Pages


Minggu, 29 Mei 2016

Sumber Daya Alam Baru di Dunia yaitu "Data"

"Data is world's natural resources of the next century" - Ginny Rometty, CEO IBM.

Sumber Daya Alam Baru di Dunia yaitu "Data"

Data mining adalah analisa otomatis dari data yang berjumlah besar atau kompleks dengan tujuan untuk menemukan pola atau kecenderungan yang penting yang biasanya tidak disadari keberadaannya.

Menurut para ahli, data mining merupakan sebuah analisa dari observasi data dalam jumlah besar untuk menemukan hubungan yang tidak diketahui sebelumnya dan metode baru untuk meringkas data agar mudah dipahami serta kegunaannya untuk pemilik data (David Hand, 2001). Data mining dikenal juga dengan istilah Knowledge Discovery from Data (KDD).

Beberapa penerapan data mining pada kehidupan sehari-hari, seperti analisa pasar dan manajemen yaitu untuk menebak target pasar, melihat pola beli pemakai dari waktu ke waktu, Cross Market Analysis, profile customers, identifikasi kebutuhan customer, untuk menilai loyalitas customer, information summary. Dapat juga untuk analisa perusahaan dan managemen resiko, yaitu untuk merencanakan keuangan dan evaluasi aset, merencanakan sumber daya (resource planning), memonitor persaingan dengan kompetitor. Banyak kan kegunaan data mining. Itu membuat data mining menarik untuk dipelajari lebih dalam.

Bulan September tahun lalu saya diundang ke IBM Connect 2015 di Singapore. Banyak banget yang saya dapetin di situ.. beberapa diantaranya:

- 80% data yang ada di seluruh dunia itu adalah unstructured data.. dihasilkan oleh sosial media
- 90% data yang ada di seluruh dunia saat ini diciptakan hanya dalam 2 tahun terakhir. Yang 10% sisanya diciptakan selama 50 tahun terakhir. Ini juga karena media sosial gan.

Saya sendiri punya perusahaan digital analytics yang saya dirikan bersama 3 orang teman sejak Desember 2013. Semakin ke sini, saya pun semakin sadar bahwa sekarang ini sudah bukan lagi jamannya berasumsi ketika ingin mengambil sebuah keputusan bisnis. Kalau bahasa Inggrisnya, sekarang itu harus data-driven decision making, alias harus berdasarkan data.

Dulu ketika memimpin Nike, Oakley, dan MRA Group, dalam mengambil keputusan-keputusan, saya masih harus mengandalkan instinct hasil pengalaman yang saya lewati dari waktu ke waktu. I wish dari dulu sosial media sudah seperti sekarang, I wish dari dulu sudah ada engine pintar yang bisa memonitor dan menganalisa apa yang dibicarakan oleh orang-orang di Indonesia bahkan dunia. Kalau jaman dulu sudah ada, saya yakin pasti lebih mudah membesarkan merek-mereka yang saya sebutkan di atas itu.

Sumber Daya Alam Baru di Dunia yaitu "Data"

Trendnya sendiri, data yang ada di dunia digital tidak slowing down sama sekali. Dengan sekarang semakin banyaknya wearable devices (smart watch, etc), data yang akan dihasilkan akan semakin banyak. Nah, sayang banget kalau data ini ngga dianalisa untuk keperluan kita. Kedepannya, data ini pun bukan hanya diperlukan oleh perusahaan loh.

GDILab sendiri sudah buat HRAnalytics.. ini untuk bisa menganalisa behavior orang-orang di sosmed untuk keperluan hiring/recruitment process. Jadi, jangan sembarangan posting di twitter, facebook, instagram ya. Karena seluruh CEO yang pernah saya tanya.. mereka bilang tidak akan menghire orang yang galau-galauan, marah-marah, negatif di sosmed, meskipun IPK mereka 4.0 dari universitas terbaik sekalipun!

Kalau bisa mengambil keputusan yang berdasarkan data, kenapa harus berasumsi (dan salah)?

See you ON TOP!
@BillyBoen

Founder & CEO, PT. YOT Nusantara - @youngontop
Co-Founder & Managing Partner, PT. Generasi Digital Internasional - @GDILab

Website: http://www.youngontop.com | http://www.yotnusantara.com
Facebook: facebook.com/youngontopYOT | facebook.com/billyboenYOT
Instagram: @youngontop | @billyboenyot

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------



Young On Top National Conference 2016

"It's Time To Lead This Nation"

13 Agustus 2016 di Kartika Expo, Balai Kartini. Jakarta.

Yuk datang dan saksikan secara langsung kisah sukses dari para speakers. Akan ada networking lho disana, dimana kamu bisa saling kenal dengan peserta lain bahkan dengan pembicara juga setelah selesai event. Ga cuma networking untuk bisnis tapi bisa juga untuk jodoh lho.

Karena salah satu kunci sukses itu dapat kita capai dengan berkolaborasi dengan orang lain.

Untold story dari para speakers yang sukses ini bakal bikin kalian ga bosen dan ini adalah salah satu trigger baru semangat kalian untuk menggapai kesuksesan kalian di masa depan.

Daftar sekarang juga di www.youngontop.com/yotnc2016 atau hubungi 082311399330

Sumber Daya Alam Baru di Dunia yaitu "Data"
langsung ht
data emang berharga dimasa sekarang gan
suka suka suka
Wahh gitu ya gan, jadi ga harus fisik, cloud juga bisa, keren nih

Apalagi kalau indonesia itu penyumpang sosmed terbanyak walaupun bukan pertama
p1 dulu...

big data
buset langsung ht aja nih treadnya dek
aduh data mining , matkul susah tuh
Data sangat penting yaa
inilah yang dicari para sales2 data yaitu database
Mejeng pejwan dulu


Yoi data sekarang penting bat
kalo bitcoin minning itu termasuk data jg ga
wahhh
Data penting banget bree ane juga lagi belajar basis data
mejeng dolo gan
mantab sekali indonesia
data untuk masa depan gan ,masih bisa tersimpan wow
Wew...Data memang penting gan...
Data emg penting bray skrg ini,, apalagi kedepannya teknologi semakin maju
data emang penting
contoh kecil data di laptop ane penting" gan
lebih tepatnya sumber daya digital dibanding sumber daya alam krn data gak tercipta / diproduksi secara alamiah dari alam

n judulnya lebih tepat

"Sumber Daya Alam" Baru di Dunia yaitu Data

dibanding

Sumber Daya Alam Baru di Dunia yaitu "Data"
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar