Pages


Kamis, 14 Mei 2015

Film - film dengan Sinematografi terbaik





Klik disini untuk mengunjungi blog Thread Maker Syndicate.  (www.kaskus.co.id)

HT #4 gusdeputra15
Spoiler for Hot Thread:

Terimakasih untuk seluruh rekan TMS, Officer Kaskus, serta seluruh kaskuser yang telah ikut andil dalam pergerakan thread ini. Salam perfilman!


Pendahuluan | Apa yang dimaksud dengan sinematografi?
Sinematografi adalah pengaturan kamera, pencahayaan, dan aspek visual lainnya ketika membuat fotografi tetap untuk kebutuhan sinematis.
Orang yang bertanggung jawab untuk segala aspek visual dan sinematografi itu sendiri pada suatu film adalah sinematografer.

Dalam thread ini, saya akan membahas film-film dengan sinematografi terbaik yang pernah ada. Tentu saja isi dari thread ini bersifat relatif dan kemungkinan akan banyak yang memiliki pendapat lain. Apabila anda memiliki pendapat yang berbeda, silahkan berikan komentar. Apabila anda menyukai thread ini, silahkan memberikan rating sesuai keinginan anda. Atau apabila anda setuju untuk menjadikan thread ini menjadi hot thread, silahkan kirimkan rekomendasi HT di link ini.  (bit.ly) Apabila anda cukup baik untuk berbagi kepada teman anda, tombol share sudah tersedia untuk anda. Saya juga menerima kiriman reputasi.



Birdman: Or The Unexpected Virtue of Ignorance
Film yang menang Best Picture di ajang Oscars 2015 ini juga menang dalam nominasi Best Cinematography untuk Sinematografernya, Emmanuel "Chivo" Lubezki, Best Director, dan juga Best Adapted Screenplay. Film ini memiliki tata visual yang sangat menakjubkan, bagaimana menunjukkan kehidupan para aktor dan aktris Broadway secara indah. Birdman bahkan hanya memiliki 16 cut yang terlihat dalam filmnya, menunjukkan cara sinematografi Chivo yang sangat ambisius melakukan tracking dan continuous shot dalam film ini. Panjangnya takes dalam film ini memaksa para aktor dan aktrisnya harus menghafal dialog sebanyak lima belas halaman sekaligus.


Salah satu adegan film Birdman yang mewakili keindahan sinematografi Birdman yang menggunakan konsep teknik lighting yang profesional.



Children of Men
Film yang disutradarai oleh sutradara Meksiko, Alfonzo Quaron ini masuk nominasi Oscar untuk Best Cinematography untuk sinematografer Emmanuel Lubezki (sama seperti Birdman diatas). Film yang terkenal oleh tracking dan continuous shotnya ini (yang juga cirikhas Lubezki) dipuji oleh banyak orang karena benar-benar intens seperti film dokumenter. Berlatar di Inggris masa depan, teknik kamera yang digunakan pada film ini cukup untuk membuat jantung kita berdebar dan hati kita terenyuh melihatnya.


SPOILER VIDEO! Car scene di Children of Men benar-benar intens dan menakjubkan, dimana kamera bisa berputar di dalam mobil 360 derajat.



No Country for Old Men
Pemenang Best Picture Oscar ini juga masuk nominasi Best Cinematography untuk sinematografernya, Roger Deakins. Indah, minimum budget, dan powerful, film ini berhasil menjadi masterpiece thriller di abad ke-21. Pengambilan gambar yang kaku malah membuat film ini menjadi sangat indah dalam kekelaman ceritanya. Latar motel, jalanan, gurun dan padang pasir di selatan AS serta perbatasan AS-Meksiko menjadi sangat terekspos dengan baik dalam film ini.


Adegan "Baku tembak Motel" di No Country for Old Men yang benar-benar kelam.



Psycho
Siapa sih yang kayaknya tidak pernah mendengar judul film ini? Hampir setiap penyuka film pasti pernah mendengar sekali judul film ini. Film ini dinominasikan untuk Best Cinematography Oscar untuk John L. Russell, sinematografer hitam putih profesional AS. Film yang memang menjadi trendsetter "pembunuh psikopat" dan "horor thriller" ini juga memiliki sinematografi yang kelam dan mencekam. Dari jalanan kota Pheonix hingga ke pedalaman countryside dan motel Bates yang horor, semuanya terekam dengan pas dan hampir tanpa cela.


SPOILER VIDEO! Scene mencekam dalam film Psycho yang dianggap sebagai masterpiece.



The Grand Budapest Hotel
Film yang artistik, indah, dan colorful ini memang benar-benar memanjakan mata penontonnya. Masuk nominasi oscar untuk Best Cinematography untuk sinematografer Robert Yeoman. Berlatar di kawasan pegunungan Alpen, The Grand Budapest Hotel menyajikan petualangan seru dengan tata visual yang menakjubkan dan eyecatching.


Adegan The Grand Budapest Hotel yang di shot secara ciamik meski dalam durasi yang singkat.



Inception
Salah satu film revolusioner bagaimana kita bisa membajak mimpi ini memenangkan Best Cinematography untuk sinematografer Wally Pfister dan juga Best Visual Effect dalam ajang Oscar. Sinematografi kelas dunia ditunjukan oleh Wally dalam film ini, bagaimana membuat Inception menjadi film yang sangat intens dan mengagumkan dalam visualnya.


Adegan zero gravity fighting yang mengagumkan dengan teknik lighting kelas dunia.



Life of Pi
Sinematografer pemenang Oscar, Claudio Miranda berhasil menciptakan fenomena global ketika visual film yang dipertanggungjawabkannya, Life of Pi dipuji banyak orang. Meskipun kemenangan Life of Pi dalam ajang Oscar menimbulkan kontroversi karena besarnya pengaruh dari visual effect, tata visual dan kamera dalam film ini tetap saja menjadi salah satu inspirasi revolusioner dalam standar sinema kita.


Adegan menakjubkan dan menegangkan dari Life of PI



Titanic
Sinematografi kelas berat Russell Carpenter benar benar pantas untuk diberikan Oscar. Salah satu film paling memorable sepanjang sejarah, Titanic memiliki segala aspek yang dibutuhkan untuk membuat kita terkagum kagum dengan detail filmnya. Tata visual yang ditunjukkan oleh Russell memang kadang tidak terasa di dalam filmnya, karena ia berhasil membuat kita seperti ikut berada di atas kapal maut tersebut.


Adegan dinner memorable dalam film Titanic yang terasa manis dan indah.




Gravity
Sinematografer Emmanuel Lubezki pertama kali memenangkan Oscar saat ia menjadi sinematografer Gravity. Tata visualnya yang menakjubkan membuat film ini disukai kritikus. Tracking shot di luar angkasa adalah suatu ide yang gila tapi berhasil diimplementasikan oleh Lubezki dalam film ini.


Adegan intens dalam film Gravity yang benar benar menegangkan di layar lebar.




Hugo
Film yang disutradarai oleh Martin Scorsese ini berhasil memenangkan Best Cinematography Oscar untuk sinematografer Robert Richardson. Berlatar di Paris 1930-an, tata visual Robert Richardson benar-benar fun untuk ditonton dan benar benar menakjubkan. Efek CGI yang ditambahkan dalam film ini juga menambah kecantikan film ini, yang berhasil memenangkan 5 Oscar.


Adegan indah namun menegangkan dalam film Hugo.




Schindler's List
Film yang bertema Holocaust di Jerman ini memiliki tata visual dan pergerakan kamera yang epic, dramatis, dan ciamik. Sinematografi yang memenangkan Oscar untuk Janusz Kaminski ini benar-benar mengagumkan. Meski hitam putih, tapi Schindler's List mampu membuat penontonnya tegang, terenyuh, dan lega sekaligus dengan sinematografinya yang luar biasa.


Adegan menegangkan Schindler's List dengan tata kamera yang apik.

Itulah akhir dari thread yang saya ketik sendiri ini. Sumber info sinematografi dan nama sinematografer berasal dari Imdb dan Wikipedia. Tentu saja isi dari thread ini adalah hasil dari survei saya sendiri.

Pertanyaan: Film apa yang menurut anda memiliki sinematografi terbaik? Atau apakah anda memiliki pendapat lain?
Silahkan jawab di komentar.


Terimakasih atas perhatian dan kunjungan anda,
saya gusdeputra15 mengucapkan terimakasih.

KOMENTAR BERMANFAAT
Spoiler for Komentar:
Quote:Original Posted By yudajie2015
film klasik Lawrence of Arabia nggak masuk gan?
2001: A Space Odyssey juga...

film non Hollywood semacam Ran-nya Akira Kurosawa, Hero-nya Zhang Yimou...itu juga bagus lhoo...

Quote:Original Posted By DoyouBelieveGod
pyscho yang paling keren gan.

adegan waktu di kamar mandi bates motel paling memorable banget lah
ditambah jalan ceritanya yang twist banget, ngebuat film ini bener2 keren :

btw, kabarnya film ini sebenernya dibuat multicolor, tapi karena adegannnya yang sadis, jadi dibuat hitamputih, tapi justru dibuat hitamputih malah jadik keren banget :


btw, klo soal sinematograhpi, kayaknya film the shining juga bagus tuh.. :cmiiw

Quote:Original Posted By banksymonkey
The Tree Of Life juga keren sinematografinya gan


Quote:Original Posted By BangBuddeLC
ane suka birdman, kalo nonton kaya lagi jalan kaki..
children of men emang keren waktu adegan mobil.. kameranya gimana itu?
grand budapest termasuk unik. kalo nonton rasanya kaya makan es krim walls rasa karamel

film itu terasa beda kalo hanya ada satu scene dalam waktu lama. Emosinya lebih terasa, kita berasa seakan-akan benar2 ada di ruangan settingnya

Terimakasih bagi kaskuser yang sudah meluangkan waktu untuk memberi komentar.
favorit ane GBH
film ooh aah gada bray?
yg inception sih keren tuh gan
Quote:Original Posted By hatabomba
film ooh aah gada bray?


Waduh
Itumah sinematografi kelas berat gan
Birdman aktris sampe harus menghafalkan 15 halaman dialog nya
The Tree Of Life juga keren sinematografinya gan

Quote:Original Posted By hatabomba
film ooh aah gada bray?


Fllm ap tu brayy...
iya gan
kalo mau biacara "seni" pasti pendapatnya subjektif semua
ane suka birdman, kalo nonton kaya lagi jalan kaki..
children of men emang keren waktu adegan mobil.. kameranya gimana itu?
grand budapest termasuk unik. kalo nonton rasanya kaya makan es krim walls rasa karamel

film itu terasa beda kalo hanya ada satu scene dalam waktu lama. Emosinya lebih terasa, kita berasa seakan-akan benar2 ada di ruangan settingnya
Bukan bagaimana cara menggerakkan kamera tp apa tujuan dr gerakan kamera itu sendri.. Itu yg penah ane baca gan.. Ane orang awam gan soal kamera, tp ane salut sama tread ente nbah ilmu thax gan
walah effect film nya keren2 amir
inception gan! keren banget! sama birdman. tapi birdman jalan ceritanya ga terlalu bagus gan...
ane udah nonton birdman, gak bagus gan bosen
goyang dumang
GGS engga ada gan ?
interstellar gan..
harus di tonton nih.. gravity keren
hampir semua udah nonton ane gan, cuman bbrapa doang yg belom, emang :thumbsup deh
keren dah

Ttup pejwan
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar