Pages


Minggu, 03 April 2016

Time Travel Theory | Fakta atau Fiksi?

Mohon maaf apabila thread ini agak 'Ngaco' karena TS-nya juga sedikit 'Ngaco' ...
Semoga bisa jadi Thread pilihan ya saudara - saudara sekalian


Mohon kesediaannya memberikan Komeng atau apabila berkenan lemparilah Cendol buat TS

Selamat datang di thread pertama ane ... hari ini ane akan membahas tentang .....


PENJELAJAH WAKTU

Mari kita simak bersama ......



Spoiler for Keset pembuka:

Spoiler for Bonus pengunjung:

Time Travel Theory | Fakta atau Fiksi?


Selamat datang di Thread Pertama ane Agan - agan & Aganwati sekalian!


Spoiler for Pembahasan:


Di thread pertama ane ini ane pengen membahas tentang Time Travel alias si penjelajah waktu
Rasanya kalo dipikir - pikir orang bisa melintasi ruang dan waktu kayanya gak mungkin banget ya

Yuk kita bahas ....


Spoiler for Tanya:

Sebenernya gimana sih Teori Menjelajah Waktu itu ?


Spoiler for Jawab:


Ada 3 konsep teori yang bisa dijadikan acuan untuk Menjelajah Waktu

Konsep Spacetime (Ruang - Waktu)

Coba bayangkan ruang dan waktu sebagai satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Mungkin agak susah sih karena keduanya biasa dianggap sebagai dua dimensi yang berbeda, tapi yuk coba dulu. Kalau bingung, coba ambil kain atau anyaman. Bayangkan ruang dan waktu itu terjalin seperti benang-benang vertikal dan horisontalnya. Konsep penjalinan dua dimensi ini awalnya diajukan oleh Hermann Minkoswki, lalu dikembangkan lagi oleh Einstein.

Ingat cerita Newton yang melihat apel bergerak jatuh dari pohon? Dari situ ia menyimpulkan adanya percepatan gravitasi. Sederhananya, benda yang jatuh ke tanah akan bergerak semakin cepat karena adanya gaya gravitasi. Berbeda dengan Newton, Einstein tidak melihat gravitasi sebagai sebuah gaya. Sekarang coba rentangkan kainmu tadi di udara dan letakkan sebuah bola kecil yang agak berat. Muncul cekungan kan? Menurut Einstein, seperti itulah gravitasi; sesuatu yang muncul dan berefek pada ruang dan waktu akibat massa dari suatu benda.

Berbeda dengan Minkowski, menurut Einstein konsep ruang-waktu tidak bisa dianggap sebuah kain yang kaku; namanya saja kain. Menurutnya, ruang-waktu ini bisa menekuk, meliuk, bahkan terlipat. Nah, secara teoritis sih, lekukan, liukan, dan lipatan ini bisa mengantarkan kita pada kemungkinan penjelajahan waktu, atau tepatnya ruang-waktu. Tidak hanya itu, bahkan kita bisa pula bergerak lebih cepat dari cahaya maupun melakukan teleportasi. Walaupun demikian, memanipulasi kain (semesta) dari sudut pandang yang termanipulasi (manusia) jelas tidak semudah itu.

Spoiler for Ilustrasi:

Time Travel Theory | Fakta atau Fiksi?


Konsep Wormhole (Lubang Cacing)

Salah satu konsep yang ditawarkan Einstein terkait penjelajahan waktu adalah wormhole atau lubang cacing. Pada tahun 1935, Einstein dan fisikawan Nathan Rosen menyampaikan teori mereka tentang keberadaan lubang cacing di semesta. Hingga kini, teori perjalanan waktu dengan melibatkan konsep wormhole adalah yang paling populer. Bahkan konsep ini digunakan dalam film Interstellar.

Apa itu wormhole? Mungkin kamu tahu perumpamaan sederhana dengan kertas dan pulpen yang bisa menggambarkan konsep ini dengan sederhana. Untuk menghubungkan dua titik di atas kertas, normalnya kamu bisa menarik garis dari titik satu ke titik lainnya. Nah, konsep lubang cacing ini menawarkan kamu sebuah jalan pintas yang melewati batasan dimensi. Kamu bisa memghubungkan kedua titik itu dengan melipat kertas, meletakkan mereka di atas satu sama lain, lalu (opsional) menusuknya dengan pulpen. Nah, coba bayangkan teori ini terjadi di kain ruang-waktu yang telah kita bahas tadi.

Menurut teori relativitas umum Einstein, lubang cacing bisa menjembatani sekaligus membuat jalan pintas jarak ruang-waktu dari titik satu ke titik lainnya. Walaupun demikian, masuk ke lubang cacing untuk menjelajah waktu tidaklah semudah itu.

Menurut Kip Thorne, astrofisikawan di balik film Interstellar, ada indikasi yang kuat bahwa hukum fisika tidak akan memungkinkan manusia untuk menjelajah melalui lubang cacing. Untuk menjaga lubang cacing tetap terbuka, diperlukan sesuatu bernama energi negatif yang besar dan konstan. Hal ini tidak bisa terjadi secara alami. Ya kita tunggu saja peradaban manusia, siapa tahu bisa menembus batasan fiksi ilmiah ini.

Spoiler for Ilustrasi:

Time Travel Theory | Fakta atau Fiksi?


Konsep Paradoks

Bermain-main dengan teori penjelajahan waktu tentu kamu akan dihadapkan dengan paradoks. Paradoks adalah situasi konflik atau kontradiksi yang muncul akibat pengakuan sejumlah premis (landasan kesimpulan/dasar pemikiran) yang bertolak belakang.

Salah satu paradoks yang cukup terkenal adalah Paradoks Kakek. Dalam paradoks ini, diumpamakan kamu berhasil pergi ke masa lalu dan membunuh kakekmu sendiri. Orangtua anak kakekmu tidak dilahirkan, maka kamu juga tidak bisa lahir. Dengan demikian perjalanan waktu yang kamu lakukan pun seharusnya tidak bisa terjadi.

Ada yang menggunakan paradoks ini untuk menjelaskan bahwa menjelajah waktu ke masa lalu adalah sesuatu yang mustahil. Ada pula yang beranggapan bahwa kita tidak serta merta perlu mengambil kesimpulan itu. Mereka percaya apa yang sudah terjadi sudah terjadi dan akan tetap terjadi di masa lalu; kita tidak bisa mengubahnya.

Ada pun yang beranggapan bahwa perubahan masa lalu tetap bisa terjadi, tapi di semesta paralel atau parallel universe. Jadi setiap perbedaan pilihan yang kamu ambil akan mengantarkan kamu pada cabang semesta yang berbeda. Kejadian masa lalu pada cabang yang satu lagi akan tetap utuh tak berubah, dan akan tetap mengantarkan kamu untuk membunuh kakekmu dengan mesin waktu. Teori yang ini memfasilitasi kronologi sebagai konsep yang mandiri dari arus waktu.

Spoiler for Ilustrasi:

Time Travel Theory | Fakta atau Fiksi?



Spoiler for Sumur:






Spoiler for Tanya lagi:


Susah gan .... Ada yang lebih simple gak?


Spoiler for Jawaban koplak:


Daripada bingung mending cekidot beberapa referensi yang ane dapetin di Youtube ini gan !

Spoiler for Referensi Time Travel 1:




Spoiler for Referensi Time Travel 2:




Spoiler for Referensi Time Travel 3:





Bahkan ada Time Travel waktu pertandingan Mike Tyson di Tahun 90'an .... Cekidot!

Spoiler for Referensi Time Travel di Pertandingan Tinju Mike Tyson:


*Mike Tyson punya fans dari masa depan



Vladimir Putin pun 'terlibat' Kasus Time Travel .... Cekidot!

Spoiler for Referensi Putin The Time Traveler:


*Hmmmmmmm jangan - jangan dari dulu udah punya 'bakat' ngeluncurin rudal...



Artis - artis juga ada yang 'terlibat' Kasus Time Travel Gan, Siapa saja?.... Cekidot!

Spoiler for Referensi Artist Time Traveler:


*Bisa nebak gak gan, siapa artis yang bener - bener seorang penjelajah waktu...?




Terima kasih sudah menyimak thread ane yang sederhana ...
Mohon komeng dan cendol apabila berkenan



Spoiler for Komeng Berkualitas:


Spoiler for Special Komeng Yes!:

Quote:Original Posted By twisctre
Kalo berdasarkan itung itungan einstein gak realistis buat jaman modern saat ini, nunggu peradaban kita minimal Kardashev II-III dulu.

Blm secara teori kalo kita speeding menuju c, jangankan c, 0,1c aja kita akan terpecah jd atom dan elektron. Yang pernah nyobain jalur darat 180 km/j (di soal fisika msh sering dipake, 50 m/s) tanpa pengaman ala F1 aja badan udah kayak mau pecah

Manusia saat ini bisa di Kardashev 0,7 setau gw



Quote:Original Posted By DimasRinaldi19


Hmmm.. Ane tertarik sama si Kardashev ini dan malah baru kali ini denger nama doi. Setelah nyari referensi ternyata si Kardashef ini bikin sebuah perhitungan tentang bagaimana suatu peradaban memanfaatkan energi sekitar.
Makasih gan udah share Kardashev. Saat ini udah masuk skala 0.73. Entah jutaan tahun kemudian.


Quote:Original Posted By rehancr007
kalo intinya sih gan, sebenernya perjalanan antar waktu itu sangat memungkinkan dan bahkan udah terjadi(tapi gak tau untuk kasus time travel puluhan tahun)

karna seperti yang dijelasi Einstein, gravitasi itu bends space and time alias membengkokkan/membelokkan ruang dan waktu, semakin besar sebuah energi gravitasi, semakin besar juga kecembungan tersebut, yang di istilahin sama kain itu misalnya kita taro biji kelereng biasa, dibandingin sama kita taro biji kelereng dengan massa seberat gunung, kan lengkungannya pasti dalem banget tuh ya gan, cuma beda dengan kain, space and time gaakan pernah robek/rusak.

nah, sebenernya hal ini udah terjadi tapi memanfaatkan fenomena yang namanya time dilation dimana dimisalkan kondisi sudut pandang dua orang di tempat yang berbeda dengan tarikan gravitasi yang berbeda akan menimbulkan perbedaan waktu pada kedua orang tersebut. contoh kita di bumi, dan satu orang lagi dengan tanggal lahir yang sama ditaruh di bulan, misalnya dalam jangka waktu 1 tahun, orang yang di bumi akan mengalami penuaan+proses pelewatan waktu selama 1 tahun, sementara yang berada di bulan (gravitasi bulan seperenam gravitasi bumi) akan mengalami perbedaan lamanya penuaan dan pelewatan waktu itu, dimana saat orang yang di bulan pulang ke bumi, si orang bulan akan 0.6 tahun lebih muda dari kita.

dan sebenernya, gak cuma gravitasi aja yang bisa ngelengkungin waktu, kecepatan juga bisa, yang dimana perjalanan waktu sangat amat mungkin jika peradaban manusia udah bisa bikin kendaraan yang mencapai kecepatan cahaya 100.000km/s(CMIIW)

segitu aja dari ane gan, boleh taro pekiwan yaaaa


Quote:Original Posted By dickaoppai
IMO waktu itu emg relatif sprti kata mbah Einstein tpi mnurut gw waktu itu slalu brgerak maju, gak ada namanya waktu yg bisa diputar kmbali lantas memunculkan dunia" paralel, kita adalah kita apa yg akan trjadi slanjutnya hnya itulah khidupan kita. Sprti khidupan trus brgerak maju yg berasal dri kputusan" yg saling berkaitan maka jika ingin mnciptakan "alur mundur" itu harus melalui kputusan" yg juga saling berkaitan, which is impossible. Mslnya dlam kasus astronot yg sdh prgi mnjelajah slama 100 thn tpi saat balik ke bumi msh trlihat berumur 30 maka dia bukan kmbali ke masa lalu atau mnuju masa dpan tpi kmbali ke aliran waktu bumi yg berbeda dgn aliran waktu di tmpat pnjelajahannya.

CMIIW


Quote:Original Posted By febritom
Buat aku time travel adalah hal yang udah usang, dan ga perlu dibahas lagi karena mustahil... Teori pertama ttg gravitasi=lengkungan ruang & waktu, bola yg diletakkan diatas kain yg direntangkan dan menimbulan lengkungan yg membuat benda2 yg ditaruh ke kain itu menuju kearah bola, pertanyaannya pda situasi realnya apa yg diibaratkan kain? Pdahal ruang angkasa adlah ruang hampa (kecuali anda percaya ttg adanya ether) lengkungan itupun tak mempengaruhi waktu scra langsung, hnya mempengaruhi ruang.. Teori lubang cacing lagi, teori ini cma bsa dpakai kalo kita brpikir ruang & waktu seperti dimensi paralel (dri satu satuan waktu ke satuan waktu yg lain kita selalu berpindah-pindah dimensi ruang
& waktu (dunia kita beberapa waktu yg lalu masih mlakukan hal yg sma/msh ada ttpi berada di dimensi yg berbeda dgn kita yg skarang)sperti saat kta mlihat bku, stiap satuan waktu kta berpindah ke halaman lain, dgn msh trsedianya halaman sebelumnya,,aku mlihat waktu dan dimensi adalah sesuatu yg konstan & brjlan beriringan, sperti satu kisah yg dtulis dlam satu lembaran raksasa yg hbis dlam satu halaman sja (tak ada lompatan dimensi setiap satuan waktu). trus ada jga yg brpendapat kta bsa mlintasi ruang & waktu bla kcepatan kta lbh dri kcepatan cahaya, ini pun aneh, sbrapa cpat pun kmu, kmu ttap tak bsa brlomba dgn waktu (patokan waktu biasa/jam biasa bkan jam atom yg fungsi di realitas khdupan cma teoritis doang) kcepatan= mmpersingkat waktu bkan mlompati waktu, cth seorang astronot dgn psawat ruang angkasa trbang dgn kcpatan chaya, slama satu tahun dithun 2015 dan kmbali di tahun 2016 sma aja stu tahun, cma jrak tmpuhnya sja lbih jauh dr pesawat ruang angkasa yg ada skarang, klo ada asumsi bhwa tbuhnya msh sma prsis sperti stahun yg lalu, tak trjadi pnuaan sma skali, plingan cma proses metabolisme tbuh yg brjalan lbh lambat slama di prjalanan sgala asumsi ttg hal ini msh mitos blaka krna blum ada manusia scepat itu,atau simple nya bla anda bsa mlakukan satu pkerjaan berribu-ribu kali lipat lbh cpat dri orang lain, bkan brarti anda mlompati waktu, anda hanya mnghemat waktu.masalah bntang yg kta lihat adalah kondisi bntang bbrapa tahun yg lalu itu jga bkan krena trjadi lengkungan ruang&waktu itu krena mmang krna cahayanya bru smpai sni ( krna chaya mmbutuhkan waktu untk smpai kbumi) so mnurut saya waktu yg kita pakai adlah suatu hal yg brjlan konstan.


Quote:Original Posted By SturmBright


bisa dibilang oke namun berlebihan gan, agan bisa bayangkan kan komputer yang ditemukan 1st dengan komputer pada saat ini, gak usah jalan jauh dengan kemampuan komputernya, tapi hanya 1 hal "size", begitupun dengan mobile phone, agan berspekulasi 200 tahun yang akan datang, akankah size mobile phone sama seperti yang ada sekarang? bagaimana bentuk?, langsung timbul lagi pertanyaan buat argumen agan, yang di video/ gambar yang ada bisa diperkirakan datang dari 200 tahun yang akan datang? tentu saja gak. jadi sangat besar kemungkinan video yang ada menyangkut mobile phone pada masa itu yang dikatakan time travel bisa disimpulkan hoax, hal ini dipertimbangkan dengan fakta lapangan gan, tapi bukan ane bilang juga time travel itu gak mungkin dan hoax, hanya saja orang yang buat spekulasi mengenai time travel yang dihubungkan dengan video itu gak valid.


Quote:Original Posted By raks666
tau ga sih konsepnya time machine? jadi gini yg ane baca itu saat kita teleportasi diri kita bakal terpecah jadi atom2 yg kalian taulah ukuran atom seberapa, nah teori inituh dibantah ama einstein, doi sih bilangnya manusia gabakal bisa teleportasi, coba kalo agan kirim pulpen pake time machine, nyampe sana sih pulpen yg sama tapi kalo ente masuk ke time machine, bisa2 pas sampe tujuan urat kaki ada di leher tuh gan kan belom tentu atom kita kembali ke tempat semula. Itulah kenapa sampai sekarang yg teleportasi begono belum bisa.


Quote:Original Posted By sittroars
Kalo baca soal time travel emang ga pernah bosen gan
Trit keren nih :2thumbsup: ane pernah baca kalo kita bergerak pada kecepatan cahaya kita bisa nembus ruang waktu yah tapi sesuai teori relativitas waktu dari einstein kalo kita bergerak pada kecepatan cahaya maka gaya gravitasinya makin besar makanya black hole itu tarikan gravitasinya besar banget karena secara teori black hole itu berotasi pada kecepatan cahaya kalo pengen banget nonton film sci fi soal ginian nonton interstellar deh gan emang bener bener keren tuh film disitu karena black hole bergerak pada kecepatan cahaya mereka yg disekitar black hole akan merasakan waktu menjadi lambat tapi orang di bumi tetap merasa waktu yg normal normal aja jadi saat kita berenti dari kecepatan cahaya dan kembali bumi voila jangan kaget mungkin anak ente yg baru ente tinggal pas umur 2 tahun udh berumur 90 taunan yap tapi emg bener ini konsepnya namanya dilatasi waktu




Spoiler for Special Komeng Religius:

Quote:Original Posted By dpupungah
Kalau berdasarkan ajaran islam(bukan bermaksud sara). Waktu & Roh adalah ilmu yang dikunci sama allah,jadi sepinternya manusia dalam belajar tentang kedua ilmu tersebut ga akan ketemu titik temunya. CMIIW


Quote:Original Posted By q.....p
NO SARA

yang muslim jangan percaya time travel ataupun multiverse travel...

itu pasti akan bertentangan dgn rukun iman yg ke-6,, takdir itu cuma 1, pasti, udah ditetapkan sebelum bumi ini diciptakan...

kalau kita bisa kembali ke masa lalu, maka kita bisa memperbaiki masa depan, atau malah memperburuknya,, takdir yg sekarang kita jalani pun pasti beda lagi...

jadi ingat film the butterfly effect
meskipun kau bisa ke masa lalu
kau takkan bisa mengendalikan masa depan
malah kau hanya akan memperburuknya

intinya jalani dan syukuri saja apa yg sudah terjadi sekarang





Quote:Original Posted By shelariz
Jd inget cerita nabi yg mindah kerajaan dlm sekejap mata. Kalo itu pake ilmu dualisme partikel gelombang trs ada hubungan sama waktu sih kemungkinan bisa aja. Ga menutup kemungkinan kalo teleport/time travel mampu dilakukan hahaa





Spoiler for Special Komeng Membingungkan:

Quote:Original Posted By akira48
suatu misteri yang nggak akan terpecahkan karena banyak sekali petunjuk yang rumpang
seperti kalo kita masuk lubang cacing apakah kita tidak hancur ?
apakah benar lubang cacing adalah jalan pintas antara ruang dan waktu ?
semua pertanyaan itu sangat sulit dijawab karena lubang hitam pun letaknya sangat jauh dari gugus bimasakti


Quote:Original Posted By Maradona
Isu isu nya sih orang gila orang gila yang ada di jaman sekarang itu time traveller dari jaman sriwijaya dan majapahit yang lagi melakukan perjalanan melintasi waktu......


Quote:Original Posted By BorsBorsBors
ane binung mau komen apa...


Quote:Original Posted By helium.rusak
wah time travel nih
Kalo menurut ane, perjalanan waktu itu dibagi jadi 2

1. Waktu itu berjalan seperti animasi. Berupa kumpulan dari banyak gambar yang jadi satu kesatuan hingga terbentuk animasi. nah pertanyaannya, Gimana kalo ane nyelipkan satu gambar pada animasi yang udah jadi itu? jalan cerita yang ada di animasi itu tetap berjalan tanpa ada perubahan di endingnya. Jadi, kalo kita pergi ke masa lalu tetap aja gak akan mengubah masa depan.

2. Waktu itu ibarat butterfly effect. Kalo kita deketin, kupu-kupu itu bakal pergi. Tapi kalo dibiarkan, kadang malah mendekati. Jadi setiap perbuatan membentuk suatu simpangan timeline. Misalkan, ane pergi ke masa lalu untuk membunuh si A. maka akan tercipta dua garis dunia yang beda. Di garis dunia dimana A hidup, dan di garis dunia dimana A mati. Tapi kalo ini sih masuknya ke dunia paralel

demikian penjelasan Absurd dari ane

source: film










Spoiler for Biar gak 'Ngaco'.....:

BONUS .... sekedar menghilangkan ketegangan akibat pro kontra Time Travel

Pertamax dulu ahhhh
Kalo berdasarkan itung itungan einstein gak realistis buat jaman modern saat ini, nunggu peradaban kita minimal Kardashev II-III dulu.

Blm secara teori kalo kita speeding menuju c, jangankan c, 0,1c aja kita akan terpecah jd atom dan elektron. Yang pernah nyobain jalur darat 180 km/j (di soal fisika msh sering dipake, 50 m/s) tanpa pengaman ala F1 aja badan udah kayak mau pecah

Ini dipengaruhi sm gaya antarmolekul, gaya gesek udara/drag force (1/2 cρAv^2, c "koefisien gesek" udara, asumsi 0,8 aja gan), gaya gesek kinetis, belum gaya tikung, gaya alami melawan gravitasi (w sin θ ) sama gaya bebas kalo perlu

Buat yg gak ngerti kenapa manusia gak bisa speeding up atau ngebut tanpa pengaman, coba ente dorong gelas isi air dengan kencang, JANGAN SAMPAI KEANGKAT/JATUH GELASNYA, kalo ada yang tumpah terlihat kan efek goncangan oleh gaya dorong. Kalo high speed bener bener tanpa pengaman tanya yang pernah jd ataper KRL aja

Manusia saat ini bisa di Kardashev 0,7 setau gw
Hoax gan
Quote:Original Posted By twisctre
Kalo berdasarkan itung itungan einstein gak realistis buat jaman modern saat ini, nunggu peradaban kita minimal Kardashev II-III dulu.

Manusia saat ini bisa di Kardashev 0,7 setau gw


Hemmmmbbb thanks komengnya gan ...
Kalo untuk itung - itungan sesuatu yang diluar nalar otak ane agak coak Gan
Tapi komengnya agan bener - bener High Quality

Terima kasih


Quote:Original Posted By Meta.Cooler
Hoax gan


Entah hoax or real ... ane gak tau pastinya Gan
Tapi kalau seandainya bener, ane mau kembali ke masa lalu buat nembak gebetan ane yang terlupakan



bnyk pro dan kontra tentang hal ini ...
Kayanya hoax deh. Tp itu subjektif pribadi gan yg laen gmn pendapatnya?
hmm.. entahlah ane malah bingung, yg buat teori2 tu pada pernah nyoba?
Quote:Original Posted By rizalshinoda
bnyk pro dan kontra tentang hal ini ...


Pro dan Kontra pasti ada Gan ...
Tinggal bagaimana per individu menyikapi teori ini

Kalo orang - orang yang percaya dukun pasti percaya


fact or fiction, tolong di bantai ya TS nya prok prok prok
Quote:Original Posted By mr.croovooc
Kayanya hoax deh. Tp itu subjektif pribadi gan yg laen gmn pendapatnya?


Terkadang ane juga berpikir begitu gan, namanya foto sekarang bisa diedit pake sotosop ...
Sooo .. entahlah


Mungkin

Tapi berapa abad lagi...
Quote:Original Posted By mukamukaos
hmm.. entahlah ane malah bingung, yg buat teori2 tu pada pernah nyoba? :gagalpaham


Nahhhh ini dia gan ... secara teori semua terlihat kaya fiksi
Tapi dari beberapa referensi keliatan real ...

Gagal paham kan? Sama...


engga salah salah kamar gan ?
btw nice trit
wih ht nih gan trit nya
Quote:Original Posted By ilhamzakariya
Mungkin

Tapi berapa abad lagi...


Biar cucu sama cicit ane aja yang ngerasain Gan ...
kalo itung - itungannya masih abad



ane kagak ngerti beginian gan
Quote:Original Posted By Muhamadirwan99
engga salah salah kamar gan ?
btw nice trit



Thanks buat komengnya di thread pertama ane Gan....
Kalo salah kamar ane berharap disambut sama yang beginian Gan
Spoiler for Huhhhhahhh....:

Time Travel Theory | Fakta atau Fiksi?


kayanya kalo menjelajah waktu sih mustahil gan soalnya kalo ada kaya gitu sejarah bakal kacau mungkin aja penyebab pd2 itu orang masa depan
Quote:Original Posted By aderio25
ane kagak ngerti beginian gan




Gpp gan ... itu pala jangan digetok - getok
Bukannya pinter malah benjol sama aja susah pinternya
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar