bawa bahan bakar darurat di tasnya



Ane ga ke daerah pantura sana kalo mudik, lagipula kampung jg deket
Quote:Original Posted By ularpiton
Ane ga pernah mudik gan
semua sodara ane deket2 semua dan emang ga punya kampung sih

Yang pada mau mudik hati-hati di jalan yaaa


nebeng mudk orang aja gan
Quote:Original Posted By Misael524288


Ane ga ke daerah pantura sana kalo mudik, lagipula kampung jg deket


mduik ke rumah temen aja gan
buat agan yang mudik: kesehatan di jaga gan jangan ngantuk
Quote:Original Posted By clouwk
buat agan yang mudik: kesehatan di jaga gan jangan ngantuk


kalau ngantuk boleh kan ane pinjem pundaknya gan?
wew keren2 gan haha
Quote:Original Posted By xphoideuss
wew keren2 gan haha


kalau keren jangan lupa di ya gan
kadang bikin jati pegel juga gan
Quote:Original Posted By adityafirmanto


mduik ke rumah temen aja gan


Ane jg juli ini mau ikut acara keluarga di sby habis lebaran...
Tunggu kasus istri ketinggalan
pelacur dipinggir jalan bro sewaktu malam"
Quote:Original Posted By Misael524288


Ane jg juli ini mau ikut acara keluarga di sby habis lebaran...


Nah itu ada kesempatan gan buat mudik naik motor

Quote:Original Posted By nafas.dewa
Tunggu kasus istri ketinggalan


Istrinya siapa gan?

ane tiap mudik pake motor gan.. gawe juga pake motor.. menuju hatinya juga pake motor.. salam nganu dan membasah..
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar