Pages


Sabtu, 06 Juni 2015

Antara KPI, Sensor, dan Kebijakannya yang Nyeleneh

Welcome to my 3rd thread on the lounge tjoi.

Spoiler for jadi Hot Thread tjoi.:



05-06-2015 HT keduax pemirsah!


Selamat dateng di thread ketiga ane di sokin pemirsah, ane akan ngebahas tentang sesuatu yang yang udah happening lumayan lama tapi bisa dibilang sesuatu yang bakal ane bahas adalah sesuatu yang bangkit dari kubur, yang hot kembali, anget-anget kek bo'ol ayam (yang kalo ditiup bakal megap-megap ) dan patut untuk diperbincangkan tjoi. Sebelumnya cek repsol dulu di bawah sokin;

Spoiler for no repsol:


sebenernya ane kurang yakin kalo thread enih gak repsol tjoi, tapi walaupun repsol thread enih bakal beda karena bakalan ane bahas secara intens, tajam, lugas, dan mendalam.

jan kelamaan pembukaannya nanti ane disangka mimpin pidato upacara, okesip langsung aja menuju tkp tjoi.

Ane mau ngebahas sesuatu yang akrab sama ente-ente yang dedemenan nonton tv lokal, yaitu; sensor yang salah alamat tjoi. Bukan salah alamat doang kek lagunya ayu ting-ting yang ngehits bet saban hari tjoi, tapi menurut ane sensornya over-used. Yah ane bilang over-used itu karena penggunaannya berlebihan tjoi. Udah rahasia umum kalo belahan dada & udel cewek sekarang jarang bet keliatan di pertelivisian indonesia. (Tapi tetep masih ada yang lolos dari kejamnya sensor tjoi) Nah cem di bawah sokin sensor yang salah alamat tjoi;

Spoiler for barbuk:


Spoiler for barbuk:


Foto pertama adalah foto kartun monyet betina yang pake cem dress gitu, do'i lagi jatuh dan dadanya tersingkap tjoi. Dadanya disensor.

Di foto kedua ada foto sandy pake beha doang, beha do'i disensor tjoi. Kenapa disensor? Apa karena dibehanya ada nama merk dan disensor karena mengandung unsur komersial atau iklan?

Keknya kedua foto diatas entuh disensor karena mereka berdua menunjukan bagian tertutup yang ada di manusia tjoi. Tapi squidward & donald duck gak pake celana kenapa gak disensor tjoi? Menurut ane sensor diatas jan dilakukan tjoi, karena malah membuat orang yang liat penasaran apa yang ada dibalik entuh. Nah kalo yang tuwir mah udah tau, tapi kalo bocah tk gimenong? Kalo do'i namya ke ortu bisa dijelasin secara bijak tapi kalo do'i nanyanya ke temennya yang keblinger do'i bakal ikut keblinger tjoi.

Dulu waktu sd ane ngeliat sandy pake beha doang biasa aja tjoi, walaupun waktu itu ane udah kelas 5/6 sd yang bisa dibilang musim pancarobah dari bocah ke remaja udah mulai ngerti apa yang dibalik "entuh" tetep biasa aja.

Dan ada juga iklan baru-baru enih lagi booming tjoi, liat penampakan screen shotnya di bawah sokin;

Spoiler for barbuk bb17:


Seger bet tjoi. Iklan di atas tayang pas jam prime time/siang bolong. Bintang iklan entuh 3 miss universe tjoi, pertanyaannya apakah sandy yang pake beha doang lebih patut disensor ketimbang 3 miss universe semlohay yang pake pakaian gemes? Ente bayangin dah siang-siang panas ngeliat 3 miss universe semlohay panas-panasan di pantai.

Ada juga bule yang bingung sama kebijakan sensor indonesia tjoi, kek dibawah sokin;

Spoiler for barbuk:


Itu adalah contoh sensor over-used tjoi, contoh lainnya kek di bawah sokin;

Spoiler for barbuk:


Bukan sajam doang, tapi darah juga kena sensor tjoi.

Kalo kartun ini-itu disensor tapi kalo sinetron remaja yang cecintaan mulu sih aman-aman aja contohnya kek di bawah sokin tjoi;

Spoiler for barbuk:


Spoiler for barbuk:




Spoiler for barbuk:





Foto diatas malah yang bikin bocah-bocah dewasa sebelum waktunya daripada foto-foto kartun yag disensor tersebut tjoi. Dulu malah waktu GGS baru-baru booming anak-anak bocah di depan rumah ane malah ngaung-ngaung cem serigala tjoi, abis sholat isya langsung pada ngaung-ngaung manggil aliando kali yak.

kek gini kesimpulan ane;

Menurut ane sensor di kartun spongebob dan sebagainya gak perlu tjoi, kek sensor beha sandy di atas malah bikin bocah penasaran.

Soal sensor mas narto dari kabupaten konoha kalo dinilai banyak adegan kekerasannya mendingan ditayangin agak maleman di mana bocah-bocah yang belum ngerti udah dikelonin emaknya.

Masalah belahan dada kalo yang gak terlalu mencolok menurut ane gak usah disensor kecuali si artis pake pakaian yang minim bet kek bikini dsb, soalnya kalo belahan dada nongol sedikit disensor malah bikin bocah-bocah yang belum ngerti penasaran tjoi.

Dan kalo iklan kek screen shot di atas & film-film berbau bb17 mendingan ditayangin tengah malem, tapi waktu itu ane pernah liat film yang tokohnya ada yang ada pake baju keliatan udelnya disensor padahal ditayanginnya malem jam 11an tjoi.

Sebenernya menurut ane penggunaan sensor kurang efektif karena bikin "penasaran" tjoi, yang kurang patut diliat mendingan dicut scene tapi yang dicut bener-bener yang harus dicut jan salah sasaran. Tapi kalo kebanyakan konten yang gak boleh diliat yah mending ditayanginnya malem.

menurut ane ini blunder fatal dari KPI, yang kurang penting disensor tapi kalo yang harus disensor malah malah lulus sensor tjoi.

Sekian thread ane kali ini, ane gak mengharapkan yang ane harapkan cuman tjoi. selamat terguncyang & see ya on my next thread tjoi. & jan lupa liat komeng kaskuser yang terguncyang di post #2 tjoi.

Update biar ganteng.

Spoiler for sensor kreatif asal negeri onta.:
Quote:Original Posted By the.darn.knight
KPI mah dibayar aja selese
sensor ga niat banget. semua orang tahu apa yang di blur. pokoknya biar keliatan KPI ada kerjaannya gitu
siaran2 bodoh ga mendidik toh masih tetep aja ditayangin
coba lihat di arab deh, sensornya itu beneran di sensor
Spoiler for sensor arab:


tuh kan, niat banget kan sensornya


Spoiler for pengakuan kaskuser yang pernah kerja di tv swasta tjoi:
Quote:Original Posted By centaurionz
gan, buat bantu informasi aje ye, ane pernah kerja di salah satu tv swasta, sebetulnya yg nyensor itu dari pihak stasiun tvnya, jadi ada salah satu bagian dari tv itu yg kerjannya ngedit, baik itu ngedit durasi, sama yg kasih sensor, dan mereka dalam melakukan sensor ya berdasarkan aturan dari KPI, peraturannya itu kalo ga salah sih kasih secara umum, yang menerjemahkan ya, stasiun tvnya mau sebatas apa.

informasi ini boleh di kroscek dengan agan2 yang masih kerja di tv, terutama bagian QC


Spoiler for buat kaskuser yang pen buat konten pengaduan ke KPI:
Quote:Original Posted By evrythingswhite


walaupun ane sempat beda pendapat sama ts di thread sebelumnya, tapi yang ini ane setuju dah.

untuk sekadar menyarankan, mari kita ikut menyumbangkan konten aduan kita atas apa yang diperbuat oleh KPI di http://www.kpi.go.id/index.php/pengaduan

dengan isi aduan menyertakan link ini, agar bisa menjadi pembelajaran oleh pihak KPI dalam melaksanakan tugasnya.

karena lama - kelamaan sensor - sensor di indonesia semakin meresahkan.

pejwan gan kalo berkenan.

konten aduan : http://www.kpi.go.id/index.php/pengaduan


Spoiler for pengakuan mahasiswa komunikasi tjoi:
Quote:Original Posted By akmnia
pas liat ini di ht ane langsung bikin kaskus setelah selama ini jadi silent reader..maaf kalau berantakan karena masih newbie banget

ane mahasiswa komunikasi trus pernah dapet kesempatan buat dateng ke KPI gan. seinget ane KPI itu bukan lembaga yang menyensor gan.
jadi acara-acara yang ada di tv itu tayang duluan barulah diawasi dan dicatat oleh KPI, apakah tayangan tersebut sudah mengacu pada Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3 & SPS).

jujur ane ga hatam baca seluruh isi P3 SPS, tapi yang ane tau isi P3 SPS itu udah dirancang sedemikian rupa untuk melindungi penonton dengan tetap mempertimbangkan norma dan budaya indonesia gan.

nah ini jadi nyambung sama agan-agan yang marah kalau ada belahan dada, rokok, atau senjata tajam yang diblur. blur atau penyensoran itu dilakukan oleh pihak tv gan, karena mereka harus tunduk pada P3 SPS yang sudah ditetapkan KPI. Hampir 24 jam full KPI mengawasi seluruh isi tayangan tv (ada orang yang kerjanya nonton tv gan ), Jika ada pelanggaran dari P3 SPS itu maka akan dicatat dan kemudian dipotonglah adegan adegan yang melanggar tersebut sebagai buktinya oleh editor di KPInya.

nah, lagi-lagi masalah birokrasi. setelah dicatat dan beri bukti barulah pelanggaran-pelanggaran tersebut dibawa ke pihak lain yang lebih berwenang di atas KPI (ane lupa dewan apa atau kementrian apa takut salah sebut). Baru nanti merekalah yang menentukan sanksi apa yang harus diberikan untuk stasiun (bahkan sampai pengiklan kalau tidak salah). Tahapan sanksinya pun beragam gan, seinget ane mulai dari teguran hingga pemberhentian paksa. nah sampai ke sanksi paling akhir itu butuh proses gan, dan itu bukan kewenangan KPI.

Lalu kembali ke soal sensor...
mungkin ini lebih ke masalah media literacy gan..
mungkin agan-agan sekalian ini memang sudah berpendidikan ditambah lagi majunya teknologi membuat ilmu pengetahuan kita semakin berkembang. tapi bagaimana dengan saudara saudara kita di tempat terpencil atau di desa yang media literacynya masih kurang? atau anak-anak yang pada dasarnya masih bagaikan kertas putih yang polos? apakah semerta merta mereka akan tau kalau itu akting? apa agan yakin semua orang di indonesia tau bahwa acara di tv itu semua serba diatur dan dikontrol oleh pihak yang berkepentingan?ane rasa belum tentu gan..
nah maka penyensoran akan hal-hal tsb masih dilakukan..
ya mungkin sistem sensornya harus lebih niat kali ya gan..kalau soal itu mungkin bisa kita usulkan ke produsen acaranya/stasiun tvnya masing-masing

masalah anak-anak yang "penasaran" ane rasa itu kewajiban orang tua untuk mengajarkan atau memberi jawaban yang logis kepada anak mereka. karena jika tidak disensor maka anak-anak yang melihat itu, sedikit atau banyak bisa saja meniru padahal hal tersebut tidak pantas (itu opini semata gan, maaf ane belum pernah ngerasain punya anak)

oiya terakhir, ane bukan orang KPI ataupun orang yang dibayar KPI Disini ane hanya berusaha meluruskan apa yang selama ini ane lihat di internet yaitu betapa kesalnya orang-orang terhadap KPI yang main sensor..
kalau ada kesalahan ane siap dikoreksi gan karena ane juga masih belajar, kalau ada yg ingin didiskusikan karena penjelasan ane belibet boleh juga didiskusikan..


Jadi penyensoran dilakukan pihak tv karena kebijakan KPI kan tjoi?


OOT bagi kaskuser yang mau memberikan donasi untuk dana berobat kaki pak Ali silahkan klik di bawah sokin;

klik sokin.  (m.kaskus.co.id)

segala kebaikan pasti ada balasannya suatu hari nanti tjoi.
Kata mereka yang terguncyang di bawah sokin;

Quote:Original Posted By ogonkogonk
sensor itu buat penasaran kwkwkwk , jd mau gak mau cari tau itu apaan yg di sensor, tpi coba udah tau yg di sensor pasti kita cuma bilang "OH", tpi mngkin itulah cara biar KPI dibilang kerja

Quote:Original Posted By kotcrot.ketcret
kalo kartun di sensor gitu, anak" kecil yg nonton bertanya" dan ingin tau.. dulu sih belum di sensor gitu biasa aja dan gk kefo tentang hal" gituan.


Quote:Original Posted By arisa6282
Darah, rokok sajam, pornografi di sensor. Misalkan ada cewek pakai belahan dada rendah, keningnya berdarah dan dia juga merokok, tangannya membawa sajam. Gambar apa yg nampak?


Quote:Original Posted By hendri4l
tjoi tjoi pala lu tjoi geli w bacanya

bahkan pantat bayi pun pernah liat w itu disensor gan,,,,,,,,,,,,,dia pkir kite pedo apa
sensornya lebay, begitulah klo pengurusnya pada otak ngeres smua ,anak kcil lum ngerti ke arah situ,(kecuali dah mulai balikh dia) .efek disensor trus bikin penasaran,lalu browsing di smartphone emaknya,,,,,jreeeeeeeeeeeeeeeeeengg dia punya hobi baru sekarang

"CEPAT ATAU LAMBAT MEREKA (anak) AKAN MENGERTI JUGA DENGAN HAL2 BERBAU KE ARAH SITU"


Quote:Original Posted By normanlprabowo
menurut ane sensor itu gasemata apa yg ditampilkan gan, tapi konten materi isi yg gabermutu macem serigala2an, naga2an dan temen2nya itu disingkirin aje dari muka bumi ini. jijik bgt liatnya krn malah jadi objek pembodohan generasi muda indonesia. mending kalo bocah2 itu tau serigalaannya ditipi itu kopiannya pilm twi*light, nah kalo pemahamannya pilm twi*light itu kopiannya serigala indonesia kan berabe
diluar negri tuh program tv macem discovery channel dan sebagainya kan lebih bermutu tuh, semenjak tahun 2010an keatas jaman2nya program tv mulai didominasi cinta2an gajelas apalagi kopian2 film luar, ane mulai jauhin tuh tipi, merusak mood bgt keselnya itu sampe dibawa2 ketongkrongan juga masalahnya hahah


Quote:Original Posted By rizkybond
Bukan KPI namanya kalo gak maen sensor gan
Sudah gak heran lagi kalo acara jaman sekarang banyak sensor yang berlebihan
Tapi
Di satu sisi sinetron sampah koq masih ada yach yang menayangkannya
Apalagi katanya sinetron gaje aja bisa dapet penghargaan panassonik gembel award 2015
padahal kan KPI udah memberikan sanksi kepada pihak sinetron gajebo itu
Mendingan ane nonton film dibioskop aja gan
ato download di google ato youtube
Jika ada uang lebih langganan tv berlangganan aja gan
ada siaran HBO disana gan


Quote:Original Posted By krukov
jangan berharap sama KPI deh KPI itu Komisi Penonton Indonesia. lebih mending saya nonton TV lokal daerah, lebih mengutamakan budaya, adat istiadat dan kearifan lokal budaya ketimuran. TV nasional di kuasai abdul rizal bakrie, chairul tanjung, hary tanoesoedibjo, surya paloh enek lihatnya ganti saluran TV isinya sama. KPI nyensor film kartu tapi FTV, gosip artis dan sinetron yang pake pakaian terbuka di biarkan.



Quote:Original Posted By aly cool
Emang pada bego kali ya gan, padahal sinetron yang beredar lebih sering menunjukan adegan yang ga seharusnya, peluk, cium, rangkul, dll nah kalo yg nonton emak emak selow gan, kalo yg nonton ade ade lo gimane? mereka dewasa sebelum waktunya yg ada mereka diskolah coba coba, terus kebablasan dah tuh anak orang orang, terus aborsi dah, terus moral bangsa rusak dah. yassalammmm semua dimulai karena sinetron gan dan pengarh budaya asing. kalo kartun mah ga berdampak parah menurut ane gan...

Pray for KPI



Quote:Original Posted By dekar93
di kartun bicara "bodoh" aja di sensor tapi pas liat bang haji jualan bubur di R*T* ngomong "gob*lo* ,,, To*ol" dll ko bebas ye


Quote:Original Posted By erlndstyo
klo menurut ane bukan cuma gambar yang perlu di sensor , perkataan juga harus di sensor
macem di sinetron kang bubur pemainnya sering banget ane denger kata kata dri muhidin dan kardun setan,brengsek,sialan,dan hujatan hujatan kasar lainnya ....


Quote:Original Posted By stephjo
KPI ini emang ajaib, contoh di film barat ngomong FU*K di sensor *tiiiiitttt* tapi sinetron indonesia yag pake kata2 DASAR GEMBEL, GOBLOK, ANAK MISKIN, gak pernah tu disensor, pdhl kata2 itu jauh lebih merendahkan... strandar janda banget, ane jadi ngakak klo liat acara penghargaan2 luar yg d tanyangin, biasalah klo cewek luar pake gaun yg belahan dada rendah, belahan roknya amat sangat tinggi, jadilah tu seluruh tubuh kecuali muka diblur hahahaaha koplak



Quote:Original Posted By avialiner
Menurut ane kalo di sensor malah bikin makin fokus,ngebayangin apa yang di sensor. Padahal kalo cuma beha keliatan belahan boobsnya gak usah di sensor karna udah biasa,gak bakal fokus kesitu. Kalaupun ngeliat ke boobsnya pun paling cuma sebentar aja.
Kalo di sensor malah diliatin terus,jadi mau tau gimana bentuknya.
Malah tambah penasaran gan.


Quote:Original Posted By kyeesoer
Naruto aja disensor, bahkan dicut sama KPI.

Masa Tsunade dan Mei Terumi toketnya kelihatan sedikit aja disensor, Rin, Neji, Minato, Kushina, dan Jiraiya mati darahnya diblur terus dizoom bahkan dicut. Sensor KPI emang kagak waras. Menghilangkan keseruan ceritanya.



Quote:Original Posted By rendahgula
ane waktu itu nonton ff5 di global tjoi
pas waktu backgroundnya di pantai ngeblur semua kena sensor, sampe" subtitlenya kena juga kenapa gk dipotong aja sekalian



Quote:Original Posted By botakkeramat
Aneh memang KPI gan. Ane nonton tom and jerry di tv lokal adegannya banyak yang di potong, terutama pas adegan misalkan tom mentung jerry pakek sapu, dsb. Atau pas tom di ganggu jerry sampe gepeng ato jadi bentuk kotak gthu, tipikal kartun lah. Itu di potong semua lho ! Aneh gak? Kalau alasannya motong adegan itu gara-gara takut anak-anak niru, bodoh aja lah yaa. Tuh buktinya shinetron banyak tuh yang main pukul-pukulan, gak disensor. Apaan tuh? Mabok memang KPI. Yang Sandy makek bikini disensor itu paling muak ane. Itu kan tokoh kartun, wajar lah pakaiannya seperti itu, biar lucu atau gimana. Kalau memang yang kayak gitu juga kena sensor, gimana dengan shitnetron-shitnetron yang banyak pake rok mini, trus pahanya kemana-mana, makek baju ketat, itu sensor juga dong !!!! Itu kartun lho yang jelas-jelas gak nyata, bentuknya animasi gitu. Trus coba bandingin sama shitnetron itu yang meranin orang beneran. Coba deh liat sekitar, mana banyakan anak-anak niru tokoh kartun apa shitnetron?

Sumpah sebel ane nonton TV lokal.
Ane udah kabur lah ke TV kabel, meskipun bayar, ane gak perlu kesel liat ulah KPI yang BEGO


Quote:Original Posted By estidi
Mestinya kalo belahan atau paha doang (apalagi kartun) gak perlu lah disensor, kecuali kalo emang belahannya terlalu seksi/hampir keliatan puting...
Adegan kekerasan kartun juga gak perlu dipotong semua, mending dikasih disclaimer atau ortunya yg dididik supaya mendidik anaknya bair gak niruin...

Wong ane dari kecil sampe gede demen bgt yg namanya tom & jerry, ada adegan mulai dari mukul kepala, nembak temennya, ampe ngeledaki rumah ane tonton, toh gak ane tiruin juga
Bahkan dulu ane nonton titanic ama batman-nya george clooney yg ada adegan french kiss no sensor di TV, gak ngaruh sama psikologi ane, gak bikin ane mendadak jadi sex addict...

Malah teori ane, kalo anak dari kecil dikasih tonton kek belahan atau paha (tentunya dgn proporsi yg wajar dan natural) dan disertai arahan ortu, gedenya gak akan jadi penjahat kelamin atau liat paha dikit langsung ngecrot, karena dari kecil udah nganggap itu hal yg biasa, bukan sesuatu yg terlalu tabu...

Anak2 sekarang cerdas2 kok, lebih cerdas malah dari jaman ane masih kecil dulu , pasti bisa ngebedain mana yg baik dan yg buruk, apalagi kalo orangtua ikut mendidik dgn baik...


Quote:Original Posted By Idealisticalith
Sensornya lebay tuh gan. Masa acara kartun disensor sampe kaya gitu tapi sinetron pelukan dan ciuman ditayangin pas primetime ga ada tindakan. Gila aja bocah2 lagi semangat2nya nonton tv malah disuguhi adegan yang membuat mereka termotivasi untuk melakukannya


Quote:Original Posted By skylance
dulu klo gak salah inget pas panasonic. ada artis diwawancarai, nah kan dibelakang'a ada gambar2 piala PA yg model2 bentuk tubuh tuh. gambar piala bagian anu'a diburemin. wkwk ampe segitu'a ngesensor




udah disumpel kali gan

kaliii lohh, jangan prasangka buruk
mending "anak kecil" kasih gadget aja gan,
daripada nonton tv, jadi semua tayangan gak disensor.


gara-gara "anak kecil" juga WWE dilarang tayang
hadeuh.
mungkin niatnya baik, cuman caranya mungkin yang kurang benar
mungkin lho ini
mungkin




makasih
yoi tjoi sinetron tontonan yg merusak mlah dibiarin.
Akibat sensor...
Gua jadi penasaran...
dan cari apa isi dibalik sensor lewat internet.
itu bagus, sensor tanpa pandang bulu.
ntar kalo bilangnya "cuma animasi", bisa-bisa hentai ditayangin juga
KPI cman bkin acara indonesia mkin GAK BERMUTU
Yang nyensor kebanyakan minum aer kobokan gan, mangkenye kayak gitu. Gak jelas dan tebang pilih
tv kabel juga sekarang d sensor om..makanya mending cari donlotan aja...

satu2 nya anime d sket dance yg d sensor, pas muka bossun nabrak tembok..dan itu kaya lucu2 an doank nyensor nya, muka luka d ganti emot melet yg d plaster
kayak nya di bayar nih tukan sensor...
salah potong
yg disensornya pilih2 kpi skrng mah, parah
sensor itu buat penasaran kwkwkwk , jd mau gak mau cari tau itu apaan yg di sensor, tpi coba udah tau yg di sensor pasti kita cuma bilang "OH", tpi mngkin itulah cara biar KPI dibilang kerja
Ane bantu gan
org" di KPI otaknya pada mesum klo liat kartu gan, soalnya mereka dulu mantan penggemar hentai
ga pernah liat tv lokal gan
sebaiknya layar tipinya aja di sensor full ya
jadi burem semua gitu

^ Nonton Hentai aja TS
Entahlah , logikanya Kpi gmana dalam sensor-menyensor
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar