Pages


Rabu, 04 Mei 2016

Kenapa Maghrib & Tengah Malam Identik Dengan Mistis

Quote:Kenapa Maghrib & Tengah Malam Identik Dengan Mistis

Quote:Nah, kali ini ane bikin tret tentang hal yang sudah menjadi kepercayaan di tengah masyarakat kita. moga ga repost karena ane cek ngga ada yang share kalau ada masih sedikit banget.

Ada tiga waktu yang dianggap masyarakat sebagai waktu keramat, yaitu waktu sore menjelang maghrib, tengah malam, dan jam 3 pagi.

Apa sebenarnya alasan secara logis dan ilmiah, yang menjadikan waktu-waktu tersebut misterius? Berikut penjelasannya dari berbagai sumber

1. Jam 6 sore
Kenapa Maghrib & Tengah Malam Identik Dengan Mistis
"Eh jangan keluar rumah.. sudah jam 6 sore, ini udah mau maghrib.." mungkin kalimat ini sering kamu dengar, terutama saat kecil. Menjelang atau saat waktu maghrib tiba, seakan sangat dilarang untuk ke luar bermain apalagi sampai ke luar rumah. Banyak orang bilang, waktu maghrib adalah waktu di mana setan berkeliaran. Ada juga mitos yang mengatakan, jika bermain saat dan menjelang waktu maghrib, nanti akan diculik kolong wewe (sundel bolong). Ya, begitu banyak mitos yang berkembang di masyarakat.

Bagi umat Islam, larangan ini merupakan mitos yang dipercaya secara turun temurun. Biasanya mereka hanya meneruskan kebiasaan orang tua dan tidak mengetahui bahwa sebenarnya larangan ini ada dalam hadist Nabi. Dalam sabdanya, Nabi SAW mengatakan bahwa ketika Maghrib, akan banyak setan dan jin yang berkeliaran. Ternyata, hadist Nabi ini bisa dijelaskan secara ilmiah.

Sebenarnya alasan dilarang keluar rumah saat maghrib bisa dijelaskan secara ilmiah. Waktu maghrib atau sekitar jam 6 sore adalah waktu di mana warna alam berubah menjadi merah, di mana spektrum cahaya ini memiliki resonansi yang sama dengan setan dan jin. Resonasi adalah dengungan suara atau peristiwa turut bergetarnya suatu benda karena pengaruh detaran gelombang elektromaknetik luar. Pada waktu Maghrib, banyak interfernsi atau tumpang tindihnya dua atau lebih gelombang yang berfrekuensi sama sehingga penglihatan terkadang kurang tajam oleh adanya fatamorgana.

Karena itulah, pada waktu tersebut, setan dan jin yang keberadaannya tidak bisa dinafikan dari dunia ini, memiliki tenaga yang lebih kuat. Dengan alasan demikian, akan lebih baik kamu menghindarinya dengan tetap berada di dalam rumah.

Quote:penjelasan kaskuser

Quote:Original Posted By toyvha
tambahin gan...ini menurut ane ya....di masyarakat kita...orang tua dulu melarang kluar magrib kenapa? jaman dulu pasokan listrik belum merata gan...apalagi di daerah2/pelosok desa...belum ada listrik/penerangan lampu ....nah saat magrib hari mulai gelap...kalo anak2 masih berkeliaran diluar dikhawatirkan mereka tersesat karena gelap....dan nyari nya pun juga nanti repot...penerangan cuma pake obor....



2. Jam 12 malam
Kenapa Maghrib & Tengah Malam Identik Dengan Mistis
Banyak yang bilang hantu akan muncul pada saat tengah malam. Karenanya istilah misteri jam 12 malam menjadi sebuah mitos misteri tersendiri. Apa sebenarnya yang membuat pukul 00.00 menjadi menyeramkan?

Jam 00.00 seakan disepakati sebagai jam yang paling mengerikan. Cerita mistis yang terjadi jam 12 malam pun banyak beredar di masyarakat. Masyarakat pun mengamini hingga akhirnya terbentuklah sugesti bahwa hal-hal mengerikan banyak terjadi di jam 12 malam.

Coba saja perhatikan ritual-ritual gaib yang dilakukan banyak orang di berbagai belahan dunia ini. Pasti dilakukan tengah malam. Kerana malam adalah waktu yang sepi sehingga mudah untuk konsentrasi. Hampir semua makhluk sedang beristirahat saat malam kecuali para nokturnal. Ritual-ritual itu semakin menambah kental cerita tentang misteri jam 12 malam yang sudah beredar di masyarakat. Pada saat kita sedang tertidur maka aura yang kita keluarkan cenderung lebih natural, tidak terpengaruh aura siapa pun sehingga aura dunia ini cenderung lebih tenang dan tidak kacau. Karena itu malam menjadi pilihan para setan untuk menjalankan kejahatan. Aura yang netral menyebakan mereka lebih leluasa untuk menggoda manusia. Misteri jam 12 malam selalu mengiringi setan-setan tersebut hingga terciptalah berbagai cerita hantu yang identik dengan jam 12 malam. Maka dari itu ada sebuah kepercayaan, jika orang biasa tidur lewat dari jam dua belas malam maka dia akan sulit terkena pengaruh sihir, baik santet atau pelet. Karena jiwanya masih sadar ketika waktu menunjukan titik nol. Meskipun tidak sejalan dengan logika, cerita misteri jam 12 malam ini nyatanya tetap bertahan hingga kini.

Misteri pada jam 12 malam, secara ilmiah bisa dijelaskan karena malam selalu identik dengan kegelapan. Langit yang menghitam dan semua seakan menjadi bayang-bayang, menjadikan orang beranggapan setan akan muncul pada saat tersebut. Malam adalah tempat sugesti semesta, apalagi pada waktu tepat pukul 12 malam.

Selain itu, ini adalah saat bergantinya hari. Waktu menunjukkan pada titik 0 dan ini waktu di mana emosi manusia pun pada titik nol. Kesan misteri jam 12 malam pun tidak bisa dihindarkan karena terbangunnya sugesti menyeramkan dan keadaan emosi yang rendah.

3. Jam 3 pagi
Kenapa Maghrib & Tengah Malam Identik Dengan Mistis
Di dalam film-film Hollywood, jam 3 pagi hari merupakan saat yang tepat untuk pengusiran roh-roh jahat. Karena pada saat jam itu, roh-roh jahat dan setan berada di dalam fase paling kuat. Jam 3 pagi juga sering diidentikkan dengan jamnya para setan. Banyak dilaporkan hal-hal aneh terjadi antara jam 03:00 sampai 04:00. Orang-orang telah melaporkan, merasa ada sensasi aneh dalam tubuh atau pengalaman yang aneh. Beberapa telah menemukan pintu yang terbuka, sementara lainnya telah merasakan kehadiran seseorang ketika sedang sendirian. Perlu dicatat bahwa jam 3 pagi adalah jam ketika manusia berada di tingkat tidur terdalam. Hal ini secara psikologis disebut sebagai REM (Rapid Eye Movement) dalam tahap tidur. Ini adalah tahap ketika manusia bermimpi.

Orang yang memiliki kebiasaan bergadang akan menjadikan otak memproses lingkungan yang agak berbeda, kekuatan otak yang semaikin menurun tetapi tubuh dipaksakan untuk terus terjaga. Hal ini dapat menyebabkan sejumlah sensasi dalam tubuh. Salah satunya orang mengalami apa yang dikenal sebagai Hag Fenomena atau Sleep Paralysis.

Pada tahap ini, tubuh bisa merasakan beberapa sensasi seperti ketidakmampuan untuk menggerakkan tangan atau kaki, ketidakmampuan untuk berbicara, tekanan di dada, reaksi teror atau panik, halusinasi pendengaran atau visual dan perasaan. Sensasi inilah yang bisa dicampur dengan semua kepercayaan, takhayul dan cerita yang membuat orang percaya bahwa serseorang sedang kerasukan setan atau roh-roh jahat yang sedang mengganggu. Jadi sebenarnya tidak lain kekuatan pikiran sendiri yang menciptakan setan dan roh-roh jahat itu muncul.

Quote:sumur
https://m.brilio.net/news/begini-pen...s-1504136.html


Jujur, ane juga pernah mengalami pengalaman mistis di ketiga jam tersebut. terlepas dari hal tersebut hal terpenting adalah iman dan selalu mendekatkan diri kepada sang Pencipta. barangkali ada kaskuser yang mau share pengalamannya di pejwann.. makasih ud mampir jangan lupa di rate.


Quote:pengalaman kaskuser
Quote:Original Posted By deyan119
ane pernah ngalamin yg namanya 'sleep paraylisis' <- bener gk nih? wkwk. rep rep / ketiban setan atau apalah ituu..

ane lagi tidur , jam 12 kebangun. krna ane tiba" aus ane ambil lah itu air putih dikulkas , 1Liter abis ane gan ane coba tidur lagi.. ntah jam berapa , ane kebangun.. tapi badan ane ga bisa digerakin ( tangan , kaki , etc) yg bisa cuma mata doang. ane ga sengaja liat dipojokan kamar atas ada bayangan item. ntah berapa lama , ane cuma bisa istighfar & baca" surat pendek sebisa ane.
skip.. badan ane udah bisa digerakin lagi , bayangan item itu pun ilang. cos langsung ane hambil hp , searc digoogle bacaan ayat kursi (ketauan ga hafal deh). dan anee gabisa ditidur lagiiiiii.. Takut


Quote:Original Posted By jjjanna
Ane pernah gan magrib magrib lewat kampus ane.itu kampus emang terkenal serem gan.ane nekat lewat situ ane merinding trus nyium bau melati.padahal ane hapal betul di situ gak pernah ada bunga melati.sekian meter trus bau nya ilang.ane lajuin speda motor ane,ampe sekarang kalo ingat itu bawaannya merinding
Biar anak kecil gak main mulu
Emang doktrin orang tua dri kecil selalu d takut2in hantu pas magrib atw malem... Pengalaman ane siii gan hehheh
banyak genderuwo gan
bawah ane turunan gendruwo
Kenapa Maghrib & Tengah Malam Identik Dengan Mistis
ane ndak takut setan om
Quote:Original Posted By enda.roses
Kenapa Maghrib & Tengah Malam Identik Dengan Mistis
ane ndak takut setan om


Ati2 digodain
Memang jam-jam tsb sering banyak hal mistis gan
Quote:Original Posted By shinoda3o7
Emang doktrin orang tua dri kecil selalu d takut2in hantu pas magrib atw malem... Pengalaman ane siii gan hehheh


Iya juga gan bener banget kdg org tua yg bikin anaknya takut
entahlah mas gan

Quote:Original Posted By enda.roses
Kenapa Maghrib & Tengah Malam Identik Dengan Mistis
ane ndak takut setan om


^
^
^
walaaaahh mbah nya dedemit kagak bakalan takut sama setan
Quote:Original Posted By 24RadenJack
entahlah mas gan



^
^
^
walaaaahh mbahE demit yo ora bakalan wedi setan


sampean ngomong karo sopo toh lek ?
soalnya jam segitu bnyak penghuni dunia lain yg jalan2
ane kalo ketemu setan mw minta nasgorbasi bray
Quote:Original Posted By enda.roses


sampean ngomong karo sopo toh lek ?


karo juragan demit
jam segitu banyak maho berkeliaran mencari mangsa bray
Quote:Original Posted By c4Ï€gkeme
banyak genderuwo gan
bawah ane turunan gendruwo

Enak aja lau, gw tuh turunan kunti... jgn ngehina lau
Quote:Original Posted By aldirenaldy
jam segitu banyak maho berkeliaran mencari mangsa bray


Banyak maling ama rampok juga bray kadang rampok lebih nakutin dari setan
Quote:Original Posted By 24RadenJack


karo juragan demit


mule-mule....

Ane pernah gan... Waktu sd kayaknya. Dulu tidur dikelonin sama emak. Waktu itu baru beli rumah setelah sebelumnya rumah ane ancur kena gempa.

Pas pertamakali tidur di rumah baru pas ane dikelonin emak, tiba2 didapur ada suara keras kayak panci ditabuhin. Ane sama emak menuju ke dapur& ane liat ada sendok beberapa biji dilantai berbaris rapih,lurus. Ga mungkin jatuh karena jauh dari tempat sendok&posisinya bisa lurus banget. Lurus kayak berjajar (bershaf)


Tapi itu kejadiaannya sekitar jam 10 bukan magrib/tengah malam

Serem nggak sih?


Quote:Original Posted By bennyvintage

Ane pernah gan... Waktu sd kayaknya. Dulu tidur dikelonin sama emak. Waktu itu baru beli rumah setelah sebelumnya rumah ane ancur kena gempa.

Pas pertamakali tidur di rumah baru pas ane dikelonin emak, tiba2 didapur ada suara keras kayak panci ditabuhin. Ane sama emak menuju ke dapur& ane liat ada sendok beberapa biji dilantai berbaris rapih,lurus. Ga mungkin jatuh karena jauh dari tempat sendok&posisinya bisa lurus banget. Lurus kayak berjajar (bershaf)


Tapi itu kejadiaannya sekitar jam 10 bukan magrib/tengah malam

Serem nggak sih?


Wahh itu kaya disusun sengaja yah? Yah serem2 sedep sih gan mungkin perkenalan dengan penghuni baruu
Quote:Original Posted By reagannnn
soalnya jam segitu bnyak penghuni dunia lain yg jalan2


Iya gan jam refreshing keknyaa

Quote:Original Posted By mbewehkill666
ane kalo ketemu setan mw minta nasgorbasi bray


Haha nyante amat breeeee temenan yee ama mereka
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar