Pages


Rabu, 27 April 2016

Pentingnya Mematikan Sepeda Motor Saat Mengantri di SPBU

Pentingnya Mematikan Sepeda Motor Saat Mengantri di SPBU


Quote:Tekan Shift + X untuk membuka konten (PC/Laptop only)

Spoiler for opening quotes:
"Terima kasih, kalian. Barisan para mantan." - Dodit Mulyanto


Spoiler for info:
Hampir semua isi konten disini adalah hasil pemikiran lazu14yang dibantu dengan ini. Gambar bersumber disini.



Selamat pagi, siang, dan malam, para kaskuser

Assalamualaikum Wr.Wb


Spoiler for opening:

Intermeso

Pentingnya Mematikan Sepeda Motor Saat Mengantri di SPBU

Meskipun fenomena ini sudah mulai punah, namun keberadaannya yang masih dapat dijumpai di masyarakat umum membuat sebagian orang merasa risih dan tidak nyaman. Ya, tidak mematikan sepeda motor saat mengantri bensin di SPBU.

Kedengarannya sepele. Hanya hal kecil yang tidak begitu diributkan banyak orang. Namun, jika kita perhatikan dengan seksama, tidak mematikan sepeda motor saat mengantri bensin di SPBU bisa dikategorikan sebagai pelanggaran kecil, dengan hukuman maksimal ditegur dan dinasehati. Sayangnya, 99% orang enggan menegur dan menasehati para pelaku kejahatan ini. Alasan klasiknya ; "Itu mah urusannya dia. Ngapain gua ikut campur?". Dan sayangnya lagi, sampai saat ini TS masih termasuk kategori 99% itu.

Mengapa tidak mematikan sepeda motor saat mengantri bensin di SPBU termasuk pelanggaran kecil? Check it out!


Spoiler for 1:

1. Penghamburan!

Pentingnya Mematikan Sepeda Motor Saat Mengantri di SPBU

Sadarkah kalian, berapa banyak bensin yang terbuang sia-sia hanya karena malas mematikan sepeda motor saat mengantri di SPBU? Analogikan dengan asumsi setiap 10 sepeda motor yang mengantri di 1 SPBU, hanya 3 sepeda motor saja yang dimatikan (bedasarkan fakta tadi pagi pukul 07.00 di SPBU dekat rumah TS). Mungkin, dalam hitungan kasar, bensin yang terbuang dari 7 sepeda motor itu hanya sekitar beberapa tetes. Tapi, berapa banyak sepeda motor yang mengantri setiap hari dalam 1 SPBU? Berapa banyak SPBU di Indonesia? Banyak, bukan?


Spoiler for 2:

2. Menunjukkan Sikap Pemalas!

Pentingnya Mematikan Sepeda Motor Saat Mengantri di SPBU

Apa salahnya kita mendorong sepeda motor kita sejauh beberapa meter selama mengantri? Bukannya lebih baik menyisihkan sebagian kecil stok energi kita untuk mendorong, daripada membuang tetesan bensin yang sia-sia? Wajar kalau mengeluh capek, kalau yang didorong adalah mobil. Sepeda motor? Stok energi yang kita punya lebih dari cukup untuk mendorong sepeda motor di antrian SPBU yang TS perkirakan antrian terpanjangnya hanya sekitar (kurang lebih) 30 meter. C'mon...


Spoiler for 3:

3. Tidak Sayang Lingkungan!

Pentingnya Mematikan Sepeda Motor Saat Mengantri di SPBU

Emisi bensin menghasilkan CO2 sebanyak 2,33 kg/liter. CO2 yang berlebihan akan merusak lingkungan. Dengan asumsi hanya 3 sepeda motor yang dimatikan saat mengantri di SPBU, maka 7 sepeda motor sisanya akan tetap menghasilkan CO2 selama mengantri.

Quote:... : “Alay! Cuma beberapa menit saja, gak ngefek!”

Jika 70% sepeda motor di Indonesia melakukan hal yang sama, bagaimana? Banyak CO2 yang dihasilkan secara sia-sia yang hanya akan merusak bumi. Kasihani anak cucu kita nanti...


Spoiler for last:

4. Menganggu Telinga!

Pentingnya Mematikan Sepeda Motor Saat Mengantri di SPBU

Sudah hidung kita yang terganggu dengan CO2, jangan sampai telinga kita yang terganggu akibat suara knalpot dari sepeda motor yang tidak dimatikan itu. Telinga kita juga memiliki hak untuk bekerja dengan baik tanpa ada gangguan “disengaja” yang melemahkan kerja telinga.

Quote:... : “Alay! Sekarang banyak motor yang suara knalpotnya pelan. Caper!”

Sebuah keberuntungan jika kita menemui sepeda motor yang seperti itu. Jika yang kita temui adalah sepeda motor hasil rakitan bocah-bocah pembalap jalanan yang suara knalpotnya 11-12 dengan suara mesin Ferrari 248 F1 milik Michael Schumacher? Matilah, nak...


Spoiler for closing:

Penutup

Pentingnya Mematikan Sepeda Motor Saat Mengantri di SPBU

Itulah alasan mengapa tidak mematikan sepeda motor saat mengantri di SPBU bisa dikategorikan sebagai pelanggaran kecil. Terus terang, thread ini dibuat karena TS merasa muak dengan kejadian tadi pagi. Dimana banyak sekali pengguna sepeda motor yang tidak mematikan sepeda motornya saat mengantri di SPBU. Bikin mood rusak dan batuk-batuk karena banyaknya asap knalpot.

Akhir kata, terima kasih!


Wasalamualaikum Wr. Wb

#Champer4United


***

KOMENTAR KASKUSER

Spoiler for komentar:
Quote:Original Posted By freddy91
klo masih panjang ane males matiin, klo dah deket baru ane matiin

klo alasan 3. Tidak Sayang Lingkungan! itu klo agan sayang lingkungan pake kendaraan umum baru ane salut, nah klo agan masih pake kendaraan sendiri buat apa bahas" polusi orang ngantri isi bensin sambil ngidupin motor

atau agan bawa mobl mobilnya dimatiin saat ngantri baru di dorong baru greget

Quote:Original Posted By excel150
Selain kesadaran diri sendiri pastinya kita wajib mengingatkan orang lain kan gan?
Makanya kalo ada orang yg g matiin mesin motornya pas lagi antri di spbu,ingatkan aja baik2,,jangan sampe nyindir2 atau malah pake cara ngotot..
Ane sering kok ngingetin mbak2 yg lg ngantri bareng ane di spbu n mbaknya malah seneng,senyum ramah sama ane trus kenalan n minta no hp trus chat dsb dsb..

Quote:Original Posted By daniellesfukada
emg lbh baik dimatikan saat antrian panjang atau antrian pendek.
lbh enak hidup hemat drpd ujung2nya tar cuma ngeluh bbm naik, bbm mahal dll klo pas ada kenaikan harga.

Quote:Original Posted By bapakeValkyla
mau antrian panjang atau pendek, ane tetep matiin motor.
karena ane masih punya otak buat mikir, kasihan yg di belakang kena sembur asap kalau gak ane matiin mesinnya.
kalau ada yang bonceng ya suruh turun trus nunggu di bangku yg ada di situ.

Quote:Original Posted By beizegum
yg paling bego tuh.. yg udh ngisi bensin, ga mau nuntun maju sampe agak jauh dari selang (kalo di shell ada garis tempat aman buat nyalain kembali kendaraan) udh maen nyalain aja.. digeber2 lagi

padahal yg di belakangnya udh ngisi alias tangki kebuka, nozzle lagi ngucurin bensin... uap bensin ada di udara.. banyak banget potensi kebakaran

ada juga yg sambil ngisi bensin maenin henpon.. duh

Quote:Original Posted By diechlove
ane sih klo di pom saat antrian mau panjang mau gak.. tetap matiin motor.. udah kebiasaan sih dari dulu.. trus setelah tangki diisi bensin, ane langsung maju buat mempersilahkan belakang ane untuk maju antrian.. ane klo nutup tangki / jok, ambil kembalian pasti motor udah didepan.. ga diantrian.. udah kebiasaan..

Quote:Original Posted By accunik
ane jarang ke SPBU gan, biasa klo beli langsung ane penuhin, dan klo brgkat kerja ane naik sepeda, gowes sehat blusukan antar kampung sambil menyapa orang2, rasanya seperti hidup benar benar hidup :v

Quote:Original Posted By adandeark
kalo ane gan pas ke spbu liat antrean panjang, ane parkir terus mampir ke toilet dulu, entah cuci muka pipis ato sekedar mandi-mandi, pas keluar toilet antrian udah abis, nah baru ane isi bensin
vinter kan gw! daripada antri panas2 panjang2 terus abis-abisin bensin, makannya idup seperti ane!

Quote:Original Posted By husnizain
Ane pernah merasa jengkel sama orang ngantri BBM di SPBU yang nggak mau matiin mesin motornya, soalnya muka ane ketampol asap knalpot, apalagi sudah tahu saya batuk2 malah cengengesan kek nggak bersalah. Ketika ditegur baru mau matiin mesinnya tapi mukanya kayak ditekuk.

Quote:Original Posted By hellsoundsystem
Lebay lah pake alasan lingkungan..
Klo perduli lingkungan lu naik sepeda bukan naik motor
Lagian berapa banyak sih bensin yg kebuang sama motor ngantri? Karena jalanin pake bantuan mesin dibilang males? Yaudah ente cobain aja dorong mobil tiap mau isi bensin

ane bahasnya motor
Quote:Original Posted By dwipriyat13
setujuuuh...klo ane mlh bkn lg ngantri d pom bensin doank...d lmpu merah perempatan jln(klo perempatan biasa'a lampu merah relatif lbih lma ,contoh: kolong tol tomang)
atau klo lgi macet parah jg ane mndingn mtiin msin motor

Quote:Original Posted By neosid
ane jg sering kok gan ngelakuin yg aagan bilang di spbu
ane ngomong pelan2 ke mbak cantik di sebelah ane biar matiin mesin motornya
agan tau apa reaksinya......
malah dimaki ane gan
sukak ku lah
kretaku kok kau pula yg sibuk (kreta = motor)#anakmedan
niat baik sekalian modus dpt nmr hp eh malah nggong gong dia kyk mopi
dr situ ane gak brani lg gan

Quote:Original Posted By pulsaglobal
klo ane selalu cari SPBU yg agak kosong.jd antri ga panjang. sampe spbu motor lsg dimatiin. ane cuma mikir,kasian di belakang ane kena asep knalpot. aplg klo belakang ane bw baby.

Quote:Original Posted By realupz
ya semoga pada nyadar aja n tenggang rasa sama yang ngantri dibelakangnya, kasian makan asap, ga usa pada nyalahin, mulai dari loe sendiri, "emang enak makan asap"
"klo gue pasti matiin mesin gue, itu klo gue bawa motor"

Quote:Original Posted By trisnoromadi
Sebenarnya lebih ke alasan keselamatan sih, kenapa motor kalau udah masuk daerah pump harus dimatikan, andaikan aja ada selang yang bocor dan nyembur ke motor belakang yang gak mau matikan mesin, pas lagi ngegas udah deh spark dikit aja langsung kebakaran

Quote:Original Posted By luv.kk
pasti dimatiin.
kalo di dpn ada yg gak dimatiin, ban depan motor saya taruh tepat di moncong knalpotnya..apalagi kalo knalpot alay yg bunyi jedendong dan nyemprot muka.

Quote:Original Posted By a.r.a.t.n.a.sun
Ya gan bener jg tuh yg d bilang ts
apalagi yg sok merasa paling penting dah serobot antrian dan setelah diisi bukan langsung jalan malah mesti nunggu dia nutup tangki dan menyusun uang di dompet ..

Quote:Original Posted By vickry0804
Kalo sayang lingkungan, gak usah pake motor. Gunakanlah sepeda

Kalo masi statement

"Pake motor biar cepat,"
"Nanti saya terlambat,"

Kenapa gak berangkat di awal waktu?

Quote:Original Posted By furanky
ane seh ga pernah kepikiran matiin buat hemat.. tapi ane tetep matiin motor ane pas antri karena ane kasian belakang ane kena asep motor ane klo tetep nyala... ane uda ngerasain ga enaknya soalnya.. sekaligus kasih contoh yang baik.. kali aja belakang ane bisa berpikir...
nah klo depan ane masih nyalain motor, ane ga berani tegor seh.. ga mau nyari ribut.. ane tutup aja kaca fullface ane...

lemah ya ane...

Quote:Original Posted By bobbers
Kenapa masih banyak yg ngitung polusi itu CO2 yaa?
Padahal yg dr hasil pembakaran mesin yg bahaya itu CO. CO2 mah masih alami

Quote:Original Posted By sudahdipake
Uang buat membeli bensin emang punya kita, tapi sumber daya alam itu milik bersama. Jadi kalo kita menghamburkan sesuatu, itu artinya kita sedang mengambil kesempatan seseorang untuk mendapatkan sesuatu itu.

Quote:Original Posted By FajarNugraha86
Pertanyaan terbesar..

Masih pake premium? Sangat tidak baik untuk motor anda. Gunakan yang ron90 keatas. Punya motor bagus masa ga mau beli bensin bagus, apalagi motor diatas 150cc.

Masih pakai knalpot brisik? Yakin ngga tambah boros? Alasan safety, ga ada rumusnya di dunia ini dengan knalpot menggelegar akan lebih safety. Cuma keegoisan rider aja yang kayak gini. Retard.

Emang keren ya pake knalpot berisik? motor situ diatas 500cc? Klo belum ngga usah lah, suaranya ngga enak, bikin kesel. Mending diatas 500-600cc indah suaranya, lah ini 125-150 berasa 600cc tobatlah nak hadapi kenyataan bahwa motor lu cm 150 mentok udah mo di bore up juga segitu aja, motor ga ada gear nya aja sotoy.

Hemat lah bensin.

Quote:Original Posted By v.m.n77
kalau orang lanjut usia atau ibu2 yang lagi mengandung ataupun yang lagi menggendong anaknya gimana ?
haruskah mematikan mesin dan mendorong sepanjang antrian ?
gak sedikit lho orang2 seperti di atas yang mengendarai kendaraan bermotor.

Quote:Original Posted By R3ndys4niputr4
ane selalu matiin gan, kalau boleh nambahin ,

1 lagi gan kalau ngisi bensin, khusus nya motor gede / laki yang punya tangki di luar usahain turun dari motor jg gan jangan sambil di naikin, antisipasi kalau terjadi apa" sipengendara ga repot" lagi buat ngejauh dr motor, bayangin kalau agan ngisi sambil naikin tuh motor n bensin tumpah pasti kena celana atau naasnya lagi ada percikan api, kan yang paling cepet kena si pengendara. tp untungnya ane jarang dapet ngantri panjang gan
ane juga matiin gan, karena kasian aja orang diblakang anae tar kalo makan asap motor ane
kl waktu ngisi emang slalu ane matikan gan mongtornya, btw thanks info nya gan
klo ane mah pasti ane matiin kasian yg di belakang ane nelen asep motor ane
ane sih selalu matiin gan
berisik dan kasian yg di belakang ane
Ane kadang matiin kadang ngga gan, soalnya berat motornya hehe
apalagi kalo ngantri, mendingan dimatiin sayang" sisa bensinya
Ane banget tuh. Kalo ngantri di pom bensin kudu matiin motor
klo masih panjang ane males matiin, klo dah deket baru ane matiin

klo alasan 3. Tidak Sayang Lingkungan! itu klo agan sayang lingkungan pake kendaraan umum baru ane salut, nah klo agan masih pake kendaraan sendiri buat apa bahas" polusi orang ngantri isi bensin sambil ngidupin motor

atau agan bawa mobl mobilnya dimatiin saat ngantri baru di dorong baru greget
Kmarin kebakaran grgr mobil ngisi bensin gak matiin mesin
Ane matiin kok gan, kan udah ada peraturanya
ketika masih ngantri juga ane suka matiin bray,apalagi antrian panjang tuh,sayang banget kebuang percuma pertamax nya
dorong aja dah itung itung olahraga
Quote:
klo motor mah ane selalu di matiin mesin nya, klo mobil mah nyala trus

Pentingnya Mematikan Sepeda Motor Saat Mengantri di SPBU
Pentingnya Mematikan Sepeda Motor Saat Mengantri di SPBU
Pentingnya Mematikan Sepeda Motor Saat Mengantri di SPBU
kaskus the best
Pentingnya Mematikan Sepeda Motor Saat Mengantri di SPBU
kalo ane mah selalu matiin motor gan.,
Selain kesadaran diri sendiri pastinya kita wajib mengingatkan orang lain kan gan?
Makanya kalo ada orang yg g matiin mesin motornya pas lagi antri di spbu,ingatkan aja baik2,,jangan sampe nyindir2 atau malah pake cara ngotot..
Ane sering kok ngingetin mbak2 yg lg ngantri bareng ane di spbu n mbaknya malah seneng,senyum ramah sama ane trus kenalan n minta no hp trus chat dsb dsb..
Mending dimatiin gan, kesian yg diblakang makan asap
bener banget nih...kudu mattiin mesin ...brisik n asepnya itu lho ga nahan
Mending dimatiin ae gans, penghematan
klo ane si selalu matikan mesin gan
dan satu lagi gan ..orang yang paling kocak itu goyang-goyangin motornya pas isi bensin...
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar