Quote:Kapal feri atau kapal penyeberangan adalah sebuah kapal transportasi jarak dekat. Feri mempunyai peranan penting dalam sistem pengangkutan bagi banyak kota pesisir pantai, membuat transit langsung antar kedua tujuan dengan biaya lebih kecil dibandingkan jembatan atau terowong.Feri pejalan kaki dengan banyak pemberhentian, seperti di Venesia, kadang kala dikenali sebagai bis air atau taksi air. (Wikipedia)
Kapal feri ini gan fungsinya untuk nyebrang antar pulau yang jaraknya deketan. Ini juga jadi solusi untuk mengubungkan pulau satu dengan yang lainnya (karena anggaran buat bikin jembatan antar pulau gede gan, belom lagi perawatannya~~).Di Indonesia sendiri gan, ada beberapa trayek feri yang terkenal slah satunya udah pasti semua orang tau, Gilimanuk - Ketapang yang menghubungkan pulau jawa sama pulau dewata yang punya banyak tempat wisata. Nah, Feri yang ada di Indonesia kita ini gan, jenisnya Ro-Ro yang merupakan singkatan dari Roll - on/ Roll off. Tapi ternyata gan, kapal feri itu gak cuma satu jenis si Ro-ro itu doang gan, ada lagi beberapa jenis lainnya yang punya fungsi berbeda -beda.
Selamat menyimak gan
Quote:Feri Ujung - Ganda
Kalo feri jenis ini adanya di amerika sono gan, dan beda sama disini, kalo disono ferinya buat ngangkut orang doang. Terus kenapa di sebut ujung-ganda, itu karena feri jenis ini punya dua kemudi, depan belakang, kayak kereta commuter line gan.
Quote:Hydrofoil Ferry
Kalo yang satu ini unik gan, ini kapal ferry ada kakinya dan sekali lagi gan, ini kapal cuma buat angkut orang. Ini kapal ferry paling cepet gan, karena designnya. daerah operasinya kebanyakan di negara - negara eropa gan kayak, polandia, rusia, hungaria, yunani dsb, kalo di asia sendiri gan, cuma hongkong, makau, sama jepang aja.
Quote:Hovercraft
Kalo agan maen GTA, mungkin cukup familiar dengan kendaraan jenis ini. Hovercraft bisa juga menjadi kendaraan amfibi gan, tapi kali ini yang gue bahas ferry hovercraft. Ini kendaraan mirip hovercraft boat biasa cuma ukurannya aja yang lebih gede, dan feri jenis ini bisa buat ngangkut kendaraan juga gan. Ini feri daerah operasionalnya di inggris gan yang paling terkenal
Quote:Catamaran
Kalo ini juga termasuk feri berkecepatan tinggi gan. Ini kapal punya dua lambung, jadinya ini ferry jalannya "ngangkang" gan. Ini feri juga terkenalnya di inggris gan, Tapi buat di Asia, India juga make feri jenis ini kok
Quote:Cable Ferry
Kalo ini udah pasti gak asing bagi warga jakarta, biasanya dulu banyak ada di ciliwung. Fungsi nya emang buat nyebrangin arus air yang gak terlalu lebar gan. yang di ciliwung itu adalah contoh cable ferry mini. ini bisa jadi untuk sarana penyebrangan sementara selagi pembangunan jembatan atau, kadang juga emang sengaja dibikin ginian, karena kalo bikin jembatan kemahalan jenis ini bisa ditemui di beberapa negara yang punya sungai lebar, kalo yang ada digambar diatas itu adanya di kanada gan
Quote:Turn Table Ferry
Kalo feri yang satu ini badannya gak gede gan, cuma lebih gede dikin sama boat. fungsinya buat penyebrangan yang sepi penumpang dan gak ada/ gak bisa dibikin pelabuhan gede di daerah situ. Ini feri bodynya bisa muter gan, karena dia sandarnya di samping pelabuhan, ini menurut gue cocok kalo diterapin di indonesia gan, buat di taro' di pelosok - pelosok yang di pisahkan sama danau dan sungai.
Quote:Slip Ferry
Kalo yang satu ini sangat berguna buat negara berkembang nih gan, Slip ferry alias Ferry kereta, jadi ini ferry dilengkapin sama rel kereta gan di dalemnya. Kudunya ada nih di indonesia, biar bisa kemana - mana naik kereta, yegak gan.
Quote:Ro-Ro
Roll-on/ Roll-off
Yang terkahir adalah yang dipakai di indonesia gan, kapal jenis Ro-Ro. Kapal jenis roro ini cirinya gede gan, biar bisa muat banyak. Gue sendiri baru pernah ngerasain kapal feri merak - bakauheni gan, kualitas kapalnya beda - beda, kalo lagi mujur bisa dapet yang bagus, kalo lagi apes dapet yang jelek.
Quote:Pengalaman dari agan - agan yang pernah ngerasain
Sekian trit sederhana gue
kalo berkenan bolehlah
kalo kurang berkenan jangan ditimpuk bata,
maapin aja yak
Kapal feri ini gan fungsinya untuk nyebrang antar pulau yang jaraknya deketan. Ini juga jadi solusi untuk mengubungkan pulau satu dengan yang lainnya (karena anggaran buat bikin jembatan antar pulau gede gan, belom lagi perawatannya~~).Di Indonesia sendiri gan, ada beberapa trayek feri yang terkenal slah satunya udah pasti semua orang tau, Gilimanuk - Ketapang yang menghubungkan pulau jawa sama pulau dewata yang punya banyak tempat wisata. Nah, Feri yang ada di Indonesia kita ini gan, jenisnya Ro-Ro yang merupakan singkatan dari Roll - on/ Roll off. Tapi ternyata gan, kapal feri itu gak cuma satu jenis si Ro-ro itu doang gan, ada lagi beberapa jenis lainnya yang punya fungsi berbeda -beda.
Selamat menyimak gan
Quote:Feri Ujung - Ganda
Spoiler for Pertama:
Kalo feri jenis ini adanya di amerika sono gan, dan beda sama disini, kalo disono ferinya buat ngangkut orang doang. Terus kenapa di sebut ujung-ganda, itu karena feri jenis ini punya dua kemudi, depan belakang, kayak kereta commuter line gan.
Spoiler for Penjelasan Lengkap:
Quote:Feri ujung-ganda memiliki bagian depan dan belakang yang dapat ditukar, sehingga feri ini dapat berlayar bolak-balik tanpa harus memutar. Feri ujung-ganda yang terkenal termasuk Feri Pulau Staten, Feri negara bagian Washington, Feri Star. Pada 2008, Feri BC meluncurkan tiga feri ujung-ganda terbesar di dunia (wikipedia)
Quote:Hydrofoil Ferry
Spoiler for Kedua:
Kalo yang satu ini unik gan, ini kapal ferry ada kakinya dan sekali lagi gan, ini kapal cuma buat angkut orang. Ini kapal ferry paling cepet gan, karena designnya. daerah operasinya kebanyakan di negara - negara eropa gan kayak, polandia, rusia, hungaria, yunani dsb, kalo di asia sendiri gan, cuma hongkong, makau, sama jepang aja.
Spoiler for Penjelasan Lengkap:
Quote:Hidrofoil merupakan kendaraan air sebagai hasil rekayasa yang paling revolusioner di bidang maritim. Pada prinsipnya hidrofoil itu sama dengan kapal laut. Bedanya, hidrofoil dapat meluncur dengan cepat dan mempunyai sayap yang dapat melintasi air. Sayap kendaraan ini disebut foil atau hidrofoil (berarti ‘sayap air’). Bentuk sayap ini mirip dengan sayap udara (airfoil) sebuah pesawat terbang. Sayap pada hidrofoil melekat pada topangan yang membentang ke bawah dari lambung kapal. Ada dua pasang foil dalam kendaraan ini. Satu pasang diletakkan di pusat gravitasi kapal dan sepasang lainnya diletakkan dekat bagian belakang kapal.
Pada saat meluncur dengan kecepatan rendah atau sedang, hidrofoil tampak seperti sebuah kapal konvensional yang badannya masuk ke dalam air. Namun, pada waktu meluncur dengan kecepatan tinggi, air akan membelok dari permukaan bagian atas foil, seperti udara membelok dari permukaan bagian atas pesawat terbang. Tekanan air pada permukaan foil atas menjadi menurun. Tekanan yang menurun ini dapat menimbulkan gerak angkat. Bila semakin banyak gerak angkat yang ditimbulkan, bagian haluan kapal semakin muncul ke atas permukaan air. Akhirnya, seluruh lambung kapal naik dari permukaan air. Dengan demikian, kapal menjadi “bergantung pada foil”. Pada beberapa jenis kendaraan hidrofoil, foilnya berada di bawah air secara penuh. Pada jenis lainnya, hanya sebagian foil yang terendam pada waktu kapal meluncur “terbang”. Bila kecepatan melambat, tekanan pada gerak angkat berkurang dan hidrofoil itu bergantung pada air.
Ketika lambung kapal telah berada di atas permukaan air - pada saat kapal sedang bergantung pada foil - kapal dapat menghindari tarikan pergeseran permukaan air. Dengan demikian, kapal tidak melawan haluan gelombang seperti yang terjadi pada kapal konvensional. Pada kapal konvensional, bagian depan kapal selalu melawan gelombang pada waktu berlayar pada waktu berlayar. Oleh karena itu, hidrofoil dapat melaju 2 atau 3 kali lebih cepat daripada kendaraan permukaan laut yang konvensional pada ukuran dan kekuatan tenaga kuda yang sebanding. Karena lambung kapal tidak tunduk pada gerakan permukaan air, kapal dapat meluncur dengan mulus sekalipun di laut yang bergelombang, kecuali bila gelombang lebih besar dari kapal itu sendiri.
Gagasan mengenai hidrofoil dapat dirunut kembali pada tahun 1887 ketika seorang bangsawan Perancis, Count de Lambert, mendemonstrasikan sebuah kapal yang bentuknya menyerupai foil di Sungai Seine. Harian-harian saat itu melaporkan kejadian ini, tetapi sedikit sekali pemberitaan yang terdengar mengenai kendaraan Lambert setelah itu.
Kapal hidrofoil pertama berhasil dibangun oleh seorang Italia bernama Enrico Forlanini pada tahun 1905. Kapal ini dapat mencapai kecepatan 75 km per jam. Tahun 1919 seorang Amerika, Alexander Graham Bell dan rekan-rekannya, membangun sebuah kapal hidrofoil berukuran 4,5 metrik ton, yang dikatakan dapat berlomba dengan kecepatan 130 km per jam. Perkembangan kapal hidrofoil yang modern dimulai di Jerman tahun 1930-an. Menjelang tahun 1945, sembilan jenis hidrofoil yang berbeda dengan bobot antara kurang dari 1 sampai 55 metrik ton telah dibangun dan diujicobakan.
Kini hidrofoil digunakan untuk mengangkut penumpang pada berbagai jalur perairan dunia. Hidrofoil yang terkemuka adalah Meteor buatan Soviet. Dengan memuat 150 orang penumpang, kapal ini telah mengarungi untuk beberapa lamanya antara Gorki dan Ulyanosh di sungai Volga dan mencapai kecepatan jelajah 70 km per jam. Hidrofoil lainnya, di samping Meteor, juga beroperasi di danau-danau negara bagian dan jaringan-jaringan sungai di Soviet. Italia juga telah mengembangkan beberapa hidrofoil pengangkut penumpang yang luar biasa. Freccia del Sole mengangkut penumpang dengan nyamannya menyeberangi Selat Messina yang berombak. Sebuah kapal hidrofoil lain, beroperasi di Danau Grada, Italia Utara. Ada juga yang berlayar antara Italia Selatan dan berbagai pelabuhan Sisilia. Di Yunani kapal hidrofoil mengangkut para wisatawan antara Piraeus, yaitu pelabuhan Athena, dan kepulauan Yunani di Teluk Saronik. Demikian juga hidrofoil yang beroperasi di Sungai Thames di London, Norwegia, Venezuela, dan negara-negara lainnya.
Oleh : Nur Rokhanah
Sumber:
Ilmu Pengetahuan Populer Jilid 9, Grolier International, Inc., hlm, 231-232
Dawud, dkk. 2004. Bahasa dan Sastra Indonesia Jilid 3. Jakarta: Erlangga
Pada saat meluncur dengan kecepatan rendah atau sedang, hidrofoil tampak seperti sebuah kapal konvensional yang badannya masuk ke dalam air. Namun, pada waktu meluncur dengan kecepatan tinggi, air akan membelok dari permukaan bagian atas foil, seperti udara membelok dari permukaan bagian atas pesawat terbang. Tekanan air pada permukaan foil atas menjadi menurun. Tekanan yang menurun ini dapat menimbulkan gerak angkat. Bila semakin banyak gerak angkat yang ditimbulkan, bagian haluan kapal semakin muncul ke atas permukaan air. Akhirnya, seluruh lambung kapal naik dari permukaan air. Dengan demikian, kapal menjadi “bergantung pada foil”. Pada beberapa jenis kendaraan hidrofoil, foilnya berada di bawah air secara penuh. Pada jenis lainnya, hanya sebagian foil yang terendam pada waktu kapal meluncur “terbang”. Bila kecepatan melambat, tekanan pada gerak angkat berkurang dan hidrofoil itu bergantung pada air.
Ketika lambung kapal telah berada di atas permukaan air - pada saat kapal sedang bergantung pada foil - kapal dapat menghindari tarikan pergeseran permukaan air. Dengan demikian, kapal tidak melawan haluan gelombang seperti yang terjadi pada kapal konvensional. Pada kapal konvensional, bagian depan kapal selalu melawan gelombang pada waktu berlayar pada waktu berlayar. Oleh karena itu, hidrofoil dapat melaju 2 atau 3 kali lebih cepat daripada kendaraan permukaan laut yang konvensional pada ukuran dan kekuatan tenaga kuda yang sebanding. Karena lambung kapal tidak tunduk pada gerakan permukaan air, kapal dapat meluncur dengan mulus sekalipun di laut yang bergelombang, kecuali bila gelombang lebih besar dari kapal itu sendiri.
Gagasan mengenai hidrofoil dapat dirunut kembali pada tahun 1887 ketika seorang bangsawan Perancis, Count de Lambert, mendemonstrasikan sebuah kapal yang bentuknya menyerupai foil di Sungai Seine. Harian-harian saat itu melaporkan kejadian ini, tetapi sedikit sekali pemberitaan yang terdengar mengenai kendaraan Lambert setelah itu.
Kapal hidrofoil pertama berhasil dibangun oleh seorang Italia bernama Enrico Forlanini pada tahun 1905. Kapal ini dapat mencapai kecepatan 75 km per jam. Tahun 1919 seorang Amerika, Alexander Graham Bell dan rekan-rekannya, membangun sebuah kapal hidrofoil berukuran 4,5 metrik ton, yang dikatakan dapat berlomba dengan kecepatan 130 km per jam. Perkembangan kapal hidrofoil yang modern dimulai di Jerman tahun 1930-an. Menjelang tahun 1945, sembilan jenis hidrofoil yang berbeda dengan bobot antara kurang dari 1 sampai 55 metrik ton telah dibangun dan diujicobakan.
Kini hidrofoil digunakan untuk mengangkut penumpang pada berbagai jalur perairan dunia. Hidrofoil yang terkemuka adalah Meteor buatan Soviet. Dengan memuat 150 orang penumpang, kapal ini telah mengarungi untuk beberapa lamanya antara Gorki dan Ulyanosh di sungai Volga dan mencapai kecepatan jelajah 70 km per jam. Hidrofoil lainnya, di samping Meteor, juga beroperasi di danau-danau negara bagian dan jaringan-jaringan sungai di Soviet. Italia juga telah mengembangkan beberapa hidrofoil pengangkut penumpang yang luar biasa. Freccia del Sole mengangkut penumpang dengan nyamannya menyeberangi Selat Messina yang berombak. Sebuah kapal hidrofoil lain, beroperasi di Danau Grada, Italia Utara. Ada juga yang berlayar antara Italia Selatan dan berbagai pelabuhan Sisilia. Di Yunani kapal hidrofoil mengangkut para wisatawan antara Piraeus, yaitu pelabuhan Athena, dan kepulauan Yunani di Teluk Saronik. Demikian juga hidrofoil yang beroperasi di Sungai Thames di London, Norwegia, Venezuela, dan negara-negara lainnya.
Oleh : Nur Rokhanah
Sumber:
Ilmu Pengetahuan Populer Jilid 9, Grolier International, Inc., hlm, 231-232
Dawud, dkk. 2004. Bahasa dan Sastra Indonesia Jilid 3. Jakarta: Erlangga
Quote:Hovercraft
Spoiler for Ketiga:
Kalo agan maen GTA, mungkin cukup familiar dengan kendaraan jenis ini. Hovercraft bisa juga menjadi kendaraan amfibi gan, tapi kali ini yang gue bahas ferry hovercraft. Ini kendaraan mirip hovercraft boat biasa cuma ukurannya aja yang lebih gede, dan feri jenis ini bisa buat ngangkut kendaraan juga gan. Ini feri daerah operasionalnya di inggris gan yang paling terkenal
Spoiler for Penjelasan Lengkap:
Quote:Kapal bantalan udara (bahasa Inggris: hovercraft) atau kapal melayang adalah suatu kendaraan yang berjalan di atas bantalan udara (air cushion). Bantalan udara tersebut ditimbulkan dengan cara meniupkan udara ke ruang bawah kapal ini (plenum chamber) melalui skirt (sekat yang lentur) sehingga tekanan udara di dalam plenum chamber lebih tinggi daripada tekanan udara luar sehingga timbul gaya angkat. Untuk menggerakkan kapal bantalan udara, digunakan gaya dorong yang diperoleh dari baling-baling seperti pada pesawat udara. Gaya angkat kapal ini bekerja pada penampang yang luas, sehingga tekanan terhadap tanah atau air (ground pressure) yang ditimbulkan tidak besar. Dengan demikian, kendaraan ini dapat berjalan di atas lumpur, air maupun daratan dengan membawa beban yang cukup berat. Karena tidak adanya kontak langsung antara hovercraft dan permukaan daratan atau air, maka hambatan yang terjadi kecil sehingga hovercraft dapat melaju dengan kecepatan tinggi.(Wikipedia)
Quote:Catamaran
Spoiler for Keempat:
Kalo ini juga termasuk feri berkecepatan tinggi gan. Ini kapal punya dua lambung, jadinya ini ferry jalannya "ngangkang" gan. Ini feri juga terkenalnya di inggris gan, Tapi buat di Asia, India juga make feri jenis ini kok
Spoiler for Penjelasan Lengkap:
Quote:Catamaran berasal dari bahasa India Tamil “Kattumaram” yang bermaksud multi lambung yang berarti kapal yang mempunyai dua lambung. Jenis catamaran bisa digunakan untuk fast ferry ataupun roro.
Catamaran sudah dikenal oleh orang-orang polinesia sejak pada jaman dahulu kala. Ke stabilan-nya yang sangat tangguh membuat para designer dan pembangun kapal banyak yang melirik untuk membuat jenis kapal ini. Sampai saat ini jenis kapal ini banyak digunakan untuk kapal-kapal penumpang, perahu-perahu layar, bahkan beberapa perahu-perahu nelayan. Keuntungan lain catamaran selain stabil adalah kapal jenis ini memiliki badan yang sangat lebar karena jembatan (Bridge) antara satu lambung dengan lambung yang lainnya digunakan sebagai tempat muatan. Pada kapal Roro, muatan mobil dan penumpang akan lebih banyak dibanding dengan kapal berjenis lain dengan kapasitas yang sama.(tarunalaut.blogspot.com)
Catamaran sudah dikenal oleh orang-orang polinesia sejak pada jaman dahulu kala. Ke stabilan-nya yang sangat tangguh membuat para designer dan pembangun kapal banyak yang melirik untuk membuat jenis kapal ini. Sampai saat ini jenis kapal ini banyak digunakan untuk kapal-kapal penumpang, perahu-perahu layar, bahkan beberapa perahu-perahu nelayan. Keuntungan lain catamaran selain stabil adalah kapal jenis ini memiliki badan yang sangat lebar karena jembatan (Bridge) antara satu lambung dengan lambung yang lainnya digunakan sebagai tempat muatan. Pada kapal Roro, muatan mobil dan penumpang akan lebih banyak dibanding dengan kapal berjenis lain dengan kapasitas yang sama.(tarunalaut.blogspot.com)
Quote:Cable Ferry
Spoiler for Kelima:
Kalo ini udah pasti gak asing bagi warga jakarta, biasanya dulu banyak ada di ciliwung. Fungsi nya emang buat nyebrangin arus air yang gak terlalu lebar gan. yang di ciliwung itu adalah contoh cable ferry mini. ini bisa jadi untuk sarana penyebrangan sementara selagi pembangunan jembatan atau, kadang juga emang sengaja dibikin ginian, karena kalo bikin jembatan kemahalan jenis ini bisa ditemui di beberapa negara yang punya sungai lebar, kalo yang ada digambar diatas itu adanya di kanada gan
Spoiler for Penjelasan Lengkap:
Quote:Untuk Jarak yang dekat dapat digunnakan feri kabel, di mana feri digerakkan dan di kendalikan dengan menggunakan kabel yang disambung di kedua sisi. Kadangkala feri kabel digerakkan menggunakan tenaga manusia. Feri arus adalah feri kabel yang menggunakan kekuatan arus sebagai sumber energi. Feri rantai dapat digunakan di sungai yang berarus laju pada jarak pendek (wikipedia)
Quote:Turn Table Ferry
Spoiler for Keenam:
Kalo feri yang satu ini badannya gak gede gan, cuma lebih gede dikin sama boat. fungsinya buat penyebrangan yang sepi penumpang dan gak ada/ gak bisa dibikin pelabuhan gede di daerah situ. Ini feri bodynya bisa muter gan, karena dia sandarnya di samping pelabuhan, ini menurut gue cocok kalo diterapin di indonesia gan, buat di taro' di pelosok - pelosok yang di pisahkan sama danau dan sungai.
Quote:Slip Ferry
Spoiler for Ketujuh:
Kalo yang satu ini sangat berguna buat negara berkembang nih gan, Slip ferry alias Ferry kereta, jadi ini ferry dilengkapin sama rel kereta gan di dalemnya. Kudunya ada nih di indonesia, biar bisa kemana - mana naik kereta, yegak gan.
Spoiler for Penjelasan lengkap:
Quote:Feri kereta adalah sebuah kapal yang dirancang untuk membawa kereta, biasanya memiliki rel kereta.Kapal feri seringkali berlabuh di tempat yang dibuat khusus untuk meletakkan kapal dengan cepat dan untuk penurunan dan pengisian yang mudah, dikenal sebagai slip feri. Jika feri membawa kendaraan atau kereta, biasanya terdapat jambatan (ramp) yang disebut apron yang merupakan bagian dari slip. Dalam kasus lain, jembatan apron merupakan bagian daripada feri itu sendiri.
Quote:Ro-Ro
Roll-on/ Roll-off
Spoiler for Terakhir:
Yang terkahir adalah yang dipakai di indonesia gan, kapal jenis Ro-Ro. Kapal jenis roro ini cirinya gede gan, biar bisa muat banyak. Gue sendiri baru pernah ngerasain kapal feri merak - bakauheni gan, kualitas kapalnya beda - beda, kalo lagi mujur bisa dapet yang bagus, kalo lagi apes dapet yang jelek.
Spoiler for Penjelasan Lengkap:
Quote:ro-ro adalah singkatan untuk Roll-on/roll-off. Roll-on/roll-off kapal adalah kapal yang digunakan untuk membawa kargo roda. Kapal ro-ro berbeda dari lo-lo (lift on-lift off) kapal yang menggunakan crane untuk memuat kargo. Kendaraan di kapal dimuat dan dibongkar melalui built-in landai. Biasanya ini dibuat landai menuju (belakang) buritan kapal. Dalam beberapa kapal, mereka juga ditemukan di sisi busur (depan) serta sisi. Kapal dapat dari kedua jenis militer dan sipil.
Kapal ro-ro sedang dibangun pada abad ke-19 untuk transportasi kereta api, terlalu lebar untuk jembatan, di seberang sungai. Contoh dari kapal ro-ro adalah Firth of Forth feri yang mulai beroperasi pada tahun 1851. Rel diletakkan di kapal sehingga bisa dihubungkan dengan yang di darat. kereta A kemudian akan bergulinglah ke kapal dan kemudian gulingkan turun di ujung lainnya.
Ada berbagai jenis kapal ro-ro, seperti kapal feri, kapal feri kapal pesiar, kapal kargo, dan tongkang. Kapal ro-ro yang khusus digunakan untuk mengangkut mobil dan truk di lautan yang dikenal sebagai Murni Car Carriers (PCC) dan Murni Truk & Mobil Carriers (PCTC) masing-masing. Tidak seperti kargo lainnya yang diukur dalam metrik ton, kargo ro-ro diukur dalam unit yang disebut jalur dalam meter (LIMs). LIM dihitung dengan mengalikan panjang kargo di meter dengan jumlah deck dan dengan lebar dalam jalur. Lebar lajur akan berbeda dari kapal ke kapal dan ada sejumlah standar industri.
Feri penumpang terbesar ro-ro adalah MS Color Magic. Beratnya 75.100 GT (Gross Ton). Memasuki layanan pada September 2007 untuk Color Line. Dibangun di Finlandia oleh Aker Finnyards. feri adalah 223,70 m panjang, lebar 35 m dan bisa membawa 550 mobil serta 1.270 meter jalur kargo.
Feri penumpang ro-ro dengan kapasitas mobil pembawa terbesar adalah Ulysses. feri ini dinamakan sebuah novel oleh James Joyce dan dimiliki oleh Kapal Irlandia. Masuk layanan pada tanggal 25 Maret 2001 dan beroperasi antara Dublin dan Holyhead. Beratnya 50.938 GT dan 209,02 m panjang dan lebar 31,84 m. Hal ini dapat membawa mobil 1342 dan 4101 meter jalur kargo.
Keuntungan dari sebuah kapal ro-ro
Sebuah kapal ro-ro menawarkan sejumlah keunggulan dibandingkan dengan kapal tradisional. Beberapa keuntungan adalah sebagai berikut:
Untuk pengirim, keuntungan adalah kecepatan. Sejak mobil dan truk dapat mendorong langsung ke kapal di satu port dan kemudian mengusir di pelabuhan lainnya dalam beberapa menit dari docking kapal, menghemat banyak waktu shipper.
Hal ini juga dapat berintegrasi dengan baik dengan pembangunan transportasi lainnya, seperti kontainer. Penggunaan unit Bea-disegel telah memungkinkan perbatasan harus menyeberang dengan minimum penundaan. Oleh karena itu, meningkatkan kecepatan dan efisiensi untuk pengirim.
Kapal ini juga telah terbukti sangat populer dengan para pembuat liburan dan pemilik mobil pribadi. Ini telah memberikan kontribusi besar terhadap pertumbuhan pariwisata. Seseorang dapat mengambil mobilnya dari satu negara ke negara lain melalui laut dengan bantuan kapal ro-ro.
Variasi tertentu dari sebuah kapal ro-ro adalah sebagai berikut:
ROPAX
ROPAX adalah singkatan roll on / roll off penumpang. Ini adalah kapal ro-ro yang dibangun untuk pengangkutan barang kendaraan dengan akomodasi penumpang. Kapal dengan fasilitas untuk lebih dari 500 penumpang yang sering disebut sebagai pelayaran kapal feri.
ConRO
Kapal ConRo adalah hibrida antara ro-ro dan kapal kontainer. Jenis kapal menggunakan area di bawah geladak untuk penyimpanan sementara kendaraan angkutan kemas menumpuk di atas geladak.
RoLo
RoLo adalah singkatan roll-on lift-off kapal. Ini juga merupakan jenis kapal hibrida dengan landai melayani deck geladak kendaraan namun kargo lainnya hanya bisa diakses oleh crane.
Kapal ro-ro sedang dibangun pada abad ke-19 untuk transportasi kereta api, terlalu lebar untuk jembatan, di seberang sungai. Contoh dari kapal ro-ro adalah Firth of Forth feri yang mulai beroperasi pada tahun 1851. Rel diletakkan di kapal sehingga bisa dihubungkan dengan yang di darat. kereta A kemudian akan bergulinglah ke kapal dan kemudian gulingkan turun di ujung lainnya.
Ada berbagai jenis kapal ro-ro, seperti kapal feri, kapal feri kapal pesiar, kapal kargo, dan tongkang. Kapal ro-ro yang khusus digunakan untuk mengangkut mobil dan truk di lautan yang dikenal sebagai Murni Car Carriers (PCC) dan Murni Truk & Mobil Carriers (PCTC) masing-masing. Tidak seperti kargo lainnya yang diukur dalam metrik ton, kargo ro-ro diukur dalam unit yang disebut jalur dalam meter (LIMs). LIM dihitung dengan mengalikan panjang kargo di meter dengan jumlah deck dan dengan lebar dalam jalur. Lebar lajur akan berbeda dari kapal ke kapal dan ada sejumlah standar industri.
Feri penumpang terbesar ro-ro adalah MS Color Magic. Beratnya 75.100 GT (Gross Ton). Memasuki layanan pada September 2007 untuk Color Line. Dibangun di Finlandia oleh Aker Finnyards. feri adalah 223,70 m panjang, lebar 35 m dan bisa membawa 550 mobil serta 1.270 meter jalur kargo.
Feri penumpang ro-ro dengan kapasitas mobil pembawa terbesar adalah Ulysses. feri ini dinamakan sebuah novel oleh James Joyce dan dimiliki oleh Kapal Irlandia. Masuk layanan pada tanggal 25 Maret 2001 dan beroperasi antara Dublin dan Holyhead. Beratnya 50.938 GT dan 209,02 m panjang dan lebar 31,84 m. Hal ini dapat membawa mobil 1342 dan 4101 meter jalur kargo.
Keuntungan dari sebuah kapal ro-ro
Sebuah kapal ro-ro menawarkan sejumlah keunggulan dibandingkan dengan kapal tradisional. Beberapa keuntungan adalah sebagai berikut:
Untuk pengirim, keuntungan adalah kecepatan. Sejak mobil dan truk dapat mendorong langsung ke kapal di satu port dan kemudian mengusir di pelabuhan lainnya dalam beberapa menit dari docking kapal, menghemat banyak waktu shipper.
Hal ini juga dapat berintegrasi dengan baik dengan pembangunan transportasi lainnya, seperti kontainer. Penggunaan unit Bea-disegel telah memungkinkan perbatasan harus menyeberang dengan minimum penundaan. Oleh karena itu, meningkatkan kecepatan dan efisiensi untuk pengirim.
Kapal ini juga telah terbukti sangat populer dengan para pembuat liburan dan pemilik mobil pribadi. Ini telah memberikan kontribusi besar terhadap pertumbuhan pariwisata. Seseorang dapat mengambil mobilnya dari satu negara ke negara lain melalui laut dengan bantuan kapal ro-ro.
Variasi tertentu dari sebuah kapal ro-ro adalah sebagai berikut:
ROPAX
ROPAX adalah singkatan roll on / roll off penumpang. Ini adalah kapal ro-ro yang dibangun untuk pengangkutan barang kendaraan dengan akomodasi penumpang. Kapal dengan fasilitas untuk lebih dari 500 penumpang yang sering disebut sebagai pelayaran kapal feri.
ConRO
Kapal ConRo adalah hibrida antara ro-ro dan kapal kontainer. Jenis kapal menggunakan area di bawah geladak untuk penyimpanan sementara kendaraan angkutan kemas menumpuk di atas geladak.
RoLo
RoLo adalah singkatan roll-on lift-off kapal. Ini juga merupakan jenis kapal hibrida dengan landai melayani deck geladak kendaraan namun kargo lainnya hanya bisa diakses oleh crane.
Quote:Pengalaman dari agan - agan yang pernah ngerasain
Spoiler for Pengalaman:
Quote:Original Posted By entut.►
di Indonesia LCT(landing craft tank) juga banyak yg dipake buat ferry....
Quote:Original Posted By 0land ►
Fery ujung-ganda masih bukan cuma di amerika adanya di Indonesia juga ada
di daerah kelahiran gw masih ada, melayani penyeberangan teluk.
Quote:Original Posted By stevenmarnat ►
Yang turn table ada gan di danau toba ...
Quote:Original Posted By dindanaire ►
Tambahan aja
Quote:Original Posted By dynamicwind ►
wah kmrn ane foto tuh gan
gk bs foto utuh soalny dr dlm ruangan fotonya
Quote:Original Posted By sirjolyc ►
catamaran jg adadi Bali tuh
Quote:Original Posted By sabakunomiyuki ►
Ane tiap 2 hari sekali pulang pergi pas SMA naik kapal feri ro-ro gan ane naik surabaya-madura (kamal) gan, kalau beruntung dapet yang pake ac, kalau ga ya dapet yang jelek dan kecil kapalnya dan ane baru tau kalau ada banyak jenis macem begini :maho padahal tiap hari ane di pelabuhan ye meski ada suramadu, ane milih naik kapal karena perjalanannya sante sambil sekalian wisata
di Indonesia LCT(landing craft tank) juga banyak yg dipake buat ferry....
Quote:Original Posted By 0land ►
Fery ujung-ganda masih bukan cuma di amerika adanya di Indonesia juga ada
di daerah kelahiran gw masih ada, melayani penyeberangan teluk.
Quote:Original Posted By stevenmarnat ►
Yang turn table ada gan di danau toba ...
Quote:Original Posted By dindanaire ►
Tambahan aja
Quote:Original Posted By dynamicwind ►
wah kmrn ane foto tuh gan
Spoiler for foto sendiri:
gk bs foto utuh soalny dr dlm ruangan fotonya
Quote:Original Posted By sirjolyc ►
catamaran jg adadi Bali tuh
Quote:Original Posted By sabakunomiyuki ►
Ane tiap 2 hari sekali pulang pergi pas SMA naik kapal feri ro-ro gan ane naik surabaya-madura (kamal) gan, kalau beruntung dapet yang pake ac, kalau ga ya dapet yang jelek dan kecil kapalnya dan ane baru tau kalau ada banyak jenis macem begini :maho padahal tiap hari ane di pelabuhan ye meski ada suramadu, ane milih naik kapal karena perjalanannya sante sambil sekalian wisata
Sekian trit sederhana gue
kalo berkenan bolehlah
kalo kurang berkenan jangan ditimpuk bata,
maapin aja yak
gak pernah gw naik kapal feri bray
di Indonesia LCT(landing craft tank) juga banyak yg dipake buat ferry....
Quote:Original Posted By septiansendi ►
Quote:Original Posted By FerdinandSinaga ►
gak pernah gw naik kapal feri bray
Wah pemaen bola...
Salim dulu ma gw
Sekarang gw di psm makassar
Blm bisa ngelayani tandatangan/sign
Terkendala waktu dan tempat
Quote:Original Posted By FerdinandSinaga ►
gak pernah gw naik kapal feri bray
Wah pemaen bola...
Salim dulu ma gw
Sekarang gw di psm makassar
Blm bisa ngelayani tandatangan/sign
Terkendala waktu dan tempat
Banyak juga ya macemnya...
jadi pengen naik kapal ferry lagi.. terakhir kali pas suramadu baru dibuat... gara2 suramadu kapal ferry di tanjung perak gak laku..
Ane baru tau gan
Nice inpoh
Nice inpoh
Ferry Ferry amat
Indonesia pernah bikin kapal feri roro goatland pesanan swedia jamannya mbah harto gaaaanz
dejet rumah ane paling besar ya sungai gan, pake nya getek kalau mau nyebrang
blom pernah naek kapal apalagi kapal feri
Nais share bray
belom pernah naik fery gan, kalau naik roro pengen sih
ferry maryadi sama ferry salim nggak dimasukin bray
ia gan emang banyak :
ngeri gan, belom pernah naek ferry.
tuh yg Ferry ngangkang buat apaan ya
tuh yg Ferry ngangkang buat apaan ya
layak jadi HT
udah lama banget bray sejak terakhir naik,btw banyak juga ya bray jenisnya
gembok pejwan bray
gembok pejwan bray
Ada feri hovercraft pula
Via: Kaskus.co.id
Tidak ada komentar:
Posting Komentar