Selamat datang di Thread ane gan
masih dalam tema dan hobi yang sama, yaitu kereta api gan, emang gk bosen deh kalo udah ngebahas hobi sendiri yak
kali ini ane mau bahas kereta api buatan anak bangsa gan, kereta apa aja sih yang dibuat oleh negara kita ini? sebelum ngebahas produknya, ane bahas profil perusahaannya dulu ya gan.. cek dibawah gan
langsung shift + X aja gan

PT Industri Kereta Api
PT Industri Kereta Api (Persero) (disingkat: PT INKA atau PT Inka) adalah sebuah Badan Usaha Milik Negara yang berdiri pada 29 Agustus 1981. Terletak di JL. Yos Sudarso no. 71, Madiun, Jawa Timur. PT Inka (Persero) merupakan pengembangan dari Balai Yasa Lokomotif Uap yang dimiliki oleh PJKA (sekarang PT Kereta Api Indonesia) pada saat itu. Balai yasa ini berlokasi di Madiun. Semenjak lokomotif uap sudah tidak dioperasikan lagi, maka balai yasa ini dialihfungsikan menjadi pabrik kereta api. Penentuan lokasi dan pendirian pabrik kereta ini berdasarkan hasil studi dari BPPT.
PT Inka, sebagai salah satu badan usaha milik negara terus mengalami perkembangan, diawali pada tahun 1981 dengan produk berupa kereta penumpang kelas ekonomi dan gerbong barang kini menjadi industri manufaktur perkeretaapian yang modern. Aktivitas bisnis Inka yang ada kini berkembang mulai dari penghasil produk dasar menjadi penghasil produk dan jasa perkeretaapian dan transportasi yang bernilai tinggi.
Transformasi bisnis yang dilakukan perusahaan mampu memberikan keberhasilan dan mendapatkan solusi terbaik untuk perbaikan transportasi kereta api. Dalam persaingan global, PT Inka mengembangkan berbagai jenis produk di bawah kendali sistem manajemen mutu ISO 9001 dan kemitraan global.
Melalui perbaikan dan pembaharuan yang dilakukan secara berkesinambungan sebagai upaya beradaptasi terhadap persaingan global, PT Inka memasuki dunia bisnis ini dengan mengedepankan nilai-nilai :integritas, profesional dan kualitas. Dalam menghadapi tantangan dunia bisnis ke depan, PT Inka tidak hanya bergelut dalam produk-produk perkeretaapian, namun menghasilkan produk lain yang lebih luas yang mampu memberikan kontribusi terhadap permintaan infrastruktur dan sarana transportasi.
PT Inka melakukan joint venture dengan General Electric dalam memproduksi lokomotif. Selain untuk kebutuhan dalam negeri, produksi juga ditujukan untuk ekspor terutama ke Malaysia.

Nah, itu sedikit pengenalan mengenai PT INKA gan, skarang ane ulas beberapa produk yg pernah dibuat oleh PT. INKA, langsung cekidot gan
PRODUK PT INKA

Gerbong ini merupakan pesanan negara Australia gan pada tahun 2004 gan

Gerbong bagasi ini dibuat untuk barang kiriman tertutup gan, gerbong bagasi ini biasanya digabung juga dalam rangkaian KA Jarak Jauh tuh gan, ada juga sih KA regulernya yaitu KA Parcel ONS (Over Night Service), buat agan2 yg suka kirim paket maupun itu alat rumah tangga ataupun sepeda motor, nah barang agan dikirim pake gerbong ini gan

gerbong datar (PPCW) ini biasanya di gunakan untuk angkutan kontener gan

gerbong ini pesenan tetangga kita yaitu Singapura gan

gerbong ini dipakai dalam KA Babaranjang (batu bara rangkaian panjang) gan, agan - agan yg orang Lampung atau Sumsel pasti sering liat gerbong ini kan? perlu diketahui gk semua babaranjang pake kkbw dari inka gan, ada yg mesen ke china dan rumania

gerbong ini dibuat untuk angkutan batu ballast gan, itu lho gan batu - batu yg suka di rel kereta api, nah jika ada pembangunan jalur baru, gerbong yg dipakai untuk menabur batu ballast tersebut menggunakan gerbong zzow ini gan, gerbong zzow ini tersebar di beberapa stasiun, kalo yg di jawa yg ane tau ada di tempat tinggal ane di Parung Panjang, ada juga di Cisauk tangerang, Jakarta Gudang, dan Karangsari purwokerto gan

Kereta eksekutif yang agan - agan naiki, itu juga termasuk buatan PT. INKA gan, dipakai untuk KA Argo/non Argo diseluruh Jawa dan Sumatra, dalam gambar diatas itu adalah kereta eksekutif (K1) untuk penggunaan KA Argo Jati (Cirebon - Gambir pp), menggunakan model kaca baru seperti pesawat gan..

kereta bisnis (K2) juga termasuk buatan PT. INKA

Kereta Ekonomi AC, kereta ini digunakan pada KA non komersial alias bukan subsidi, KA yg menggunakan kereta ini antara lain Bogowonto, Majapahit, Menoreh, Krakatau, dan Jaka Tingkir

kenapa disebut nutri sari, karna menurut Railfans (penggemar kereta api), kereta ini mirip dengan minuman nutri sari (iyain aja lah ya gan
), mula nya KA ini terdapat di rangkaian KA Matarmaja, Brantas, Rangkas jaya, Banten Ekspres, DLL. Tapi beberapa kereta tersebut sudah di cat dengan new livery jayabaya

nah, livery paling baru yg dibuat oleh PT INKA adalah livery jayabaya ini gan, kereta yg pertama menggunakan livery ini adalah KA Jayabaya, banyak yang bilang juga livery selendang pecut
, beberapa waktu kemudian banyak kereta eksekutif, bisnis, dan ekonomi disamakan liverynya seperti ini, menurut ane malah jadi monoton, karna semua kelas 1 livery, yang membedakan dari model jendela dan warna pintu nya gan

KRL ini pertama diluncurkan pada 2001 gan, menggunakan desain dari PT INKA sendiri, biasanya KRL ini didinaskan untuk feeder kp. bandan - jakarta kota dan atau feeder manggarai - duri

railbus ini dibuat pada tahun 2007 untuk didinaskan pada rute Kertapati - Indralaya di Sumatera Selatan

KRL ini merupakan hasil modifikasi pada KRL sebelumnya yaitu KRL Holec ekonomi, setelah di modif dan ditambahkan AC, maka KRL ini mulanya didinaskan di rute Duri - Tangerang, karna sparepart yg terbatas dan sering mengalami kerusakan mesin, KRL ini jadi sering mangkrak di Dipo Bukit Duri

krde ini hasil modifikasi dari KRL ABB Hyundai yg sering melayani rute Jakarta kota - Bogor/Bekasi, lalu dimodif oleh inka menjadi KRDE (Kereta Rel Diesel Elektrik) dengan nama KRDE Arek Surokerto, didinaskan di rute Surabaya - Mojokerto, karena sering mengalami kerusakan mesin dan sparepart yang terbatas, akhirnya krde ini mangkrak di dipo sidotopo, surabaya

pada awalnya, krd ini bernama KRD ARS (Airport Railink Service) Kualanamu, hasil modifikasi dari KRD MCW untuk didinaskan di rute Bandara Kualanamu - Medan, Sumatera Utara sebelum KRD ARS dari KorSel datang, namun setelah dilakukan test run beberapa kali, rencana tersebut gagal, dan akhirnya krd ini melayani rute Semarang - Ngrombo dengan nama KRD Kedungsepur, sempat didinaskan juga pada rute Solo - Yogyakarta - Kutoarjo sebagai KA Prambanan Ekspres dan KA Sri Wedari

krd ini melayani rute Krueng Mane-Krueng Geukueh yang ada di provinsi Aceh, jarak tempuh rute tersebut sejauh 11,3 km dengan menggunakan rel 1.435 mm, lebih lebar dari jalur lainnya yg menggunakan lebar rel 1.067 mm

buat agan yg di jogja, pasti sering liat krd ini, KRD Prameks atau Prambanan ekspres melayani rute Solo - Yogyakarta - Kutoarjo

krd ini melayani rute Madiun - Surabaya Gubeng

krdi ini melayani rute Madiun - Jogja sebagai KA MANJA, dan juga di rute Tanjung Karang - Blambangan Umpu sebagai KA Way Umpu di Bandar Lampung

KRL ini dibeli oleh Kementerian Perhubungan Indonesia (Kemenhub) sejumlah 40 unit (10 set), dan disponsori oleh bank milik Pemerintah Federal Jerman, yakni "Kreditanstalt für Wiederaufbau" (KfW), PT INKA bekerjasama dengan Bombardier Transportation untuk membuat KRL ini dan selesai pada tahun 2011. mulanya sering melayani rute Tanah Abang - Serpong - Parung panjang - Maja, Duri - Tangerang, namun kini hanya sering menjadi feeder di rute Kp. Bandan - Jakarta kota dan Duri - Manggarai

merupakan inovasi baru dari PT KAI dan PT INKA membuat kereta sebagai puskesmas dan klinik berjalan, diresmikan pada 12 Desember 2015 di Stasiun Pasar Senen, beritanya disini

gerbong untuk fasilitas uji dinamika kereta api

KA ini biasanya digunakan untuk inspeksi jajaran Ditjen Perkeretaapian

Lokomotif canggih yg pernah dibuat oleh anak bangsa, namun saat ini hanya didinaskan untuk ditjen perekeretaapian jika melakukan inspeksi, pernah di share sama agan zhinobi44 disini
nah, itu gan beberapa produk yang pernah dibuat oleh PT INKA gan, berikut ini list produksi dari tahun ke tahun:
• 1982 - Produksi pertama gerbong barang.
• 1985 - Produksi pertama kereta penumpang.
• 1987 - Perakitan pertama kereta listrik & diversifikasi produk.
• 1991 - Pertama gerobak angkutan ekspor ke Malaysia (KTMB).
• 1994 - Produksi pertama kereta listrik VVVF.
• 1995 - Peluncuran pertama kereta api Argo Bromo.
• 1996 - Produksi pertama lokomotif (GE Lokindo) & ekspor ke Filipina.
• 1997 - Peluncuran pertama kereta Argo Bromo Anggrek (leasing Skema).
• 1998 - Ekspor pertama Ballast Hopper Wagon ke Thailand.
• 2001 - Peluncuran pertama KRL Indonesia (desain INKA).
• 2002 - Ekspor Pembangkit Listrik Wagon dan Bogie Reefer Flat ke Malaysia.
• 2004 - Ekspor Container Wagon tubuh & Blizzard Center kusen ke Australia.
• 2006 - Ekspor 50 unit BG Kendaraan untuk Bangladesh.
• 2007 - Kontrak ditandatangani 1 trainset DEMU untuk Aceh dan Railbus untuk Palembang (Bus rel Kertalaya). Selesai Bagasi Mobil.
• 2008 - Peluncuran Pertama di Indonesia, Bus Rail KRDI (untuk Aceh & Jawa).
• 2009 - Rangkaian Baru Kereta api Gajayana dengan model mirip dengan Pesawat Terbang.
• 2010 - Peluncuran produksi kereta ekonomi AC Bogowonto (Kereta api Bogowonto),5 lokomotif (CC204) & NEW Rangkaian Kereta api Argo Jati yang berbentuk mirip dengan Rangkaian KA Gajayana yang baru.
• 2011 - Produksi Railbus untuk Solo dan kereta ekonomi AC Gajah Wong (Kereta api Gajah Wong)
• 2012 - Produksi beberapa kereta ekonomi dengan AC split, 3 lokomotif CC300, railbus untuk kota Padang dan KRL KFW.
• 2013 - 18 unit Articulated Bus untuk armada Transjakarta
• 2014 - Peluncuran Kereta Api AC Ekonomi Menoreh II, Sawunggalih Tambahan, New Jayabaya, & New Jaka Tingkir dan dicat dengan livery terbaru PT KAI.
• 2015 - Pengecatan kereta eksekutif seperti Jayabaya dan pengiriman gerbong "Cargo" ke sejumlah depo kereta api di Indonesia.
memang patut diancungin 4 jempol ya gan buat anak - anak bangsa kita
walaupun daya saing untuk penjualan di indonesia masih belum signifikan gan, bisa kita lihat PT KCJ yang terus menerus membeli KRL bekas dari jepang, salah satu alasan yang ane pernah denger kenapa PT KCJ ngga memesan KRL dalam unit yang banyak ke PT INKA, karna dari harga per unit kereta gan, 1 kereta buatan PT INKA budgetnya setara dengan 1 rangkaian (12 kereta) KRL bekas dari jepang.. ya nama nya Indonesia, pasti cari yang murah kan gan
memang tidak bisa dipungkiri, kondisi krl bekas pun masih cukup baik dan sehat untuk bisa beroperasi di indonesia, bagaimanapun kita tetap harus menghargai karya anak bangsa ya gan
kritik, saran dan komentar sangat diperlukan ya gan, jika ada kesalahan mohon dikoreksi, karna ane adalah manusia yang tak luput dari kesalahan (cie ilah
)
jangan lupa rate dan cendolnya ya gan
sumber 1
sumber 2

Spoiler for cek repost:

masih dalam tema dan hobi yang sama, yaitu kereta api gan, emang gk bosen deh kalo udah ngebahas hobi sendiri yak





Spoiler for Profil perusahaan:

PT Industri Kereta Api
PT Industri Kereta Api (Persero) (disingkat: PT INKA atau PT Inka) adalah sebuah Badan Usaha Milik Negara yang berdiri pada 29 Agustus 1981. Terletak di JL. Yos Sudarso no. 71, Madiun, Jawa Timur. PT Inka (Persero) merupakan pengembangan dari Balai Yasa Lokomotif Uap yang dimiliki oleh PJKA (sekarang PT Kereta Api Indonesia) pada saat itu. Balai yasa ini berlokasi di Madiun. Semenjak lokomotif uap sudah tidak dioperasikan lagi, maka balai yasa ini dialihfungsikan menjadi pabrik kereta api. Penentuan lokasi dan pendirian pabrik kereta ini berdasarkan hasil studi dari BPPT.
PT Inka, sebagai salah satu badan usaha milik negara terus mengalami perkembangan, diawali pada tahun 1981 dengan produk berupa kereta penumpang kelas ekonomi dan gerbong barang kini menjadi industri manufaktur perkeretaapian yang modern. Aktivitas bisnis Inka yang ada kini berkembang mulai dari penghasil produk dasar menjadi penghasil produk dan jasa perkeretaapian dan transportasi yang bernilai tinggi.
Transformasi bisnis yang dilakukan perusahaan mampu memberikan keberhasilan dan mendapatkan solusi terbaik untuk perbaikan transportasi kereta api. Dalam persaingan global, PT Inka mengembangkan berbagai jenis produk di bawah kendali sistem manajemen mutu ISO 9001 dan kemitraan global.
Melalui perbaikan dan pembaharuan yang dilakukan secara berkesinambungan sebagai upaya beradaptasi terhadap persaingan global, PT Inka memasuki dunia bisnis ini dengan mengedepankan nilai-nilai :integritas, profesional dan kualitas. Dalam menghadapi tantangan dunia bisnis ke depan, PT Inka tidak hanya bergelut dalam produk-produk perkeretaapian, namun menghasilkan produk lain yang lebih luas yang mampu memberikan kontribusi terhadap permintaan infrastruktur dan sarana transportasi.
PT Inka melakukan joint venture dengan General Electric dalam memproduksi lokomotif. Selain untuk kebutuhan dalam negeri, produksi juga ditujukan untuk ekspor terutama ke Malaysia.

Nah, itu sedikit pengenalan mengenai PT INKA gan, skarang ane ulas beberapa produk yg pernah dibuat oleh PT. INKA, langsung cekidot gan

PRODUK PT INKA
Spoiler for gerbong barang:
Spoiler for gerbong blizzard:

Gerbong ini merupakan pesanan negara Australia gan pada tahun 2004 gan

Spoiler for gerbong bagasi:

Gerbong bagasi ini dibuat untuk barang kiriman tertutup gan, gerbong bagasi ini biasanya digabung juga dalam rangkaian KA Jarak Jauh tuh gan, ada juga sih KA regulernya yaitu KA Parcel ONS (Over Night Service), buat agan2 yg suka kirim paket maupun itu alat rumah tangga ataupun sepeda motor, nah barang agan dikirim pake gerbong ini gan

Spoiler for gerbong datar:

gerbong datar (PPCW) ini biasanya di gunakan untuk angkutan kontener gan
Spoiler for gerbong flat wagon:

gerbong ini pesenan tetangga kita yaitu Singapura gan
Spoiler for gerbong kkbw:

gerbong ini dipakai dalam KA Babaranjang (batu bara rangkaian panjang) gan, agan - agan yg orang Lampung atau Sumsel pasti sering liat gerbong ini kan? perlu diketahui gk semua babaranjang pake kkbw dari inka gan, ada yg mesen ke china dan rumania

Spoiler for gerbong zzow:

gerbong ini dibuat untuk angkutan batu ballast gan, itu lho gan batu - batu yg suka di rel kereta api, nah jika ada pembangunan jalur baru, gerbong yg dipakai untuk menabur batu ballast tersebut menggunakan gerbong zzow ini gan, gerbong zzow ini tersebar di beberapa stasiun, kalo yg di jawa yg ane tau ada di tempat tinggal ane di Parung Panjang, ada juga di Cisauk tangerang, Jakarta Gudang, dan Karangsari purwokerto gan
Spoiler for kereta penumpang:
Spoiler for kereta eksekutif:

Kereta eksekutif yang agan - agan naiki, itu juga termasuk buatan PT. INKA gan, dipakai untuk KA Argo/non Argo diseluruh Jawa dan Sumatra, dalam gambar diatas itu adalah kereta eksekutif (K1) untuk penggunaan KA Argo Jati (Cirebon - Gambir pp), menggunakan model kaca baru seperti pesawat gan..
Spoiler for kereta bisnis:

kereta bisnis (K2) juga termasuk buatan PT. INKA
Spoiler for kereta ekonomi ac:

Kereta Ekonomi AC, kereta ini digunakan pada KA non komersial alias bukan subsidi, KA yg menggunakan kereta ini antara lain Bogowonto, Majapahit, Menoreh, Krakatau, dan Jaka Tingkir
Spoiler for kereta ekonomi "nutri sari":

kenapa disebut nutri sari, karna menurut Railfans (penggemar kereta api), kereta ini mirip dengan minuman nutri sari (iyain aja lah ya gan

Spoiler for kereta ekonomi new livery:

nah, livery paling baru yg dibuat oleh PT INKA adalah livery jayabaya ini gan, kereta yg pertama menggunakan livery ini adalah KA Jayabaya, banyak yang bilang juga livery selendang pecut

Spoiler for kereta penggerak:
Spoiler for krl djoko lelono 3:

KRL ini pertama diluncurkan pada 2001 gan, menggunakan desain dari PT INKA sendiri, biasanya KRL ini didinaskan untuk feeder kp. bandan - jakarta kota dan atau feeder manggarai - duri
Spoiler for railbus kertalaya, pic by: uda Maulana:

railbus ini dibuat pada tahun 2007 untuk didinaskan pada rute Kertapati - Indralaya di Sumatera Selatan
Spoiler for KRL Holec AC:

KRL ini merupakan hasil modifikasi pada KRL sebelumnya yaitu KRL Holec ekonomi, setelah di modif dan ditambahkan AC, maka KRL ini mulanya didinaskan di rute Duri - Tangerang, karna sparepart yg terbatas dan sering mengalami kerusakan mesin, KRL ini jadi sering mangkrak di Dipo Bukit Duri
Spoiler for krde arek surokerto:

krde ini hasil modifikasi dari KRL ABB Hyundai yg sering melayani rute Jakarta kota - Bogor/Bekasi, lalu dimodif oleh inka menjadi KRDE (Kereta Rel Diesel Elektrik) dengan nama KRDE Arek Surokerto, didinaskan di rute Surabaya - Mojokerto, karena sering mengalami kerusakan mesin dan sparepart yang terbatas, akhirnya krde ini mangkrak di dipo sidotopo, surabaya
Spoiler for krd kedungsepur:

pada awalnya, krd ini bernama KRD ARS (Airport Railink Service) Kualanamu, hasil modifikasi dari KRD MCW untuk didinaskan di rute Bandara Kualanamu - Medan, Sumatera Utara sebelum KRD ARS dari KorSel datang, namun setelah dilakukan test run beberapa kali, rencana tersebut gagal, dan akhirnya krd ini melayani rute Semarang - Ngrombo dengan nama KRD Kedungsepur, sempat didinaskan juga pada rute Solo - Yogyakarta - Kutoarjo sebagai KA Prambanan Ekspres dan KA Sri Wedari
Spoiler for krd perintis aceh:

krd ini melayani rute Krueng Mane-Krueng Geukueh yang ada di provinsi Aceh, jarak tempuh rute tersebut sejauh 11,3 km dengan menggunakan rel 1.435 mm, lebih lebar dari jalur lainnya yg menggunakan lebar rel 1.067 mm
Spoiler for krd prameks:

buat agan yg di jogja, pasti sering liat krd ini, KRD Prameks atau Prambanan ekspres melayani rute Solo - Yogyakarta - Kutoarjo
Spoiler for krd arjuno ekspres:

krd ini melayani rute Madiun - Surabaya Gubeng
Spoiler for KRDI:

krdi ini melayani rute Madiun - Jogja sebagai KA MANJA, dan juga di rute Tanjung Karang - Blambangan Umpu sebagai KA Way Umpu di Bandar Lampung
Spoiler for KRL I9000 KFW:

KRL ini dibeli oleh Kementerian Perhubungan Indonesia (Kemenhub) sejumlah 40 unit (10 set), dan disponsori oleh bank milik Pemerintah Federal Jerman, yakni "Kreditanstalt für Wiederaufbau" (KfW), PT INKA bekerjasama dengan Bombardier Transportation untuk membuat KRL ini dan selesai pada tahun 2011. mulanya sering melayani rute Tanah Abang - Serpong - Parung panjang - Maja, Duri - Tangerang, namun kini hanya sering menjadi feeder di rute Kp. Bandan - Jakarta kota dan Duri - Manggarai
Spoiler for krd rail clinic:

merupakan inovasi baru dari PT KAI dan PT INKA membuat kereta sebagai puskesmas dan klinik berjalan, diresmikan pada 12 Desember 2015 di Stasiun Pasar Senen, beritanya disini
Spoiler for produk lainnya:
Spoiler for Bus Transjakarta Inobus:
Spoiler for kontener act transkot:

Spoiler for monorel:

Spoiler for gerbong fudika:

gerbong untuk fasilitas uji dinamika kereta api
Spoiler for mobil GEA:
Spoiler for KA Inspeksi:

Spoiler for KA Inspeksi Ciremai:

Spoiler for KA Kedinasan:

KA ini biasanya digunakan untuk inspeksi jajaran Ditjen Perkeretaapian
Spoiler for Lokomotif CC 300:

Lokomotif canggih yg pernah dibuat oleh anak bangsa, namun saat ini hanya didinaskan untuk ditjen perekeretaapian jika melakukan inspeksi, pernah di share sama agan zhinobi44 disini
Spoiler for Railbus Padang:

Spoiler for Railbus Batara Kresna, Solo:

Spoiler for track motor car:

nah, itu gan beberapa produk yang pernah dibuat oleh PT INKA gan, berikut ini list produksi dari tahun ke tahun:
Spoiler for daftar pemesanan PT INKA:
• 1982 - Produksi pertama gerbong barang.
• 1985 - Produksi pertama kereta penumpang.
• 1987 - Perakitan pertama kereta listrik & diversifikasi produk.
• 1991 - Pertama gerobak angkutan ekspor ke Malaysia (KTMB).
• 1994 - Produksi pertama kereta listrik VVVF.
• 1995 - Peluncuran pertama kereta api Argo Bromo.
• 1996 - Produksi pertama lokomotif (GE Lokindo) & ekspor ke Filipina.
• 1997 - Peluncuran pertama kereta Argo Bromo Anggrek (leasing Skema).
• 1998 - Ekspor pertama Ballast Hopper Wagon ke Thailand.
• 2001 - Peluncuran pertama KRL Indonesia (desain INKA).
• 2002 - Ekspor Pembangkit Listrik Wagon dan Bogie Reefer Flat ke Malaysia.
• 2004 - Ekspor Container Wagon tubuh & Blizzard Center kusen ke Australia.
• 2006 - Ekspor 50 unit BG Kendaraan untuk Bangladesh.
• 2007 - Kontrak ditandatangani 1 trainset DEMU untuk Aceh dan Railbus untuk Palembang (Bus rel Kertalaya). Selesai Bagasi Mobil.
• 2008 - Peluncuran Pertama di Indonesia, Bus Rail KRDI (untuk Aceh & Jawa).
• 2009 - Rangkaian Baru Kereta api Gajayana dengan model mirip dengan Pesawat Terbang.
• 2010 - Peluncuran produksi kereta ekonomi AC Bogowonto (Kereta api Bogowonto),5 lokomotif (CC204) & NEW Rangkaian Kereta api Argo Jati yang berbentuk mirip dengan Rangkaian KA Gajayana yang baru.
• 2011 - Produksi Railbus untuk Solo dan kereta ekonomi AC Gajah Wong (Kereta api Gajah Wong)
• 2012 - Produksi beberapa kereta ekonomi dengan AC split, 3 lokomotif CC300, railbus untuk kota Padang dan KRL KFW.
• 2013 - 18 unit Articulated Bus untuk armada Transjakarta
• 2014 - Peluncuran Kereta Api AC Ekonomi Menoreh II, Sawunggalih Tambahan, New Jayabaya, & New Jaka Tingkir dan dicat dengan livery terbaru PT KAI.
• 2015 - Pengecatan kereta eksekutif seperti Jayabaya dan pengiriman gerbong "Cargo" ke sejumlah depo kereta api di Indonesia.
memang patut diancungin 4 jempol ya gan buat anak - anak bangsa kita


memang tidak bisa dipungkiri, kondisi krl bekas pun masih cukup baik dan sehat untuk bisa beroperasi di indonesia, bagaimanapun kita tetap harus menghargai karya anak bangsa ya gan


kritik, saran dan komentar sangat diperlukan ya gan, jika ada kesalahan mohon dikoreksi, karna ane adalah manusia yang tak luput dari kesalahan (cie ilah

jangan lupa rate dan cendolnya ya gan



sumber 1
sumber 2
keren...
saluuuutttt
saluuuutttt

Cintailah ploduk ploduk indonesia

mantabh indonesia
semoga bisa bikin kereta cepat




Mantap gan

maju terus produk indo

sayangi produk indonesia gan

harus di manfaatkan nih daripada beli mahal mahal buatan jepang

Nice inpoh gan, 
ane paling suka naik kereta api, cuma kalo desek2an kalian semua jahat

ane paling suka naik kereta api, cuma kalo desek2an kalian semua jahat

sayangilah Produk Indonesiaaaaaaa

semogaaa produksi kereta apinya bisa makin canggih

banyak juga ya gan
harus nya di kembangkan produk2 indonesia gan

Keren2 om kereta api tut tut tut nya

ploduk dalam negri nih

Banyak juga ya gan!
Indonesia semakin maju dah!
Indonesia semakin maju dah!
Kapan yah ada jalur kereta api lintas p. Sumatera- P. Kalimantan-p. Sulawesi, soalnye yg banyak koq jalur di p. Jawa mulu
maap dobel mod
nice share gan. sangat informatif
Via: Kaskus.co.id
Tidak ada komentar:
Posting Komentar