Pages


Minggu, 31 Januari 2016

Indonesia Bisa Lunasi Hutang LN Jika Terapkan Sistem Lalu Lintas Australia

Quote:Hi gan, apa kabar nih? Semoga sehat dan baik selalu, ya..

Sebelumnya ane ucapin makasih buat agan yang udah berkunjung, komen, dan rate5. Dan seperti biasa, kalau agan nggak suka, langsung ajah tutup jendela Kaskus di layar komputer agan sista.

Tadi ane lagi iseng-iseng berselancar di internet, gan.., dan nggak sengaja nemu artikel yang dimuat di Kompasiana oleh seorang Kompasianer bernama Tjiptadinata Effendi. Untuk linknya silakan dikopas sendiri yang ane kasih warna biru ini, gan! m.kompasiana.com/tjiptadinataeffendi21may43/bekerja-di-australia-mengapa-tidak_552a2f626ea8346c37552cff.

Nah, dalam artikel tersebut bapak Effendi membahas seputar pekerjaan yang bisa dilakukan oleh seorang TKI di Australia. Di situ ada bahasan menarik seputar sistem lalu lintas di Australia yang kalau diterapkan di Indonesia, ane yakin uang tilangnya bakal cukup buat bayar hutang luar negeri Indonesia.

Kenapa begitu? Soalnya potensi terjadinya pelanggaran lalu lintas di Indonesia sangat besar, gan.

Dan sebelum masuk ke pembahasannya, ane jabarkan dulu sistem lalu lintas di Australia sebagaimana yang ditulis oleh bapak Effendi.


Quote:Sistem Digital



Sebagaimana kita tahu, polisi di Indonesia yang punya slogan mengayomi masyarakat ini seringkali 'mangkal' di berbagai persimpangan jalan dan atau di lampu merah. Tugas mereka tidak lain adalah untuk menjaga agar arus lalu lintas tidak tersendat. Selain itu, bapak polisi kita punya segepok surat cinta yang bisa digunakan untuk menandai pelanggar rambu lalu lintas.

Hal berbeda terjadi di Australia, di sana lalu lintas dipantau menggunakan kamera. Jadi, bapak polisi Australia nggak perlu susah payah berpanas-panasan atau kehujanan untuk menertibkan pengguna jalan. Kalaupun kedapatan melanggar dan ada polisi di situ, jangan coba-coba menyogok! Alih-alih dibebaskan, yang ada malah dijebloskan ke penjara.

Lantas apa saja pelanggaran yang dendanya bisa dipakai untuk melunasi hutang luar negeri? Berikut ulasannya:


Quote:Penerobos Lampu Merah



Okeh, pendapatan yang bisa dipakai untuk melunasi hutang luar negeri Indonesia dari aksi pelanggaran rambu lalu lintas adalah menerobos lampu merah.

Jika di Indonesia diterapkan aturan yang sama seperti yang ada di Australia. Maka pemerintah akan kaya mendadak karena kebanjiran uang tilang. Sebagaimana kita tahu, menerobos lampu lalu lintas seolah menjadi makanan sehari-hari sebagian besar masyarakat Indonesia.

Jika agan kedapatan melanggar, meski tidak ada polisi yang memantau di jalanan, maka dalam 2-3 hari surat tilang itu akan sampai ke rumah si pemilik kendaraan karena setiap pelanggaran direkam lalu dilacak kepemilikannya berdasarkan plat kendaraan.

Dendanya sendiri nggak tanggung-tanggung, yaitu $250 Australia atau setara dengan Rp2,500,000. Wow banged kan, gans?!


Quote:Penyebrang Jalan



Masih menurut pak Effendi, penyebrang jalan di Australia itu mendapat prioritas utama untuk lewat. Ibaratnya mereka itu seperti kereta api di Indonesia. Semua mobil wajib berhenti kalau kereta mau lewat.

Dari tulisan pak Effendi, orang Australia itu kalau mau nyebrang nggak perlu tengok kanan kiri dulu, gan. Soalnya mereka nggak bakalan ditabrak. Jika ada orang nyebrang sambil tengok kanan kiri di Australia, dapat dipastikan itu orang Indonesia.

Parahnya lagi, agan baru boleh melaju kalau si penyebrang sudah benar-benar sampai di seberang dengan selamat. Kalau dia baru setengah jalan, meski sudah melewati mobil agan trus agan lanjutin nginjek gas, maka agan akan ditilang dan SIM dicabut. Sayangnya nggak disebutin besaran dendanya nih, gan. Cuma dalam 6 bulan itu agan nggak bisa bikin SIM dulu.


Quote:Telponan Saat Nyetir



Nah, yang terakhir ini juga banyak banged dilakuin oleh pengendara di Indonesia, gan.

Kalau di Australia sana, masih menurut pak Effendi, jika seorang pengendara ditilang karena menggunakan telepon saat nyetir itu dendanya nggak tanggung-tanggung, $1000 Australia atau hampir Rp10 juta nih, gan. Nggak cukup denda uang saja, handphone juga disita, trus SIM dicabut.

Wah, apa nggak kaya tuh pemerintah kalo dapet tilangan Rp10 juta per orang yang suka nelpon sambil nyetir?


Spoiler for Tret Pilihan, Gan!:
Mampir juga ke tret ane:
Gokil, Superhero Marvel dan DC Comic Jadi Menteri di Indonesia!
http://kask.us/h4HfR
==================================
Kenapa Celana Hulk Nggak Pernah Sobek?
http://kask.us/ibI0n
==================================
Dunia Kacau Tanpa Puting Susu Lelaki, Gans!
http://kask.us/iaTof
==================================
In Time: Saat Usia Dijadikan Sebagai Mata Uang
http://kask.us/ibO8f
==================================
The Walk: Menggantung Mimpi pada Seutas Tali
http://kask.us/iamuh
==================================
Sudah Disiksa Pasangan Kok Masih Memilih Bertahan?!
http://kask.us/iaSLH
==================================
Bawang Putih and The Huntsman
http://kask.us/h90Wm
==================================
Lelaki yang Tersembunyi di Antara 7 Keajaiban Dunia
http://kask.us/iaj1h
==================================
THG: Mockingjay Part 2; 5 Menit yang Mengubah Segalanya
http://kask.us/h90Mo
==================================
Kreativitas Bisa Bikin Agan Abadi Kayak Vampire
http://kask.us/ialrB
==================================
Cara Superb Merahasiakan Status Jomblo
http://kask.us/h95MV
==================================
Dagelan Kaskus: Cendol dan Bata Jadi Senjata
http://kask.us/h8YF2
==================================
Jika Adam dan Hawa Nenek Moyang Manusia, Lantas Mengapa Kita Berbeda?
http://kask.us/h8NNd
==================================
Sering 'Sakit', Indonesia Bakal Ganti Nama dan Warna Bendera
http://kask.us/h6MNI
==================================
Wah, Karakter Seksual Agan Bisa Ditebak Dari Huruf "Y"!
http://kask.us/h7WK3
==================================
Benarkah Tempat Gym itu Sarang Maho?
http://kask.us/h5U5n
==================================
Ternyata Tetangga Nggak Suka Rumputnya Dianggap Lebih Hijau
http://kask.us/h6ij7
==================================
Payah, Ini Sebabnya Film Horror Indonesia Selalu Kalah Sama Film Hollywood
http://kask.us/h5pPB
==================================
Bener Nggak Sih Ketek Pria Sembuhkan Stres Para Aganwati?
http://kask.us/h5bIU


Quote:Sekian dulu tret dari ane. Gimana menurut agan? Apa harus diterapkan cara seperti itu untuk membayar hutang luar negeri Indonesia, gan? Bagi WNI yang tinggal di Australia, boleh dong nambahin info lain buat ane dan Kaskuser lain



Ane minta maaf kalau ada kata yang kurang berkenan di hati agan. Ane nggak bosen-bosennya bilang kalo ane cuma manusia biasa, bukan Tuhan yang Maha Sempurna.

Sekali lagi ane ngucapin makasih buat yang sudah mampir. Ane juga nggak bosen-bosennya bilang kalo tret ini dibuat bukan untuk memuaskan segala kalangan. Jadi, kalau ada kekurangan karena tidak sesuai dengan minat agan, berilah maaf si TS karena hakikatnya, sebuah tret tidak akan mampu memuaskan seluruh Kaskuser.
Tertib Lalu Lintas

Quote:Original Posted By darkodesey
tambahan gan, ane tinggal d australia udh 3 th.
SIM dsini d kasih jatah poin, yg full license d kasih 12 poin. ada P merah P ijo juga L atau masih belajar.
nah setiap kita melanggar poin itu akan d kurang i tergantung pelanggaran kita, untuk speeding makan 2 poin dan denda tergantung kecepatannya nya semakin tinggi semakin banyak denda.
untuk menerobos lampu merah kena 4 poin ini yg ganas gan, juga denda sebesar $425 ane kena sekali bener an bikin kapok dah kena jepretan kamera d lampu merah bikin lemes..

nyetir sambil nelpon, dulu kena 3 poin dan denda $250 tp skrg ane dnger d radio udh naik jd 4 poin jd musti waspada. ngak cuman nelpon pegang hp pun juga kena, mata polisi dsini pake mata super semua bisa kelihatan meskipun dr jauh atau pun d belakang atau d depan ente.
terus masalah nyebrang jalan dsini kyak raja gan, pejalan kaki d utamakan dan ngak boleh d klakson, ente klakson org yg lg nyebrang bisa d laporin k polisi dan d tuntut.
klakson mobil dsini jga ga boleh se enak nya, ane dsini nyetir jarang buanget dnger suara klakson mobil truk bis atau apa pun itu, klakson bunyi klo ada yg bner2 ngawur.

nah, kembali lg k poin2 d sim australia.
kalo poin Ente abis maka jadi illegal kalo nyupir, ngak basa basi langsung masuk penjara kalo ketahuan nyetir tanpa sim atau sim ny abis poin.
poin bakal balik lg setelah 3th, nah loh.. kapok ga tuh ?

juga dsini kalo mau buat sim ngak semudah d indonesia, banyak step nya.
dan harus benar-benar belajar .harus tau semua aturan. ngak asal aja.

satu lg,dsini jg ada yg nama ny double demerit points,yg artinya d hari2 tertentu denda juga poin akan d lipat gandakan.. akan berlaku d hari2 libur tanggal merah dsb..
dsini kalo udh hari double demerit jalanan sepi.. kalo pun rame yg nyetir waspada semua.. pelan2 banget..

seandainya aturan ini d terapkan d indonesia, pasti d jalan jd super aman.

No pic hoax ?
nih gan, penalty notice ane


Quote:Original Posted By uklunk

Baca ginian jadi pengen share pengalaman ane dulu waktu masih kerja di UK. Jadi kejadiannya pas ane habis road trip bareng temen2 keliling UK naek mobil. Gak berapa lama habis pulang road trip ane dapet kiriman surat dari dewan kota yang kemaren daerahnya ane lintasin. Ternyata surat tilang WTF! Jadi ane baru tau kalo selama ane melintas di kota tersebut pas road trip, ane pernah masuk lane khusus bus secara gak sadar, yah namanya baru pertama keliling tuh kota jadi gak perhatiin rambu. Baru nyadar melanggar pas tuh surat tilang nyampe ke rumah. Dan gak bisa bantah karena ada 3 foto yg membuktikan kalo ane bersalah.

Foto 1 pas ane belum masuk lane tersebut
Foto 2 plat nomer mobil ane
Foto 3 pas mobil ane keluar dari lane tersebut.

WTF gak bisa berdalih pokoknya. Intinya KEFOTO BASAH!
Spoiler for Ini Surat Tilangnya, ane crop dikit:

Dendanya juga gak maen2,£60 WTF (£1 sekarang hampir Rp. 20.000) jadi hampir Rp. 1.2jt kalo dirupiahin. Cumen dapet diskon kalo bayarnya di bawah 14 hari setelah surat tilang tersebut sampe.

Intinya, jelas sarana dan prasarana teknologinya ya kudu di upgrade seperti itu, bayangin kefoto basah ane jelas banget sampe ke nomer platnya . Dan itu jelas otomatis, karena pasti mereka melihatnya berdasarkan hasil rekaman CCTV. Lagi yg gak kalah penting:

1. Pendataan penduduk harus terintegrasi di dalam satu sistem jadi gampang dilacaknya. Di UK ketat kalo masalah kek ginian, semua data-data kita udah pasti ada di dalam database mereka, dari sidik jari, alamat rumah, tempat kerja, nomer jaminan sosial dll pokoknya lengkap. Jadi kalo kenapa kenapa gampang lah nyari orangnya. Lha di Indo, KTP aja masih bisa nembak dan banyak alamat yg gak sesuai KTP. Kalo di sana gak bisa kaya gitu.

2. Kepemilikan mobil juga gak sembarangan masalah surat2nya, dalam hal ini BPKB. Karena apabila BPKB gak beres dan kita misal nyetir pake mobil yang BPKB nya masih milik orang, nah orang yg namanya tercantum di BPKB tersebut yang kena (kasus kalo beli mobil second hand ya). Jadi disana masalah surat surat kendaraan udah bener bener diberesin di awal.

3. Kali aja ada yang mau nambahin


Quote:Original Posted By RealGigz
ane pernah kuliah di aussie / khuhsusnya di perth gan 2 tahun, pernah dimarahin ibu2 karena waktu putaran / roundabout itu gak ngasih jalan dari kiri..

jadi disini (disana) udah menjadi peraturan kalau ada putaran, bahwa kita selalu ngasih jalan buat mobil yang dari kanan, jadi kalo kita dari arah selatan trus ada mobil dari timur, kita otomatis harus berenti. Jadi kalau kitanya yang datang dari arah timur mereka, gak usah khawatir buat ngerem, karena udah hak kita dan mereka PASTI ngerem...

segitu teraturnya gan sampe di bunderan aja ada peraturan se detil itu.. kalo diterapin dijakarta mah gak akan abis2nya mobil dari arah kanan kita..

waktu itu ada juga gan, ranger.. mereka gak terlalu galak kyk polisi, biasanya cuma nertibin pelanggaran2 kecil. Waktu itu ane lagi mau parkir gan dipinggir jalan. Karena yang satu arah sama ane penuh parkirannya (parkirannya lurus semua), jadi ane ambil yang lawan arah ane gan, tapi mobil ane parkirnya ngelawan arah karena memang kan pindah jalur ane, males muter lagi , eh ditegor sama ranger katanya kalo parkir harus satu arah gan.. ane juga gak tau itu peraturan baku atau kah agar teratur doank atau gimana


Quote:Original Posted By mr.otong9
Kalo disini kurang yakin bisa diterapin yang ada malah ribut n berontak


Quote:Original Posted By stanXX
Gw berani kasih komen berbeda. Dare to be different gan

Klo gw pikir2 lagi, pantesan bule2 Australia pas wisata ke Indonesia (Bali), urakan banget, dan kesannya selengean..

Di negara asalnya mrk dikekang abis2an, begitu ketemu Indonesia yg 'bebas'nya sebebas bebasnya lgsg keluar jiwa 'rebel'-nya
Tapi kynya sih mrk ga banyak bikin masalah kriminal ya di sini.. Cuma keliatan urakan aja hehe


Quote:Original Posted By Tancredi
Wah. Ini sih ga selaras sama budaya timur indonesia yang kita bangga2kan yaitu tidak tertib dan hanya memikirkan diri sendiri.

Contohnya sangat banyak
Parkir sembarangan
Nerobos lampu merah
Kalo ada yang mau ngasi sign mau belok malah nambah kecepatan sambil ngelakson
Menggunakan trotoar untuk jalur kendaraan bermotor
Menggunakan trotoar untuk parkir
Menggunakan trotoar untuk berjualan
Lawan arus
Tidak bisa antri
Korupsi
...
Dan masih banyak lagi

Budaya berkendara ala budaya timur bangsa indonesia yang adalah

UTAMAKAN KLAKSON


Mari kita rakyat Indonesia berontak, karena peraturan seperti ini hanya akan membuat budaya semerawut dan tidak tertib kita menjadi luntur.


Quote:Original Posted By KenL3y
Klo dendanya segede gitu yakin bakal ada yg nerobos/ ngelanggar peraturan? Yg ada jg tertib, trus yg ngelanggar and byr denda jd jauh berkurang. Yakin bs ngumpul duitnya bwt byr utang.
Mau utang lunas ya simpel, berhenti berhutang.
Selama indon pkai kebijakan defisit anggaran jgn harap hutang bisa lunas, ibarat pegawai ada penghasilan perbulan tp rencana belanja tiap bulannya sllu sengaja dibuat melebihi pendapatan dan kekurangannya didpt dgn berhutang. Kpn lunasnya itu utang? Yg ada lama2 tiap kli byr hutang cma bwt nutup bunganya doang


Quote:Original Posted By mrgets
Biasa lah pemerintah Indonesia, kalo ada suatu inovasi kan di tahan-tahan dulu dengan alasan butuh regulasi, harus di kaji setiap aspek, berapa ongkos pembuatan sistemnya, DLL...

Jadi ngimpi dulu aja deh untuk sekarang... Ga ngarep sistem lalu lintas Indonesia bisa seperti negara maju...


Quote:Original Posted By abrargemstone
Gni bre ya, yg jadi koruptor alias yg makan tu duit denda tilang bukan cuma polkis lantasnya Tapi yg diatas2 tuh bre yg kenyang.. Ingat itu, jadi kalau dendanya dimakan ama yg diatas2 juga ga bakalan smpe ke negara apalagi buat byarin utang2


Quote:Original Posted By approve.cc
dosen ane pernah tinggal di autralia , kata doi mobil exp 5 tahun , abis itu langsung di buang ke tempat pembuangan mobil , dan gak ada yang mungut walau masih bagus juga


Quote:Original Posted By excel150
Wah,,kasian nanti gan,,abang gojek,grab bike dsb g bisa nayri customer pake hp atau telp customer sambil nyetir lagi


Quote:Original Posted By herman69


Menurut saya kok Mustahil dilakukan di Indonesia gan, karena sebagian besar kendaraan di sini status kepemilikannya adalah tangan kedua dan jarang orang mau balik nama kepemilikan, sehingga pemilik kendaraan belum tentu sama namanya dengan yang tercatat di BPKB

Coba aja kita lebih lama dijajah inggris... gakaya penjajahan blanda yg cma memperbodoh doang
Bakal banyak bgt yang bayar kendaraannya juga banyak
di sana sudah terbiasa hidup disiplin. jauh banget bedanya sama di sini.
Kalo di sini sih di tilang wani piro,polisi makin tebel aja dompet nya
habisi dulu para koruptor bree
Pejwan dolo gan
yakin dibuat ngelunasin?
maka dalam 2-3 hari surat tilang itu akan sampai ke rumah si pemilik kendaraan karena setiap pelanggaran direkam lalu dilacak kepemilikannya berdasarkan plat kendaraan.

ini juga boleh, selain plat kendaraan pas nganterin syrat tilang disertai foto ama video sekalian biar greget
Wah,,kasian nanti gan,,abang gojek,grab bike dsb g bisa nayri customer pake hp atau telp customer sambil nyetir lagi
komen dulu baru baca
Mungkin hanya angan2 ini
tikus tikus kantor nya dulu di basmi bre, baru turun ke rakyat..
Biasa lah pemerintah Indonesia, kalo ada suatu inovasi kan di tahan-tahan dulu dengan alasan butuh regulasi, harus di kaji setiap aspek, berapa ongkos pembuatan sistemnya, DLL...

Jadi ngimpi dulu aja deh untuk sekarang... Ga ngarep sistem lalu lintas Indonesia bisa seperti negara maju...
Klo dendanya segede gitu yakin bakal ada yg nerobos/ ngelanggar peraturan? Yg ada jg tertib, trus yg ngelanggar and byr denda jd jauh berkurang. Yakin bs ngumpul duitnya bwt byr utang.
Mau utang lunas ya simpel, berhenti berhutang.
Selama indon pkai kebijakan defisit anggaran jgn harap hutang bisa lunas, ibarat pegawai ada penghasilan perbulan tp rencana belanja tiap bulannya sllu sengaja dibuat melebihi pendapatan dan kekurangannya didpt dgn berhutang. Kpn lunasnya itu utang? Yg ada lama2 tiap kli byr hutang cma bwt nutup bunganya doang
bakal bnyk duit nih negara klo gini.
Kalo disini kurang yakin bisa diterapin yang ada malah ribut n berontak
Quote:Original Posted By KenL3y
Klo dendanya segede gitu yakin bakal ada yg nerobos? Yg ada jg tertip, trus yg ngelanggar and byr denda jd jauh berkurang. Yakin bs ngumpul duitnya bwt byr utang.
Mau utang lunas ya simpel, berhenti berhutang.
Selama indon pkai kebijakan defisit anggaran jgn harap hutang bisa lunas, ibarat pegawai ada penghasilan perbulan tp rencana belanja tiap bulannya sllu sengaja dibuat melebihi pendapatan dan kekurangannya didpt dgn berhutang. Kpn lunasnya itu utang? Yg ada lama2 tiap kli byr hutang cma bwt nutup bunganya doang



wah ane baru tahu gan seperti sisten utang indo makasih pencerahannya
Gembok

Updet : miccion acomplit
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar