presents...
Quote:10 MOBIL NIAGA PALING BERBAHAYA DALAM SEJARAH OTOMOTIF
Quote:PROLOG
Hal yang paling dihindari oleh sebuah produsen mobil adalah produk yang dikeluarkan oleh pabriknya dilabeli "unsafe" alias "tidak aman". Tidak hanya menimbulkan kerugian, hal itu juga membuat ribuan -atau bahkan mungkin jutaan- manusia dalam bahaya, dan dapat mengakibatkan keluarnya biaya untuk penarikan produk juga membayar tuntutan hukum, serta pertaruhan nama baik. Model-model yang tidak aman tidak hanya menimbulkan risiko bahaya bagi pemiliknya, namun juga berpotensi menghancurkan kredibilitas perusahaan yang memproduksinya.
Quote:
Setelah Consumer Reports --sebuah majalah yang membahas tentang kepuasan konsumen-- mengingatkan Suzuki untuk menarik produk Samurai SUV-nya, penjualan perusahaan tersebut langsung menukik. Suzuki akhirnya menggugat majalah tersebut, namun akibat penjualan yang minim dan reputasi yang telanjur hancur, Suzuki meninggalkan pasar Amerika pada 2012.
Tapi untuk beberapa kasus, justru terjadi ironi. Merek yang gagal mendapatkan label "aman" justru meraih angka penjualan yang tinggi. Beberapa mobil yang sangat tidak aman malah menjadi ikon. Unsur "bahaya" tampaknya meningkatkan reputasi mereka.
Berikut adalah 10 mobil dalam sejarah otomotif yang didefinisikan dengan istilah "death trap" atau "perangkap kematian" bagi pemiliknya.
Quote:1. Ford Model T
Spoiler for model t:
Quote:Quote:
Model T keluaran pabrikan Ford adalah sebuah ikon otomotif. Selama 19 tahun menjalankan produksi sebagai pionir di Amerika Serikat, Ford menjual lebih dari 15 juta mobil Model T dan membawa Amerika Serikat menjadi pembangkit industri otomotif pertama di dunia.
Sebaliknya, Model T juga adalah death trap yang nyata. Ketika diperkenalkan pada 1908, mobil telah dilengkapi dengan fitur keselamatan penting seperti lampu, klakson, dan kaca depan. Namun, fakta bahwa Henry Ford menolak untuk menambahkan rem depan agar biaya produksi rendah, membuat mobil ini sangat berbahaya.
Model T keluaran pabrikan Ford adalah sebuah ikon otomotif. Selama 19 tahun menjalankan produksi sebagai pionir di Amerika Serikat, Ford menjual lebih dari 15 juta mobil Model T dan membawa Amerika Serikat menjadi pembangkit industri otomotif pertama di dunia.
Sebaliknya, Model T juga adalah death trap yang nyata. Ketika diperkenalkan pada 1908, mobil telah dilengkapi dengan fitur keselamatan penting seperti lampu, klakson, dan kaca depan. Namun, fakta bahwa Henry Ford menolak untuk menambahkan rem depan agar biaya produksi rendah, membuat mobil ini sangat berbahaya.
Quote:2. Chevrolet Corvair
Spoiler for corvair:
Quote:Quote:
Advokat konsumen Ralph Nader membangun kariernya pada tahun 1965 dengan mengutuk Chevrolet Corvair dalam bukunya, Unsafe at Any Speed. Selain mengritik Corvair yang tidak aman, buku ini juga menyoroti banyak isu keselamatan yang dialami oleh hampir semua mobil di era tersebut. Pada awal 60-an, fitur seperti sabuk pengaman tiga titik, dashboard lunak, dan sistem rem dua sirkuit (untuk mencegah kegagalan rem) belum menjadi standar, sehingga sebagian besar mobil akan dianggap berbahaya bagi standar keselamatan yang berlaku saat ini.
Namun, Nader menegaskan bahwa Corvair berbahaya karena memiliki suspensi poros ayun dan layout mesin belakang yang berpotensi besar mengakibatkan oversteer. Produksi mobil ini dihentikan menjelang dirilisnya Corvair model 1969.
Advokat konsumen Ralph Nader membangun kariernya pada tahun 1965 dengan mengutuk Chevrolet Corvair dalam bukunya, Unsafe at Any Speed. Selain mengritik Corvair yang tidak aman, buku ini juga menyoroti banyak isu keselamatan yang dialami oleh hampir semua mobil di era tersebut. Pada awal 60-an, fitur seperti sabuk pengaman tiga titik, dashboard lunak, dan sistem rem dua sirkuit (untuk mencegah kegagalan rem) belum menjadi standar, sehingga sebagian besar mobil akan dianggap berbahaya bagi standar keselamatan yang berlaku saat ini.
Namun, Nader menegaskan bahwa Corvair berbahaya karena memiliki suspensi poros ayun dan layout mesin belakang yang berpotensi besar mengakibatkan oversteer. Produksi mobil ini dihentikan menjelang dirilisnya Corvair model 1969.
Quote:3. Porsche 911
Spoiler for 911:
Quote:Quote:
Setelah selama 51 tahun diproduksi, Porsche 911 umumnya dianggap sebagai salah satu mobil sport terhebat di dunia. Namun, tak dimungkiri, mobil klasik nan cantik itu juga berbahaya. Mesin yang berada di belakang mobil, sangat jauh di belakang rear axle, menjadikan mobil ini sangat berbahaya. Sedikit salah perhitungan dapat menyebabkan oversteer.
Para insinyur Porsche mencoba untuk memecahkan masalah ketidakseimbangan berat mobil dengan menempatkan pemberat besi di bumper depan mobil rilisan awal. Di awal 70-an, model 911 dilengkapi dengan spoiler "ekor ikan paus" dan penahan udara depan, yang dapat menjaga kestabilan mobil saat melaju dengan kecepatan tinggi. Saat ini, teknologi tersebut telah digantikan oleh sistem all-wheel drive dan kontrol traksi.
Setelah selama 51 tahun diproduksi, Porsche 911 umumnya dianggap sebagai salah satu mobil sport terhebat di dunia. Namun, tak dimungkiri, mobil klasik nan cantik itu juga berbahaya. Mesin yang berada di belakang mobil, sangat jauh di belakang rear axle, menjadikan mobil ini sangat berbahaya. Sedikit salah perhitungan dapat menyebabkan oversteer.
Para insinyur Porsche mencoba untuk memecahkan masalah ketidakseimbangan berat mobil dengan menempatkan pemberat besi di bumper depan mobil rilisan awal. Di awal 70-an, model 911 dilengkapi dengan spoiler "ekor ikan paus" dan penahan udara depan, yang dapat menjaga kestabilan mobil saat melaju dengan kecepatan tinggi. Saat ini, teknologi tersebut telah digantikan oleh sistem all-wheel drive dan kontrol traksi.
Quote:4. Ford Pinto
Spoiler for pinto:
Quote:Quote:
Pada 1970-an, para produsen mobil di Detroit mengkhawatirkan dua hal: bersaing dengan mobil impor dan menjaga biaya produksi tetap rendah. Pinto adalah yang terburuk dalam kedua hal tersebut. Benar, mobil ini diproduksi terus sampai 2001, dan frame-nya adalah favorit bagi para seniman kit car selama beberapa dekade. Namun, penolakan Ford untuk menambahkan elemen seharga $ 1 pada mobil ini untuk mencegah tangki bensin pecah saat terjadi benturan di bodi belakang, menjadikannya ikonik.
Pada 1977, Mother Jones --sebuah lembaga berita independen-- mengungkapkan bahwa Ford tahu tentang cacat tersebut selama bertahun-tahun dan memilih untuk membayar tuntutan hukum individu daripada mengeluarkan biaya tambahan per mobil untuk memperbaiki masalah. Pada 1978, protes publik begitu kuat karena Ford enggan menarik 1,5 juta unit Pinto (juga Mercury Bobcat), meski sebanyak 900 orang tewas akibat kerusakan sistem bahan bakar pada mobil tersebut.
Pada 1970-an, para produsen mobil di Detroit mengkhawatirkan dua hal: bersaing dengan mobil impor dan menjaga biaya produksi tetap rendah. Pinto adalah yang terburuk dalam kedua hal tersebut. Benar, mobil ini diproduksi terus sampai 2001, dan frame-nya adalah favorit bagi para seniman kit car selama beberapa dekade. Namun, penolakan Ford untuk menambahkan elemen seharga $ 1 pada mobil ini untuk mencegah tangki bensin pecah saat terjadi benturan di bodi belakang, menjadikannya ikonik.
Pada 1977, Mother Jones --sebuah lembaga berita independen-- mengungkapkan bahwa Ford tahu tentang cacat tersebut selama bertahun-tahun dan memilih untuk membayar tuntutan hukum individu daripada mengeluarkan biaya tambahan per mobil untuk memperbaiki masalah. Pada 1978, protes publik begitu kuat karena Ford enggan menarik 1,5 juta unit Pinto (juga Mercury Bobcat), meski sebanyak 900 orang tewas akibat kerusakan sistem bahan bakar pada mobil tersebut.
Quote:5. DeLorean DMC-12
Spoiler for delorean:
Quote:Quote:
DeLorean DMC-12 mungkin telah menjadi salah satu mobil paling ikonik dari era 80-an, tapi sekaligus juga liar dan tidak aman. Ketika John DeLorean meninggalkan General Motors pada awal 70-an untuk menciptakan sebuah "mobil sport aman," kita berharap DMC-12 bukanlah apa yang ada dalam pikirannya.
Dengan panel bodi stainless steel dipasang ke bingkai fiberglass, setelah tes kecelakaan dengan impact 50 mil per jam, mobil tampak seperti kaleng hancur. Pintu model gull-wing tidak membantu. Jika mobil terguling, pengendara dan penumpang tidak punya jalan keluar.
DeLorean DMC-12 mungkin telah menjadi salah satu mobil paling ikonik dari era 80-an, tapi sekaligus juga liar dan tidak aman. Ketika John DeLorean meninggalkan General Motors pada awal 70-an untuk menciptakan sebuah "mobil sport aman," kita berharap DMC-12 bukanlah apa yang ada dalam pikirannya.
Dengan panel bodi stainless steel dipasang ke bingkai fiberglass, setelah tes kecelakaan dengan impact 50 mil per jam, mobil tampak seperti kaleng hancur. Pintu model gull-wing tidak membantu. Jika mobil terguling, pengendara dan penumpang tidak punya jalan keluar.
Quote:6. Pontiac Fiero
Spoiler for fiero:
Quote:Quote:
Dengan dua tempat duduk, Pontiac Fiero dirancang sebagai mobil sporty yang menandai kembalinya Pontiac pada kejayaan di era 60-an, sebagai "GM's youth brand"." Di awal peluncuran pada 1984, Fiero mencatat keberhasilan. Namun kecacatan desain dan kesalahan serius dalam engineering banyak menyebabkan kebakaran mesin di tahun pertama usia mobil.
Beruntung hal tersebut tidak menimbulkan korban jiwa, dan masalah itu telah diperbaiki untuk mobil model 1985. Tapi pada 1987, 260 unit Fiero musnah terbakar. Reputasi Fiero jatuh, dan produksinya dihentikan setelah tahun 1988.
Dengan dua tempat duduk, Pontiac Fiero dirancang sebagai mobil sporty yang menandai kembalinya Pontiac pada kejayaan di era 60-an, sebagai "GM's youth brand"." Di awal peluncuran pada 1984, Fiero mencatat keberhasilan. Namun kecacatan desain dan kesalahan serius dalam engineering banyak menyebabkan kebakaran mesin di tahun pertama usia mobil.
Beruntung hal tersebut tidak menimbulkan korban jiwa, dan masalah itu telah diperbaiki untuk mobil model 1985. Tapi pada 1987, 260 unit Fiero musnah terbakar. Reputasi Fiero jatuh, dan produksinya dihentikan setelah tahun 1988.
Quote:7. Yugo GV
Spoiler for yugo:
Quote:Quote:
Pada saat menembus pasar Amerika pada 1985, Yugo adalah versi buruk ala Serbia dari mobil econobox keluaran Italia. GV (berarti "great value") ini disebut sebagai mobil baru termurah di Amerika, dan kualitas produksi yang mengerikan serta tak dapat diandalkan menjelaskan mengapa harga mobil ini dapat begitu murah.
Yugo menjadi berita nasional di tahun 1989 ketika mobil yang ringan, handling yang mengerikan dan berdesain kotak sederhana itu terdorong angin besar musim dingin di Mackinac Bridge, Michigan, dan terjun ke perairan es Danau Michigan sedalam 172 kaki, bersama sang pengemudi, Leslie Ann Pluhar.
Reputasi Yugo sebagai death trap, dan seiring meningkatnya tensi konflik antara Serbia dan Bosnia, memaksa Yugo keluar dari pasar Amerika pada 1992.
Pada saat menembus pasar Amerika pada 1985, Yugo adalah versi buruk ala Serbia dari mobil econobox keluaran Italia. GV (berarti "great value") ini disebut sebagai mobil baru termurah di Amerika, dan kualitas produksi yang mengerikan serta tak dapat diandalkan menjelaskan mengapa harga mobil ini dapat begitu murah.
Yugo menjadi berita nasional di tahun 1989 ketika mobil yang ringan, handling yang mengerikan dan berdesain kotak sederhana itu terdorong angin besar musim dingin di Mackinac Bridge, Michigan, dan terjun ke perairan es Danau Michigan sedalam 172 kaki, bersama sang pengemudi, Leslie Ann Pluhar.
Reputasi Yugo sebagai death trap, dan seiring meningkatnya tensi konflik antara Serbia dan Bosnia, memaksa Yugo keluar dari pasar Amerika pada 1992.
Quote:8. Ford Bronco II
Spoiler for bronco:
Quote:Quote:
Selama tujuh tahun, Bronco II adalah simbol kesuksesan bagi Ford. Mengikuti konsep yang sama dari Mustang II pada dekade sebelumnya, Bronco II adalah versi yang lebih ramping dan modern dari model Bronco lansiran 1966-1975.
Menjadikan pick-up Ford Ranger sebagai acuan, Bronco II berperan penting dalam menghalau dominasi Chevy S-10 Blazer dan Jeep Cherokee di pasar mobil jenis SUV. Tapi bodi yang tinggi, wheelbase pendek, dan kabin yang sempit membuatnya rentan terguling.
Selama penyelidikan resmi pada 1990, ditemukan bahwa sekitar 70 orang per tahun meninggal akibat Bronco mereka terguling, angka yang merupakan tingkat kematian tertinggi dari semua kendaraan yang diuji. Tak lama setelah laporan itu dirilis, ia digantikan oleh Ford Explorer, yang memiliki wheelbase lebih panjang.
Selama tujuh tahun, Bronco II adalah simbol kesuksesan bagi Ford. Mengikuti konsep yang sama dari Mustang II pada dekade sebelumnya, Bronco II adalah versi yang lebih ramping dan modern dari model Bronco lansiran 1966-1975.
Menjadikan pick-up Ford Ranger sebagai acuan, Bronco II berperan penting dalam menghalau dominasi Chevy S-10 Blazer dan Jeep Cherokee di pasar mobil jenis SUV. Tapi bodi yang tinggi, wheelbase pendek, dan kabin yang sempit membuatnya rentan terguling.
Selama penyelidikan resmi pada 1990, ditemukan bahwa sekitar 70 orang per tahun meninggal akibat Bronco mereka terguling, angka yang merupakan tingkat kematian tertinggi dari semua kendaraan yang diuji. Tak lama setelah laporan itu dirilis, ia digantikan oleh Ford Explorer, yang memiliki wheelbase lebih panjang.
Quote:9. Chevrolet Cobalt
Spoiler for cobalt:
Quote:Quote:
Seperti Pinto, Chevy Cobalt mencatat angka penualan yang fantastis. Namun juga seperti Pinto, Chevy Cobalt menjadi salah satu "skandal" otomotif terburuk dalam sejarah. Cobalt adalah akar mula dari kasus penarikan sistem pengapian produksi General Motor, di mana cacat pada kunci kontak dapat menyebabkan mobil tiba-tiba mati pada kecepatan tinggi, dan menonaktifkan sistem keamanan. Cacat ini diketahui oleh GM, namun mereka mencoba untuk menutupinya.
Sampai saat ini, sudah ada 90 kematian yang diakui oleh GM, juga 163 klaim cedera serius lainnya. Jika bukan karena cacat produksi tersebut, Cobalt tentu akan menjadi mobil yang mudah dilupakan. Sayangnya, hal itu terus menjadi aib bagi GM yang selalu diingat publik.
Seperti Pinto, Chevy Cobalt mencatat angka penualan yang fantastis. Namun juga seperti Pinto, Chevy Cobalt menjadi salah satu "skandal" otomotif terburuk dalam sejarah. Cobalt adalah akar mula dari kasus penarikan sistem pengapian produksi General Motor, di mana cacat pada kunci kontak dapat menyebabkan mobil tiba-tiba mati pada kecepatan tinggi, dan menonaktifkan sistem keamanan. Cacat ini diketahui oleh GM, namun mereka mencoba untuk menutupinya.
Sampai saat ini, sudah ada 90 kematian yang diakui oleh GM, juga 163 klaim cedera serius lainnya. Jika bukan karena cacat produksi tersebut, Cobalt tentu akan menjadi mobil yang mudah dilupakan. Sayangnya, hal itu terus menjadi aib bagi GM yang selalu diingat publik.
Quote:10. Ferrari 458
Spoiler for ferrari:
Quote:Quote:
Salah satu stereotip di dunia otomotif adalah bahwa supercar Italia selalu mudah terbakar. Seiring reputasi mentereng sebagai pencipta mobil impian dalam beberapa dekade terakhir, Ferrari 458 memang benar-benar mudah terbakar, lebih dari hampir semua mobil lain di dunia pada saat itu.
Pada 2012, Ferrari menarik 1.248 mobil karena perekat yang digunakan untuk menahan fender bagian dalam mobil ternyata sangat mudah terbakar dan ditempatkan terlalu dekat dengan knalpot. Ferrari dapat mengatasinya, namun nama baik mereka telah telanjur tercoreng. Tiga tahun setelah penarikan tersebut, lelucon tentang Ferrari yang mudah terbakar justru semakin santer.
Meski kebakaran yang dialami mobil-mobil Ferrari dianggap masalah ringan karena tidak sampai mengakibatkan kematian atau luka berat, hal itu tetap menjadi masalah serius.
Salah satu stereotip di dunia otomotif adalah bahwa supercar Italia selalu mudah terbakar. Seiring reputasi mentereng sebagai pencipta mobil impian dalam beberapa dekade terakhir, Ferrari 458 memang benar-benar mudah terbakar, lebih dari hampir semua mobil lain di dunia pada saat itu.
Pada 2012, Ferrari menarik 1.248 mobil karena perekat yang digunakan untuk menahan fender bagian dalam mobil ternyata sangat mudah terbakar dan ditempatkan terlalu dekat dengan knalpot. Ferrari dapat mengatasinya, namun nama baik mereka telah telanjur tercoreng. Tiga tahun setelah penarikan tersebut, lelucon tentang Ferrari yang mudah terbakar justru semakin santer.
Meski kebakaran yang dialami mobil-mobil Ferrari dianggap masalah ringan karena tidak sampai mengakibatkan kematian atau luka berat, hal itu tetap menjadi masalah serius.
Quote:EPILOG
Dalam proses membangun reputasinya, produsen mobil memiliki sejarah panjang yang terkadang mengorbankan keselamatan demi meraih keuntungan. Dan ketika mereka melakukannya, mereka menempatkan hidup jutaan orang di dalam bahaya. Mobil-mobil di atas layak untuk dikenang sebagai death trap, karena mereka mengingatkan kita pada kesalahan-kesalahan di masa lalu. Mari berharap para produsen mobil mengingat kesalahan-kesalahan tersebut, dan memastikan sejarah buruk tidak terulang kembali.
Quote:S U M B E R
Quote:Semoga Agan-agan berkenan.
Thanks KASKUS...
Quote:OTHER KIOS.CHERRY's THREAD
Spoiler for Other Thread:
10 "Mainan" Orang Dewasa Termahal di Dunia HT #6
10 Atlet Terkaya Di Dunia Tahun 2013
10 Best Attack Helicopters in the World
10 Kapal Pesiar Terbesar di Dunia HT #13
10 Peristiwa Ikonik Sepanjang Tahun 2013
10 Petenis Dengan Bayaran Termahal di Dunia
10 Restoran Teraneh di Dunia
10 Sepeda Touring Terbaik di Dunia
11 Skuad Sepakbola Terbaik versi kios.cherry
11 Toko Buku Terunik di Dunia HT #14
20 Hewan Langka di Dunia Yang Paling Sulit Ditemui
20 Hutan Paling Mengesankan di Dunia
20 Keindahan di Bawah Tanah
20 Makanan Jalanan Terenak di Dunia HT #3
20 Warisan Dunia Yang "Terabaikan"
21 Jalan Paling Mengesankan di Dunia HT #5
5 MOBIL AMFIBI TERKEREN DI DUNIA
5 MOBIL BALAP KLASIK TERMAHAL
5 Mobil Kencang Asal Jepang
5 Mobil Mikro Klasik Kebangkitan Otomotif Eropa
5 Mobil Nyata Dalam Game Need For Speed Rivals
5 Model Motor Eco-Futuristic
5 Skuter Klasik Pabrikan Jerman
[INFO+PICS] 20 Januari 1942: Wannsee Conference Titik "Legitimasi" Holocaust Ala NAZI
[INFO+PICS] 26 November 1941: Armada Jepang Mulai Bergerak Menuju Pearl Harbor
Abbey Road, Nama Jalan yang "Pasaran" di Inggris
Agan-agan Masih Ingat "HOYA"? [anak-anak Angkatan '80-'90-an Masuk...]
Atlet-atlet Pemegang Rekor Juara Berturut-turut Terbanyak
Berkeliling Dunia Lewat 20 Karya Seni
Berlin Cycle Chic, Gaya Modis Pesepeda di Jerman HT #2
BSA AIRBORNE BICYCLE: Sepeda Yang Menjadi "Peserta" Perang Dunia II
Buenos Aires, Kota dengan 11 Klub dan 11 Stadion Sepakbola
Bukti Bahwa Belanda adalah Surga Para Pesepeda
F1-lution: Evolusi Balap Formula 1 Dari Masa ke Masa HT #4
Goweser Cewek di Eropa, Musim Dingin Tetap Cycling Everywhere
Goweser Sayang Anak, Bersepeda Bersama Putra-Putri
Ini Gan, Mobil Balap di Formula 1 Musim 2014
Italian Cycle Chic, Gaya Modis Goweser Cewek di Italia
Jadwal MotoGP 2016
Le Tour de France 2014
Mari Mengenal Shuttlecock, Gan...
Marijana Kovacevic, Dokter Kontroversial Dengan Terapi Plasenta Kuda
Mengapa Belanda Dijuluki Surga Pesepeda
Menurut Agan, Mana Sekuel Die Hard Yang Paling Seru?
MESTINYA SEMUA SUPORTER SEPAKBOLA DI INDONESIA MENCONTOH FILM INI... HT #9
MUSIM 1992, SALAH SATU MUSIM BALAP MOTOR 500cc (MotoGP) PALING KOMPETITIF HT #1
NEW BUS FOR LONDON Reinkarnasi Mutakhir Dari Old Routemaster
Para Wanita Yang Menginspirasi Dunia: Muda, Cantik, dan Sukses
PEMAIN SEPAKBOLA TERKENAL JEBOLAN SOUTHAMPTON YOUTH ACADEMY HT #8
Pemba Island, Surga di Lepas Pantai Timur Afrika
Rute-rute Bikepacking di Indonesia
Rute Bersepeda Paling Menantang di Dunia
Sebelum Musnah, Ayo Kunjungi Tempat-tempat Ini, Gan! HT #12
Sebelum Tidur, Posting Yang Manis-manis Dulu, Ah... [no BB]
Sejarah dan Wajah Stadion Klub-klub Bundesliga
Stadion-stadion Futuristik UEFA Euro 2016 di Prancis HT #10
STARS ON BICYCLE - Selebritis dan Sepedanya -
The SeaOrbiter, Lab Futuristik di Tengah Samudera
Tour de Singkarak 2014 - Berlomba dan Menjelajahi Keindahan Sumatera Barat
Tragedi Kecelakaan Pesawat yang Melibatkan Tim Sepakbola HT #11
Transformasi Stadion Milik Klub-Klub di Liga Inggris HT #7
Wajah Stadion Klub-klub di Liga Spanyol
Yang Bening-bening Di Atas Kereta Angin
Yuk Melongok Venue Modern di Olimpiade Tokyo 2020
nyimak dlu gan
Nice trit gan..
Moga HT
Moga HT
amin gan moga tidak terjadi lagi
berbahaya kayak ts
Cantik itu porsche 911
Ada yang lebih bahaya ts. Mobil ang cinta tapi takut ditolak
Ada yang lebih bahaya ts. Mobil ang cinta tapi takut ditolak
kalo dari teknis bahaya ngeri juga gan
Quote:Original Posted By approve.cc ►
amin gan moga tidak terjadi lagi
Amiin...
Quote:Original Posted By ndimie2006 ►
Nice trit gan..
Moga HT
Thanks gan.. amiin...
Quote:Original Posted By ..Vendetta.. ►
berbahaya kayak ts
Lhah ane bahayanya di mana gan..? hehe
Quote:Original Posted By sensenapril ►
Cantik itu porsche 911
Ada yang lebih bahaya ts. Mobil ang cinta tapi takut ditolak
Ahaha... bener tuh gan..
amin gan moga tidak terjadi lagi
Amiin...
Quote:Original Posted By ndimie2006 ►
Nice trit gan..
Moga HT
Thanks gan.. amiin...
Quote:Original Posted By ..Vendetta.. ►
berbahaya kayak ts
Lhah ane bahayanya di mana gan..? hehe
Quote:Original Posted By sensenapril ►
Cantik itu porsche 911
Ada yang lebih bahaya ts. Mobil ang cinta tapi takut ditolak
Ahaha... bener tuh gan..
Quote:Original Posted By kios.cherry ►
Ahaha... bener tuh gan..
Pasti banyak yang gitu tuh apalagi mau valentine
Ahaha... bener tuh gan..
Pasti banyak yang gitu tuh apalagi mau valentine
porsche 911 masuk juga
dipajang aja biar ga bahaya
ternyata merek merek terkenal pun tidak lepas dari kasus keselamatan
Tapi sebagai mobil koleksi kayanya mobil-mobil tersebut harganya mahal deh. Apalagi mobil-mobil tahun 1990 ke bawah.
BTW, DeLorean DMC-12 itu mobil yg dipake di film Back to Future ya?
BTW, DeLorean DMC-12 itu mobil yg dipake di film Back to Future ya?
katanya mobil niaga
kok banyakan sedan?
mobil niaga macam mobil box atau truk malah ga ada
kok banyakan sedan?
mobil niaga macam mobil box atau truk malah ga ada
Yang pinto keknya ane pernah liat di game The Warrior.
pekiwan dulu bree
Chevy Cobalt, andelan ane tuh gan NFS most wanted.
antik antik banget gan
Inpoh yg baguss
Via: Kaskus.co.id
Tidak ada komentar:
Posting Komentar