Pages


Sabtu, 21 Mei 2016

Alasan-alasan Orang Memodif Motornya, menurut ane gan

Alasan-alasan Orang Memodif Motornya, menurut ane gan
agan-agan sekalian

Spoiler for cek repost:
Alasan-alasan Orang Memodif Motornya, menurut ane gan


Spoiler for Pembukaan:
Alasan-alasan Orang Memodif Motornya, menurut ane gan


Langsung aja deh gan

Spoiler for Ada Pasalnya gan:
mengenai modifikasi menurut Kententuan Pasal 1 angka 12 PP No. 55 Tahun 2012 tentang Kendaraan (“PP No. 55/2012”), menjelaskan bahwa Modifikasi Kendaraan Bermotor adalah perubahan terhadap spesifikasi teknis dimensi, mesin, dan/atau kemampuan daya angkut Kendaraan Bermotor.

Setiap kendaraan bermotor yang dimodifikasi yang menyebabkan perubahan tipe berupa dimensi, mesin, dan kemampuan daya angkut akan dilakukan penelitian rancang bangun dan rekayasa Kendaraan Bermotor, sebagaimana dimaksud dalam Pasal 52 ayat (1) UU No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (“UU No. 22/2009”) juncto Pasal 123 ayat (1) huruf b juncto Pasal 131 huruf (e) PP No. 55/2012. Adapun penelitian tersebut meliputi aspek:
1. rancangan teknis;
2. susunan;
3. ukuran;
4. material;
5. kaca, pintu, engsel, dan bumper;
6. sistem lampu dan alat pemantul cahaya; dan
7. tempat pemasangan tanda nomor Kendaraan Bermotor.

Khusus mengenai modifikasi sebagaimana tersebut di atas hanya dapat dilakukan setelah mendapat rekomendasi dari agen tunggal pemegang merek. Dan yang berhak untuk melakukan modifikasi adalah bengkel umum yang ditunjuk oleh menteri yang bertanggung jawab di bidang industri. Hal ini diatur dalam Pasal 132 ayat (5) dan ayat (6) PP No. 55/2012.

Artinya, modifikasi kendaraan yang dapat dilakukan, antara lain:
- modifikasi dimensi hanya dapat dilakukan pada perpanjangan atau pemendekan landasan (chassis) tanpa mengubah jarak sumbu dan konstruksi Kendaraan Bermotor tersebut;
- modifikasi mesin dilakukan dengan mengganti mesin dengan mesin yang merek dan tipenya sama;
- Modifikasi daya angkut hanya dapat dilakukan pada Kendaraan Bermotor dengan menambah sumbu bagian belakang tanpa mengubah jarak sumbu aslinya dan sumbu yang ditambahkan harus memiliki material yang sama dengan sumbu aslinya dan harus dilakukan perhitungan sesuai dengan daya dukung jalan yang dilalui.

Selain dari pada itu, merujuk pada Pasal 50 ayat (1) UU No. 22/2009 mensyaratkan bahwa setiap kendaraan yang dilakukan modifikasi dengan mengakibatkan perubahan tipe maka diwajibkan untuk dilakukan Uji Tipe. Uji Tipe dimaksud terdiri atas:
1. pengujian fisik untuk pemenuhan persyaratan teknis dan laik jalan yang dilakukan terhadap landasan Kendaraan Bermotor dan Kendaraan Bermotor dalam keadaan lengkap; dan
2. penelitian rancang bangun dan rekayasa Kendaraan Bermotor yang dilakukan terhadap rumah-rumah, bak muatan, kereta gandengan, kereta tempelan, dan Kendaraan Bermotor yang dimodifikasi tipenya.

Adapun Kendaraan Bermotor yang dimodifikasi sehingga mengubah persyaratan konstruksi dan material wajib dilakukan uji tipe ulang. Selain itu, dalam hal telah dilakukan uji tipe ulang kendaraan bermotor tersebut wajib untuk dilakukan registrasi dan identifikasi ulang, hal ini sesuai dengan ketentuan Pasal 50 ayat (3) dan ayat (4) UU No. 22/2009.

Persyaratan lain yang perlu untuk diketahui adalah setiap Modifikasi Kendaraan Bermotor tidak boleh membahayakan keselamatan berlalu lintas, mengganggu arus lalu lintas, serta merusak lapis perkerasan/daya dukung jalan yang dilalui, sebagaimana diatur dalam Pasal 50 ayat (2) UU No. 22/2009.

Selanjutnya, dalam hal kendaraan bermotor akan melakukan modifikasi maka wajib untuk mengajukan permohonan kepada menteri yang bertanggungjawab di bidang sarana dan prasarana lalu lintas dan angkutan jalan, sehingga apabila kemudian kendaraan dimaksud telah diregistrasi Uji Tipe maka instansi yang berwenang akan memberikan sertifikat registrasi Uji Tipe, dalam hal ini Kementerian Perhubungan.

Adapun Sertifikat Uji Tipe diterbitkan oleh menteri yang bertanggung jawab di bidang sarana dan prasarana lalu lintas dan angkutan jalan. Sedikitnya pada Sertifikat Uji Tipe nantinya memuat tentang identitas dari pemodifikasi dan hal-hal lain sebagaimana dimaksud dalam Pasal 129 ayat (1) PP No. 55/2012.

Berdasarkan hal-hal kami sampaikan di atas maka jelas bahwa setiap pihak yang hendak melakukan modifikasi atas kendaraan bermotornya, diwajibkan untuk memiliki izin atas modifikasinya sebagaimana dipersyaratkan dalam UU No.22/2009 dan PP No.55/2012.

Jika modifikasi dilakukan tanpa memiliki izin, maka berdasarkan Pasal 277 UU No.22/2009 pihak yang melanggar dapat dikenakan sanksi pidana berupa pidana penjara paling lama 1 (satu) tahun atau denda paling banyak Rp24.000.000,00 (dua puluh empat juta Rupiah).


Nah kalo udah paham dan sekiranya aman, berkreasilah, asalkan jangan minta duitnya ke orang tua

OK lah kita langsung aja kenapa sih orang-orang demen banget modif motornya?

Spoiler for Nu ka-1:
Pekerjaan

Jangan salah ya gan,, kadang ada juga orang yang modif motornya dengan alasan "Pekerjaan".
Contohnya agan punya motor tapi bagasinya kecil, tu orang kan kalo yang namanya berkendara pake motor pasti bawa perlengkapan/persiapan, yang pasti bawa jas hujan, kunci-kunci buat jaga-jaga kalo mogok dijalan, bawa sendal buat ganti kalo hujan. Ga mungkin kan kalo semua itu harus dimasukin ke ransel, ya kalo jas ujan aja sih masih ok lah dimaklum tapi kalo masukin kunci-kunci, sendal dan barang yang kira2nya kotor kan ga mau juga, tambah lagi kalo agan suka bawa bekel buat makan siang,, wah berabe ntar, ane sih ogah

berarti agan mesti pake ini....
Spoiler for cek gan:
Alasan-alasan Orang Memodif Motornya, menurut ane gan

kalo agan mau nambahin, mangga gan!!


Spoiler for Nu ka-2:
Touring

Kalo agan suka touring ane jamin deh 80% agan-agan pasti nambahin beberapa peralatan untuk mendukung perjalan agan, contohnya box yg pertama tadi tapi diameternya lebih gede lagi, ban pake yang rada gede gan atau standard lah, jangan pake ban cacing yang kecil itu, kadang juga kelistrikannya di sesuaikan dengan kebutuhan agan, nah biasanya motor touring tu gini...

Spoiler for cek gan:
Alasan-alasan Orang Memodif Motornya, menurut ane gan



Spoiler for Nu ka-3:
Beda Dari Orang Lain

Nah ane yakin paling banyak agan-agan beralasan ini, yoi dong, tampil beda itu emang gan tapi beda disini jangan terlalu di dramatisir juga, kalo bedanya terlalu jauh sih aneh juga, tapi bisa keren juga sih tergantung kreasi agan memodif motornya. Di sisi lain berani tampil beda itu udah pasti punya ciri khas, jadi agan bakalan gampang di kenal ama orang lain, misalnya agan airbrush, pake polet atau stiker juga bisa membedakan identitas motor agan. Misalnya gini nih...

Spoiler for cek gan:
Alasan-alasan Orang Memodif Motornya, menurut ane gan



Spoiler for Nu ka-4:
Biar Ga Bosen

Ini sih udah termasuk pada golongan rela berkorban gan, rela mengorbankan uang dan waktu tentunya. Kok bisa? Nah kriteria yang ini biasanya suka ganti2 penampilan motornya,, bisa dari cat, mesin, jok, ban, spion, wah banyak lah pokonya. ini termasuk hobi juga gan, kriteria ini ga bakalan pikirin berapa mesti ngeluarin duit yang penting puas, kadang kalo bosennya udah bosen kuadrat pasti tu motor udah dijual terus beli yang baru dan modif lagi sesuka hati
yang pasti motornya akan beda banget seperti ini...

Spoiler for cek gan:
Alasan-alasan Orang Memodif Motornya, menurut ane gan



Apakah agan-agan disini punya alasan tersendiri? Mangga komennya

ada agan yang mau nambahin nih
Spoiler for :
Quote:Quote:Original Posted By abe413
alasan Kreatif ga di masukin gan....

orang kita kan super kreatif, orang Jepang mah lewat (karena kebanyakan motor Jepang yg di modip abis"an) yang notabene cerdas udah jungkir balik mikirin gimana caranya biar motor ciptaanya nyaman, aman, minim polusi dan enak di pandang....eh sampe di sini malah di acak-acak, copot sana, copot sini, tambahin ini itu (dengan kiblat tren).

sample:
kalo mau Turing atau offroad beli motor Turing atau offroad, jangan matic di paksa jadi motor Turing atau offroad

Alasan-alasan Orang Memodif Motornya, menurut ane gan

Alasan-alasan Orang Memodif Motornya, menurut ane gan




Bantu rate ya gan?
Sumber : Ane sendiri & Pasal
Gambar : Nyomot di gugel
amankan
Lebih suka yang standar
Kebanyakan buat gaya dari pada fungsi keselamatan
modifikasi yg bikin aneh mah nyusahin, apalagi knalpot racing ...
gak mampu beli motor mahal sekalian gan Alasan-alasan Orang Memodif Motornya, menurut ane gan
klo golongan karena pingin ngebut gan gimana
ane banget
kalo itu sih ane juga sebel ganQuote:Original Posted By rizalshinoda
modifikasi yg bikin aneh mah nyusahin, apalagi knalpot racing ...


Ane modip tamiya ajah
ane paling ganti stiker doang
udah ane sebutin di keriteria yang bosen Quote:Original Posted By lunaticfringe
klo golongan karena pingin ngebut gan gimana


kalo ane sebaliknya gan,, copot stikernya Quote:Original Posted By approve.cc
ane paling ganti stiker doang


Alasan-alasan Orang Memodif Motornya, menurut ane gan
itu yg ngerancang motor kan S2 S3, ban pelek udah ada standariasi perhitungannya
malah di kecil²in kaya cacing ama anak alay
Quote:Original Posted By niel182
kalo itu sih ane juga sebel gan


lemparin bata aje ..
karena udah kebanyakan duit en gatau gimana cara ngabisinnya
scooter yang satu ini kaga di masukin ke jajaran modifikasi gan?

Alasan-alasan Orang Memodif Motornya, menurut ane gan








Alasan-alasan Orang Memodif Motornya, menurut ane gan

wiih malah pada aneh tuh
Quote:Original Posted By approve.cc
ane paling ganti stiker doang


Ane nempelin stiker doang..
Gembok tampan sodara
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar