Pages


Minggu, 31 Januari 2016

KENAPA USAHA YANG KITA RINTIS BISA GULUNG TIKAR



Mungkin ente berencana ingin memulai usaha sendiri dengan modal yang udah ada, silahkan dibaca trit yang ane buat ini gan.
Mudah mudahan bermanfaat dan enak untuk dibaca.
Karena disini ane tulis berdasarkan pengalaman pribadi ane sendiri dalam mencoba memulai sebuah usaha sendiri.
Kalau bahasanya agak ngawur mohon maaf yee gan, karena ane cuma lulusan eSeMPe yang pengen share pengalaman ane.
Ane masih 27 tahun yee gan, jadi masih pengen banyak banget belajar.
Semoga trit ini bermanfaat gan


Quote:BASA BASI

Ane cuma lulusan eSeMPe yang ingin berbagi pengalaman yang pernah ane alamin dalam memulai sebuah usaha.
Bermodalkan uang tabungan yang ane kumpulin selama jadi anak buah pedagang kaki lima DVD bajakan yang ada di cibi**ng
Ane mencoba memulai sebuah usaha sendiri di kawasan PANT*RA.
Dengan modal pas pas'an dan niat awal ingin buat senang orang tua ane dan juga merubah nasib untuk bisa lebih baik.
Dibawah ini ane kasih sedikit mulustrasi usaha yang pernah ane rintis dan harus gulung tikar dengan berbagai alasan.
Mungkin beberapa point dibawah ini bisa ente ambil manfaatnya untuk bahan pertimbangan dalam memulai sebuah usaha.
Spoiler for "Jangan di bully ya gan, soalnya cuma usaha kecil":









Mulustrasi diatas adalah usaha yang pernah ane rintis sekitar 4 tahun lalu dan hanya tinggal kenangan sekarang ini.
Jika di tanya apakah ingin memulai lagi, ane akan jawab IYA
Tapi masih dalam proses, karena ada beberapa hal yang masih menjadi kendala untuk ane pribadi.


KENAPA USAHA YANG KITA RINTIS BISA GULUNG TIKAR



Quote:1. MODAL



Ini adalah permasalahan klasik banget menurut ane, karena banyak dari kita yang udah mencoba memulai sebuah usaha hanya dengan modal pas pas'an.
Dan memang ada sebagian yang masih bisa bertahan dan juga mungkin bisa sukses dengan modal yang pas pas'an ini.
Tetapi lebih banyak yang gagal karena kekurangan modal.

Mempunyai banyak modal belum tentu jaminan usaha ente akan sukses, lebih tepat ane sebut jika usaha ente akan bisa bertahan jika mempunyai banyak modal.
Untuk mencapai sukses ..... belom tentu.

Quote:Pengalaman pribadi ane, kalo cuma mikirin masalah modal percuma ente buka usaha.
Karena kalo usaha ente udah jalan dan sedikit berkembang, semua pasti berebut nawarin ini itu ama ente.
Tapi saat ente ambruk, gak tau dah ntu orang pada kemana ...
Kadang ketemu di jalan aja serasa gak kenal .... ngenes bener bree



Quote:2. KURANGNYA RELASI



Permasalahan yang kedua mungkin karena kurangnya relasi kenalan ente dengan usaha yang ente mulai.
Pada saat ente memulai sebuah usaha, start awal yang paling mudah adalah memberikan informasi kepada relasi / kenalan ente terlebih dahulu.
Jika relasi ente sangat minim, maka ente perlu kerja keras untuk bisa bersaIng dengan usaha sejenis yang sudah ada.

Quote:Ane pernah punya pengalaman sampe gak bisa ngelayanin pembeli yang dateng karena emang kerterbatasan pekerja dan fasilitas pendukung yang ane punya.
Daya tampung usaha ane cuma bisa 60 orang tapi saat itu pengunjung lebih dari 200an orang.
Banyak komplain ane dapet dari kejadian ini, tapi semua ane terima karena ane emang ingin belajar.
Tapi semua komplain yang masuk merupakan komplain positif yang bisa membuat usaha ane lebih baik di kemudian hari.



Quote:3. PEKERJA



Urutan yang ketiga adalah pekerja, memang benar bahwa banyak pengangguran di negara kita.
Tetapi tidak sedikit juga yang langsung mengharapkan gaji besar saat pertama kerja.
Kalo ente memulai sebuah usaha dengan modal pas pas'an, pastinya ente akan berpikir lagi sebelum memilih menggunakan pekerja yang akan bekerja di dalam usaha yang akan ente mulai.

Quote:Dalam hal ini ane termasuk beruntung karena ane bisa memperkerjakan 12 orang.
Tetapi sebelum mereka semua mulai bekerja untuk usaha ane, ane memberitahukan terlebih dahulu bahwa ane gak bisa mematok berapa gaji mereka di awal pembicaraan.
Dan ternyata mereka bersedia, dan seiring berjalannya waktu mereka juga merasakan keuntungan atas jerih payah yang mereka keluarkan untuk usaha ane.
Memang nominal yang ane berikan gak gede, tapi buat beberapa kalangan dengan penghasilan segitu udah cukup untuk bertahan hidup.
Pada saat usaha ane di terpa ke buntuan, dengan terpaksa mereka ane pulangkan.



Quote:4. LOKASI



Lokasi usaha yang mudah di jangkau mungkin memiliki "HARGA" yang jauh lebih mahal daripada lokasi yang sulit dijangkau.
Mahalnya "HARGA" sewa lokasi ini kadang menjadi kendala bagi ente yang ingin memulai suatu usaha, mungkin solusinya adalah dengan sewa secara bulanan.
Tetapi jika usaha yang ente mulai tidak menunjukkan kemajuan, maka hal ini bisa memberatkan anda di kemudian hari.
Dengan modal yang terus menerus terpakai untuk keperluan lain tanpa memperoleh keuntungan, sudah pasti usaha anda akan GULUNG TIKAR.

Quote:Pengalaman pribadi TS saat usaha lagi enak enaknya jalan dan berkembang, timbul masalah tak terduga dengan pemilik bangunan yang ane sewa.
Uang sewa bangunan terus naik secara bertahap tiap 3 bulan, dan puncaknya bangunan itu tidak bisa ane sewa lagi dengan "alasan" ingin dipakai oleh pemiliknya.
Nasib coii jadi orang kecil .... dan nyatanya sampe sekarang ntu bangunan gak dipake.
Salute bree ....



Quote:5. SARANA



Memberikan sarana penunjang untuk para pelanggan mungkin bisa menjadi trik tersendiri bagi anda yang ingin memulai sebuah usaha.
Tapi janganlah terlalu mengedepankan hal ini, karena hal hal yang seperti ini kadang tanpa disadari bisa merugikan anda sendiri.
Terlebih anda masih baru memulai sebuah usaha, fokus pada tujuan utama usaha anda terlebih dahulu jauh lebih baik.

Quote:Kalo untuk point ini, yang pernah ane kasih cuma memberikan sarana Cas HP secara gratis.
Walau terkesan sepele, tapi kadang kita di pusingkan dengan masalah beginian. Karena hampir semua orang sekarang punya HP dan tidak sedikit yang memasang tarif untuk sarana yang satu ini.



Quote:6. HARGA



Dalam memulai sebuah usaha, pasti kita yang menentukan harga jual di usaha kita.
Kalau harga yang kita berikan terlalu mahal, bisa jadi pelanggan gak akan balik lagi untuk belanja di tempat kita.
Begitu juga sebaliknya, jika kita memberikan harga yang terlalu murah.
Keuntungan yang kita dapat menjadi sangat minim dan ini mesti diperhitungkan dengan pengeluaran yang mesti kita bayarkan.
Kalo terus terusan nombok ya pasti usaha ente GULUNG TIKAR.

Quote:Untuk harga ... kalo pengalaman ane sih
Barang yang cepet laku / selalu dicari pembeli, ane naikin harganya sedikit aja.
Beda harga dikit pembeli jarang komplain dan yang penting perputarannya cepat daripada ente jual mahal mahal malah ntar gak laku dan dapet ceramah dari pembeli ente.



Quote:7. PENGEN UNTUNG



Inilah yang paling berperan besar dalam proses GULUNG TIKAR usaha yang ente mulai.
Siapa sih yang gak pengen untung ?
Tapi dalam memulai sebuah usaha itu jangan langsung mengharapkan keuntungan yang berlipat lipat gan.
Santai aja dan tetap konsisten dengan usaha ente, daripada ente mikirin keuntungan.
Lebih baik persiapkan mental untuk menghadapi masalah yang mungkin datang di kemudian hari yang bisa buat ente kena serangan jantung mendadak.


Quote:Tips dari ane kalo ingin ambil keuntungan dari barang yang agak susah aja di cari.
Dan ambil keuntungannya jgn gila gilaan, bisa bisa di semprot ente ama yang pengen beli.


SUMBER THREAD PENGALAMAN PRIBADI TS
MULUSTRASI DARI FOTO PRIBADI TS

Quote:JATUH BANGUN DALAM MENCOBA SEBUAH USAHA ITU SANGAT WAJAR
KARENA SEMUA ITU PROSES BELAJAR
SEMAKIN TINGGI POHON, SEMAKIN BESAR ANGIN YANG MENERPANYA

SUKSES SELALU BUAT KALIAN SEMUA


Quote:DISAAT USAHA YANG TELAH KITA MULAI JATUH
BUKAN BERARTI KITA HARUS BERHENTI BERUSAHA.
KARENA HIDUP MASIH TERUS BERLANJUT DAN TETAP SEMANGAT MENJALANI HARI HARI


Setelah usaha yang ane rintis ini tutup, banyak upaya telah ane coba untuk bisa memulai kembali.
Tetapi disaat ente jatuh, semua orang bisa berubah menjadi pribadi yang tidak mengenal ente.
SAAT USAHA ENTE MAJU, SEMUA ORANG INGIN KENAL DENGAN ENTE
DAN SAAT USAHA ENTE HANCUR, SEMUA ORANG BISA GAK KENAL SAMA ENTE
Kalo ente memiliki usaha yang masih berjalan
Selalu siapkan tabungan untuk bisa menanggulangi masalah tak terduga di kemudian hari.
Tidak ada salahnya belajar dari pengalaman orang lain, tapi jangan jadikan pengalaman itu sebagai acuan pasti.
Proses yang kita alami itu berbeda dan gak akan pernah sama antara satu dan lainnya.



Quote:BUAT YANG INGIN NAMBAHIN MASUKAN
SANGAT ANE PERSILAHKAN DAN NANTI BAKAL ANE ANGKUT KE ATAS


THANKS UDAH MAMPIR GAN & SIST
+
KOMENTARLAH SEBELUM BERKOMENTAR ITU DILARANG





KOMEN KASKUSER
Quote:
Spoiler for :
Quote:Original Posted By uklunk
Kurang sedekah gan
Spoiler for :
Quote:Original Posted By ularpiton
Gan ane ga bisa berkata-kata nih
sebetulnya ane masih berjuang banget nih untuk setidaknya bertahan dalam usaha ane ini,
nombok2 itu kadang bikin ane kesel tak karuan apalagi mesti bayar sewa bulanan..
ane curhatnya segitu aja deh kalo panjang-panjang ntar ketauan susahnya

cek kulkas gan
Spoiler for :
Quote:Original Posted By dhenny54
makasih infonya gan....moga sukses buat agan
intinya jangan menyerah deh gan

mdh2ah usaha ane lancar jaya jg ye gan....amiin
Spoiler for :
Quote:Original Posted By noabsurd
Bener banget gan penjelasan ente.
Menurur Bob Sadino, "bisnis yang bagus itu bisnis yang dijalankan, bukan direncanakan. Semakin kamu takut membayangkan resiko bisnis, maka semakin takut pula kamu akan menjalankannys". So jangan banyak pikir. Let's doit.
Spoiler for :
Quote:Original Posted By rambut21
Pengalaman ane sih buka usaha udah segala macem di jabanin dr bula toko online, jualan keripik ampe buka angkringan semuanya gulung tikar ada rencana lg sih buat buka usaha sekarang ane kerja di bandar ikan bangun jam 2 pagi jam kerja saban hari kadang buat tidur jg susah gajiiii di bawah standart tp ane jalanin aja kerjaan sekarang ngitung2 belajar sambil bangun koneksi sana sini yah mudah2an tar udah lebaran ane udah bisa dagang ikan amin
pantang menyerah gan sebelum kejual 1 produk wkwkw
calon HT

MEJENg DULU

enakan hobi yang bisa menghasilkan karena ga terlalu ngebet sama selalu untung

tangkep pak pol
warna fontnya bikin perih gan...
Quote:Original Posted By madishop.com
pantang menyerah gan sebelum kejual 1 produk wkwkw

harus giat pastinya gan
nya gan jgn lupa
kan gratis

Quote:Original Posted By winandaugm
calon HT

MEJENg DULU


kayaknya jauh dari hate gan
kan cuma share pengalaman ane aja
nya jgn lupa gan

Bagi saya, yang harus paling diperhatikan adalah:
1. Kualitas barang/jasa
2. Layanan
3. Harga
Quote:Original Posted By mebediara
enakan hobi yang bisa menghasilkan karena ga terlalu ngebet sama selalu untung :sudahkuduga

tangkep pak pol

ane gagal paham gan
nya aja deh jgn sampe ketinggalan

Quote:Original Posted By nashroel
warna fontnya bikin perih gan...

yah mohon maaf ye gan
ntar deh ane edit lagi warnanya
gan

Quote:Original Posted By shunyomk111
Bagi saya, yang harus paling diperhatikan adalah:
1. Kualitas barang/jasa
2. Layanan
3. Harga


pastinya ntu gan
nya jgn sampe lupa
penting juga ntu
mejeng dulu bray, baca nya nnti
Pengen sih sebetulnya buka usaha, tapi gak tau usaha apa
Jenuh juga soalnya jadi pegawai yang kerja cuma gitu gitu aja
Quote:Original Posted By hogan1207
mejeng dulu bray, baca nya nnti

ratenya aja yang duluan
takut ente lupa balik lagi buat baca

Quote:Original Posted By chocoterra
Pengen sih sebetulnya buka usaha, tapi gak tau usaha apa
Jenuh juga soalnya jadi pegawai yang kerja cuma gitu gitu aja

usaha banyak kok gan
mau usaha apa aja ntu bebas
tetap bersyukur gan karena masih punya pekerjaan
banyak orang yang gak seberuntung agan
sukses selalu untuk agan disana


Kurang sedekah gan
Quote:Original Posted By seleb.dumay

ratenya aja yang duluan
takut ente lupa balik lagi buat baca


usaha banyak kok gan
mau usaha apa aja ntu bebas
tetap bersyukur gan karena masih punya pekerjaan
banyak orang yang gak seberuntung agan
sukses selalu untuk agan disana




Ho'oh gan.. makasih atas masukannya gan
kalo di diri ane kurang relasi yang pas gan, ane ga terlalu gaul orangnya
klo boleh tau alesan agan hukung tikar karena tidak dapat perpanjangan kontrak atau alasan lain?
kurang relasi betul sekali itu
Quote:Original Posted By uklunk
Kurang sedekah gan

yah mungkin nanti kalo udah berjalan usahanya bisa mulai bersedekah
jangan lupa nya bree

Quote:Original Posted By chocoterra


Ho'oh gan.. makasih atas masukannya gan

semangat bree
hidup mesti berlanjut sekalipun kita terpuruk

Quote:Original Posted By booue
kalo di diri ane kurang relasi yang pas gan, ane ga terlalu gaul orangnya

gak mesti gaul juga kok gan
ane juga gak gaul kok
relasi dari orang dalem dulu gan
misalnya kenalan dari pihak keluarga ente sendiri
itu bisa menyebar dengan sendirinya

nutup pejwan dulu
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar