Pages


Rabu, 27 April 2016

Jangan Panik, 4 Hal Tentang Turbulensi ketika agan naik pesawat

Jangan Panik, 4 Hal Tentang Turbulensi ketika agan naik pesawat

Spoiler for Alhamdulillah HT Pertama Kalinya:
Jangan Panik, 4 Hal Tentang Turbulensi ketika agan naik pesawat


Jangan Panik, 4 Hal Tentang Turbulensi ketika agan naik pesawat

Quote: Turbulensi seringkali membuat para penumpang maupun agan/aganwati jadi panik, tetapi sebenarnya apa yang terjadi saat pesawat mengalami kondisi tersebut?

Quote: Jangan Panik ! 4 Hal Tentang Turbulensi

Quote: Jangan Panik, 4 Hal Tentang Turbulensi ketika agan naik pesawat

Kebanyakan orang yang pernah naik pesawat pasti pernah juga merasakan turbulensi, sensasi saat pesawat terasa bergoyang tidak beraturan. Kondisi ini seringkali membuat para penumpang jadi panik, tetapi sebenarnya apa yang terjadi saat pesawat alami turbulensi? Patrick Smith, pilot sekaligus penulis buku Cockpit Confidential memberikan beberapa penjelasan singkat soal turbulensi seperti dikutip dari Mirror.co.uk
.


Quote:Turbulensi adalah sebuah keadaan yang ditandai ketidakstabilan (disorder) dan keacakan (randomness) pergerakan di setiap skalanya. Turbulensi menarik komponen-komponen yang dipengaruhinya ke arah tertentu dan kemudian melepasnya secara tiba-tiba. Timbullah guncangan. Wilayah turbulensi ini dipengaruhi oleh apa yang dinamakan dengan downdraft (gerakan massa udara ke bawah). Turbulensi banyak sekali jenisnya. Turbulensi atau turbulence adalah gerakan tidak beraturan atau berputar tidak beraturan akibat perbedaan tekanan udara atau perbedaan temperatur udara.

Quote:
Spoiler for 1. Pilot tidak mengkhawatirkan turbulensi:
Jangan Panik, 4 Hal Tentang Turbulensi ketika agan naik pesawat

Patrick menjelaskan, “Turbulensi memang gangguan yang menyebalkan bagi semua orang termasuk kru, tapi juga bisa dibilang sebagai hal yang normal.”

Patrick menambahkan bahwa untuk seorang pilot, turbulensi lebih berkaitan dengan masalah kenyamanan dibandingkan dengan keselamatan.

“Pilot tidak akan khawatir tentang sayap yang akan jatuh, mereka mencoba untuk memastikan penumpang tenang dan tidak ada minuman yang tumpah,” kata Patrick.

Pesawat juga akan melambat untuk memasuki turbulensi tetapi kita tidak akan menyadarinya karena kecepatannya tidak berbeda jauh dari kecepatan biasa
.


Quote:
Spoiler for 2. Turbulensi tidak akan menyebabkan pesawat jatuh:
Jangan Panik, 4 Hal Tentang Turbulensi ketika agan naik pesawat

Patrick menjelaskan bahwa pesawat tidak bisa terbalik, terlempar atau jatuh dari langit bahkan oleh hembusan angin terkuat. Kondisi ini memang mengganggu dan tidak nyaman tetapi pesawat tidak akan jatuh ( benar apa ngaknya lebih percaya takdir yang sudah di tentukan ! )


Quote:
Spoiler for 3. Seberapa banyak turbulensi memengaruhi pesawat?:
Jangan Panik, 4 Hal Tentang Turbulensi ketika agan naik pesawat


Saat berada di dalam pesawat dan mengalami turbulensi, kita mungkin berpikir bahwa pesawat sudah turun sejauh beberapa kaki dalam hitungan detik. Namun menurut Patrick, pesawat tidak akan banyak bergerak dari jalur utamanya bahkan saat turbulensi yang parah.

Arah pesawat pun tidak akan berubah karena teknologi pesawat akan secara otomatis membenarkan arah pesawat ke rute yang benar.


Quote:
Spoiler for 4. Bisakah turbulensi diprediksi?:
Jangan Panik, 4 Hal Tentang Turbulensi ketika agan naik pesawat

Ada banyak cara untuk memprediksi turbulensi, mulai dari keadaan cuaca sampai menggunakan radar. Terbang melewati daerah pegununungan juga bisa menyebabkan turbulensi, namun tidak jarang juga turbulensi terjadi tanpa bisa diprediksi.

Jika lain kali Anda mengalami turbulensi, ingat bahwa pilot ternyata lebih khawatir akan menumpahkan minuman Anda dibandingkan menjatuhkan pesawat.


Quote: Cukup sekian thread dari ane semoga berkualitas dan dapat memenuhi pengetahuan yang kebanyakan agan/aganwati tidak ketahui, semoga bermanfaat.

Quote: ngak nolak dari agan

setidaknya

jangan di


Sumber

Quote:Jangan Panik, 4 Hal Tentang Turbulensi ketika agan naik pesawat
Jangan Panik, 4 Hal Tentang Turbulensi ketika agan naik pesawatJangan Panik, 4 Hal Tentang Turbulensi ketika agan naik pesawat
Alhamdulillah terima kasih cendolnya ya agan
Jangan Panik, 4 Hal Tentang Turbulensi ketika agan naik pesawat

Quote:Original Posted By agent626
Aku hampir tiap bulan selalu plng kampung pakek pesawat mungkin dah sekitar 20x naik tapi tetep merasa was2 baca doa.. klo dah goyang dangdut gitu.. dikira nnt mesin mati kek.. ditambah liat sayap pesawat joget bebek nungging..

Skarang ngeliat thread ntah dah ketemu pencerahan makasih TS

Quote:Original Posted By Senninha13
Ane justru paling demen kalau ada turbulence, jadi agak2 seru gimanaaa gitu
Tapi kadang takut juga: takut makanan sama minuman di tray tumpah2 terus kena baju dsb dsb, paling amsiong kalau minumannya panas

Kalau pesawat gak bakal jatuh gak bakal rusak kena angin terkuat, itu mah lebay
Justru pesawat bisa mengalami structural failure kalau trubulence-nya melebihi batas kekuatan struktural pesawatnya.
Atau yang umumnya, pilot terdistraksi karena turbulence sehingga terjadi human error.
Atau kombinasi keduanya

Dan kalau turbulence-nya di saat pesawat mau takeoff dan landing, itu justru potensi bahayanya lebih besar, misalnya keluar landasan, atau malah touch down sebelum nyampe landasan

Pilot selalu berusaha menghindari awan Cumulonimbus, karena di awan itu turbulence-nya parah banget, selain karena ada hujan lebat dan esnya juga.

Pada dasarnya sih pesawat didesain untuk tahan turbulence dalam limit masing2.
Dan hampir semua jetliners zaman sekarang capable untuk menerabas severe turbulence.

Quote:Original Posted By exyetzed
Semestinya hal² yg menyangkut keselamatan penumpang kudu diprioritaskan.. apalagi yg berhubungan dgn mesin dlsb.. kan zaman udh canggih tinggal reupgrade agar supaya update platform skala penerbangan yg lebih safety..
|
namun apa daya tiap tahun ada aje masalah dipenerbangan, yg mengakibatkan hilangnya ratusan jiwa penumpangnya.. tentu tidak bermaksud memberi kemasygulan, paling tidak di pihak penerbangan dan jg pemerintah slalu berhati² dlm membuat regulasi yg lebih ketat bila menyangkut hajad masyarakat umum.

Quote:Original Posted By RAM0NES
meskipun mencoba tenang dan berdoa sampe semua surat2 yg kita ucap, tetap aja rasa panik takut netting pasti ada klo goncangan turbulence pas di atas tuh lagi kenceng2nya..yang ada cuma bisa pasrah dan kaki lemes ga napak tanah..klo di laut laut bisa nyebur klo darat bisa napak tanah lah ini di langit klo jatuh ya ilang paling atau hancur...Seremm banget..tapi ga kapok2 buat naik nya

Quote:Original Posted By konyolkambing
teknologi yang ada di pesawat untuk mendeteksi adanya turbulensi sebenernya sudah cukup untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Radar cuaca yang ada di pesawat mampu mendeteksi awan-awan yang berpotensi membuat pesawat goncang. Tapi kekurangan dari radar cuaca adalah ketidakmampuan radar mendeteksi turbulensi kecil sampai sedang karena radar cuaca hanya mendeteksi molekul air, bukan angin. Jadi kalopun agan ngerasa adanya guncangan saat di ketinggian tinggi, itu masih masuk dalam kategori aman. Makanya tadi disebutkan pilot lebih khawatir minuman tumpah. Yang bahaya adalah downburst saat dah deket dengan permukaan bumi. Tapi sistem di pesawat dah memprediksi hal itu sehingga pilot bisa ambil tindakan lebih awal.

Quote:Original Posted By AdeMs


Kalo take off emang gitu gan soalnya pilot masih berusaha nyeimbangin pesawat dari tekanan angin, makanya kerasa bantingan kekanan atau kekiri.

Sekitar 3 bulan yg lalu ane dari medan ke jakarta, pas di daerah lampung pilot nya ngomong "please fasten your seatbelt!"

Anjroot jantung serasa copot, pesawat tiba2 turun drastis
Padahal waktu itu naik airbus a330 gimana pesawat yg lebih kecil

Quote:Original Posted By leavethepast
Sekali ngalamin turbulensi yg agak parah, pas flight malem dr lombok ke sby.. Pas pramugari lg ngomong nah loohhhh pesawat goyang2, suara mbaknya putus2, lampu kedip2.. Udah abis rasanya, ane pasraahh.. Ane cuma bisa merem aja sambil do'a dalam hati gan..

Dan syukur Alhamdulillah selamat gan, meski ada goyang2an lg tapi ga seberapa.. Huhuhu

Trus kan ane transit tuh, gegara delay yg pesawat itu td, jd ketinggalan yg ke solo.. Ada 5 orang yg transit trmasuk ane.. Nah disitu kita cerita2.. Ternyata mereka jg panik, trus ada satu yg deket pramugari, bilangnya pramugarinya sendiri juga panik sambil merem melek giyu katanya. Duh, kru nya sendiri panik gitu, gimana kita para penumpang.. bahaya tuh

Quote:Original Posted By klay10
ane sekali gan mengalami kejadian yg bikin ane sdikit trauma kalo naik psawat
waktu dari surabaya ke lombok...naik wings air psawat baling2...
brgkat jam 3 sorean...pas take off posisi hujan gan..pertama sih ok2 aja gak ada masalah...lama2 cuacanya kok makin serem ...masuk awan yg hitam sampe didalam pesawat gelap , mulai dah tuh pesawat goyang2 ..ane liat dijendela kilat2 sama suara2 petir..udah gitu didalam psawat ada anak kecil yg nangis ketakutan... ane sudah gak bisa apa2 lemes gak karuan sambil trus baca2 doa...
sampai pas goncangan yg agak keras ada ibu2 yg teriak Allahuakbar ,.pokoknya serem bgt gan...ane kalo keinget pas kejadian itu jadi takut naik psawat..

Quote:Original Posted By manekenek
Ada juga yg namanya vortex gan. Intinya setiap turbulensi itu ngga bikin pesawat jatuh atau gmn. Semua adalah masalah kenyamanan sesuai yg trit sampaikan. Justru yang berbahaya adalah kepanikan dari penumpang yang bertindak sembrono


WAH MAKIN BERMANFAAT AJA NIH LANGSUNG DARI ORANG YANG BEKERJA DI PENERBANGAN

Quote:Original Posted By botakjawa
jadi gini gan...
kebetulan ane kerja di dunia penerbangan...
turbulensi itu bisa dikategorikan jadi 3
1.light turbulence
2.medium turbulence
3.severe turbulence
penjelasan simplenya ya gan:
point 1 dan 2 itu, pilot hanya akan menyalakan tanda kenakan sabuk pengaman dan pramugari dan pramugara masih bisa service ke penumpang dengan hati-hati.
tapi kalo yang point 3
pilot akan menyalakan tanda sabuk pengaman plus akan berbicata melalui pengeras suara "FLIGHT ATTENDANT PLEASE BE SEATED"
nah disaat itu baru seluruh penumpang dan termasuk pramugari dan pramugaranya disuruh duduk juga gan....
sampe tanda kenakan sabuk pengaman dimatikan.
itu aja gan tambahan ane mengenai turbulensi....
kalo mau lebih jelas googling lengkap bingitssss.

MAKASIH UDAH NAMBAHIN AGAN
Wah gitu ye bray
Quote:Original Posted By .z5.
Wah gitu ye bray


yoi bray
biar yang takut naik pesawat supaya ngak takut lagi
mending naik halilintar bray drpd turbulensi
Quote:Original Posted By mbewehkill666
mending naik halilintar bray drpd turbulensi


naik halilintar gimana rupanya gan
Quote:Original Posted By Muslih90


naik halilintar gimana rupanya gan

Dari dusun mane bray? Gak pernah ke dufan ye?

Pasrah aja dah..

pengalaman pertama ane pas naik pesawat n kejadian keg gitu bro,
ane lgs spontan nyebut n komat-kamit baca doa bro,
trus ane diketawain ama orang yg disebelah ane, malu bat

Jangan Panik, 4 Hal Tentang Turbulensi ketika agan naik pesawat

biasa naik naga indosiar

ane phobia naik pesawat gan
wkwkwkwkwkkk siaal tetep aja bikin deg2an gan..
ane blom pernah naek pesawat gan
oooo gitu ye gan,,, ane blm pernah naek pesawat sih.. jd blm pernah ngerasain.. otw nyoba deh nanti
Quote:Original Posted By boneyuun
Jangan Panik, 4 Hal Tentang Turbulensi ketika agan naik pesawat
naek onta lebih. slow
yang penting jangan lupa doa gan
Kadang sering cemas kalo turbelensi gan, macam mau jatuh aja kata orang Medan.
belum pernah naik pesawat
panik sih engga gan.....cuma atut aja
kagak o(panik- kok

[spoiler=]
Quote:ane mo pensi
jadi ane jual id ane thn 2004-2005 nubi+email
20rb/id ;
50rb/3 id
cuma ada beberapa
sms 08-311-470-69-31
bayar lewat pulsa
[/spoiler
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar