Pages


Selasa, 26 April 2016

"Monotremata" Mamalia yang Bertelur

"Monotremata" Mamalia yang Bertelur
Hai gan setelah di trit ane tadi ane bahas kelinci laut sekarang di trit ini ane mau bahas hewan monotremata udah tau belom ? Oke lebih jelasnya simak trit ane ya

Quote:Quote:Apa itu Monotremata ?
"Monotremata" Mamalia yang BertelurMonotremata (monos, tunggal + trema, lubang; menunjuk pada kloaka) adalah mamalia yang bertelur, bukannya beranak seperti marsupialia (Metatheria) dan mamalia berplasenta (Eutharia).

Seperti mamalia lainnya, monotremata berdarah panas dengan kadar metabolik yang tinggi (walaupun tidak setinggi mamalia lainnya); tubuhnya berambut, memproduksi susu untuk menyusui anak mereka, memiliki tulang tunggal pada rahang bawahnya; dan memiliki tiga tulang telinga tengah


Quote:Hewan Hewan Monotremata

Quote:Quote:1.Ekidna
"Monotremata" Mamalia yang BertelurEkidna atau babi duri adalah satu-satunya hewan dari ordo Monotremata yang masih bertahan hidup selain platipus. Keempat spesies yang masih hidup, merupakan hewan asli Papua dan Australia, semuanya termasuk ke dalam famili Tachyglossidae. Ekidna dinamai berdasarkan nama monster dalam mitologi Yunani kuno.
Ekidna diklasifikasikan ke dalam dua genera. Genus Zaglossus meliputi tiga spesies yang masih bertahan hidup dan dua spesies yang sudah punah (diketahui hanya melalui fosil). Genus lainnya adalah Tachyglossus di mana hanya satu spesies yang dikenal.
"Monotremata" Mamalia yang Bertelur
Ekidna menggulung dirinya menjadi sebuah bola, dengan hati-hati dipindahkan dari jalan.
Ekidna adalah mammalia kecil yang tubuhnya ditutupi rambut kasar dan duri. Ekidna menyerupai pemakan semut Amerika Selatan dan mammalia berduri lainnya seperti hedgehog dan landak. Mereka memiliki moncong yang berfungsi sebagai mulut dan hidung. Moncong mereka panjang dan langsing. Mereka memiliki kaki yang pendek dan kuat dengan kuku besar. Ekidna juga adalah penggali yang handal. Mereka memiliki mulut yang mungil dan rahang tak bergigi. Mereka makan dengan cara membuka batang kayu yang lunak, sarang semut, dan semacamnya, dan menggunakan lidahnya yang panjang serta lengket yang memanjang dari moncongnya untuk mengumpulkan mangsanya. Ekidna moncong pendek terbiasa memakan semut dan rayap dalam jumlah besar, sedangkan spesies Zaglossus terbiasa memakan cacing tanah dan larva serangga.
"Monotremata" Mamalia yang Bertelur
Ekidna ditemui di berbagai macam lingkungan, termasuk taman kota.
Selain platipus, keempat spesies echidna adalah satu-satunya mammalia yang bertelur. Betina menelurkan satu telur berbulu bercangkang lunak dua puluh dua hari setelah kimpoi dan meletakkannya langsung dalam kantungnya. Telur akan menetas setelah sepuluh hari; ekidna muda (dalam bahasa Inggris disebut: puggle), kemudian akan menghisap susu dari pori-pori kedua kelenjar susu (sebab monotremata tidak memiliki puting) dan tetap tinggal di dalam kantung induknya untuk empat puluh lima hingga lima puluh lima hari, selama kurun waktu tersebut, mulai tumbuh duri. Sang ibu menggali lubang untuk merawat anaknya dan meletakkan anaknya di dalam lubang. Sang ibu kembali setiap lima hari untuk menyusui sampai berhenti menyusui pada bulan ketujuh."Monotremata" Mamalia yang Bertelur


Quote:Quote:2.Platipus
"Monotremata" Mamalia yang BertelurPlatipus adalah hewan semi-akuatik yang banyak ditemui di bagian timur benua Australia. Walaupun Platipus bertelur tapi ia tergolong ke dalam kelas Mammalia karena ia menyusui anaknya. Platipus juga sering dikenal dengan nama duck-billed Platypus atau Platypus berparuh bebek disebabkan bentuk paruhnya yang menyerupai bebek.

Platipus termasuk binatang yang aneh dari kerajaan Animalia. Binatang ini Mammalia tapi bertelur (mayoritas Mammalia beranak seperti anjing, kucing, beruang, dan sebagainya). Platipus memiliki paruh yang seperti bebek dan kaki berselaput. Seperti halnya kangguru dan koala, platipus menjadi simbol fauna Australia dan dapat ditemui di koin 20 sen Australia.
"Monotremata" Mamalia yang Bertelur
Temperatur tubuh platipus kira-kira 32oC.Temperatur ini lebih rendah dari kebanyakan Mammalia (sekitar 38oC). Tubuh platipus ditutupi bulu berwarna coklat yang menjaga agar tubuhnya tetap hangat. Kaki platipus berselaput seperti bebek. Platipus juga memiliki paruh seperti bebek. Paruh ini digunakan sebagai organ sensor.
"Monotremata" Mamalia yang Bertelur
Berat platipus berkisar antara di bawah 1 kg sampai dengan lebih dari 2 kg. Panjang tubuhnya sekitar 30–40 cm dan panjang ekornya sekitar 10–15 cm (jantan) dan 8–13 cm (betina). Platipus jantan lebih besar hingga 3x betinanya.

Platipus juga adalah hewan berbisa. Bisa ini digunakan dalam pertarungan perebutan wilayah atau pertempuran antar teman.
"Monotremata" Mamalia yang Bertelur
Platipus adalah hewan ovipar .Platipus menelurkan telur yang mirip dengan telur reptil, dan sedikit lebih bundar daripada telur burung. Platipus betina biasanya menelurkan dua telur pada saat yang bersamaan. Walaupun kadang-kadang memungkinkan platipus betina menelurkan satu atau tiga telur. Periode inkubasi-nya terbagi menjadi tiga bagian.

●Tahap pertama: embrio tidak memiliki satupun organ fungsional dan bergantung pada kantung merah telur untuk bernapas.
●Tahap kedua: jari-jari kaki mulai muncul.
●Tahap ketiga: gigi muncul.
Telur menetas seusai periode inkubasi yang berlangsung sekitar 10 hari. Setelah telur menetas, keluarlah bayi platipus tidak berambut yang langsung melekat pada induknya. Sang induk kemudian akan menyusui anaknya yang buta dan peka. Bayi platipus akan meninggalkan sarangnya setelah berusia 17 minggu (kurang lebih 4 bulan lewat).
"Monotremata" Mamalia yang Bertelur
Organ reproduksi platipus mirip dengan burung (aves). Platipus betina memiliki sebuah ovarium yang terdiri dari ovarium kanan dan ovarium kiri dimana ovarium kanan tidak tumbuh sempurna (sama dengan burung).


itulah informasi tentang hewan hewan monotremata yang unik gan.sekian trit ane tentang hewan monotremata gan dan terimakasih udah baca trit ane jika ada kesalahan kata ane mohon maaf ya gan

Spoiler for sumber:
wikipedia , pict google


"Monotremata" Mamalia yang Bertelur
"Monotremata" Mamalia yang Bertelur
Amankan
widih mantep bray
lucuk yaaa
itu nomer satu landak ya?
kek pokemon ini yaa

"Monotremata" Mamalia yang Bertelur
Wih nelor dia ternyata, kek bwh ane
Wah , pengetahuan bagus gan,
Semoga manusia bisa .....
Hmmmm bisa apa yah :v ane lupa gan
Sblm ini gw selalu nyangka kalo platypus itu satu2nya mamalia yg bertelur, echidna juga ternyata masuk ya?
Quote:Original Posted By aserejoe
Wih nelor dia ternyata, kek bwh ane





bilangin awak nelor
Lucu sekaleh
Quote:Original Posted By ucokbekasi





bilangin awak nelor


Telor dong bray, eh, cendol
unyu bgt kek mantan bray
Quote:Original Posted By c.volkova
unyu bgt kek mantan bray


yo bray
bray mamen
Wah bawah ane mirip paltipus gan

Unyu
cuma 2 gan???kl manusia cm lelaki yang punya telor,dua pula telornya...
Quote:Original Posted By reagannnn
kek pokemon ini yaa

"Monotremata" Mamalia yang Bertelur


^
^
^
komen ngakak
Nmr atu persis kyk landak
Wah baru tahu nih gua
gembookk dlu pejwan di thread biologi
mirip pokemon di atas ane baru sadar
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar