Pages


Senin, 30 Maret 2015

Ritual Gak Masuk Akal Menjelang Ujian Nasional



  (www.kaskus.co.id)
Click Banner to B-Log Collections


  (m.kaskus.co.id)

HT#51 (29 Maret 2015)

TS dah lama gak nyicip CENDOL


Quote:


"Gimana pun caranya, Saya harus lulus UN.."
"Bagaimana pun metodenya, Harus gede nilai UN nya.."
"-Walau dengan RITUAL yang gak masuk AKAL !-"


Ya.. Ujian Nasional kini kembali hadir, dengan sebuah sistem yang cukup bisa membuat kalian semua getir. Ketegangan yang disertai kecemasan membuat banyak siswa mengambil langkah salah kaprah, yang diharapkan menjadi sebuah solusi dari setiap masalah. Namun tanpa disadari, banyak sekali hal - hal yang jauh dari nalar yang malah menjadi kebiasaan menjelang ujian. Berikut beberapa ritual gak masuk akal menjelang ujian nasional...



Quote:


1. Ikutan Kursus Alasannya Fokus
Seperti sebuah 'UN Syndrome' banyak orang berbondong bondong mengikuti sebuah kursus atau bimbingan belajar (bimbel) guna mempersiapkan pelaksanaan ujian nasional. Hal ini bisa dikatakan positif, namun kembali lagi pada diri masing - masing. Karena tak sedikit juga yang hanya sekedar ikut - ikutan bahkan cenderung menyia - nyiakan bimbingan belajar tersebut. Menghabiskan banyak uang, waktu dan tentunya tenaga akan terasa percuma jika pada akhirnya sama saja tak tau apa - apa. Jika benar memang ada niat dan kesungguhan dalam hati, saran gue sihh mending lo manfaatin dengan baik guru - guru lo di sekolah !


Quote:


2. Memberi Batas Segala Rutinitas
Gak ada yang salah dengan membatasi segala rutinitas yang dirasa berlebihan, malah sangat baik untuk membuat kita semakin fokus. Tapi ritual ini kenapa dilakukan hanya ketika menjelang ujian saja?? Kesannya sih malah jadi aji mumpung. Jika pola belajar kita dari awal sudah tertata dengan baik , jika aktivitas belajar dan bermain sudah seimbang, harusnya sihh UN hanya tinggal menunggu waktu saja. Karena yakin pasti kita jauh lebih siap ketimbang orang - orang yang mendadak banting stir.


Quote:


3. Putusin Pacar Agar Fokus Belajar
Ini nihh salah satu ritual yang bikin perut terpingkal - pingkal. Yahh.. rela mutusin pacar demi fokus belajar. Fenoma yang satu ini jika benar - benar terjadi dikalangan anak muda zaman sekarang, berarti jelas dapat dipastikan bahwa pacaran yang mereka jalani selama ini cenderung tidak sehat. Ehhh.. ehh.. emang ada yahh pacaran yang sehat??


Quote:


4. Peralatan Ujian Patokan Kelulusan
Bohong banget kalo misalkan menjelang ujian nasional lo gak nyiapin apapun termasuk peralatan ujian. Yahh.. biasanya sihh lo cenderung beli yang baru dengan harapan bisa menunjang kesuksesan lo ngerjain soal ujian. Kolerasinya dimana coba antara peralatan ujian dengan kesuksesan ujian?? Mitos !! kecuali kalo lo benar - benar gak bawa alat tulis.


Quote:


5. Rajin Berdoa Di Sosial Media
"Suksess UN 2015, Amin.." "Semoga diberi kemudahan dalam menghadapi UN" "Aduh gimana ini, aslinya belum siap nih ngehadepin UN, Ya Allah..."
Busett dahh, berdoa sih berdoa.. tapi gak mesti gini juga caranya. Berdoa di facebook, di Twitter juga belom lagi upload foto di IG yang isinya juga doa. Kalian sebebnernya mau dapet balesan dari Tuhan apa dapet mention dari si doi??? Yang namanya usaha memang harus selalu dibarengi dengan doa pula, makanya berdoa yang bener gak usah ngemis ngemis di sosmed.



Quote:


6. Acara Nangis Sampai Histeris
"Bayangkan ketika kamu pulang kerumaah, kemudian melihat berdera kuning berkibar didepan rumahmu.. Dan seketika kamu mengetahui bahwa ibumu telah tiada..."
Yahh... ritual yang satu ini emang gak pernah dilewatkan oleh sekolah sekolah, tujuannya sih positif, guna kita introspeksi terhadap apa yang menjadi kesalahan dan kelemahan kita selama didunia.. berharap sepulang dari acara nangis - nangisan tersebut kita bisa meminta maaf dengan hati yang tulus kepada kedua orang tuaa. Tapi nyatanya.. gengsi lo mengalahkan segalanya..



Quote:


7. Kunci Jawaban Adalah Harapan
Okelahh, umpamakan jika semua ritual diatas sudah berjalan sesuai dengan maksud dan tujuannya. Tapi semua itu akan terasa sia - sia jika pada akhirnya lo lebih memilih sebuah kunci jawaban sebagai suatu harapan, atau sekedar pegangan. Kemarau setahun, terhapus oleh hujan sehari. Masihkah kita berfikir untuk menjadi generasi instant masa kini? Kelulusan dapat diraaih bukan dengan kecurangan, tapi kesungguhan yang menjadikan kita sukses dimasa depan.


Quote:Yahh.. itulah beberapa ritual yang gak masuk akal menjelang ujian nasional. Sekali lagi gue ingetin kalo UN tahun ini sama sekali tidak menentukan kelulusan lo. Jadi hadapi Ujian Nasional dengan 100% KEJUJURAAN, bukan 100% KECURANGAN.

Quote:Isi Thread ini merupakan buah pikiran saya yang tertuang dalam bentuk opini, saran, kritik, catatan dan lain sebagainya. Ini bukan soal salah atau benar, karena upaya ini hanya remah-remah kecil dari kebenaran yang sesungguhnya.
Quote:Original Posted By justtiu
Kalau d sekolah ane memang setiap tahun rutin Istighasah sebelum ujian, dan ane walaupun thun ini UN SMK kegiatan rutin nggak ada yg dibatasin, yg penting nggak ganggu waktu belajar


Quote:Original Posted By slametdawn
ada yg lebih aneh lagi ritual sebelum UN, ke tempat makam mbahnya tujuannya bukan buat ziarah tapi malah minta sama mbahnya yg udah di kubur biar bisa ngerjain soal UN, kan gak masuk akal orang udah mati dimintain yg nggak2. Mau lulus ya belajar jauh2 hari sbelum UN.


Quote:Original Posted By yuantmo
kalo ane doloe wktu mau UN smp,,sempet tu aq sma 2 tmenku cri petuah gitu di kuburan,,berdoa lah,biar dberi ketenangan saat ngerjain soal UN..dibelain tidur semalaman kelonin tu batu nisan,,dah ternyata ane doank yg lulus..cuman ngasih saran jangan sepenuhnya percaya sama hal-hal yg tak lazim..keberhasilan seseorang timbul dari diri sendiri..


Quote:Original Posted By flint.nwoo
Berdoa di Sosmed gan
sering banget ane liat tuh..

Timeline sampe penuh sama doa" untuk UN
tp, belajar kaga, usaha jg kaga


Quote:Original Posted By slametdawn
ada yg lebih aneh lagi ritual sebelum UN, ke tempat makam mbahnya tujuannya bukan buat ziarah tapi malah minta sama mbahnya yg udah di kubur biar bisa ngerjain soal UN, kan gak masuk akal orang udah mati dimintain yg nggak2. Mau lulus ya belajar jauh2 hari sbelum UN.


Quote:Original Posted By yuantmo
kalo ane doloe wktu mau UN smp,,sempet tu aq sma 2 tmenku cri petuah gitu di kuburan,,berdoa lah,biar dberi ketenangan saat ngerjain soal UN..dibelain tidur semalaman kelonin tu batu nisan,,dah ternyata ane doank yg lulus..cuman ngasih saran jangan sepenuhnya percaya sama hal-hal yg tak lazim..keberhasilan seseorang timbul dari diri sendiri..


Quote:Original Posted By soshuro
kalau saran yang bener menurut gue
poin paling penting itu

BELAJAR DARI JAUH HARI, BUKAN BELAJAR MENJELANG UN
APALAGI IKUT BIMBEL
KALAU LU BEGONYA TINGKAT DEWA, MAU INSTAN JADI PINTAR TIBA-TIBA HANYA DENGAN BIMBEL, ITU MITOS

ADA KATANYA IKUT BIMBEL PAKET 20 JT-AN DIJAMIN LULUS, GUE YAKIN ADA UDANG DIBALIK BATU


ya, maaf capslocknya

memang tidak ada kata terlambat untuk belajar, tapi terlambat belajar untuk UN
itu resiko mu, bukan mengecilkan hati, itulah kenyataan

gue sekolah disebuah kota kecil, pendidikan masi payah, meskipun dengan gelar SMAN 1
contoh saja ,seperti pelajaran yang penting misalnya fisika, kebetulan gue IPA
guru nya suka ngilang/ suka g masuk , sekalinya masuk, kerjaannya meledek gue
apa yang gue kerjakan saat UAS, berbeda jauh dengan UN, tak masuk akal
misalnya tingkat UAS nya easy, sedangkan UN nya expert
itulah sedihnya pendidikan dikota kecil

tapi gue lulus juga
kok bisa? gue juga g tau kok bisa lulus


Quote:Original Posted By Misael524288
Ini 4 hal yg gue lakuin menjelang un bahkan pas 2 mgg lagi:

1. Ngejar pangkat kaskus, minimal sampe 8000 post pas donat abis. Bahkan pas H-1 US gw masih ngaskus, ga asal ngaskus lagi, ngejaring jualan parfum dkk
2. Cari pacar di tempat les
3. Keliatan nyantai padahal sih enggak, cuma persoalan UN ini gw bawa santai tapi serius
4. Dah belajar dari kapan taun jd nilai tryout 9 no cheating, padahal belajar minim. Gw aja dibilang guru "masa sih cuma 9?"

Justru gw butuh banyak doa dan iman untuk menghadapi pasca-UN. Dari uprak seni sampai SBMPTN di depan mata.


For TS: ritual lain adalah datengin yg jualan DETIK DETIK padahal blm tentu dikerjain tuh


Quote:Original Posted By jinnyblakblakan
Un sy th 2005, 10th yg lalu,
ga ikut bimbel ato les, dan ga dpt kunci jawaban.
sy murni belajar.
belajarnya gimana?
mamah sy membelikan buku test un seken kumpulan ujian th 1988-2000,
Lalu buku test baru th 2004.
agak kesel waktu dibeliin yg seken.
tp, waktu pas UN berlangsung, hampir semua soal yg diujikan berasal dr soal ujian th 89 dan 91. Hmmmmm ternyata soalnya itu2 aja.
dan horeeeee... lulusss g pake nyontek...
wahhhh berasa baru kemaren...


Quote:Original Posted By kaisarbaijan
Yang membuat Ujian nasional menakutkan itu sebenarnya pihak sekolah itu sendiri,saat doa bersama dibikin sedih sampe teriak2 nangisnya... secara gak langsung ada sebagian murid yang langsung down malah ngebekas... Ane ikut UN yang pertama kali diadakan yang lebih ekstrim lagi,kalo gak lulus yaudah gak lulus gak ada UN ulangan,jadi yya cuma sekali... Temen ane ikut doa bersama dan saling berpelukan,terus segala bayangin orang tua mati lagi,lah kan stress itu yang ngasih sugesti... hahahaha


Quote:Original Posted By anonchange
alah yang penting mah gan tabah pasrah kepada allah swt aja.. kita gunain otak pikiran kita selama kita belajar disekolah... kalo orang yang suka nyontek pada saat ujian, orang itu percuma sekolah juga karena buat apa sekolah kalo ujian masih nyontek ? percuma dong sekolah juga ? kan sekolah itu nyari ilmu dan ujian itu sendiri adalah menguji seberapa jauh kita menangkap pelajaran yang diberikan oleh guru disekolah? gw sendiri pada saat ujian selalu ngerjain jujur dan selalu dihina cacimaki oleh orang lain karena terlalu jujur... langsung ane bales " kamu sekolah buat apa ? kalo ujian masih aja nyontek ? gk kasian sama ortu ? " diem deh mereka...


Quote:Original Posted By rea745
Ya potret pelajar banget...
Parah nya pihak sekolah yg sebenarnya paling nggak masuk akal.

Na pa coba, murid nya di buatin acara keagamaan sampe nangis segitunya? emang pelajaran agama di kemanain?
lah piye, pelajar kita di didik tuk lebih bergantung pada "Miracle" dari pada usaha itu sendiri. gue sendiri akui kalo tuhan berkehendak maka jadi lah.
tapi di agama gue sendiri itu udah di tetapi Qada ma Qasar /panjang klo ane mo tulisnya. ketetapan dan sebab akibat. seharusnya acara yang menurut saya rada (:maaf) 'munafik' gitu jangan di saat mo ujian aja. di buat rutin. tuh perbaikin akhlak pelajar sekarang dari pada mereka jadi tukang begal dan percaya ma yang nggak nggak. bla bla bla bba ba bla..

hahaha... nice thread


Quote:Original Posted By 081211
Inget taun lalu pas UN .. Saya lulusan 2014 SMK,pada saat UN kegiatan saya normal tak ada yg dibatasi. Belajar pun yaa normal. Ketika Hari H , yaudah enjoy aja malahan pas hari 2 dan 3 selese UN langsung ke warnet .. Yaaa tapi alhamdullilah nilai cukup baik
-Mtk: 7,00
-Bahasa Indonesia: 7,90
-Bahasa Inggri: 8,00
-Praktikum jurusan: 8,20

Jadi intinya pas UN enjoy aja. Jangan tegang



AGAN YANG SATU INI NGAKAK BANGETT

v
v
v


Quote:Original Posted By xperianz.toro
ane dulu pernah dikasih kertas contekan sama temen cewe ane
tapi ane gak mau baca, soalnya kertasnya bau asem

setelah ane tanya, ternyata asalanya dari sini

Spoiler for :


Quote:Original Posted By xperianz.toro
pernah kejadian, temen ane dulu baik banget sama ane
suka bantuin ane, dia cewe sih
pas ujian ane duduk di belakangnya, katanya dia udah siapin contekan buat ane

tapi pas dah selesai ujian, ane malah dapet 0, soalnya gak ada yang ane jawab

dai sih ngasih contekannya kayak gini

Spoiler for :


poin nomor 5 kekinian banget
Biasa nya ada acara doa bersama nya gan


kalo menurut ane ritual di atas malah bikin nambah stress
dibawa enjoy dan jangan jadi beban pikiran ajalah UN mah
Quote:Original Posted By cryorealm
poin nomor 5 kekinian banget


Yahh bagaimna pun juga remaja zaman sekarang gak bisa dilepaskan dr media sosial.. tp tetep harus tau batasan wajar ituh seperti apa..
Ritual ane dulu sebelum Unas yaitu ngejunk spitpost gan...
sampe subuh, dan akhirnya ane gak tidur.

waktu ngejawab ujian pun ane spitpost, selesai pertamax dibandingin temen-temen ane yg laen gan
hahaha..
jaman ane UN dulu d.bawa ngakak aja liat muka-muka ngenes

ngebahas soal yg keluar, kalo ada yg gak sama jwbannya muka pd pucet
nomer 7 bener banget tuh gaess
iyesh dapet pejwan



semangat juga buat ts ciwiciwi yg mau un juga
Quote:Original Posted By VroN
ayo junk gaes


junk disini aja gaess biar rame
no 2 sama 6 tuh wkakaka
gakuad kalo udah doa bersama terus nangis2
Quote:Original Posted By Silvvvyy
iyesh dapet pejwan



semangat juga buat ts ciwiciwi yg mau un juga


semangat 46 ya gan...
biar bisa nikung
Quote:Original Posted By VroN
Ritual ane dulu sebelum Unas yaitu ngejunk spitpost gan...
sampe subuh, dan akhirnya ane gak tidur.

waktu ngejawab ujian pun ane spitpost, selesai pertamax dibandingin temen-temen ane yg laen gan


belajar sanahh gan, 2 minggu lagi UN lohh...
meski gak nentuin kelulusan, tp berbuat sesuatu lahh untuk yg terakhir kalinya...
Quote:Original Posted By warphonejr


junk disini aja gaess biar rame


walik dulu woy
masih pejwan ini
Quote:Original Posted By abdulrazakr80


belajar sanahh gan, 2 minggu lagi UN lohh...
meski gak nentuin kelulusan, tp berbuat sesuatu lahh untuk yg terakhir kalinya...


ini ane lagi belajar disambi ngejunk..
biar ujian ane lulus.
dan ID ane pun juga lulus
Quote:Original Posted By VroN


semangat 46 ya gan...
biar bisa nikung


ini mah ngajak ngejang wkwk

Quote:Original Posted By inase301
no 2 sama 6 tuh wkakaka
gakuad kalo udah doa bersama terus nangis2


asa tadi juga masih ngestalk mantan da nas? wkw
pejwan dulu di trit laknat
pas jamannya msih ngaji saat mnjelang ujian...
disuruh baca sholawat bersama, satu sholawat petik satu biji jagung
pict no 2 toge tuh
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar