Quote:Selamat sore kali ini ane bakalan membuat tread tentang inovasi terbaru pada transportasi publik DKI JAKARTA Salah satunya Transjakarta (TJ) Transjakarta —umumnya disebut Busway— adalah sistem transportasi Bus Rapid Transit (BRT) pertama di Asia Tenggara dan Selatan, yang beroperasi sejak tahun 2004 di Jakarta, Indonesia. Sistem ini didesain berdasarkan sistem TransMilenio yang sukses di Bogota, Kolombia. Transjakarta dirancang sebagai moda transportasi massal pendukung aktivitas ibukota yang sangat padat. Transjakarta merupakan sistem BRT dengan jalur lintasan terpanjang di dunia (208 km), serta memiliki 228 stasiun BRT (sebelumnya disebut halte) yang tersebar dalam 12 koridor (jalur), yang awalnya beroperasi dari 05.00 - 22.00 WIB, dan kini beroperasi 24 jam di sebagian koridornya.[1]
Transjakarta dioperasikan oleh PT Transportasi Jakarta. Jumlah tenaga kerja yang terlibat dalam operasional Transjakarta (Pramudi, petugas bus, petugas stasiun BRT, dan petugas kebersihan) sekitar 6.000 orang.[2] Jumlah rata-rata harian pengguna Transjakarta diprediksikan sekitar 350.000 orang. Sedangkan pada tahun 2012, Jumlah pengguna Transjakarta mencapai 109.983.609 orang
Quote:BERIKUT ADALAH INOVASI TERBARU DARI TRANSJAKARTA
Quote:BIS TERBARU DISETIAP RUTE TRANSJAKARTA
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terus berbenah untuk mengatasi masalah transportasi massal bagi masyarakat DKI. Salah satu upaya yang dilakukan adalah meremajakan bus Transjakarta yang telah beroperasi sejak 2004.
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mengatakan, pihaknya tidak mengandalkan bus merek China, namun memilih merek Scania yang karoserinya dirakit di Magelang, Jawa Tengah. Bulan ini akan datang 20 bus gandeng itu.
Ucapan Ahok tersebut pun terbukti. Pantauan Liputan6.com, Selasa 8 Juni 2015, bus Transjakarta tersebut tiba di Jalan Dr Wahidin atau depan Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat.
Bus berwarna biru muda dengan perpaduan putih itu menegaskan bus baru. Sebab bus lama Transjakarta berwana abu-abu dan merah berpadu oranye. Bus tersebut terlihat tanpa penumpang, hanya ada seorang sopir. Di depan kaca bus terpampang tulisan 'uji coba'.
Pada Minggu 7 Juni lalu, Ahok mengatakan bus-bus buatan dalam negeri tersebut akan terus berdatangan hingga 2016. "Setiap bulan akan datang-datang terus, sampai tahun depan akan terus berproduksi," tegas Ahok
Quote:RUTE TERBARU TRANSJAKARTA
kalo gak keliatan nih saya jelaskan rute terbaru nya gan :
Grogol - TU Gas via Roxy: Halte Transjakarta Grogol melalui jalan Hasyim Ashari - Kyai Tapa – Roxy - Hayam Wuruk – Majapahit - Merdeka Barat – Thamrin - Imam Bonjol – Diponegoro – Salemba Raya – Pramuka – Pemuda dan TU Gas/JIEP.
TU Gas - Lebak Bulus: melalui TU Gas/JIEP – Pramuka – Matraman Raya – Salemba Raya – Diponegoro – Imam Bonjol – Sudirman – Hang Tuah – Pakubuwono 6 – Bumi – Kyai Maja/Taman Puring – Kebayoran Baru – Sultan Iskandar Muda – Metro Pondok Indah – Kartini – Lebak Bulus.
Grogol - Kampung Melayu: melalui Halte Transjakarta Grogol – S Parman – Gatot Subroto – Semanggi – Sudirman – Imam Bonjol – Diponegoro – Salemba Raya – Matraman Raya – Jatinegara Timur – Halte Terminal Kampung Melayu.
Lebak Bulus – Kota: Halte Terminal Lebak Bulus – Raya Pondok Pinang – TB Simatupang – Raya Pondok Indah – Raya Marga Guna – Radio Dalam Raya – Ahmad Dahlan – Melawai Raya – Sisingamangaraja – Sudirman – Thamrin – Medan Merdeka Barat – Majapahit – Gajah Mada – Halte Transjakarta Kota.
Harapan Indah (Bekasi) - ASMI: Halte Transjakarta Harapan Indah – Raya Bekasi – Perintis Kemerdekaan – ASMI.
Kebayoran - Tomang via Stasiun Kereta Palmerah: Halte Transjakarta Kebayoran – Teuku Nyak Arief – Flyover Simpruk – Tentara Pelajar – Stasiun Palmerah – S. Parman – Halte Transjakarta Slipi Kemanggisan – Halte Transjakarta RS Harapan kita – putar balik Tomang.
Stasiun Kereta Kalibata - UKI: Stasiun Kereta Kalibata – Raya Kalibata – Cililitan (PGC) – Sutoyo – MT Haryono – Dewi Sartika – Raya Kalibata – Stasiun Kereta Kalibata.
Stasiun Kereta Kalibata – Kuningan Barat: Stasiun Kereta Kalibata – Raya Kalibata – Raya Pasar Minggu – Gatot Subroto.
Pulogadung – Tanah Abang: Halte Terminal Pulogadung – Perintis Kemerdekaan – Suprapto - Kramat Bunder – Kwini 1 – Abdul Rahman Saleh – Kwitang Raya – R rais – Medan Merdeka Selatan – Agus Salim – Kebon Sirih – Jati baru – Kebon Jati – KH Mas Mansyur – Fachrudin – Cideng Barat – Pasar Thomas.
Pulo Gadung – Blok M: Halte Terminal Pulo Gadung – Raya Bekasi – Pemuda – A Yani – DI Panjaitan – MT. Haryono – Pancoran Gatot Subroto – Tegal Parang –Tendean – W. Mongonsidi – Trunojoyo – CSW – Halte Transjakarta Terminal Blok M.
Kampung Rambutan – Kota: Halte Terminal Kampung Rambutan – TB. Simatupang – Raya Bogor – Kramat Jati - Sutoyo – DI. Panjaitan – A Yani – Suprapto – Senen Raya – Gunung Sahari – Mangga Dua Raya – Halte Transjakarta Kota.
Kampung Rambutan – Pulo Gadung: Halte Terminal Kampung Rambutan – TB Simatupang – Raya Bogor – Raya Pondok Gede – Tol Taman Mini – Sutoyo – UKI – DI. Panjaiatan – Pemuda – Raya Bekasi – Terminal – Pulo Gadung.
Tanjung Priok – Tanah Abang: Halte Transjakarta Terminal Tanjung Priok – Enggano – Yos Sudarso – Ahmad Yani – Suprapto – Kramat Bunder – Senen Raya – Kwini 1 – Kwitang Raya – Tugu Tani – Medan Merdeka Selatan – Agus Salim – Kebon Sirih – Jatibaru – Kebon Jati KH Mas Mansyur – Fachrudin – Tanah Abang.
Manggarai – Pasar Minggu: Manggarai – Saharjo – Supomo – Raya Pasar Minggu – putar balik di depan Stasiun Kereta Pasar Minggu – Terminal Pasar Minggu.
Kampung Rambutan – Lebak Bulus: Halte Transjakarta Terminal Kampung Rambutan – TB Simatupang – masuk Tol JORR – keluar pintu Tol Pasar Minggu – TB Simatupang – Simpang HR Harsono – Simpang Cilandak – Simpang Fatmawati – Kartini – Halte Transjakarta Terminal Lebak Bulus.
Stasiun Kereta Pesing – Indosiar: Stasiun Kereta Pesing – Daan Mogot – Halte Transjakarta Indosiar – putar balik putaran Indosiar – Stasiun Kereta Pesing.
Stasiun Kereta Palmerah – Sudirman: Stasiun Kereta Palmerah – Lapangan Tembak – Gerbang Pemuda – Gatot Subroto – Sudirman – berputar di Bunderan Hotel Indonesia.
Selain ketujuh belas rute tersebut, sebelumnya PT Transjakarta juga telah membuka rute di Stasiun Tebet yang terintegrasi KRL.
Rute feeder itu melayani Koridor V, VI, dan VII sebagai berikut.
Koridor VI, feeder akan melalui flyover Jalan Dr Saharjo, Jalan Casablanca, Jalan HR Rasuna Said, Halte Kemenkes, Halte Kuningan Timur, Jalan Dr Satrio, Mal Ambassador, dan putar balik ke stasiun melalui Jalan Casablanca.
Koridor V, feeder masuk melalui Jalan Jatinegara Barat, putar balik di Kebon Pala, masuk ke Jalan Jatinegara Timur, dan masuk ke Terminal Kampung Melayu. Sementara itu,
Koridor VII akan melalui Jalan Otista, Bidara Cina, Kampung Melayu, dan kembali ke Stasiun Tebet
Quote:PELAYANAN TERBARU DARI TRANSJAKARTA
Kebijakan Gratis Naik Transjakarta, Cara Pemprov DKI Dorong Warga Gunakan Transportasi Publik
PT Transportasi Jakarta telah memperluas layanan gratis menggunakan bus transjakarta. Kebijakan tersebut diatur dalam Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 160 Tahun 2016 tentang Pelayanan Transjakarta Gratis dan Bus Gratis bagi Masyarakat.
Pasal 3 Pergub tersebut menyatakan kebijakan gratis naik transjakarta diterapkan untuk mewujudkan pelayanan transjakarta yang aman, nyaman, dan murah; mendukung warga dalam melakukan aktivitas sehari-hari; dan menumbuhkan kesadaran warga untuk selalu menggunakan angkutan umum massal.
Pelayanan transjakarta secara gratis diberikan kepada masyarakat tertentu. Pergub yang diundangkan pada 19 Agustus 2016 itu menyebutkan ada 11 kategori masyarakat yang dapat menikmati layanan tersebut. (Baca: Penukaran Kartu untuk Gratis Naik Transjakarta Tidak Bisa Diwakilkan)
Kategori yang harus memiliki rekening Bank DKI
Ada lima kategori masyarakat yang diwajibkan memiliki rekening Bank DKI untuk gratis naik transjakarta. Lima kategori tersebut yakni PNS atau pensiunan PNS Pemprov DKI Jakarta, tenaga kontrak di lingkungan Pemprov DKI, siswa penerima Kartu Jakarta Pintar (KJP), karyawan swasta dengan besaran gaji sesuai UMP yang pembayarannya melalui Bank DKI, dan penghuni rusunawa.
Untuk dapat menikmati layanan tersebut, warga dengan kategori di atas harus menukarkan kartu ATM lama mereka ke kartu Jakcard Combo. Penukaran kartu dapat dilakukan sejak 10 Oktober 2016 di 17 kecamatan yang telah ditunjuk Bank DKI.
Saat registrasi atau melakukan penukaran, syarat-syarat yang harus dibawa yakni KTP beserta fotokopinya, buku tabungan, dan kartu ATM Bank DKI. Untuk PNS ada syarat tambahan, yakni membawa kartu ID, dan untuk pensiunan PNS membawa kartu identitas pensiun.
Kemudian, untuk karyawan swasta yang pembayaran gajinya melalui Bank DKI, mereka wajib membawa slip gaji. Karyawan swasta yang berhak mendapatkan Jakcard Combo adalah yang memiliki gaji pokok maksimal Rp 3,1 juta.
Pembuatan kartu Jakcard Combo akan selesai dalam waktu 10 hari setelah registrasi. Kartu tersebut diambil di kecamatan tempat registrasi dengan menunjukkan KTP dan menyerahkan kartu ATM yang lama. (Baca: Cara Mendapatkan "Jakcard Combo" untuk Naik Transjakarta Gratis)
Kategori yang harus mendaftar di halte transjakarta
Pendaftaran di halte transjakarta diperuntukkan bagi lima kategori warga, yakni warga yang ber-KTP Kepulauan Seribu, penerima beras keluarga sejahtera se-Jabodetabek, veteran, penyandang disabilitas, dan warga lansia ber-KTP DKI dengan usia 60 tahun ke atas.
Untuk mendapatkan kartu khusus naik transjakarta secara gratis, warga cukup datang ke halte transjakarta dengan membawa KTP. Petugas kemudian akan membantu mengisi formulir.
Untuk veteran, selain KTP, warga harus menyertakan surat yang menunjukkan dia adalah seorang veteran. Begitupun untuk warga difabel dan penerima beras sejahtera se-Jabodetabek.
Setelah itu, pendaftar akan diminta foto di halte tempat pendaftaran. Kartu untuk gratis naik transjakarta akan selesai dibuat sekitar 10 hari setelah pendaftaran. Meski begitu, warga bisa langsung menikmati layanan tanpa harus menunggu kartu mereka selesai dibuat.
Pendaftaran untuk pembuatan kartu khusus ini tidak dikenai biaya jika dilakukan hingga Senin (17/10/2016) kemarin. Namun, per Selasa (18/10/2016) ini, pembuatan kartu khusus gratis naik transjakarta ini akan dikenakan biaya Rp 15.000.
Kategori anggota TNI/Polri
Selain 10 kategori yang telah dijelaskan, anggota TNI/Polri juga dapat menikmati layanan gratis naik transjakarta. Syaratnya, cukup menggunakan seragam dinas dan menunjukkan kartu tanda anggota (KTA). (Baca: Ahok Bantah Kebijakan Transjakarta Gratis untuk Gaet Dukungan Pilkada)
Syarat tersebut sesuai dengan bunyi Pasal 13 Pergub Nomor 160 Tahun 2016 yang menyatakan bahwa "Anggota TNI/Polri sebagaimana dimaksud dalam Pasal 4 huruf h merupakan seluruh anggota TNI/Polri yang sedang bertugas dengan menggunakan seragam dinas dari kesatuan masing-masing serta dibuktikan dengan kartu anggota TNI/Polri."
UPDATE MACAM MACAM BIS TERBARU DIBAWAH YA
Quote:UPDATE TRANSJAKARTA TIPE TERBARU GAN
New buses for Transjakarta BRT Mercedes Benz 1526
Prototipe Bus Mercedes Benz 917 untuk TransJakarta
New Zhong Tong LCK6180GC Articulated BRT buses for Transjakarta
SCANIA TIPE TERBARUNYA
Quote:UPDATE LAGI GAN PELAYANAN TRANSJAKARTA CARES
Transjakarta juga meresmikan satu layanan terbarunya, yang disebut dengan Transjakarta Cares. Layanan gratis ini diberikan oleh Transjakarta khusus bagi penyandang difabel di DKI Jakarta. Syarat menggunakan Transjakarta Cares ini: Penyandang difabel, berlokasi di DKI Jakarta& memesan melalui call center 1500102 pd H-1 atau H-2. Transjakarta tidak pernah berhenti memberikan layanan lebih baik. Terima kasih telah menggunakan layanan Transjakarta
Quote:Itu lah beberapa inovasi terbaru dari transjakarta semoga kedepannya bisa lebih baik dan bertambah maju
mantap dah
Skarang jalanan dket rumah ane ajh udh masuk busway
Belinya bekas?
bagus tuh gan sekarang rute terbarunya lagi KP.RAMBUTAN - BLOK M DAN KAMPUNG RAMBUTAN - LEBAK BULUS
Quote:Original Posted By approve.cc ►
Skarang jalanan dket rumah ane ajh udh masuk busway
Quote:Original Posted By approve.cc ►
Skarang jalanan dket rumah ane ajh udh masuk busway
produk dlm negeri
semoga kedepannya bisa lebih baik dan bertambah maju ya bray
AMIN BRAY SEMOGA SAJA SEKARANG RUTE 7 KP.RAMBUTAN - KAMPUNG MELAYU SUDAH DIISI BIS BARU LEBIH DINGIN DAN RAMAH LINGKUNGAN
Quote:Original Posted By jin.bolo.bolo ►
semoga kedepannya bisa lebih baik dan bertambah maju ya bray
Quote:Original Posted By jin.bolo.bolo ►
semoga kedepannya bisa lebih baik dan bertambah maju ya bray
sayang ga lewat surabaya
bisnya futuristik beud
semoga surabaya nanti punya bray transsurabaya doakan saja kedepannya lebih maju transportasi dalam negeri kita
Quote:Original Posted By wonxintinxxx ►
sayang ga lewat surabaya
Quote:Original Posted By wonxintinxxx ►
sayang ga lewat surabaya
produk scania bray yang cina2 udah gadipake karena mesinnya cepet panas
Quote:Original Posted By semprot.crooot ►
bisnya futuristik beud
Quote:Original Posted By semprot.crooot ►
bisnya futuristik beud
Muantabbb !!
belum pernah naik busway ane gan
original posted
m.a.m.u
original posted
m.a.m.u
waduh wkwk kapan2 naik gan kalo sempet kalo tinggal diluar jakarta dan kalo main kesini sempetin naik hehe
Quote:Original Posted By m.a.m.u ►
belum pernah naik busway ane gan
original posted
m.a.m.u
Quote:Original Posted By m.a.m.u ►
belum pernah naik busway ane gan
original posted
m.a.m.u
wih....ada golongan yang digratisin
Quote:Original Posted By ryanhumington ►
waduh wkwk kapan2 naik gan kalo sempet kalo tinggal diluar jakarta dan kalo main kesini sempetin naik hehe
iya gan kalo kejakarta kudu nyoba transnya nih
gembok dulu ya pekiwannya
original posted
m.a.m.u
Via: Kaskus.co.id
waduh wkwk kapan2 naik gan kalo sempet kalo tinggal diluar jakarta dan kalo main kesini sempetin naik hehe
iya gan kalo kejakarta kudu nyoba transnya nih
gembok dulu ya pekiwannya
original posted
m.a.m.u
Tidak ada komentar:
Posting Komentar