Pages


Minggu, 08 Maret 2015

Simalakama Dibalik Jeruji Besi Kebun Binatang


  (www.kaskus.co.id)

#TMS89


Quote:Setiap harinya sekitar 100 spesien hewan punah. Manusia menghancurkan ruang hidup hewan-hewan tersebut dan memburu mereka. Dapatkah kebun binatang membantu menjaga hewan dari kepunahan? Atau Malah Sebaliknya?


Quote:
Spoiler for Look At This:
Lihat matanya, ada kah tampak kalau mereka senang di sana.


www.pikiran-rakyat.com


Apalah artinya hidup di sangkar emas jika hidup bagai di penjara? Mungkin itu ungkapan yang pas bagi hewan - hewan yang berada di jeruji kebun binatang. Mereka bukan tersangka yang harus di penjara. Kalau hewan bisa ngomong, pasti mereka protes. Sayangnya mereka hewan, gak bisa ngomong, gak bisa protes. padahal, mereka punya hak buat berkelana di bentangan luas dari hutan belantara, berenang bebas di lautan dalam, atau terbang bebas di atas langit biru luas.

Quote:
Spoiler for Look At This:

Tidak sedikit di antara mereka mati di tempat.


http://indonesiaindonesia.com


Buaya paling besar di dunia berukuran panjang 6,17 meter (20,24 kaki) akhirnya mati.

Kematiannya masih misterius. Buaya yang berada di penangkaran bunawan fhilipina ini hanya salah satu contoh dari banyaknya fauna yang mati di jeruji kebun binatang. hal ini mungkin di karenakan ruang hidupnya. Mereka tidak semestinya dikurung dalam ruang pameran beton dan baja. Tidak peduli seberapa keras kebun binatang mencoba meningkatkan kebaikan kurungan satwanya, faktanya tetap bahwa hewan-hewan itu tidak bebas dan tidak pernah mengalami kontak sosial, lingkungan, dan fisik yang kompleks yang dilimpahkan oleh alam.


Quote:
Spoiler for Look At This:
Di kebun binatang satwa tidak berkembang baik


www.tempo.co


Mari kita pahami tentang prosedur ini dari Catherine Doyle, direktur kampanye gajah kelompok kesejahteraan satwa nirlaba yang terhormat yang berbasis di AS, In Defense of Animals.

Catherine Doyle: Gajah di kebun binatang tidak berkembang biak dengan baik dan tentu saja itu karena dikurung dalam tempat yang sangat kecil dan dalam kondisi tidak wajar. Dan bukan hanya kondisi fisik, tapi juga yang dikurung dalam grup sosial yang tidak memadai, dan benar-benar menjalani kehidupan yang sangat tidak mirip dengan apa yang mereka lalui di alam liar.

Jadi apa yang dilakukan oleh kebun binatang adalah penangkaran dan menggunakan inseminasi buatan untuk gajah. Dan meskipun manusia memilih prosedur ini, gajah tentu saja tidak memilihnya. Dan kami percaya itu kejam dan tak bersahabat melakukan inseminasi buatan pada gajah.

Dan bahkan dalam upaya tersebut, saya mengatakan, mereka tidak berhasil dengan baik. Dan lagi, saat kita mengurung gajah dalam kondisi tidak wajar dan kondisi tidak memadai, mereka akan terus menghadapi masalah dengan kurangnya keberhasilan penangkaran maupun gangguan reproduksi serta beberapa masalah kesehatan yang berbeda-beda juga.


Quote:
Spoiler for Look At This\:

satwa yang ditawan masa hidupnya lebih pendek daripada rekan-rekan mereka yang ada di alam liar.


Gajah Semak Afrika www.amazine.co


baru-baru ini studi yang dilakukan oleh Universitas Guelph di Kanada meneliti panjangnya umur gajah Afrika dan gajah Asia di kebun binatang Eropa antara tahun 1960 dan 2005 dan menyimpulkan bahwa gajah di habitat alami mereka dapat hidup selama 50 tahun atau lebih, tapi gajah Afrika yang ditawan di kebun binatang rata-rata hanya 17 tahun dan gajah Asia hanya 19 tahun.


Quote:
Spoiler for Look at this:

Pengunjung bisa sedekat mungkin bahkan berfoto bersama



Kura-kura yang bisa dipegang-pegang bisa diajak main-main pengunjung. imelda.coutrier.com


Ada Ular yang dieler-eler untuk diajak foto-foto pengunjung. krisannisa.wordpress.com




Terus ada Orang Utan yang selalu dipaksa pose untuk mendampingi pengunjung yang silih berganti ingin mengajak foto dia. www.tongkonanku.com


Apa ini tidak sangat melelahkan buat mereka? Coba Anda bayangkan selama bertahun-tahun mereka diperlakukan seperti itu? Apa ini tidak bentuk eksploitasi buat mereka dengan dalih melestarikannya?


Quote:Ini seperti buah simalakama, . Kebun binatang merupakan tempat untuk menyelamatkan keragaman hayati saat ini dan tidak dapat digantikan. karena jika hewan - hewan ini di lepas ke habitat aslinya pun di jamin pasti punah karena di buru manusia...

Tapi mungkin masih ada solusi. seperti merubah konsep kebun binatang menjadi seperti taman safari. bukankah dengan seperti di Taman Safari kita tidak mengurungnya seperti dalam sangkar-sangkar emas? Karena di Taman Safari konsepnya berbeda. Mereka, hewan itu tetap dibiarkan bebas mirip seperti di habitat aslinya. Sementara kita yang melihatnya seperti dikurung karena harus melihatnya dari kejauhan.


Quote:Mampir ke thread gue yang lainnya agan and sist

[RIP] Ingat Kawan Kelomang bukan permen warna - warni   (m.kaskus.co.id) HT 04-03-2015

[RIP] Sampai Kentutnya Pun Sebabkan Global Warming!  (www.kaskus.co.id) HT 27-02-2015

[RIP] Akankah Ada Manusia Tanpa Kertas di masa depan  (www.kaskus.co.id) HT 25 - 02 - 2015

[RIP] Memang Dibutuhkan, Tapi Coba Pikir Lagi  (www.kaskus.co.id) HT 23 - 02 - 2015

[RIP] Di Balik Legitnya Minyak Goreng Terselubung Tumbal   (www.kaskus.co.id) HT 20 - 02 - 2015

[RIP FOR LUMBA - LUMBA] Ini Bukan Edukasi TapI Justru Eksploitasi  (www.kaskus.co.id) HT 19 - 02 -2015





Quote:
Spoiler for Komen Kaskuser:
Komen Kaskuser



Quote:Original Posted By prihtvitattwa
100 spesies punah setiap hari gan? dapet data dari mana gan?
ebon Binatang ini kalo emang ga dirawat serius ya jadi tempat pembunuhan paling brutal gan.
Tapi sekarang di hutan juga banyak yg lahannya sudah diambil alih untuk di buat perkebunan2 sawit di Indonesia.
Kalo emang hewan ini ilepas ke huan malah mati sama org yg membabat hutan juga.
Emang menurut ane sih sistem paling bener tuh sistem taman nasional sih.
Cagar alam dan Suaka Margasatwa itu sesuai dengan habitat para hewan2 tersebut

Tapi sekali lagi, Kebon Binatang ada juga karena bisnis gan. Karena banyak org yg berminat masuk kebon binatang, dan ga bisa dipersalahkan juga sih gan



Quote:Original Posted By xinq
Yah kalo "memanusiakan" hewan memang begini, nilai moral manusia mana yang pantas mana yang kagak kita terapkan ke hewan. Kita sendiri ga bisa nilai siapa tau aja itu hewan malah merasa aman di dalam kandang dikasi makan teratur.

Dilepas di alam liar bahaya juga ketemu pemburu liar + penebangan/pembakaran hutan.


Quote:Original Posted By ignited-red


ane setuju sama pemikiran agan ini. memang betul, hewan yang ada di kebun binatang jangka waktu hidupnya jauh lebih pendek daripada di alam liar. karna apa? karna stres, tidak mampu bersosialisasi terhadap sesama hewan dengan baik, insting alami mereka juga tidak ada karna hidup di dalam kandang kalau kebun binatang sudah tutup malam2. sementara siangnya mereka jadi tontonan orang2.

kalau mereka dibebaskan di alam liar, chance mereka hidup juga tidak besar karna di kebun binatang mereka tidak diajarkan insting survival dan berburu.

ada yang bilang kebun binatang itu kan untuk melestarikan hewan, salah! ada cara lain melestarikan hewan yaitu dengan bikin cagar alam atau penangkaran liar. seperti contoh, di kalimantan, banyak conservation dan cagar alam yang dibikin sama orang bule utk mempertahankan populasi orang utan.

kita sebagai orang indonesia, yang punya kalimantan, harusnya malu dunk hewan di negara kita sendiri, yang melestarikan adalah orang dari bangsa lain.

bukannya memanusiakan hewan, tapi kita sebagai manusia yang punya akhlak dan budi yang paling tinggi di dunia daripada mahkluk hidup lainnya, tugas kita adalah melindungi mahkluk tuhan lainnya yang ada di bawah kita.

kenapa manusia bertindak seperti ini? karna hewan dan alam tidak bisa berkata atau protes akan perbuatan manusia terhadap mereka.

kenapa bisa ada kebun binatang? orang bilang ini bisnis, memang betul ini bisnis. bisnis untuk manusia2 serakah yang mengambil keuntungan dari penderitaan hewan yang di kurung sampai entah berapa lama di sana. itulah manusia, egois, merasa mereka paling benar, serakah.

gue yakin, masih ada banyak manusia di bumi ini yang masih punya hati untuk peduli kepada hewan dan alam.
kalau yang enggak ada hati, sadarlah karna kita tidak sendiri di bumi ini, kita berbagi sama hewan2 lainnya dan alam.






  (docs.google.com)


ya gan... kasihan mereka hidup terkungkung
Wah keren juga tritnya gan...!!
yah,,namanya makhluk hidup di dlam sangkar,ga bebas,pasti merana gan...kita aj klo dikekang pasti berontak
Kasian juga ya gan,.,... binatang yang di kurung di kebun binatang mereka berati tidak akan berkembang dengan baik ya gan...
Bagaimanapun bagusnya kebun binatang gak akan bisa menandingi habitat asli mereka, biarkan mereka hidup bebas di alam
tapi apa agan jg pikir, brp byk mrk yg mati d alam gr2 d buru?
yang nm ny apapun yg d kurung pst g enak gan, yah kebun binatang salah satu tempat yang bisa bikin mrk seenggk ny lebih nyaman n mudah mndpt mknn, kalo manusia ny sndr blm sadar akan pentingny mrk d alam ya mau g mw hewan ini biar selamat d taroh d kebun binatang atau penangkaran dlu gan.
ane pernah tuh foto sama orang utan, emang sih banyak yang antri maafin ane yah orang utan
Haduh ga tega ane ngeliatnya gan....
Kebebasaanya hilang, udah seperti orang dipenjara aja tuh
miris juga yah gan, apakah semua bonbin seperti itu ?
untuk apa juga di pelihara yah, kalo si hewan nya ga dibiarkan berkembang biak
KASIHAN JUga yah gan mereka
Pernah denger juga kalo pekerja kebun binatang bunuh hewan buat menekan populasi karena biaya buat ngasih makan semua hewan itu besar dan gak cukup kalo ngandelin dari jatah pemerintah
tiket masuk pengunjung juga gak seberapa
itu kasian banget macannya

kerempeng banget gitu
Padahal ane suka ngunjungin kebun binatang
Quote:Original Posted By jolank
ya gan... kasihan mereka hidup terkungkung


terkekang padahal ga punya salah,

Quote:Original Posted By battencourt
Wah keren juga tritnya gan...!!


thx bang

Quote:Original Posted By Fidel.Uchiha
yah,,namanya makhluk hidup di dlam sangkar,ga bebas,pasti merana gan...kita aj klo dikekang pasti berontak


iya gan bener. tapi itu dia, kalo dia tinggal di alam yang ada di buru buru manusia. ujung ujungnya manusia salah lagi.

Quote:Original Posted By eddiesangadjie
Kasian juga ya gan,.,... binatang yang di kurung di kebun binatang mereka berati tidak akan berkembang dengan baik ya gan...


bener banget bang, karena di kebun binatang mereka tidak bisa hidup sebagaimana mereka mestinya.

Quote:Original Posted By colot_nay
Bagaimanapun bagusnya kebun binatang gak akan bisa menandingi habitat asli mereka, biarkan mereka hidup bebas di alam


#save binatang di kebun binatang

Quote:Original Posted By pais.waluh
tapi apa agan jg pikir, brp byk mrk yg mati d alam gr2 d buru?
yang nm ny apapun yg d kurung pst g enak gan, yah kebun binatang salah satu tempat yang bisa bikin mrk seenggk ny lebih nyaman n mudah mndpt mknn, kalo manusia ny sndr blm sadar akan pentingny mrk d alam ya mau g mw hewan ini biar selamat d taroh d kebun binatang atau penangkaran dlu gan.


ya kan gue bilang simalakama di baca dulu bang threadnya sebelum komeng
Quote:Original Posted By nih.gle
ane pernah tuh foto sama orang utan, emang sih banyak yang antri maafin ane yah orang utan

minta maaf gih

Quote:Original Posted By eviuchul
kasian ya..
kita kadang lupa sma hak kbebasan hdp mreka ..
dia jg kan pasti pngen hdup bebas..










Spoiler for Jangan di klik gan:


Now!singapore - Ingin kesingapore tapi butuh referensi? silahkan check ini gan
www.kaskus.co.id  (www.kaskus.co.id)
Halo traveler singapore. Hanya ingin berbagi informasi mengenai singapore saja. Sekarang bagi kita yang ingin ke singapore dan kebingngan mau ngapain disana? nah sekarang ada referensi yang pas deh | Singapore |[/QUOTE]

mungkin harusnya ada hari kebebasan mereka

Quote:Original Posted By ularpiton
Haduh ga tega ane ngeliatnya gan....
Kebebasaanya hilang, udah seperti orang dipenjara aja tuh


oleh karena itu kita harus mikirin solusi biar bisa hidup bahagia..

Quote:Original Posted By dopoj0npen
miris juga yah gan, apakah semua bonbin seperti itu ?
untuk apa juga di pelihara yah, kalo si hewan nya ga dibiarkan berkembang biak


buat apalagi kalau bukan karena uang.

Quote:Original Posted By tokomapan
KASIHAN JUga yah gan mereka


kasihan banget gan, semua ulah manusia

Quote:Original Posted By the.fly.
Pernah denger juga kalo pekerja kebun binatang bunuh hewan buat menekan populasi karena biaya buat ngasih makan semua hewan itu besar dan gak cukup kalo ngandelin dari jatah pemerintah
tiket masuk pengunjung juga gak seberapa


masa sih gan? tau darimana ?
Quote:Original Posted By mhd.rahmadhani


terkekang padahal ga punya salah,



thx bang



iya gan bener. tapi itu dia, kalo dia tinggal di alam yang ada di buru buru manusia. ujung ujungnya manusia salah lagi.



bener banget bang, karena di kebun binatang mereka tidak bisa hidup sebagaimana mereka mestinya.



#save binatang di kebun binatang



ya kan gue bilang simalakama di baca dulu bang threadnya sebelum komeng

minta maaf gih



Now!singapore - Ingin kesingapore tapi butuh referensi? silahkan check ini gan
www.kaskus.co.id  (www.kaskus.co.id)
Halo traveler singapore. Hanya ingin berbagi informasi mengenai singapore saja. Sekarang bagi kita yang ingin ke singapore dan kebingngan mau ngapain disana? nah sekarang ada referensi yang pas deh | Singapore |


mungkin harusnya ada hari kebebasan mereka



oleh karena itu kita harus mikirin solusi biar bisa hidup bahagia..



buat apalagi kalau bukan karena uang.



kasihan banget gan, semua ulah manusia



masa sih gan? tau darimana ?[/QUOTE]

Ada beritanya kok,
nanti ane cari de, mudah-mudahan nemu
ya gan

Quote:Original Posted By mhd.rahmadhani
terkekang padahal ga punya salah,




thx bang




iya gan bener. tapi itu dia, kalo dia tinggal di alam yang ada di buru buru manusia. ujung ujungnya manusia salah lagi.




bener banget bang, karena di kebun binatang mereka tidak bisa hidup sebagaimana mereka mestinya.




#save binatang di kebun binatang




ya kan gue bilang simalakama di baca dulu bang threadnya sebelum komeng


minta maaf gih




Now!singapore - Ingin kesingapore tapi butuh referensi? silahkan check ini gan
www.kaskus.co.id  (www.kaskus.co.id)
Halo traveler singapore. Hanya ingin berbagi informasi mengenai singapore saja. Sekarang bagi kita yang ingin ke singapore dan kebingngan mau ngapain disana? nah sekarang ada referensi yang pas deh | Singapore |


mungkin harusnya ada hari kebebasan mereka




oleh karena itu kita harus mikirin solusi biar bisa hidup bahagia..




buat apalagi kalau bukan karena uang.




kasihan banget gan, semua ulah manusia




masa sih gan? tau darimana ?[/QUOTE]

ya gan... manusia sering egois sama binatang dan lingkungan

Dikebun binatang sebenernya gpp juga gan tapiiiiiii kelangsungan hidup & perilaku binatang itu jgn diubah, contohnya yg orang utan diajak poto sm manusia kasian manusianya gan kalah ganteng......
menyedihkan gan
lebih memprihatinkan lagi yang ada disirkus gan
gan.. moga hate
Quote:Original Posted By pais.waluh
tapi apa agan jg pikir, brp byk mrk yg mati d alam gr2 d buru?
yang nm ny apapun yg d kurung pst g enak gan, yah kebun binatang salah satu tempat yang bisa bikin mrk seenggk ny lebih nyaman n mudah mndpt mknn, kalo manusia ny sndr blm sadar akan pentingny mrk d alam ya mau g mw hewan ini biar selamat d taroh d kebun binatang atau penangkaran dlu gan.


Idem ama yang ini. Kalau bebas di alam bisa2 di buru ama manusia juga, seenggaknya kalau di kebun binatang ada yang ngerawatnya mungkin di lestarikan. Jadi inget film kartun madagascar
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar