Pages


Kamis, 02 Juni 2016

Sifat Agan kok Gitu? - Belajar Sifat Manusia Berdasarkan MBTI yuk gan.

Wilkommen Bienvenue Welcome to My Thread

Foreword
Jadi pas tadi ane melanglang buana di kaskus, ane ngeliat trid yang judulnya "ciri orang ber IQ tinggi" dan begitu liat isinya ane langsung kepikiran soal nasi padang karena saat itu ane lapar. tapi, ane juga kepikiran soal kenapa orang jenius / IQ tinggi selalu identik sama sifat-sifat yang disebut itu? kenapa selalu orang aneh, berpikiran terbuka, berantakan dsb.

Maka dari pemikiran diataslah datang ini
sembari nungguin nasi padang ane dateng ane nulis trid ini dulu. begini gan, pernah ngga waktu agan pake Tinder (ngga disponsor sama Tinder ... mungkin disponsor *ngedip ke Tinder*.) ada cewek yang pasang kombinasi 4 huruf ini di profilnya : ESTJ atau INFP? singkatan apaan tuh! jangan-jangan mereka anggota sekte sesat yang sedang cari anggota dan ESTJ itu singkatan dari : Emansipasi Simpanse Tukang Jagal yang mendukung simpanse buat dapet tempat layak di kementerian dan pemerintahan.

ternyata bukan gan, huruf-huruf tersebut setelah ane selidiki dari berbagai macam sumber, entah itu tulisannya Carl Jung sampe yang terakhir, yaitu Myers Brigg's Type Indicator (MBTI) merupakan singkatan dari 8 Fungsi Kognitif yang dimiliki manusia, E untuk Extroverted, I untuk Introverted, S untuk Sensing, N untuk Intuitive, T untuk Thinking, F untuk Feeling, P untuk Perceiving dan J untuk Judging. sebelum agan berhenti baca karena banyak bahasa susah kayak kognitif dan bahasa londo (bahasa jawanya bahasa Inggris.) ane jelaskan masing masing fungsi.

Extroverted dan Introverted

Sifat Agan kok Gitu? - Belajar Sifat Manusia Berdasarkan MBTI yuk gan.

Spoiler for Extroverted dan Intoverted:
banyak yang tau ini pasti, dan banyak juga yang salah tangkep, Extroverted ga selalu berarti tu orang easy going, atau seneng gaul, dan Introverted bukan pemalu. Extroverted di fungsi kognitif adalah orang yang mendapatkan 'Energi' dari keadaan di sekitarnya, makin meriah keadaan di sekitarnya, makin bahagia dia. sebaliknya, 'Energi' Introverted itu berasal dari dalam dirinya, entah itu ambisi, tekad, imajinasi dll, Introvert jarang pergi ke tempat rame karena memang ngga terlalu butuh, di dalem kepala mereka sendiri udah rame. jadi terjadilah itu salah kaprah soal Extrovert dan Introvert, banyak yang ngeliat Introvert ga seneng gaul karena males pergi ke tempat rame, dan Extrovert seneng gaul karena pergi ke tempat rame melulu.


Sensing dan Intuitive

Sifat Agan kok Gitu? - Belajar Sifat Manusia Berdasarkan MBTI yuk gan.

Spoiler for Sensing dan Intuitive:
fungsi kognitif berikutnya adalah Sensing dan Intuitive, ini mah gampang jelasinnya. orang yang lebih milih Sensing sebagai Fungsi kognitif utamanya, (gue capek nulis Fungsi kognitif, gue nulis 'Sifat' ajalah ya untuk selanjutnya biar cepet.) tertarik sama hal konkrit, yang ada saat itu, liat ada apel di meja ya... ada apel di meja. Intuisi beda lagi, orang yang milih Intuisi sebagai sifat utamanya cenderung mempertanyakan, contoh apel di meja tadi, "punya siapa? darimana? apakah spongebob punya kelamin?" dan sebagainya. di sekolah orang yang milih Sensing, biasanya cepet selesain tugas, sementara yang milih Intuisi biasanya cepet paham konsep


Thinking dan Feeling

Sifat Agan kok Gitu? - Belajar Sifat Manusia Berdasarkan MBTI yuk gan.

Spoiler for Thinking dan Feeling:
bukan cuma satu orang mikir yang satu perasa, ngga, orang yang punya sifat Thinking biasanya proses dunia lewat data, ada pertanyaan pasti ada jawaban, ada sebab pasti ada akibat. yang punya sifat Thinking biasanya agan temukan di berbagai macam jurusan Eksakta di kampus, sifat berlawanan dari Thinking ya Feeling, orang yang punya sifat menjurus ke Feeling biasanya ekstreme, kalo ngga pemberontak banget ya pasti aktivis kemanusiaan, mereka proses dunia lewat apa yang dianggap sama masyarakat sebagai moralitas, liat temen agan, liat orang yang kalo ngebully temennya ga parah, kalo ngeliat pengemis di jalan ngasihnya bisa separo dari isi dompetnya? itu orang yang proses dunia pake sifat Feeling.


Judging dan Perceiving

Sifat Agan kok Gitu? - Belajar Sifat Manusia Berdasarkan MBTI yuk gan.

Spoiler for Judging dan Perceiving:
Judging sama Perceiving itu kayak darimana seseorang ngambil keputusannya, orang yang punya sifat judging biasanya ngga akan lama ngambil tindakan dan punya prinsip "lu lama lu kelindes." mereka biasanya bergerak cepet, dan rapi. sebaliknya Perceiving lebih berhati-hati sama tindakannya, dia bakalan mikirin lama dulu soal mendingan milih ayam bakar atau rendang, atau lebih baik makan di seberang di warung soto Haji Saleh padahal yang jaga warung udah ngangkat sendok mau nyiduk sayur nangka, pegel dah tu ketek nungguin Perceving ngambil keputusan. perceiving juga punya masalah soal kamar / tempat kerja berantakan.


Dunia yang kita tinggali sekarang populasinya sebagian besar adalah sifat S-J, itulah sebab kenapa orang yang punya sifat Intuisi keliatan beda karena bengongan, keliatan kayak di awang-awang dan 'Aneh' Intuisi juga penyumbang besar pelawan aturan ( kenapa ada aturan kayak gini? emang kenapa kalo dilanggar?) ini yang ada di kepala orang yang persepsi dunia pake Intuisi. orang yang pake Intuisi terkenal kreatif, makanya biasanya temen agan yang 'Seniman' suka ngelawan aturan atau tukang bengong atau keduanya.

Quote:Albert Einstein ( Jenius ber IQ tinggi ) punya sifat Intoverted Intuitive Thinking dan Perceiving. kombinasi antara Intuisi, Thinking sama Perceiving bikin Albert Einstein pinternya gaib.

tapi inget gan kata kata om Albert lagi, "kalo kita nilai ikan berdasarkan kemampuannya manjat pohon, tu ikan akan selamanya nganggep dirinya bego". sifat diatas bukan ukuran pinter engga nya seseorang tapi cuma gimana seseorang menyikapi dunia di sekitar dia, makanya ada yang bilang jenius itu bisa aja rapi dan taat aturan, karena memang bisa. jangan batasi diri agan pake label.

mau tes sifat agan sendiri? nih tes disini : Awas Boso Londo

hasil gue sendiri INFP, padahal beda satu huruf sama Albert Einstein, tapi yang gue bisa lakukan cuma nggambar anime. ada yang Setipe sama gw? hahahah setipe, tinder sama setipe, ketauan banget gue jones. ehm, buat sista-sista diluar sana yang pengen cowok pendengar yang baik, pengertian dan seneng banget bikin pasangannya bahagia, cowok yang punya sifat INFP jagonya lho #pmbuatnohape #kitamahlemahlembut #bukanpromosidirifaktanyagitu

Spoiler for Penutupan:
Kalo Agan bilang :
Makasih gan! gue jadi lebih paham kepribadian gue! : Rate sama Cendol dong gan.

Makasih gan! gue ga paham! : Cendol aja gan, nulis sama risetnya capek nih aus.

nasi padangnya enak ga? gue jadi pengen rujak : ...gan...agan gapapa?
albert einstein pinternya ghaib
ane apa?
Kalo TS apa ?
Wah ane IIFP gan.. Ane kira sifat dasar manusia cuman ada introvert sama extrovert aja.. Ternyata ada 8.. Hahaha.. Btw nice thread gan..
gaib gan gaib
ijin memahami dulu Gan ...
Ane intp
ane INFJ gan, salah satu sifat terlangka

Ijn Pejwan TS, nanti baliik lagi buat diBaca
...nice thread gan...ane ISFJ gan...





teori nya carl gustav jung .... introvert ... ekstrovert..... coba deh liat
Ane dah nyoba gan dapatnya ISTJ PERSONALITY (“THE LOGISTICIAN”) haha
nyimak dulu
Trit tentang psikologi lageee
Sifat Agan kok Gitu? - Belajar Sifat Manusia Berdasarkan MBTI yuk gan. Sifat Agan kok Gitu? - Belajar Sifat Manusia Berdasarkan MBTI yuk gan.
komeng baru baca
ninggalin jejak dulu ya
Kalo saya pernah nyoba tes onlen:
I > E
S = N
T > F
J > P

Introvertnya jauh, jauh di atas ekstrovert, 95:05 Memang ini sangat saya pahami karena saya selalu mampu menyemangati diri sendiri.
Sensing dan Intuitivenya biasanya imbang, tapi lebih ke sensing. Biasanya dapat 55:45.
Thinkingnya jauh lebih besar daripada feeling. 75:25.Memang saya kuliah dan kerja sebagai programer jadi cocok lah
Judging daripada perceiving. Kalo ini biasanya 60:40 an.

Sifat Agan kok Gitu? - Belajar Sifat Manusia Berdasarkan MBTI yuk gan.

wiih ntapz leh uga gan
Sifat Agan kok Gitu? - Belajar Sifat Manusia Berdasarkan MBTI yuk gan.

abisin pejwan oy
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar