Pages


Sabtu, 30 Mei 2015

Penyebab Turunnya Daya Ingat dan Tips Memperkuat Daya Ingat !!

Selamat Datang di Thread Sederhana TS einornamsirak  (www.kaskus.co.id)

Spoiler for no repost:

Quote:

Spoiler for no repost:

Quote:


Spoiler for Dilihat dan Dilaksanakan:



Spoiler for Daya Ingat:

Quote:Ane cuma mau ngeshare tentang daya ingat. Kebetulan ane sendiri bermasalah dengan daya ingat. Padahal ane sendiri masih muda loh baru kepala 2 lebih sedikit.
Spoiler for gambar:


Daya ingat tentunya sangat penting dalam keseharian. Membuat segala urusan jadi lebih mudah dan lancar.
Contoh pernah dong masuk sesuatu ruangan, tiba-tiba lupa mau ngapain terus keluar lagi. Pas diluar inget lagi . Itu sering ane alamin
Katanya semakin sering lupa-lupa ingat bisa jadi pikun lebih awal



Quote:Sebelumnya kita cari tau dulu yuk kenapa seseorang jadi sering lupa-lupa ingat, cekidot :

Quote:
Spoiler for 1:

Quote:
1. Kurang Tidur/Insomnia
Spoiler for Gambar:


Ada hubungan langsung antara kurang tidur, insomnia dan daya ingat.
Hasil penelitian setidaknya butuh 6 jam tidur untuk memperoleh daya ingat secara maksimum.



Spoiler for 2:

Quote:
2. Depresi
Spoiler for Gambar:


Depresi itu suatu perasaan sedih, kehilangan minat dan kegembiraan.
Biasanya ditinggal orang yang kita cinta seperti pacar



Spoiler for 3:

Quote:
3. Kelenjar Tiroid
Spoiler for Gambar:


Penyakit kelenjar tiroid mempengaruhi sejumlah besar orang, dan memiliki efek negatif pada daya ingat.
Diagnosis awal penyakit tiroid akan mencegah kerusakan lebih lanjut dari daya ingat.



Spoiler for 4:

Quote:
4. Diabetes
Spoiler for Gambar:


Salah satu penyakit yang menakutkan
Bila tidak di obati secara efektif ternyata berkontribusi kepenurunan daya ingat juga.



Spoiler for 5:

Quote:
5. Alkohol dan Obat-obatan
Spoiler for Gambar:


Pecandu alkohol berlebih mempunyai daya ingat pendek. Konsumsi alkohol berlebih merupakan racun bagi otak dan daya ingat.
Sedangkan obat-obatan dapat membahayakan otak dan mengurangi kemampuan mental. Misalnya obat ekstasi menyebabkan kerusakan serius pada daya ingat.



Spoiler for 6:

Quote:
6. Kurangnya Vitamin B-12
Spoiler for Gambar:


Vitamin B12 diperlukan bagi otak agar dapat berfungsi maksimal.
Vitamin ini membantu sistem peredaran darah dan kesehatan otak.


Sumber1  (www.akuinginsukses.com)


Quote:Sekarang cara untuk membantu menambah daya ingat, ini tipsnya cekidot :

Quote:
Spoiler for 1:

Quote:
1. Photoreading
Spoiler for Gambar:


Photoreading adalah teknik membaca cepat menggunakan penglihatan periferal dan menggunakan otak bawah sadar untuk memproses informasi.
Melibatkan pikiran sadar dan menggunakan metode lain untuk meningkatkan daya ingat dan memahami materi.



Spoiler for 2:

Quote:
2. Menkonsumsi Antioksidan
Spoiler for Gambar:


Antioksidan berfungsi untuk melindungi sel-sel tubuh, semakin sering mengkonsumsi antioksidan maka daya ingat akan terjaga meski di usia tua.
Beberapa makanan dengan kandungan antioksidan tinggi antara lain: kismis, bluberry, blackberry, bawang putih, cranberry, strawberry, bayam, dan raspberry.



Spoiler for 3:

Quote:
3. Meditasi
Spoiler for Gambar:


Neuropsychologist mengatakan bahwa meditasi dapat mengubah struktur otak.


Spoiler for 4:

Quote:
4. Jauhi Makanan Mengandung Gula
Spoiler for Gambar:


Efek dari memakan makanan kaya gula akan membuat kita sulit berpikir jernih.
Hal ini merupakan hasil dari insulin yang mengalir dalam darah untuk menangkal kadar gula yang terlalu tinggi.



Spoiler for 5:

Quote:
5. Berjalan Kaki dan Jogging
Spoiler for Gambar:


Seorang pakar menjelaskan bahwa kita bisa meningkatkan mood, mencegah hilang ingatan, mempertajam kecerdasan, dan bahkan bekerja dengan lebih baik hanya dengan mengolah detak jantung dan berkeringat.
Sementara bukti ilmiah menunjukkan bahwa olahraga aerobic membentuk kembali otak kita untuk mencapai kinerja yang lebih optimal.



Spoiler for 6:

Quote:
6. Kunyah Permen Karet
Spoiler for Gambar:


Para ilmuwan menduga, tindakan mengunyah permen karet akan menghasilkan air liur yang meningkatkan denyut jantung.
Dan mempengaruhi fungsi daerah otak yang diberi nama hippocampus yang menyebabkan tubuh melepaskan insulin sebagai persiapan untuk metabolisme makanan.



Spoiler for 7:

Quote:
7. Tarik Nafas Dalam-Dalam
Spoiler for Gambar:


Menarik nafas dalam-dalam memberikan asupan oksigen lebih banyak pada darah, dan tentunya mengalir ke otak.
Tingkat oksigen rendah pada darah anda akan mengurangi fungsi otak anda



Spoiler for 8:

Quote:
8. Permainan Otak
Spoiler for Gambar:


Olahraga otak yang klasik dan murah meriah, seperti teka-teki silang yang bisa ditemukan di mana saja.
Latihan-latihan seperti ini akan menggugah pengetahuan dan membantu saraf-saraf di otak saling sambung-menyambung.



Spoiler for 9:

Quote:
9. Tidur
Spoiler for Gambar:


Ada dua area di otak yaitu hippocampus dan medial prefrontal cortex, area yang berkaitan dengan pengambilan ingatan dari masa lalu akan berputar menayangkan kejadian-kejadian sepanjang hari itu.
Proses ini dipercaya sangat penting untuk mengonsolidasikan dan merapikan file-file ingatan-ingatan baru yang terbentuk.


Sumber2  (www.lintas.me)



Quote:
Mudah-mudahan dengan taunya penyebab penurunan daya ingat kita bisa menghindarinya.
Juga tipsnya bermampaat bagi yang ingin menambah kekuatan mengingat seperti ane.


Quote:
Makasih Udah Berkunjung Ke Thread Sederhana TS !!!


Mampir ke RUANG GA GUNA  (www.kaskus.co.id) ini ya !!!


Quote:
Thread Ini Disupport oleh

  (www.kaskus.co.id)


Klik Banner Untuk Mengunjungi Base Camp Devil's Rose



Quote:
penjelasan dari kaskuser tentang kerja otak

Quote:Original Posted By benedick.henry
Iya, kurang tidur emang pemicu banget. Karena saat tidurlah sebenernya otak kita baru akan beraktivitas menghubungi neuron-neuron yang bekerja terpisah pisah saat terjaga. Makanya kenapa dibilang, anak kecil tidurnya harus cukup supaya otaknya bagus

Begini cara kerja otak yang sangat unik  (id.healthbuzz.asia)

Wah ane sering kurang tidur pantes susah inget sesuatu
depresi, di kamar terus, nggak mau makan, nggak bisa tidur, nggak mau ngapa-ngapain

sakit istimewa
Quote:Original Posted By clasicman
Wah ane sering kurang tidur pantes susah inget sesuatu


iya, klo ane insomnia.. harus cukup tidur gan seenggaknya 6 jam sehari

Quote:Original Posted By vaan.gestoe
depresi, di kamar terus, nggak mau makan, nggak bisa tidur, nggak mau ngapa-ngapain

sakit istimewa


galau itu gan.. bahaya depresi ini mending konsultasi keahlinya langsung..

Haduh! Gue emang sering insom, pantesan jadi pikun kronis gini Hum... kayanya gue bisa coba makan permen karet deh, yah... asal gak bikin sakit gigi aja
Ternyata kurang tidur itu pemicu menurunnya daya ingat
Baru tau saya gan
Nice Share
done :shkaehand
======

k̶o̶m̶e̶n̶ ̶d̶u̶l̶u̶,̶ ̶n̶t̶a̶r̶ ̶b̶a̶c̶a̶...

=========

okeh, baca udah...
saatnya nambah isi komeng supaya kaga disangka junk..
=========

ane beberapa hari ini sering tidur tengah malem gan..
gimana caranya tu gan, ngatasin supaya bisa tidur jam 9 atau jam 10 malam...
karena ketika telat tidur gitu, ane bangun paginya pegal2 gan..
ah elah, ane kok curhat yah....
kalo mau ingat terus ya rajin rajin mengahapal
gitu aja tips dari ane
Nice tips gan semoga bisa dipraktekin, tapi yang paling gampang kunyah permen karet
nice info gan ,ane bermula dari insomnia trs skrng jd kebiasaan tidur cm 4-5 jam perhari nya , pantes sering lupa" ingat
Mantap tuh gan ane juga suka maen Teka-teki
Ingatan jangka pendek ane lemah begete
Quote:Original Posted By demeter94
Haduh! Gue emang sering insom, pantesan jadi pikun kronis gini Hum... kayanya gue bisa coba makan permen karet deh, yah... asal gak bikin sakit gigi aja


insom sama gan gpp makan permen karet asal sering sikat gigi aja kayanya masbro..

Quote:Original Posted By Lacroixz
Ternyata kurang tidur itu pemicu menurunnya daya ingat
Baru tau saya gan
Nice Share


pasti si agan kurang tidurnya? iya gan makasih klo bermamfaat

mantap
ane kurang tidur ama depresi gan
ane suka ngisi TTS kalo lagi senggang,gan...katanya itu juga bisa mempertajam daya ingat yaa...
ane insomnia gan, makan sama olahraga jarang..
pantes aja mudah lupa nih ane.
ane juga suka jogging dan ngisi TTS gan, tapikok masih sering lupa ya? kurang jaga makanan mungkin ya? maklum masih sering ngemil.

BTW, nice trit gan, semoga HT dah, kalo sempet main ke trit ane ya...
terlalu bnyak bgadang bikin otak gak mudeng
Quote:Original Posted By dsperdana
done :shkaehand
======

k̶o̶m̶e̶n̶ ̶d̶u̶l̶u̶,̶ ̶n̶t̶a̶r̶ ̶b̶a̶c̶a̶...

=========

okeh, baca udah...
saatnya nambah isi komeng supaya kaga disangka junk..
=========

ane beberapa hari ini sering tidur tengah malem gan..
gimana caranya tu gan, ngatasin supaya bisa tidur jam 9 atau jam 10 malam...
karena ketika telat tidur gitu, ane bangun paginya pegal2 gan..
ah elah, ane kok curhat yah....


yah curhat.. klo mau tidur cepet ya bikin cape siangnya gan.. jangan tidur siang juga.. dijamin malem dikit pasti ngantuk tuh karena cape juga..

Quote:Original Posted By RyanBinOte
kalo mau ingat terus ya rajin rajin mengahapal
gitu aja tips dari ane


iya gan itu mungkin termasuk tips no satu..

Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar