Pages


Minggu, 31 Mei 2015

Beginilah Cara Soda Merusak Tubuh dalam Waktu 65 Menit



Siapa tak suka soda gan ? dijamin deh semua pasti suka , apalagi dalam mondisi cuaca panas minum soda dingin. Wuih.. seger. Tapi tau nggak sih gan, ternyata meminum soda juga cukup berbahaya bagi kesehatan tubuh kita.

Ternyata, cukup cepat reaksi kimia yang diberikan soda bagi efek tubuh, semuanya membahayakan gan. Nah, sebenarnya apa saja yang terjadi pada organ pencernaan tubuh ketika kita meminum soda.

Berikut gan kronologisnya, simak baik-baik deh.

Quote:

10 menit pertama,Kadar gula dalam minuman soda yang mencapai sekitar 10 sendok makan mulai masuk dalam sistem tubuh. Pada kasus biasa, ketika kita mengkonsumsi banyak makanan/minuman mengandung gula maka kita akan muntah. Namun, karena soda mengandung asam fosfat, maka efek ingin muntah itu hilang.


Quote:

Lalu 20 menit berikutnya, tubuh berusaha untuk melawan overdosis gula yang mungkin terjadi. Hingga terjadi resistensi yang kuat pada insulin dalam aliran darah, yang menyebabkan insulin tidak dapat menjalankan fungsi sebagaimana mestinya, yaitu mensirkulasikan glukosa. Nah, pada saat yang bersamaan hati akan memecah gula dan mengubahnya menjadi lemak.



Quote:

Masuk ke 40 menit berikutnya, tubuh benar-benar menyerap semua kafein yang terkandung dalam soda. Respon paling akut terhadap meningkatnya penghabisan glukosa, maka tekanan darah juga meningkat. Efek lainnya adalah otak akan memblokir reseptor adenosin yang berguna untuk memerangi kantuk. Artinya, kita jadi nggak ngantuk gan, dan mungkin kita juga bisa melihat kalau pupil mata kita jadi melebar.



Quote:

Nah, masuk ke menit 45, produksi hormon dopamin meningkat, efeknya membuat kita merasa lebih fresh atau lebih segar. Efek ini yang juga terasa ketika seseorang mengkonsumsi Heroin.


Quote:

Satu jam kemudian asam fosfat mempercepat metabolisme melalui pengikatan kalsium, seng, dan magnesium dalam usus. Pada sebagian kasus, banyak orang yang merasakan kembung pada perutnya, bahkan mungkin terasa nyeri perut.



Perlu diketahui juga gan, soda mengandung dosis besar gula dan pemanis buatan. Nah, inilah yang membuat efek diuretik kafein mulai bekerja.

Nah, yang mengagetkan adalah hanya dalam waktu satu jam, zat kalsium kita akan terkikis dari tulang dan akan terbuang lewat urine/kencing. Bersamaan dengan proses ini, magnesium, zinc, natrium, dan air murni juga meninggalkan tubuh kita. Kebayang kan gan, apa isi dari tubuh kita saat itu.

Quote:Nah, ini klimaksnya gan, kekurangan gula parah akhirnya terjadi pada tubuh. Hal ini menyebabkan kita jadi sulit tidur dan cenderung gelisah. Kurangnya kafein juga disertai oleh kurangnya gula, yang membuat kita merasa lelah, hal tersebut karena tubuh kita secara struktur telah kehilangan berbagai cairan penting.

Nah, kabar baiknya adalah, kita akan kembali merasa bugar ketika efek meminum soda tadi habis, namun jangan salah gan, efek selanjutnya yang terjadi adalah menjadi kecanduan untuk kembali meminum soda.

Itulah sebabnya, kenapa banyak sekali bagian dari kita yang suka atau rutin meminum soda akan mengalami kondisi hipertensi dan obesitas. Hal ini disebabkan karena pemanis buatan seperti aspatram (E951), yang membuat rasa haus terus menerus, itu akhirnya yang membuat kita kecanduan minuman ini.

Efek samping lainnya adalah mengkonsusmsi pemanis buatan dalam jumlah berlebih akan menyebabkan gangguan pada syaraf, dan membuat mental menjadi lemot gan. Soda juga menyebabkan fungsi usus menjadi berkurang yang akhirnya menjadikan tempat tinggal lemak.

Penjelasan di atas tentunya cukup bagi agan sekalian untuk mengetahui efek buruk minuman soda pada tubuh.
Jika agan sudah terlanjur tak bisa lepas dari minuman soda, sebaiknya mulai kurangi konsumsinya sekarang.
Atau masih tak yakin dengan efek negatif minuman soda pada tubuh? agan bisa menyaksikan video di bawah ini.
Quote:


Quote:Soo.. masing pengen minum soda secara berlebih gan? dikit aja mah gpp deh..

Quote:
Komeng Kaskuser
Quote:Original Posted By foodismylife
Kebetulan bidang ane nih gan. Sebenernya perlu diluruskan lagi mengenai "Soda". Dimana sebenernya minuman berkarbonasi / bersoda yang dimaksud itu produk komersial kayak C**a-C**a atau P**si, atau minuman berkarbonasi buatan sendiri. Kebetulan kalau yang komersial memang sudah ditambahkan berbagai macam zat agar lebih awet dan stabil, beda kalau kita bikin sendiri minuman bersodanya.
Yang bisa ane pastiin dari minuman bersoda secara umum, komersial maupun buatan sendiri, minuman bersoda mempercepat penyerapan gula, sehingga kalau dikonsumsi terlalu banyak bisa menyebabkan obesitas.

Quote:Original Posted By nitarchimedes
Waduh.. kalo berkenan page one gan.
Segimanapun lo tergoda sama soda mending gak usah diminum deh gan, dulu ane minum soda sering banget. Ane gak begitu suka air putih karena gak ada rasanya. Ane minum soda beberapa kali seminggu. Hasilnya apa gan? Ane dirawat di RS kena infeksi ginjal.
Makanya dijadiin pelajaran aja gan, kalau haus atau gimana, tapi gak pengen air putih, beli teh-teh ajalah gan atau apapun yang gak bersoda.
Bahaya banget gan, berat di ginjal. Sebelum pada ngerasain efeknya, mending belajar aja dari pengalaman ane gan. Jauhin soda. Kalo makan di tempat fastfood, selalu minta ganti minum selain soda, meskipun lebih mahal, tapi lebih baik gan.
Sekarang ane minum soda satu sendok aja udh langsung sakit gan.


Quote:Original Posted By opamye
cleaning service di kampus ane dulu bersihin kerak di toilet kampus pake minuman soda C*ca-C*lla/Spr*te, soalnya ane liat sendiri mereka bersihinnya tuh pake itu, dan ternyata bersih juga tuh kerak yg ada di toilet kampus.
sekarang bayangin aja kalo tuh minuman soda masuk ke tubuh agan, dan sejak saat itu ane udah ga mau minum minuman soda lagi

Quote:Original Posted By rjrex8
dulu ane doyan bngt soda dr berbagai merk n parahnya ane jg suka junkfood n makanan siap saji dr amrik yg akhirnya ane mual2 n sakit gan
akhirnya ane berhenti total n d biasakan minum air putih banyak2 n minum jus buah n ane wkt itu sering makan buah bengkuang bs d makan langsung atau d peras airnya d minum manfaatnya untuk memperbaiki n melingdungi dr kerusak dinding lambung n usus akibat soda n makanan junkfood
bs jg dg makan mentimun,mentimun bs meluruhkan zat2 yg tdk berguna biasanya mentimun d sajikan d tukang sate d buat berupa acar

Quote:Original Posted By Fahmienzu
Kalo ane pake cola buat ngebersihin komponen besi atau alumunium yang udah berkarat..
semua karat ane gosokin pake cola, hasilnya semua karat terangkat, dan besi sama alumunium ane kinclong lagi kaya baru
Bayangin aja cola mengikis organ yang ada ditubuh kita... jadi seremmm ya gan
Pokonya kita bangun hidup sehat gan, Minum air mineral lebih baik dan sehat


Quote:Original Posted By agoenk70
Minuman bersoda ane jarang banget gan..
dulu pernah sih kecanduan satu merek minuman bersoda, namun setelah kena maag gara2 minuman itu sampe sekarang pensiun dan ga pernah menyentuh lagi minuman bersoda apapun merek nya


Quote:Original Posted By sasrabirawa
Thanks infonya MasGan
udah lama gw berhenti minum minuman bersoda setelah tahu dari temen gw yang kerja di pabrik minuman ringan XYZ.
Dari dia gw tahu proses pembuatan minuman XYZ tersebut yang membuat selera gw langsung lenyap seketika terhadap minuman bersoda


Quote:Original Posted By m7comp
Betul banget gan, ane juga pernah baca penelitian ttg soda. soda itu dicampur dengan bahan kimia apa gitu ane lupa trus ditumpahkan ke wadah yang ada besi/alumuniumnya, ga lama kemudian besi/alumunium itu meleleh gan. gila ya. ngeri banget tuh kalo sering-sering dikonsumsi ama manusia.


Quote:Original Posted By ghozzel
kalo kata dokter yang merawat bokap gw, gpp minum soda kalo sebulan sekali, asal jangan terlalu sering


Quote:Original Posted By nikamayo
ane jrng kok minum soda paling ane minum soda klo gratis kek lgi ada acara gitu juga klo haus ane lbih pilih nutr*sari sih soalnya mulut ane kdng gk kuat sama soda
trnyta soda bisa ngikis tulang serem untung ane hampir tiap hari cmn minum air putih aj


Quote:Original Posted By wansett
Soda juga merusak ginjal kan gan?
Ane sekarang juga mulai kurang-kurangin minum bersoda,mending air putih sih



Quote:Original Posted By arfi2912
Yup setuju gan, soda bikin diabetes gan gula nya buanyak bangeeet, bayangin aja coca cola itu aslinya pahit banget kek pare lho, kebayang berapa banyak gulanya sampe rasanya manis...


Quote:Original Posted By atep1234
kalau saya rasa semua makanan klw kita makan berlebih, efeknya jd penyakit juga gan,, bukan hnya soda saja,, tapi ada kalanya soda juga bisa jadi obat ampuh buat yg Masuk Angin gak,, sudah terbukti,, silahkan buktikan,,,

Quote:Original Posted By gaptechpisan
Segala sesuatu bila di konsumsi berlebihan nggak baik gan, sperti hal nya nasi gan kalo kelebihan makan nasi nya, bisa" diabetes


Quote:Original Posted By archaengela
Wow, info yang menarik.

Jadi inget satu orang kenalan yang menganut kepercayaan tertentu yang memang tidak memperolehkan diminumnya minuman bersoda. Ternyata begitu ya efeknya. Ckckck, baru tau.

Memang sering dapat info tentang kerasnya kandungan dalam minuman bersoda ini (yang katanya bisa untuk membersihkan ini itu), termasuk kadar gulanya yang super tinggi. Dulu saya sering banget minum minuman bersoda sampai diomelin ibu saya. Sekarang sih cuma pas event-event tertentu aja yang ga sebulan sekali.

Memang air putih is the best Kalau sekarang saya nyandu teh, lebih aman dan sehat ketimbang minuman soda atau kopi ^^


Quote:Original Posted By ayumovic
Babeh ane umurnya udah 80 ++ tiap hari minum2 soda kaya CC atau BC,, tapi sehat2 aja gan, ga ada diabetes atau penyakit lain2..

Balik lagi ke poala hidup dan tubuh masing2, kl kerjaan nya cmn seharian nntn, maen game trus minumnya bersoda,, nah itu yang bahaya..


Quote:Original Posted By abheizthe
Pantesan sekarang emak suka marah marah kalo ane minum minuman berkarbonasi soda, nawar sebulan sekali aja kagak digubris
Ternyata begituu


Quote:Original Posted By anyuut
Ini yang ane rasakan kemaren siang gan
Yang biasanya ane ngantuk, cepat lelah selama di perjalanan
pas minum minuman bersoda kok mata tetap segar dan badan terasa tetap terjaga


Quote:Original Posted By normsss


Ini yang ngeri, kalsium terkikis dari tulang dan dibuang melalui urine bersama zat penting lainnya

Untung ane udah ga doyan minum soda, enakan minum susu


Quote:Original Posted By red.adzim
tuuh dengerin agan2 makanya jgn kebanyakan konsumsi fastfood/softdrink.. yg dikemukakan oleh TS itu merupakan tujuan negara2 maju menjajah kta melalui kebiasaan konsumsi mknan/minuman. sekadar tmbhan sdkit gan, soda jg mengandung CO2, di mana pernah dibuktikan bahwa CO2 dituangkan ke teflon magic com beberapa saat kemudian melepuh.. laa bayangin klo tubuh kta disodorin bgtuan apalagi jangka panjang... hhhh.
thanks TS, good info!




Quote:Original Posted By ciduy
infonya nice gan
pantesan waktu minum soda rasanya badan nih macam di refresh, segar gan, tapi ga sering² amat sih, paling waktu ngumpul² sama teman² aja


Quote:Original Posted By ZakiyGazz
Kenapa rokok aja yg gencar diabisin? Giliran soda seolah2 gaada masalah, pdhl efeknya jauh lebih berbahayanya sama kaya rokok berfilter dibanding kretek/tembakau murni.

Fyi, nikotin banyak dipake buat industri obat mamarika.



Quote:
gara-gara thread ini salah-satu penjual soda jadi marah
Quote:Original Posted By danu.bentol

proses kencing memang begitu
pernah sekolah gan ?
hormon yang keluar waktu kita berhubungan sex, maen game, dan ngaskus
basically hormon yang bikin kita berasa "FUN"
kalo overdosis gula buat apa pemanis buatan?
logic fail
artikel geje
ini artikel joke ato pegimana ?
kok bisa jadi hot thread
TS sapanya kaskus?




Quote:
Sumber 1  (www.merdeka.com)
sumber 2  (www.mediakesehatan.net)

ini bener banget, wajib di up
ane jarang minum cola gan, ga ada duit ane
Udah lama ngurangin minuman bersoda, gan
kalau soda diet gimana gan ?
Ane udah jarang minuman soda,
Quote:Original Posted By tikuslupus77
ane jarang minum cola gan, ga ada duit ane

sama gan, mending ane minum susu

Quote:Original Posted By Fadjar.andukz
Udah lama ngurangin minuman bersoda, gan

iya gan tetep jaga kesehatan

Quote:Original Posted By mynameiscibai
kalau soda diet gimana gan ?

lihat kandungannya gan aja dulu gan

Quote:Original Posted By snoopd0gg
Ane udah jarang minuman soda,

sama gan, ga baik untuk kesehatan
oh gitu....

ane dah jarang banget minum soda,
Quote:Original Posted By copycat77

sama gan, ga baik untuk kesehatan


Tapi kalo lagi ada buy 1get 1 pasti ane ambil hehehe
kalau kepengen banget, baru minum soda
emang iya, nyandu bgt...dulu ane sempat tuh kecanduan minum cola...beli ampe yang 3 liter (ente taulah mereknya, satu2nya yg keluarin botol celengan bagong 3 liter)
sehari abis satu...buset.
apalagi dicombo indomie ama rokok. makin lama makin gak sehat ane karena keseringan ane sering sakit perut, mual.....sekarang ane berhenti total. minum air putih
Quote:Original Posted By snoopd0gg


Tapi kalo lagi ada buy 1get 1 pasti ane ambil hehehe


lahhh bagaimana kalau dikasih gratis gan

Quote:Original Posted By kar.wazowski
kalau kepengen banget, baru minum soda

iya gan sekali2 ga papa kok
itu anaLisa, untuk minum seLiter cocacoLa ditenggak abis sekaLi minum?
bisa jadi sik.
lebih berbahaya lagi minum soda api gan
semua yang berlebihan gak ada yang baik bray
Mengerikannn
Kebetulan bidang ane nih gan. Sebenernya perlu diluruskan lagi mengenai "Soda". Dimana sebenernya minuman berkarbonasi / bersoda yang dimaksud itu produk komersial kayak C**a-C**a atau P**si, atau minuman berkarbonasi buatan sendiri. Kebetulan kalau yang komersial memang sudah ditambahkan berbagai macam zat agar lebih awet dan stabil, beda kalau kita bikin sendiri minuman bersodanya.

Yang bisa ane pastiin dari minuman bersoda secara umum, komersial maupun buatan sendiri, minuman bersoda mempercepat penyerapan gula, sehingga kalau dikonsumsi terlalu banyak bisa menyebabkan obesitas.
kalau soda putih di campur susu katanyA bisa menghilangkab lendir perokok betul gak sich gan
bis Minum soda pass tanggal muda ,,, sumurnya mana neh
Quote:Original Posted By DamSavioR
emang iya, nyandu bgt...dulu ane sempat tuh kecanduan minum cola...beli ampe yang 3 liter (ente taulah mereknya, satu2nya yg keluarin botol celengan bagong 3 liter)
sehari abis satu...buset.
apalagi dicombo indomie ama rokok. makin lama makin gak sehat ane karena keseringan ane sering sakit perut, mual.....sekarang ane berhenti total. minum air putih

bener gan, air putih lebih sehat

Quote:Original Posted By septiansendi
semua yang berlebihan gak ada yang baik bray

setuju gan, sekali-kali ga papa asal jangan keseringan

Quote:Original Posted By foodismylife
Kebetulan bidang ane nih gan. Sebenernya perlu diluruskan lagi mengenai "Soda". Dimana sebenernya minuman berkarbonasi / bersoda yang dimaksud itu produk komersial kayak C**a-C**a atau P**si, atau minuman berkarbonasi buatan sendiri. Kebetulan kalau yang komersial memang sudah ditambahkan berbagai macam zat agar lebih awet dan stabil, beda kalau kita bikin sendiri minuman bersodanya.

Yang bisa ane pastiin dari minuman bersoda secara umum, komersial maupun buatan sendiri, minuman bersoda mempercepat penyerapan gula, sehingga kalau dikonsumsi terlalu banyak bisa menyebabkan obesitas.

iya gan, pokoknya yang berlebihan itu ga baik
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar